1 ) Mahasiswa Indonesia terpilih ikuti program nuklir, CERN
http://news.detik.com/read/2013/05/13/185008/2244726/934/mahasiswa-indonesia-terpilih-ikuti-program-nuklir-cern?881101934

Senin, 13/05/2013 18:50 WIB
BBCIndonesia.com – detikNews
Tiga mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) terpilih untuk mewakili Indonesia untuk pertama kalinya dalam mengikuti program di organisasi penelitian nuklir Eropa, CERN, di Jenewa, Swiss. Partisipasi mahasiswa Indonesia di CSSP 2013 merupakan momen bersejarah karena menandai awal keterlibatan Indonesia secara langsung pada kolaborasi ilmiah global terbesar di dunia, CERN, kata LT Handoko, dari Pusat Penelitian Informatika dan Pusat Penelitian Fisika, LIPI, yang juga merupakan kontak CERN di Indonesia. Tiga mahasiswa ITB yang terpilih adalah Nathaniel Chandra Harjanto (Teknik Fisika), Muhammad Firmansyah Kasim (Teknik Elektro), dan Imre Nagi (Teknik Elektro). Program musim panas mahasiswa di CERN akan diikuti sekitar 250 mahasiswa dari seluruh dunia yang telah melalui seleksi CERN. Para peserta CSSP tidak hanya mengikuti perkuliahan terkait, tetapi juga akan dilibatkan secara langsung di aneka eksperimen dalam bentuk berbagai proyek penelitian terdepan di CERN, kata Handoko. Ia mengatakan kemungkinan salah seorang dari mahasiswa Indonesia akan dilibatkan pada penelitian dengan bimbingan Haryo Sumowidadgo, ilmuwan Indonesia yang bekerja di CERN. Handoko juga mengatakan dalam pernyataan yang diterima BBC, seleksi untuk mahasiswa Indonesia termasuk dengan melihat potensi siswa untuk meneruskan studi dan menekuni bidang fisika partikel eksperimental atau sains terapan.

…dst

2 ) 5 Kampus dengan Jurusan Ilmu Komputer Terbaik di Indonesia
http://edukasi.kompas.com/read/2013/05/13/11503040/5.Kampus.dengan.Jurusan.Ilmu.Komputer.Terbaik.di.Indonesia

Senin, 13 Mei 2013 | 11:50 WIB
KOMPAS.com – QS World University Rankings by Subject kembali merilis daftar peringkat universitas terbaik di dunia berdasarkan masing-masing jurusan dan program studinya untuk tahun 2013. Di Indonesia, QS juga merilis lima kampus terbaik dengan jurusan Ilmu Komputer dan Sistem Informasi terbaik. Institut Teknologi Bandung (ITB) masih didapuk sebagai kampus terbaik dengan jurusan Ilmu Komputer dan Sistem Informasi terbaik. Namun, ITB tidak masuk dalam daftar 200 besar kampus-kampus di dunia yang terbaik dalam program studi ini. Satu-satunya perguruan tinggi swasta yang masuk dalam daftar lima besar ini adalah Universitas Islam Indonesia. Perguruan tinggi swasta tertua yang terletak di Yogyakarta ini berada di peringkat kelima. Berikut daftar lengkapnya:

…dst

3 ) 5 Kampus dengan Jurusan Pertanian dan Kehutanan Terbaik di Indonesia
http://edukasi.kompas.com/read/2013/05/13/18355149/5.Kampus.dengan.Jurusan.Pertanian.dan.Kehutanan.Terbaik.di.Indonesia

Senin, 13 Mei 2013 | 18:35 WIB
KOMPAS.com — Pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi negeri dan swasta sudah dan akan dibuka. Berminat untuk melanjutkan studi ke jurusan pertanian dan kehutanan, tetapi bingung mencari kampus yang terbaik? Pemeringkatan QS World University Rankings by Subject 2013 ini bisa dipilih sebagai panduan untuk memilih. QS World University Rankings meluncurkan daftar lima kampus dengan jurusan pertanian dan kehutanan terbaik di Indonesia. Apa saja? Tentu saja, nama Institut Pertanian Bogor (IPB) menjadi andalan di Indonesia dan QS juga mengakuinya. IPB ditempatkan di peringkat pertama dalam daftar tahun ini. Bahkan, perguruan tinggi negeri yang berdiri tahun 1963 ini masuk ke dalam 200 perguruan tinggi dengan jurusan pertanian dan kehutanan terbaik di dunia. IPB duduk di peringkat ke-151-200. IPB sejajar dengan sejumlah perguruan tinggi ternama lain di dunia, seperti Murdoch University Australia, Università Cattolica del Sacro Cuore Italia, dan University of Tasmania Australia. Meski duduk di peringkat yang sama dengan 49 kampus lain, IPB menerima dua QS Stars yang menunjukkan sejauh mana universitas tersebut bisa dipercaya.

…dst

4 ) Berstatus Negeri, PNM Harus Alokasikan 20 Persen untuk Bidikmisi
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1322

05/13/2013
Madiun — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan telah meresmikan penegerian Politeknik Negeri Madiun (PNM), di halaman kampus PNM, Sabtu (11/05). Dengan peresmian ini, maka PNM menjadi politeknik negeri pertama di Jawa Timur bagian barat. “Tujuannya (PNM dinegerikan), supaya memberikan akses pendidikan vokasi lebih mudah kepada anak-anak dari Madiun sehingga mereka tidak harus keluar daerah untuk sekolah. Selain itu memunculkan kebanggaan sebagai warga Madiun supaya tidak lepas antara akar intelektual dengan akar emosionalnya,” ujar Mendikbud saat memberikan sambutan peresmian. Karena telah berstatus negeri, Mendikbud menegaskan, PNM harus mengalokasikan 20 persen anggarannya untuk mahasiswa tidak mampu melalui beasiswa Bidikmisi. “Karena sudah jadi negeri, harus disiapkan Bidikmisi. Harus 20 persen dialokasikan untuk adik-adik kita yang tidak mampu,” tegasnya.

…dst

5 ) Oknum Mahasiswa ITS Terlibat Perjokian di UMM
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/110224/oknum-mahasiswa-its-terlibat-perjokian-di-umm

13 Mei 2013 19:21:23
Malang (Antara Jatim) – Dua orang oknum mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berinisial VA dan WP terlibat kasus perjokian pada saat pelaksanaan tes masuk calon mahasiswa baru di Universitas Muhammadiyah Malang, Senin. Kepala Hubungan Masyarakat (Humas) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Nasrullah mengatakan kedua oknum mahasiswa ITS tersebut dari Jurusan Teknik Kimia. “Pihak kampus bersama kepolisian masih terus mendalami otak pelakunya. Pasti masih ada pelaku lainnya yang pada saat kejadian berada di luar area ruang tes,” tegas Nasrullah. Ia menjelaskan, kedua joki yang tertangkap tersebut menggunakan layanan “bluetooth” dengan memodifikasi telepon genggam menjadi lebih tipis yang menyerupai kertas. Namun, upaya itu gagal, karena ruang tes diacak, tidak dalam satu gedung atau UMM Dome seperti tahun-tahun sebelumnya. Rektor UMM Dr Muhadjir Effendi mengatakan pihaknya akan melaporkan kasus tersebut ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta rektor ITS, dimana dua mahasiswa yang menjadi joki tersebut menempuh pendidikan tingginya.

…dst

6 ) ITS Tunggu Informasi Perjokian dari Rektor UMM
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/110233/its-tunggu-informasi-perjokian-dari-rektor-umm

13 Mei 2013 20:40:36|
Surabaya (Antara Jatim) – Pihak Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya hingga kini masih menunggu informasi terkait dugaan praktik perjokian yang diduga dilakukan mahasiswanya di Universitas Muhammadiyah Malang. “Kami belum tahu, karena sampai sekarang sifatnya masih menunggu, biasanya Rektor UMM akan menyampaikan berita acara kepada kami soal itu,” kata Kepala Badan Akademik ITS Dr Ismaini Zain kepada Antara di Surabaya, Senin. Ia mengemukakan hal itu menanggapi dugaan adanya dua orang oknum mahasiswa ITS Surabaya berinisial VA dan WP terlibat dalam kasus perjokian pada saat pelaksanaan tes masuk calon mahasiswa baru di UMM yang menyeret 31 mahasiswa terduga joki. Menurut dia, berita acara itu biasanya dilengkapi dengan tingkat kesalahan dalam kasus itu. “Dari situlah nanti akan dibahas dalam Tim Penyelesaian Perkara yang dipimpin Rektor ITS, lalu akan ada sanksi sesuai bukti-bukti yang ada,” katanya.

…dst

7 ) Diamankan, 31 Joki Ujian Masuk UMM Malang
http://regional.kompas.com/read/2013/05/13/13392476/Diamankan.31.Joki.Ujian.Masuk.UMM.Malang

Senin, 13 Mei 2013 | 13:39 WIB
MALANG, KOMPAS.com – Sebanyak 31 orang ditangkap karena menjadi joki tes Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Jawa Timur, Senin (13/5/2013). Mereka kemudian diserahkan oleh panitia PMB ke kepolisian setempat. Pembantu Rektor II UMM Fauzan yang juga ketua panitia tes PMB UMM menjelaskan, para joki ini ditangkap saat panitia menggeledah tas peserta ketika ujian baru berlangsung sekitar 20 menit.”Setelah 20 menit tes berjalan, pengawas baru beraksi menggeledah peserta tes,” jelas Fauzan saat ditemui di kampus UMM, Senin (13/5/2013). Panitia pengawas terlebih dahulu menangkap 27 orang. Lalu penggeledahan berlanjut, dan panitia kembali menangkap 4 orang yang ditengarai joki. Dengan demikian, joki yang ditangkap saat tes PMB pertama itu sebanyak 31 orang. Menurut Fauzan, para pelaku mengaku sebelum mengikuti tes, para joki ini diberi pengarahan oleh bosnya. Mereka juga dibekali alat-alat elektronik berupa telepon selular yang sudah dimodifikasi.

…dst

8 ) Tiga Modus Joki Ujian Masuk UMM
http://www.tempo.co/read/news/2013/05/13/079480003/Tiga-Modus-Joki-Ujian-Masuk-UMM

13 Mei 2013
TEMPO.CO, Malang – Sindikat joki seleksi masuk Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) terbongkar. Sebanyak 31 orang tertangkap tangan menggunakan jasa joki, terdiri dari 20 perempuan dan 11 laki-laki. Penelusuran rektorat UMM menemukan tiga modus dalam praktek perjokian ini. Pertama, menggunakan teknik lama, yakni calon mahasiswa izin ke kamar mandi lantas menerima jawaban dari joki. Modus kedua, soal ujian difoto menggunakan kamera mikro yang berbentuk bros. Lantas, foto soal ujian dikirim ke sindikat jaringan joki. “Sindikat ini dikendalikan dari sebuah hotel di Malang,” kata Pembantu Rektor UMM Bidang Akademik, Fauzan, Senin, 13 Mei 2013. Dari dalam kamar hotel, kata dia, anggota sindikat menjawab soal yang dikirim. Setelah seluruh soal terjawab, koordinator sindikat mengirim jawaban kepada setiap calon mahasiswa melalui perangkat komunikasi penerima. Yakni sebuah pesawat telepon seluler yang dimodifikasi hanya menerima pesan kode dari sindikat joki. “Pesan menggunakan sandi,” katanya.

…dst

9 ) 600 Ribu Peserta SBMPTN Rebut 90 Ribu Kursi PTN
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/13/373/805929/600-ribu-peserta-sbmptn-rebut-90-ribu-kursi-ptn

Senin, 13 Mei 2013 10:25 wib
JAKARTA – Sekira 600 ribu peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan memperebutkan 90 ribu kursi di 62 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) seluruh Indonesia. “Tahun kemarin (peserta) 618 ribu,” tukas Ketua Panitia Pelaksana SBMPTN 2013 Akhmaloka, seperti disitat dari laman Kemendikbud, di Jakarta, Senin (13/5/2013). SBMPTN sendiri merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh 62 PTN dalam satu sistem terpadu dan diselenggarakan serentak melalui ujian tertulis. Pendaftaran SBMPTN 2013 dilakukan secara daring atau online melalui situs http://ujian.sbmptn.or.id. Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) itu memperkirakan, jumlah peserta tahun ini tidak berbeda jauh dengan tahun lalu. Skema dari ujian masuk PTN pada tahun ini, tambahnya, berbeda dengan tahun lalu. Jika tahun lalu ada dua jenis ujian, yaitu Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan seleksi Mandiri, maka tahun ini ada tiga jenis ujian dengan adanya SBMPTN.

…dst

10 ) Tiga PTN di DIY Sediakan 4.207 Kursi melalui SBMPTN
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/05/13/3/153104/Tiga-PTN-di-DIY-Sediakan-4.207-Kursi-melalui-SBMPTN

Senin, 13 Mei 2013 | 13:08 wib
Metrotvnews.com, Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, dan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, menerima mahasiswa baru melalui seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN). Humas Universitas Gadjah Mada (UGM) Wijayanti mengatakan perguruan tinggi negeri itu akan menerima 1.997 mahasiswa baru melalui pola tersebut. Menurutnya, angka itu mencapai 30% dari total mahasiswa baru UGM tahun ini sebanyak 6.646 orang. “Pola ini, penerimaan calon mahasiswa melalui tes tertulis,” ujar di Yogyakarta, Senin (13/5). Proses pendaftaran dilakukan secara online dan dibuka mulai hari ini. Namun, sebelum mendaftar calon peserta SBMPTN harus membayar biaya pendaftaran terlebih dahulu melalui Bank Mandiri atau Kantor Pos. “Untuk peminat program-program saintek atau soshum biayanya sebesar Rp175.000, sedangkan program campuran Rp200.000,” kata Wijayanti. Pendaftaran on line dilakukan melalui website www.ujian.sbmptn.or.id yang merupakan website resmi panitia.

…dst

11 ) 2.316 Kursi Tersedia untuk Calon Mahasiswa Unnes
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/13/373/806183/2-316-kursi-tersedia-untuk-calon-mahasiswa-unnes

Senin, 13 Mei 2013 15:07 wib
JAKARTA – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 telah dibuka secara serempak mulai hari ini, Senin (13/5/2013). Untuk jalur tersebut, Universitas Negeri Semarang (Unnes) menyediakan kursi sebanyak 2.316. Berbeda dengan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang mengandalkan nilai rapor, jalur penerimaan yang satu ini mengharuskan para calon mahasiswa mengikuti tes tertulis. Sementara bagi mereka yang memilih program studi olahraga dan seni masih harus mengikuti uji keterampilan. Pelaksana Tugas (Plt) Rektor Unnes Agus Wahyudin mengungkapkan, secara keseluruhan pada tahun akademik 2013/2014, Unnes akan menerima 6.605 mahasiswa baru. “Sebanyak 55 persen diterima lewat SNMPTN, 35 persen lewat SBMPTN, dan sisanya atau 10 persen melalui SPMU yang merupakan seleksi mandiri,” kata Agus, seperti dikutip dari laman Unnes, Senin (13/5/2013).

…dst

12 )  Unej Buka Layanan Konsultasi SBMPTN
http://edukasi.kompas.com/read/2013/05/13/

Senin, 13 Mei 2013 | 22:24 WIB
JEMBER, KOMPAS.com- Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 sudah dibuka. Untuk memudahkan calon pendaftar, Universitas Jember membuka layanan informasi dan konsultasi. “Kita membuka layanan informasi dan konsultasi SBMPTN di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa sejak hari ini sampai dengan tanggal 7 Juni 2013,” ungkap Zulfikar, Pembantu Rektor I Universitas Jember di Kampus Tegalboto, Jember, Jawa Timur, Senin (13/5/2013). Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 adalah pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dalam satu sistem yang terpadu, dan diselenggarakan secara serentak melalui ujian tertulis. Siswa SMA sederajat yang dapat mengikuti SBMPTN adalah lulusan tahun 2013, 2012, dan 2011.

… dst

13 ) Duh, Profesi Dokter Gigi di Indonesia Masih Minim
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/13/373/806156/duh-profesi-dokter-gigi-di-indonesia-masih-minim

Senin, 13 Mei 2013 14:40 wib
JAKARTA – Profesi dokter gigi masih menghadapi tantangan serius. Apalagi, kehadirannya di tengah masyarakat Indonesia, masih kurang. Tingginya angka penyakit gigi dan mulut, membuat profesi dokter gigi sangat dibutuhkan, walaupun keberadaan profesi ini belum merata di Indonesia. Dekan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) periode 2013- 2017 Dr. Paulus Januar Satyawan, drg. MS menjelaskan, keprihatinan tersebut makin bertambah karena kerapkali kesehatan gigi dipandang kurang penting. Sehingga skala prioritasnya masih cukup rendah. “Akibatnya program kesehatan gigi maupun alokasi dana tidak memadai. Padahal kesehatan gigi merupakan bagian integral dari seluruh kesehatan tubuh, serta seharusnya merupakan salah satu unsur utama dalam perwujudan kesejahteraan rakyat,” kata dia, di Kampus FKG UPDM(B), Bintaro, Jakarta Selatan, Senin (13/5/2013).

…dst

14 ) ITS kenalkan sepeda air di Surabaya
http://www.antaranews.com/berita/374155/its-kenalkan-sepeda-air-di-surabaya

Minggu, 12 Mei 2013 00:17 WIB
Surabaya (ANTARA News) – Himpunan Mahasiswa Teknik Sistem Perkapalan (Himasiskal) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) memperkenalkan sepeda air lewat “Marine Icon 2013” di Sungai Kalimas Surabaya pada 9-11 Mei. “Kita kenalkan transportasi air terbaru lewat `Water Bike Competition and Race Competition 2013` yang diikuti pelajar SMA/SMK, mahasiswa, dan umum,” kata Ketua Panitia Water Bike Competition and Race Competition 2013, Fahmi Yunus, di Surabaya, Sabtu. Dalam kontes itu, para peserta yang berjumlah lima tim dituntut mampu mengembangkan prototipe transportasi air dalam bentuk “water bike”. “Water Bike Competition and Race Competition 2013 ada beberapa kriteria penilaian yang dilakukan oleh dewan juri, yakni sepeda dinilai dari sisi seni, ukuran, dan kerumitan. Sepeda-sepeda air ini akan diuji kemampuannya dalam drag race dan slalom race,” katanya.

…dst

15 ) Pemakalah Unpas Unjuk Gigi di China
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/12/373/805793/pemakalah-unpas-unjuk-gigi-di-china

Senin, 13 Mei 2013 08:15 wib
JAKARTA – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Beijing bekerjasama dengan Universitas Pasundan Bandung menyelenggarakan seminar pendidikan di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Beijing, pada 6 Mei 2013. Dilansir dari laman Kemendikbud, Senin (13/5/2013), seminar tersebut mengusung tema ‘Improve Education in the Changing World Economy’ serta dibuka oleh Atase Pendidikan KBRI Beijing Chaerun Anwar. Seminar ini menghadirkan 16 pemakalah yang berasal dari Universitas Pasundan Bandung dan Universitas Jenderal Ahmad Yani Bandung serta dihadiri sekira 70 peserta dari Indonesia maupun dari Republik Rakyat China. Mereka berasal dari Universitas Pasundan Bandung, Universitas Jenderal Ahmad Yani Bandung, STIE Pasundan Bandung, Pemerintah kota (Pemkot) Bandung, para guru dari SMAN 2 Bandung, SMAN 24 Bandung, SMAN 22 Bandung serta para mahasiswa dari Beijing Foreign Studies University (BFSU), Beijing Normal University (BNU), Tsinghua University, University of International Business and Economic (UIBE), dan Capital Medical University (CMU).

…dst

16 ) STEI ITB Menangi Fujitsu Innovation
http://m.koran-sindo.com/node/314786

13 Mei 2013
YOGYAKARTA– Tim dari Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) ITB menjadi pemenang Fujitsu Innovation Challenge 2013. Tim yang beranggotakan Bagus Hanindito, Wisnu Wijayanto dan Cindy Agustina ini, berhak atas hadiah mengunjungi kantor pusat Fujitsu di Jepang dan melihat secara langsung pabrik Palm- Secure™. Tim ini memenangkan kegiatan melalui karya mereka “Attendance Record System with Integrated Body Health Information”. Tidak hanya menyaksikan langsung pabrik yang ada, para pemenang juga bisa berpartisipasi dalam Fujitsu Forum 2013. “Kompetisi ini diadakan bagi para mahasiswa di Indonesia untuk menciptakan aplikasi inovatif dengan menggunakan teknologi otentikasi pembuluh darah terbaru dari Fujitsu, PalmSecure™,” jelas Presiden Direktur Fujitsu Indonesia, Achmad Sofwan.Fujitsu, kata dia, telah menjadi pemimpin dalam menyediakan solusi bisnis berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Kompetisi ini dinilai berdasarkan tingkat kreatifitas, keaslian, inovasi terbaru, memiliki nilai ekonomis dan berguna bagi masyarakat.

…dst

17 ) Belajar Otodidak, Tim Pinisi ITS Raih Juara
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/13/373/806305/belajar-otodidak-tim-pinisi-its-raih-juara

Senin, 13 Mei 2013 17:08 wib
JAKARTA – Tim Pinisi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berhasil membuktikan jika suatu materi yang dipelajari secara otodidak tidak kalah dengan materi yang diberikan oleh dosen selama perkuliahan. Bahkan, mereka bisa meraih jawara dalam kompetisi hanya dengan mempelajari bahan secara otodidak. Prototipe hovercraft atau kapal bantal udara milik Agung Widya Utama Candra, Rizaldi Abdillah Ihsan, dan Fuad Muzaki berhasil meraih juara ketiga dalam Lomba Balap Hovercraft Mechanical Fair 2013 Universitas Indonesia (UI). Meski hovercraft tidak masuk dalam kompetensi perkuliahan, tim dari Jurusan Teknik Sistem Perkapalan ini mampu memperlagakan hovercraft yang unik.Pada kompetisi tersebut, mereka mempresentasikan sebuah hovercraft dengan tingkat efisiensi yang tinggi. Mereka menggunakan baterai standar sebagai sumber daya kapal, sementara tim pesaing lainnya mayoritas menggunakan baterai berdaya tinggi. ”Meskipun dayanya kecil, tapi kapal kami efisien,” ujar Agung, seperti disitat dari ITS Online, Senin (13/5/2013).

…dst

18 ) Indonesia jadi ketua forum pendidikan Asia-Eropa
http://www.antaranews.com/berita/374464/indonesia-jadi-ketua-forum-pendidikan-asia-eropa

Senin, 13 Mei 2013 19:17 WIB |
Kuala Lumpur (ANTARA News) – Indonesia mendapatkan kehormatan terpilih menjadi Ketua Forum Kerja Sama Tingkat Menteri Pendidikan se-Asia dan Eropa (ASEMME) dengan kantor sekretariat akan berkedudukan di Jakarta, setelah sebelumnya bertempat di kota Berlin, Jerman. “Jakarta sudah ditetapkan sebagai tempat sekretariat dan besok acara serah terimanya,” kata Duta Besar RI untuk Malaysia, Herman Prayitno disela-sela pertemuan menteri pendidikan Se-Asia dan Eropa (ASEMME ke-4) di Kuala Lumpur, Malaysia, Senin. Herman menyambut gembira terpilihnya Indonesia sebagai ketua ASEMME karena diharapkan bisa meningkatkan kualitas pendidikan di Tanah Air dengan menimba pengalaman dari negara-negara di Eropa yang memiliki sistem pendidikan yang sudah maju.

…dst

19 ) UMY Dirikan Sekolah Pasar Modal
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/05/13/mmqczf-umy-dirikan-sekolah-pasar-modal

Senin, 13 Mei 2013, 16:28 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA — Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mendirikan sekolah pasar modal di kompleks kampus setempat. Sekolah pasar modal ini akan digelar secara langsung pada 14-15 Mei 2013 mendatang. Pendirian sekolah ini dilakukan atas kerjasama dengan Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (BEI) Fakultas Ekonomi (FE) UMY, Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) danBursa Efek Indonesia. Menurut Dekan FE UMY. Nano Prawoto, peserta sekolah ini sekaligus akan membuka rekening efek untuk menjadi investor di pasar modal. Hal ini dilakukan agar mereka bisa langsung ikut mempraktekkan ilmunya di bursa pasar modal.”Dengan masuk pasar modal langsung maka peserta sekolah ini bisa langsung praktek dan menjadi pemodal baru di Yogyakarta,” ujarnya.

…dst

20) UNS Bolehkan Kampanye di Kampus
http://m.koran-sindo.com/node/314624

13 Mei 2013
SOLO-Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo membolehkan kegiatan kampanye berlangsung di kampusnya. Baik untuk kampanye pemilihan gubernur (pilgub), pemilihan calon legislatif maupun pemilihan presiden yang akan datang. Hal ini disampaikan oleh Rektor UNS Ravik Karsidi kepada wartawan seusai menghadiri pertemuan regional Forum RektorIndonesia( FRI), Sabtu(11/5). Meskipun demikian, Ravik menegaskan, pihak kampus menginginkan semua calon kandidat harus hadir dalam kampanye kampus tersebut dan tidak hanya satu calon kandidat semata. Selain itu, dalam kampanye di kampus ini, tetap harus mematuhi peraturan internal kampus. Seperti dilarang menggunakan atribut partai dan mengerahkan massa partai ke dalam kampus. “Semua calon (kandidat) harus diundang. Konsen tidak hanya orang tetapi juga kriteria. Begitu pula dengan (kampanye) capres juga tidak ada masalah. Tetapi tidak boleh gunakan atribut partai dan kerahkan massa partai, hanya boleh pendidikan politik saja,” jelasnya. Dalam kesempatan yang sama, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik mengatakan bahwa perguruan tinggi (PT) menjadi garda terdepan dalam dinamika politik di Indonesia.

…dst

21 ) Unej Jembatani Kerja Sama Sekolah Indonesia-Thailand
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/110219/unej-jembatani-kerja-sama-sekolah-indonesia-thailand

13 Mei 2013 19:10:29
Jember (Antara Jatim) – Universitas Jember siap menjembatani program kerja sama sekolah-sekolah di Indonesia, khususnya di Kabupaten Jember, Jawa Timur, dengan lembaga pendidikan di Thailand. Hal tersebut terungkap dalam rapat informal yang dihadiri Wakil Menteri Pendidikan Thailand Suwat Tantipat dengan pejabat Universitas Jember (Unej) di aula lantai 3 Gedung dr R. Achmad, kampus setempat, Senin sore. Kepala Humas dan Protokol Unej, Rokhani, mengatakan kunjungan Wakil Menteri Pendidikan Thailand beserta rombongan bertujuan untuk lebih mempererat kerja sama antara Kementerian Pendidikan Thailand dengan Unej. “Kedatangan Wamen Suwat Tantipat didampingi oleh Direktur Kantor Biro Pengembangan Guru Thailand, Presiden Asosiasi Sekolah Bertaraf Internasional Thailand dan enam Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri setempat,” tuturnya. Menurut dia, selama ini Unej telah mengirimkan mahasiswa dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) untuk praktik mengajar di Thailand, dan sebaliknya mereka juga mengirimkan siswanya untuk kuliah di kampus yang berada di Kabupaten Jember.

…dst

22 ) Delegasi China Jajaki Kerja Sama dengan UKWM Surabaya
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/110227/delegasi-china-jajaki-kerja-sama-dengan-ukwm-surabaya

13 Mei 2013 19:40:49
Surabaya (Antara Jatim) – Empat orang delegasi dari Chongqing University of China mengunjungi Universitas Katolik Widya Mandala (UKWM) Surabaya, Senin, untuk menjajaki kerja sama secara internasional dengan Akademi Sekretaris Widya Mandala.Delegasi China terdiri atas Prof Huang Yun Lin (Dekan Fakultas Budaya dan Bahasa Asing dari Chongqing University), Prof Li Jing (Dekan Fakultas Pendidikan Internasional dari Chongqing University), Prof Xiang Wang (Direktur dari Chongqing Biomdical Engineering Society), dan Prof Lu Yong Gang (peneliti Stem Cell). Saat sesi “Sharing Knowledge” di Akademi Sekretaris Widya Mandala Surabaya, Prof Huang Yun Lin yang merupakan pakar dalam pengajaran Bahasa Mandarin dan komunikasi bisnis intrakultur menyampaikan kesan pesannya atas kunjungan di Indonesia.”Indonesia dan China mempunyai beberapa kesamaan misalnya soal macet dan potensi bisnis yang tinggi. Sehubungan dengan corporate culture dan komunikasi bisnis dengan PMA China, kami menekankan bahwa dalam berbisnis dengan PMA China diperlukan pengenalan atas kebudayaan mereka secara interpersonal,” katanya.

…dst

23 ) Lampung buka Universitas Terbuka Al-quran Internasional
http://www.antaranews.com/berita/374377/lampung-buka-universitas-terbuka-al-quran-internasional

Senin, 13 Mei 2013 10:50 WIB
Bandarlampung (ANTARA News) – Provinsi Lampung membuka Universitas Terbuka Al-Quran Internasional berbasis informasi dan teknologi. Pembina utama Ma’had Al Fatah Lampung Muhyiddin Hamidy, di Bandarlampung, Senin mengatakan Universitas Terbuka Al-Qur’an Internasional Abdullah bin Mas’ud secara online telah dibuka pada Sabtu (11/5). Ia mengatakan bahwa progres persiapan mulai dari legalitas, peraturan, dan kurikulum sedang dan terus berjalan di bawah tim perumus yang terdiri dari Prof. Arifien Bratawinata. M. Agr, DR Tina Kartika, Ir Wahyu Iwa Sumantri M.P. dan Nurhabibi, M.P. “Selain itu, saat ini panitia juga sedang menyeleksi 100 guru besar terbaik dari universitas internasional di Palestina, Timur Tengah, dan Afrika, untuk menjadi pengajar di Universitas Terbuka Al-Qur’an Internasional Abdullah bin Mas’ud,” kata Hamidy yang juga Pemimpin Umum Kantor Berita Islam MINA (Mi’raj News Agency).

…dst

24 ) Disediakan, Beasiswa Perguruan Tinggi untuk 100 Siswa
http://edukasi.kompas.com/read/2013/05/01/01143513/Disediakan.Beasiswa.Perguruan.Tinggi.untuk.100.Siswa

Rabu, 1 Mei 2013 | 01:14 WIB
PONTIANAK, KOMPAS.com — Kalimantan Barat memperoleh alokasi bagi 100 siswa untuk bisa memperoleh beasiswa pendidikan tinggi dan lolos seleksi kuliah di enam perguruan tinggi negeri terkemuka di Tanah Air, demikian dikatakan Rektor Universitas Tanjungpura Prof Dr Thamrin Usman, DEA. Keenam perguruan tinggi tersebut adalah Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Surabaya (ITS), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). “Ini beasiswa untuk siswa yang berasal dari daerah tertinggal, terpencil, dan terisolasi,” kata Rektor Universitas Tanjungpura (Untan) saat dihubungi di Pontianak, Selasa (30/4/2013).Ia melanjutkan, ada 10 kabupaten di Kalimantan Barat (Kalbar) dan masing-masing mendapat kuota 10 siswa, yakni Kabupaten Sambas, Bengkayang, Landak, Sanggau, Sekadau, Sintang, Melawi, Kapuas Hulu, Ketapang, dan Kayong Utara.

…dst

25 ) Itjen rekomendasi 3 pejabat Kemendikbud dipecat
http://nasional.sindonews.com/read/2013/05/13/15/748299/itjen-rekomendasi-3-pejabat-kemendikbud-dipecat

Senin, 13 Mei 2013 ? 19:04 WIB
Sindonews.com – Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Haryono Umar mengaku telah merekomendasikan tiga pejabat Kemendikbud ke Mendikbud Muhammad Nuh untuk segera diberhentikan. Hal ini terkait tertundanya Ujian Nasional (UN) 2013 tingkat SMA, SMK dan MA di 11 Provinsi. “Sementara ini, untuk pihak internal yang direkomendasikan untuk diberhentikan ada 3 orang. Tentu kan rekomendasi kita bukan cuman satu. Tiga orang itu Pak Khairil (Eks Kabalitbang), Puspendik (Pusat Penilaian Pendidikan) dan Panitia Lelang,” ujarnya saat konferensi pers di Kantor Kemendikbud, Jalan Sudirman, Jakarta, Senin (13/5/2013). Sebenarnya, kata dia, banyak pejabat Kemendikbud yang terindikasikan terlibat pada kasus tersebut. Ia juga menerima beberapa rekomendasi siapa saja pihak yang laik dkenai sanksi. “Kalau jumlahnya saya tidak hafal persis, tapi yang jelas banyak. Ada beberapa rekomendasi kepada yang kena sanksi, kepada program-program, dan kredibilitas dan legitimasi UN dan rekomendasi kita terhadap kurikulum,”katanya. Dia kembali menegaskan, pihaknya merekomendasikan ketiga pejabat Kemendikbud itu diberhentikan bukan meminta mundur. Ia menambahkan, tak menutup kemungkinan masih ada pihak yang akan dirokemendasikan untuk diberhentikan.

…dst

26 ) Nuh tak Berani Blak-blakan, Irjen Kecewa
http://www.jpnn.com/read/2013/05/13/171795/Nuh-tak-Berani-Blak-blakan,-Irjen-Kecewa-

13 Mei 2013
JAKARTA – Inspektur Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Irjen Kemendikbud) Haryono Umar tidak puas dengan penyampaikan hasil investigasi kekacauan ujian nasional (UN) yang disampaikan Mendikbud Mohammad Nuh. Terutama soal fakta yang ditemukan Itjen. Menurut Haryono Umar saat ditemui wartawan usai konferensi pers di Kemdikbud, Jakarta, Senin (13/5), menyatakan bahwa Itjen memberikan banyak rekomendasi terkait kekacauan UN. “Sanksi banyak, tapi kan rekomendasi kita bukan cuma sanksi. Itu salah satu saja, yang lain-lain banyak,” ungkap Haryono yang saat konferensi pers terlihat kurang puas dengan penyampaian Mendikbud. Bahkan mantan komisioner KPK ini menuding Mendikbud tidak menyampaikan semua fakta yang sudah disampaikan dari hasil investigasi Itjen dan masih ada yang ditutupi oleh mantan Rektor ITS itu. Mei 2013 “Pertama faktanya tidak disebutkan secara keseluruhan, mungkin karena ini presentasi. Yang jelas kami sudah sampaikan secara lengkap semuanya, cuma menteri punya pertimbangan mana yang perlu disampaikan atau tidak,” ujar mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu.

…dst

27 ) Haryono: Banyak peringatan dini tak dihiraukan Kemendikbud
http://nasional.sindonews.com/read/2013/05/13/15/748310/haryono-banyak-peringatan-dini-tak-dihiraukan-kemendikbud

Senin, 13 Mei 2013 ? 19:38 WIB
Sindonews.com – Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Haryono Umar mengungkapkan bahwa banyak peringatan dini yang tidak dihiraukan oleh pihak Kemendikbud. Sehingga, Ujian Nasional (UN) 2013 tingkat SMA, SMK dan MA di 11 Provinsi sempat tertunda. “Banyak (Peringatan dini tak dilaksanakan). Tahun lalu sudah kita kasih tahu mulai dari pelaksanaan pelaporan, pengumuman, distribusi,” ujar Haryono saat konferensi pers di Kantor Kemendikbud, Jalan Sudirman, Jakarta, Senin (13/5/2013). Ia mengatakan, empat penyebab kisruh UN yang telah disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhammad Nuh hari ini sudah diketahui ada masalah sebelum pelaksaan UN. Empat permasalahan itu yakni keterlambatan dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA), kelemahan didalam manajemen di Kemendikbud khususnya kelemahan mengelola termasuk antisipasi adanya keterlambatan UN, kelemahan memanajemen pengelolaan percetakan serta kelemahan dari sisi pengawasan. “Contohnya tanggal 13 Maret sebelum tandatangan kontrak, ini berbahaya kita sampaikan ada indikasi korupsi, sudah saya sampaikan. Saya minta penjelasan secara resmi, tetapi tidak juga diberikan, baru kemudian awal April. Akumulasi semua itu tanggal 4 April sudah kami kirimkan surat, lengkap semuanya itu,” pungkasnya.

***

28 ) Hasil Investigasi: 4 Alasan Tertundanya UN 2013
http://edukasi.kompas.com/read/2013/05/13/1721147/Hasil.Investigasi.4.Alasan.Tertundanya.UN.2013

Senin, 13 Mei 2013 | 17:21 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Hasil investigasi Inspektorat Jenderal (Itjen) terkait dengan kacaunya penyelenggaraan ujian nasional (UN) 2013 akhirnya dibuka kepada publik oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh. Hasil investigasi menunjukkan empat alasan penundaan UN untuk 11 provinsi Indonesia Tengah pada UN jenjang SMA/SMK/MA. Nuh mengakui bahwa alasan pertamanya ialah terkait dengan daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) yang baru keluar tanggal 13 Maret. Sementara kontrak dilaksanakan pada tanggal 15 Maret, padahal sebenarnya anggaran tersebut sudah disetujui DPR RI pada 21 Desember 2011.”Mandeknya di Kementerian Keuangan. Sudah disurati tak ada jawaban sampai akhirnya dibawa ke ratas (rapat terbatas) dengan Presiden 28 Februari. Akhirnya, turun 13 Maret,” jelas Nuh.

…dst

29 ) Guru Pembocor Soal UN di Gorontalo Ditangkap
http://edukasi.kompas.com/read/2013/05/13/13251765/Guru.Pembocor.Soal.UN.di.Gorontalo.Ditangkap

Senin, 13 Mei 2013 | 13:25 WIB
LIMBOTO, KOMPAS.com — Aparat Kepolisian Resor Limboto, Gorontalo, menangkap dan menahan empat tersangka pembocor soal ujian nasional untuk SMA di Gorontalo. Keempat tersangka itu adalah Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Biluhu, Kecamatan Biluhu, Kabupaten Gorontalo, serta tiga guru pria di sekolah tersebut. Inisial keempat pelaku pembocoran soal ujian tersebut adalah IKP (Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Biluhu) dan tiga guru yang masing-masing adalah L, AM, dan HD. Ketiganya kini ditahan di Markas Kepolisian Resor (Polres) Limboto untuk diperiksa lebih lanjut. Pembocoran soal ujian itu dilakukan pada 18 April lalu atau sehari sebelum ujian nasional tingkat SMA di Gorontalo berlangsung. “Naskah soal tersebut dibocorkan kepada sekitar 70 siswa sekolah di SMA Negeri 1 Biluhu. Mata pelajaran ujian yang dibocorkan adalah Bahasa Inggris, Matematika, Bahasa Indonesia, dan Ilmu Pengetahuan Sosial,” kata Kepala Polres Limboto Ajun Komisaris Besar Budi Setiawan saat mengekspos kasus ini di Marka Polres Limboto, Senin (13/5/2013).

…dst

30 ) Dari Sini Profesor-profesor Laut Kita Akan Lahir
http://edukasi.kompas.com/read/2013/05/13/17151157/

Senin, 13 Mei 2013 | 17:15 WIB

SD Pulau Tembang semula merupakan SD Inpres yang didirikan pada masa orde baru tahun 1982. Sudah 31 tahun sekolah ini berdiri, lebih tua dari usiaku saat ini. Sederhana saja bangunannya, terdapat 5 lokal yang dipakai untuk 6 kelas rombongan belajar. Jadi terdapat 1 ruangan yang dipakai untuk 2 rombongan belajar. Tidak ada ruang guru, tidak ada taman, apalagi kantin. Walaupun lebih tua dari usiaku, namun aku lebih banyak berganti pakaian daripada sang sekolah matang ini. Yah benar, dari awal pendiriannya, sekolah ini tidak pernah sekalipun direnovasi kecuali satu kali pada dua buah lokalnya. Sisanya, merupakan cagar budaya yang patut dilestarikan karena merupakan bukti sejarah kedahsyatan sekolah ini mencetak profesor dan ahli-ahli di bidang kelautan.

…dst