1 ) Harapan Baru untuk Terapi Diabetes Tipe 2
http://www.kopertis12.or.id/wp-content/uploads/2013/05/Harapan-Baru-untuk-Terapi-Diabetes-Tipe-2-KOMPAS.htm

22 Mei 2013 Oleh IRWAN JULIANTO
Satu demi satu misteri penyebab diabetes melitus tipe 2 mulai terungkap. Para peneliti Harvard School of Public Health (HSPH) baru saja memublikasikan temuan mereka bahwa ada satu jenis protein atau hormon khusus yang ditemukan dalam sel-sel lemak yang terbukti membantu mengatur bagaimana gula darah dikendalikan dan dimetabolisasi untuk energi di dalam hati. Ini dikatakan akan membuka salah satu jalan bagi pengobatan diabetes tipe 2 yang menjangkiti ratusan juta penduduk dunia. Diabetes tipe ini tidak bergantung pada insulin dan terjadi pada orang-orang dewasa (adult onset), berbeda dengan diabetes tipe 1 yang bergantung pada insulin dan terjadi sejak bayi. Diabetes tipe 2 dapat didefinisikan sebagai suatu kelainan metabolik yang ditandai dengan tingginya kadar glukosa darah akibat terjadinya kekurangan dan resistansi insulin. Kemampuan sel-sel beta pankreas berkurang bahkan rusak sehingga pasien mulai mengalami diabetes, dengan gejala-gejala seperti banyak makan (polifagia), banyak minum (polidipsia), dan banyak kencing (poliuria).

…dst

2 ) Peneliti Unair Kembangkan Cara Mudah Deteksi Malaria
http://sains.kompas.com/read/2013/05/20/16105333/Peneliti.Unair.Kembangkan.Cara.Mudah.Deteksi.Malaria

Senin, 20 Mei 2013 | 16:10 WIB
SURABAYA, KOMPAS.com — Peneliti dari Institut Penyakit Tropis, Universitas Airlangga, Indah S. Tantular, mengembangkan teknik deteksi malaria yang cepat, mudah, dan murah. Teknik deteksi ini didasarkan pada pengamatan ada tidaknya parasit malaria dalam darah manusia. Ditemui dalam Press Tour dan Media Gathering bersama Kementerian Riset dan Teknologi, Kamis (16/5/2013), Indah mengungkapkan bahwa teknik deteksi malaria yang dikembangkannya hanya memanfaatkan mikroskop cahaya dan cairan acridine orange. Untuk mendukung teknik deteksi, mikroskop cahaya binokuler sedikit dimodifikasi. Sumber cahaya diganti dengan lampu halogen. Sementara itu, ditambahkan filter khusus untuk menyeleksi panjang gelombang dari lampu halogen sesuai yang diinginkan. Untuk mendeteksi malaria dengan teknik ini, caranya sangat mudah. Indah bahkan menyebutkan, orang yang tak ahli pun bisa melakukannya. Parasit malaria dapat ditandai dengan mudah lewat observasi mikroskop.

…dst

3 ) AUDIT ITJEN KEMDIKBUD
Keluhan terhadap EO Mulai Bermunculan
http://cetak.kompas.com/read/2013/05/22/02312743/keluhan.terhadap.eo.mulai.bermunculan

Jakarta, Kompas – Setelah Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melakukan audit terhadap dugaan korupsi di Direktorat Jenderal Kebudayaan, berbagai keluhan bermunculan terkait event organizer pemenang tender. Dalam pelaksanaannya, pengadaan barang yang disediakan EO sering kali tidak sesuai konsep dan pembayarannya pun seret. Dalam Festival Tari Nusantara di Lombok 2012, koreografer Elly Luthan sempat bersitegang dengan EO yang mendapatkan tender untuk menangani kegiatan tersebut. Menurut Elly, Selasa (21/5), EO tidak menyediakan lighting dan sound system sesuai konsep yang dia ajukan. “Kami tidak terima uang dari EO. Kami hanya mengajukan kebutuhan sesuai konsep yang diajukan. Tapi ada yang tidak dipenuhi,” kata Elly. Festival Tari Nusantara dibuka Mendikbud Muhammad Nuh dan diikuti 100 penari tradisi dari 15 provinsi. Kurnia Effendi, Ketua Pelaksana Pertemuan Pengarang Indonesia (PPI) yang diadakan di Makassar November 2012, mengatakan, panitia masih memiliki tagihan yang belum dibayar EO sebesar Rp 81 juta untuk dokumentasi, sebagian tiket pesawat, publikasi, situs web, hingga honor panitia. Dalam Invitasi Teater Federasi Teater Indonesia (Inter FTI), seluruh pekerjaan persiapan festival hingga pelaksanaan dikerjakan seniman teater FTI. “EO datang untuk melihat-lihat dan memotret,” kata Bambang Suprihadi, Ketua Inter FTI. Wakil Mendikbud Wiendu Nuryanti mengatakan, tidak tahu-menahu kegiatan EO karena panitia lelang ada di setiap direktorat.(IND)

***

4 ) Dugaan Pelanggaran Wamendikbud Wiendu Nuryanti masih Sulit Diklarifikasi
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/05/22/3/155558/Dugaan-Pelanggaran-Wamendikbud-Wiendu-Nuryanti-masih-Sulit-Diklarifikasi

Rabu, 22 Mei 2013 | 05:14 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Terkait kasus dugaan penyimpangan di Ditjen Kebudayaan Kemendikbud, Inspektur Jenderal (Irjen) tidak dapat serta merta melapor ke KPK. Pasalnya secara organisasi posisi Irjen bertanggungjawab kepada Mendikbud. “Ya, posisi Irjen tidak dapat serta merta melaporkan hasil investigasi ke pihak luar seperti KPK karena kedudukannya sebagai pejabat eselon satu bertanggung jawab ke menteri. Jadi harus ke menteri dulu yang mengambil alih tanggungjawab berbagai rekomendasi Irjen,” kata Inspektur III Itjen Kemendikbud, Maralus Panggabean, kepada Media Indonesia di kantor Kemendikbud, Selasa (21/5). Ia menegaskan itu, terkait desakan sejumlah pihak agar melaporkan hasil temuan dugaan penyimpangan pelaksanaan kegiatan di Ditjen Kebudayaan ke KPK. Maralus mengakui, adanya berbagai intervensi pihak internal dan eksternal menyangkut kegiatan-kegiatan program di lingkungan Kemendikbud. Namun begitu, sikap Irjen Haryono Umar tidak kompromi dan tidak toleransi.”Pak Irjen tidak ada kompromi dan toleransi, istilah beliau zero toleran, tidak ditimbang hitam putih. Sikap ini untuk penegakan integritas Kemendikbud yang selama ini banyak dipertanyakan masyarakat seperti kasus UN dan juga yang terbaru kasus di Ditjen Kebudayaan,” tandasnya.

…dst

5 ) UGM juarai lomba debat ilmiah 2013
http://nasional.sindonews.com/read/2013/05/22/15/751794/ugm-juarai-lomba-debat-ilmiah-2013

Rabu, 22 Mei 2013 ? 18:18 WIB
Sindonews.com – Tim debat Fakultas Hukum (FH) Universitas Gajah Mada (UGM), berhasil meraih juara I dalam Lomba Debat Ilmiah Tingkat Nasional 2013. Kegiatan diselenggarakan oleh Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), di Jakarta 6-7 Mei lalu. Dalam lomba yang mengangkat tema “Pembalikan Beban Pembuktian dalam Penegakan Hukum Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU)” ini, diikuti 24 perguruan tinggi di Indonesia. Selanjutnya, dari keseluruhan tim yang mengirimkan makalah dipilih enam perguruan tinggi yang dinyatakan lolos penilaian makalah, untuk maju debat di Jakarta. Selain UGM, enam perguruan tinggi yang terpilih adalah Universitas Jenderal Sudirman, Universitas Jember, Universitas Hasanuddin, Universitas Sriwijaya, dan Universitas Sumatera Utara. Tim UGM terdiri dari Rahmat Dwi Putranto, Danang Dermawan dan Katrin Yogi Iswari. Tim ini didampingi oleh Suryana Yogaswara dan Herman Abdurrahman sebagai pelatih, serta Eka Nanda Rivizki sebagai tim riset. “Dalam lomba debat kemarin tim UGM berkedudukan sebagai tim proponent terhadap Pembalikan Beban Pembuktian dalam Penegakan Hukum Tindak Pidana Pencucian Uang,” kata Suryana di FH UGM, Yogyakarta, Rabu (21/5/2013).

…dst

6 ) Mahasiswa PPNS Ciptakan Kapal Otomatis Pendeteksi Limbah
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/110782/mahasiswa-ppns-ciptakan-kapal-otomatis-pendeteksi-limbah

22 Mei 2013 09:46:03| Pendidikan/Pesantren | Penulis : Edy M Yakub
Mahasiswa PPNS Ciptakan Kapal Otomatis Pendeteksi Limbah
Surabaya (Antara Jatim) – Mahasiswa Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) Syamsiar Kautsar menciptakan kapal katamaran yang dapat bekerja secara otomatis sebagai pendeteksi limbah industri. “Selama ini, pihak Badan Pengendali Lingkungan harus masuk ke aliran sungai berlimbah dan juga seringkali ketahuan pemilik industri pencemar,” katanya kepada Antara di Surabaya, Rabu. Oleh karena itu, mahasiswa semester 8 PPNS itu pun mengembangkan tugas akhir dari dosen untuk pertukaran data jarak jauh antara komputer/laptop ke mikrokontroler. “Saya mengembangkan tugas akhir itu menjadi aplikatif dengan membuat program Delphi 6.02 dalam komputer/laptop yang ‘connect’ dengan kapal katamaran bio-waste,” katanya. Mahasiswa Program Studi Otomasi pada Jurusan Teknik Kelistrikan PPNS itu menjelaskan program dalam laptop itu dapat mengendalikan dan menerima data dari kapal katamaran bio-waste dalam jarak 300 meter. “Dengan begitu, kapal itu dapat bekerja secara otomatis untuk mengambil sampel air sungai yang diduga mengandung limbah berbahaya, lalu air sampel itu diteliti di laboratorium,” katanya.

…dst

7 ) Empat Mahasiswa Wakili Indonesia Dalam Ajang ‘Hitachi Your Leaders Initiative’
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/05/22/mn6zpg-empat-mahasiswa-wakili-indonesia-dalam-ajang-hitachi-your-leaders-initiative

Rabu, 22 Mei 2013, 16:00 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Empat mahasiswa mewakili Indonesia dalam ajang pemuda tingkat ASEAN Hitachi Your Leaders Initiative (HYLI) 1-5 Juli 2013 mendatang. Pada ajang yang diselenggarakan di Bangkok, Thailand tersebut, Yosaka Eka Putranta (ITB), Putranegara Riauwindu (ITB), Anbar Jayadi (UI), dan Rhesa Theodorus Hanani (Universitas Katolik Atma Jaya) akan bekerja sama merumuskan gagasan-gagasan tentang permasalahan ekonomi dan infrastruktur sosial yang terjadi di kawasan ASEAN. Tidak hanya merumuskan gagasan, pada ajang HYLI ke-12 ini para mahasiswa yang telah terpilih melalui proses seleksi ketat oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Kementrian Pendidikan Budaya (Kemdikbud) akan berdialog dengan 28 mahasiswa dari enam negara ASEAN lainnya seperti Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Jepang. Managing Director Hitachi Asia Ltd Yukio Toyoshima mengatakan pada ajang HYLI ke 12 akan menghadirkan beberapa pemangku kepentingan yang berpengaruh di tingkat regional ASEAN yang berasal dari pemerintah, swasta, maupun akademik.

…dst

8 ) Tim UNY masuk final di ITS expo
http://nasional.sindonews.com/read/2013/05/21/15/751432/tim-uny-masuk-final-di-its-expo

Selasa, 21 Mei 2013 ? 20:53 WIB
Sindonews.com – Tim dari Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) yang terdiri Ahmad Syaiful Hidayat, Weni Lestari, Rizki Oktaviani, masuk Grand Final Sayembara kreativitas menulis untuk bangsa Indonesia Amfibi ITS expo 2013. Mahasiswa Pendidikan Geografi FIS UNY tersebut bersaing dengan para finalis lainnya yang berasal dari universitas ternama di Indonesia seperti Universitas Airlangga (Unair), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Surabaya (ITS), Universitas Indonesia (UI), Universitas Hasanuddin (Unhas), Universitas Brawijaya (Unbraw), Universitas Negeri Surakarta (UNS) dan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (Pens). “Sayembara kreativitas menulis untuk bangsa Indonesia Amfibi ITS expo 2013 merupakan bagian dari serangkaian kegiatan dari ITS expo yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (BEM ITS). Kegiatan lainnya antara lain, IT Contest, Robot in Action, LKTI, Bussiness Plan, Recycle Art, Fotografi SMA, Musical Competition, Paduan Suara, Dance Competition, dan lain sebagainya,” ujar Dekan FIS UNY Ajat Sudrajat kepada wartawan, di Yogyakarta, Selasa (21/5/2013).

…dst

9 ) Dana penelitian dosen UNY 2012 capai Rp7,71 M
http://nasional.sindonews.com/read/2013/05/21/15/751402/dana-penelitian-dosen-uny-2012-capai-rp7-71-m

Selasa, 21 Mei 2013 ? 18:49 WIB
Sindonews.com – Dana penelitian bagi dosen Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) selama 2012 telah memfasilitasi sebanyak 1.044 dosen dan melibatkan 284 mahasiswa. Dana yang telah dikeluarkan untuk penelitian mencapai Rp7,71 miliar. Rektor UNY Rochmat Wahab dalam pidato dies natalis ke-49 di UNY, Selasa (21/5/2013) mengatakan, dana tersebut dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) setempat. Dana sebanyak itu diperoleh dari internal fakultas di UNY sebesar Rp2,465 miliar, internal lembaga Rp1,24miliar dan dana dari luar UNY sebesar Rp4,002 miliar. “Pemerolehan dana penelitian dari luar relatif cukup besar. Ini menandakan bahwa pada dosen UNY potensial dapat bersaing dengan dosen lain dalam memperoleh hibah penelitian. Untuk mahasiswa yang terlibat tidak terlalu banyak. Kedepan, diharapkan lebih banyak sehingga ada transformasi yang baik dalam bidang penelitian,” katanya. Pada 2012 tersebut kata Rochmat, UNY telah mengusulkan pendaftaran paten hasil penelitian sebanyak satu judul. Ini menurun dibandingkan 2008 yang telah meraih 19 paten. Untuk 2013 sendiri, penelitian dosen di UNY diharapkan meningkat dari 2012.

…dst

10 ) Manajemen Bisnis ITS Bawa Pengusaha ke Ruang Kuliah
http://edukasi.kompas.com/read/2013/05/22/11303175/Manajemen.Bisnis.ITS.Bawa.Pengusaha.ke.Ruang.Kuliah

Rabu, 22 Mei 2013 | 11:30 WIB
SURABAYA, KOMPAS.com – Program Studi Manajemen Bisnis Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menggandeng para pengusaha dalam Himpunan Pengusaha (Hipa) ITS melalui penandatanganan nota kesepahaman di Gedung Rektorat, akhir pekan lalu. Melalui kerja sama ini, jurusan yang berada di bawah naungan Jurusan Teknik Industri ini diharapkan bisa mencetak pengusaha tangguh di bidang teknologi dan sains. Imam menjelaskan program studi ini telah melangsungkan kegiatan akademik sejak dua tahun lalu, dan telah mengantongi izin pendirian dari Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemdikbud pada akhir tahun 2012. Pada tahun ini, program studi Menajemen Bisnis juga masuk dalam daftar Seleksi Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri (SMBPTN) 2013 dan Seleksi Masuk ITS (SMITS) 2013. Untuk biaya kuliah, Imam menjamin besaran yang terjangkau dibandingkan dengan program pendidikan serupa di perguruan tinggi lain. “Prodi baru itu diharapkan dapat mencetak lulusan yang berkompetensi sebagai entrepreneur, entrepreneur manager, dan social enterprises,” kata Ketua Prodi Manajemen Bisnis ITS, Imam Baihaqi di Surabaya.

…dst

11 ) Mahasiswa Afirmasi Dikti Universitas Brawijaya Bertambah
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/110781/mahasiswa-afirmasi-dikti-universitas-brawijaya-bertambah

22 Mei 2013 09:04:56
Malang (Antara Jatim) – Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur, tahun ini menerima mahasiswa baru melalui program Afirmasi Pendidikan Tinggi (Adik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dari lintas pulau. “Tahun lalu mahasiswa afirmasi Pendidikan Tinggi (Dikti) yang kita terima hanya 73 mahasiswa dan khusus dari Papua serta Papua Barat, tapi tahun ini berasal dari lintas pulau, mulai dari daratan Sumatera hingga Papua,” kata Pembantu Rektor (PR) I Universitas Brawijaya (UB) Malang Prof Bambang Suharto, Rabu.Menurut dia, jumlah mahasiswa dari program afirmasi (penetapan) di UB tahun ini bertambah dibanding tahun lalu. Tahun lalu 73 mahasiswa dan tahun ini sekitar 100 mahasiswa.Ia mengemukakan, program studi (prodi) yang diambil para mahasiswa program afirmasi tersebut sebagian besar adalah prodi Pertanian dan Ilmu Sosial.Menyinggung kemampuan dan hasil studi para mahasiswa afirmasi yang mulai masuk tahun lalu, Bambang mengakui jika sebenarnya masih belum layak. Oleh karena itu Bambang mengusulkan adanya matrikulasi bagi siswa SMA di kawasan terluar dan tertinggal yang akan mengikuti program afirmasi di perguruan tinggi.

…dst

12 ) Beasiswa GM untuk Mahasiswa Bone Bolango
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/05/22/mn766s-beasiswa-gm-untuk-mahasiswa-bone-bolango

Rabu, 22 Mei 2013, 18:20 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,GORONTALO–PT Gorontalo Mineral (GM), perusahaan bergerak bidang pertambangan di Provinsi Gorontalo, menyalurkan beasiswa untuk mahasiswa di Kabupaten Bone Bolango.Manajer External PT Gorontalo Mineral Didik Hatmoko, Rabu, mengatakan, bantuan sebesar Rp150 juta ini, merupakan hasil kerja sama ITB-Seamolec dan PT Gorontalo Mineral melalui program “corporate social responsibility” (CSR). Bantuan beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa Kabupaten Bone Bolango tersebut, ditujukan untuk pembiayaan pendidikan program Diploma Satu (D1) Survei dan Pemetaan di Institut Teknologi Bandung (ITB). Didik berharap bantuan beasiswa melalui program CSR tersebut, PT Gorontalo Mineral bisa memberi manfaat bagi mahasiswa yang berasal dari Kabupaten Bone Bolango. Meskipun proses yang dilakukan masih dalam tahapan penelitian eksplorasi, namun semua pemangku kepentingan dan Gorontalo Mineral diupayakan bisa merasakan bersama hasil dari pertambangan di Kabupaten Bone Bolango.

…dst

13 ) UBH Padang tuan rumah ISMIL ke-17
http://www.antaranews.com/berita/376112/ubh-padang-tuan-rumah-ismil-ke-17

Rabu, 22 Mei 2013 18:53 WIB |
Jakarta (ANTARA News) – Universitas Bung Hatta Padang (UBH), Sumatera Barat akan menjadi tuan ruamh penyelenggaraan International Symposium on Malay/Indonesian Linguistics (ISMIL) yang ke-17. Rencananya, simposium yang akan membahas eksistensi Bahasa Melayu akan dihadiri oleh 50 peserta dari 17 perguruan tinggi yang berasal dari berbagai negara seperti IndonesIa, Malayasia, Jerman, Amerika, Jepang, Denmark dan Australia. Simposium itu akan digelar 6–10 Juni 2013.”Dalam simposium ini akan dipresentasikan makalah hasil kajian bahasa yang bersifat mikro dan makro dalam hubungan masyarakat, pendidikan variasi bahasa dan budaya Melayu/Indonesia. Selain membahas bahasa standar Melayu/Indonesia akan juga mengkaji ilmu linguistik dan ilmu yang berhubungan dengan linguistik,” kata Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Bung Hatta( FIB-UBH ), Puspawati, di Padang, Rabu.

…dst

14 ) UMS Dirikan Pusat Studi Rekayasa Struktur
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/22/373/810996/ums-dirikan-pusat-studi-rekayasa-struktur

Rabu, 22 Mei 2013 17:02 wib
SOLO – Program studi (prodi) Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mendirikan Pusat Studi Rekayasa Struktur sebagai wadah penelitian, konsultasi, pelatihan, dan pengabdian kepada masyarakat terkait dalam bidang teknik sipil. “Pusat studi ini didirikan untuk mengikuti perkembangan teknik sipil ke depan yang semakin hari semakin cepat. Terutama juga untuk mewadai penelitian bagi dosen,” kata Ketua Prodi Teknik Sipil, Suhendro Trinugroho kepada wartawan, di Kampus UMS, Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (22/5/2013). Suhendro menyebut, para dosen di prodi Teknik Sipil UMS memang banyak yang meneliti untuk keperluan jurnal dan seminar nasional maupun internasional. Sementara wadahnya, terutama dalam hal penelitian bagi dosen belum ada sehingga alternatif yang diambil adalah mendirikan pusat studi.

…dst

15 ) Kuota Mahasiswa Asing di UNS Lima Persen
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/05/22/mn6s7o-kuota-mahasiswa-asing-di-uns-lima-persen

Rabu, 22 Mei 2013, 13:19 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,SOLO–Universitas Sebelas Maret Surakarta memberikan kuota lima persen untuk mahasiswa asing untuk belajar di universitas ini, kata Kepala International Office UNS Muhammad Taufiq Al-Makmun. Mahasiswa asing yang belajar di UNS masih relatif sedikit, tercatat sebanyak 191 mahasiswa, yang berasal dari 29 negara, katanya kepada wartawan di Solo, Rabu. “Karena itu UNS Surakarta menyediakan kuota sebesar lima persen bagi mahasiswa asing dari total mahasiswa yang ada,” katanya. Ia mengatakan, jumlah total mahasiswa UNS sekarang ini sudah mencapai 35.000 orang. Bila dibanding total mahasiswa UNS memang masih sedikit dibanding kuota yang telah ditentukan. Dikatakannya penerimaan mahasiswa asing di UNS dilakukan sejak 1984 melalui program Darma Siswa. Namun beberapa tahun belakangan ini mengalami peningkatan. Untuk 2013 melalui program pertukaran pelajar berjumlah 10 orang dan 40 orang lainnya datang dari Libya secara mandiri.

…dst

16 ) UAD Kirim Alumni Mengajar di Sekolah Thailand
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/05/22/mn6pig-uad-kirim-alumni-mengajar-di-sekolah-thailand

Rabu, 22 Mei 2013, 12:20 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta mengirimkan para alumninya untuk mengajar di sekolah-sekolah di Thailand Selatan. Untuk gelombang pertama, UAD mengirimkan sembilan alumninya ke beberapa sekolah di Thailand tersebut. Sembilan alumni UAD tersebut dilepas untuk berangkat ke negara itu, Rabu (22/5). Kesembilan alumni UAD tersebut adalah Fitri Nurul Hikayat, Dwi Puji Lestari, Atika Rahmi Nainggolan, Islakhul Fatayati, Nindyah Pratiwi, Anis Asriati, Fitri Nuryani, Islahuddin, dan Somanudin. Para alumni UAD ini akan dikirim ke beberapa sekolah Thailand antara lain, Songserm Sasana Vittaya Foundation School, Islam Suksa School, Jariyatham School, dan Tayawittaya School. “Mereka akan mengajar dari jenjang Sekolah Dasar (SD) hingga Menengah,” ujar Wakil Rektor III UAD, Abdul Fadhil. Menurutnya, mereka akan mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris di sekolah-sekolah Thailand tersebut. Diakuinya, permintaan sekolah di Thailand Selatan terhadap alumni UAD sangat tinggi.

…dst

17 ) Korban Plagiat Dosen Unpad Lapor Polisi
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/22

Rabu, 22 Mei 2013 14:33 wib
BANDUNG – Korban plagiat sang dosen, Helen Ryanita Nainggolan akhinya secara resmi melaporkan dua oknum dosen Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, LA dan IM kepada pihak kepolisian. Kuasa hukum sekaligus suami Helen, Agus Sihombing mengatakan, laporan telah dibuat di Polda Jabar pada Minggu 19 Mei lalu dengan No LP: LPB/440/V/2013/Jabar. Dalam laporannya, baik LA dan IM sama-sama dilaporkan atas dugaan melanggar Pasal 12 UU No 19 tahun 2002 tentang Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) dalam hal ini adalah karya ilmiah. “Sedangkan untuk IM kami juga melaporkannya dengan pasal KUHP 335 mengenai perbuatan tidak menyenangkan karena telah mengancam anak istri saya dan 362 mengenai pencurian,” beber Agus kepada wartawan, Rabu (22/5/2013). Menurut Agus, IM diduga telah melakukan pencurian terhadap soft copy tesis milik Helen.  “Waktu itu, kata orang tata usaha (TU), CD soft copynya hilang. Beberapa hari kemudian bilang telah ada sudah dikopi dua kali. Satu untuk dokumen di TU dan satu lagi oleh IM. Nah, berarti IM telah memiliki secara tidak sah CD itu. Itu sama saja mencuri,” jelasnya.

…dst

18 ) 134 peserta dari berbagai negara ikut ajang ISPRO
http://nasional.sindonews.com/read/2013/05/22/15/751669/134-peserta-dari-berbagai-negara-ikut-ajang-ispro

Rabu, 22 Mei 2013 ? 14:54 WIB
Sindonews.com – Sebanyak 134 peserta dari berbagai penjuru dunia ikut dalam ajang 1st International Science Project Olympiad (ISPRO) yang digerlar di Balairung Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat sejak 20-24 Mei 2013. Kompetisi ini diikuti peserta dari 22 negara yang melombakan tiga bidang ilmu yaitu fisika, kimia dan biologi.
Indonesia mengirim 15 tim yaitu empat tim untuk kategori fisika, enam tim untuk kategori biologi dan empat tim untuk kategori kimia. Ajang bergengsi ini merupakan kerjasama Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Asosiasi Solidaritas Sosial untuk Negara-negara Pasifik (PASIAD). “Ini yang pertama kalinya diselenggarakan. Tujuannya untuk menstimulasi pola pikir ilmiah para siswa. Disini mereka mempresentasikan hasil dari ide mereka,” kata Kordinator ISPRO 2013 Diding Sopandi di UI, Rabu (22/05/2013). Ajang ini diikuti sejumlah Negara antara lain Myanmar, Malaysia, Filipinam Thailadn. Serta sejumlah Negara Eropa dan pecahan Rusia seperti Bosnia, Moldova dan Makedonia. “Pesertanya setara sekolah menengah atas (SMA). Ada 76 project yang ditampilkan peserta,” ungkapnya.

…dst

19 ) Kelulusan Diumumkan di Internet dan SMS
http://www.jpnn.com/read/2013/05/22/173150/Kelulusan-Diumumkan-di-Internet-dan-SMS-

Rabu, 22 Mei 2013 , 09:51:00
PADANG–Ujian nasional (UN) telah usai. Pada 25 Mei nanti, siswa SMA/MA/SMK yang lulus akan diumumkan. Perayaan kelulusan sekolah sering diwarnai dengan coret-ceret baju, bahkan konvoi berkendaraan dan ugal-ugalan. Untuk mengantisipasi dampak negatif seperti itu, Dinas Pendidikan Padang bakal mengumumkan hasil ujian nasional (UN) dengan lewat internet (web sekolah) dan SMS. Menurut Kepala Dinas Pendidikan Padang Indang Dewata, pihaknya bekerja sama dengan operator telekomunikasi XL dalam pengumuman lewat SMS. “Jadi, dalam perencanaanya siswa, orang tua, atau keluarga bisa mengirim SMS ke operator ini untuk megetahui kelulusan. Setelah dikirim, beberapa saat operator akan membalas SMS tersebut yang menyatakan lulus atau tidak,” ungkap Indang Dewata didampingi Kepala Unit Pelaksana Teknis P2dapodik dan TI Disdik Padang, Syuhadi, Selasa (21/5). Indang menjelaskan, balasan yang diterima siswa adalah peserta dengan nomor ujian tersebut lulus atau tidak. Jadi, kalau lulus balasan tersebut tertulis lulus, kalau tidak tertulis tidak lulus. Untuk SMS pertama yang dikirimkan ke oprator akan digratiskan. Selanjutnya, SMS berikutnya akan diberlakukan tarif pembayaran sesuai ketentuan. SMS pertama ini gratis karena akan digunakan oleh siswa sendiri. Setelah itu, akan diberlakukan tariff pembayaran. “Siswa atau orangtua cukup memasukkan nomor ujian siswa dan dikirim ke operator tersebut. Untuk nor operator masih dalam pembicaraan antara operator dan Disdik Padang,” ulasnya.

…dst

20) Indonesia miliki cadangan uranium 70.000 ton
http://www.antaranews.com/berita/375792/indonesia-miliki-cadangan-uranium-70000-ton

Senin, 20 Mei 2013 21:30 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) memperkirakan terdapat cadangan 70 ribu ton Uranium dan 117 ribu ton Thorium yang tersebar di sejumlah lokasi di Indonesia, yang bisa bermanfaat sebagai energi alternatif di masa depan.”Untuk Uranium potensinya dari berbagai kategori, ada yang dengan kategori terukur, tereka, teridentifikasi dan kategori hipotesis, sedangkan Thorium baru kategori hipotesis belum sampai terukur,” kata Direktur Pusat Pengembangan Geologi Nuklir Batan Agus Sumaryanto di sela peluncuran Peta Radiasi dan Radioaktivitas Lingkungan di Jakarta, senin.Sebagian besar cadangan Uranium kebanyakan berada di Kalimantan Barat, sebagian lagi ada di Papua, Bangka Belitung dan Sulawesi Barat, sedangkan Thorium kebanyakan di Babel dan sebagian di Kalbar.Kajian terakhir dilakukan di Mamuju, Sulbar, dimana deteksi pendahuluan menyebut kadar Uranium di lokasi tersebut berkisar antara 100-1.500 ppm (part per milion) dan Thorium antara 400-1.800 ppm.

…dst

21 ) Seribu Ilmu dari Koin Seribu
http://edukasi.kompas.com/read/2013/05/22/07594931/Seribu.Ilmu.dari.Koin.Seribu

Rabu, 22 Mei 2013 | 07:59 WIB
Didorong kesadaran akan pentingnya penyebaran akses internet demi pemerataan pendidikan di Indonesia, PT. Telekomunikasi Indonesia, TBK (Telkom) yang selalu berkomitmen memajukan pendidikan Indonesia meluncurkan IndiSchool sejak awal tahun ini. IndiSchool atau Indonesia Digital School adalah sebuah program berupa akses internet murah yang diberikan kepada para siswa Indonesia di manapun berada. Melalui IndiSchool, Telkom akan membangun jaringan internet pita lebar (broadband) untuk 100 ribu sekolah di Indonesia. Dengan program ini, sekolah akan mendapatkan akses wifi sehingga para murid dan guru dapat berselancar di dunia maya secara nirkabel. Setiap sekolah peserta program IndiSchool akan memperoleh akses internet sampai dengan 10 Mbps. Layanan internet tersebut dapat digunakan untuk mengakses berbagai konten edukasi, seperti Portal Rumah Belajar yang dikelola oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, maupun aplikasi manajemen sekolah (SIAP Online) yang disediakan oleh Telkom.

…dst

22 ) Dirut Semen Indonesia Tularkan Motivasi kepada Siswa
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/110735/dirut-semen-indonesia-tularkan-motivasi-kepada-siswa

21 Mei 2013 16:36:42
Dirut Semen Indonesia Tularkan Motivasi kepada Siswa
Surabaya (Antara Jatim) – Direktur Utama PT Semen Indonesia Tbk (Persero) Dwi Soetjipto mengunjungi almamaternya SMA Negeri 8 Surabaya, Selasa, untuk berbagi pengalaman sekaligus menularkan motivasi kesuksesan kepada para siswa di sekolah tersebut.Kedatangan orang nomor satu di perusahaan semen nasional terbesar di Indonesia tersebut dalam rangka program “Gerakan BUMN Mengajar” yang dicanangkan Kementerian BUMN untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional. Semestinya program tersebut dilaksanakan serentak oleh direksi BUMN pada hari Senin (20/5), tetapi Ir. Dwi Soetjipto baru bisa merealisasikan pada hari ini karena sehari sebelumnya masih ada tugas perusahaan yang tidak bisa ditinggalkan. “Rasanya senang dan bangga bisa kembali mengunjungi sekolah yang menjadi tempat saya menyelesaikan pendidikan SMA. Saya lulus dari SMA Negeri 8 Surabaya pada tahun 1975 atau 38 tahun silam,” kata Dwi Soetjipto mengawali paparannya di depan ratusan siswa dan guru SMAN 8. Ia kemudian bercerita mengenai perjuangannya menyelesaikan pendidikan mulai sekolah dasar hingga perguruan tinggi, kemudian melanjutkan karier di industri semen dengan menjadi karyawan PT Semen Padang pada tahun 1981. Sebelum menempati posisi puncak di perusahaan “holding” yang baru dibentuk, yakni PT Semen Indonesia Tbk, Dwi Soetjipto lebih dahulu menjabat sebagai Dirut PT Semen Padang dan PT Semen Gresik. “Dulu semasa sekolah, saya juga ‘nyambi’ kerja jualan koran, roti, dan es lilin untuk mencari tambahan uang saku dan bayar sekolah. Semua itu yang kemudian membentuk karakter saya menjadi seorang pekerja keras hingga mencapai sukses seperti sekarang,” ujarnya.

…dst

23 ) Intip Rahasia Pendidikan Selandia Baru Tekan Korupsi
http://edukasi.kompas.com/read/2013/05/22/1658372/Intip.Rahasia.Pendidikan.Selandia.Baru.Tekan.Korupsi

Rabu, 22 Mei 2013 | 16:58 WIB
KOMPAS.com — Saat ini, setiap negara berperang melawan praktik korupsi. Pasalnya, penyakit ini berdampak masif bagi eksistensi sebuah bangsa ke depannya. Selandia Baru juga berusaha. Yuk, intip rahasia yang mereka terapkan. Ketua delegasi misi dagang Selandia Baru, Izak Human, berbagi rahasia bahwa salah satu aspek yang sangat berperan menekan praktik korupsi adalah sistem pendidikan di negara penghasil kiwi tersebut. Negara kepulauan di tenggara Australia ini memang berada pada peringkat pertama Indeks Persepsi Korupsi 2012 menurut Transparency International. “Ya, pendidikan memang salah satu aspek yang berperan dalam menekan angka korupsi di Selandia Baru, meskipun selain itu kami juga memiliki beberapa aspek lain,” kata Izak, yang juga Direktur Education New Zealand (ENZ) untuk Wilayah Asia Tenggara di Jakarta, Selasa. Menurut Izak, selain pendidikan, ada beberapa aspek lain dalam kehidupan bernegara di Selandia Baru yang menunjang pencegahan praktik korupsi. “Kami juga menjunjung tinggi sikap menghormati hukum selain juga menerapkan transparansi hukum serta pengadilan yang imparsial,” ujarnya.

…dst

24 ) Dipukuli Saat Meliput Demo, Wartawan Sindo TV Polisikan Mahasiswa Trisakti
http://news.detik.com/read/2013/05/22/205326/2253456/10/dipukuli-saat-meliput-demo-wartawan-sindo-tv-polisikan-mahasiswa-trisakti?n991102605

Rabu, 22/05/2013 20:53 WIB
Jakarta – Kekerasan terhadap jurnalis kembali terjadi. Seorang peliput berita dari Sindo TV, Sukron dipukul oleh sejumlah mahasiswa Trisakti yang melakukan aksi di depan Istana Negara. Aksi kekerasan ini dilaporkan ke Polda Metro Jaya. Sukron tiba di Mapolda Metro Jaya sekitar pukul 18.00 WIB didampingi manager news gathering Sindo TV, Boy Ikrar Cakra Ningrat dan sejumlah teman seprofesinya. Isa, rekan Sukron dari salah satu media televisi mengungkapkan, peristiwa pemukulan terjadi ketika demo mahasiswa Trisakti berlangsung. Demo kemudian memanas hingga terjadi aksi dorong dari massa. “Sebelum itu, di barisan mahasiswa ada cekcok mulut antar mahasiswa, lalu melebar sampai belakang, lalu kita ambil gambar,” kata Isa yang saat itu juga meliput di lokasi kejadian.Lalu tiba-tiba sejumlah mahasiswa berteriak lantang, melarang para jurnalis untuk mengambil gambar saat mereka tengah cekcok. Namun, para jurnalis tetap mengambil gambar tersebut, mengingat hal itu berlangsung di area publik dan menjadi kebebasan pers.

…dst

25 ) Kilas balik reformasi 1998
Jejak berdarah rezim militerisme Orde Baru
http://nasional.sindonews.com/read/2013/05/22/15/751867/jejak-berdarah-rezim-militerisme-orde-baru

Rabu, 22 Mei 2013 ? 21:03 WIB
PROFESOR Benedict Anderson, guru besar emeritus pada Cornell University di Ithaca, Amerika Serikat, yang dikenal dengan penulis Cornell Paper atau Makalah Cornell pernah berucap, rezim militerisme Orde Baru dibangun atas tumpukan mayat orang komunis di Indonesia, pada 1965-1966. Pada periode awal pembunuhan itu, jumlah korban tewas mencapai sekira 1 juta orang, dengan perincian 800.000 korban di Jawa, dan 100.000 korban di Bali dan Sumatera. Namun ada juga yang mengatakan jumlahnya mencapai 2 juta orang. Merujuk pada jumlah korban, ungkapan itu dirasa tidak berlebihan. Bahkan, gelombang pembantaian massal terhadap orang komunis dan yang dikomuniskan masih terjadi pada periode awal berdirinya Orba, tahun 1967-1968. Peristiwa itu dikenal dengan pembunuhan massal di Purwodadi. Korban tewas dalam peristiwa ini mencapai sekira 100.000 orang lebih. Pembunuhan dilakukan oleh Kodim Purwodadi atas perintah Kodam Diponegoro, dengan sandi Operasi Kikis I pada periode 4 Juli–Desember 1967, dan Kikis II pada periode 27 Juni–7 Juli 1968. Dalam dua gelombang operasi itu, ribuan orang ditangkap dan disekap dibeberapa kamp penahanan yang tersebar di wilayah kabupaten Grobogan.

…dst