1 ) Lulusan Paket C Dapat Ikuti SBMPTN
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1328

05/14/2013
Jakarta — Lulusan kelompok belajar Paket C setara SMA dapat mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Demikian dikemukakan Ketua Umum Panitia Pelaksana SBMPTN Akhmaloka, dalam keterangan persnya di Jakarta, Sabtu (11/5). “Walaupun belum menerima ijazah, lulusan Paket C dapat menggunakan surat keterangan hasil ujian nasional (SKHUN) untuk mendaftar,” ujar Akhmaloka, didampingi Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, Rochmat Wahab, juga merupakan sekretaris panitia SBMPTN. Menurut Akhmaloka, SBMPTN tahun ini diikuti sekitar 600.000 peserta, untuk memperebutkan sekitar 90.000 kursi di 62 PTN. “Total PTN yang ikut SBMPTN sebanyak 62 PTN, termasuk 7 PTN agama islam,” jelasnya. Pendaftaran SBMPTN berlangsung pada tanggal 13 Mei – 7 Juni 2013. “Pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online di laman http://ujian.sbmptn.or.id ” ungkapnya. Peserta yang mendaftar pada SBMPTN, menurut Rektor ITB tersebut, harus memenuhi persyaratan, yakni lulusan SLTA sederajat tahun 2011, 2012, dan 2013, memiliki surat keterangan hasil UN khusus lulusan 2013 yang belum menerima ijazah, dan memiliki kesehatan yang memadai. Dijelaskannya, ujian tertulis akan diselenggarakan pada tanggal 18 – 19 Juni 2013. “Khusus bagi peserta yang memilih program studi kesenian dan keolahragaan, akan dilakukan uji keterampilan, yang dilaksanakan pada tanggal 20 dan atau 21 Juni 2013,” imbuhnya. Adapun hasil SBMPTN akan diumumkan pada tanggal 2 Juli 2013.

…dst

2 ) Gagal UN, Peserta SNMPTN Dinyatakan Gugur
http://edukasi.kompas.com/read/2013/05/14/17575336/Gagal.UN.Peserta.SNMPTN.Dinyatakan.Gugur

Selasa, 14 Mei 2013 | 17:57 WIB
SOLO, KOMPAS.com – Peserta yang sudah berstatus lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 dinyatakan gugur jika tidak lulus ujian nasional (UN). Hal ini disampaikan oleh Rektor Universitas Sebelas Maret Solo Ravik Karsidi. “Ya meski dalam SNMPTN telah dinyatakan diterima, tetapi ternyata hasil UN tidak lulus, maka statusnya sebagai calon mahasiswa yang telah diterimanya dibatalkan,” katanya di Solo, Senin (13/5/2013). Ravik menyebutkan, kelulusan UN menjadi harga mati dalam persyaratan penerimaan mahasiswa baru, khususnya jalur SNMPTN, di samping nilai rapor dan rekomendasi sekolah. Hal senada juga dikemukakan Ketua Panitia SNMPTN 2013 UNS Sutarno. Dia mengatakan, penerimaan calon mahasiswa ditentukan oleh kelulusan UN dan nilai rapor. Hal itu, sesuai dengan Prosedur Operasi Baku (POB). Seperti halnya di perguruan tinggi negeri lain, katanya, dalam penerimaan mahasiswa baru pada 2013, UNS membuka tiga jalur yakni jalur SNMPTN, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT).

…dst

3 ) Panitia SNMPTN Bakal Koreksi Ulang Lembar Jawaban UN
http://edukasi.kompas.com/read/2013/04/26/17502734/Panitia.SNMPTN.Bakal.Koreksi.Ulang.Lembar.Jawaban.UN

Jumat, 26 April 2013 | 17:50 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 menjamin seleksi akan dilakukan secara obyektif menyusul kacaunya pelaksanaan ujian nasional (UN) pada tahun ini. Ketua Umum Panitia SNMPTN 2013, Akhmaloka, mengatakan bahwa anak-anak yang mendaftarkan diri dalam SNMPTN tidak perlu khawatir dengan hasil UN. “Jangan merasa takut selama mengerjakan dengan baik dan benar. Jika ada kendala seperti lembar jawaban yang rusak, maka tidak usah khawatir karena panitia akan memeriksa secara manual. Kami akan lakukan upaya agar anak-anak tetap memperoleh haknya. Jadi tidak usah cemas,” kata Akhmaloka kepada Kompas.com, Kamis (25/4/2013). Hal ini ditegaskan oleh Akhmaloka menyusul juga banyaknya pihak yang menuntut agar hasil UN dibatalkan sebagai syarat untuk SNMPTN. Namun, Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) ini menegaskan bahwa hasil UN tetap dijadikan syarat untuk lulus SNMPTN.

…dst

4 ) Puspendik, “Kunci” Pengumuman Hasil UN 2013
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/14/373/807030/puspendik-kunci-pengumuman-hasil-un-2013

Selasa, 14 Mei 2013 19:19 wib
JAKARTA – Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mempunyai peranan penting dalam pengumuman pelaksanaan hasil ujian nasional (UN) tingkat SMA yang dijadwalkan 24 Mei 2013. Oleh karena itu, Kemendikbud akan memprioritaskan Puspendik sampai pengumuman hasil UN keluar. Hal ini terkait dengan sudah keluarnya hasil investigasi mundurnya pelaksanaan UN. “Kalau Puspendik harus diberhentikan sebelum hasil UN keluar, lalu siapa yang mengambil alih di dalam penilaian itu?” ujar Mendikbud Mohammad Nuh, saat dikonfirmasi wartawan terkait dengan pemberian sanksi kepada Puspendik, di Gedung Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Selasa (14/5/2013). Oleh karena itu, lanjutnya, pemberian sanksi tersebut juga harus disituasikan. Karena, bila mengalami pengunduran pengumuman hasil UN, maka akan berdampak sistemik. Rentetan masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pun menjadi kacau, bahkan mereka yang akan melanjutkan pendidikannya ke luar negeri juga akan terkena imbasnya.

…dst

5 ) ASEMME4
Indonesia Terpilih Menjadi Seketariat Kementrian Pendidikan Asia-Eropa
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1327

Kuala Lumpur — Indonesia terpilih menjadi Sekretariat Asia-Eropa Education Ministry (ASSEM) periode 2013-2017. Indonesia terpilih dan dipercaya atas kesepakatan bersama seluruh negara anggota ASSEM dalam pertemuan di Copenhagen tahun lalu. Penyerahan simbolis Sekretariat ASSEM diterima Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Djoko Santoso dari tangan Sekretaris Kementerian Pendidikan Jerman, Cornelia Quennet. Penyerahan simbolis tersebut berupa dokumen yang disaksikan oleh 32 negara anggota ASSEM yang hadir di Ballroom Hotel Royal Chulan, Kuala Lumpur. Sebagai Sekretariat ASSEM, Indonesia akan memilliki tugas berat. Karena Indonesia akan menjadi otaknya pendidikan Asia-Eropa yang menjadi anggota ASSEM. “Kita akan melanjutkan kerja baik yang sudah dilakukan Jerman dan akan banyak belajar lagi,” ujar Djoko Santoso dalam sambutannya di acara terakhir ASSEM 4 di Kuala Lumpur, Selasa (14/5).

…dst

6 ) ASEMME4 – DIPLOMASI PENDIDIKAN
Asia-Eropa Bahas Kerja Sama Pendidikan
http://www.kopertis12.or.id/2013/05/14/

Selasa, 14 Mei 2013 – Kompas Cetak
Kuala Lumpur, Kompas – Menteri pendidikan di kawasan Asia dan Eropa kembali bertemu. Pada pertemuan the Fourth Asia-Europe Meeting of Ministers for Education itu dibahas strategi atau langkah implementasi konkret empat topik pendidikan, kesepakatan ASEMME3 tahun 2011 di Kopenhagen, Denmark. Keempat topik itu terdiri dari penjaminan kualitas dan pengakuan, peran dunia usaha atau industri di pendidikan, mobilitas berimbang, dan pembelajaran sepanjang hayat, termasuk pendidikan vokasional. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Malaysia Morshidi Sirat berharap forum kali ini membentuk kerja sama strategis dan kolaboratif yang menciptakan sistem pendidikan transparan dan dapat diwujudkan di semua negara anggota ASEM.”Proses diskusi beberapa tahun terakhir fokus pada upaya memperluas pendidikan tinggi dan vokasional serta pelatihan agar punya SDM berkualitas,” kata Morshidi, seusai pembukaan the Fourth Asia-Europe Meeting of Ministers for Education (ASEMME4), Senin (13/5), seperti dilaporkan wartawan Kompas, Luki Aulia, dari Kuala Lumpur, Malaysia, Pertemuan yang dihadiri perwakilan dari 32 negara anggota ASEM itu berlangsung 12-14 Mei 2013. Total anggota ASEM berjumlah 51 negara. SDM berkualitas dan kompetitif dinilai negara anggota sebagai elemen terpenting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah Asia dan Eropa.

…dst

7 ) Kilas balik reformasi 1998
Tragedi Trisakti sulut api reformasi 1998
http://nasional.sindonews.com/read/2013/05/14/15/748499/tragedi-trisakti-sulut-api-reformasi-1998

Selasa, 14 Mei 2013 ? 12:27 WIB
LIMA belas tahun yang lalu, enam mahasiswa Universitas Trisakti tewas tertembus peluru polisi. Mereka menjadi martir saat melakukan aksi demonstrasi menolak pemilihan kembali Soeharto sebagai Presiden, pada 12 Mei 1998 silam. Kematian pejuang pro demokrasi itu, dengan cepat menyebar dan membakar amarah rakyat. Peristiwa itu terjadi saat ribuan mahasiswa menggelar longmarch dari kampus Trisakti di Grogol, menuju Gedung DPR/MPR di Slipi Jakarta. Namun, baru sampai depan kampus, mereka sudah dihadang ratusan polisi bersenjata lengkap dengan posisi siap menembak. Meski dihadapkan dengan moncong sejata, pemuda-pemudi pemberani ini tak gentar. Mereka tetap melangsungkan aksi demonstrasi dengan menggelar mimbar bebas di jalan selama berjam-jam. Polisi yang kesal kemudian menyuruh mahasiswa masuk, sambil mengancam akan menembak jika mereka tak mendengar. Mahasiswa pun setuju untuk kembali ke dalam kampus dengan damai. Namun, saat akan masuk ke dalam kampus, mereka mendapat provokasi hingga berujung pada bentrokan fisik. Suasana berubah menjadi chaos, dan terdengar suara rentetan tembakan ke arah massa pro demokrasi itu.

…dst

8 ) Tiga Mahasiswa ITB Masuk Program Nuklir CERN
http://www.jpnn.com/read/2013/05/14/171886/Tiga-Mahasiswa-ITB-Masuk-Program-Nuklir-CERN-

Selasa, 14 Mei 2013 , 10:08:00
BANDUNG – Tiga mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) terpilih mewakili Indonesia untuk mengikuti program di organisasi penelitian nuklir Eropa, CERN, di Jenewa, Swiss. “Partisipasi mahasiswa Indonesia di CSSP 2013 merupakan momen bersejarah karena menandai awal keterlibatan Indonesia secara langsung pada kolaborasi ilmiah global terbesar di dunia, CERN,” kata LT Handoko, dari Pusat Penelitian Informatika dan Pusat Penelitian Fisika LIPI dalam keterangan persnya, Selasa (14/5). Handoko yang juga merupakan kontak CERN di Indonesia mengungkapkan tiga mahasiswa ITB yang terpilih adalah Nathaniel Chandra Harjanto mahasiswa Teknik Fisika, Muhammad Firmansyah Kasim dan Imre Nagi mahasiswa Teknik Elektro.Program musim panas mahasiswa di CERN akan berlangsung pada bulan Juli dan Agustus mendatang akan diikuti sekitar 250 mahasiswa dari seluruh dunia yang telah melalui seleksi CERN.”Para peserta CSSP tidak hanya mengikuti perkuliahan terkait, tetapi juga akan dilibatkan secara langsung di aneka eksperimen dalam bentuk berbagai proyek penelitian terdepan di CERN,” lanjutnya.

…dst

9 ) Akhirnya, Unsulbar Resmi Jadi PTN
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/14/373/807035/akhirnya-unsulbar-resmi-jadi-ptn

Selasa, 14 Mei 2013 19:38 wib
MAJENE – Sejarah baru bagi dunia pendidikan di Sulawesi Barat (Sulbar). Impian masyarakat Sulawesi Barat (Sulbar) untuk menjadikan Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) akhirnya terwujud. Kepastian beralihnya Unsulbar menjadi perguruan tinggi negeri pertama di provinsi ke 33 ini disambut antusias para mahasiswa dan warga Sulawesi Barat khususnya di kabupaten Majene. Ratusan mahasiswa Unsulbar bahkan melakukan konvoi dengan keliling kota sebagai bentuk kegembiraan atas penegerian Unsulbar yang berlokasi di Kelurahan Tande, Kecamatan Bangge Timur ini. “Kepastian penegerian Unsulbar baru saya ketahui kemarin. Hal itu, setelah Ketua Yayasan Unsulbar yang juga Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh mendapat informasi dari Istana Kepresidenan,” ujar Rektor Unsulbar Akshan Djalaluddin, Selasa (14/5/2013). Akshan menyampaikan, kepastian penegerian Unsulbar itu sejak kemarin ia peroleh setelah Presiden RI menandatangani peraturan presiden mengenai penegerian Unsulbar. Hal ini menurut dia tentu menjadi sejarah baru dan tersendiri bagi dunia pendidikan di Sulbar.

…dst

10 ) 5 Kampus dengan Jurusan Akuntansi Terbaik di Indonesia
http://edukasi.kompas.com/read/2013/05/14/13552389/5.Kampus.dengan.Jurusan.Akuntansi.Terbaik.di.Indonesia

Selasa, 14 Mei 2013 | 13:55 WIB
KOMPAS.com – Jika sebelumnya sudah tahu masing-masing lima kampus dengan jurusan Sastra Inggris, Ilmu Komputer dan Sistem Informasi, serta Pertanian dan Kehutanan terbaik, QS World University Rankings by Subject 2013 juga merilis daftar lima kampus dengan jurusan Akuntansi dan Keuangan terbaik di Indonesia. Universitas Indonesia (UI) didapuk sebagai kampus dengan jurusan Akuntansi dan Keuangan terbaik di Indonesia. Jurusan ini berada di bawah naungan Fakultas Ekonomi UI yang berdiri sejak tahun 1950. Sementara itu, Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur, dinilai sebagai kampus dengan jurusan Akuntansi dan Keuangan terbaik kedua di Indonesia. Menariknya, ITB juga masuk dalam daftar lima besar. Jurusan Akuntansi dan Keuangan di ITB berada di bawah naungan Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB yang berdiri sejak akhir 2003.

…dst

11 ) Tak Terbukti Lakukan Kriminal, 31 Joki PMB UMM Dilepas
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/14/373/806811/tak-terbukti-lakukan-kriminal-31-joki-pmb-umm-dilepas

Selasa, 14 Mei 2013 15:31 wib
MALANG – Sebanyak 31 joki dan pengguna jasa joki dalam penerimaan mahasiswa baru (PMB) di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang ditangkap kemarin akhirnya dilepas kembali. Mereka dilepas lantaran tidak terbukti melakukan tindakan kriminal. Meski demikian, mereka dilarang kuliah lagi di UMM. Pembantu Rektor II UMM Fauzan mengatakan ke-31 joki dilepas setelah diperiksa oleh tim pengawas dan pihak kepolisian. “Mereka baru niat untuk membocorkan soal tes PMB,” kata Fauzan, Selasa (14/5/2013). Menurutnya, tim pengawas menggeledah mereka setelah baru 20 menit mengerjakan soal, sehingga mereka tidak terbukti melakukan tindakan kriminal. Ditambahkan Fauzan, pihgaknya bakal lebih berhati-hati dalam melakukan penerimaan mahasiswa baru terutama di Fakultas Kedokteran yang memang biayanya mahal dan soalnya sulit.

…dst

12 ) Dua Mahasiswa ITS Pelaku Perjokian di UMM Dilepas
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/110278/dua-mahasiswa-its-pelaku-perjokian-di-umm-dilepas

14 Mei 2013 16:40:16
Malang (Antara Jatim) – Dua mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya pelaku perjokian dalam tes seleksi masuk di Universitas Muhammadiyah Malang dilepas, karena tidak memenuhi unsur kriminal. Pembantu Rektor II Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Fauzan, Selasa, mengemukakan keduanya dilepas oleh kepolisian karena tidak ada bukti yang kuat jika keduanya telah membocorkan jawaban soal-soal tes tersebut. “Sebelum mereka mengiriman jawaban kepada peserta tes yang menjadi kliennya, mereka sudah ditangkap 20 menit setelah tes dimulai, sehingga mereka belum sempat menyebarkan jawabannya,” tegas Fauzan. Berbeda dengan kedua mahasiswa Jurusan Teknik Kimia ITS berinisial VA dan WP yang dilepas dan dipulangkan, 31 peserta tes yang menggunakan jasa joki dan tertangkap tangan itu secara otomatis didiskualifikasi, bahkan sudah masuk daftar hitam UMM. Karena kejadian tersebut, lanjut Fauzan, ke depan proses seleksi penerimaan mahasiswa baru akan lebih diperketat, mulai dari proses pendaftaran hingga pengawasan selama pelaksanaan tes.

…dst

13 ) UPI Kerja Sama dengan Belanda Tingkatkan Kualitas Guru
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/05/13/mmqtx2-upi-kerja-sama-dengan-belanda-tingkatkan-kualitas-guru

Senin, 13 Mei 2013, 22:34 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Menjadi universitas yang diakui dunia tidaklah mudah. Perlu langkah-langkah strategis untuk mencapai impian tersebut. Untuk mencapai World Class University (WCU), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) bekerja sama dengan beberapa aliansi pendidikan Belanda seperti Windesheim, Inholland dan IPABO. Kerja sama tersebut dituangkan dalam penandatanganan nota kesepahaman. Tujuannya selain mencapai WCU adalah untuk mengembangkan kualitas guru di kedua belah pihak. Rektor UPI , Sunaryo Kartadinata menyambut baik kerja sama strategis tersebut. Selain dihadiri Rektor, beberapa pakar pendidikan dari Belanda turut hadir dalam penandatanganan kerja sama tersebut. “Kerja sama ini menjadi sesuatu langkah penting bagi UPI dalam mencapai WCU khususnya dalam bidang pendidikan,” ujar Sunaryo. Sunaryo mengungkapkan, kerja sama tersebut juga penting untuk aliansi Belanda. Terutama dalam memfasilitasi kemampuan multikultural warga global. Menurut dia, kemampuan multikultural, dan kesadaran multikultural dibutuhkan bagi masyarakat dunia di masa depan.

…dst

14 ) Calon mahasiswa sebaiknya tak mengulur pendaftaran SBMPTN
http://nasional.sindonews.com/read/2013/05/14/15/748369/calon-mahasiswa-sebaiknya-tak-mengulur-pendaftaran-sbmptn

Selasa, 14 Mei 2013 ? 01:10 WIB
Sindonews.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui panitia lokal penyelenggaraan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) berharap, agar calon mahasiswa tidak menunda-nunda proses pendaftaran. Kepala Bidang Humas Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Anwar Effendi mengatakan, adanya waktu prioritas ini dapat dicermati oleh siswa lulusan 2011-2012 untuk segera menyelesaikan proses pendaftaran dan tidak menunda-nunda. “Sebab diperkirakan paska pengumuman UAN SMA sederajat, jaringan menjadi padat karena lulusan 2013 yang tidak lolos SNMPTN akan mencoba peruntukan lagi pada SBMPTN,” kata Anwar Effendi, saat ditemui di kampus UNY, Senin (13/5/2013). Sementara Kepala Humas UGM Wijayanti menuturkan, pihaknya terus memberikan sosialisasi SBMPTN baik dengan mendatangi sekolah atau menyebarkan poster. Dengan harapan siswa dan sekolah dapat memahami secara tepat proses seleksi masuk PTN terbaru ini.

…dst

15 ) Hari Pertama 9000 Pendaftar SBMPTN
http://www.jpnn.com/read/2013/05/14/171904/Hari-Pertama-9000-Pendaftar-SBMPTN-

Selasa, 14 Mei 2013 , 11:32:00
JAKARTA – Senin (13/5) pukul 08.00 WIB kemarin pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) resmi dibuka secara online. Di hari pertama tercatat sebanyak 9000 orang mendaftarkan diri di website http://ujian.sbmptn.or.id. Ketua Panitia SNMPTN merangkap panitia penerimaan SBMPTN, Akhmaloka menyebutkan, pendaftaran SBMPTN sistem online ini berjalan lancar tanpa ada kendala seperti yang terjadi pada hari pertama pendaftaran SNMPTN.”Ada 9 ribu orang yang sudah daftar hari pertama kemarin,” kata Akhmaloka dikonfirmasi JPNN.COM, Selasa (14/5). Dia memprediksi peningkatan jumlah terjadi setelah pengumuman SNMPTN, tepatnya setelah hasil UN (Ujian nasional) diumumkan 25 Mei nanti. Karena bagi peserta seleksi SNMPTN yang tdiak lulus bisa mendaftar jalur SBMPTN. Seleksi bersama tahun ini diikuti 62 PTN di bawah kementerian pendidikan dan kebudayaan, dan sekitar 7 PTN di bawah kementerian agama seperti Universitas Islam Negeri (UIN) dan IAIN.

…dst

16 ) Undip Tampung 2.398 Mahasiswa Baru
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/05/14/224680/Undip-Tampung-2.398-Mahasiswa-Baru

14 Mei 2013
SEMARANG – Mulai Senin (13/5), Undip membuka pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Bersama Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBNMPTN) 2013. PTN tertua di Jateng itu akan menampung 2.398 mahasiswa baru melalui jalur tersebut.Menurut Rektor Prof Sudharto P Hadi MES PhD, SBNMPTN merupakan jalur ujian tulis. Sebelumnya, Undip juga telah membuka seleksi mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013. “SNMPTN merupakan jalur seleksi ber­dasarkan prestasi yang pada tahun sebelumnya disebut sebagai jalur undangan untuk sekolah-sekolah,” tutur dia, Senin (13/5). Sudharto menyebutkan, daya tampung mahasiswa baru Undip pada Tahun Akademik 2013/2014 kali ini 7.931 orang. Namun jumlah tersebut masih terbagi dalam tiga proses seleksi, yakni SNMPTN yang kuotanya terbanyak (3.966 mahasiswa) atau mencapai 50% dari total daya tampung. Kemudian SBMPTN dengan kuota 30% dan ujian mandiri (UM) dengan kuota 20% atau 1.567 mahasiswa.

…dst

17 ) Rumah Sakit UMM Segera Dioperasikan
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/110249/rumah-sakit-umm-segera-dioperasikan

14 Mei 2013 08:10:15
Malang (Antara Jatim) – Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang yang berlokasi di Jalan Raya Tlogomas, Kota Malang, segera dioperasikan karena seluruh pembangunan fisik dan kelengkapan peralatan medisnya sudah siap. “Kami hanya tinggal menunggu izin operasinya saja dan izin itu sudah kami ajukan ke Pemprov Jatim. Kemungkinan dalam satu atau dua bulan ini sudah turun,” kata Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Dr Muhadjir Effendi di Malang, Selasa. Muhadjir mengaku jika sewaktu-waktu izin operasi dari Pemprov Jatim tersebut turun, pihaknya sudah siap. Peralatan medis, dokter serta paramedis sudah tidak ada masalah. Secara bertahap Rumah Sakit UMM tersebut bakal dikembangkan sebagai rumah sakit pendidikan utama pada 2018. Pada tahap awal pembangunan yang dimulai 2009, masih mengejar terwujudnya Rumah Sakit Pendidikan UMM pada akhir 2014. Ia mengemukakan, melalui pengembangan secara berkelanjutan, status Rumah Sakit UMM ini akan terus ditingkatkan hingga penjadi rumah sakit pendidikan utama pada 2018.

…dst

18 ) ITS Buka Toko Inovasi
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/110275/its-buka-toko-inovasi

14 Mei 2013 16:08:42
Surabaya (AntaraJatim) – Badan Kerja Sama Inovasi dan Bisnis Ventura ITS membuka “Innovation Store” atau toko inovasi di kantin pusat ITS Surabaya yang merupakan toko hasil inovasi teknologi dari produk original karya sivitas akademika. “Innovation Store ITS itu dibuka secara resmi oleh Rektor ITS Prof Dr Tri Yogi Yuwono DEA pada Senin (13/5) lalu dan dihadiri Pembantu Rektor I Prof Dr Ing Herman Sasongko dan PR IV Prof Dr Darminto,” kata Kepala Pusat Kerja Sama dan Promosi IPTEKS ITS, Saut Gurning PhD, Selasa. Menurut dia, toko dari berbagai produk bisnis kreatif karya sivitas akademia ITS itu merupakan salah satu upaya ITS untuk memperkenalkan produk karya sivitas akademika kepada masyarakat. “Tujuannya bukan untuk mencari pendapatan buat ITS, tetapi untuk mendidik mahasiswa menjadi wirausahawan,” ungkapnya. Innovation Store mengusung konsep “show room” yang menampung karya produk bisnis sivitas akademika sehingga dapat menarik calon konsumen.

…dst

19 ) BSNP: PP Standar Nasional Pendidikan Sudah Final
http://www.jpnn.com/read/2013/05/14/171922/BSNP:-PP-Standar-Nasional-Pendidikan-Sudah-Final-

Selasa, 14 Mei 2013 , 13:27:00
JAKARTA – Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) memastikan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 32 tahun 2013 tentang standar nasional pendidikan (SNP) sudah final dan tinggal dijalankan.Anggota BSNP, Teuku Ramli Zakaria saat dikonfirmasi mengatakan secara kelembagaan BSNP sudah menerima PP yang ditanda tangani Presiden 7 Mei lalu itu. Artinya, Ujian Nasional (UN) untuk jenjang SD tahun ini merupakan yang terakhir. “SD tidak lagi ada ujian nasional ke depan. Jadi UN hanya ada di SMP dan SMA saja,” kata Teuku Zakaria saat dikonfirmasi JPNN.COM, Selasa (14/5). Dia mengatakan pertimbangan penghapusan UN di jenjang SD sejalan dengan penerapan kurikulum 2013 yang akan diimplementasikan tahun ajaran 2013-2014, mulai Juli mendatang. Adapun pertimbangan penghapusan UN SD ini karena masuk kerangka dasar wajib belajar (Wajar) 9 tahun. “Karena SD masih kerangka wajar 9 tahun,” ujarnya.

…dst

20 ) Ini Dia Muatan Umum Kurikulum 2013
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/14/373/806631/ini-dia-muatan-umum-kurikulum-2013

Selasa, 14 Mei 2013 11:43 wib
JAKARTA – Kerangka dasar kurikulum baru yang akan diterapkan Juli 2013 berisi landasan fisiologis, sosiologis, psikopedagogis, dan yuridis sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP).Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 yang telah ditandatangani oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 7 Mei 2013, juga menyisipkan bab khusus tentang Kurikulum, yang diletakkan pada Bab XIA. Dilansir dari situs Setkab, Selasa (14/5/2013), ada sejumlah pasal menyangkut Kurikulum yang disisipkan di antara Pasal 77 dan Pasal 78 Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 yaitu dari Pasal 77A hingga Pasal 77Q.

…dst

21 ) Unpar siapkan 1.200 beasiswa
http://www.antaranews.com/berita/374554/unpar-siapkan-1200-beasiswa

Selasa, 14 Mei 2013 08:56 WIB
Palangka Raya (ANTARA News) – Demi membantu mahasiswa kurang mampu namun berprestasi Universitas Palangka Raya (Unpar) menyediakan 1.200 beasiswa jenis bantuan belajar mahasiswa (BBM) dan peningkatan prestasi akademik (PPA) di tahun 2013. “Kuota beasiswa jenis BBM disediakan untuk 750 mahasiswa dan PPA sebanyak 450,” kata Rektor Unpar Hendrik Singaraca melalui Kabag Kemahasiswaan Dr Bodol L Matan, di Palangka Raya, Selasa. Ia menerangkan beasiswa tersebut akan membantu mahasiswa mendapatkan tambahan dana sebesar Rp300 ribu setiap bulan dengan pola penyaluran dua kali dalam setahun. Sedangkan penentuan siapa saja mahasiswa yang akan mendapatkan sepenuhnya berada di tangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berdasarkan data dan pengajuan dari Unpar.”Sekarang ini kami menunggu perbaikan berkas terhadap mahasiswa yang layak untuk mendapatkan beasiswa BBM maupun PPA. Setelah itu baru kami sampaikan ke Pusat,” kata Kabag Kemahasiswaan Unpar itu.

…dst

22 ) Target 2014, 600 Mahasiswa Indonesia Kuliah Di Perancis
http://edukasi.kompas.com/read/2013/05/14/14583295/Target.2014.600.Mahasiswa.Indonesia.Kuliah.Di.Perancis

Selasa, 14 Mei 2013 | 14:58 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Jumlah mahasiswa Indonesia yang belajar ke Perancis terus meningkat dari tahun ke tahun. Namun, Direktur Institut Prancis di Indonesia, Bertrand de Hartingh, mengakui bahwa jumlah saat ini belum sesuai dengan target yang diharapkan. Bertrand mengatakan tahun ini jumlah mahasiswa Indonesia yang berangkat ke Perancis berjumlah 500 mahasiswa. Tahun depan, pemerintah Perancis menargetkan 600 mahasiswa yang berangkat ke negara tempat berdirinya Menara Eiffel itu. “Sekitar tahun 2001 hanya sekitar tujuh orang saja. Nah, pada tahun ini ada 500 mahasiswa. Target tahun depannya, sekitar 600 mahasiswa yang bisa datang ke Perancis,” ujar Bertrand di Grand Ballroom Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Selasa (14/5/2013). Oleh karena itu, Kedutaan Besar Perancis melalui Institut Francais Indonesia menggelar pertemuan perusahaan-alumni Indonesia-Perancis pada hari ini. Selain untuk membuka kesempatan kerja bagi para alumni, ajang ini juga ditujukan untuk mendongkrak jumlah masyarakat Indonesia yang ingin ke Perancis terutama untuk melanjutkan pendidikan.

…dst

23 ) 40 Perusahaan Ramaikan Bursa Kerja Indonesia-Perancis
http://edukasi.kompas.com/read/2013/05/14/13233353/40.Perusahaan.Ramaikan.Bursa.Kerja.Indonesia-Perancis

Selasa, 14 Mei 2013 | 13:23 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Pada tahun pertama penyelenggaraan pertemuan perusahaan-alumni Perancis, sebanyak 40 perusahaan dari berbagai sektor hadir meramaikan jejaring dan bursa kerja Indonesia-Perancis. Meski tidak menargetkan banyak pengunjung, kegiatan ini memiliki tujuan untuk mempererat hubungan kerja sama antara Indonesia dan Perancis. Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Corinne Breuze, mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan atas inisiatif dari Kedutaan Perancis yang dalam hal ini adalah Institut Francais Indonesie (IFI). Munculnya inisiatif ini lantaran banyaknya kebutuhan informasi dari masyarakat terkait dengan pendidikan dan perusahaan Perancis maupun Indonesia. “Tidak hanya perusahaan saja yang datang. Dari politeknik sampai sekolah menengah kejuruan juga ikut meramaikan,” kata Corinne di Grand Ballroom Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Selasa (14/5/2013).

…dst

24 ) KOSMETIK BERBAHAYA
BPOM Umumkan 17 Produk
http://cetak.kompas.com/read/2013/05/14/03582144/bpom.umumkan.17.produk

Selasa,14 Mei 2013
Jakarta, Kompas – Badan Pengawas Obat dan Makanan mengumumkan 17 jenis produk kosmetik yang mengandung bahan berbahaya bagi kesehatan. Semua produk itu tidak ada izin edar. Penjualan secara daring sulit dikontrol. Kepala BPOM Lucky S Slamet di Jakarta, Senin (13/5), mengatakan, produk kosmetik berbahaya dan ilegal itu ditemukan BPOM dalam pengawasan Januari-Maret 2013. Ke-17 jenis produk kosmetik tersebut bermerek Tabita (Daily Cream, Nightly Cream, dan Skin Care Smooth Lotion), Green Alvina (Walet Cream Mild Night Cream dan Night Cream Acne), serta Chrysant (Skin Care Pemutih Ketiak, Cream Malam Jasmine, AHA Toner No 1, 2, dan 2+). Produk lain, Hayfa (Sunblock Acne Cream Natural dan Acne Morning Pagi-Sore), Merek Dr Nur Hidayat, SpKK (Acne Lotion, Cream Malam Prima 1, dan Acne Cream Malam), serta Cantik (Whitening Vit E Night Cream, Whitening Vit E Day Cream).

…dst