1 ) 585 Ribu Peserta Ikuti Seleksi Masuk PTN
http://www.jpnn.com/read/2013/06/17/177270/585-Ribu-Peserta-Ikuti-Seleksi-Masuk-PTN-#

Senin, 17 Juni 2013 , 07:38:00
JAKARTA – Sebanyak 585.789 pelamar seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBM PTN) bersaing masuk kampus negeri melalui ujian tulis mulai besok pagi (18/6). Panitia mengimbau seluruh peserta ujian sudah memastikan lokasi atau tempat tes yang tersebar di sejumlah lokasi hari ini (17/6). Rekapitulasi akhir panitia menyebutkan bahwa pelamar SBM PTN tersebut didominasi lulusan Ujian Nasional (Unas) 2011 dan 2012. Mereka bersaing masuk kampus negeri yang hanya menyediakan kursi mahasiswa baru sekitar 90 ribu melalui saringan SBM PTN. Jadi, rata-rata setiap peserta harus bisa menyisihkan enam peserta lainnya. Tetapi, khusus di program studi (prodi) yang banyak peminatnya, seperti di fakultas kedokteran (FK), tingkat persaingannya semakin besar. Ketua Panitia SBM PTN Akhmaloka menuturkan, rangkaian persiapan menjelang ujian tulis SBM PTN sudah berjalan sesuai dengan jadwal. “Besok pagi (hari ini) mulai penempelan nomor peserta ujian di bangku-bangku ruang ujian. Jadi, peserta bisa melihatnya,” tutur rektor Insititut Teknologi Bandung (ITB) itu. Akhmaloka menyarankan, seluruh peserta ujian, khususnya dari luar kota, harus mengecek lokasi ujian hari ini. “Jangan mencari lokasi ujiannya pada hari H,” tuturnya. Sebab, risikonya, peserta ketinggalan atau bahkan sama sekali tidak bisa mengikuti ujian tulis.

…dst

2 ) Antisipasi Joki, Peserta Ujian SBMPTN Wajib Bawa Ijazah Asli
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/06/17/mojiav-antisipasi-joki-peserta-ujian-sbmptn-wajib-bawa-ijazah-asli

Senin, 17 Juni 2013, 20:47 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Untuk mengantisipasi tindak perjokian pada ujian tulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), panitia mewajibkan peserta membawa ijazah asli saat ujian berlangsung. Hal ini dilakukan untuk pencocokan foto peserta dengan ijazah yang bersangkutan. “Peserta wajib membawa kartu peserta, kartu identitas dan ijazah asli. Ketiganya akan kita cocokkan foto dan data identitasnya,” ujar Humas panitia lokal SBMPTN Yogyakarta, Anwar Effendi, Senin (17/6). Ujian tulis SBMPTN sendiri digelar Selasa (18/6) hingga Rabu (19/6). Kebijakan membawa iajazah asli tersebut kata dia, sudah dilakukan sejak 2012. Namun saat itu surat keterangan lulus masih diperbolehkan. Sedangkan, tahun ini peserta SBMPTN harus memperlihatkan ijazah asli. Sementara kartu identitas yang ditunjukan bisa kartu tanda penduduk (KTP) atau surat izin mengemudi (SIM). “Saat peserta mau masuk ruang ujian, pengawas akan mencocokkan kartu peserta dengan kartu identitas dan ijazah. Baru peserta diperbolehkan masuk ruang ujian,” tambahnya.

…dst

3 ) Walah, Panlok Saja Bingung apalagi Peserta SBMPTN!
http://kampus.okezone.com/read/2013/06/17/373/823212/walah-panlok-saja-bingung-apalagi-peserta-sbmptn

Senin, 17 Juni 2013 16:17 wib
JAKARTA – Ujian tertulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 siap digelar besok di sekira 2.000 ruang kelas. Namun ternyata, masih banyak calon mahasiswa yang kebingungan melihat persyaratannya. Para calon peserta pun masih bingung atas informasi yang didapat, khususnya bagi mereka lulusan 2011 dan 2012. Apakah harus membawa ijazah asli atau fotokopi yang berlegalisir saat ujian berlangsung. Sebelumnya, Panitia Lokal (Panlok) SBMPTN 2013 Bandung menerangkan, bagi lulusan 2011 dan 2012, diwajibkan membawa ijazah asli saat akan mengikuti ujian. Namun di keterangan kartu peserta tidak demikian. Pada kartu tersebut tercantum nomor peserta, nama peserta, kelompok ujian, tahun ijazah, alamat peserta, pas foto peserta, jadwal pelaksanaan ujian, dan ditulis membawa fotokopi ijazah berlegalisir. Pasalnya, informasi dari panitia pusat diwajibkan membawa ijazah asli. Jadi, sebenarnya, mana yang benar ya? Ijazah asli atau fotokopi ijazah berlegalisir? Okezone pun coba menghubungi panlok di tiga kota, yakni Jakarta, Bandung, dan Bogor, namun mereka malah terkesan tidak paham dengan aturan tersebut.

…dst

4 ) Indonesia berpotensi jadi negara riset
http://www.antaranews.com/berita/380407/indonesia-berpotensi-jadi-negara-riset

Senin, 17 Juni 2013 05:37 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Profesor Yohanes Surya mengatakan Indonesia bisa menjadi negara riset pada 2030 apabila semakin banyak perguruan tunggi yang menggalakkan dan membudayakan riset serta penelitian dalam pendidikannya. “Masih sedikit perguruan tinggi yang mengembangkan riset sesuai program studinya termasuk universitas negeri,” kata Yohanes, di Jakarta, Senin. Optimisme profesor yang banyak “mencetak” juara olimpiade sains itu merujuk pada potensi pengajar perguruan tinggi selevel doktor yang bisa merangsang anak didiknya untuk melakukan penelitian atau lebih jauh lagi menciptakan penemuan. Yohanes menilai pengajar setingkat doktor memiliki pengalaman melakukan penelitian yang bisa ditularkan kepada anak didiknya. “Penemuan-penemuan mereka bisa memberi sumbangsih kepada negara dengan paten uang didaftarkan. Jangan sampai kita semakin tertinggal dari Singapura dan Malaysia yang tergolong unggul di kawasan ASEAN dalam meneliti serta mematenkan penemuan mereka,” kata dia.

…dst

5 ) Rp1,6 Miliar Meluncur untuk Penelitian Mahasiswa
http://kampus.okezone.com/read/2013/06/17/373/823368/rp1-6-miliar-meluncur-untuk-penelitian-mahasiswa

Senin, 17 Juni 2013 19:08 wib
YOGYAKARTA – PT Indofood Sukses Makmur Tbk mengalokasikan dana hingga Rp1,6 miliar untuk membantu penelitian kepada mahasiswa dan tim khusus. Setidaknya, ada 235 proposal penelitian bidang pangan mahasiswa S1 yang diajukan untuk memperoleh bantuan dana penelitian. Manager Corporate Social Responsibility Indofood Sukses Makmur Deni Puspahadi mengatakan Program Indofood Riset Nugraha (IRN) periode 2013-2014 ini, mengangkat tema penganekaragaman Pangan Melalui Pemanfaatan Aneka Tepung Komposit dengan Memaksimalkan Komoditas Lokal. Program ini memberikan bantuan penelitian kepada 51 proposal penelitian dari Mahasiswa dari 32 perguruan tinggi. “Jumlah ini meningkat dari tahun lalu yang hanya 224 proposal,” jelasnya, saat penyerahan bantuan penelitian di Yogyakarta, Senin (17/6/2013). Pada penelitian kali ini kebanyakan komoditas yang diteliti lebih kepada bahan ubi jalar. Ditengarai tingginya minat ini, tidak lepas dari banyaknya potensi ubi jalar di masyarakat. Ubi jalar juga bisa menggantikan beras karena mengandung karbohidrat dengan indeks glikemik yang rendah.

…dst

6 ) Unair kembangkan obat herbal untuk anti-demam berdarah
http://www.antaranews.com/berita/380383/unair-kembangkan-obat-herbal-untuk-anti-demam-berdarah

Minggu, 16 Juni 2013 23:18 WIB
Surabaya (ANTARA News) – Institute of Tropical Disease (ITD) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya saat ini mengembangkan obat herbal untuk anti-demam berdarah. “Jika obat ini berhasil dikembangkan, maka Unair bisa membantu pemerintah menaikkan bargaining point dalam negosiasi global,” kata Ketua ITD Unair Prof Nasronuddin di Surabaya, Minggu. Ia mengatakan proyek itu juga akan berdampak nasional, karena proyek itu akan banyak menyerap tenaga kerja, sebab bahan utama obat ini bisa ditanam di Indonesia secara massal di area yang luas. “Salah satu tempat yang cocok untuk mengembangkan tanaman itu adalah Provinsi Maluku Utara dan pemerintah daerah setempat telah mengizinkan pengembangan tanaman tersebut di daerah mereka,” katanya. Menurut dia, target Unair dalam pengembangan obat anti-demam berdarah itu memang tidak hanya melibatkan peneliti, tetapi memberi dampak pada ekonomi dan sosial masyarakat. “Pemerintah daerah bisa menyediakan lapangan pekerjaan dengan membuka kebun untuk penanaman bahan utama obat itu. Jadi, kami bisa menjaga kepercayaan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) yang telah menetapkan ITD Unair sebagai Pusat Unggulan Iptek (PUI) Nasional di bidang Kesehatan dan Obat, khususnya Riset Biologi Molekuler,” katanya.

…dst

7 ) Mahasiswa Ubaya Ciptakan Alat Bantu Lansia “Pouger”
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/112303/mahasiswa-ubaya-ciptakan-alat-bantu-lansia-pouger

17 Jun 2013 15:00:41|
17 Jun 2013 15:00:41| Pendidikan/Pesantren | Penulis : Edy M Yakub
Surabaya (Antara Jatim) – Empat mahasiswa Universitas Surabaya (Ubaya) menciptakan alat bantu bagi orang lanjut usia (lansia) dalam menuang air untuk minum atau minum obat yang dinamakan “Pouger” atau “Pour The Liguid With Your Finger”. “Ya, dengan Pouger ini, maka para lansia dapat menuangkan air dengan satu jari yang ditempelkan teko air dari plastik tanpa khawatir akan tumpah,” kata anggota tim mahasiswa Ubaya, Steven Sanjaya, di kampus setempat, Senin. Didampingi tiga rekannya yakni Yoana Kartika Handoko dan Hendro Ongkowijoyo (Teknik Industri FT) serta Kristi Oktiviani (Desain Manajemen Produk FIK), mahasiswa semester 6 Teknik Industri FT Ubaya itu mengaku ide serupa belum pernah ada. “Alat bantu untuk lansia yang selama ini ada untuk mandi atau aktivitas kaki, sedangkan untuk menuangkan air untuk diminum atau alat bantu untuk minum obat belum pernah ada. Alatnya sepele tapi fungsinya penting untuk para lansia,” katanya. Hal itu, katanya, karena lansia memang identik dengan meminum suplemen dalam setiap harinya, sehingga butuh bantuan orang lain untuk menyiapkan suplemen dan menuangkan air minum karena persendian di pergelanganna sudah lemah.

…dst

8 ) KORUPSI DI UI
Wakil Rektor Tak Sendirian
http://cetak.kompas.com/read/2013/06/17/02135845/wakil.rektor.tak.sendirian

Senin, 17 Juni 2013
Jakarta, Kompas – Komisi Pemberantasan Korupsi memastikan Wakil Rektor Universitas Indonesia Tafsir Nurchamid bukan pelaku tunggal dalam kasus dugaan korupsi pembangunan dan pengadaan instalasi teknologi informasi perpustakaan UI. KPK masih terus mengembangkan penyidikan kasus ini untuk membidik tersangka lain. Wakil Ketua KPK Adnan Pandu Praja, di Jakarta, Minggu (16/6), mengatakan, tidak mungkin pelaku korupsi pembangunan dan pengadaan instalasi teknologi informasi (TI) di perpustakaan UI pelakunya tunggal. “Biasanya begitu (pelakunya tidak sendirian),” katanya. “Yang riil sekarang wakil rektor (tersangka). Kita lihat perkembangannya, jika ada yang lain dan berbasis bukti yang cukup, akan dikembangkan juga oleh KPK karena pelaku korupsi tidak pernah single actor,” kata Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas. Menurut Busyro, karakter dasar kasus korupsi, terutama dalam pengadaan barang, selalu tidak sendirian pelakunya. “Karakter dasarnya selalu kolektif, tidak tunggal,” ujarnya. Kamis pekan lalu, Juru Bicara KPK Johan Budi SP mengumumkan Tafsir sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pembangunan dan instalasi TI perpustakaan UI. Tafsir diduga menggelembungkan dana pembangunan dan instalasi TI perpustakaan UI. Pekan lalu, Tafsir mengatakan dirinya bukan satu-satunya orang yang bertanggung jawab. “Kan ada panitia lelangnya juga. Ini kan berasal dari dana masyarakat,” ujar Tafsir. (BIL)

***

9 ) Demo Tolak Kenaikan BBM
Dosen UMI Ramai-ramai Kawal Mahasiswa Demo
http://makassar.tribunnews.com/2013/06/17/dosen-umi-ramai-ramai-kawal-mahasiswa-demo

Senin, 17 Juni 2013 15:18 WITA
MAKASSAR,TRIBUN-TIMUR.COM-Ratusan mahasiswa Universitas Mahasiswa Muslim Indonesia (UMI) Makassar demonstrasi menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) di pelataran Kantor DPRD Sulsel, Jl Urip Sumihardjo, Makassar, Senin (17/6/2013). Asisten Wakil Rektor UMI Zakir Sabara HW memimpin tim dosen pengawal mahasiswa demonstran UMI selama aksi hingga di gedung wakil rakyat itu. Ketua DPRD Sulsel Moh Roem dan sejumlah anggota DPRD Sulsel tampak hadir meladeni aksi mahasiswa. “Selama ini, mahasiswa UMI selalu dicap anarkis meski yang berbuat bukan anak UMI. Kami turun mengawal mahasiswa kami agar demo tepat sasaran dan tidak anarkis, kami mengantisipasi jangan sampai ada penyusup lagi dan provokator,” kata Zakir yang juga dosen teknik UMI ini kepada wartawan.

…dst

10 ) Polisi Pukul Mundur Pendemo di Depan DPR
http://news.detik.com/read/2013/06/17/202947/2276165/10/?ntprofil

Senin, 17/06/2013 20:29 WIB
Jakarta – Aksi demonstrasi yang dilakukan oleh kelompok mahasiswa di depan gedung DPR MPR berakhir ricuh. Polisi akhirnya memukul mundur para demonstran yang sebelumnya sempat melempar petasan dan bom molotov ke dalam gedung DPR. Polisi awalnya bersiaga di dalam gedung DPR , Senayan, Jakarta Pusat, Senin (17/6/2013) pukul 20.15 WIB dengan dua unit mobil water cannon. Tiba-tiba sejumlah oknum mahasiswa melempar petasan dan botol kaca ke arah polisi. Polisi tak diam. Mereka akhirnya bergerak dan membubarkan demonstrasi secara paksa dengan dua unit mobil water cannon dan baracuda. Pasukan polisi anti huru-hara langsung menyerbu ke luar gedung DPR dengan dibantengi oleh mobil water cannon dan baracuda. Mahasiswa kemudian sempat membalas dengan lemparan batu ke arah polisi, namun akhirnya mereka mundur dan lari ke arah Petamburan.

…dst