1 ) Dugaan Korupsi Ditjen Kebudayaan
KPK Diminta Segera Turun Tangan
http://www.kopertis12.or.id/2013/05/18/dugaan-korupsi-ditjen-kebudayaan-kpk-diminta-segera-turun-tangan.html

Sabtu,18 Mei 2013
Jakarta, Kompas – Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menemukan berbagai penyimpangan dalam penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan 2012 di Direktorat Jenderal Kebudayaan. Penyidikan sejak tahun 2012 menemukan adanya penggelembungan dana dari beberapa mata kegiatan di luar batas kewajaran. Auditor juga menemukan adanya intervensi pejabat pada sejumlah lelang kegiatan di Ditjen Kebudayaan yang melibatkan event organizer (EO). “Banyak kegiatan yang menggunakan EO. Diduga ada intervensi dari pejabat untuk memenangkan EO tertentu dalam tender kegiatan. Selain itu, ada ketidakwajaran jumlah dana kegiatan yang digunakan dari APBN-P,” kata Haryono Umar Inspektur Jenderal Kemdikbud, Jumat (17/5). APBN-P 2012 di Ditjen Kebudayaan, kata Haryono, sekitar Rp 700 miliar.”Kami sudah memberikan laporan kepada Mendikbud dan merekomendasikan agar kasus ini dibawa ke Komisi Pemberantasan Korupsi,” kata Haryono. Wamendikbud dan beberapa pejabat, tambahnya, sudah dimintai keterangan terkait kasus ini. Maralus, Inspektur III Bidang Pendidikan Tinggi, menambahkan, kejanggalan antara lain ditemukan pada proyek terkait buku, pengadaan benda seni, serta pelaksanaan acara kebudayaan.Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemdikbud juga sedang menginvestigasi pelaksanaan World Culture Forum 2013 yang akan diadakan November mendatang. “Dana kegiatan itu lebih dari Rp 60 miliar dan juga melibatkan EO,” kata Maralus.

…dst

2 ) Itjen Rekomendasikan Wamendikbud Dicopot
http://www.jpnn.com/read/2013/05/18/172570/Itjen-Rekomendasikan-Wamendikbud-Dicopot-

Sabtu, 18 Mei 2013 , 10:58:00
JAKARTA – Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menemukan indikasi korupsi yang merugikan negara hingga Rp.700 miliar dalam penggunaan APBN-P 2012 di Direkrotar Jenderal Kebudayaan. Namun informasi lain yang diperoleh JPNN.COM dari internal Kemdikbud menyebutkan, rekomendasi yang diberikan Itjen tidak hanya temuan indikasi korupsi agar dilaporkan ke KPK, tapi juga rekomendasi agar Wamendikbud bidang kebudayaan dicopot dari jabatannya. Saat informasi ini dikonfirmasi ke Irjen Kemdikbud Haryono Umar, dirinya membenarkan adanya rekomendasi itu. “Iya, saya rekomendasikan para pejabat yang bertanggungjawab di kebudayaan (dicopot),” kata Haryono, Sabtu (18/5). Hanya saja saat ditanya apakah yang direkomendasikan itu termasuk Wamendikbud Kebduayaan Windhu Nuryanti, Haryono mengaku tidak bisa menyebutkan nama. Yang jelas, tegasnya, rekomendasi itu sudah diserahkan ke Mendikbud Mohammad Nuh.

…dst

3 ) Statuta UI Digodok 6 Kementerian
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/18/373/808958/statuta-ui-digodok-6-kementerian

Sabtu, 18 Mei 2013 10:52 wib
DEPOK – Universitas Indonesia (UI) hampir dua tahun terakhir belum memiliki rektor definitif. Sebab pemilihan rektor masih terkatung-katung menunggu statuta atau aturan pengelolaan universitas rampung disusun. Karena itu, UI memilih Wakil Rektor Bidang Pendidikan Muhammad Anis sebagai Pejabat Rektor menggantikan Pejabat Sementara (Pjs) Rektor UI Djoko Santoso. Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) UI Said Aqil Siroj menyebutkan bahwa pemilihan Rektor UI akan dilakukan setelah statuta UI selesai. Statuta itu, kata dia, diyakini akan selesai sebelum September 2013. Sebab, Panitia Pemilihan Rektor UI hanya bekerja sampai 8 September 2013. “Saat ini statuta UI berputar di ke enam kementerian. Masih digodok di enam kementerian itu. Terakhir akan berada di presiden keputusannya. Saya juga sempat bertanya ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan kata Pak Presiden belum ada di mejanya. Tapi saya yakin statuta UI selesai dan UI punya rektor sebelum September 2013,” tegasnya, usai Upacara Serah Terima Jabatan Pejabat Rektor di Gedung Rektorat, Depok. Enam kementerian tersebut yakni Kemendikbud, Sekneg, Kemenkumham, Kemenkeu, KemenPAN, dan Kementerian BUMN. Sementara calon yang berminat menjadi rektor UI, kata Said, sudah banyak.

…dst

4 ) Dirjen Dikti : Selesai Jadi Pjs Rektor UI, Saya Plong!
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/18/373/808948/dirjen-dikti-selesai-jadi-pjs-rektor-ui-saya-plong

Sabtu, 18 Mei 2013 10:27 wib
DEPOK – Pascarampungnya jabatan Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian dan Kebudayaan (Kemendikbud) sebagai Pejabat Sementara (PJs) Rektor Universitas Indonesia (UI), Djoko Santoso mengaku lega. Perasaan lega itu, menurutnya seperti seseorang sudah melaksanakan ujian. “Perasaan saya senang. Bisa menyelesaikan tugas dengan baik. Seperti perasaan telah menjalankan ujian, plong banget rasanya,” kata Djoko, di Gedung Kirti, Rektorat UI, Depok. Djoko menegaskan bahwa dia tetap konsisten akan membantu UI. Namun, kata dia, kemajuan UI harus dipimpin oleh sosok yang sungguh – sungguh berdedikasi menyediakan seluruh waktunya untuk UI. “Saya akan tetap membantu UI, walaupun saya tak di sini. Tak mungkin UI diurus oleh orang paruh waktu. Itu yang kasihan bukan saya, paling saya hanya capek saja, tapi UI-nya yang kasihan, kemajuannya berkurang,” ungkapnya.

…dst

5 ) Waduh, Profesor di Indonesia Masih Minim
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/18/373/809020/waduh-profesor-di-indonesia-masih-minim

Sabtu, 18 Mei 2013 14:12 wib
BANDUNG – Bukan rahasia lagi jika jumlah lulusan S-3 di Indonesia masih sangat rendah dibandingkan negara tetangga. Hal tersebut tentu menjadi salah satu tantangan berbagai pihak dalam mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) Tanah Air. Demikian diungkapkan Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Eko Prasetyo. Dia menyebut, rendahnya kualitas dan kuantitas manusia terdidik merupakan satu dari empat tantangan yang harus dihadapi pihaknya dalam menyiapkan SDM di Indonesia untuk mampu bersaing di tingkat internasional. “Jumlah yang sudah meraih gelar S-3 di Indonesia baru 98 orang per satu juta penduduk. Ini jauh sekali dengan Malaysia yang mempunyai 509 peraih gelar S-3 per satu juta penduduk, Iran 1.140 orang, sedangkan Jepang 6.438 orang,” ujar Eko saat pelatihan terkait anggaran pendidikan di Hotel Marbela Bandung, Jawa Barat, Sabtu (18/5/2013). Eko menjelaskan, tantangan selanjutnya adalah komposisi lulusan perguruan tinggi yang tidak ideal. Bahkan, dibutuhkan 7.000-10 ribu PhD di bidang teknik guna mendukung program MP3EI Indonesia. Sementara saat ini persentase sarjana teknik baru mencapai 11,56 persen dari seluruh sarjana yang ada di Indonesia. “Padahal peraih sarjana teknik di negara lain jauh lebih besar. Di Jerman lulusan teknik mencapai 16 persen, di Jepang 18 persen, Vietnam 20 persen, dan Malaysia 24 persen. Jadi yang kita perlu di lapangan itu orang enginering (teknik),” tegasnya.

…dst

6 ) Siapkan kepemimpinan, pemerintah bentuk LPDP
http://nasional.sindonews.com/read/2013/05/18/15/750183/siapkan-kepemimpinan-pemerintah-bentuk-lpdp

Sabtu, 18 Mei 2013 ? 13:03 WIB
Sindonews.com – Pemerintah membuat gebrakan inovatif untuk mempersiapkan kepemimpinan Indonesia. Melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), lembaga baru di bawah Kemenkeu. Didirikannya LPDP ini bukan tanpa alasan. Menurut Sekjen Kemenkeu Kiagus Ahmad Badarudin, didorong oleh masih rendahnya mutu SDM di Indonesia. “Indonesia saat ini menghadapi tantangan pengembangan SDM. Hal ini bisa dilihat dari rasio penduduk yang mencapai pendidikan S3 yakni hanya 98 orang per satu juta penduduk. Bandingkan dengan rasio di negara lain: Malaysia mencapai 509 orang per satu juta penduduk; Iran 1.410 orang dan Jepang mencapai 6.438 orang,” kata Kiagus yang menjadi anggota dewan penyantun LPDP dalam acara diskusi pengenalan LPDP yang digelar Setjen Kemenkeu di Bandung (18/5/2013). Menariknya beasiswa ini diberikan tanpa ikatan. Alumnus beasiswa ini disyaratkan dapat memberi kontribusi bagi bangsa Indonesia.

…dst

7 ) LPDP sediakan beasiswa bagi mahasiswa yang nasionalis
http://nasional.sindonews.com/read/2013/05/18/15/750170/lpdp-sediakan-beasiswa-bagi-mahasiswa-yang-nasionalis

Sabtu, 18 Mei 2013 ? 12:13 WIB
Sindonews.com – Pemerintah meluncurkan terobosan baru untuk mendongkrak mutu sumber daya manusia (SDM) bangsa Indonesia. Melalui lembaga baru bernama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), pemerintah akan menyalurkan beasiswa penuh dan tidak terikat.Menurut Dirut LPDP Eko Prasetyo, lembaganya ini baru terbentuk tahun 2012. Beasiswa penuh ini diberikan kepada mahasiswa S2 dan S3 yang memiliki jiwa leadership dan nasionalisme. “Terutama untuk mahasiswa Indonesia di luar negeri harus bisa memberikan kontribusi kepada bangsa,” ujar Eko Prasetyo dalam acara diskusi pengenalan LPDP yang digelar Setjen Kemenkeu di Bandung, Sabtu (18/5/2013).Alumnus dari beasiswa LPDP ini diharuskan untuk bisa memberikan kontribusi bagi Indonesia. Setelah menuntaskan pendidikan di dalam ataupun luar negeri, alumunus wajib mengabdi bagi bangsa dan negaraa.

…dst

8 ) Ilmu Komunikasi Unibraw Tembus 3 Besar Se-Indonesia
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/05/18/mmz2fk-ilmu-komunikasi-unibraw-tembus-3-besar-seindonesia

Sabtu, 18 Mei 2013, 09:18 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, MALANG — Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya (Unibraw), Malang, Jawa Timur, menembus rangking tiga besar dari seluruh perguruan tinggi negeri maupun swasta di Tanah Air. Ketua Program Studi (Prodi) Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya (UB) Bambang Dwi Prasetyo, mengatakan dengan menyandang predikat terbaik ketiga ini, kinerja seluruh elemen terkait harus lebih ditingkatkan guna meraih yang lebih baik lagi. “Kami bersyukur atas prestasi ini, meski prodi ini tergolong muda, ternyata tidak kalah dengan perguruan tinggi lain yang lebih dulu membuka prodi tersebut. Apalagi, penilaian ini dilakukan oleh lembaga eksternal yang independen dan kredibel,” ujarnya, Sabtu (18/5). Prodi Ilmu Komunikasi UB berada di bawah Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Airlangga (Unair) yang amsing-maisng menempati urutan pertama dan kedua.

…dst

9 ) Mendag : Jumlah Beasiswa Harus Ditambah
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/18/373/809012/mendag-jumlah-beasiswa-harus-ditambah

Sabtu, 18 Mei 2013 13:45 wib
JAKARTA – Menteri Perdagangan (Mendag) Gita Wirjawan mengatakan, Asean Economic Community (AEC) 2015 adalah tantangan besar yang harus dilalui Indonesia. Oleh karena itu, generasi penerus harus dipersiapkan dengan baik agar mampu bersaing di tingkat global. Menurut Gita, Indonesia merupakan pasar yang sangat potensial produk-produk negara lain. Tingkat konsumsi masyarakat Indonesia hingga diprediksi bakal meningkat dalam 20 tahun ke depan, yakni mencapai Rp360 ribu triliun.”Jangan sampai tingkat konsumsi di Tanah Air itu diisi oleh produk impor, HP dari China, pupuk dari Srilanka, cangkul buatan Hanoi, dan lainnya. Enggak ada alasan lulusan STM nanti yang enggak bisa buat cangkul,” kata Gita saat menjadi keynote speech dalam Studium Generale pelepasan alumni Magister dan Doktor Manajemen dan Bisnis Institut Pertanian Bogor (MP-IPB) di Jakarta, Sabtu (18/5/2013).

…dst

10 ) Budaya Meneliti Masih Rendah
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/05/18/225099/Budaya-Meneliti-Masih-Rendah

18 Mei 2013
JAKARTA – Direktur Jenderal Pendidikan Menengah (Dirjen Dikmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Hamid Muham­mad mengatakan, budaya meneliti di kalangan siswa masih sangat rendah. Karena itu, pihaknya berharap sekolah dapat mendorong dan memancing siswanya untuk melakukan penelitian. “Meneliti belum menjadi budaya, karena hanya sering dilakukan oleh siswa yang sekolahnya sudah mapan, dalam arti sudah memenuhi standar nasional,” kata Hamid seusai jumpa pers International Science Project Olimpiad (ISPrO), di Gedung Kemdikbud, Kamis (16/5). Menurutnya, mendorong sis­wa untuk aktif meneliti memang bukan hal mudah. Pasalnya, dibutuhkan kreativitas yang tinggi. Namun, dia yakin budaya meneliti dapat meningkat ketika kurikulum 2013 sukses dijalankan. “Kalau kurikulum baru sudah berjalan, saya yakin akan muncul budaya meneliti. Karena kurikulum baru ini berbasis science dan kreativitas peserta didik,” yakinnya.

…dst

11 ) Mahasiswa UNY Kembangkan Boneka Beraroma Terapi
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/05/17/mmy47i-mahasiswa-uny-kembangkan-boneka-beraroma-terapi

Jumat, 17 Mei 2013, 23:17 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Kelompok Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan Universitas Negeri Yogyakarta mengembangkan boneka yang dapat mengeluarkan aroma terapi sebagai penghilang rasa lelah, refleksi pikiran, dan membantu menjaga kesehatan.”Bahan-bahan yang kami gunakan sebagai aroma terapi berasal dari berbagai macam tanaman di lingkungan sekitar sehingga ramah lingkungan dan tidak menimbulkan efek samping,” kata ketua kelompok Latifa Dwike Ambarawati di Yogyakarta, Jumat. Menurut dia, jika aroma yang dihasilkan mulai memudar, konsumen cukup memasukkan cadangan aroma terapi melalui celah resleting yang ada pada boneka tersebut. Selain mengeluarkan aroma terapi, boneka itu juga memiliki nilai edukasi sebagai media belajar kebudayaan dengan memperkenalkan berbagai macam busana tradisional dunia dengan sentuhan motif batik.

…dst

12 ) KPK buka 286 lowongan kerja
http://www.antaranews.com/berita/375141/kpk-buka-286-lowongan-kerja

Kamis, 16 Mei 2013 22:29 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuka lowongan pekerjaan untuk 286 posisi, dengan komposisi jabatan tertinggi Deputi Informasi dan Data hingga penyidik. “Malam ini akan dibuka di website KPK program `Indonesia Memanggil` untuk mengisi kebutuhan 286 posisi pegawai, dengan kebutuhan tertinggi adalah Deputi Informasi dan Data, Kepala Bagian Protokoler serta 149 posisi fungsional, di antaranya posisi penyidik,” kata Kepala Biro Sumber Daya Manusia KPK Apin Alfian di Jakarta, Kamis. Program bernama “Indonesia Memanggil” tersebut resmi dibuka di website KPK www.kpk.go.id sejak 16 hingga 25 Mei 2013 pukul 24.00 WIB.”Posisi penyidik akan kami buka termasuk bagi PPNS (penyidik pegawai negeri sipil) dan TNI bila berminat untuk menjadi penyidik KPK, meski kami tetap bekerja sama dengan Polri untuk penyidik asal Polri, sedangkan posisi administrasi ada 135 lowongan,” katanya.

…dst

13 ) Komisi Etik FH Unpad Panggil Helen
http://www.pikiran-rakyat.com/node/235236

Jumat, 17/05/2013 – 15:56
BANDUNG,(PRLM).- Komisi Etik Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran memanggil Helen Ryanita Nainggolan pekan depan untuk dimintai keterangan. Helen merupakan mahasiswa yang tesisnya dikutip oleh dua dosen dalam buku “Cybernotary (Dalam Aktivitas Notaris di Indonesia). Surat panggilan tersebut diterima pada Jumat (17/5/2013). “Hari ini dapat surat panggilan untuk dimintai keterangan Selasa (21/5) oleh Komisi Etik fakultas,” kata kuasa hukum yang juga suami Helen, Agus Sihombing di Kota Bandung, Jumat (17/5). Ketika ditanya apakah kedua dosen mendapat surat panggilan dari Komisi Etik, Agus tidak mengetahui. Dia mengatakan sejak konferensi pers Rabu lalu, hingga hari ini dirinya tidak ada kontak dengan kedua dosen tersebut. Meskipun sebelum dilakukan konferensi pers, Helen sempat dikirimi sms oleh Lastuti Abubakar, salah satu penulis buku yang isinya mengakui adanya kesalahan penngutipan dalam buku yang ditulisnya. “Iya dia kirim sms, intinya dia mengakui kesalahan pengutipan. Hanya itu saja, tidak ada sms yang mengganggu kenyamanan,” kata Agus. Sebaliknya, Helen yang sempat mendapat sms bernada ancaman dari Imamulhadi dikatakan Agus belum melaporkan hal tersebut ke pihak berwajib. Meskipun berniat mengajukan tuntutan tetapi hal tersebut masih menunggu keputusan dari komite etik terkait kasusnya. “Ada niat kami mau menuntut tapi sekarang kami tunggu keputusan komite etik,” kata Agus. Sementara itu Ketua Komite Etik Fakultas Hukum Unpad Prof. Etty Agoes saat dihubungi “PRLM” untuk dimintai konfirmasinya mengatakan tidak dapat memberikan wawancara melalui telfon. Ketika ditanya kapan ada waktu untuk diwawancarai secara langsung, Etty mengatakan jadwalnya penuh untuk beberapa hari kedepan.

…dst

14 ) NASA: Meteorit Hantam Bulan, Ledakan Dahsyat Terlihat Hingga Bumi
http://news.liputan6.com/read/589865/nasa-meteorit-hantam-bulan-ledakan-dahsyat-terlihat-hingga-bumi

Posted: 18/05/2013 10:35
Liputan6.com, Huntsville : Permukaan Bulan bertambah ‘bopeng’! Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengungkap, meteorit menghantam permukaan Bulan pada Maret lalu. Menciptakan ledakan terbesar yang pernah disaksikan para ilmuwan. Meteorit menabrak Bulan pada 17 Maret 2013, dengan kecepatan 90.000 kilometer per jam dan menciptakan kawah baru selebar 20 meter. Ledakan yang tercipta bahkan bisa disaksikan dengan mata telanjang manusia yang kebetulan sedang menyaksikan satelit bumi saat itu. “Pada 17 Maret 2013, obyek yang besarnya mirip batu kecil menabrak permukaan Bulan, tepatnya di Mare Imbrium,” kata Bill Cooke, ilmuwan dari Meteoroid Environment Office NASA dalam pernyataannya seperti dimuat SPACE.com. “Ledakannya mengeluarkan sinar, yang 10 kali lebih terang dibanding apapun yang pernah kami saksikan sebelumnya.” Para astronom NASA selama ini telah memonitor Bulan, terutama dalam kaitannya dengan dampak meteor, setidaknya selama 8 tahun terakhir. Dan mereka tak pernah menyaksikan yang sekuat ini.

…dst

15 ) Terdekat dalam 2 Abad! Asteroid Besar Lintasi Bumi Akhir Mei Ini
http://news.liputan6.com/read/589816/terdekat-dalam-2-abad-asteroid-besar-lintasi-bumi-akhir-mei-ini/?related=pbr&channel=n

Posted: 18/05/2013 08:20
Liputan6.com, California : Sebuah asteroid berukuran besar akan melintasi Bumi akhir bulan ini, tepatnya pada 31 Mei 2013. Jarak yang terdekat, setidaknya dalam dua abad mendatang. Asteroid 1998 QE2 memiliki panjang 1,7 mil atau sekira 2,7 kilometer. Namun, tak perlu khawatir, batu angkasa itu akan melintas dalam jarak relatif aman, sekitar 5,8 juta km dari planet manusia. Sekitar 15 kali jarak yang memisahkan Bumi dan Bulan. Namun, jarak lintasan yang masuk kategori dekat itu tetap saja dramatis bagi para astronom. Para pengamat langit profesional berencana menggunakan dua teleskop radar besar — Goldstone berukuran 70 meter milik NASA yang ada di California dan teleskop berukuran 305 meter di Observatorium Arecibo di Puerto Rico — untuk mendapatkan tampilan terbaik 1998 QE2.

…dst