1 ) Irjen Kemdikbud: Banyak Pihak Menghindar dari Pemeriksaan
http://edukasi.kompas.com/read/2013/05/15/18140591/Irjen.Kemdikbud.Banyak.Pihak.Menghindar.dari.Pemeriksaan

Rabu, 15 Mei 2013 | 18:14 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Inspektur Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Haryono Umar mengatakan banyak pihak yang menghindar dari pemeriksaan tim audit yang bertugas menyelidiki kasus keterlambatan naskah Ujian Nasional (UN) 2013. Pihak yang dinilai bertanggung jawab sulit dimintai keterangan dan mangkir dari panggilan Inspektorat Jenderal. “Para pihak yang terkait pada saat lelang atau tender untuk pencetakan naskah UN itu sulit dimintai keterangan. Kami panggil tetapi mereka tidak datang, dan kami pun tidak mempunyai kekuatan untuk memaksa,” kata Haryono di Jakarta, Senin (13/5/2013). Menurut mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini, menghindar dari pemeriksaan justru menimbulkan kecurigaan bahwa memang ada indikasi korupsi dalam proses tender pencetakan naskah soal UN. “Para auditor banyak yang mengeluh kepada saya, kok ini banyak pihak yang ‘menghilang’. Namun, kami tetap mengupayakan untuk mencari informasi sebanyak mungkin,” ujarnya. Haryono menekankan bahwa Mendikbud M Nuh sebenarnya wajib untuk memastikan agar pihak-pihak yang terkait itu dapat memenuhi panggilan inspektorat jenderal untuk dimintai keterangan agar proses penyelidikan berjalan dengan lancar.

…dst

2 ) Tak Hasilkan Jurnal Internasional, Tunjangan Guru Besar Dicabut
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news_smg/2013/05/15/157015/Tak-Hasilkan-Jurnal-Internasional-Tunjangan-Guru-Besar-Dicabut

15 Mei 2013
SEMARANG, suaramerdeka.com – Guru besar yang tidak bisa menulis atau menghasilkan karya ilmiah dalam bentuk jurnal internasional, tunjangan jabatannya terancam akan dicabut. Hal itu disampaikan Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ditjen Dikti Kemdikbud Prof Supriadi Rustad pada seminar nasional Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang (PPs Unnes) di auditorium kampus tersebut, Rabu (15/5). Dia mengatakan, ciri-ciri seorang sarjana adalah menulis, sebab hal itu sebagai kompetensi yang dimilikinya. “Sehingga penting untuk membangun budaya akademik di perguruan tinggi. Upaya itu dapat dilakukan dengan mendorong kesadaran para doktor dan profesor untuk menulis jurnal nasional maupun internasional,” katanya. Diakui, lanjut dia, saat ini Ditjen Dikti tengah fokus dan merencanakan strategi agar doktor dan guru besar dapat menghasilkan karya ilmiah yang dipublikasikan. Untuk doktor, paling tidak karya ilmiah dalam bentuk jurnal tersebut dipublikasi minimal dalam skala nasional. Sedangkan guru besar, publikasi karya ilmiah dalam jurnal internasional.”Adapun tujuan itu dilakukan agar para doktor dan profesor di Indonesia ini diakui di luar negeri. Kalau tidak memenuhi publikasi jurnal tersebut, maka bagi guru besar tunjangannya dapat dicabut,” tutur mantan Pembantu Rektor I Bidang Akademik Unnes itu.

…dst

3 ) Marak Jurnal Internasional Palsu, Ini Gebrakan UGM
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/05/15/mmtpuu-marak-jurnal-internasional-palsu-ini-gebrakan-ugm

Rabu, 15 Mei 2013, 11:59 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Prasyarat publikasi internasional bagi para calon doktor diam-diam telah dimanfaatkan oleh sejumlah oknum untuk mencari keuntungan. Oknum tersebut membuat jurnal internasional palsu yang ditawarkan kepada para calon doktor yang ingin meraih gelarnya dengan cara instan. Cara umum yang dipakai untuk menawarkan jurnal palsu biasanya melalui surat penawaran yang dikirim via email. Lalu calon doktor tersebut diminta untuk menyetorkan sejumlah uang agar jurnal internasional palsu tersebut diterbitkan atas namanya. Bahkan, ada oknum yang nekat menduplikasi salah satu artikel dalam sebuah jurnal internasional untuk diganti nama penulisnya menjadi nama calon doktor yang memberinya uang. Sehingga jurnal tersebut dapat diklaim menjadi buatan calon doktor tersebut. Melihat kondisi yang memprihatinkan ini, Universitas Gadjah Mada (UGM) melakukan gebrakan bekerja sama dengan ISEAS (Institute of Southeast Studies) di Singapore merintis publikasi jurnal Internasional yang rencananya akan diterbitkan ISEAS setahun sekali. “Kerja sama ini bertujuan untuk memperluas ruang bagi akademisi maupun para calon doktor agar terdorong mempublikasikan jurnal internasional buatannya sendiri,” kata Manajer Publikasi dan Media Jurusan Politik dan Pemerintahan (JPP) Fisipol UGM Utan Parlindungan kepada Republika, Rabu (15/5).

…dst

4 ) Bidikmisi Telat, Mahasiswa Gali Lubang Tutup Lubang
http://edukasi.kompas.com/read/2013/05/15/10234719/Bidikmisi.Telat.Mahasiswa.Gali.Lubang.Tutup.Lubang

Rabu, 15 Mei 2013 | 10:23 WIB
KOMPAS.com – Bagaimana jadinya ketika andalan utama untuk mengongkosi perkuliahan dan hidup terhambat? Tentu saja banyak dari mahasiswa yang mengalami hal tersebut “menjerit”. Itulah yang terjadi saat Beasiswa Pendidikan bagi Mahasiswa Berprestasi terlambat penyalurannya. Penerima Beasiswa Pendidikan bagi Mahasiswa Berprestasi (Bidikmisi) yang merupakan mahasiswa dari keluarga tidak mampu ini kesulitan membiayai kuliah dan hidup sehari-hari. Banyak di antara penerima beasiswa itu kebingungan dan berupaya mencari cara agar kuliah tidak terputus. Walaupun pencairan beasiswa sudah kembali normal pada 6 Mei lalu, sejak Januari 2013 pencairannya tertunda sehingga membuat hidup mereka kembang kempis. Alasan tersendatnya penyaluran Bidikmisi itu adalah karena pemerintah mengalihkan tabungan Bidikmisi dari BNI ke Bank Mandiri. Pengalihan tabungan itu membuat penyaluran beasiswa terkendala.

…dst

5 ) Hatta: Kemendikbud Tak Terkena Pemotongan Anggaran
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/13/05/15/mmtum1-hatta-kemendikbud-tak-terkena-pemotongan-anggaran

Wednesday, 15 May 2013, 13:42 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA–Menteri Koordinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjadi salah satu kementerian yang tidak terkena pemotongan anggaran. “Pemangkasan terbesar terjadi di 15 Kementerian Lembaga yang memiliki anggaran besar, kecuali Kemendikbud, karena diatur dalam undang-undang harus 20 persen dari total APBN,” ujarnya saat ditemui sebelum rapat koordinasi membahas pemotongan belanja Kementerian Lembaga di Jakarta, Rabu. Hatta mengatakan rencana pemotongan belanja Kementerian Lembaga tersebut dilakukan untuk menahan pelebaran defisit anggaran dan terjadi pada belanja yang tidak mengikat seperti perjalanan dinas serta pembangunan gedung. Menurut dia, pemotongan tersebut dilakukan secara proposional terhadap setiap Kementerian Lembaga sesuai dengan alokasi anggaran dalam rencana kerja pemerintah serta proses pengadaan barang dan jasa.”Kita hanya lihat besarannya dan berdasarkan proporsinya. Itu tidak hanya jumlah seberapa besar anggarannya, tapi juga rencana kerjanya,” ujarnya.

…dst

6 ) UU PT Nggak Buat Biaya Kuliah Mahal
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/15/373/807485/uu-pt-nggak-buat-biaya-kuliah-mahal

Rabu, 15 Mei 2013 16:12 wib
JAKARTA – Banyak persepsi negatif yang muncul dari kalangan akademisi terkait Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Biaya kuliah yang semakin mahal serta otoritas perguruan tinggi menjadi salah satu kekhawatiran yang muncul akibat adanya kebijakan tersebut. Padahal, UU Nomor 12 Tahun 2012 itu justru mengamanatkan anggaran dana untuk membantu operasional perguruan tinggi negeri dalam bentuk Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN). Demikian disampaikan Sekretaris Ditjen Dikti Patdono Suwignyo dalam diskusi di Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung. “Saya prihatin dengan persepsi seperti itu. UU Nomor 12 Tahun 2012 dibilang membuat biaya kuliah ke perguruan tinggi jadi lebih mahal. Padahal, melalui UU tersebut terutama di pasal 88, jelas disebutkan pemerintah menganggarkan dana bantuan operasional PTN sehingga biaya yang harus ditanggung masyarakat harus turun,” ujar Patdono, seperti dikutip dari laman Unpad, Rabu (15/4/2013).

…dst

7 ) 5 Kampus dengan Jurusan Matematika Terbaik di Indonesia
http://edukasi.kompas.com/read/2013/05/15/12023619/5.Kampus.dengan.Jurusan.Matematika.Terbaik.di.Indonesia

Rabu, 15 Mei 2013 | 12:02 WIB
KOMPAS.com — Berminat masuk jurusan Matematika? Selamat. Belakangan ini, jurusan Matematika menjadi salah satu jurusan yang paling diminati, termasuk di Tanah Air. Banyak kampus di Indonesia yang menyediakan jurusan Matematika. QS World University Rankings by Subject 2013 merilis daftar lima kampus dengan jurusan Matematika terbaik di Indonesia. Kampus-kampus apa saja? Sebagai perguruan tinggi eksakta yang tersohor di Tanah Air, Institut Teknologi Bandung (ITB) dikukuhkan di peringkat pertama. Hanya saja, ITB tak menembus peringkat 200 besar dunia untuk kategori jurusan ini.
Sementara itu, Universitas Muhammadiyah Malang masuk daftar lima besar. Sebenarnya, di kampus ini bidang studi Matematika secara spesifik berada di program studi pendidikan Matematika di bawah naungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Berikut daftar lengkap lma besar kampus dengan jurusan Matematika terbaik di Indonesia:

…dst

8 ) ITS Siap Sanksi Dua Mahasiswa Terlibat Joki
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/05/15/3/153737/-ITS-Siap-Sanksi-Dua-Mahasiswa-Terlibat-Joki

Rabu, 15 Mei 2013 | 12:34 WIB
Metrotvnews.com, Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menyiapkan sanksi bagi kedua mahasiswanya yang terlibat joki seleksi penerimaan mahasiswa baruUniversitas Muhammadiyah Malang (UMM). Ini disampaikan Pembantu Rektor ITS Surabaya Prof Ir Herman Sasongko kepada wartawan di Surabaya, kemarin, menanggapi keterlibatan kedua mahasiswanya dalam kasus tersebut. Menurutnya, ITS kini membentuk tim khusus yang disebut tim penyelesaian permasalahan (TPP) untuk menangani masalah ini sampai tuntas nanti. Tim tersebut nantinya akan bekerja all out meminta penjelasan pihak Univeristas Muhammdiyah Malang termasuk kedua mahasiswa yang terlibat.Karena itu, katanya, TPP akan membuka pengadilan kecil dengan Prayoga Wirya Alamsyah dan Vighie Aswie sebagai terperiksa untuk diminta penjelasan. ”Meski nantinya kedua mahasiswa tersebut diperiksa, ITS memberi kesempatan keduanya membela diri atau memberika hak jawab di tim tersebut,” katanya.

…dst

9 ) Klien Joki Ujian Masuk UMM Bayar Rp 250 Juta
http://www.tempo.co/read/news/2013/05/15/079480509/Klien-Joki-Ujian-Masuk-UMM-Bayar-Rp-250-Juta

Rabu, 15 Mei 2013 | 11:40 WIB
TEMPO.CO, Malang – Sindikat perjokian seleksi masuk Universitas Muhammadiyah Malang diduga melibatkan jaringan profesional. Setiap klien dikenakan tarif yang cukup tinggi untuk bisa masuk jurusan-jurusan favorit di UMM. Menurut Nasrullah, juru bicara UMM, pembayaran dilakukan oleh orang tua sang klien. Setiap orang tua membayar antara Rp 100 juta sampai Rp 250 juta. Jurusan yang banyak diminta adalah kedokteran. Untuk proses pembayaran bandar kepada orang tua dilakukan dengan membayar panjar antara Rp 500 ribu-Rp 1 juta. Sedangkan selebihnya dibayar usai diterima dan lolos seleksi ujian masuk UMM. “Kartu Keluarga atau BPKB ditahan bandar,” kata Nasrullah, Selasa, 14 Mei 2013. Seharusnya, katanya, orang tua calon mahasiswa melaporkan ke polisi sebagai korban penipuan. Namun, sejauh ini tak ada orang tua yang berani melaporkan ke polisi. Apalagi, sebagian orang tua khawatir terlibat dalam perkara perjokian tersebut.

…dst

10 ) Tangkal Perjokian, Universitas Brawijaya Gunakan Alat Khusus
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/05/15/mmu51f-tangkal-perjokian-universitas-brawijaya-gunakan-alat-khusus

Rabu, 15 Mei 2013, 17:27 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,MALANG–Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur, akan menggunakan peralatan rahasia yang didesain khusus untuk mengantisipasi adanya perjokian dalam tes tulis penerimaan mahasiswa baru 2013. Pembantu Rektor I Universitas Brawijaya (UB) Prof Dr Bambang Suharto di Malang, Rabu, mengemukakan alat deteksi untuk mengungkap perjokian setiap tahunnya selalu berubah dan teknisnya pun juga berbeda-beda.”Pada saat tes memang ada alat khusus dan dirahasiakan, namun kami juga ada koordinasi dan saling memberikan informasi antarperguruan tinggi terkait kemungkinan adanya praktik perjokian,” katanya, menambahkan. Hanya saja, lanjutnya, masih saja ada orang yang nekat untuk menjadi joki. Tahun lalu, ada sembilan orang joki yang tertangkap dan diamankan oleh pihak kepolisian. Ia mengemukakan, fakultas yang banyak dimasuki oleh praktik perjokian adalah kedokteran dan program studi (prodi) yang menjadi favorit calon mahasiswa. Oleh karena itu, kata Bambang, tahun ini pengawasan akan diperketat dan peralatan pun juga diperbaiki, bahkan ke depan kemungkinan juga akan menggunakan metal detektor untuk semua peserta seleksi.

…dst

11 ) SBMPTN Harus Gunakan Foto Formal
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/05/15/mmu27n-sbmptn-harus-gunakan-foto-formal

Rabu, 15 Mei 2013, 16:26 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA — Pusat informasi dan humas (PIH) Universitas Airlangga (Unair), Surabaya mengimbau agar siswa yang mendaftarkan SBMPTN menyisipkan formalnya, bukan kasual.
Hal ini dilakukan guna menghindari praktik perjokian. Berdasarkan informasi tersebut, katagori foto yang dinilai layak yakni, foto terbaru berwarna dengan pakaian resmi, menghadap depan, ukuran 4×6 sentimeter dengan resolusi minimal 250 dpi atau 400 x 600 pixels. Sedangkan ukuran dalam format JPG atau PNG maksimum 100 kilobyte. Diharapkan, para siswa yang dianggap salah meng-upload foto tersebut dapat segera menggantinya. Dengan adanya kejelasan identifikasi tersebut, praktik perjokian dinilai dapat diminimalisir.

…dst

12 ) Calon peserta SBMPTN dianjurkan daftar lebih awal
http://www.antaranews.com/berita/374897/calon-peserta-sbmptn-dianjurkan-daftar-lebih-awal

Rabu, 15 Mei 2013 19:27 WIB
Padang (ANTARA News) – Panitia lokal Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Padang menganjurkan pelajar SMA/sederajat yang akan mengikuti ujian tulis agar segera mendaftar lebih awal secara online (dalam jaringan). Mendaftar lebih awal dianjurkan kepada pelajar SMA/sederajat yang lulus pada 2011 dan 2012 karena proses pendaftaran secara online telah dibuka melalui website www.sbmptn.or.id sejak 13 Mei hingga 7 Juni, kata Panitia Lokal SNMPTN Amril Amir di Padang, Rabu. Menurut dia, bagi pelajar yang lulus pada 2013 masih harus menunggu pengumuman kelulusan ujian nasional pada 24 Mei dan masih tersedia waktu mendaftar hingga 7 Juni.”Bagi pelajar lulusan 2011 dan 2012 dengan mendaftar lebih awal akan memaksimalkan persiapan mengikuti ujian,” kata dia.Ia menyebutkan, ujian tulis akan dilaksanakan pada 18-19 Juni 2012. Pembelian formulir setiap peserta dikenakan biaya sebesar Rp175.000 per orang untuk kelompok sains teknologi dan sosial humaniora serta Rp200.000 untuk kelompok campuran yang dibayar melalui Bank Mandiri.

…dst

13 ) ICW Pertanyakan Daftar Sekolah yang Diblacklist PTN
http://www.jpnn.com/read/2013/05/15/172079/ICW-Pertanyakan-Daftar-Sekolah-yang-Diblacklist-PTN-

Rabu, 15 Mei 2013 , 13:07:00
JAKARTA – Peneliti monitoring pelayanan publik Indonesia Corruption Watch (ICW), Siti Juliantari Rachman mempertanyakan sistem daftar hitam (blacklist) untuk sekolah yang diberlakukan oleh perguruan tinggi negeri (PTN). Karena sistem itu merugikan siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang diinginkan. Menurut Juliantari Rachman, ICW menerima banyak laporan dari wali murid bahwa anak-anak mereka tidak bisa kuliah di PTN tertentu karena sekolah tempat anaknya menempuh pendidikan diblacklist oleh PTN yang akan dituju. “Nah, kami ingin meminta data sekolah mana saja yang diblacklist oleh PTN, bagaimana sistem blacklistnya. Karena banyak anak-anak tidak bisa daftar SNMPTN (seleksi nasional masuk PTN) akibat sistem itu. Ini merugikan murid,” kata Siti Juliantari di Kemdikbud, Rabu (15/5). Dijelaskan, masalah ini mengemuka dari laporan wali murid yang mengaku sekolah tempat anaknya belajar melarang mereka untuk melanjutkan kuliah anaknya ke PTN tertentu. Mulanya anjuran itu tidak diketahui alasanny, tapi setelah didesak, pihak sekolah mengaku sekolahnya dibalcklist. “Ternyata sekolah itu diblacklist PTN karena terlibat kasus markup nilai peserta didiknya. Sementara ini kasus itu terjadi di SMA 68 Jakarta yang dibalcklist UGM dan SMA 87 Jakarta diblacklist Universitas Brawijaya,” ungkap peneliti ICW yang akrab disapa Tari itu.

…dst

14 ) Kilas balik reformasi 1998
Reformasi pecah, mahasiswa duduki Gedung MPR/DPR
http://nasional.sindonews.com/read/2013/05/15/15/749089/reformasi-pecah-mahasiswa-duduki-gedung-mpr-dpr

Rabu, 15 Mei 2013 ? 16:23 WIB
REFORMASI mahasiswa 1998 pecah di Jakarta, saat ribuan massa dari Forum Komunikasi Senat Mahasiswa Se-Jakarta (FKSMJ) yang mewakili lembaga formal kemahasiswaan, dan Forum Kota (Forkot) yang mewakili lembaga non formal kemahasiswaan, menduduki Gedung DPR/MPR di Senayan, pada 18 Mei 1998. Aksi pendudukan ini, dimulai dengan kedatangan sekira 70 orang perwakilan senat yang tergabung dalam FKSMJ. Para mahasiswa itu, secara kolektif dikoordinasikan oleh presidium yang terdiri dari tujuh kampus. Seperti IKIP Jakarta (sekarang Universitas Negeri Jakarta), Universitas Moestopo, Universitas Negeri Jakarta (Unija), Universitas Yarsi, Universitas Satya Negara Indonesia (USNI), Universitas 17 Agustus 1945 (Untag), dan Universitas Kertanegara. “Senat Mahasiswa USNI yang tergabung dalam FKSMJ pada tanggal 18 Mei 1998 melakukan rapat aksi tentang rencana pendudukan gedung MPR-DPR dengan 70 perwakilan Senat Mahasiswa se-Jakarta di IKIP Jakarta (sekarang UNJ),” ujar Ridwan, perwakilan Senat Mahasiswa USNI 1998, kepada Sindonews, Selasa 14 Mei 2013. Hasil pertemuan itu melahirkan kesepakatan untuk melakukan audiensi dengan Ketua DPR Harmoko. FKSMJ membawa tuntutan perbaikan terhadap kondisi bangsa yang berada diambang kehancuran.

…dst

15 ) Unpad Nonaktifkan Dua Dosen Plagiat
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/15/373/807650/unpad-nonaktifkan-dua-dosen-plagiat

Rabu, 15 Mei 2013 19:16 wib
BANDUNG – Imbas dari aksi plagiat yang dilakukan oleh LA dan IM, pihak kampus Universitas Padjadjaran (Unpad) langsung menonaktifkan keduanya dari jabatan semula. Seperti diketahui, LA sebelumnya menjabat sebagai Pembantu Dekan 1 Fakultas Hukum Unpad dan IM menjabat Sekretaris Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Program Studi Magister Kenotariatan Fakultas Hukum Unpad. Wakil Rektor Bidang Sarana Prasarana Sistem Informasi dan Komunikasi Unpad, Roni Kastaman mengatakan, pihaknya secara administratif sudah membebas tugaskan keduanya dari jabatan struktural. “Untuk sanksi harus ditelaah terlebih dahulu. Tim investigasi akan melakukan penelaahan dan memanggil para saksi terkait pelanggaran ini,” tutur Roni saat dihubungi wartawan, Rabu (15/5/2013). Roni menilai, aksi plagiat menjadi permasalahan serius. Untuk itu, pihaknya ke depan akan memperbaiki sistem untuk menghilangkan aksi plagiat. “Pasti semua perguruan tinggi sangat serius menanggapi hal ini,” katanya.

…dst

16 ) Dosen Penguji Dituding Jiplak Tesis Mahasiswi
http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/13/05/15/mmu1ia-dosen-penguji-dituding-jiplak-tesis-mahasiswi

Rabu, 15 Mei 2013, 16:10 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Salah seorang Doktor di Universitas Negeri ternama di Kota Bandung diduga menjiplak tesis mahasiswinya. Seorang mahasiswa lulusan S2 Fakultas Hukum di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tersebut, Helen Ryanta Nainggolan, dosen pengujinya diduga menjiplak tesis yang dibuatnya. Hal itu diketahui, saat Helen mendapati buku berjudul ‘Cybernotary’ 22 April 2013 lalu. Saat itu Helen mulai menaruh curiga dibuku setebal 138 halaman. Karena, hampir setengah halaman buku bercover hitam itu mirip dengan tesis yang dibuatnya. Helen membuat tesis berjudul, “Tujuan Yuridis Jabatan Notaris Terhadap Penyelenggara Sertifikasi Elektronik, berdasarkan UU Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi elektronik pada perdagangan secara elektronik dikaitkan dengan UU Nomor 30 tahun 2004 tentang jabatan notari”. Tesis ini, dirampungkan Helen pada Juli 2011 lalu. Sedangkan buku Cybernotary (dalam aktivitas notaris di Indonesia) terbit pada setahun setelahnya. Buku cetakan ‘Books Terrace dan Library’ tersebut telah beredar luas kurang lebih satu tahun.

…dst

17 ) UGM bangun museum
http://www.antaranews.com/berita/374917/ugm-bangun-museum

Rabu, 15 Mei 2013 21:28 WIB
Yogyakarta (ANTARA News) – Universitas Gadjah Mada Yogyakarta membangun Museum UGM untuk memperkuat kiprah universitas tersebut di kancah nasional maupun internasional.”Keberadaan Museum UGM diharapkan dapat menjadi wahana untuk lebih mengenal universitas negeri tertua di Indonesia itu,” kata Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UGM Suratman di Yogyakarta, Rabu. Menurut dia, lokasi Museum UGM itu menempati bekas rumah dinas di Blok D6 dan D7 Bulaksumur. Anggota Tim Museum UGM Sutaryo mengatakan, keberadaan museum itu sudah lama digagas. Hal itu didasari pemikiran tidak ada universitas yang maju dan berkembang tanpa hadirnya museum sebagai sumber inspirasi masa depan. Menurut dia, sebuah sejarah tidak bisa dihentikan sehingga kehadiran Museum UGM diharapkan bisa menjadi sarana untuk mengenal jati diri UGM.”UGM harus selalu aktif memikirkan negara dan bangsa. Dari beberapa koleksi yang ada terlihat bahwa peran UGM itu luar biasa baik sebagai universitas kerakyatan maupun perjuangan,” katanya.

…dst

18 ) UI Mendapat Dana Hibah Rp 180 Juta
http://edukasi.kompas.com/read/2013/05/15/17480117/UI.Mendapat.Dana.Hibah.Rp.180.Juta

Rabu, 15 Mei 2013 | 17:48 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com- Program Studi Kajian Wilayah Eropa (PKWE) Universitas Indonesia memenangi Grant International Visegrad Fund. Dengan pencapaian tersebut, UI menjadi yang pertama dan satu-satunya yang menyelenggarakan kerja sama dengan beberapa negara Eropa Tengah yang tergabung dalam The Visegrad (Ceska, Hungaria, Polandia dan Slovakia). Sebab selama bertahun-tahun, Indonesia belum pernah memiliki hubungan dengan negara The Visegrad di bidang pendidikan. Dalam ajang International Visegrad Fund tersebut, PKWE UI memperoleh dana hibah pendidikan sejumlah 14.000 euro atau sekitar Rp 180 juta yang dimanfaatkan untuk menyelenggarakan kuliah umum yang terbuka bagi mahasiswa dan masyarakat setiap hari Selasa di Kampus UI Salemba dengan mendatangkan dosen tamu yaitu para duta besar, diplomat senior maupun menteri dari empat negara yang tergabung dalam The Visegrad.

…dst

19 ) Ternyata, PTN BLU Bisa Investasi Langsung
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/15/373/807621/ternyata-ptn-blu-bisa-investasi-langsung

Rabu, 15 Mei 2013 19:10 wib
JAKARTA – Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan status Badan Layanan Umum (BLU) memiliki dua sumber pembiayaan. Pertama dari negara sebesar 40-50 persen dan sisanya melalui pendapatan negara bukan pajak. Untuk itu, Pusat Investasi Pemerintah (PIP) membuka kesempatan kepada PTN yang berstatus BLU untuk memiliki investasi. Demikian disampaikan Kepala Divisi Hukum dan Pembiayaan PIP Mas Suharto dalam sosialisasi terhadap perwakilan Dewan Pengawas (Dewas) BLU PTN se-Indonesia di Universitas Brawijaya (UB) Malang. Dia menyebut, investasi langsung bisa diwujudkan dalam bentuk penyertaan modal kerja atau pemberian pinjaman. “Investasi ini bisa diwujudkan dalam kegiatan-kegiatan yang bukan hanya memiliki manfaat ekonomi tapi juga sosial. Entitas yang terbuka untuk melakukan investasi langsung adalah Pemerintah Daerah, BLU, dan BUMN,” ujar Suharto, seperti dilansir oleh Okezone, Rabu (15/5/2013).

…dst

20 ) Asyik, Mahasiswa Unnes Bisa Double Degree ke Aussie
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/15/373/807628/asyik-mahasiswa-unnes-bisa-double-degree-ke-aussie

Rabu, 15 Mei 2013 20:01 wib
JAKARTA – Universitas Negeri Semarang (Unnes) terus memperluas hubungan kerjasama dengan universitas mancanegara. Kali ini, University of Southern Queensland Australia dipilih Unnes sebagai mitra kerjasama di empat program utama. Kerjasama antara University of Southern Queensland Austaralia dan Unnes sudah berlangsung sejak tahun ajaran 2011/2012. “Harapannya dengan kerjasama ini akan meningkatkan kualitas pendidikan di Unnes serta meningkatkan kemampuan dan keterampilan bagi mahasiswa yang terpilih,” ujar Kepala International Office Unnes Hendy Pratama, seperti dinukil dari laman Unnes, Rabu (15/5/2013). Sebelumnya, bentuk kerjasama yang terjalin berupa memorandum of agreement (MoA) dengan Fakultas Ekonomi (FE) Unnes yang merencanakan akan mengirimkan dua mahasiswa untuk menempuh double degree Juni mendatang di Negeri Kanguru itu.

…dst

21 ) Peneliti: pendidikan RI jadikan lulusan sebagai kuli
http://www.antaranews.com/berita/374751/peneliti-pendidikan-ri-jadikan-lulusan-sebagai-kuli

Rabu, 15 Mei 2013 06:07 WIB
Yogyakarta (ANTARA News) – Politik pendidikan Indonesia sejak Orde Baru hingga kini menjadikan para lulusan sebagai kuli di negeri sendiri, kata peneliti Pusat Studi Pancasila Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Sutaryo. “Meskipun ia seorang doktor, tetap menjadi kuli di negeri sendiri,” katanya di Yogyakarta, Selasa, sehubungan dengan akan diselenggarakannya sarasehan Pendidikan Urun Rembug Seputar Kurikulum 2013. Menurut dia, jika kurikulum 2013 diterapkan, ada dua kemungkinan yang terjadi, yakni lulusan akan tetap menjadi kuli atau manusia berbudaya Indonesia. Pendidikan yang baik semestinya mampu menghasilkan lulusan berciri manusia berbudaya Indonesia.”Hal itu penting karena dengan pendidikan yang baik mampu menghasilkan tokoh-tokoh seperti Sri Sultan Hamengku Buwono IX, KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), dan Ahmad Dahlan,” katanya.

…dst

22 ) Kearifan timur penting di dalam dunia pendidikan
http://nasional.sindonews.com/read/2013/05/15/15/749043/kearifan-timur-penting-di-dalam-dunia-pendidikan

Rabu, 15 Mei 2013 ? 15:09 WIB
Sindonews.com – Sejak lama Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang paling luas wilayahnya di dunia. Sejak tahun 1999 kemudian dicanangkan kebijakan desentralisasi dalam bentuk otonomi daerah, yang di dalamnya terdapat kebijakan otonomi pendidikan. Hal itu disampaikan Antropolog Universitas Indonesia Achmad Fedyani Saifuddin saat menjadi pembicara utama seminar dan kuliah umum Koentjaraningrat Memorial Lecture dengan tema Pendidikan Nasional dan Kearifan Timur : Menimbang Paradigma Alternatif dalam Pembentukan Karakter Bangsa yang digelar Forum Kajian Antropologi UI.Achmad menilai tak diragukan perubahan sistem politik dari sentralisasi ke desentralisasi itu adalah konsekuensi dari arus pemikiran globalisasi yang melanda dunia sejak akhir tahun 1980an. “Kesadaran kebangsaan paling tepat diinternalisasikan melalui proses pendidikan yakni transmisi kebudayaan atau proses belajar kebudayaan. Proses ini tercermin dalam konsep sosialisasi, kognisi, pengetahuan. Pendidikan secara praktis biasanya dikaitkan dengan sekolah, pendidikan juga bisa diarahkan dengan kepentingan lain termasuk doktrin politik nasionalisme untuk memelihara kesadaran akan kesatuan sebagai suatu bangsa,” ujarnya dalam sambutannya di FISIP UI, Depok, Rabu (15/05/2013).

…dst

23 ) Menteri Lingkungan Hidup Ceko berbagi cerita di UI
http://nasional.sindonews.com/read/2013/05/15/15/748894/menteri-lingkungan-hidup-ceko-berbagi-cerita-di-ui

Rabu, 15 Mei 2013 ? 10:42 WIB
Sindonews.com – Menteri Lingkungan Hidup Republik Ceko Thomas Chalupa mengunjungi Universitas Indonesia (UI). Dia berbagi cerita tentang pengalamannya sebagai menteri dengan segala kebijakan soal isu lingkungan. Terutama terkait keanggotaan Republik Ceko dalam negara – negara Uni Eropa dalam menjunjung tinggi kepedulian terhadap bumi dan lingkungan. Thomas menyebutkan Uni Eropa terdiri dari 27 negara anggota. Dimana fokus yang dibahas konsisten terkait isu lingkungan, keuangan, persaingan, budaya, pertanian, dan perikanan. Republik Ceko sendiri bergabung menjadi anggota Uni Eropa sejak 23 Januari 1996. Keuntungannya tentu dalam hal pasar internal mempermudah perpindahan barang, dan pelayanan, juga orang antar negara Uni Eropa.Serta pendidikan, norma umum perbaikan kualitas hidup, kebijakan regional seperti investasi di bidang lingkungan, transportasi dan energi, dan perdagangan secara keberlanjutan. “Namun ada juga hambatan yang dihadapi yakni birokrasi yang berbelit-belit, banyak bahasa, budaya, kebiasaan, kurangnya pengawasan, dan makin rumit dalam hal menentukan kebijakan,” ungkapnya di Gedung Rektorat Kampus UI, Depok, Selasa sore (14/05/2013).

…dst

24 ) Program saat Kampanye Gubernur Sulsel
Kebingungan Realisasikan Janji Pendidikan Gratis
http://www.jpnn.com/index.php?mib=berita.detail&id=172011

Rabu, 15 Mei 2013 , 00:04:00
MAKASSAR — Pemprov Sulsel sepertinya sudah mulai kebingungan mencari dana untuk membayarkan SPP bagi mahasiswa baru yang akan masuk di perguruan tinggi baik negeri maupun swasta se-Sulsel. Program SPP grartis ini merupakan janji Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu”mang saat kampanye pemilihan gubernur Januari lalu. Sayangnya, setelah terpilih, anggaran untuk program SPP gratis ini belum tersedia dalam APBD Sulsel 2013. Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulsel, HA Muallim, yang ditemui usai melakukan rapat tertutup dengan jajaran Kopertis Wilayah Sulawesi dan sejumlah perwakilan perguruan tinggi di Sulsel, di kantor gubernur Sulsel, Selasa (14/5) mengatakan, jumlah mahasiswa baru di Sulsel untuk penerimaan mahasiswa baru tahun ini diperkirakan mencapai 120 ribu mahasiwa. Untuk membayarkan SPP mahasiswa dengan jumlah 120 ribu itu, kata Muallim, dibutuhkan anggaran kurang lebih Rp80 miliar per semester. Sementara jika SPP gratis ini hanya menanggung mahasiwa baru yang masuk di perguruan tinggi akreditasi A, lanjutnya, dibutuhkan dana sekitar Rp 20 miliar lebih.”Inilah yang mau kita carikan dana. Persoalannya karena kalau kita mau tunggu anggaran di APBD perubahan itu artinya nanti Oktober baru ada dananya, sementara mahasiswa sudah mau dibayarkan bulan Juli ini,” ujar Muallim.

…dst

25 ) Mendikbud: nasib UN ditentukan September
http://www.antaranews.com/berita/374852/mendikbud-nasib-un-ditentukan-september

Rabu, 15 Mei 2013 16:31 WIB
Yogyakarta (ANTARA News) – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menentukan nasib pelaksanaan ujian nasional (UN) melalui konvensi nasional yang akan digelar pada September. “Jadi, nasib ujian nasional akan ditentukan nanti melalui konvensi. Tidak setiap tahun selalu saja ramai mempermasalahkan ujian nasional, bisa habis energinya,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M. Nuh usai memaparkan Pengembangan Kurikulum 2013 di Yogyakarta, Rabu. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 yang ditandatangani Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 7 Mei, disebutkan bahwa pemerintah menugaskan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) adalah penyelenggara Ujian Nasional di tingkat pendidikan dasar dan menengah dikecualikan untuk jenjang SD/MI/SDLB atau sekolah sederajat lainnya. “Perlu pencermatan dalam mengartikan kalimat di peraturan tersebut. Memang ada pengecualian, tetapi bisa saja bukan BSNP yang menyelenggarakan ujian nasional,” ucapnya.

…dst

26 ) Rela di DO dari Kampus Demi Rp937 Juta
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/14/373/807071/rela-di-do-dari-kampus-demi-rp937-juta

Rabu, 15 Mei 2013 09:03 wib
“ADA uang abang disayang, tak ada uang abang melayang.” Ungkapan tersebut tampaknya cocok untuk mahasiswa-mahasiswi ini. Demi uang Rp973 juta, mereka rela drop out (DO) dari kampusnya.Eits, tapi jangan berburuk sangka dulu. Uang sebesar Rp937,9 juta atau setara USD100 ribu (kurs Rp9.739) tersebut dimaksudkan untuk membangkitkan semangat para mahasiswa ini memulai usaha sendiri.Adalah Peter Thiel dengan yayasannya yang telah memikat anak-anak muda dari berbagai perguruan tinggi di dunia untuk membangkitkan naluri mereka berbisnis. Demikian seperti dilansir Huffington Post, Rabu (15/5/2013). Ke-20 mahasiswa ini akan menerima dana sebesar USD100 ribu untuk memulai usaha mereka. Memang sebagian dari para mahasiswa di program ini tidak bekerja untuk dapat melanjutkan sekolah, sehingga akan menerima panduan dari pengusaha muda, ilmuwan, dan ahlinya untuk membantu mengembangkan ide-ide mereka selama dua tahun.

…dst