1 ) Hasil Kompetisi Komurindo 2013
http://komurindo.ittelkom.ac.id/node/47

4 Jun, 2013
Seluruh putaran final Komurindo berlangsung dari tanggal 31 Mei – 2 Juni 2013 di Balai Produksi dan Pengujian Roket LAPAN Pamengpeuk Garut, dan di lapangan Santolo, Cilauteureun. Peserta Kompetisi Komurindo 2013 pada putaran final ini diikuti oleh 55 tim yang berasal dari 28 PTN dan PTS seluruh Indonesia. Pada Kompetisi Komurindo 2013 ini terdapat 2 kategori yang diperlombakan yakni Kategori Muatan atau Payload dan Kategori Roket Electric Ducted Fan (EDF). Penghargaan prestasi diberikan pada masing-masing kategori meliputi Juara I, II, III, Juara Harapan, Juara Ide Terbaik, dan Juara Desain Terbaik.Berdasarkan keputusan Dewan Juri Kompetisi Muaatan dan Roket Indonesia Nomor : 001/SK-PT/Komurindo/ITT/2013 tanggal 2 Juni 2013.

…dst

2 ) UGM Juara II KOMURINDO 2013 Kategori Muatan Roket
http://www.ugm.ac.id/id/berita/7882-ugm..juara.ii.komurindo.2013.kategori.muatan.roket

Jumat, 07 Juni 2013 — Satria
Gadjah Mada Aerospace Team atau yang dikenal sebagai tim roket UGM, berhasil meraih juara kedua dalam Kompetisi Muatan dan Roket Indonesia (KOMURINDO) 2013 kategori Muatan Roket yang diadakan di Pantai Pamengpeuk, Garut, 29 Mei-2 Juni 2013. Ini merupakan prestasi ketiga berturut-turut untuk UGM setelah meraih gelar Desain Terbaik pada KOMURINDO 2011 dan 2012. Pada kompetisi ini UGM mengirimkan tiga tim, yaitu Gathotkaca untuk kategori muatan roket, serta Antasena dan Antareja dalam kategori roket EDF. Kategori roket EDF merupakan kategori yang baru diadakan pada tahun ini. Mahasiswa UGM yang berpartisipasi merupakan mahasiswa S1 dan S2 yang berasal dari Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Jurusan Teknik Mesin dan Industri, serta Jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika.

…dst

3 ) Graksa Ganesha ITB Juara Pertama
http://www.pikiran-rakyat.com/node/237208

Minggu, 02/06/2013 – 16:37
GARUT,(PRLM).-Tim Graksa Ganesha Institut Teknologi Bandung (ITB) meraih juara pertama Kompetisi Muatan dan Roket Indonesia (Komurindo) kategori muatan roket. (payload). Kemenangan ITB sebagai juara pertama kali ini merupakan yang kedua kalinya. Pertama kali ITB meraih juara pertama pada perhelatan Komurindo pertama di Bantul, DIY Yogyakarta enam tahun lalu. Tim Graksa Ganesha ITB terdiri atas Ricky Saputra dari Teknik Elektro 2010, Nadifa dari Teknik Elektro 2010 dan Firly dari Penerbangan 2010. Ricky menuturkan tidak menyangka timnya dapat keluar sebagai juara. Terlebih saat peluncuran, roket dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) yang membawa muatan timnya tidak meluncur hingga lima kali. “Jadi ada yang salah di roket Lapan. Kami dari deg-degan menunggu roket meluncur hingga hilang deg-degan. Kami terus mencoba terus hingga percobaan kelima dan terkahir baru bisa meluncur,” kata Ricky dalam Penutupan Komurindo 2013 di Balai Produksi & Pengujian Roket Lapan , Jln. Cilauteureun, Pamengpeuk, Kupaten Bandung, Minggu (1/6/2013).

…dst

4 ) Tim Debat ITB Juarai United Asian Debating Championship
http://www.itb.ac.id/news/3942.xhtml

Kamis, 6 – Juni – 2013, 00:27:32
BANDUNG, itb.ac.id – Tim debat ITB yang diwakili oleh perwakilan dari Student English Forum (SEF) ITB kembali mengharumkan nama ITB dengan menjuarai kompetisi debat United Asian Debating Championship (UADC) 2013 di Manila, Filipina. Pada kompetisi debat yang dilaksanakan pada Rabu-Kamis (22-30/05/13) ini, tim debat SEF mengungguli tim-tim debat lain dari universitas-universitas asal Filipina, Malaysia, Beijing, Bangladesh, Singapura, Cina, Jepang, dan Thailand. UADC merupakan turnamen debat tahunan yang diperuntukkan bagi universitas-universitas di Asia. Turnamen ini merupakan turnamen debat parlementer antar universitas terbesar di Asia dengan lebih dari 600 partisipan. UADC merupakan turnamen gabungan dari Asian Universities Debating Chapionship (AUDC) dan All-Asian Intervarsity Debating Championships (AIDC). Tahun ini, UADC 2013 diselenggarakan oleh University Philippine Diliman dan bekerja sama pula dengan Ateneo de Manila University.

…dst

5 ) FSRD ITB Gelar Program Sertifikasi Internasional untuk Adobe
http://www.itb.ac.id/news/3941.xhtml

Rabu, 5 – Juni – 2013, 00:03:32
BANDUNG, itb.ac.id – Untuk pertama kalinya, sertifikasi program Adobe CS5 digelar di Indonesia dengan Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB sebagai tuan rumahnya. Senin-Rabu (3-5/06/13), FSRD ITB menggelar International Certification Program untuk Adobe CS5. Kali ini, kategori sertifikasi yang digelar adalah Adobe Certified Associate (ACA). Dimana dengan sertifikasi tersebut maka seseorang telah tervalidasi keahliannya dalam penggunaan komunikasi digital Adobe. Acara yang berlangsung tiga hari tersebut dibagi menjadi beberapa sesi yaitu seminar,persiapan ujian, dan ujian langsung. Adobe sytems adalah perusahaan software yang menekuni bidang grafis, animasi video, serta pengembangan web. Adobe sendiri juga merupakan perusahaan software terbesar di dunia yang produknya berkembang pesat dan telah banyak dipergunakan oleh individu, industri umum ataupun industri kreatif. Mahasiswa-mahasisiwi FSRD ITB tentunya kerap kali bersentuhan dengan produk Adobe. Bekerjasama dengan Certiport dan Worldware Indonesia sebagai authorized testing center di Indonesia, FSRD ITB menggelar program sertifikasi ini untuk pertama kalinya.

…dst

6 ) 306 Peserta SBMPTN Lokal Surabaya Tidak Mendaftar
http://edukasi.kompas.com/read/2013/06/09

Minggu, 9 Juni 2013 | 22:57 WIB
SURABAYA, KOMPAS.com — Sebanyak 306 orang peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Lokal Surabaya tidak mendaftar ke Panitia SBMPTN Lokal Surabaya secara daring (dalam jaringan atau online), meski mereka sudah membayar. “Kemungkinannya, ratusan peserta SBMPTN yang tidak mendaftar itu disebabkan pendaftar sudah diterima lewat jalur SNMPTN dan mendaftar SBMPTN hanya untuk berjaga-jaga,” kata anggota Humas SBMPTN Lokal Surabaya, Dr MG Bagus Ani Putra, Psi, di Surabaya, Minggu (9/6/2013). Namun, kata dosen Fakultas Psikologi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya itu, mungkin juga pendaftar sudah “kalah sebelum berperang” karena takut dengan peta persaingan yang cukup ketat sehingga ia mundur, meski sudah membayar Rp 175.000 per kategori (saintek/soshum) dan khusus campuran (saintek dan soshum) Rp 200.000.

…dst

7 ) Demi penguatan institusi, 3 PT kerjasama dengan UII
http://nasional.sindonews.com/read/2013/06/09/15/747735/demi-penguatan-institusi-3-pt-kerjasama

Minggu, 9 Juni 2013 ? 16:57 WIB
Sindonews.com – Tiga Perguruan Tinggi (PT) yang ada di Pulau Sumatera menggandeng Universitas Islam Indonesia (UII) untuk bekerjasama dalam pengembangan akreditasi program studi, akreditasi institusi dan penguatan manajemen PT. Ketiga PT tersebut adalah Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP), STIKES Muhammadiyah Palembang dan Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB). Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara ketiganya telah dilakukan Jumat 7 Juni 2013, di UMP. Hadir langsung menandatangani Rektor UII Edy Suandi Hamid, Rektor UMP M Idris, Rektor UMB Khairil dan Ketua STIKES Muhammadiyah Palembang Sri Huliah. “Kami akui, sampai saat ini masih sangat sedikit jumlah PT yang telah mengantongi akreditasi A. Berdasarkan data Aptisi pusat, baru delapan PT, baik PTN dan PTS yang telah terakreditasi A, salah satunya Universitas Islam Indonesia (UII),” ujar Rektor UII Edy Suandi Hamid, Minggu (9/6/2013). Kepada wartawan, Edy menuturkan, keputusan mengenai mutu PT tersebut didasarkan pada penilaian terhadap berbagai bukti yang terkait dengan standar yang ditetapkan, dan berdasarkan nalar dan pertimbangan para pakar sejawat atau judgments of informed experts. Menurutnya, akreditasi institusi PT setidaknya berdasarkan pada 15 kriteria kunci yaitu kepemimpinan, kemahasiswaan, sumber daya manusia (SDM), kurikulum, prasarana dan sarana, pendanaan, tata pamong, sistem pengelolaan.

…dst

8 ) Unsoed sosialisasikan semangat maritim
http://www.antaranews.com/berita/379158/unsoed-sosialisasikan-semangat-maritim

Minggu, 9 Juni 2013 21:47 WIBJakarta (ANTARA News) –  Himpunan Mahasiswa Kelautan Universitas Jendral Soedirman (Unsoed) dalam memperingati “Ocean Day” 8 Juni 2013,mensosialisasikan kemaritiman melalui “talk show” bertemakan “Dengan Jiwa Maritim Kita Tingkatkan Wawasan Kebangsaan dan Kemaritiman” di kampus Unsoed, Purwokerto, Sabtu. Keterangan tertulis Humas Indonesia Maritime Institute (IMI) yang diterima Minggu, menyebutkan acara talk show yang ineteraktif itu diikuti ratusan mahasiswa Unsoed dan menghadirkan pembicara Komandan AL Cilacap Kolonel Laut Hari Mulyadi, MM dan Direktur Eksekutif IMI Dr Y Paonganan sebagai narasumber. Dalam pemaparannya, Hari Mulyadi menyampaikan peran strategis TNI-AL dalam menjaga kedaulatan negara di laut serta kawasan perbatasan di pulau-pulau terluar. “Walaupun kondisi di pulau-pulau terluar kadang tidak ada air tawar, tapi prajurit TNI-AL dan TNI-AD yang ditugaskan tidak pernah menyerah untuk menjaga keamanan dan pertahanan negara dari aktivitas mengancam kedaulatan NKRI,” katanya.

…dst

9 ) Academics across Indonesia participate in a CEDS 2-weeks CGE training as part of PRSCO conference
http://www.ceds.fe.unpad.ac.id/index.php/news

Sunday, 09 June 2013 17:13 News
As many as 40 academics from all over Indonesia participate in a CGE training organized by CEDS UNPAD. This training is part of the  23rd Pacific Conference of the Regional Science Association International (RSAI)/the 4th Indonesian Regional Science Association (IRSA) Institute. The training is scheduled to be two parts. First is a web-based training from 10-21 June 2013 and second is a regular training to be held on 30 June to 1 July, 2013 in Bandung,  Indonesia. Participants of the training are Indonesian participants who attend PRSCO 2013 conference (the 23rd Pacific Conference of RSAI and the 4th IRSA Institute). The call for participants attracted more applications than the space available. The selected 40 participants represent almost all regions of Indonesia.

…dst

10 ) 12 PT Ikut Kompetisi Mobil Listrik
http://www.ugm.ac.id/id/berita/7887-12.pt.ikut.kompetisi.mobil.listrik

Di Upload : Sabtu, 08 Juni 2013
YOGYAKARTA – Sebanyak 12 tim dari berbagai perguruan tinggi mengikuti kompetisi mobil listrik indonesia atau Indonesia Electric Vehicle Competition (IEVC) yang dilaksanakan jurusan teknik mesin Fakultas Teknik UGM, 8-9 Juni, yang berlangsung di Boulevard UGM. Mobil listrik yang dikompetisikan umumnya berbetuk mobil formula. Pasalnya, kendaraan yang dikompetisikan tidak hanya pada desain dan kemampuan daya tahan energi listrik semata yang dihasilkan. “Namun juga tingkat kemampuan kecepatan dan akselerasi mobil,” kata Benjamin ditemui disela-sela perlombaan, Sabtu (8/6). Benjamin Bima, mengatakan kriteria penilaian mobil listrik ditentukan berdasarkan tiga tahap seleksi yaknik uji spesifikasi kendaraan, uji kemampuan daya tahan (Time attack) dan uji kecepatan mobil listrik (drag race). “hanya mobil listrik yang lolos uji spesifikasi yang bisa mengikuti drag race dan time attack,” ujarnya.

…dst

11 ) Bantu Percepatan Pembangunan Pulau Kecil Indonesia, UGM Adopsi Pulau Alor
http://www.ugm.ac.id/id/berita/7885-bantu.percepatan.pembangunan.pulau.kecil.indonesia.ugm.adopsi.pulau.alor

Di Upload : Jumat, 07 Juni 2013
UGM mengadposi Pulau Alor Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Program adopsi tersebut merupakan bagian kerjasama UGM dengan Kementrian Kelautan dan Perikanan RI dalam upaya pengelolaan pulau-pulau kecil Indonesia. Penandatangan naskah kerjasama berlangsung Jum’at (7/6) di Gedung Pascasarjana UGM. Direktur Jendral Kelautan, Pesisir, dan Pulau-pulau Kecil (KP3K)) Kementrian Kelautan danPerikanan RI, Dr. Sudirman Saad, M.Hum., mengatakan Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan 17.504 pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Dari keseluruhan pulau tersebut, Indonesia memiliki 92 pulau kecil terluar dengan 31 pulau diantaranya berpenghuni sementara 61 pulau lainnya tidak berpenghuni. “Menjadi tantangan bagi Indonesia untuk mengelola pulau-pulau kecil terluar tersebut, khususnya 31 pulau berpenghuni. Pasalnya pulau-pulau kecil terluar memiliki peran penting dan strategis,terutama dalam hal kedaulatan,” jelasnya.

…dst

12 ) Limbah konveksi kaos jadi aksesoris sepatu
http://nasional.sindonews.com/read/2013/06/09/15/747761/limbah-konveksi-kaos-jadi-aksesoris-sepatu

Minggu, 9 Juni 2013 ? 19:01 WIB
Sindonews.com – Melihat peluang bisnis yang berkembang di masyarakat, lima mahasiswa Universirtas Gajah Mada (UGM) berhasil kembangkan BloSHO atau Blossom Shoes. Dengan memanfaatkan sisa garmen kaos dan bermodal kreativitas, BloSHO menjadi pionir aksesoris sepatu berbahan daur ulang. Mereka adalah Putri Prayangsari dan Nuri Ashrissilmi dari prodi Ilmu Keperawatan FK UGM, Rizka Febrias Tuti dari Ilmu Gizi FK UGM, Rion Hidayat dan Hilda Dwi Maharani dari FK UGM. “Di Yogyakarta, bisnis konveksi kaos menjamur dan banyak diminati. Tapi sisa potongan kaos tidak dimanfaatkan dan akhirnya menjadi limbah. Kamipun tergerak memanfaatkan limbah kaos tersebut,” ujar Putri Prayangsari kepada wartawan, di UGM, Yogyakarta, Minggu (9/6/2013). Dari sekian ide yang bergulir, kelimanya sepakat mengembangkan sisa kaos menjadi aksesoris sepatu. Keputusan tersebut diambil lantaran mahasiswa di Indonesia memiliki karakter ingin selalu tampil gaya tetapi murah. Dengan aksesoris sepatu yang diciptakan BloSHO, mahasiswa dapat tampil berbeda tiap hari karena aksesoris yang dipergunakan dapat dibongkar pasang. “Dari pihak industri konveksi kaos, kami membeli sisa kain seharga Rp6.000 perkilogram. Bagian-bagian kecil dari kain tersebut kami jahit menjadi bentuk bunga dan motif lainya berukuran kecil-kecil. Untuk asesoris ini semuanya handmade dan bisa menyesuaikan keinginan koonsumen,” jelas Putri.

…dst

13 ) Keberadaan Ruang Terbuka Biru (RTB) Terancam
http://news.ipb.ac.id/news/id/d3c71b1823a56fa273028fa4c18e6fe0/keberadaan-ruang-terbuka-biru-rtb-terancam.html

Kamis, 30 Mei 2013
Mahasiswa Pascasarjana Mata Kuliah Pengelolaan Lanskap Berkelanjutan IPB memaparkan terancamnya keberadaan Ruang Terbuka Biru (RTB) di Cibinong Kabupaten Bogor dengan tajuk “Penguatan Ekonomi Kecamatan Cibinong Berbasis Pengelolaan Situ Secara Berkelanjutan” di Ruang Sidang Lanskap Kampus IPB Darmaga (27/5). Dalam acara ini hadir pegawai Pemkab Bogor dan beberapa NGO. “Sewaktu masih dijajah Belanda, pentingnya RTB sudah dipikirkan dengan dibangunnya 800 waduk. Saat ini yang tersisa hanya 400 waduk. Ini akibat dari pengembangan perumahan dan properti. Harusnya RTB (berupa danau, situ) bisa menjadi lanskap yang memiliki kualitas lebih baik dan menjadi bagian dari pengembangan properti seperti di Negara Jepang, Thailand, Vietnam (seperti di Hanoi Kota Seribu Danau), Singapura Amerika, dan lain-lain,” ujar Prof.Dr.Ir. Hadi Susilo Arifin selaku Dosen Pembimbing saat memberikan arahan awal dalam ekpose tersebut. Kecamatan Cibinong memiliki 18 situ yang tersebar di beberapa desa. Situ sebagai kesatuan siklus hidrolis memegang peranan penting sebagai area tangkapan air sekaligus sebagai bentuk lain kawasan lindung. Sementara itu, dari tahun 1998 hingga 2010, terjadi kenaikan 35,93% lahan tak terbangun menjadi lahan terbangun. Dikhawatirkan peningkatan ini akan semakin mengancam keberadaan RTB di kawasan ini.

…dst

14 ) Anggaran Cair, Buku Kurikulum 2013 Dicetak
http://www.tempo.co/read/news/2013/06/09/079486888/Anggaran-Cair-Buku-Kurikulum-2013-Dicetak

Minggu, 09 Juni 2013 | 18:17 WIB
TEMPO.CO, Jakarta -Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan Musliar Kasim mengatakan, Kemendikbud akan segera menandatangani kontrak dengan 30 percetakan yang memenangkan tender pencetakan buku Kurikulum 2013. “Satu percetakan maksimal menang 6 paket,” kata Musliar saat dihubungi, Ahad 9 Juni 2013. Penandatanganan kontrak kerja ini dapat dilakukan Senin, 10 Juni 2013 saat anggaran Kurikulum 2013 cair. Musliar kemudian menjelaskan, pencetakan dan distribusi buku berlangsung selama 35 hari kerja. “Pencetakannya sendiri kurang lebih 2 minggu,” kata dia. Ia menjelaskan, ada beberapa percetakan yang menyanggupi untuk mencetak buku lebih cepat. Musliar menjamin pada 15 Juli 2013 buku kurikulum 2013 akan sampai ke sekolah-sekolah sasaran. Sebelumnya, Kepala Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar negeri Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ananto Kusuma Seta memastikan anggaran Kurikulum 2013 akan cair Senin, 10 Juni 2013. “Cairnya tidak sepenuhnya ke Kemendikbud,” kata dia. Selanjutnya, kata Ananto, Kemendikbud akan menggunakannya sesuai dengan aturan pengadaan barang dan jasa yang berlaku.

…dst

15 ) Putus Sekolah, Remaja 16 Tahun Bersinar Dibidang Teknologi
http://techno.okezone.com/read/2013/06/07/56/818724/putus-sekolah-remaja-16-tahun-bersinar-dibidang-teknologi

Sabtu, 8 Juni 2013 05:01 wib
CALIFORNIA – Putus sekolah tidak berarti seseorang itu berhenti belajar ataupun berkarya. Contohnya, David Karp yang merupakan pendiri Tumblr sukses meraih mimpinya meski tidak berhasil menyelesaikan bangku sekolahnya. Hal ini pula yang mendorong seorang remaja 16 tahun untuk terus memperdalam minatnya dalam pemrograman. Adalah Ash Bhat, lelaki asal San Jose di California, Amerika Serikat (AS) berhasil memenangkan beasiswa penuh dari Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) karena aplikasi yang ia kembangkan telah laris manis hingga “ludes” dalam waktu dua menit pada April lalu. Bahkan, disadur BusinessInsider, Jumat (7/6/2013), Bhat dipekerjakan di salah satu perusahaan startup setelah ia berhasil menemukan sebuah bug (gangguan) dalam salah satu kode situs yang memungkinkan penggunanya dapat memenangi hadiah berulang kali. “Saya menemukan sesuatu yang agak `sensitif’ tapi harus saya beritahu, meskipun saya tau akan ada konsekuensinya setelah itu,” cerita Bhat. Berangkat dari niat yang baik itulah, ia memberanikan diri untuk mengirim email ke pihak situs startup Kipp dengan melampirkan video dokumentasi mengenai kesalahan program tersebut. Alih-alih, pihak Kipp justru menawarkan Bhat untuk magang dengan upah USD10 ribu atau sekira Rp97 jutaan. Sejak saat itu, ia memperoleh banyak kesempatan untuk belajar hingga akhirnya terbuka jalan untuk mengikuti WWDC.

…dst