1 ) Presiden Ucapkan Selamat Hari Raya Waisak 2013
http://setkab.go.id/berita-8788-presiden-ucapkan-selamat-hari-raya-waisak-2013.html

Sabtu, 25 Mei 2013 – 16:08 WIB Oleh : Desk Informasi
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Waisak 2013 kepada seluruh umat Buddha di tanah air. Melalui akun twitternya SBYudhoyono, Sabtu (25/5), Presiden SBY secara langsung menulis : “Selamat Hari Raya Waisak. Mari kita terus berbuat kebajikan sbg landasan moral menuju kehidupan berbangsa yg sejahtera. *SBY*” Peringatan Hari Raya Tri Suci Waisak 2013 itu sendiri secara nasional dirayakan umat Buddha Indonesia di Candi Mendut dan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (25/5). Detik-detik meditasi Waisak dilakukan di Candi Mendut pada pada 11.24.39 WIB. Prosesi perayaan Waisak dilanjutkan ke Candi Borobudur dengan berjalan kaki dari Candi Mendut mulai pukul 13.00 WIB. Dan pada pukul 19.00 nanti, umat Budha direncanakan akan mengikuti seremonial di panggung utama, yang dilanjutkan Pradaksina dan pelepasan lampion. Menteri Agama Suryadarma Ali dijadwalkan hadir dalam perayaan waisak ini. Kepala Taman Wisata Candi Borobudur, Bambang Irianto, mengatakan seperti tahun-tahun sebelumnya, Candi Borobudur tetap terbuka untuk umum, dan diperkirakan akan menerima sekitar 25.000 tamu hingga 17.15 WIB.

…dst

2 ) Mahasiswa Buddhis Kampanye Peduli Borobudur
http://regional.kompas.com/read/2013/05/25/10352450/Mahasiswa.Buddhis.Kampanye.Peduli.Borobudur

Sabtu, 25 Mei 2013 | 10:35 WIB
MAGELANG, KOMPAS.com – Para mahasiswa buddhis melakukan kampanye peningkatan kesadaran masyarakat, terhadap pentingnya menjaga kelestarian Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, pada puncak Waisak 2557 BE atau 2013, Sabtu (25/5/2013). Mereka yang berjumlah puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia (Hikmahbudhi) itu, membagikan brosur “Kampanye Selamatkan Borobudur untuk Peradaban” kepada umat Buddha dan masyarakat di pintu masuk Candi Mendut. Sekitar 1.000 lembar brosur kampanye peduli Borobudur disiapkan mereka, untuk dibagikan kepada siapa saja yang hadir di Candi Mendut. Selain itu, mereka membentangkan banner aksi itu di tempat tersebut yang menjadi pusat meditasi umat saat detik-detik Waisak 2013, sekitar pukul 11.00 WIB.

…dst

3 ) Sambut Waisak Mahasiswa UGM dan Godod Gelar Pameran di Magelang
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/05/24/3/156434/-Sambut-Waisak-Mahasiswa-UGM-dan-Godod-Gelar-Pameran-di-Magelang

Jum’at, 24 Mei 2013 | 17:46 WIB
Metrotvnews.com, Yogyakarta: Dalam rangka menyambut Hari Raya Waisak, tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Universitas Gadjah Mada Yogyakarta menggelar pameran bertajuk Rupa Waisak Dharma Gama di Hotel Pondok Tingal, Borobudur. Perupa Yogyakarta, Godod Sutejo, Jumat (24/5), di studionya Suryodiningratan Yogyakarta, mengatakan pameran itu akan berlangsung hingga 11 Juni mendatang. “Pameran ini sekaligus menjadi usaha penggalangan dana tim KKN PPM Universitas Gadjah Mada ke Kaimana, Papua Barat,” ujar Godod. Pada pameran ini menampilkan 56 karya pilihan dari 41 perupa tanah air yang berasal dari Yogyakarta, Solo, dan Pati.

…dst

4 ) ITB: Kerusakan Lingkungan di Kepulauan Seribu Makin Parah
http://www.republika.co.id/berita/nasional/jabodetabek-nasional/13/05/25/mncp6u-itb-kerusakan-lingkungan-di-kepulauan-seribu-makin-parah

Saturday, 25 May 2013, 17:59 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA–Tim Ekspedisi Fortuga, sebuah ekspedisi yang dilakukan alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 1973 menemukan kerusakan lingkungan yang makin parah di wilayah Kepulauan Seribu. “Pulau Pari, misalnya, kondisi lingkungan dan biota laut, termasuk terumbu karangnya, sudah rusak parah sehingga dikhawatirkan akan mengganggu ekosistem dan kelangsungan pulau tersebut dan juga berdampak pada kelanjutan ekosistem laut,” kata Ketua Tim Ekspedisi Fortuga ITB Iwan Hignastio di Pulau Pramuka Kepulauan Seribu, Sabtu. Timnya menemukan kerusakan itu terutama terjadi akibat abrasi, bahkan di beberapa pulau telah melampaui panjang 2 meter.Ia mengatakan bahwa kerusakan ekosistem terumbu karang, antara lain, disebabkan oleh polusi dari sampah yang dibawa sungai-sungai yang bermuara di Teluk Jakarta sehingga menyebabkan kondisi sungai tersebut tercemar. “Menyusutnya hutan bakau akibat penebangan yang tidak terkontrol sehingga menyebabkan abrasi atau pengikisan pantai karena tidak ada lagi yang menahan gelombang dan arus laut,” katanya.Ia menambahkan, akibat abrasi itu, luas pulau makin menyusut, makin banyak bagian pulau-pulau yang terendam. Padahal pihaknya memprediksikan di wilayah Kepulauan Seribu, terutama di kawasan lepas pantainya, terkandung potensi minyak hingga 2 miliar barel yang belum dieksplorasi.

…dst

5 ) Anak Petani Jadi Mahasiswa Berprestasi 2013 di UGM
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/25/373/812624/anak-petani-jadi-mahasiswa-berprestasi-2013-di-ugm

Sabtu, 25 Mei 2013 16:40 wib
JAKARTA – Mahasiswi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran sekaligus penerima beasiswa Bidikmisi angkatan 2010, Birrul Qodriyyah, berhasil terpilih sebagai mahasiswa berpestasi Universitas Gadjah Mada (UGM) 2013. Mahasiswa asal Jetis, Bantul, Yogyakarta ini terpilih untuk mewakili UGM dalam kompetisi pemilihan mahasiswa beprestasi tingkat nasional Agustus Mendatang. Birrul, demikian dia akrab disapa, berhasil menyisihkan 22 mahasiswa berprestasi lainnya melalui seleksi Supercamp yang diadakan komunitas Mahasiswa Berprestasi (Kommapres) UGM dan Direktorat Kemahasiswaan UGM pada tanggal 19-21 April 2013 silam. Keterpilihan Birrul menjadi mahasiswa berprestasi UGM tentunya tidak hanya didukung prestasi akademik yang mencolok hingga semester 6 ia memiliki IPK 3,74. Lebih dari itu, putri sulung dari pasangan Jawahir dan Siti Mujahadah Sholikhah ini memiliki prestasi di luar akademik. Setidaknya terhitung sejak tiga tahun kuliah ia pernah juara di 27 event perlombaan dalam berbagai kategori mulai dari lomba pidato, karya tulis, Musabaqoh Syarhil Qur’an, Musabaqoh Tilawah Qur’an hingga lomba baca puisi.

…dst

6 ) Penyidikan Dugaan Korupsi UI Tinggal Tunggu Persoalan Administrasi
http://news.detik.com/read/2013/05/25/112025/2255685/10/penyidikan-dugaan-korupsi-ui-tinggal-tunggu-persoalan-administrasi?n991103605

Sabtu, 25/05/2013 11:20 WIB
Jakarta – KPK akan segera menaikkan tahapan perkara dugaan korupsi pengadaan IT di perpustakaan UI ke tahap penyidikan. Tersangka baru akan ditetapkan. “Soal itu (UI), tinggal menunggu administrasi,” kata Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas di Sukabumi, Sabtu (25/4/2013). Terkait kasus tersebut, pimpinan KPK lainnya, Bambang Widjojanto mengatakan, pimpinan sudah mendapatkan laporan dari penyelidik mengenai progres kasus tersebut. “Sama laporan kejadian. Sudah ditandatangani,” kata Bambang di kantornya, Jumat (10/5/2013). Dalam waktu dekat penyelidikan akan dinaikkan ke tahap penyidikan. Di tahap ini KPK sudah mengantongi bukti yang cukup untuk menetapkan tersangka. “Dalam waktu dekat mungkin sprindiknya setelah itu semua lengkap,” kata Bambang. Berdasarkan informasi yang beredar, KPK menemukan adanya keterlibatan unsur penyelenggara negara dalam kasus ini. Pimpinan universitas dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) memenuhi unsur penyelenggara negara. Mantan Rektor UI, Gumilar Rusliwa Somantri menyatakan dirinya sebagai rektor harus berani mengambil keputusan saat proyek IT tersebut dijalankan.

…dst

7 ) Tersangka Dugaan Korupsi UI Tinggal Tunggu Sprindik
http://nasional.kompas.com/read/2013/05/25/08305964/Tersangka.Dugaan.Korupsi.UI.Tinggal.Tunggu.Sprindik

Sabtu, 25 Mei 2013 | 08:30 WIB
SUKABUMI, KOMPAS.com – Komisi Pemberantasan Korupsi telah menemukan indikasi tindak pidana korupsi dalam proses pengadaan teknologi informasi perpustakaan pusat Universitas Indonesia. Pimpinan KPK tinggal meneken surat perintah penyidikan (sprindik) yang menetapkan secara resmi tersangka kasus tersebut. “Sedang kita matangkan, sekali lagi ekspos,” kata Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas di sela-sela lokakarya media di Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (25/5/2013) malam. Dia mengatakan, ada dugaan penggelembungan harga atau mark up dalam pengadaan proyek IT senilai Rp 20 miliar tersebut. Diduga, ada keterlibatan pimpinan UI dalam penyimpangan proyek itu. Informasi dari KPK juga menyebutkan, bukan hanya proyek pengadaan teknologi informasi perpustakaan UI yang tengah diusut. KPK menerima laporan mengenai pengadaan proyek lain di UI, yang kini masih ditelaah oleh bagian pengaduan masyarakat (dumas) KPK.

…dst

8 ) Di Beijing, Dahlan Iskan Banjiri Applause dari Ribuan Mahasiswa
Kaget Fasih Berbahasa Mandarin
http://www.jpnn.com/read/2013/05/25/173742/Di-Beijing,-Dahlan-Iskan-Banjiri-Applause-dari-Ribuan-Mahasiswa-#

Sabtu, 25 Mei 2013 , 16:21:00
BEIJING – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mendapat Applause (tepuk tangan-red) meriah dari ribuan mahasiswa dalam seminar On Sustainable Development and Indonesia Cultural Night di Peking University Beijing.Puluhan ribu mahasiswa itu seolah tak menyangka bahwa Dahlan bisa fasih berbahasa mandarin walaupun tak begitu lama. Dahlan kemudian menjelaskan bahwa di usia 53 tahun dirinya sempat belajar bahasa mandarin dan ketika dirinya menjalani operasi di rumah sakit di Tiongkok. “Tepatnya belajar di kota Kecil Nanjcang, saya juga pernah belajar bahasa mandarin di kota Beijing, dengan waktu 3 tahun saat berobat sakit. Tapi jika dikumpulkan hanya efektif 3 bulan saja,” ujar Dahlan saat menjadi pembicara di acara itu, Sabtu (25/5). Berbeda dengan dirinya yang hanya mempunyai waktu sedikit untuk belajar bahasa mandarin, Dahlan menyemanggati ribuan mahasiswa yang hadir dalam seminar itu agar terus semangat menimba ilmu. “Anda di sini masih muda-muda, pergunakan kesempatan belajar dengan sebaik-baiknya. Karena bahasa mandarin sudah menjadi bahasa dunia,” jelasnya.

…dst

9 ) Semaraknya Internasional Day 2013 di Binus Internasional
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/25/373/812519/semaraknya-internasional-day-2013-di-binus-internasional

Sabtu, 25 Mei 2013 14:13 wib
JAKARTA – International Relations bekerjasama dengan Student Committee dan Student & Alumni Relations-Binus International menggelar acara International Day 2013. Sesuai dengan visi untuk menjadi world-class university in continuous pursuit of innovation and enterprise, Binus International senantiasa memberikan pengalaman internasional bagi para mahasiswanya. Lingkungan dan pengalaman internasional ini diberikan melalui kegiatan baik melalui kurikulum, pengajaran, pertukaran pelajar, dosen tamu, maupun seminar internasional. Selain itu, mahasiswa dari beragam latar belakang suku bangsa menjadi nilai tambah pengalaman internasional di Binus International.Seperti terungkap dalam keterangan tertulisnya kepada Okezone, Sabtu (25/5/2013), kehadiran mahasiswa dari beragam latar belakang suku bangsa juga menjadi nilai tambah pengalaman internasional di Binus International. Selain itu, para mahasiswa juga dapat mengikuti pertukaran pelajar ke universitas partner di luar negeri maupun belajar bersama dengan mahasiswa asing lainnya yang datang ke Binus International.

…dst

10 ) Mahasiswa FEUI Dirikan Pusat Studi BUMN
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/25/373/812514/mahasiswa-feui-dirikan-pusat-studi-bumn

Sabtu, 25 Mei 2013 13:23 wib
JAKARTA – Sejumlah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI) mendirikan Center of Studies for BUMN (CeoS for BUMN) sebagai pusat kajian untuk mendalami kinerja Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Menteri BUMN RI Dahlan Iskan meresmikan pusat studi untuk BUMN pada di Auditorium FEUI, Kampus Depok yang disaksikan oleh Pjs Dekan FEUI Jossy Prananta Moeis, Ph.D serta ratusan mahasiswa UI.Dalam keterangan tertulisnya kepada Okezone, Sabtu (25/5/2013), bersamaan dengan peresmian CeoS for BUMN juga dilaksanakan Seminar Nasional yang bertajuk “Enhancing BUMN’s Impact Toward Prosperous Social Welfare” dengan keynote speech Dahlan Iskan. Seminar ini juga menghadirkan sejumlah pembicara ahli, di antaranya ahli perminyakan, Kurtubi dan Mantan Kepala Badan Pelaksana Minyak dan Gas (BP Migas) R Priyono.

…dst

11 ) UNS Sisipkan Pendidikan Anti Korupsi
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/24/373/812391/uns-sisipkan-pendidikan-anti-korupsi

Sabtu, 25 Mei 2013 10:21 wib
SOLO – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyisipkan pendidikan antikorupsi pada tujuh mata kuliah umum di seluruh fakultas yang ada. Tujuannya adalah untuk membangun budaya antikorupsi di kalangan mahasiswa. “Sengaja UNS mengambil kebijakan dengan menyisipkan ke tujuh mata kuliah umum, bukan sebagai mata kuliah tersendiri. Sebab kalau mata kuliah tersendiri akan menambah beban SKS mahasiswa,” jelas Sekretaris Unit Pelaksana Teknik Mata Kuliah Umum UNS, Drs. Hassan Suryono, SH.MH.PhD kepada wartawan, di Rektorat UNS, Solo, Jawa Tengah, Jumat (24/5/2013).Saat ini, kata Hassan, beban SKS mahasiswa sudah banyak, telah mencapai 144-160 SKS. Kalau ada penambahan mata kuliah maka bisa menjadi 162 SKS. Karena itu, disisipkan pad tujuh mata kuliah umum, yaitu Pendidikan Kewarganegaraan, Pancasila, Agama, Bahasa Indonesia, Ilmu Kealaman Dasar, Ilmu Sosial Budaya Dasar dan kewirausahaan.

…dst

12 ) FP UNS Kembali Buka Ilmu Tanah
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/24/373/812390/fp-uns-kembali-buka-ilmu-tanah

Sabtu, 25 Mei 2013 08:37 wib
SOLO – Keberadaan ahli ilmu tanah untuk mengelola sumber daya lahan sangat diperlukan, maka Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta telah membuka lagi program studi (prodi) Ilmu Tanah. “Sebetulnya program studi Ilmu Tanah di Fakultas Pertanian UNS sudah berdiri sejak tahun 1984, namun pada 2008 hingga 2013 digabung dengan Prodi Agronomi menjadi Prodi Agroteknologi,” jelas Dekan Fakultas Pertanian UNS, Prof Dr. Ir. Bambang Pujiasmanto, MS kepada wartawan, di Kampus UNS, Solo, Jawa Tengah, Jumat (24/5/2013). Bambang mengatakan, mulai tahun akademi 2013/2014 ini Prodi Ilmu Tanah mulai dibuka lagi. Hal ini tidak lepas dari stakeholder atau pengguna ilmu tanah yang menginginkan spesifik ilmu tanah. Terutama Kementerian Pertanian dan Badan Pertanahan yang sangat membutuhkan ilmu pertanahan.

…dst

13 ) Pendirian S-3 ISIP UNS Terkendala SDM
http://m.koran-sindo.com/node/316527

24 Mei 2013
SOLO – Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo berencana menambah program studi Strata Tiga (S-3) Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (ISIP). Namun, pendirian prodi tersebut belum bisa diwujudkan karena terkendala sumber daya manusia (SDM). Anggota Tim Pendirian S-3 Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNS RB Sumanto menjelaskan, pengajuan pendirian program studi (prodi) tersebut masih dalam proses di Kemendikbud. “Baru proses, kemungkinan ada pengunduran waktu (pendirian prodi) karena menunggu moratorium. Kami sudah ajukan S-3 Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sejak dua tahun lalu ke Dikti,” ujar Sumanto belum lama ini. Syarat pengajuan tersebut tidak mudah, seperti pemenuhan dosen lulusan doktor minimal tujuh orang dan dosen yang sudah termasuk guru besar minimal tiga orang. Sementara itu, Rektor UNS Ravik Karsidi menambahkan, kekurangan SDM itubukanmenjadimasalahbesar. Menurutnya, yang terpenting adalah satu dosen memiliki jam mengajar yang terbatas dan bisa digunakan bila masih ada sisa jam.

…dst

14 ) Berkolaborasi, UMS Ciptakan Bor Tanah
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/24/372/812392/berkolaborasi-ums-ciptakan-bor-tanah

Sabtu, 25 Mei 2013 09:25 wib
SOLO – Kolaborasi program studi (prodi) Teknik Sipil dengan mahasiswa prodi Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berhasil menciptakan alat bor tanah yang bisa menembus kedalaman mencapai 75 meter dari permukaan tanah.”Alat bor tanah memang saya pencetus idenya. Tetapi proses pembuatannya dibantu oleh teman-teman dari prodi Teknik Sipil dan Teknik Mesin UMS,” ungkap Koordinator Pembuatan Alat Bor Budi Setyawan yang juga Kepala Laboratorium Prodi Teknik Sipil UMS, di Kampus UMS Pabelan, Surakarta, Jawa Tengah. Alat bor tanah yang diciptakan, menurut Budi, sebetulnya diciptakan untuk keperluan penunjang praktikum untuk pengebor tanah. Namun dalam proses selanjutnya ternyata bisa berfungsi sebagai pengambil sampel tanah.

…dst

15 ) Unas Perluas Kerjasama dengan Amerika dan China
http://edukasi.kompas.com/read/2013/05/25/1540315/Unas.Perluas.Kerjasama.dengan.Amerika.dan.China

Sabtu, 25 Mei 2013 | 15:40 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Universitas Nasional (Unas) memperluas kerjasama dengan perguruan tinggi luar negeri, di antaranya Amerika Serikat dan China. Perguruan tinggi tersebut adalah Rutgers University di Amerika Serikat dan Yunnan University of Finance and Economics di China. Penandatangan nota kesepahaman dengan Yunnan University dilakukan oleh Rektor Universitas Nasional, El Amry Bermawi Putera dengan Rektor Yunnan University of Finance and Economics, Xiong Shuxin, dalam acara China Yunnan -Indonesia Economic Cooperation and China – South Asia Expo Promotion Seminar, yang digelar di Hotel Shangrilla, April lalu. Penandatanganan tersebut disaksikan oleh Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono, Menteri Perikanan dan Kelautan Sharif C. Sutarjo, Ketua Umum DPD Irman Gusman, Duta Besar RI untuk China Imron Cotan, Duta Besar China untuk Indonesia, dan Gubernur Provinsi Yunnan – China, Li Jiheng.

…dst

16 ) Rp 500 miliar untuk pelatihan guru kurikulum baru
http://www.antaranews.com/berita/376592/rp500-miliar-untuk-pelatihan-guru-kurikulum-baru

Sabtu, 25 Mei 2013 16:35 WIB |
Padang (ANTARA News) – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menganggarkan Rp500 miliar untuk pelatihan guru terkait penerapan kurikulum baru yang akan diberlakukan bertahap dalam tahun ini. Dari total yang disetujui DPR RI Rp829 miliar, Rp500 miliar di antaranya untuk pelatihan guru dan selebihnya untuk mencetak buku-buku yang akan didistribusikan ke 6.325 sekolah di 295 kabupaten dan kota, kata Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim di Padang, Sumatera Barat, Sabtu. Seusai menjadi pembicara pada seminar nasional pendidikan matematika yang digelar mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Bung Hatta (UBH) Padang, Musliar Kasim mengatakan,”Dari evaluasi terakhir didengar dari pak Menteri, panitia kerja di Komisi X sudah menyetujui nilai sebesar itu. Tinggal rapat kerja pada awal pekan depan, mudah-mudah berjalan lancar.” Program pelatihan dengan anggaran miliaran rupiah itu dimaksudkan untuk mempersiapkan agar Kurikulum 2013 dapat diterapkan dengan mudah.

…dst

17 ) Sekolah bisa daftar ikuti pelatihan kurikulum baru
http://www.antaranews.com/berita/376609/sekolah-bisa-daftar-ikuti-pelatihan-kurikulum-baru

Sabtu, 25 Mei 2013 19:42 WIB
Surabaya (ANTARA News) – Sekolah yang tidak ditunjuk untuk mengikuti pelatihan Kurikulum 2013 tetap bisa mengikuti pelatihan bagi guru itu dengan mendaftar ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. “Bedanya, kalau ditunjuk akan mendapatkan pelatihan dan buku gratis, sedangkan kalau mendaftar akan mendapatkan pelatihan gratis, tapi bukunya mem-photo copy sendiri,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh dalam seminar dan workshop yang diselenggarakan Yayasan Al Falah di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu. Di hadapan ratusan guru dalam seminar dan workshop bertajuk “Persiapan Menyongsong Implementasi Kurikulum 2013” itu, Menteri yang juga Ketua Dewan Pembina Yayasan Al Falah Surabaya itu mengatakan penerapan Kurikulum 2013 itu dilakukan bertahap dalam tiga tahun. “Jadi, semua sekolah akan menerapkan Kurikulum 2013 dalam tiga tahun kedepan, karena pelatihan guru untuk tahap pertama akan dilakukan bagi guru kelas I dan IV SD, guru kelas VII SMP, dan guru kelas X SMA. Tahun berikutnya untuk kelas II dan V SD, kelas VIII SMP, dan kelas XI SMP, lalu tahun ketiga untuk guru kelas III dan VI, kelas IX SMP dan kelas XII SMA,” katanya.

…dst

18 ) Dapat Medali Emas Berkat Limbah Tempe
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1362

05/25/2013
Jakarta–Siapa yang menyangka jika dari memanfaatkan limbah tempe dapat mengantarkan dua pelajar SMA Negeri 3 Semarang, Allice Fajri Chynthia Sari dan Primananda Rahmalida meraih medali emas di ajang internasional? Kedua pelajar tersebut berhasil mengubah limbah tempe dan gulma menjadi pupuk organik yang bersifat ramah lingkungan, karena tidak menimbulkan residu. Penelitian yang memakan waktu hampir enam bulan tersebut, mereka bawa dalam 1st International Science Project Olympiad (ISPrO) yang digelar di Jakarta pada 19-24 Mei 2013. Penelitian itu mereka beri judul “The Utilization of Industrial Tempe Liquid Waste and Mimosa pudica (touch-me-not) as Raw Materials for Manufacturing Liquid Organic Fertilizer”. Allice mengaku cukup terkejut ketika namanya dipanggil sebagai salah satu penerima medali emas di ajang yang mempertemukan para peneliti muda dari 22 negara tersebut. “Kami sebenarnya memang memasang target mendapat medali emas, namun, saat nama kami disebutkan, kami cukup kaget, ternyata beneran bisa dapat medali emas,” ujar gadis berkacamata ini saat ditemui usai acara penutupan ISPrO, Jumat (24/5) di Plaza Insan Berprestasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Jakarta.

…dst

19 ) WamenPAN: Gaji Kecil, Banyak Lulusan Universitas Terbaik Tak Mau Jadi PNS
http://ekoprasojo.com/2013/05/20/wamenpan-gaji-kecil-banyak-lulusan-universitas-terbaik-tak-mau-jadi-pns/

On 20 May, 2013 by admin
Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (WamenPAN) Eko Prasojo menyesalkan lulusan terbaik universitas di Indonesia sangat sedikit minat mengabdi sebagai pegawai negeri sipil (PNS). Ia meminta penyetaraan gaji dengan swasta khusus PNS berprestasi. “Kita juga ingin mengajak sarjana dari perguruan tinggi terbaik untuk masuk ke kita,” ungkapnya usai seminar dengan topik membangun birokrat yang berkualitas melalui perubahan di Kantor BPKP, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Kamis (16/5/2013). Salah satu tawaran yang akan diberikan adalah terkait gaji. Harusnya, menurut Eko ada penyetaraan gaji dan tunjangan antara PNS dan pekerja swasta. Sehingga ada ketertarikan untuk menjadi PNS. “Jadi sama-sama lulusan ekonomi 0 tahun, Ia kurang lebih punya pendapatan yang sama untuk tingkat jabatan itu,” ujarnya. Pasalnya, Eko menilai banyak PNS hanya berfikir gaji yang diberikan tidak sesuai dengan kinerjanya. Sehingga, hasil yang didapat tidak sesuai dengan yang diharapkan. “Karena banyak yang berfikir gajinya kecil, masa harus kerja begitu . Jadi sekarang kita gabungkan sebagai konsep performance best . Jadi gaji disesuaikan dengan kinerja yang dicapai,” jelas Eko.

…dst

20 ) Ini Beda PNS di China dengan Indonesia
http://ekoprasojo.com/2013/05/20/ini-beda-pns-di-china-dengan-indonesia/

On 20 May, 2013 by admin
Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (WamenPAN) Eko Prasojo menyatakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di China seluruhnya dijabat oleh orang-orang terbaiknya. Dengan kata lain dari total jumlah penduduknya, 1% dipilih orang terbaik untuk duduk di kursi pemerintahan. “Birokrat di China itu adalah 1% seluruhnya orang-orang terbaik dari China,” ungkap Eko usai seminar dengan topik `Membangun Birokrat yang Berkualitas Melalui Perubahan’ di Kantor BPKP, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Kamis (16/5/2013). Ia mengatakan, sebagai negara dengan perekonomian hanya maju, China memasang orang terbaik untuk menjaga birokrasi. Harusnya, menurut Eko, Indonesia melakukan hal yang serupa, mengingat tahun 2030 Indonesia akan menjadi negara nomor 7 di dunia. Sampai saat ini yang duduk sebagai birokrat di Indonesia bisa siapa saja.

…dst

21 ) Passing Grade Tetap Diberlakukan dalam Rekrutmen CPNS 2013
http://www.menpan.go.id/berita-terkini/1262-passing-grade-tetap-diberlakukan-dalm-rekrutmen-cpns-2013

Dibuat pada 18 Mei 2013
JAKARTA – Aparatur negara seyogyanya memiliki power culture sebagai bentuk dedikasinya menjadi abdi negara. Persoalan integritas ini akan diketatkan pada rekrutmen CPNS TA 2013. Asisten Deputi Kesejahteraan SDM Aparatur Salman mengatakan, perlu adanya perbaikan pada sistem seleksi untuk mendapatkan SDM Aparatur yang berkualitas.
“Perekrutan ditujukan untuk memilih sarjana terbaik dari universitas terbaik,” ujarnya saat menghadiri rapat koordinasi kebijakan bidang SDM Aparatur di Medan (15/05). “Kualitas SDM menentukan maju tidaknya suatu bangsa,” tambahnya. Rencana pengangkatan CPNS TA 2013 ini selain memiliki power culture, juga harus memenuhi syarat passing grade. Yaitu nilai minimal kelulusan yang akan diberlakukan lagi. “Sejak merdeka kita tidak pernah memakai sistem passing grade lagi. Sekarang kalau butuh 20 pegawai tapi yang lulus hanya lima, maka hanya lima saja yang diambil,” ujar Eko Prasojo di lain kesempatan, dalam menanggapi persoalan SDM.

…dst

22 ) Melaluii CAT, BKN Wujudkan Seleksi CPNS yang Bersih
http://www.bkn.go.id/in/berita/2381-melaluii-cat-bkn-wujudkan-seleksi-cpns-yang-bersih.html

Jumat, 24 Mei 2013 17:00
Jakarta-Humas BKN, Melalui pemanfaatan Computer Assisted Test (CAT), Badan Kepegawaian Negara (BKN) berusaha mewujudkan seleksi CPNS yang bersih, transparan, dan akuntabel. Dengan menggunakan CAT, tiap peserta tes bisa mengetahui skor/hasil yang diperolehnya segera setelah pelaksanaan tes usai. Hal ini ditegaskan oleh Wakil Kepala BKN Bima Haria Wibisana kepada wartawan Tempo Group Aris Darmawan dan Purwanta Budi Sulistya yang melakukan wawancara di ruang kerjanya di BKN Pusat Jakarta, Jumat (24/5). Ikut hadir dalam wawancara ini Kepala Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen PNS Aris Windiyanto.

…dst

23 ) SKP Tak Tercapai, PNS Siap-siap Terima Sanksi
http://www.menpan.go.id/berita-terkini/1242-skp-tak-tercapai-pns-siap-siap-terima-sanksi

Dibuat pada 13 Mei 2013
JAKARTA – Setiap PNS wajib menyusun Sasaran Kerja Pegawai (SKP) berdasarkan rencana kerja tahunan, dan wajib hukumnya untuk dapat mencapai. Setiap akhir tahun akan ketahuan, sampai di mana capaian kinerjanya. Jangan lagi berpikir bahwa atasannya akan memaklumi dan memaafkan, kalau capaian kinerjanya selama setahun jeblok. Pasalnya, SKP yang ditandatangani setiap awal tahun telah disepakati oleh pegawai bersangkutan dan pimpinannya. Dengan akan diberlakukannya PP No. 46/2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja PNS mulai tahun 2014, yang perlu dilakukan oleh PNS adalah menyiapkan diri, dan membiasakan diri untuk menilai dirinya sendiri secara jujur. PNS harus membiasakan diri bekerja di bawah target, dan dengan jadwal yang ketat, kalau tak ingin nilainya merah.

…dst

24 ) Tak Ada SKP, Tunjangan Kinerja Batal
http://www.menpan.go.id/berita-terkini/1244-tak-ada-skp-tunjangan-kinerja-batal

Dibuat pada 14 Mei 2013
JAKARTA – Kementerian/Lembaga (K/L) yang melaksanakan reformasi birokrasi dan telah menerima tunjangan kinerja (TK) tidak bisa berleha-leha. Pegawai harus memiliki kinerja yang terukur, melalui penerapan sasaran kinerja pegawai (SKP) sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 46 Tahun 2011. “Tunjangan kinerja bagi pegawai kementerian/lembaga bisa kita batalkan, kalau tidak memiliki SKP,” ujar Wakil Menteri PANRB Eko Prasojo di Jakarta, Selasa (14/05). Wamen PANRB mengungkapkan, saat ini sebanyak 59 K/L sudah masuk dalam pipeline reformasi birokrasi. Dari jumlah itu, 23 diantaranya sedang diproses pemberian tunjangan kinerjanya, 56 K/L sudah melaporkan PMPRB, 33 Provinsi, 32 Ibukota Provinsi, 32 Kabupaten akan ditetapkan sebagai pilot project. Kalau dalam beberapa waktu belakangan sering ada pendapat yang mengatakan bahwa reformasi birokrasi belum efektif, Wamen tak menampiknya. Namun tahun 2013 ini RB memasuki tahapan RB yang sesungguhnya. “Kita akan mengukur satuan kinerja pegawai, kalau tidak terukur maka reformasi birokrasi yang dilaksanakan oleh K/L bisa dibatalkan. Jadi reformasi birokrasi jangan hanya sekadar dokumen,” tegas Eko Prasojo yang juga Ketua Unit Pelaksana Reformasi Birokrasi Nasional (UPRBN).

…dst