1 ) Irjen Kemendikbud Haryono Berniat Mundur
Banyak Rekomendasi Mandul
http://www.jpnn.com/read/2013/05/19/172661/Irjen-Kemendikbud-Haryono-Berniat-Mundur-

Minggu, 19 Mei 2013 , 05:04:00
JAKARTA – Kabar mengejutkan disampaikan Inspektur Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Irjen Kemendikbud) Haryono Umar. Dia menyatakan sinyal niatan pengunduran diri sebagai kepala pengawas internal kementerian yang mengurusi anggaran 20 persen APBN itu. Sinyal pengunduran diri ini merupakan respon suara masyarakat, yang lebih dulu memintanya mundur sebagai Irjen. Alasannya adalah, sejumlah rekomendasi keluaran tim Itjen mandul setelah disampaikan ke Mendikbud Mohammad Nuh. “Saya senang sekali jika ada yang meminta mundur. Saya tunggu jika ada pihak yang melayangkan surat supaya saya mundur,” katanya kemarin. Dengan surat tadi, Haryono mengatakan akan dijakan penguat niatan mundurnya. Haryono menegaskan bahwa dirinya selama ini habis-habisan mencegah praktek korupsi di Kemendikbud. Namun masih saja banyak celah yang dipakai untuk menyiasati pantauan Itjen. “Mereka semakin pintar-pintar,” kata dia. Sehing dibutuhkan tekad kuat untuk menghilangkan budaya korup di Kemendikbud. Selain urusan investigasi ujian nasional (unas) dan pemecatan sejumlah rektor PTN, Haryono ternyata telah melayangkan rekomendasi lain kepada Mendikbud. Yakni rekomendasi pencopotan sejumlah pejabat tinggi Kemendikbud di bidang kebudayaan. Rekomendasi ini keluar setelah mereka mencium ada praktek korupsi di Ditjen Kebudayaan.

…dst

2 ) Mendikbud: Inspektorat Kan Bukan Pengadilan
http://www.jpnn.com/read/2013/05/19/172717/Mendikbud:-Inspektorat-Kan-Bukan-Pengadilan-

Minggu, 19 Mei 2013 , 18:29:00
JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh sepertinya masih menyangsikan kebenaran temuan dugaan korupsi di Direktorat Jenderal Kebudayaan oleh Inspektorat Jenderal Kemdikbud, sehingga dia harus melakukan klarifikasi sendiri. Namun sebagai pimpinan, dia mengucapkan terimakasih kepada Itjen yang dipimpin Haryono Umar. Karena hasil investigasi mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu telah menemukan indikasi korupsi di bidang kebudayaan. “Semuanya kan harus diproses dulu, Saya harus pelajari dulu. Saya terima kasih hasil investigasi itu. Tapi beri kami kesempatan untuk memperjelas duduk perkaranya,” kata M Nuh, Minggu (19/5).Nuh berlasan urusan korupsi yang nilainya mencapai miliaran perlu dicek kebenarannya. Karena hasil investigasi Itjen itu seakan menempatkan kementerian yang dia pimpin adalah sarang koruptor. Kendati demikian, M Nuh mengaku hubungannya dengan Haryono Umar berjalan langgeng. “Hubungan komunikasi saya dengan itjen baik-baik saja. Menyangkut dugaan korupsi, Itjen itu kan lembaga kementerian, bukan lembaga pengadilan,” tegas M Nuh yang masih menyimpan banyak rekomendasi Itjen.

…dst

3 ) Kemendikbud dan Dirjen Dikti tidak Pilih Kasih terkait Anggaran
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/05/19/3/154859/Kemendikbud-dan-Dirjen-Dikti-tidak-Pilih-Kasih-terkait-Anggaran

Minggu, 19 Mei 2013 | 19:42 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Bidang Pendidikan Musliar Kasim menyatakan rumus alokasi anggaran bagi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tidak hanya didasarkan pada variable besaran pendapatan semata melainkan juga ada biaya tetap. Pernyataan Musliar tersebut menjawab kritik yang disampaikan para Rektor Perguruan Tinggi Negeri sekawasan Indonesia Timur yang tergabung dalam Konsorsium Perguruan Tinggi Negeri Kawasan Timur Indonesia (KTPN-KTI). Menurut KTPN-KTI Indonesia dalam alokasi anggaran bagi PTN saat ini masih menggunakan rumusan alokasi yang dilihat berdasarkan pendapatan PTN yang bersangkutan. Sehingga, hanya PTN wilayah Barat saja yang notabene penghasilannya besar bisa mendapat anggaran besar. Musliar berpendapat upaya tersebut hanyalah bagian dari apresiasi dan insentif bagi PTN yang dianggap aktif dalam mengelola institusinya. “Itu insentif saja bagi PTN yang rajin baik dosen-dosenya dalam menghasilkan karya ilmiah, seberapa jauh mereka mengembangkan jaringan keluar negeri sehingga bisa mendapat bantuan, dan sebagainya,” ujar Musliar saat dihubungi Minggu (19/5). Menurut Musliar jumlah insentif tersebut juga tidak seberapa besar. “Namanya insentif juga tidak besar. Saya rasa secara jumlahnya justru lebih besar anggaran fix yang sudah ditetapkan untuk masing-masing PTN, dimanapun berada, jadi tidak ada yang namanya keberpihakkan atau pilih kasih,” tegas Musliar.

…dst

4 ) Konsorsium PTN KTI Minta Dikti Alokasikan Anggaran ke Wilayah Timur
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/05/18/3/154743/Konsorsium-PTN-KTI-Minta-Dikti-Alokasikan-Anggaran-ke-Wilayah-Timur

Sabtu, 18 Mei 2013 | 20:52 WIB
Metrotvnews.com, Merauke : Rektor Perguruan Tinggi Negeri sekawasan
Indonesia Timur yang tergabung dalam Konsorsium Perguruan Tinggi Negeri Kawasan Timur Indonesia (KPTN-KTI) menggelar pertemuan dan bertindak selaku tuan rumah Universitas Musamus di Merauke, Papua. Pertemuan dua hari yang berakhir Sabtu (17/5) malam dan dihadiri perwakilan 22 PTN kawasan Indonesia Timur akhirnya menghasilkan Delapan butir kesepakatan. Salah satunya yakni mendesak Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) untuk memberikan afirmasi khusus dalam besaran alokasi anggaran yang lebih signifikan bagi PTN-KTI wilayah timur Indonesia dan tidak menggunakan rumusan alokasi saat ini yakni dilihat berdasarkan pendapatan PTN yang bersangkutan. Sebab, jika itu dilakukan maka sudah pasti hanya PTN wilayah Barat saja yang penghasilannya besar mendapat anggaran besar.

…dst

5 ) UB: Uang Kuliah Tunggal Turunkan Pendapatan Kampus
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/05/19/mn143h-ub-uang-kuliah-tunggal-turunkan-pendapatan-kampus

Sunday, 19 May 2013, 11:50 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,MALANG–Pembantu Rektor I Universitas Brawijaya Malang Prof Dr Bambang Suharto mengakui jika penerapan uang kuliah tunggal secara otomatis akan menurunkan pendapatan kampus tersebut. “Biaya masuk (uang gedung) yang tahun-tahun sebelumnya dibayarkan di muka, mulai tahun ini harus dibayarkan bersamaan dengan uang kuliah tunggal (UKT) yang dihitung ‘flat’ setiap tahun, sampai mahasiswa bersangkutan lulus,” tegas Bambang Suharto di Malang, Minggu. Karena pendapatan awal yang menurun tersebut, lanjutnya, sejumlah kegiatan pembangunan, termasuk gedung perkuliahan baru dan fasilitas lainnya terpaksa harus dijadwal ulang. Sebab, mahasiswa bisa membayar per semester atau per tahun sesuai kategorinya.Sebelum diterapkannya uang kuliah tunggal, lanjutnya, uang masuk (gedung) yang dibayarkan di muka bisa untuk menyelesaikan pembangunan dan melengkapi fasilitas lain bagi mahasiswa. Namun, sekarang semua program pembangunan harus dijadwal kembali.

…dst

6 ) Dahlan Iskan Pelajari Hasil Penelitian Mahasiswa
http://www.jpnn.com/read/2013/05/19/172688/Dahlan-Iskan-Pelajari-Hasil-Penelitian-Mahasiswa-

Minggu, 19 Mei 2013 , 11:25:00
PONTIANAK – Lomba Karya Ilmiah Nasional (LKIN) tentang energi terbarukan yang digelar Tim Bioenergy Expedition Universitas Tanjungpura 2013 dimenangkan oleh Tajudin Baihaki dan M Alfi Zahnawul Farich dari Universitas Negeri Surabaya. Mereka melakukan penelitian tentang pemanfaatan kotoran ternak sebagai bahan bakar biogas. “Kami merasa sangat bangga, karya kami mendapat apresiasi dari dewan juri. Apalagi diserahkan langsung oleh bapak Dahlan Iskan,” ujar Alwi, usai acara penganugerahan di Auditorium Untan, kemarin (18/5) siang. Keduanya berhak mendapatkan hadiah mengunjungi lima negara di Asia Tenggara bersama tim Bioenergy Expedition Untan. Sementara juara II dimenangi oleh tim dari Universitas Diponegoro Semarang, sedangkan juara III didapatkan oleh Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Mereka menyisihkan enam finalis lain dari perguruan tinggi lain. Menteri Badan Usaha Milik Negara, Dahlan Iskan yang hadir pada hari pengumuman dan menyerahkan hadiah mengatakan penelitian-penelitian untuk mencari sumber energi baru penting dilakukan saat ini. Pasalnya energi fosil yang masih dominan saat ini akan habis pada masa yang akan datang. Menteri nyentrik ini sendiri dikenal cukup fokus pada pengembangan energi alternatif, lewat proyek mobil listrik dan gas karbon. Orang yang sebelumnya menjabat direktur utama PT PLN (Persero) ini juga menyatakan tertarik dengan hasil-hasil penelitian yang ikut dalam LKIN Untan itu. Menurut dia, bisa saja temuan-temuan itu dijadikan industri berskala besar yang menguntungkan negara.

…dst

7 ) Parah, Laboratorium Khusus Parasit di Indonesia Cuma 1
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/18/373/809092/parah-laboratorium-khusus-parasit-di-indonesia-cuma-1

Sabtu, 18 Mei 2013 18:06 wib
JAKARTA – Laboratorium khusus parasitologi masih menghadapi tantangan serius. Apalagi, kehadirannya di tengah masyarakat Indonesia, masih kurang. Padahal angka penyakit infeksi parasit atau infeksi cacing di Indonesia cukup tinggi. Demikian diungkapkan Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) Agnes Kurniawan saat pidato pengukuhannya. Dia menyebut, keprihatinan tersebut makin bertambah karena infeksi parasit kerap kali dipandang kurang penting. “Akibatnya penyakit parasitik masih menjadi masalah kesehatan masyarakat terutama di daerah kumuh di perkotaan, daerah pedesaan, dan di Indonesia bagian timur. Padahal kesehatan pencernaan merupakan bagian integral dari seluruh kesehatan tubuh, serta seharusnya merupakan salah satu unsur utama dalam perwujudan kesejahteraan rakyat,” papar Agnes di Aula FK UI, Kampus Salemba, Jakarta Pusat, Sabtu (18/5/2013).

…dst

8 ) 2013, LPDP Targetkan Beri 1.455 Beasiswa
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/18/373/809097/2013-lpdp-targetkan-beri-1-455-beasiswa

Sabtu, 18 Mei 2013 18:32 wib
BANDUNG – Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan menargetkan di 2013 penerimaan beasiswa LPDP mencapai 1.455 orang. “Kami akan menargetkan penerimaan beasiswa LPDP sebanyak 1.455 orang di 2013. Dengan program studi sasaran Teknik, Sains, Pertanian, Hukum, Akuntansi, dan Keuangan, Agama, Kedokteran Sosial, dan lain-lainnya,” ujar Direktur Utama LPDP Eko Prasetyo saat pelatihan terkait anggaran pendidikan di Hotel Marbela Bandung, Jawa Barat, Sabtu (18/5/2013). Eko menjelaskan, penerimaan beasiswa sebanyak 1.455 orang itu terbagi dalam berbagai jenjang. Untuk beasiswa Magister dalam negeri sebanyak 575 orang, beasiswa Magister luar negeri sebanyak 110 orang, beasiswa Doktor dalam negeri sebanyak 500 orang, serta beasiswa Doktor luar negeri sebanyak 140 orang. “Sedangkan untuk Beasiswa Tesis dalam dan luar negeri sebanyak 80 orang serta Beasiswa Desertasi dalam dan luar negeri sebanyak 50 orang,” tambahnya.

…dst

9 ) LPDP Kemenkeu targetkan 1.455 penerima beasiswa
http://www.antaranews.com/berita/375499/lpdp-kemenkeu-targetkan-1455-penerima-beasiswa

Minggu, 19 Mei 2013 06:41 WIB
Bandung (ANTARA News) – Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pada 2013 menargetkan 1.455 orang penerima beasiswa untuk jenjang magister dan doktor dari berbagai program studi. “Saat ini yang mendaftar sekitar 8.900-an, yang memenuhi syarat sekitar 1.900-an, target kami memberangkatkan sekitar 1.500,” ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Ki Agus Badaruddin dalam pemaparan di Bandung, Sabtu. LPDP merupakan Badan Layanan Umum (BLU) di Kemenkeu yang bertugas mengelola dana abadi pendidikan serta menyalurkan hasil pengembangannya dalam bentuk berbagai program pendidikan. Lembaga yang terbentuk pada 2012 ini memiliki program layanan beasiswa, pendanaan riset dan dana cadangan untuk rehabilitasi fasilitas pendidikan serta pengelolaan dana pengembangan pendidikan nasional (investasi).”Kami ingin LPDP ini membentuk atau menghasilkan pemimpin. Syaratnya pemimpin ini punya pendidikan yang baik yaitu S2 dan S3. Kesempatan ini akan diberikan kepada seluruh anak bangsa,” ujarnya.

…dst

10 ) ITS Buka Program Studi Manajemen Bisnis
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/110583/its-buka-program-studi-manajemen-bisnis

19 Mei 2013 11:04:26
Surabaya (Antara Jatim) – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yang selama ini dikenal sebagai perguruan tinggi bidang teknik dan sains, telah membuka program studi manajemen bisnis di bawah naungan Jurusan Teknik Industri. “Prodi Manajemen Bisnis untuk mencetak pengusaha tangguh di bidang teknologi dan sains, itu diluncurkan dalam penandatanganan ‘MoU’ (Memorandum of Understanding) antara ITS dan Himpunan Pengusaha (Hipa) ITS di Gedung Rektorat, Sabtu (18/5),” kata Ketua Prodi Manajemen Bisnis ITS, Imam Baihaqi ST MSc PhD di Surabaya, Minggu. Ia menjelaskan Prodi Manajemen Bisnis yang berbiaya terjangkau itu telah melangsungkan kegiatan akademik sejak dua tahun lalu, dan telah mengantongi izin pendirian dari Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud pada akhir tahun 2012. “Karena itu, Prodi Menajemen Bisnis telah masuk dalam daftar SMBPTN (Seleksi Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri) 2013 dan SMITS (Seleksi Masuk ITS) 2013,” paparnya.

…dst

11 ) Unair Terima 22 Mahasiswa Papua lewat ADIK
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/110588/unair-terima-22-mahasiswa-papua-lewat-adik

19 Mei 2013 12:07:23
Surabaya (Antara Jatim) – Universitas Airlangga (Unair) Surabaya menerima 22 mahasiswa baru asal Papua dan Papua Barat lewat program “Afirmasi Dikti (ADIK)” untuk Papua dan Papua Barat. “Tahun lalu, Unair menerima 15 mahasiswa Papua dan Papua Barat, namun 12 mahasiswa yang mendaftar ulang,” kata Ketua Pusat Informasi dan Humas Unair Dr MG Bagus Ani Putra di Surabaya, Minggu. Tahun ini, Unair meningkatkan jumlah “ADIK” mahasiswa Papua dan Papua Barat menjadi 22 mahasiswa yakni 16 mahasiswa Saintek (sains dan teknik) dan enam mahasiswa Soshum (sosial dan hukum).”Untuk Prodi Saintek itu dibuka untuk semua prodi dengan masing-masing satu mahasiswa yakni Pendidikan Dokter Gigi, Farmasi, Kedokteran Hewan, Matematika, Biologi, Fisika, dan Kimia,” paparnya.Selain itu, Prodi Kesehatan Masyarakat, Ilmu Keperawatan, Budidaya Perairan, Pendidikan Kebidanan, Teknobiomedik, Ilmu dan Teknologi Lingkungan, Sistem Informasi, dan Statistik.”Tahun lalu, Unair hanya menerima 10 mahasiswa Saintek dan lima mahasiswa Soshum yakni lima mahasiswa Prodi Pendidikan Kedokteran, lima mahasiswa Prodi Statistik, dan lima mahasiswa Prodi Akuntasi,” tuturnya.

…dst

12 ) 4 Mahasiswa Rela Jelajah Gua Demi Teliti Plankton
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/18/373/809116/4-mahasiswa-rela-jelajah-gua-demi-teliti-plankton

Minggu, 19 Mei 2013 10:26 wib
JAKARTA – Demi menguak keanekaragaman hayati yang ada di Gua Jlamprong, Gunung Kidul, empat mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), rela merangkak dan memanjat dinding Gua Karst tersebut. Mereka adalah Isma Dwi Kurniawan, Jarot Dwi Handoko, Hutami Putri, dan Heny Rahmawati. Keempat mahasiswa ini, melakukan penelitian tentang Komunitas Zooplankton di Gua Jlamprong, Kecamatan Semanu, Gunung Kidul, Yogyakarta. Ketua tim, Isma menyatakan, Gua Karst merupakan ekosistem yang unik dan belum banyak diteliti. Padahal ekosistem tersebut menyimpan potensi keanekaragaman hayati yang sangat tinggi.Dia menyebut, struktur komunitas plankton di dalam ekosistem gua di kawasan Karst, Kabupaten Gunung Kidul, sampai saat ini belum banyak diteliti dan masih minim informasi tentang organisme tersebut. Padahal plankton memiliki peran yang sangat penting di dalam perairan gua.

…dst

13 ) Ingin Lomba Paduan Suara di Hongkong, Mahasiswi UNS Minta Dibantu Jokowi
http://news.detik.com/read/2013/05/19/000111/2249772/10/ingin-lomba-paduan-suara-di-hongkong-mahasiswi-uns-minta-dibantu-jokowi

Minggu, 19/05/2013 00:01 WIB
Jakarta – Akhir pekan ini Gubernur DKI Jakarta Jokowi mengunjungi kampung halamannya, Solo, Jawa Tengah. Jokowi juga mengajak wartawan berkeliling wisata pasar malam di Ngarsopuro, dalam kesempatan itu Jokowi sempat ‘ditodong’ oleh Mahasiswi Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS). Perisitiwa itu terjadi usai menikmati pagelaran ketoprak tentang sosialisasi Pilgub Jateng 2013, Sabtu (19/5/2013). Tak lama, Jokowi pun dihampiri mahasiswa asal UNS, bernama Theresa. Rupanya Theresa ingin menyerahkan proposal permohonan bantuan dari kelompok paduan suaranya yang bernama Voca Erudita. Grup paduan suara Theresa cs rencananya ingin mengikuti kontes paduan suara ke Hongkong. “Kita mau nyerahin proposal kompetisi paduan suara, terus kita mau ke Hongkong, kompetisi internasional. Jadi kita minta bantuan Pak Jokowi,” ucap Theresa sambil menyerahkan dokumen kepada Jokowi. Jokowi pun kemudian menerima proposal tersebut. Tidak banyak janji yang diberikan Jokowi, dia akan mempelajari proposal itu terlebih dahulu. “Ya, mana proposalnya. Nanti ya,” kata Jokowi.

…dst

14 ) Kemenristek uji teknologi baterai mobil listrik
http://www.antaranews.com/berita/375457/kemenristek-uji-teknologi-baterai-mobil-listrik

Sabtu, 18 Mei 2013 21:44 WIB
Manado (ANTARA News) – Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) terus menguji teknologi baterai mobil listrik pengganti bahan bakar fosil. “Satu teknologi yaitu baterai yang terus dipelajari. Yang ada saat ini baterainya besar sehingga repot. Kita ingin yang semakin kecil dengan daya yang lebih banyak,” kata Menristek Gusti Muhammad Hatta, di Manado, Sabtu. Dia mengatakan, ada tiga teknologi yang sudah dikuasai berkaitan dengan perakitan mobil listrik di negeri ini yaitu bersentuhan dengan modifikasi badan, elektronika serta struktur mobil. “Sekarang sudah diproduksi di Jawa Timur oleh perusahan swasta. Mobil listrik ini diproduksi dalam beberapa jenis seperti bus ataupun sedan,” kata menteri. Dia mengatakan, permintaan terhadap mobil listrik ini semakin banyak, bahkan dalam waktu dekat ini kementerian akan menyerahkan kepada Pemerintah Kota Jogjakarta kendaraan bus yang akan dimanfaatkan untuk angkutan umum.

…dst