1 ) Mahasiswa UGM Dilaporkan Hilang sejak Awal 2013
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/04/30/3/150409/Mahasiswa-UGM-Dilaporkan-Hilang-sejak-Awal-2013

Selasa, 30 April 2013 | 14:22 WIB
Metrotvnews.com, Yogyakarta: Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fisipol UGM, Fuad Sigit Nurdiansyah, dilaporkan hilang oleh keluarganya sejak empat bulan terakhir. Mahasiswa 26 tahun itu menghilang dengan membawa sepeda motornya, Suzuki Satria, warna biru berplat nomor AA 2249 VM. “Selama tiga bulan terakhir, kami, orang tua dan kerabat Fuad yang saat ini tinggal Jatibening, Bekasi, telah mencarinya,” ujar ayah Fuad, Suryanto. Fuad terakhir dilihat pada 13 Januari 2013. Keluarga dan kerabat mengaku sudah melaporkan peristiwa tersebut ke polisi, agar membantu proses pencarian. Namun, sampai berita ini diturunkan, belum ada kabar mengenai keberadaan Fuad. Pihak keluarga mapupun polisi belum juga dapat melacak jejak Fuad. Keluarga menjelaskan, Fuad selama ini indekos di Prujakan RT 04/33 Sinduharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Sudah empat bulan terakhir, ia tidak lagi muncul di indekosnya. Teman-teman indekosnya pun tidak mengetahui keberadaan Fuad. Keluarga mengharapkan bantuan dari berbagai pihak. Siapa pun yang mengetahui keberadaan Fuad, dapat menghubungi pihak keluarga melalui nomor telepon, 081310149648 (Suryanto).

…dst

2 ) Tim Robotik Unikom Berjaya di Amerika
http://m.koran-sindo.com/node/311840

Tim Robotik Unikom Berjaya di Amerika
BANDUNG– Tim Robotika Unikom Bandung menyabet tiga medali emas, empat perak, dan satu perunggu pada pertandingan robot internasional di Amerika Serikat yaitu 2013 Robowaiter Contest di Hardfor, Connecticut; dan 2013 Robogames di San Mateo, California. Pertandingan di Trinity College dilangsungkan pada 6-7 April 2013, sedangkan laga Robogames pada 19-21 April. Tim yang berangkat sebanyak lima orang yakni dua dosen pembimbing Taufik Nuzwir Nizar dan Rodi Hartono, tiga mahasiswa yaitu Asrul Rizal Ahmad Fadilah, Muhammad Yazid Al Qahar, serta Eko Prabowo Putro.Dosen Pembimbing Robotika Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung Taufiq Nuzwir Nizar menuturkan pada pertandingan tersebut tim Robotika Unikom membawa 11 robot yang diikutkan pada dua kategori di pertandingan 2013 Robowaiter Contest, sedangkan tujuh robot lainnya diikutkan di lima kategori pada pertandingan 2013 Robogames.

…dst

3 ) Langsung dikirim, kampus bingung nagih dana talangannya
http://nasional.sindonews.com/read/2013/04/30/15/743309/langsung-dikirim-kampus-bingung-nagih-dana-talangannya

Selasa, 30 April 2013 − 04:00 WIB
Sindonews.com – Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Akhamaloka mengakui, adanya keterlambatan itu pencairan beasiswa Bidik Misi. Bahkan, tidak sedikit perguruan tinggi yang terpaksa menalangi agar mahasiswa dapat kuliah sebagaimana mestinya. Dia mengungkapkan, total mahasiswa Bidik Misi di ITB sebanyak 1.850 mahasiswa. Surat edaran dari Dikti agar kampus membantu pembukaan rekening mahasiswa pun sudah diterima. Menurut rencana, kata dia, beasiswa akan disalurkan per tiga bulan sekali. Dia tidak menampik jika anggaran beasiswa selalu terlambat. Namun yang istimewa pada tahun ini adalah semua anggaran Kemendikbud dibintangi sehingga sangat berpengaruh besar pada operasional kampus dan mahasiswa. Akhmaloka menjelaskan, meski kampusnya menerima keputusan transfer langsung itu. Namun dia mengaku akan kesulitan untuk menagih ke mahasiswa atas dana talangan beasiswa yang sudah diberikan per Januari lalu. “Kalau dulu kan kami talangi dulu lalu pemerintah membayar ke kami. Sekarang dananya ditransfer ke mahasiswa. Bagaimana caranya kami menagih agar dana talangan itu balik lagi ke kami,” ungkapnya kepada KORAN SINDO, Senin (29/4/2013).

…dst

4 ) UGM Buka Pusat Studi ASEAN
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/04/30/mm279k-ugm-buka-pusat-studi-asean

Selasa, 30 April 2013, 15:22 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA–Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta meluncurkan Pusat Studi ASEAN sebagai wahana bagi sivitas akademika untuk mempelajari dan memperkuat pemahaman berbagai aspek tentang ASEAN. “Pusat studi tersebut diharapkan memberi wawasan serta memotivasi mahasiswa untuk lebih memiliki orientasi ASEAN bukan hanya nasional, karena sebentar lagi Indonesia juga akan masuk ke dalam “ASEAN Economic Community” (AEC) pada 2015,” kata Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Gadjah Mada (UGM) Erwan Agus Purwanto dalam peluncuran Pusat Studi ASEAN di Yogyakarta, Selasa. Erwan mengatakan terbentuknya pusat studi ASEAN tersebut merupakan wujud kerja sama antara FISIPOL UGM, serta Pusat Studi Internasional (IIS) dengan Kementerian Luar Negeri.

…dst

5 ) 243 Mahasiswa Bersaing di ON MIPA 2013
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/04/30/223385/243-Mahasiswa-Bersaing-di-ON-MIPA-2013

30 April 2013
SEMARANG – Sebanyak 243 mahasiswa dari perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) sewilayah Kopertis VI Jawa Tengah ber­kompetisi pada ajang Olimpiade Nasional (ON) MIPA 2013 di IKIP PGRI Semarang, Senin (29/4). Seleksi tingkat provinsi tersebut dilakukan serentak di seluruh Indonesia untuk maju ke tingkat nasional. Ratusan mahasiswa itu berasal 17 PTN dan PTS, di antaranya Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto (Unsoed) Universitas Sebelas Maret Solo (UNS), Universitas Negeri Semarang (Unnes), Universitas Diponegoro (Undip). Kemudian IKIP PGRI Semarang, Universitas Muham­madiyah Purwokerto, Universitas Kristen Satya Wacana, Universitas Islam Sultan Agung (Unissula), Universitas Wahid Hasyim (Un­wahas), dan Universitas Muham­madiyah Semarang (Unimus). Tim Panitia ON MIPA 2013 Prof Purwantiningsih mengatakan, setiap perguruan tinggi dapat mengirimkan 20-28 mahasiswa untuk mengikuti seleksi itu. Mereka akan diseleksi di tingkat kopertis atau provinsi untuk ditandingkan di tingkat nasional.”Dalam seleksi ini panitia akan memeringkatkan 1-20 dari seluruh peserta di Indonesia untuk maju ke babak final tingkat nasional,” ungkapnya di sela-sela seleksi, kemarin.

…dst

6 ) AMIKOM-KEMENKOMINFO – Bangun Inkubator Berbasis TI
http://m.koran-sindo.com/node/312026

30 April 2013
YOGYAKARTA – Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) RI menunjuk STMIK Amikom Yogyakarta untuk menjadi fasilitator inkubator industri kreatif berbasis teknologi informasi (TI) di Yogyakarta. Program ini bertujuan memfasilitasi bakat-bakat dari daerah, terutama bidang animasi yang terbentur kesulitan sarana belajar. Hal inilah yang diproyeksikan mendukung penguatan industri kreatif Indonesia. “Kemenkominfo rencananya ingin membentuk di semua provinsi. Tetapi saat ini baru ada dua inkubator di Indonesia. Pertama, di Bandung yang bekerja sama dengan PT Telkom. Kedua, di Yogyakarta bekerja sama dengan Amikom,” ujar Kepala Seksi Pemberdayaan Industri Infrastruktur dan Layanan Aplikasi Informatika Kemenkominfo Maykada Harjono kemarin. Di sela-sela pelatihan industri informatika “Membangun Kewirausahaan Berbasis Teknologi Informasi” di STMIK Amikom, Maykada mengatakan Bandung dan Yogyakarta dipilih karena ketersediaan SDM dan potensi masyarakat dalam industri kreatif. Pemilihan Amikom sebagai mitra program ini juga melihat dari ketersediaan SDM dan kemampuan pemasaran. Pasalnya, selain dikenal sebagai kampus TI, Amikom juga punya reputasi baik dalam bidang kewirausahaan. Inkubator di Bandung telah meluluskan beberapa peserta inkubator yang sudah bisa mandiri.

…dst

7 ) Sistem Pendidikan Perlu Ditata Ulang
http://www.pikiran-rakyat.com/node/233128

Selasa, 30/04/2013 – 17:23
JAKARTA, (PRLM).-Anggota Komisi X DPR Zulfadhli menegaskan, sudah saatnya sistem pendidikan ditata ulang, karena dirasakan sudah tidak sesuai lagi dengan keadaan zaman dan tantangan ke depan. “Harus ditata ulang baik dari sisi filosofi pendidikannya, tata kelolanya dan masalah lain yang bertalian dengan dunia pendidikan. Konsekuensinya, UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendikan Nasional (UU Sisdiknas) sudah saatnya direvisi,” kata Zulfadli di Gedung DPR, Selasa (30/4). Menurutnya, dengan revisi UU Sisdiknas tersebut maka diharapkan pendidikan akan makin tertata dengan baik. Dengan penataan itu maka bisa dihindari terjadinya karut-marut ujian nasional (UN) tahun 2013 dengan berbagai dampaknya. Selain itu masalah desentralisasi, anggaran kebanyakan dari pusat, tetapi kewenangan di daerah, termasuk masalah guru sebaiknya sentralisasi pengaturan dan pembinaannya di pusat.

…dst

8 ) Unnes Targetkan Pemindaian Selesai 2 Mei 2013
http://edukasi.kompas.com/read/2013/04/30/20422281/Unnes.Targetkan.Pemindaian.Selesai.2.Mei.2013

Selasa, 30 April 2013 | 20:42 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com – Universitas Negeri Semarang menargetkan pemindaian lembar jawab Ujian Nasional (UN) 2013 jenjang SMA dan sederajat, termasuk ujian paket C yang ditanganinya rampung 2 Mei 2013. “Kami memindai setidaknya 1,49 juta lembar jawab UN SMA dan sederajat, termasuk lembar jawab ujian paket C,” kata Penanggung Jawab Pengawasan UN Jawa Tengah, Prof Fathur Rokhman, di Semarang, Selasa (30/4/2013). Ia menyebutkan batas waktu yang diberikan untuk pengumpulan hasil pemindaian lembar jawab UN dan ujian paket C itu pada 3 Mei 2013, tetapi sebelum itu pihaknya menargetkan seluruh pemindaian selesai dilakukan.

…dst

9 ) 84% LJUN SMA Selesai Dipindai
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/04/30/223386/84-LJUN-SMA-Selesai-Dipindai

30 April 2013
SEMARANG – Pemindaian lembar jawab ujian nasional (LJUN) jenjang SMA/MA/SMK dan UNPP C di Jawa Tengah akan segera rampung. Universitas Negeri Semarang (Unnes) sebagai pihak yang ditunjuk untuk memindai menargetkan pada 2 Mei jutaan LJUN itu akan dikirim ke Kemdibud di Jakarta. Pembantu Rektor IV Bidang Pengembangan dan Kerja Sama Unnes Prof Fathur Rokhman mengatakan, dari total 1,49 juta LJUN hingga kini Senin (29/4) sudah terpindai 84%. LJUN tersebut berasal dari seluruh peserta UN SMA se-Jateng. `’Selama proses pemindaian belum ada kendala berarti. Meski LJUN tipis, teknologi image scanning mampu membaca jawaban yang ada di lembar tersebut,” ungkapnya saat evaluasi pelaksanaan UN SMA dan SMP di Dinas Pendidikan Jateng, Senin (29/4). Namun, lanjut dia, selama hampir dua minggu proses pemindaian ditemukan 205 siswa mengerjakan UN di lembar soal. Hal itu mereka lakukan karena LJUN rusak. Solusinya, lembar soal difotokopi untuk menjawab pertanyaan.

…dst

10 ) Investigasi Tender UN Libatkan KPK, BPK, dan Polri
http://edukasi.kompas.com/read/2013/04/30/16222522/Investigasi.Tender.UN.Libatkan.KPK.BPK.dan.Polri

Selasa, 30 April 2013 | 16:22 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Hasil investigasi yang telah diselesaikan oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ternyata hanya menelaah masalah keterlambatan dan penundaan ujian nasional saja. Sementara untuk masalah yang bermuara dari proses tender, investigasinya masih berjalan. Dalam investigasi proses tender UN, Itjen berkoordinasi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi, Badan Pemeriksa Keuangan, dan Bareskrim Polri. Inspektur Jenderal Kemdikbud Haryono Umar mengatakan bahwa investigasi terkait proses tender pengadaan dan distribusi naskah soal UN yang diduga banyak penyelewengan ini masih berjalan. Sebab, sebelumnya pihak yang berkaitan dengan hal ini masih sibuk dengan pelaksanaan UN.

…dst

11 ) Menkes: Program Dokter Magang Dihapus? Tidak Bisa!
http://edukasi.kompas.com/read/2013/04/30/12013651/Menkes.Program.Dokter.Magang.Dihapus.Tidak.Bisa

Selasa, 30 April 2013 | 12:01 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi menegaskan bahwa program magang bagi dokter baru masih diperlukan. Pasalnya, program ini dinilai memberikan keuntungan bagi dokter yang bersangkutan dan masyarakat. “Yang keberatan adalah DPR yang menuntut Kemkes membubarkan program ‘internship’ itu, tapi saya bilang tidak bisa. Itu sudah ditentukan UU dan saya mengutamakan mutu pelayanan bagi masyarakat. Dokter baru harus dapat melayani rakyat secara mandiri di daerah terpencil,” katanya dalam sambutannya pada Peringatan Sewindu Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) di Jakarta, Senin (29/4/2013). Nafsiah mengungkapkan dalam kunjungannya ke daerah-daerah, ia menemukan dokter-dokter muda yang mengaku tidak cukup percaya diri untuk dapat menangani sebuah puskesmas secara mandiri.

…dst

12 ) Lulusan dokter di Indonesia belum mampu mandiri
http://nasional.sindonews.com/read/2013/04/30/15/743618/lulusan-dokter-di-indonesia-belum-mampu-mandiri

Selasa, 30 April 2013 − 18:09 WIB
Sindonews.com – Menteri Kesehatan (Menkes) Nafsiah Mboi mengatakan, 73 Fakultas Kedokteran (FK) di Indonesia belum mampu menciptakan lulusannya menjadi dokter yang mandiri. Hal itu dia katakan, karena banyak ditemukan di lapangan para dokter baru segan untuk ditempatkan di tempat tertentu, misalnya di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). “Kebanyakan fakultas tersebut adalah private. Ini menjadi masalah SDM yang dicetak tidaklah mandiri,” tandasnya saat ditemui di Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) di Jakarta, Selasa (30/4/2013). Lanjutnya, memang tidak semua fakultas, namun sebagaian besar lulusan mereka tidak ditempatkan di puskesmas, daerah-daerah terpencil, daerah perbatasan, dan pegunungan. Tentunya, dalam melihat kemampuan pengetahuan, mereka sangatlah hebat. “Salah satu faktornya ialah ketidakpercayaan diri dan skill yang dimiliki, masih sangat minim untuk mereka mengatasi penyakit-penyakit pada masyarakat,” ujarnya.Disamping itu, lanjut Nafsiah, pemikiran profesi sebagai dokter umum, masih dipandang sebelah mata. Akibatnya para lulusan dokter umum banyak yang segan ditempatkan karena mereka ingin meningkat menjadi spesialis.

…dst

13 ) Pemerintah harus awasi kualitas dokter
http://nasional.sindonews.com/read/2013/04/30/15/743635/pemerintah-harus-awasi-kualitas-dokter

Selasa, 30 April 2013 − 18:52 WIB
Sindonews.com – Ketua Majelis Kehormatan Disiplin Kedokteran Indonesia (MKDI) Med Ali Baziad mengungkapkan, jika memang si dokter tersebut terlihat kurang ilmunya, tentunya pemerintah bisa lakukan pengawasan di bawah Dinas Kesehatan (Dinkes). Med Ali mengatakan pemerintah ini meliputi pemerintah pusat dan pemerintah daerah (Pemda). Menurutnya, pengawasan tersebut sangatlah penting untuk mengoreksi-kesalahan yang dilakukan. Untuk itu, para dokter agar bisa meningkatkan profesionalismenya. “Dokter yang tahu kemampuanya adalah dokter yang tahu diri. Jika dia tidak mampu lebih baik tidak dikerjakan,” ucapnya saat ditemui di Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) di Jakarta, Selasa (30/4/2013). Selama ini, lanjut dia, sebanyak 40 persen para dokter terkena sanksi disiplin. “Hal ini dikarenakan perilaku dan komunikasi yang tidak dilaksanakan dengan baik,” pungkasnya.

…dst

14 ) Swedia-UGM Kembangkan Sustainable City
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/03/28/3/142228/Swedia-UGM-Kembangkan-Sustainable-City

Kamis, 28 Maret 2013 | 23:04 WIB
Metrotvnews.com, Yogyakarta: Swedia menggandeng Universitas Gadjah Mada dan Kota Yogyakarta untuk membangun dan mengembangkan sustainable city. Sustainable city adalah kota dengan pembangunan dan penataan yang berwawasan lingkungan secara berkelanjutan. Langkah yang akan ditempuh diantaranya dengan tukar menukar informasi dan pengalaman manajemen pengelolaan sampah, pemanfaatan energi terbarukan dan penataan konstruksi bangunan ramah lingkungan. Hal itu mengedepan dalam kunjungan Menteri Kerja sama Pembangunan Swedia, Gunilla Carlsson, di Universitas Gadjah Mada, Kamis (28/3). Gunilla Carlsson mengatakan kerjasama yang sudah dirintis diharapkan bisa memberikan manfaat yang lebih tinggi bagi pengembangan ekonomi kreatif.

…dst

15 ) 2014, gunung api di Indonesia dipasang alat baru
http://nasional.sindonews.com/read/2013/04/30/15/743447/2014-gunung-api-di-indonesia-dipasang-alat-baru

Selasa, 30 April 2013 − 13:22 WIB
Sindonews.com – Semua gunung api di Indonesia ditargetkan dipasang alat baru pada 2014. Selama ini mayoritas peralatan pemantau gunung api di Indonesia sudah uzur, rata-rata sudah berusia 30 tahun. “Pada 2014 nanti gunung api di Indonesia dipasang pemantau baru, dan gunung api tertentu memiliki alat memadai,” kata Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi, Surono, di Bandung, Selasa (30/4/2013). Menurutnya, kebanyakan alat yang kini di pakai di semua gunung api di Indonesia sudah dipasang sejak 1982. “Mungkin waktu itu anda (wartawan) belum lahir. Jadi nanti pemerintah mau ganti semua alat lama dengan baru,” tambahnya. Pengadaan dan pemasangan alat baru di semua gunung api itu hasil kerja sama pemerintah dengan Amerika Serikat (AS). Memang tidak semua alat dari AS dalam kondisi utuh, tetapi ada komponen tertentu yang dibuat di Indonesia.

…dst