1 ) Kurangi Pro-Kontra Kebijakan Pendidikan, Kemdikbud Gelar Konvensi Nasional Pendidikan
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1311

05/08/2013
Jakarta — Untuk meminimalisir terjadinya pro-kontra terkait kebijakan pendidikan nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan menggelar Konvensi Nasional Pendidikan. Demikian diungkapkan Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ibnu Hamad, dalam talkshow radio bertajuk Hardiknas 2013: Meningkatkan Kualitas dan Akses Pendidikan Berkeadilan, di Radio KBR 68 H, pada Selasa (7/5)). “Konvensi Nasional Pendidikan akan diselenggarakan sekitar bulan September mendatang,” ujar Ibnu Hamad.Pada konvensi nasional tersebut akan dibahas berbagai isu pendidikan, termasuk penyelenggaraan ujian nasional (UN), yang selalu menjadi pro-kontra setiap tahunnya mengenai perlu tidaknya UN. Dalam penyelenggaraan nantinya, Kemdikbud akan mengundang berbagai tokoh yang peduli terhadap pendidikan, termasuk para pengamat dan pemerhati pendidikan yang sering mengkritisi kebijakan pendidikan.

…dst

2 ) Sakit, Mendikbud Tetap Bekerja
http://edukasi.kompas.com/read/2013/05/08/10540543/Sakit.Mendikbud.Tetap.Bekerja

Rabu, 8 Mei 2013 | 10:54 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Meski sakit, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh tetap menjalankan tugas kenegaraan yang diembannya. Terbukti pada Senin (7/5/2013) malam saat dijumpai di Rumah Sakit Abdi Waluyo, ia baru kembali dari pertemuan dengan Wakil Presiden Republik Indonesia sekitar pukul 23.20 WIB. Sebelumnya, menurut petugas rumah sakit, mantan Menteri Komunikasi dan Informasi tersebut benar datang ke rumah sakit untuk memeriksakan kesehatannya. Lantaran tekanan darah yang menurun, maka pihak dokter menyarankan untuk beristirahat sementara di rumah sakit sampai stamina pulih. Namun, apa mau dikata, tugas sebagai menteri tetap tak bisa ditinggalkan. Sekitar pukul 20.00 WIB, ia hadir bertemu Wakil Presiden Republik Indonesia untuk membahas seputar masalah pendidikan. Kemudian, mantan rektor Institut Sepuluh November ini baru kembali ke rumah sakit sekitar pukul 23.20 WIB dengan mobil Hyundai putih ditemani seorang ajudan. Saat itu, Kompas.com berusaha menyapa, tapi kondisinya terbilang lemah meski sempat tersenyum. Di tangan kirinya juga masih terpasang perban bekas infus yang tampaknya akan kembali dipasang lagi malam itu sekembalinya dari pertemuan dengan orang nomor dua di Indonesia.

…dst

3 ) Kemendikbud Rintis Program Kebudayaan untuk Mahasiswa
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/05/07/3/151858/Kemendikbud-Rintis-Program-Kebudayaan-untuk-Mahasiswa

Selasa, 07 Mei 2013 | 16:31 WIB
Metrotvnews.com, Surakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mulai tahun ini merintis kegiatan kebudayaan untuk kalangan mahasiswa. Sebanyak 50 perguruan tinggi akan dijadikan proyek percontohan program itu. Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Kacung Marijan mengatakan hal itu pada Seminar Nasional Membangun Strategi Pembangunan di Bidang Pendidikan dan Kebudayaan di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Jawa Tengah, Selasa (7/5). “Program ini bertujuan untuk membantu kegiatan mahasiswa di bidang kebudayaan, supaya bangsa ini lebih mengapresiasi budaya sendiri,” jelasnya. Pelaksanaan program itu, lanjut Kacung, dilakukan melalui berbagai cara. Mulai dari pemberian bantuan alat kesenian sampai pada bantuan untuk pengembangan pusat studi kebudayaan yang ada di universitas. Program serupa sebelumnya pernah dilakukan Kemendikbud untuk tingkat sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA). Sasarannya waktu itu sebanyak 2.400 sekolah. Karena dinilai berhasil, tahun ini jumlah sasarannya ditambah lagi 1.000 sekolah.

…dst

4 ) Kemendikbud Kucurkan Rp12,5 M untuk Kegiatan Budaya di Kampus
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/08/373/804167/kemendikbud-kucurkan-rp12-5-m-untuk-kegiatan-budaya-di-kampus

Rabu, 08 Mei 2013 16:37 wib
SOLO – Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudyaan (Kemendikbud) Kacung Marijan menyatakan, dalam waktu dekat Kemendikbud akan mengucurkan dana sebesar Rp12,5 miliar bagi kegiatan kebudayaan di Perguruan Tinggi Negeri/Swasta (PTN/S). “Ada sebanyak 50 PTN dan PTS yang akan dijadikan rintisan yang berkaitan dengan kebudayaan di lingkungan universitas. Ke-50 PTN/S tersebut akan kami beri anggaran,” ungkap Kacung Marijan kepada wartawan, di Solo, Jawa Tengah, Rabu (8/5/2013). Kacung mengatakan, nantinya setiap kampus akan menerima anggaran sebesar Rp250 juta. Dana tersebut diperuntukkan bagi dana bantuan aktivitas maupun alat kesenian dan dapat diberikan bagi mahasiswa, dosen atau pusat kebudayaan di universitas. Dia mengaku, salah satu tujuan anggaran tersebut adalah upaya untuk menjadikan kebudayaan sebagai arus utama dalam pendidikan. “Anggaran tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Saat ini pengajuan anggaran sudah disampaikan kepada DPR,” jelasnya.

…dst

5 ) Yuk ke Jejaring dan Bursa Kerja Indonesia-Perancis!
http://edukasi.kompas.com/read/2013/05/08/17194918/Yuk.ke.Jejaring.dan.Bursa.Kerja.Indonesia-Perancis.

Rabu, 8 Mei 2013 | 17:19 WIB
KOMPAS.com – Kedutaan Perancis bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Ikatan Alumni Prancis Indonesia dan Pascasarjana Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti menggelar pertemuan alumni dan perusahaan dari Indonesia dan Perancis. Pertemuan akan digelar di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Selasa (14/5/2013), dari pukul 10.00-17.00. Ajang ini ditujukan untuk memperluas jaringan dan bertukar informasi tentang pendidikan menengah dan tinggi, bursa kerja serta peluang karier di perusahaan dari kedua negara.Pertemuan ini rencananya akan dihadiri lebih dari 40 perusahaan Indonesia dan Perancis dari berbagai sektor, para pelaku bisnis, kepala sekolah kejuruan, sekolah tinggi dan politeknik. Sejumlah acara, mulai dari bursa kerja, presentasi dari beberapa sekolah kejuruan dan politeknik di Indonesia, seminar pekerjaan, dan seminar bambu akan digelar.

…dst

6 ) 65 Persen Dosen Informatika Bergelar S1
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/05/08/mmh3fe-65-persen-dosen-informatika-bergelar-s1

Rabu, 08 Mei 2013, 16:23 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,KUTA–Sebanyak 65 persen dosen perguruan tinggi informatika dan komputer di Tanah Air masih berlatar belakang pendidikan sarjana S1 sehingga kualitas harus terus ditingkatkan. “Dosen tersebut banyak terdapat di wilayah timur dan tengah Indonesia,” kata Nina Kurnia Hikmawati selaku Director of Cooperation and Secretariat Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer (Aptikom) di Kuta, Bali, Rabu. Saat ini terdapat sebanyak 850 perguruan tinggi informatika dan komputer di Tanah Air yang masing-masing minimal memiliki enam dosen. Dari jumlah pengajar itu masih sedikit yang sudah menempuh atau bergelar magister (S2), padahal sesuai peraturan seluruh dosen minimal harus sudah lulus pascasarjana. “Kami berusaha membantu para dosen informatika dan komputer yang belum menempuh pascasarjana dengan program magister pembelajaran jarak jauh (PJJ) bekerja sama dengan sekitar 12 Universitas terkemuka dengan akreditasi A dan B,” ujarnya. Selain itu program tersebut juga didukung oleh Telkom dengan memberikan infrastruktur berupa aplikasi layanan multimedia yang bisa dimanfaatkan untuk pembelajaran jarak jauh itu.

…dst

7 ) KA Mahasiswa Beroperasi Lagi
http://m.koran-sindo.com/node/313863

9 Mei 2013
PALEMBANG– Setelah lama mangkrak, PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan kembali mengoperasikan kereta api (KA) khusus mahasiswa tahun ini. Saat ini PT KAI tengah menyiapkan dua armada untuk KA dengan rute dari Stasiun Kertapati ke Stasiun Inderalaya. “Kami telah memiliki dua armada khusus KA mahasiswa, yaitu KA Seruni dan Kertalaya. Kedua armada itu kini tengah diperbaiki sembari menunggu hasil uji coba yang dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) provinsi,” ujar Manajer Humas PT KAI Divisi Regional (Divre) III Sumsel Jaka Jarkasih kemarin. Setelah diuji coba oleh Dishub, KA khusus mahasiswa ini langsung dioperasikan secara permanen. Ada beberapa kendala dalam pengoperasian angkutan massaltersebutsecarapermanen. Pertama, pemberhentian KA khusus mahasiswa masih di jalur Stasiun Inderalaya. Akibatnya, mahasiswa terpaksa berjalan kaki cukup jauh dari stasiun menuju Kampus Unsri di Inderalaya. “Untuk mengatasi kendala ini, menurut Jaka, pihaknya akan melakukan pembicaraan baik dengan pihak Unsri, Dinas Perhubungan, maupun pemerintah daerah, untuk mendiskusikan ulang apakah stasiun pemberhentian kereta mahasiswa akan didirikan di dalam kampus.

…dst

8 ) Gerakan Unej Mengajar “Go” Internasional
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/109908/gerakan-unej-mengajar-go-internasional

08 Mei 2013 16:08:37
Jember (Antara Jatim) – Gerakan “Universitas Jember Mengajar” mengembangkan kiprahnya di dunia internasional dalam kegiatan “International Conference On Innovations and Challenges in Education” yang digelar Fakultas Pendidikan Dumlupinar University, Kutahya, Turki. “Saat mempresentasikan pengalaman dalam melaksanakan program Universitas Jember (Unej) Mengajar, banyak peserta yang antusias bertanya, terutama peserta dari negara-negara Asia dan Afrika,” kata Direktur Unej Mengajar, Abdul Aziz, di Jember, Rabu. Unej Mengajar merupakan komunitas mahasiswa dari berbagai fakultas, jurusan atau program studi di Kampus Tegalboto Unej yang bergerak untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya di Kabupaten Jember. “Dari 200 karya ilmiah yang diterima panitia di Fakultas Pendidikan Dumlupinar University dari berbagai penjuru dunia, karya arek-arek Kampus Tegalboto Unej yang sudah diaplikasikan tersebut terpilih menjadi salah satu peserta yang diundang dalam kegiatan internasional itu,” tuturnya.

…dst

9 ) UNM dan UIN Alokasikan 5.000 Mahasiswa Baru
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/05/08/mmgysr-unm-dan-uin-alokasikan-5000-mahasiswa-baru

Wednesday, 08 May 2013, 14:43 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,MAKASAR–Universitas Negeri Makassar dan Universitas Islam Negeri Alauddin menyiapkan masing-masing sekitar 5.000 orang kuota untuk mahasiswa baru (Maba) tahun akademik 2013/2014.”Panitia Lokal 80 Wilayah IV yang terdiri dari UNM dan UIN masing-masing menyiapkan kuota sebanyak 5.000 orang calon Maba,” kata Rektor UNM Prof Dr H Arismunandar di Makassar, Rabu. Dia mengatakan untuk penerimaan Maba dibuka tiga jalur pendaftaran yakni melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan jalur mandiri.Menurut dia, khusus jalur SNPTN dan SBMPTN bagi siswa berprestasi dan masuk kategori dari keluarga miskin, maka biaya masuknya ditanggung oleh negara. Sehingga calon Maba tidak mengeluarkan biaya pendaftaran. Sedangkan jalur mandiri, lanjut dia, dikenai biaya ujian tulis sebesar Rp175 ribu per orang bagi yang memiliki kelompok ujian Sains dan Teknologi (Saintek) atau kelompok ujian Sosial, Hukum dan Umum (Soshum).

…dst

10 ) FH UNS Sapu Bersih Juara di Moot Court Competition
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/08/373/804222/fh-uns-sapu-bersih-juara-di-moot-court-competition

Rabu, 08 Mei 2013 17:34 wib
SOLO – Fakultas Hukum (FH) Universitas Sebelas Maret (UNS) unjuk kepiawaan dalam beradu argumentasi di National Moot Court Competition Piala Konservasi 2013. Tidak tanggung-tanggung, mereka memboyong semua kategori perlombaan yang digelar FH Universitas Negeri Semarang (Unnes) itu. Juru Bicara Moot Court Communiti FH UNS Aryani Widhiastuti mengatakan, dalam kompetisi yang digelar belum lama ini, mereka menyajikan proses peradilan terhadap kasus perusakan hutan dan penebangan liar. “Kami berhasil menyapu bersih enam kategori terbaik dan menyisihkan 12 PTN/PTS peserta kompetisi,” ungkap Aryani saat bertemu Okezone, di Humas UNS, Solo, Jawa Tengah, Rabu (8/5/2013). Selain juara pertama, menurut Aryani, timnya berhasil menyandang predikat terbaik pada berkas terbaik, majelis hakim terbaik, penuntut umum terbaik, penasehat hukum terbaik, saksi ahli terbaik, dan panitera terbaik.

…dst

11 ) Di Usia 9 Tahun, Tanishq Kantongi IPK 4
http://edukasi.kompas.com/read/2013/05/08/14470328/Di.Usia.9.Tahun.Tanishq.Kantongi.IPK.4

Rabu, 8 Mei 2013 | 14:47 WIB
KOMPAS.com — Masih ingat Tanishq Abraham? Bocah jenius yang tengah berkuliah di American River College itu kini berusia 9 tahun. Di kampus, Tanishq yang ahli dalam bidang Biologi dan Fisika berhasil meraih indeks prestasi kumulatif (IPK) 4! Bocah keturunan India Timur yang menggemari fisika partikel ini tak merasa kesulitan untuk belajar di kampus. “Belajar di kampus cukup mudah bagi saya,” ungkapnya kepada ABC News, seperti dilansir Huffington Post Tanishq memulai kuliah di American River College pada usia 7 tahun. Sebelumnya, dia dan adik perempuannya, Tiara, mencetak sejarah ketika didapuk sebagai kakak beradik termuda yang berhasil menjadi anggota Mensa, organisasi orang-orang dengan IQ tertinggi di dunia. Saat itu, Tanishq berusia 4 tahun. Di usia 7 tahun pula, Tanishq telah memublikasikan esainya di situs milik Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA. Baru-baru ini, dia kembali memublikasikan esainya di situs ilmu pengetahuan tentang bulan milik NASA. Baru-baru ini pula, dia menerima penghargaan Phi Theta Kappa.

…dst

12 ) Pemerintah Segera Cairkan Anggaran K/L Yang ‘Diblokir’
http://setkab.go.id/berita-8585-pemerintah-segera-cairkan-anggaran-kl-yang-diblokir.html

Rabu, 08 Mei 2013 – 18:05 WIB
Presiden Susilo bambang Yudhoyono (SBY) menegaskan pemerintah akan segera mencairkan semua anggaran Kementerian/Lembaga (K/L) yang selama ini masih “diblokir” Kementerian Keuangan karena sesuatu hal. Penegasan ini disampaikan Presiden SBY usai Sidang Kabinet Paripurna di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (8/5). “Sejumlah anggaran yang masih diblokir, belum bisa dicairkan karena satu dan lain hal, misalnya persyaratannya belum dipenuhi, maka pemerintah ingin bekerja sekuat tenaga, dalam waktu yang tidak terlalu lama, semua yang diblokir itu supaya segera bisa dicairkan, bisa digunakan sesuai peruntukannya,” kata Presiden SBY. Presiden meminta pihak-pihak terkait untuk segera mengalirkan anggaran yang belum tersalurkan itu. Kepada jajaran kementerian, lembaga, dan lembaga negara non pemerintahan untuk mengurangi belanja, sebagai salah satu upaya mengurangi defisit anggaran, penyelamatan ekonomi, dan menjaga sehatnya APBN dan fiskal. “Kita ingin memastikan semua pembelanjaan negara betul-betul dilaksanakan sesuai dengan rencana dan sasaran yang hendak dicapai,” pinta Presiden SBY.

…dst

13 ) lmuwan Brasil Klaim Temukan Atlantis
http://www.jpnn.com/read/2013/05/08/171062/lmuwan-Brasil-Klaim-Temukan-Atlantis-

Rabu, 08 Mei 2013 , 16:14:00
BRASIL – Keberadaan Benua Atlantis yang telah hilang mengundang rasa penasaran para peneliti. Berbagai klaim pun muncul, termasuk soal keberadaan Altlantis di Indonesia. Kini, muncul berita terbaru soal Atlantis. Para arkeolog menemukan batu di bawah Samudera Atlantik yang berjarak 900 mil dari ibu kota Brasil Rio de Janeiro. Mereka meyakini batu itu adalah bagian dari benua yang hilang tersebut. Dengan menganalisis batu yang ada, mereka menemukan lapisan yang terdiri dari granit dan pasir kuarsa dimana elemen tersebut hanya terbentuk pada lahan kering. Begitupula keberadaan fosil yang ditemukan dilokasi itu yang dikatakan mendukung teori keberadaan Atlantis. “Batu dan fosil itu ditemukan setengah mil di bawah air,” kata Roberto Ventura Santos, dari lembaga Geologi Brasil kepada The Sun (8/5). Ditegaskannya, pihaknya berharap temuan ini bisa dikonfirmasikan akhir tahun ini setelah sampel batuan diuji lebih lanjut. “Kami hampir pasti ini adalah Atlantis, benua yang hilang,” ujarnya. Sebelumnya, peneliti dari Brasil, Prof Arysio Santos dalam buku yang berjudul Atlantis The Lost Continent Finally Found, menemukan bukti yang meyakinkan kepada dunia, bahwa negeri Atlantis yang hilang itu berada di wilayah Indonesia. Klaim ini bukan tanpa sebab, karena berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukannya selama 30 tahun lamanya, diyakini negeri besar Atlantis yang hilang lenyap tersebut terjadi akibat letusan Gunung Berapi Krakatau.

…dst