1 ) Mantan Dirjen Dikti, Prof. Fasli Jalal dilantik jadi Kepala BKKBN
http://nasional.sindonews.com/read/2013/06/13/15/749567/fasli-jalal-dilantik-jadi-kepala-bkkbn

Kamis, 13 Juni 2013 ? 20:56 WIB
Sindonews.com – Menteri Kesehatan (Menkes) Nafsiah Mboi melantik Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang baru. Jabatan itu dipercayakan kepada Profesor Fasli Jalal. Dengan ditunjukannya mantan Wamendiknas itu, Nafsiah berharap agar program KB dapat lebih ditingkatkan guna mencapai MDGs 2015 khususnya menekan angka kematian ibu dan bayi. Diharapkan juga tugas dan fungsi organisasi BKKBN tidak hanya pada aspek keluarga berencana tetapi juga mencakup aspek kependudukan. “Sarana dan prasarana juga menjadi masalah saat ini, tentunya bukan hanya alat kontrasepsi jangka pendek, tetapi kontrasepsi jangkan penjang diseluruh daerah,” ujarnya di auditorium BKKBN, Jakarta, Kamis (13/6/2013).

…dst

2 ) Karena Gigi, Rizky Bisa Presentasi di Jepang
http://kampus.okezone.com/read/2013/06/13/373/821406/karena-gigi-rizky-bisa-presentasi-di-jepang

Kamis, 13 Juni 2013 14:12 wib
JAKARTA – Prestasi membanggakan kembali diberikan salah satu putri terbaik Indonesia. Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Rizky Hadi Oktiavenny terpilih menjadi salah satu pembicara dalam ajang internasional bertajuk International Conference on Electrical, Computer, Electronics and Communication Engineering (ICECECE) 2013.
Bahkan dalam ajang besutan World Academy of Science Enginering and Technology (WASET) itu, mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro tersebut menjadi satu-satunya perwakilan mahasiswa sementara delegasi yang lain merupakan dosen, profesor, dan doktor. Bertempat di Chiba, Tokyo, Jepang, Rizky mempresentasikan penelitiannya yang berjudul “Tooth Colors Level Detector (TCLD) As a Medical Aid Based on Atmega16 Microcontroller.” Paper itu merupakan hasil penelitian yang telah dilakukan Rizky bersama beberapa rekannya, yaitu Nova Suparmanto, Laila Fitria Mufidah, Reni Nastiti, Vindy, dan Andik Asmara.

…dst

3 ) Segudang Prestasi, Anak Buruh Bangunan Terima Bidik Misi
http://kampus.okezone.com/read/2013/06/12/373/821029/segudang-prestasi-anak-buruh-bangunan-terima-bidik-misi

Kamis, 13 Juni 2013 08:06 wib
JAKARTA – Siapa bilang bidang ilmu kedokteran hanya menjadi milik mereka yang berduit? Buktinya sudah banyak dokter sukses meskipun berasal dari keluarga tidak mampu. Ya, beasiswa Bidik Misi juga menjadi salah satu solusi bagi para mahasiswa dari keluarga miskin untuk bisa menempuh pendidikan kedokteran. Keinginan yang terkesan mustahil itu kini menjadi kenyataan bagi tiga mahasiswa baru Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, yakni Siska Armeinesya, Muhamad Faisal, dan Vera Amalia Lestari. Para penerima Bidik Misi itu tampak sumringah setelah dinyatakan lolos verifikasi program beasiswa dari pemerintah itu. Ternyata, kebahagiaan itu tidak hanya milik mereka bertiga tetapi juga 34 mahasiswa lain dari total 150 mahasiswa Pendidikan Dokter Unpad yang diterima melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

…dst

4 ) Besudut, Si Anak Rimba Yang Menjadi Anak Sekolah
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1433

06/13/2013
Jakarta–Besudut, begitulah nama aslinya sebagai anak rimba. Ia merupakan seorang anak dari Suku Anak Dalam di hutan rimba yang terletak di Taman Nasional Bukit Dua Belas Makekal, Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi. Semangatnya untuk mengikuti pendidikan formal di luar hutan, menjadikan Besudut sebagai satu-satunya anak rimba yang mengenyam pendidikan formal dan lulus ujian nasional (UN) tingkat SMA. Padahal keputusannya untuk bersekolah itu melanggar hukum adat di lingkungan Suku Anak Dalam. Ia pun dikucilkan dari komunitasnya. Besudut lalu mengubah namanya menjadi Irman Jalil. Perkenalannya dengan dunia pendidikan dimulai pada tahun 2000, dengan mengikuti pendidikan informal bersama seorang relawan bernama Butet Manurung yang masuk ke hutan, dan menawarkan untuk mengajar mereka. Karena belajar atau bersekolah dilarang dalam hukum adat, maka anak-anak di Suku Anak Dalam tidak berani menerima tawaran Butet Manurung. Namun Besudut dan dua temannya memiliki motivasi yang tinggi untuk bisa membaca, berhitung, serta mengenal dunia luar. Mereka bertiga pun belajar dari Butet hingga tahun 2003.

…dst

5 ) Cek Dulu Lokasi Ujian SBMPTN Agar tak Nyasar atau Terlambat
http://www.pikiran-rakyat.com/node/238456

Rabu, 12/06/2013 – 17:22
BANDUNG, (PRLM).- Para calon peserta yang telah menyelesaikan pendaftaran daring (online) SBMPTN untuk dapat melihat alamat lokasi ujian pada Kartu Tanda Bukti Pendaftaran (Kartu Peserta) SBMPTN 2013. Oleh karenanya, panitia mengimbau kepada semua calon peserta yang akan mengikuti ujian untuk mengetahui dengan benar lokasi ujiannya.
“Ini selalu kejadian setiap tahun. Ada yang telat bahkan nyasar karena tidak tahu lokasi ujian. Untuk itu sehari sebelumnya mereka harus sudah mengecek lokasi ujian,” kata Sekretaris Eksekutif I Panitia Lokal (Panlok) SBMPTN Bandung Asep Gana Suganda ditemui di Sekretariat Panlok SBMPTN Bandung Institut Teknologi Bandung (ITB), Jln. Ganeca, Kota Bandung, Rabu (12/6/2013). Dia menambahkan guna menghindari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan pada hari pelaksanaan ujian SBMPTN, disarankan kepada calon peserta untuk memastikan beberapa hal terkait kepastian lokasi ujian, mulai dari memeriksa rute kendaraan umum, jalur terdekat menuju lokasi ujian, sampai mengetahui jalur-jalur alternatif menuju lokasi ujian. Calon peserta dapat mengetahui kepastian ruangan dan lokasi tempat duduk satu hari menjelang Ujian Tertulis dilaksanakan. Disarankan agar setiap calon peserta memeriksa ruangan dan lokasi tempat duduknya pada sore hari sebelum hari pelaksanaan ujian untuk mengetahui dengan benar ruang dan lokasi tempat duduknya.

…dst

6 ) Pejabat Rektor UI beri tips lolos SBMPTN
http://nasional.sindonews.com/read/2013/06/13/15/749490/pejabat-rektor-ui-beri-tips-lolos-sbmptn

Kamis, 13 Juni 2013 ? 18:11 WIB
Sindonews.com – Calon mahasiswa yang ingin lolos Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) harus memiliki trik jitu. Berikut beberapa tips yang diberikan oleh Pejabat Rektor Universitas Indonesia (UI) Muhammad Anis kepada calon mahasiswa yang mendaftar melalui jalur SBMPTN. Pertama, calon mahasiswa harus realistis. Artinya, calon mahasiswa harus benar-benar memperhitungkan kemampuan yang dimiliki agar tidak terjebak pada pilihan yang memiliki passing grade tinggi. “Ukur dulu kemampuan. Jangan mengambil jurusan favorit kalau kemampuannya tidak di bidang itu,” kata Anis ketika ditemui di Kampus UI, Depok, Kamis (13/6/2013). Kedua, pilihlah program studi (prodi) yang tidak terlalu favorit. “Harus lihat pada kondisi (kemampuan),” ungkapnya. Kemudian, jika memang memiliki kemampuan yang tinggi dan sangat ingin pada prodi tersebut maka pilihlah pula PTN lain sebagai alternatif. Dan dianjurkan tidak terlalu fanatik pada satu prodi atau PTN tertentu. “Orang tùa juga jangan memaksakan kehendak pada anaknya. Beri keleluasaan calon mahasiswa untuk memilih,” paparnya.

…dst

7 ) UI terima 1.380 mahasiswa baru jalur SBMPTN
http://nasional.sindonews.com/read/2013/06/13/15/749504/ui-terima-1-380-mahasiswa-baru-jalur-sbmptn

Kamis, 13 Juni 2013 ? 18:28 WIB
Sindonews.com – Universitas Indonesia (UI) tahun ini menerima 4.600 mahasiswa baru. Penerimaan dilakukan melalui beberapa jalur yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang diselenggarakan secara nasional. Selain itu, lewat jalur Seleksi Masui UI (SIMAK) yang diselenggarakan oleh panitia lokal UI. Berdasarkan ketentuan, kuota penerimaan jalur SMPTN (50), SBMPTN (30) dan SIMAK (20). “Artinya, dari jalur SMPTN ada 2.300 mahasiswa yang diterima. Jalur SBMPTN sebanyak 1.380 mahasiswa dan SIMAK 920 mahasiswa,” kata Pejabat Rektor UI Muhammad Anis di Depok, Kamis (13/6/2013).Dia mengatakan, SBMPTN sendiri dilaksanakan pada 18 Juni 2013 serentak di seluruh Indonesia. Untuk mendaftar SBMPTN, siswa harus terlebih dahulu membayar pendaftaran seharga Rp 175.000 (saintek atau soshum) atau Rp200.000 (IPC–saintek dan soshum).

…dst

8 ) Unpad Jadi Primadona se-Indonesia
http://kampus.okezone.com/read/2013/06/13/373/821251/redirect

Kamis, 13 Juni 2013 10:30 wib
JAKARTA – Universitas Padjadjaran (Unpad) menjadi perguruan tinggi negeri (PTN) yang paling banyak diminati di seluruh Indonesia oleh para calon mahasiswa. “Harus diakui, menjadi mahasiswa Unpad tidaklah mudah. Karena harus melalui persaingan yang ketat,” ujar Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad) Prof. Ganjar Kurnia, seperti dikutip dari laman Unpad, Kamis (13/6/2013). Seperti diketahui, pada tahun ini, jumlah pendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) ke Unpad merupakan tertinggi se-Indonesia, yakni 141.864 orang dengan daya tampung 3.733 mahasiswa. Ini berarti, rata-rata keketatan persaingan SNMPTN ialah 1:38.

…dst

9 ) UGM Borong Juara di ON MIPA-PT 2013
http://kampus.okezone.com/read/2013/06/12/373/821013/ugm-borong-juara-di-on-mipa-pt-2013

Kamis, 13 Juni 2013 06:10 wib
JAKARTA – Perwakilan mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta berhasil menuai prestasi dalam Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) 2013 untuk bidang Biologi. Mereka adalah Astia Rizki Safitri, Abrory Agus Cahya Pramana, Matin Nuhamunada, Rudi Nirwantono, dan Ali Muharom, serta Ahmad Sukron. Lima di antara mereka berhasil meraih prestasi, mulai dari medali emas hingga honorable mantion. Dua medali emas berhasil diraih Astia Rizki Safitri dan Rudi Nirwantono dari Fakultas Biologi. Kemudian Matin Nuhamunada menyumbangkan medali perak kampusnya. Selanjutnya, dua Honorable Mantion diberikan kepada Ali Muharom dari Fakultas Biologi dan Ahmad Sukron dari Fakultas Pertanian.

…dst

10 ) UGM: Database Desa Kemiren akan jadi simposium internasional
http://nasional.sindonews.com/read/2013/06/12/15/749116/ugm-database-desa-kemiren-akan-jadi-simposium-internasional

Kamis, 13 Juni 2013 ? 00:11 WIB
Sindonews.com – Wakil Rektor UGM Bidang Kerjasama dan Alumni, Dwikorita Karnawati menyampaikan, kerja sama dengan Universitas Hawai dilakukan sejak tahun 2012. Kerja sama tersebut menurutnya adalah penelitian untuk pengurangan resiko bencana berbasis masyarakat dengan menerapkan teknologi tepat guna. “Database dan hasil pantauan yang kita dapatkan dari penduduk lokal dan digabungkan dari banyak area, akan menjadi suatu database yang besar. Tidak hanya di Desa Kemiren tapi Asia Pasifik,” jelasnya di Desa Kemiren, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, Rabu (12/6/2013). Selain itu, kata dia, penelitian tersebut juga mencakup kehidupan budaya masyarakat dan teknologi untuk tangguh terhadap bencana. “Bahan dari lapangan yang kami dapatkan, akan digunakan untuk simposium dari seluruh dunia,” tandasnya. Sebelumnya, Maya Kassandra Soetoro Ng, adik tiri Presiden Amerika Serikat (AS) Barrack Obama datang bersama dengan rombongan dari Universitas Hawai, Universitas Gajah Mada (UGM), BPBD Kabupaten Magelang, dan Pacific Disaster Center, juga melihat dari dekat Dusun Jumoyo di Desa dan Kecamatan Salam, luluh lantak diterjang banjir lahar yang pada bencana erupsi Merapi 2010 lalu.

…dst

11 ) 200 Peneliti Ngumpul di IPB
http://kampus.okezone.com/read/2013/06/13/373/821418/200-peneliti-ngumpul-di-ipb

Kamis, 13 Juni 2013 16:07 wib
JAKARTA – Sekira 200 peneliti dari berbagai negara berkumpul dan mempresentasikan hasil penelitian mereka dalam rangkaian acara Dies Natalis Institut Pertanian Bogor (IPB) ke-50. Dalam acara bertajuk International Conference on Marine Sciences 2013 `Marine Biodiversitas and Connectivity for Sustainable Fisheries’ di IICC itu, berbagai peneliti mulai dari India, Filipina, hingga Polandia datang dan berbagi hasil penelitian mereka di bidang kelautan dan perikanan. “Kegiatan ini dihadiri peneliti dari negara-negara seperti Belgia, Jerman, Filipina, Thailand, India, Yaman, Polandia, dan Indonesia. Kegiatan ini bertujuan memberikan kesempatan sebagian besar peneliti Asia Tenggara untuk membagi pengalaman dan informasi aktivitas riset bidang perikanan dan kelautan terbaru,” kata Ketua Panitia Hawis Maddupa, seperti disitat dari siaran pers yang diterima Okezone, Kamis (13/6/2013).

…dst

12 ) Duh, Peringkat Lembaga Penelitian di RI di Bawah Malaysia
http://kampus.okezone.com/read/2013/06/13/373/821590/duh-peringkat-lembaga-penelitian-di-ri-di-bawah-malaysia

Kamis, 13 Juni 2013 18:02 wib
SOLO – Peringkat lembaga penelitian di Indonesia masih berada di posisi di bawah Malaysia, Thailand, dan Singapura. Untuk itu, perlu dilakukan perbaikan. Demikian dikatakan oleh Deputi Menteri Riset dan Teknologi Mulyanto kepada wartawan seusai Sosialisasi Pedoman penyusunan Kode Etik Pelaku Penelitian, di Solo, Jawa Tengah, Kamis (13/6/2013). “Kami Kementerian Riset dan Teknologi (Ristek) menargetkan pada 2019 ada lembaga penelitian kita yang bisa menggungguli negara mitra,” ungkap Oleh karena itu, lanjut Mulyanto, kini Kementerian Ristek tengah mendorong berkembangnya lembaga-lembaga penelitian di Indonesia. Paling tidak, keberadaannya setara dengan lembaga penelitian di negara mitra. Kini, kata Deputi Menteri Ristek, Kementerian Ristek telah mengembangkan koridor penelitian ungggulan. Ia memberi contoh koridor Sumatera untuk penelitian kepala sawit, Jawa Timur untuk penelitian penyakit menular kronis.

…dst

13 ) Lulusan PT Harus Siap Diserbu Tenaga Ahli dari Asia
http://kampus.okezone.com/read/2013/06/13/373/821543/lulusan-pt-harus-siap-diserbu-tenaga-ahli-dari-asia

Kamis, 13 Juni 2013 17:06 wib
SOLO – Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Prof Dr. Ravik Karsidi, MS menyatakan bahwa lulusan perguruan tinggi mulai saat ini harus siap menghadapi ASEAN Community. “ASEAN Community atau komunitas Asia akan berlaku pada 1 Januari 2015,” ungkap Ravik pada acara Wisuda Universitas Sebelas Maret Periode IV Tahun Akademik 2012/2013, di Auditorium UNS, Solo, Jawa Tengah, Kamis (13/6/2013). Rektor UNS mengatakan bahwa keterbukaan dalam ASEAN Community mau tidak mau akan menjadi masalah dan tantangan terutama bagi lulusan perguruan tinggi. Seperti misalnya kini telah lebih dari 1.000 dokter terutama dokter spesialis India yang akan praktek di berbagai negara anggota ASEAN Community, tidak terkecuali juga akan masuk di Indonesia. “Selain itu tenaga ahli di bidang lain dari berbagai negara Asia juga telah siap menyebar ke Negara Asia lainnya seiring dengan berlakunya ASEAN Community,” ujarnya.

…dst

14 ) Jadi gubes pertama, Haula siap mengabdi pada negara
http://nasional.sindonews.com/read/2013/06/12/15/749131/jadi-gubes-pertama-haula-siap-mengabdi-pada-negara

Kamis, 13 Juni 2013 ? 02:13 WIB
Sindonews.com – Universitas Indonesia (UI) kini mempunyai guru besar (gubes) tetap ilmu kebijakan pajak Fakultas Imu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UI. Haula Rosdiana dikukuhkan di Balai Sidang UI, sekaligus membuat perempuan kelahiran Bogor, 5 Januari 1971 itu sebagai guru besar perempuan pertama di Indonesia di bidang perpajakan. Haulia menyatakan, ia selalu mengedepankan idealisme dalam menjalankan peranannya di bidang perpajakan. Maka itu, ia selalu berjuang untuk kepentingan masyarakat. Perjuangan itu dilakukan melalui kajian dan penelitian. “Saya bersyukur dan saya juga tidak menganggap predikat sebagai guru besar perempuan pertama di bidang perpajakan ini sebagai beban. Saya juga tidak menganggap yang paling pintar. Saya menganggap ini sebagai awal pengabdian kepada negara,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (12/6/2013).

…dst

15 ) Fisikawan Peneliti Sel Surya Jadi Gubes UI
http://kampus.okezone.com/read/2013/06/13/373/821314/fisikawan-peneliti-sel-surya-jadi-gubes-ui

Kamis, 13 Juni 2013 11:56 wib
JAKARTA – Universitas Indonesia (UI) mengukuhkan Guru Besar Tetap, yakni Prof. A. Harsono Soepardjo sebagai Guru Besar bidang Ilmu Fisika dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Upacara pengukuhan Guru Besar dipimpin oleh Ketua Dewan Guru Besar UI Prof. Dr. dr. Biran Affandi, SpOG (K) pada Rabu di Balai Sidang UI kampus Depok. Harsono pun membacakan pidatonya yang berjudul “Penelitian Energi Sel Surya dan Aplikasinya di Indonesia”. Dijelaskan dia, sejak terjadi krisis moneter 1998, Indonesia mulai berpaling kepada pengembangan energi fosil seperti dari minyak, batu bara dan gas bumi.

…dst

16 ) Lulusan Binus Bisa Dapat Beasiswa S2 & Jadi Dosen
http://kampus.okezone.com/read/2013/06/13/373/821581/lulusan-binus-bisa-dapat-beasiswa-s2-jadi-dosen

Kamis, 13 Juni 2013 18:01 wib
JAKARTA – Ada kabar menyenangkan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu, sebab Binus University menyediakan beasiswa untuk mereka yang kurang atau bahkan tidak mampu membayar biaya kuliah. “Saat ini kita sudah mengeluarkan banyak beasiswa untuk mahasiswa-mahasiswa, baik yang tidak mampu maupun yang berkemampuan cukup baik,” ujar Strategic Planning and Corporate Development Universitas Bina Nusantara Francis Budiraharja Santoso kepada Okezone, saat Thursday Brunch and Networking dengan Binus, di Gandaria, Jakarta Selatan, Kamis (13/6/2013). Lanjutnya, beasiswa ini tidak hanya sekadar untuk memberikan bantuan saja, penerima beasiswa pun harus diwajibkan menyelesaikannya sampai lulus. “Kita menyeleksi juga supaya ketika mereka masuk ke Binus, mereka juga dapat menyelesaikan kuliahnya, karena kita tidak mau juga memberikan beasiswa kepada mereka yang akhirnya juga nanti putus di tengah jalan karena tidak mampu mengikuti pelajarannya,” ucap Francis.

…dst

17 ) Jumlah Universitas Muhammadiyah di Jabar Minim
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/06/13/moc4zh-jumlah-universitas-muhammadiyah-di-jabar-minim

Kamis, 13 Juni 2013, 21:16 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Keberadaan universitas atau perguruan tinggi (PT) Muhammadiyah di Jawa Barat (Jabar) jumlahnya masih minim. Hal ini disampaikan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Din Syamsudin saat menghadiri milad ke-10 Universitas Muhammadiyah Sukabumi (Ummi) Kota Sukabumi, Kamis (13/6). “Di Jabar, baru ada dua atau tiga universitas di bawah Muhammadiyah,” ujar Din Syamsudin, kepada wartawan seusai acara milad Ummi ke-10. Jumlah ini dinilai masih kurang bila dibandingkan dengan daerah lainnya seperti provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah. Menurut Din, selain di Kota Sukabumi Universtas Muhammadiyah Jabar lainnya terdapat di Cirebon. Selain itu, ada beberapa sekolah tinggi di Tasikmalaya dan Garut. Din mengungkapkan, secara keseluruhan total PT Muhammadiyah se-Indonesia mencapai sebanyak 170 kampus. Dari jumlah tersebut ada dua universitas yang masuk dalam delapan PT negeri dan swasta terbaik nasional yakni Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

…dst

18 ) Mahasiswa AS Belajar Islam di Darul Ulum Jombang
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/112104/mahasiswa-as-belajar-islam-di-darul-ulum-jombang

13 Jun 2013 20:16:59
Jombang (Antara Jatim) – Sekitar delapan mahasiswa asing asal Amerika Serikat belajar tentang Islam ke kampus Universitas Pesantren Darul Ulum (Unipdu) Jombang, Jawa Timur. Wakil Rektor Unipdu Jombang Zulfikar As’ad, Kamis mengatakan para mahasiswa itu berasal dari “Michigan University” dan “Lehigh University USA”. Mereka datang untuk belajar tentang Islam. “Mereka datang untuk memahami Islam. Momentum ini baik untuk kami, untuk menyampaikan Islam yang rahmatan lil’alamin, bukan seperti yang mereka bayangkan selama ini. Islam itu agama yang ramah, bukan agama yang marah,” katanya. Ia mengatakan, mahasiswa asing itu hanya melakukan kunjungan selama sehari di kampus. Mereka juga melakukan dialog dengan para mahasiswa di kampus tersebut. Salah seorang mahasiswi “Michigan University” Roxanne mengatakan, di negaranya awalnya banyak orang yang anti terhadap orang-orang Muslim. Terlebih lagi, pascaadanya aksi terorisme dengan melakukan serangkaian aksi bunuh diri. Mereka menilai Islam itu keras, dengan melihat serangkaian aksi radikal yang dilakukan sekelompok orang yang tidak tanggung jawab.

…dst

19 ) Wakil Rektor Jadi Tersangka IT UI
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/06/13/3/161224/Wakil-Rektor-Jadi-Tersangka-IT-UI

Kamis, 13 Juni 2013 | 20:01 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi menetapkan Tafsir Nurchamid sebagai tersangka dalam proyek pembangunan dan pemasangan instalasi di Perpustakaan Universitas Indonesia. Tersangka merupakan wakil rektor UI. “Perlu diumumkan setelah melakukan penyelidikan, penyidik menemukan dua alat bukti yang cukup dalam proyek pembangunan dan pemasangan instalasi di Perpustakan UI. Penyidik menemukan dua alat bukti yang cukup, bahwa TN (Tafsir Nurchamid) Wakil Rektor bidang SDM, Layanan dan Administrasi sebagai tersangka,” kata Juru Bicara Johan Budi SP di Gedung KPK, Kamis (13/6) petang. Menurut Johan, Tafsir diduga melanggar pasal 2 ayat 1 atau pasal 3 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi junto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHPidana. “Dugaannya penggelembungan yang diduga mengakibatkan kerugian negara,” imbuhnya. Ia pun memastikan kasus tersebut akan dikembangkan. Namun, saat ini penyidik belum menemukan dua alat bukti yang cukup untuk menjerat tersangka lain. “Sepanjang belum ditemukan, belum ada tersangka baru,” tegasnya. Seperti diketahui, penyelidikan perkara dugaan korupsi TI UI merupakan tindak lanjut dari laporan kelompok akademisi yang tergabung dalam Save UI. Mereka telah melaporkan serta menyerahkan bukti-bukti dugaan korupsi pada proyek bernilai Rp21 miliar tersebut.

…dst

20 ) Dugaan Korupsi Perpustakaan UI, KPK Tidak Berhenti di Wakil Rektor
http://news.detik.com/read/2013/06/13/211156/2273004/10/dugaan-korupsi-perpustakaan-ui-kpk-tidak-berhenti-di-wakil-rektor?n991101605

Kamis, 13/06/2013 21:11 WIB
Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan Wakil Rektor Bidang Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia dan Layanan Administrasi Umum, Tafsir Nuchamid sebagai tersangka kasus dugaan korupsi proyek pengadaan IT perpustakaan UI. KPK tidak berhenti sampai di wakil rektor saja. Penyidik masih mendalami kemungkinan keterlibatan pihak lain. “Belum berhenti sampai titik ini saja,” ujar juru bicara KPK, Johan Budi di kantor KPK, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (13/6/2013).Keterlibatan pihak lain menurut Johan masih sangat dimungkinkan. Apalagi dalam kasus ini juga melibatkan pihak swasta sebagai penggarap proyek.

…dst

21 ) M. Nuh Pimpin Kementerian Paling Menyimpang
Rp.30,3 Miliar Dikorup oleh 36 Kementerian dan Lembaga Negara
http://polhukam.rmol.co/read/2013/06/13/114314/M.-Nuh-Pimpin-Kementerian-Paling-Menyimpang

Kamis, 13 Juni 2013 , 06:30:00 WIB
RMOL. Terdapat pada 36 Kementarian atau Lembaga Negara penyimpangan dalam penggunaan belanja perjalanan dinas sebesar Rp.30.359.514.679. Modus penyimpangan tersebut antara lain berupa ketidaksesuaian nama dan nomor tiket dengan manifest, perjalanan dinas fiktif, perjalanan dinas rangkap, dan tidak ada bukti pertanggungjawaban. Demikian Hasil Pemeriksaan Laporan (HPL) keuangaan pemeriksaan pusat tahun 2012, yang disampaikan Sekjen Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) kepada redaksi pagi ini, Jakarta, (Kamis, 13/6). Direktur Investigasi Dan Advokasi FITRA, Uchok Sky Khadafi menjelaskan, kalau dirangkingkan, Kemendikbud dibawah kepemimpinan Muhammad Nuh meraih rangking pertama. Berikut data selengkapnya 11 dari 36 Kementerian atau Lembaga Negara yang penyimpangan perjalanan dinas paling tinggi dan besar;

…dst

22 ) IDI tolak besaran premi usulan pemerintah
http://www.antaranews.com/berita/379646/idi-tolak-besaran-premi-usulan-pemerintah

Rabu, 12 Juni 2013 13:15 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menolak usulan pemerintah yang menetapkan premi penerima bantuan iuran (PBI) jaminan kesehatan sebesar Rp15.500, karena dinilai belum cukup untuk penyediaan pelayanan kesehatan yang memadai. “Pengurus Besar IDI menyatakan sikap menolak usulan premi PBI sebesar Rp15.500 per orang per bulan, karena berakibat tidak memadainya pelayanan kesehatan dan tidak mampu mendorong persebaran tenaga kesehatan dalam rangka mewujudkan keadilan sosial kesehatan,” kata Ketua Umum Pengurus Besar IDI, dr Zaenal Abidin, di Jakarta, Rabu. Pernyataan tersebut dia sampaikan dalam diskusi publik yang digelar di Kantor Pengurus Besar IDI dengan tema “Sistem Jaminan Sosial Nasional Dalam Perspektif Ekonomi: Premi Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan, Benarkah Akan Mengancam Fiskal Negara?”. Menurut dia, dengan alokasi premi PBI yang dinilai masih rendah, yaitu Rp15.500, untuk kelompok tertentu justru berpotensi menimbulkan diskriminasi terhadap masyarakat miskin.

…dst

23 ) Sukses Turunkan Angka Kelaparan, FAO Beri Penghargaan Indonesia
http://www.setkab.go.id/berita-9050-sukses-turunkan-angka-kelaparan-fao-beri-penghargaan-indonesia.html

Kamis, 13 Juni 2013 – 15:42 WIB Oleh : DESK INFORMASI SETKAB
Organisasi Pangan Dunia atau Food Agriculture Organization (FAO memberikan penghargaan kepada Indonesia atas keberhasilnnya menurunkan angka kelaparan. Penghargaan akan disampaikan pasa Special Event on “Recognizing notable and outstanding progress in fighting hunger” yang merupakan bagian dari rentetan acara Konperensi FAO ke-38 di Roma, Italia, pada 15-22 Juni 2013. Indonesia dijadwalkan akan menerima penghargaan “FAO Award Outstanding Progress in fighting Hunger and Undernourishment” ini pada16 Juni mendatang. Penghargaan tersebut diberikan atas pencapaian Indonesia dalam memenuhi target pertama Millenium Development Goals (MDGs) terkait upaya menurunkan jumlah penduduk yang menderita kelaparan. Menurut Dirjen FAO Jose Graziano da Silva, Indonesia merupakan satu dari 19 negara yang dinilai berhasil mengurangi jumlah penduduk kekurangan gizi, dari sekitar 20 persen dari total jumlah penduduk pada dekade 1990-an menjadi 8,6 persen pada tahun 2012.

…dst

24 ) SBY: Kondisi Indonesia Mirip 2005 dan 2008
http://www.tempo.co/read/news/2013/06/12/078487861/SBY-Kondisi-Indonesia-Mirip-2005-dan-2008

Rabu, 12 Juni 2013 | 22:57 WIB
TEMPO.CO, Jakarta–Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan kondisi perekonomian Indonesia saat ini, di mana nilai tukar rupiah dan indeks harga saham bergejolak, telah diperkirakan sebelumnya. “Oleh karena itu, saat ini pemerintah bersama Bank Indonesia dan pihak-pihak terkait sedang dan terus bekerja untuk mengelola dan mengatasi masalah-masalah yang kita hadapi,” kata SBY, di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 12 Juni 2013. Menurut dia, situasi perekonomian yang dihadapi Indonesia saat ini mirip seperti 2005 lalu, persis sebelum pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak bersubsidi saat itu. “Tapi Alhamdulillah, permasalahan itu dapat kami atasi dengan baik,” ujar SBY. SBY juga menilai situasi ekonomi Indonesia sekarang memiliki kesamaan dengan kondisi perekonomian pada 2008 lalu. Meski secara global kondisinya tak seburuk tahun itu.

…dst