1 ) Selamat Hari Kelahiran Pancasila (1 Juni 1945 – 1 Juni 2013)
http://www.kopertis12.or.id/2013/06/01/memperingati-hari-kelahiran-pancasila-1-juni-1945-1-juni-2013.html

…dst

2 ) Pancasila dan Ide Persatuan oleh Sri Edi Swasono Guru Besar UI
http://www.kopertis12.or.id/2013/06/01/pancasila-dan-ide-persatuan-oleh-sri-edi-swasono-guru-besar-ui.html

Sabtu,01 Juni 2013
Moga-moga pada tanggal 1 Juni 2013 Presiden SBY bertindak sebagai advokator Pancasila dan menegaskan Pancasila sebagai Dasar Negara. Sekarang Pancasila terasa benar diabaikan. Tulisan yang menjadi cover story berjudul “Indonesia in 2045: A Centennial Journey of Progress, ditulis oleh Presiden SBY pada Agustus 2011, seharusnya monumental. Namun, tulisan itu sama sekali tidak menyebutkan Pancasila satu kali pun. Faktanya, menteri-menteri di sekitar Presiden ada yang berasal dari partai yang menolak Pancasila. Lebih nyata dari itu, Presiden SBY banyak mengangkat menteri, yang oleh kalangan nasionalis dinilai sebagai kelompok neoliberalis. Mengangkat menteri adalah hak prerogatif Presiden, tetapi hak prerogatif tentu saja harus dijunjung tinggi sebagai kemuliaan kepemimpinan bijak, yang harus digunakan dengan hati-hati. Hak prerogatif Presiden bukanlah exorbitanterecht-nya Gouverneur General Hindia-Belanda.

…dst

3 ) Kompensasi BBM Naik, Pemerintah Tambah Beasiswa
Total ada 58.000 penerima beasiswa dari masyarakat miskin.
http://nasional.news.viva.co.id/news/read/417561-kompensasi-bbm-naik–pemerintah-tambah-beasiswa

Sabtu, 1 Juni 2013, 15:48
VIVAnews – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menambah jumlah penerima beasiswa pendidikan untuk mahasiswa miskin (Bidik Misi) dalam RAPBN 2013. Sekretaris Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Patdono Suwignyo. “Sekarang ada tambahan 8.000 mahasiswa. Jadi, totalnya ada 58.000 penerima beasiwa,” kata Patdono saat ditemui di kawasan Sampoerna Strategic, Jakarta, Sabtu 1 Juni 2013. Sebelumnya, Dikti menargetkan adanya 50 ribu penerima beasiswa tersebut pada tahun ajaran 2013-2014. Angka ini berkurang dibandingkan dengan jumlah penerima beasiswa pada tahun ajaran lalu, yaitu sejumlah 80 ribu mahasiswa. Jumlah peserta beasiswa berasal dari perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS), yaitu 3.000 mahasiswa dari PTS dan 47.000 mahasiswa PTN. Dalam rancangan anggaran yang baru, akan ada penambahan penerima untuk mahasiswa PTS sebesar 2.000 orang.

…dst

4 ) Kepemimpinan Rektor Unsrat Dipersoalkan
http://cetak.kompas.com/read/2013/06/01/03520875/kepemimpinan.rektor.unsrat.dipersoalkan

Sabtu, 01 Juni 2013
Jakarta, Kompas – Kisruh kepemimpinan rektor di perguruan tinggi negeri kembali dipersoalkan, kali ini di Universitas Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara. Sejumlah dosen dan guru besar Universitas Sam Ratulangi mendesak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh meninjau kembali masa perpanjangan jabatan Rektor Universitas Sam Ratulangi Donald Rumokoy. Rektor Unsrat digugat sejumlah dosen di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Manado terkait Surat Keputusan Rektor tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Senat Unsrat. “Kepemimpinan Rektor Unsrat menimbulkan banyak masalah. Tetapi, anehnya, Mendikbud justru memperpanjang masa jabatan rektor. Hal ini membuat kondisi di Kampus Unsrat tidak kondusif,” kata Ralfi Pinasang, salah seorang dosen Unsrat, Jumat (31/5), di Jakarta. Vennetia R Danes, salah seorang guru besar Unsrat, mengatakan, Mendikbud harus meninjau ulang masa jabatan rektor. Para dosen resah karena Rektor Unsrat tidak mengusulkan sertifikasi dosen untuk dosen-dosen yang sudah golongan IV/b dan IV/c. Kepala Humas Universitas Sam Ratulangi Daniel Pangemanan mengatakan, sejumlah dosen dan guru besar yang melaporkan masalah kepemimpinan Rektor Unsrat memutarbalikkan fakta. Hingga saat ini, kondisi di Kampus Unsrat, baik di kalangan mahasiswa maupun dosen, sangat kondusif. (ELN)

***

5 ) Dekan FIB Universitas Brawijaya diberhentikan
http://www.antaranews.com/berita/377811/dekan-fib-universitas-brawijaya-diberhentikan

Sabtu, 1 Juni 2013 14:37 WIB
Malang (ANTARA News) – Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur, Prof Francien Herlen Tomasowa diberhentikan dari jabatannya karena dinilai semena-mena dalam memimpin fakultas tersebut. Rektor Universitas Brawijaya Prof Dr Yogi Sugito, Sabtu, mengatakan keputusan tersebut sesuai dengan tuntutan dari seluruh mahasiswa, dosen maupun karyawan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) yang menginginkan dekannya mundur. “Saya memang sudah janji sama keluarga besar FIB untuk mengakomodasi aspirasi mereka. Jika sekarang ada aspirasi dari seluruh civitas akademika di FIB untuk memberhentikan dekan, tentu saya akan kabulkan, dengan catatan ada alasan yang benar-benar tidak bisa ditoleransi lagi,” tegas Yogi. Selama sepekan terakhir ini, baik mahasiswa maupun dosen dan karyawan FIB secara bergelombang melakukan unjuk rasa di gedung rektorat yang meminta agar dekan fakultas tersebut mundur dari jabatannya karena dianggap semena-mena. Kesalahan terbesar Francien Herlen menurut mahasiswa, dosen maupun karyawan FIB adalah membubarkan panitia pemilihan dekan secara sepihak.

…dst

6 ) Beasiswa Dari Perusahaan Rokok Siap-Siap Melayang
http://www.jpnn.com/read/2013/06/01/174792/Beasiswa-Dari-Perusahaan-Rokok-Siap-Siap-Melayang-

Sabtu, 01 Juni 2013 , 13:06:00
JAKARTA – Mulai dibatasinya iklan, promosi dan sponsorship rokok menimbulkan ancaman bagi penerima beasiswa dari perusahaan terkait. Pembatasan tersebut akan dilakukan oleh Kementerian Kesehatan mulai tahun 2014. Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi, Jumat (31/5) menyampaikan bahwa iklan, promosi, dan sponsorship rokok akan dibatasi secara komprehensif mulai tahun 2014 mendatang. Hal itu dilakukan setelah diketahuinya dampak iklan dan promosi rokok yang sangat berpengaruh terhadap peningkatan jumlah perokok di Indonesia, terutama pada anak-anak usia remaja. Pembatasan ini juga akan berimbas pada CSR (Corporate Social Responsibility) atau tanggung jawab sosial perusahaan yang dikeluarkan oleh perusaaan rokok. Misalnya pada CSR yang berupa pemberian beasiswa bagi pelajar. Kemenkes melarang adanya bentuk promosi perusahaan rokok melalui hal tersebut.”Pokoknya dilarang menyebut merk”, ujar Tjandra Yoga Aditama Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kemenkes usai menghadiri acara peringatan hari tanpa tembakau sedunia di Gedung Kemenkes Jum”at siang. Menurut Tjandra, pemberian beasiswa atau CSR bentuk lain oleh perusahaan rokok tidak akan dilarang oleh Kemenkes. Permenkes No.28 tahun 2013 hanya akan mengatur mengenai pembatasan iklan, promosi, dan sponsorship oleh perusahaan rokok.

…dst

7 ) Astaga, RI Peringkat ke 64 untuk Pendidikan
http://kampus.okezone.com/read/2013/06/01/373/816065/astaga-ri-peringkat-ke-64-untuk-pendidikan

Sabtu, 01 Juni 2013 14:33 wib
JAKARTA – Menurut Education For All Global Monitoring Report 2012 yang dikeluarkan oleh UNESCO setiap tahunnya, pendidikan Indonesia berada di peringkat ke-64 untuk pendidikan di seluruh dunia dari 120 negara. Data Education Development Index (EDI) Indonesia, pada 2011 Indonesia berada di peringkat ke-69 dari 127 negara. Sekretaris Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Dr. Ir. Patdono Suwignjo, M. Eng, Sc pun menjelaskan mengenai kondisi pendidikan di Indonesia. “Berdasarkan data Kemendikbud 2010, di Indonesia terdapat lebih dari 1,8 juta anak tiap tahun tidak dapat melanjutkan pendidikan, disebabkan oleh tiga faktor, yaitu ekonomi, kerja usia dini untuk mendukung keluarga dan pernikahan di usia dini,” ujarnya, saat sambutan peresmian Universitas Siswa Bangsa Internasional, di Sampoerna Strategic Square, Jakarta, Sabtu (1/6/2013). Lanjutnya, pada 2020 Indonesia akan mencapai urutan ke-5 setelah negara China, Amerika Serikat (AS), India, Rusia, dan Jepang dari prediksi hasil pemantauan pendidikan dunia. “Pada 2010, kontribusi empat persen lulusan Indonesia di dunia dan pada 2020 naik menjadi enam persen di dunia,” lanjutnya. Menurutnya, salah satu indikator untuk mungukur dari pendidikan tinggi, semua lulusan perguruan tinggi S1 diwajibkan membuat jurnal.

…dst

8 ) Mutu Pendidikan di Indonesia Masih Rendah?
http://kampus.okezone.com/read/2013/06/01/373/816111/mutu-pendidikan-di-indonesia-masih-rendah

Sabtu, 01 Juni 2013 16:42 wib
JAKARTA – Pendidikan merupakan kunci pembangunan suatu bangsa. Pembangunan ekonomi suatu bangsa bisa terjadi dengan adanya transformasi sosial dalam suatu bangsa. Oleh sebab itu, diperlukan sebuah upaya untuk membina kaum generasi muda untuk menjadi pemimpin masa depan yang berkualitas. Sekretaris Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Dr. Ir. Patdono Suwignjo, M. Eng, Sc mengatakan bahwa akses pendidikan masih bisa ditingkatkan. “Dari segi akses kita sudah bagus, tapi dari mutu dan daya saing kurang, program-program dari pendidikan tinggi (Dikti) akses masih ditingkatkan lagi,” ujarnya, dalam sambutan peresmian USBI di Sampoerna Strategic Square, Jakarta Selatan, Sabtu (1/6/2013). Untuk meningkatkannya, lanjut dia, dengan menggunakan dana abadi pendidikan untuk meningkatkan mutu penelitian dan pendidikan terkait kualitas.

…dst

9 ) Berpendidikan Tinggi di Bawah Naungan “Koperasi”
http://kampus.okezone.com/read/2013/06/01/560/816099/berpendidikan-tinggi-di-bawah-naungan-koperasi

Sabtu, 01 Juni 2013 16:16 wib
JAKARTA – Tak semua orang mempunyai kesempatan untuk mengenyam pendidikan yang tinggi dan berkualitas. Demi sebuah pendidikan, banyak yang rela bekerja hingga siang malam untuk masa depan yang lebih baik. Menilik hal itu, Koperasi Siswa Bangsa (KSB) pun tergerak untuk membantu pendidikan pelajar di Indonesia. KSB merupakan sebuah koperasi yang didirikan sebagai payung untuk seluruh unit program pendidikan Putera Sampoerna Foundation, yang dibentuk untuk siswa dan dikelola secara profesional. Demikian disampaikan Vice Rector for Academic & Student Universitas Siswa Bangsa Internasional (USBI) Prof. Paulina Pannen, saat konferensi pers peresmian USBI, di Sampoerna Strategic Square, Jakarta Selatan, Sabtu (1/6/2013). Lanjutnya, KSB ini bertujuan untuk menyediakan sistem dukungan lengkap bagi siswa untuk akses ke pendidikan yang berkualitas dan kesempatan memperoleh karir baik di Indonesia maupun di luar negeri.

…dst

10 ) Pemerintah Tidak Akan Biarkan Penodaan Tempat Ibadah Agama Manapun
http://www.setkab.go.id/berita-8872-pemerintah-tidak-akan-biarkan-penodaan-tempat-ibadah-agama-manapun.html

31 Mei 2013Oleh : DESK INFORMASI Setkab
Dalam bagian lain pidatonya saat menerima penghargaan World Statesman Award 2013 dari Appeal of Conscience Foundation (ACF), di New York, Amerika Serikat (AS), Kamis (30/5) malam waktu setempat atau Jumat (31/5) pagi WIB , Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengemukakan, sejak hari pertama kemerdekaan, bangsa Indonesia memiliki aspirasi untuk menjadi bangsa yang bersatu di dalam perbedaan. Satu bangsa dimana para warga negaranya yang terdiri dari berbagai suku, keyakinan dan nilai-nilai, hidup bersama dalam harmoni. Satu bangsa yang dibangun atas ketentuan hukum. “Hari ini, kami telah menempuh jalan yang panjang untuk mewujudkan visi tersebut. Namun demikian, pencapainnya tidaklah mudah. Kami melakukannya dengan kerja keras, keberanian dan kegigihan,” kata Presiden SBY dalam acara yang dihadiri oleh mantan Menteri Luar Negeri (Menlu) AS Henry Kissinger itu. Sungguhpun demikian, menurut Presiden SBY, demokrasi Indonesia tetap merupakan satu proses yang berkelanjutan. Kebangsaan kami terus menerus diuji. Indonesia masih tetap menghadapi sejumlah tantangan. Kantung-kantung intoleransi tetap ada. Konflik komunal terkadang masih mudah tersulut.

…dst

11 ) Tunjangan Jabatan Anggota Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia Kini Jadi Rp 5 Juta
http://www.setkab.go.id/berita-8879-tunjangan-jabatan-anggota-akademi-ilmu-pengetahuan-indonesia-kini-jadi-rp-5-juta.html

31 Mei 2013 Oleh : DESK INFORMASI SETKAB
Dengan pertimbangan bahwa besaran tunjangan yang diatur dalam Keputusan Presiden Nomor 77 Tahun 1993 perlu disesuaikan dengan beban kerja dan tanggung jawab yang bersangkutan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 24 Mei 2013 lalu, menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 41 Tahun 2013 Tunjangan Jabatan Bagi Anggota Kehormatan, Anggota Biasa, dan Sekretaris Jendral Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia. Dalam Perpres ini disebutkan, pakar di bidang ilmu pengetahuan teknologi yang diangkat menjadi Anggota Kehormatan dan Anggota Biasa pada Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia diberikan tunjangan jabatan setiap bulan. Tunjangan jabatan sebagaimana dimaksud diberikan dalam bentuk honorarium sebesar Rp 5.000.000,00 (lima juta rupiah) setiap bulan, atau kenaikan lima kali lipat dari ketentuan sebagaimana tertuang pada Keputusan Presiden Nomor 77 Tahun 1993 sebesar Rp 1 juta.

…dst

12 ) Krisis Pangan Siap Guncang Indonesia
http://kampus.okezone.com/read/2013/06/01/95/816019/krisis-pangan-siap-guncang-indonesia

Sabtu, 01 Juni 2013 12:56 wib
INDONESIA merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia. Pada tahun 2013, berdasarkan data yang diambil dari Badan Pusat Statistik, jumlah penduduk Indonesia mengalami penambahan sekira 20 juta jiwa dari data sensus sebelumnya. Pada sensus penduduk 2010, jumlah penduduk Indonesia berkisar 237.556.363 jiwa yang menempati luas wilayah memiliki luas kurang lebih 1,904,569 km2 dan saat ini (tahun 2012) penduduk di Indonesia telah mencapai angka 257.516.167 jiwa. Dengan jumlah penduduk yang begitu banyak, pangan merupakan hal mendasar yang paling utama bagi masyarakat. Pemenuhan pangan nasional bukan hanya masalah yang diemban oleh petani, namun pemerintah dan seluruh elemen masyarakat juga perlu berperan aktif di dalamnya. Banyak pihak yang tak sadar bahkan tak tahu bahwa Indonesia sedang diujung krisis pangan. Hal ini dipicu oleh pertumbuhan penduduk yang sangat pesat yang tidak diimbangi dengan pertambahan produksi pangan nasional menjadi penyebab krisis pangan ke depan. Salah satu indikator yang dapat kita cermati adalah laju impor komoditas pangan nasional. Tahun ini, Indonesia berencana akan kembali mengimpor beras sebesar 1,75 juta ton. Jika ini terealisasi, maka Indonesia merupakan importir beras terbesar kedua di dunia. Bukan hanya beras, ketergantungan pemenuhan kebutuhan pangan nasional utama lainnya terhadap impor juga cukup besar, seperti kedelai (70 persen), garam (50 persen), daging sapi (23 persen), dan jagung (11,23 persen).

…dst

13 ) Bak Lubang Jarum, Unsoed Jadi PTN Terketat di SNMPTN
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/31/373/815866/bak-lubang-jarum-unsoed-jadi-ptn-terketat-di-snmptn

Sabtu, 01 Juni 2013 09:16 wib
JAKARTA – Jumlah daya tampung yang tersedia di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Nusantara dengan peminat sangat jauh berbeda. Dari 62 PTN di Tanah Air, pendaftar mahasiswa baru melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 di Unsoed hanya tersedia 23.988 bangku. Tidak mengherankan tingkat persaingan seleksi lubang jarum ini sangat ketat. Pembantu Rektor I Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Prof. Dr. Ir. Mas Yedi Sumaryadi, MS mengatakan, kepercayaan publik atas Unsoed sebagai destinasi melanjutkan studi terus meningkat. Berdasarkan evaluasi data yang diperoleh secara nasional, Unsoed masuk 10 besar nasional sebagai perguruan tinggi negeri yang memiliki rasio keketatan dalam seleksi masuk.”Tercatat, pendaftar pada jalur SNMPTN tahun ini adalah 23.988. Padahal daya tampung yang akan diterima adalah 1.595 kursi. Hal ini menjadikan Unsoed masuk peringkat kesembilan dari 61 PTN yang tergabung dalam SNMPTN 2013,” ujarnya seperti dikutip dari laman Unsoed, Sabtu (1/6/2013).

…dst

14 ) Bikin Desa Binaan, FKM UI Gandeng Pertamina
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/31/373/815882/bikin-desa-binaan-fkm-ui-gandeng-pertamina

Sabtu, 01 Juni 2013 11:15 wib
JAKARTA – Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) menjalin kerjasama dengan PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (Pertamina PHE ONWJ) pada program Desa Binaan FKM UI di Desa Tanjung Sedari, Karawang, Jawa Barat. Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Dekan FKM UI Bambang Wispriyono, Apt., Ph.D dengan Executive VP Pertamina PHE ONWJ Jonry Sinulingga di Ruang Promosi Doktor FKM UI kampus Depok. Dalam keterangan tertulis yang diterima Okezone, Sabtu (1/6/2013), pemilihan Desa Tanjung Sedari, Karawang-Jawa Barat sebagai Desa Binaan karena FKM UI melihat rendahnya derajat kesehatan masyarakat yang ada di desa tersebut seperti tidak adanya pelayanan kesehatan terpadu yang layak, minimnya air bersih, tidak terdapat MCK, sanitasi buruk serta kebiasan warga buang air besar di pinggir kali.Oleh karena itu, FKM UI berinisiatif meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Desa Tanjung Sedari dengan melibatkan Petamina PHE ONWJ, masyarakat, dinas kesehatan dan pihak swasta lainnya sehingga program ini dapat berjalan dengan optimal.

…dst

15 ) Unnes Tetapkan Lima Kategori Biaya UKT
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/06/01/226393/Unnes-Tetapkan-Lima-Kategori-Biaya-UKT-

01 Juni 2013
SEMARANG – Biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi mahasiswa baru Unnes tahun akademik 2013/2014 akan diumumkan 13 Juni. Ada lima kategori biaya UKT. Pelaksana tugas (Plt) Rektor Unnes Dr Agus Wahyudin mengatakan, untuk mengumumkan UKT pihaknya masih menunggu surat keputusan dari Mendikbud. Unnes telah mengusulkan lima kategori biaya yang akan dibebankan kepada mahasiswa baru. `’Lima kategori itu terdiri atas yang paling murah hingga mahal. Kategori satu untuk yang paling murah dan kategori lima untuk yang paling mahal. Namun, untuk yang benar-benar tidak mampu dapat memanfaatkan beasiswa bidikmisi,” ungkapnya, kemarin. Kebijakan UKT yang ditetapkan Mendikbud bertujuan untuk meringan­kan beban mahasiswa dalam membayar biaya kuliah setiap semester. `’Jadi, ma­hasiswa tidak perlu membayar SPI atau biaya lain-lain, seperti KKL, PPL, KKN, dan praktik, karena sudah dirang­kum jadi satu dalam UKT yang dibayar tiap semester. Sementara Unnes akan menggunakan konsep membayar sesuai kemampuan dan besaran nilai yang sama untuk semua jalur penerimaan,” ungkap PR I Bidang Akademik itu.

…dst

16 ) Rektor USM Terima SK Magister Ilmu Hukum
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/06/01/226389/Rektor-USM-Terima-SK-Magister-Ilmu-Hukum

01 Juni 2013
SEMARANG – Rektor Universitas Semarang (USM) Prof Dr Pahlawansjah Harahap SE ME menerima surat keputusan (SK) Nomor 222/E/O/2013 tentang Pendirian Program Studi Magister Ilmu Hukum dari Dirjen Dikti Prof Dr Ir Djoko Santoso MSc di kampus USM Jl Soekarno-Hatta, kemarin. Penyerahan SK disaksikan Ketua Badan Pembina Yayasan Alumni Undip Prof Dr Muladi SH, Ketua Badan Pengurus Yayasan Alumni Undip Prof Ir Joetata Hadihardaja, Koordinator Kopertis Wilayah VI Jateng Prod Dr DYP Sugiharto MPd, Ketua Program Magister Ilmu Hukum USM Prof H Abdullah Kelib SH, dan Pembina Akademik Direktur Direktorat Kelembagaan dan Kerja Sama Ditjen Dikti Prof Dr Ir Achmad Jazidie MEng. Bersamaan dengan penyerahan SK Dikti tersebut, Djoko Santoso menandatangani prasasti Gelora USM. Dalam sambutannya, Djoko mengatakan pihaknya mendorong dosen USM untuk melanjutkan studi, karena Dikti telah menyiapkan beasiswa studi S-3 baik di dalam negeri maupun luar negeri. Djoko berpesan USM menjaga mutu, karena USM masuk dalam 80 besar PTS se-Indonesia dari 3.000 PTS yang terdaftar. `’Saya angkat topi terhadap USM, karena USM satu-satunya perguruan tinggi yang dibentuk oleh alumni perguruan tinggi yang mengalami perkem­bang­an cukup pesat,” tuturnya.

…dst

17 ) Undip Menuju Universitas Internasional
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/06/01/226392/Undip-Menuju-Universitas-Internasional

01 Juni 2013
SEMARANG – Undip dan University Queensland (UQ) Australia memperkokoh kerja sama di berbagai bidang termasuk kolaborasi riset antarperguruan tinggi. Undip berkeinginan menuju universitas internasional melalui kerja sama dengan PT bergengsi di saentero dunia. UQ adalah salah satu universitas terkemuka di dunia. Kamis (30/5), bertepatan dengan 20th Anniversary of The Brisbane-Semarang Sister City Relationship, Undip mendapat kunjungan dari Senior Executive Delegates dari University Queensland (UQ) dalam acara Discussion For Collaboration Undip-UQ yang dihadiri Senior Vice President & Senior Deputy Vice Chancellor dan sejumlah Dekan UQ di ruang sidang di gedung Rektorat Tembalang. Kunjungan yang dipimpin Prof Deborah Terry sebagai Senior Vice President & Senior Deputy Vice Chancellor merupakan balasan dari kunjungan Pembantu Rektor Undip ke Universitas Queensland pada 2012 lalu.

…dst

18 ) UNS Gandeng Lima Universitas Terkemuka Jepang
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/06/01/226391/UNS-Gandeng-Lima-Universitas-Terkemuka-Jepang

01 Juni 2013
SOLO – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggandeng lima universitas terkemuka di Jepang untuk diajak kerja sama dalam berbagai bidang. Dalam lawatannya ke Jepang bersama sejumlah pejabat pada 20-24 Mei lalu, Rektor UNS Ravik Karsidi mengunjungi beberapa universitas dan menandatangani memorandum of agreement (MoA) dengan beberapa perguruan tinggi. “Universitas Jepang yang kami kunjungi di antaranya Kokushikan University, Chiba University, Gifu Univeristy, Tokyo Arts University, dan Nihon University. Kami menjalin kerja sama untuk beberapa bidang ilmu, selain itu juga mengembangkan kemitraan yang sudah terjalin,” ungkap Rektor UNS Ravik Karsidi. Dia menjelaskan, UNS menjalin kerja sama dengan Kokushikan University dan Tokyo Arts University dalam bidang manajemen museum. Hal ini mengingat dalam waktu dekat UNS akan segera memiliki Museum Javanologi, sehingga UNS membutuhkan referensi mengenai pengelolaan university museum.

…dst

19 ) Himatika UNS Gelar Workshop Jurnal Ilmiah
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/06/01/226390/Himatika-Gelar-Workshop-Jurnal-Ilmiah

01 Juni 2013
SOLO- Minat menulis karya ilmiah di kalangan mahasiswa masih sangat rendah. Hal itu terlihat dari sangat minimnya jumlah tulisan ilmiah mahasiswa yang terpublikasi dalam jurnal nasional maupun internasional. Berlatar belakang kondisi tersebut, Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika) FMIPA Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar workshop jurnal ilmiah, Sabtu (1/6), di aula FMIPA Gedung B. `’Minat menulis esai maupun jurnal ilmiah di kalangan mahasiswa masih sangat minim. Penyebabnya kemungkinan karena mahasiswa tidak mengetahui trik menulis jurnal tersebut,” kata mahasiswa FMIPA Shidiq Tegar Irsanianto yang juga panitia workshop jurnal ilmiah.

…dst

20 ) Putera Sampoerna Luncurkan Universitas Taraf Global
http://kampus.okezone.com/read/2013/06/01/373/816041/putera-sampoerna-luncurkan-universitas-taraf-global

Sabtu, 01 Juni 2013 13:47 wib
JAKARTA – Putera Sampoerna Foundation meluncurkan universitas bertaraf internasional yaitu, Universitas Siswa Bangsa Internasional (USBI) hari ini. Pendirian USBI ini merupakan bagian dari komitmen Putera Sampoerna Foundation untuk menciptakan pemimpin masa depan yang berkualitas dan dapat menghadapi tantangan global.”Pendidikan adalah faktor kunci pembangunan suatu bangsa. Pembangunan ekonomi suatu bangsa terjadi dengan adanya transformasi sosial melalui pendidikan. Oleh sebab itu, diperlukan upaya untuk membina kaum generasi muda yang memiliki potensi menjadi pemimpin masa depan yang berkaliber tinggi,” ujar Managing Director Putera Sampoerna Foundation Nenny Soemawinata, dalam sambutan peresmian USBI di Sampoerna Strategic Square, Jakarta, Sabtu (1/6/2013).Lanjutnya, USBI diluncurkan atas kepedulian Putera Sampoerna Foundation terhadap pembangunan ekonomi Indonesia melalui pendidikan.

…dst

21 ) Fakultas Teknologi Kelautan ITS Bahas LNG Shipping
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/31/373/815872/fakultas-teknologi-kelautan-its-bahas-lng-shipping

Sabtu, 01 Juni 2013 10:10 wib
JAKARTA – ITS mendapat kunjungan tamu spesial dari Italia, ia adalah Prof. Marco Andreola. Ia diundang dalam kuliah tamu yang bertema The Latest Gas Technology in Shipping oleh mahasiswa program studi Transportasi Laut, Fakultas Teknologi Kelautan. Marco menyatakan, Liquified Natural Gas (LNG) pada dasarnya merupakan perubahan gas alam dari fasa gas menjadi fasa cair. “Jika dibandingkan dengan bahan bakar fosil lain, gas alam tersebut lebih sedikit menghasilkan emisi. Gas alam menghasilkan karbondioksida (CO2) 30 persen lebih sedikit dibandingkan bensin,” ujarnya seperti yang dikutip dari ITS Online, Sabtu (1/6/2013). Jika dibandingkan, lanjutnya, dengan batu bara, emisi yang dihasilkan gas alam 45 persen lebih sedikit. Keuntungan lain dari LNG apabila digunakan sebagai bahan bakar kapal adalah relatif murah dan ramah lingkungan. Berdasarkan data penelitian, emisi SOx dan partikel bisa nyaris nol persen, sedangkan emisi NOx berkurang hingga 90 persen.

…dst