1 ) Usakti Hibah Rumah ke Orangtua Korban Tragedi 1998
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/12/373/805699/usakti-hibah-rumah-ke-orangtua-korban-tragedi-1998

Minggu, 12 Mei 2013 15:30 wib
JAKARTA – Universitas Trisakti (Usakti) memberikan masing-masing satu unit rumah kepada orangtua dari almarhum Elang Mulia Lesmana, Heri Hertanto, Hafidin Royan, dan Hendriawan Sie mahasiswa yang gugur dalam tragedi berdarah pada 1998. Rektor Usakti Thobi Muthis mengatakan, pemberian hibah rumah tersebut merupakan buah tangan sebagai bentuk apresiasi terhadap para pahlawan reformasi.”Buah tangan kepada mereka yang telah menjadi martir demi terciptanya era reformasi. Kita harapkan agar reformasi ini menghasilkan kebajikan yang lebih baik bagi rakyatnya,” ujar Thobi, saat acara peringatan tragedi 12 Mei 1998, di Kampus A Usakti, Jakarta, Minggu (12/5/2013). Dijelaskannya, meski tragedi tersebut sudah lama berlalu, namun tetap harus ada pembicaraan dengan pemerintah, Komnas HAM, dan pihak-pihak terkait agar tragedi ini menjadi terang benderang. “Ini bukan saja untuk saat ini, tetepi juga untuk generasi yang akan datang,” imbuhnya. Peringatan tragedi Trisakti ini diawali dengan pengibaran bendera setengah tiang dihadiri oleh Sekretaris Kabinet (Seskab) Dipo Alam dan ratusan civitas akademika Trisakti meliputi para dosen, karyawan, pengurus/fungsionaris organisasi mahasiswa ini, dan orangtua korban. Selain mendapatkan rumah satu unit, para orangtua korban juga mendapatkan masing-masing dana sebesar Rp15 juta dari Ikatan Alumni Universitas Trisakti.

…dst

2 ) Sulitkan Mahasiswa Penerima
Dana Beasiswa Bidikmisi Lambat Cair
http://www.pikiran-rakyat.com/node/234531

Minggu, 12/05/2013 – 09:54
YOGYAKARTA, (PRLM).- Setiap hari, Eko Nurcahyo Pratomo harus mengayuh sepeda sejauh lebih dari 30 kilometer, dari rumahnya di Imogiri hingga kampus Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta. Baginya, tetap tinggal di rumah lebih bermanfaat, karena menghemat biaya hidup dibanding indekost. Dia juga tetap bisa membantu orang tuanya di rumah. Ayahnya yang memiliki dua ekor kambing kadang menjadi buruh bangunan jika ada pekerjaan, sedang ibunya buruh di industri rumahan pembuatan makanan kecil dengan upah Rp 15 ribu sehari. Beruntunglah, otak Eko cukup encer sehingga bisa diterima di jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UGM. Lewat skema mahasiswa Bidikmisi, Eko dibebaskan dari biaya kuliah selama delapan semester dan menerima uang saku Rp 600 ribu sebulan. “Kalau untuk kebutuhan saya sendiri masih cukup, bahkan masih sisa sebenarnya. Saya harap ke depan sistem diperbaiki sehingga tidak ada keterlambatan. Kalau sampai terlambat kan kasihan mahasiswa yang dari luar daerah, pada kerepotan. Kalau untuk saya masih cukup, tapi untuk mahasiswa asal luar daerah mungkin masih kurang, jadi bagi mereka perlu dinaikkan, agar tercukupi,” ujarnya. Kendala yang sering dihadapi Eko adalah ketika beasiswa itu terlambat dicairkan pemerintah. Karena uang saku Rp 600 ribu itu menjadi satu-satunya sumber pendanaan untuk membeli buku, fotokopi bahan kuliah, hingga menyelesaikan tugas-tugas dari dosen.

…dst

3 ) Robot Hanoman “Serang” Politeknik Negeri Jakarta
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/12/373/805616/robot-hanoman-serang-politeknik-negeri-jakarta

Minggu, 12 Mei 2013 10:02 wib
DEPOK – Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) tiba-tiba saja diduduki oleh beberapa robot buatan manusia. Bak di film Transformers, robot-robot ini bisa bertingkah laku seperti manusia. Tapi tunggu dulu, ternyata itu hanya sebuah kontes robot yang digelar oleh PNJ. PNJ menjadi tuan rumah dalam ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) Regional II yang digelar di Balairung Universitas Indonesia (UI) pada 10-11 Mei 2013. Kontes robot tersebut meliputi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Pasalnya, di 2013, Indonesia kembali akan mengikuti kontes robot tingkat internasional ABU Robocon 2013 yang berlangsung di Danang, Vietnam, pada Agustus. Tim Indonesia akan berkompetisi dengan 20 tim robot dari mancanegara. Lomba tersebut merupakan lomba yang ke-12 yang akan diselenggarakan di Vietnam dengan peserta dari negara-negara Asia Pacific Broadcasting Union (ABU).

…dst

4 ) Rektor Baru UI Harus Hentikan Sentralisasi
http://www.tempo.co/read/news/2013/05/12/079479756/Rektor-Baru-UI-Harus-Hentikan-Sentralisasi

Minggu, 12 Mei 2013 | 15:49 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Aktivis gerakan UI Bersih, Ade Armando, berharap rektor baru Universitas Indonesia, Muhammad Anis, menghentikan sentralisasi pengelolaan keuangan kampus. “Ini semua terjadi karena sentralisasi kekuasaan dan keuangan yang dilakukan rektor lama,” kata Ade saat dihubungi Tempo, pada Ahad, 12 Mei 2013. Saat ini, tengah bergulir kasus dugaan korupsi pengadaan teknologi informasi (IT) di Perpustakaan Universitas Indonesia yang dilaporkan oleh guru besar UI pada 2012 lalu. “Masalah di UI adalah semua uang disentralisasi di rektorat,” kata Ade. Pemusatan pengelolaan tersebut dimanfaatkan oleh pihak rektorat dengan tidak bertanggung-jawab. Jumat, 10 Mei lalu, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Bambang Widjojanto menyatakan surat perintah penyidikan untuk dugaan korupsi dalam proyek pengadaan IT di Perpustakaan UI akan keluar pekan depan.

…dst

5 ) Mendikbud Kunjungi Akademi Komunitas di Pacitan
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/110114/mendikbud-kunjungi-akademi-komunitas-di-pacitan

11 Mei 2013 20:54:08
Pacitan (Antara Jatim) – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh, Sabtu, mengunjungi Akademi Komunitas (AK) Pacitan di Pacitan, Jawa Timur yang saat ini masih dalam proses pembangunan. M Nuh yang datang bersama rombongan usai meresmikan Politeknik Negeri Madiun tersebut sempat beberapa lama meninjau pembangunan Akademi Pacitan. “Kami berharap pembangunan Akademi Komunitas ini segera selesai sehingga sarana pendidikan untuk pengembangan sumber daya manusia Indonesia ini bisa segera digunakan,” ujarnya. Bersama Bupati Pacitan, Indartato, M nuh menyempatkan diri berkeliling komplek gedung Akademi Komunitas beberapa lama. Tak hanya melihat kemajuan pembangunan fisik yang ia lihat, tetapi juga sarana penunjang lainnya, seperti toilet dan mushala, . Mendikbud menargetkan gedung AK dapat diresmikan bulan Juli mendatang, sehingga pada bulan September sudah dapat menerima siswa baru.

…dst

6 ) 200 Rektor Ungkap Kriteria Calon Pemimpin RI
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/12/373/805682/200-rektor-ungkap-kriteria-calon-pemimpin-ri

Minggu, 12 Mei 2013 13:53 wib
SOLO – Meeting Regional Forum Rektor Indonesia (FRI) se Jawa yang berlangsung di Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (11/5/2013), diikuti 200 Rektor Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta. Salah satu bahasannya adalah Kepemimpinan Indonesia Baru menyongsong era Asia. “Pada meeting ini, FRI menetapkan ruang lingkup kepemimpinan nasional dan kriteria calon pemimpin Indonesia di 2014-2019,” ungkap Ketua FRI 2013 Laode M Kamaluddin, seusai acara Meeting Regional FRI se-Jawa, di Solo, Jawa Tengah, akhir pekan ini. Laode Kamaluddin mengatakan, ruang lingkup dan kriteria inilah yang menjadi dasar dalam menetapkan dasar dalam menetapkan calon-calon terbaik yang akan di uji serta di usung FRI untuk kemudian ditawarkan kepada masyarakat. Adapun ruang lingkup kepemimpinan nasional 2014-2019 terdiri dari tujuh aspek, di antaranya adalah aspek ideologi Pancasila dan kepribadian nasional, Aspek penegakan hukum dan implementasinya, Aspek kemandirian ekonomi dan daya saing bangsa, dan sebagainya.

…dst

7 ) Rebut Beasiswa Sampai ke Negeri Panda Yuk
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/12/373/805728/rebut-beasiswa-sampai-ke-negeri-panda-yuk

Minggu, 12 Mei 2013 16:37 wib
JAKARTA – Para pelajar Jawa Timur mendapat kesempatan untuk memperoleh beasiswa untuk kuliah di kampus-kampus ternama China, baik untuk program Strata 1 (S1) maupun pascasarjana. Hal ini terkait kehadiran 25 perguruan tinggi China yang akan berpameran dalam Pameran Pendidikan China (PPC) ke-16 di Surabaya. Pameran itu dilaksanakan di Hotel Tunjungan, Surabaya mulai Sabtu (11/5/2013) hingga Minggu (12/5/2013). Ketua Beijing Language & Culture Institute (BLCI) Ir. Samuel Wiyono MBA mengatakan dalam PPC 16 yang diikuti 25 perguruan tinggi dari China memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk memperoleh beasiswa secara langsung hingga mencapai Rp12 juta.
“Maka, saya harapkan kesempatan ini tidak disia-siakan oleh pelajar Jawa Timur, terutama yang berasal dari Kota Surabaya dan sekitarnya,” jelas Samuel, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (12/5/2013).

…dst

8 ) Siswa Berprestasi Versi Habibie Tingkatkan Sinergi
Membentuk jaringan untuk kemajuan IPTEK dan ESDM.
http://nasional.news.viva.co.id/news/read/412186-siswa-berprestasi-versi-habibie-tingkatkan-sinergi

Minggu, 12 Mei 2013, 18:51
VIVAnews – Lima belas tahun tak bertemu, akhirnya para alumni penerima beasiswa program Habibie berkumpul kembali dalam acara ‘Reuni Akbar 2013 Punakarya Siswa Program Habibie’. “Sekitar 400 peserta, alumni dari angkatan 1982-1996. Lulusan dari berbagai negara seperti Amerika, Inggris, Jerman, Belanda, Jepang, Perancis, Australia, dan Kanada,” ujar Ketua Panitia Reuni Akbar Punakarya Program Habibie, Arif Budi Suyono saat ditemui di Gedung Arsip, Minggu 12 Mei 2013. Arif menjelaskan reuni lintas negara dan program ini merupakan kali pertama mereka lakukan. Lebih lanjut Arif membeberkan tujuan reuni ini untuk meningkatkan sinergi dan membentuk jaringan antar alumni demi kemajuan di bidang IPTEK dan ESDM.”Memang belum merumuskan secara khusus, karena kita mulai dari membentuk jaringan terlebih dahulu, setelah itu akan mendengarkan masukan dari alumni. Kami juga bacakan deklarasi-deklarasi alumni,” tambahnya.

…dst

9 ) Demi Ciliwung, UI Gelar Lari Maraton
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/12/373/805765/demi-ciliwung-ui-gelar-lari-maraton

Minggu, 12 Mei 2013 18:52 wib
JAKARTA – Universitas Indonesia melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala UI) menggagas gerakan Berlari “Run Foriver: Satu Pelari untuk Satu Pohon, demi Ciliwung yang Lebih Baik” guna menggalang dana dan mendukung program menyelamatkan Sungai Ciliwung “Adoption River”. Kegiatan ini dilaksanakan Minggu (12/5/2013), dengan garis start di Boulevard UI kampus Depok dan panggung penutupan di selasar Balairung UI kampus Depok. Pj.Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met menembakkan pistol start melepas lebih dari 800 pelari yang berpartisipasi pada gerakan Run Foriver. Turut serta sebagai pelari di antaranya Agus Yudhoyono, Sandiaga Uno serta para pelari profesional dari Kenya dan Jepang.Terlaksananya Gerakan Run Foriver ini, maka sumbangan sebanyak 2.850 bibit pohon akan ditanam oleh mahasiswa UI yang tergabung dalam Mapala UI dan para peserta K2N UI.

…dst

10 ) LIPI: Tak Masalah e-KTP Difotocopy Berkali-kali
http://news.detik.com/read/2013/05/12/140939/2243551/10/lipi-tak-masalah-e-ktp-difotocopy-berkali-kali?nd772205mr

Minggu, 12/05/2013 14:09 WIB
Jakarta – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memperhatikan persoalan fotocopy e-KTP yang mencuat di masyarakat. Berdasarkan analisis LIPI, tidak ada masalah e-KTP difotocopy sebanyak apa pun. “Jadi suatu objek rusak karena difotokopy sangat kecil kemungkinannya,” kata peneliti bidang Electro-Magnetic Compatibility (EMC) Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian (P2SMTP) LIPI, Aditia Nur Bakti, melalui situs resmi lipi.go.id, Minggu (12/5/2013). Aditia menjelaskan, pada saat menggunakan mesin fotokopy objek yang akan difotocopy di atas kaca, ditutup oleh penutup mesin. Sesaat setelah penutup mesin ditutup, selanjutnya mesin akan melakukan scanning permukaan kacanya dengan menggunakan cahaya, yang selanjutnya akan dicetak. “Objek yang difotocopy hanya akan terpapar oleh cahaya dan sebagian pengaruh emisi radiasi dari mesin fotokopi yang besarnya mungkin tidak signifikan dan objek yang difotocopy tersebut tidak terlalu terkena panas, karena yang panas biasanya hasilnya,” ujar Aditia.

…dst

11 ) Ilmuawan Indonesia raih tiga emas di Malaysia
http://www.antaranews.com/berita/374248/ilmuawan-indonesia-raih-tiga-emas-di-malaysia

Minggu, 12 Mei 2013 18:03 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Ilmuawan muda Indonesia meraih tiga medali emas dan dua perak dalam ajang kompetisi sains “International Exhibition of Young Inventors (IEYI) 2013 di Kuala Lumpur, Malaysia. Siaran pers Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang diterima di Jakarta, Minggu, menyebutkan IEYI merupakan ajang internasional untuk menampilkan beragam kreativitas para pemuda atau ilmuwan muda melalui invensi mereka. Penemuan yang ditampilkan adalah produk yang telah mendapatkan penghargaan dari kompetisi nasional setiap negara peserta. Perhelatan IEYI tahun ini diikuti oleh 13 negara yang berlangsung di Malaysia dengan penyelenggara The Malaysian Invention and Design Society (MINDS). Dr. Bogie Soedjatmiko Eko Tjahjono, Kepala Biro Kerja sama dan Pemasyarakatan Iptek (BKPI) LIPI mengungkapkan, Indonesia pada ajang kali ini meraih prestasi yang membanggakan dengan menyabet tiga emas dan dua perak yang berasal dari beberapa kategori.

…dst

12 ) BNN: 4,2 Juta rakyat Indonesia pakai narkoba
http://nasional.sindonews.com/read/2013/05/12/15/747917/bnn-4-2-juta-rakyat-indonesia-pakai-narkoba

Minggu, 12 Mei 2013 ? 20:02 WIB
Sindonews.com – Badan Narkotika Nasional (BNN) berkomitmen untuk terus melakukan pencegahan pemakaian dan pereda narkoba di Indonesia. Caranya yakni dengan menggelar sosialisasi dan kampanye anti narkoba dengan mengajak LSM, salah satunya yakni Gerakan Nurani Nusantara (GANN) dengan menggelar jalan santai di Depok. Ketua Umum GANN M Fariza Y Irawady mengatakan setiap hari pasti ditemukan jaringan narkoba baru, sehingga diperlukan jaringan masyarakat yang lebih besar sebagai benteng. Menurutnya, pencegahan jauh lebih penting ketimbang pemberantasan. “Ada 5 juta yang terkena narkoba sesuai data BNN, tapi kan masih ada lebih dari 230 juta rakyat Indonesia yang belum terkena. Ini harus dibentengi, selama ini GANN berikan pelatihan motivasi, oleh kader anti narkoba yang kami miliki,” ungkapnya di Pangkalan Jati, Cinere, Depok, Minggu (12/05/2013). Direktur Advokasi Bidang Pencegahan BNN Brigjen Pol Dr Victor Pundjiadi mengatakan sedikitnya tercatat sebanyak 3,8 juta hingga 4,2 juta masyarakat Indonesia terkena narkoba. Hal itu, kata dia, menjadi fenomena gunung es yang semakin lama bisa memuncak jika tak dicegah.

…dst