Silakan Kunjungi Laman Resmi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013

Calon peserta dapat melakukan pendaftaran dari tanggal 13 Mei 2013 pukul 08:00 wib sampai dengan tanggal 07 Juni 2013  22:00 wib

Laman Resmi SBMPTN 2013

banner sbmptn helpdesk banner sbmptn call

Kemendikbud Umumkan SBMPTN 2013

Saturday, 11 May 2013, 10:46 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Pendidikan Menengah dan Pendidikan Tinggi (Dikmenti) mengumumkan proses Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013, Sabtu (11/5).  Ketua SBMPTN, Profesor Akhmaloka, memaparkan penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri (PTN) di seluruh Indonesia akan dilakukan melalui tiga jalur, yakni undangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan ujian mandiri yang digelar masing-masing PTN. Udangan SNMPTN merupakan seleksi dari PTN tanpa adanya tes bagi calon mahasiswa baru. Sedangkan SBMPTN merupakan tes tertulis yang disegelenggarakan serentak Dikmenti di seluruh Indonesia. SBMPTN melibatkan 62 PTN di bawah Kemendikbud dan Kementerian Agama. Pendaftaran SBMPTN akan dibuka Senin, 13 Mei hingga 7 Juni. Pelaksanaan ujian tertulis pada 18-19 Juni.

Selain ujian tertulis, akan ada ujian keterampilan bagi universitas dengan program studi ilmu seni keolahragaan pada 20-21 Juni. Pengumuman hasil ujian pada 12 Juli. Proses pendaftaran dan pengumuman hasil dilakukan secara online di http://ujian.sbmptn.or.id  Untuk mencegah penuhnya pengakses online, hasil ujian akan kami umumkan juga melalui media cetak,” kata Akhmaloka. Biaya pendaftaran yang dikenakan bagi peserta SBMPTN sebesar Rp 175 ribu untuk pilihan jurusan di rumpun sains dan teknologi atau sosial humaniora. Sementara untuk peserta yang ingin mengambil kesempatan di dua rumpun itu dikenakan biaya Rp 200 ribu. Biaya tambahan Rp 150 ribu akan dikenakan pada peserta yang mengikuti ujian keterampilan di program kesenian atau keolahragaan. Akhmaloka meyakinkan, “Khusus untuk calon peserta yang mendapatkan beasiswa Bidikmisi Kemendikbud, semua proses SBMPTN akan dibebas-biayakan.” katanya menegaskan.

***

Pendaftaran SBMPTN Mulai Dibuka Senin

Sabtu, 11 Mei 2013 | 11:44 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) secara daring mulai dibuka, Senin (13/5) pada pukul 08.00. Pendaftaran hingga 7 Juni mendatang dan ditutup pada pukul 22.00. Pendaftaran dilakukan melalui situs http://ujian.sbmptn.or.id. Ujian tertulis dilaksanakan pada 18-19 Juni. Sedangkan pelaksanaan ujian keterampilan pada 20 Juni dan atau 21 Juni. Pelaksanaan ujian keterampilan ini berlaku untuk beberapa jurusan seperti olahraga, seni tari, seni musik, sendratasik, dan seni rupa atau desain. Ketua Panitia Pelaksana SBMPTN Akhmaloka mengatakan SBMPTN diperkirakan akan diikuti sekitar 600 ribu peserta. Jumlah kursi yang diperebutkan adalah 90.000 untuk SBMPTN dan 120.000 kursi untuk SNMPTN. 62 PTN termasuk PT yang dikelola Kementerian Agama sebanyak delapan akan ambil bagian dalam SBMPTN 2013. Jumlah PTN yang dikelola Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berjumlah 54. “SBMPTN dapat diikuti peserta yang lulus SLTA atau setara mulai 2011-2013,” ujar Akhmaloka pada Sabtu (11/5).  Peserta SBMPTN dibagi atas tiga kelompok ujian yaitu kelompok ujian sain dan teknologi (saintek), kelompok ujian sosial dan humaniora (soshum) dan kelompok ujian campuran. Setiap peserta boleh mengambil tiga program studi (prodi) hanya dari satu kelompok ujian dan dari PTN mana saja.

…dst

Siswa Bidikmisi Dibebaskan Biaya Pendaftaran SBMPTN

Sabtu, 11 Mei 2013 , 11:46:00
JPNN, JAKARTA – Panitia Pusat seleksi penerimaan masuk perguruan tinggi negeri (PTN) jalur SBMPTN memberi perlakuan khusus bagi siswa program Bidikmisi. Siswa yang sudah mendapatkan biaya pendidikan dan biaya hidupnya ditanggung pemerintah, mereka juga dibebaskan dari biaya pendaftaran masuk PTN. Ketua Panitua Pusat SBMPTN, Akhmaloka menyebutkan siswa Bidikmisi yang berasal dari kalangan kurang mampu memang tidak dipungut biaya pendaftaran, baik SNMPTN yang sedang berjalan, SBMPTN maupun jalur Mandiri yang pelaksanaannya dilakukan masing-masing PTN. “Siswa Bidikmisi tidak dipungut biaya pendaftaran, gratis. Mereka cukup menggunakan nomor PIN Bidikmisi yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemdikbud,” kata Akhmaloka, Sabtu (11/5). Tahun 2013 ini, jumlah peserta Bidikmisi yang mengikuti semua bentuk seleksi masuk PTN, baik SNMPTN, SBMPTN maupun jalur mandiri tidak dibatasi, hanya saja jumlah yang akan diterima di PTN sudah dipatok pemerintah sebanyak 40.000 kursi. Cara mendapatkan PIN Bidikmisi sendiri sudah ditetapkan oleh Dirjen Dikti. Siswa tidak mampu yang berasal dari keluarga miskin bisa mendaftarkan diri ke Ditjen Dikti untuk mendapatkan PIN khusus program Bidikmisi. “Siswa kurang mampu mendaftar ke Dikti dan akan dicek apakah mereka dari keluarga miskin atau bukan. Setelah itu baru diberi PIN Bidikmisi,” tambah Akhmaloka. (Fat/jpnn)

***

Ini Dia Biaya Pendaftaran SBMPTN

Sabtu, 11 Mei 2013 , 11:05:00
JPNN, JAKARTA – Masuk perguruan tinggi melalui seleksi bersama atau SBMPTN yang diikuti seluruh PTN mulai dibuka pendaftarannya Senin (13/5) depan. Berbeda dengan SNMPTN, seleksi bersama ini dikenai biaya pendaftaran dengan jumlah beragam. Ketua Panitia Pusat SBMPTN, Akhmaloka menjelaskan, biaya pendaftaran seleksi bersama disesuaikan dengan pilihan kelompok ujian yang diambil peserta seleksi. Di antaranya kelompok sains dan teknologi (saintek)/IPA, kelompok ujian sosial humaniora (soshum)/IPS dan campuran IPA dan IPS. “Biaya seleksi tulis Rp 175.000 setiap peserta untuk kelompok ujian Saintek atau kelompok ujian Soshum. Biaya tes tulis kelompok campuran dikenai Rp 200.000 untuk setiap peserta” kata Akhmaloka dalam konferensi pers di kawasan Senayaan, Sabtu (11/5). Bagi peserta yang memilih saintek dibolehkan memilih tiga pilihan program studi (prodi) yang diminati dalam kelompok saintek. Demikian juga bagi yang memilih soshum boleh memilih 3 prodi kelompok soshum. Nah, untuk campuran juga boleh memilih 3 prodi. Misalnya 1 saintek 2 soshum atau sebaliknya. Syaratnya, satu pilihan prodi pertama boleh memilih di PTN wilayah manapun. Pilihan kedua dan tiga harus di dalam wilayah asal peserta seleksi yang dibagi empat wilayah. Dan seluruh informasi bisa diakses di website SBMPTN http://ujian.sbmptn.or.id

…dst

“Coba-coba Jadi Joki SBMPTN, Pasti Ketahuan”
Peserta SBMPTN tidak boleh melakukan kecurangan

Sabtu, 11 Mei 2013, 11:44
VIVAnews – Panitia pelaksanaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Nasional mengaku sudah mengantisipasi kemungkinan adanya joki peserta tes. “Kita sudah antisipasi sedemikian rupa. Mulai dari soal ujiannya, kemudian validasi jawaban,” kata Ketua Panitia Pelaksana SBMPTN 2013, Akhmaloka di Jakarta, Sabtu 11 Mei 2013. Meski begitu, dia tidak bersedia membeberkan lebih detail caranya untuk mendeteksi keberadaan para joki. “Saya tidak bisa ceritakan secara mendetail, nanti saya dikira ngajarin joki,” katanya. Akhmaloka menyatakan jika memang nantinya terbukti memakai joki, maka yang orang terkait dengan joki itu tidak akan lulus. “Joki tersebut akan ditangkap. Dan apabila masuk ke ranah pidana, ya akan kita pidanakan,” sambungnya. Dia menghimbau agar para peserta SBMPTN tidak melakukan kecurangan dalam mengerjakan tes bersama itu. “Kalau ada joki akan ketauan, jangan coba-coba,” kata dia mengingatkan.

…dst

Soal SBMPTN Dipastikan Tak Bocor  

Sabtu, 11 Mei 2013 | 13:08 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Soal Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dijamin kerahasiaannya. Panitia sudah mengupayakan agar soal tak bocor. Wakil Ketua SBMPTN Rochmat Wahab mengatakan, panitia mengemas rapi soal dengan peti baja. “Soal dijamin tak bocor seperti ujian nasional,” kata dia di Hotel Century, Jakarta, Sabtu, 11 Mei 2013. Panitia pun, kata dia, sudah mengupayakan agar soal tak bocor. Misalnya dengan menjaga kerahasiaan percetakan PTN mana yang ditunjuk. “Jika masyarakat tahu, soal akan bocor,” ujar dia. Ketua SBMPTN, Akhmaloka, mengatakan, pihaknya sudah siapkan semuanya terkait proses seleksi ini. “Kami sudah koordinasi dengan mitra IT agar tidak terjadi kegagalan sistem online, baik untuk pendaftaran maupun proses berikutnya,” ucap Rektor Institut Teknologi Bandung tersebut. Ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) mulai dibuka pendaftarannya pada Senin depan. Pada 13 Mei 2013, pendaftaran secara online serentak dibuka untuk semua siswa yang ingin mengikuti ujian tertulis ini. “Dan ditutup tanggal 17 Juni 2013 jam 11 malam WIB.”

…dst