1 ) Innalillah, Mantan Rektor UNM Prof Dr Idris Arief Meninggal
http://makassar.tribunnews.com/2013/06/22/innalillah-mantan-rektor-unm-prof-dr-idris-arief-meninggal

Sabtu, 22 Juni 2013 09:27 WITA
MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM -Inna lillahi wa inna ilayhi raji’un. Mantan Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof Dr Idris Arief MS, meninggal dunia, Sabtu pukul 06.30 Wita, pagi tadi. Prof Idris meninggal dunia di Rumah Sakit Awal Bros, Makassar. Kabar tesebut disampaikan oleh Humas STIEM Bongaya Makassar, Dr Ansir Lautu ST SE MM. “Innalilliahi wainna ilahi rajiun telah berpulang kerahmatullah bapak Prof Dr H M Idris Arief MS pada hari ini sabtu jam 6.30 di R.S Awal Bros semoga amal ibadahnya diterima disisi Allah SWT, Amien Ya Rabbal Alamin,” kata Ansir melalui pesan SMS-nya ke Tribun. Almarhum merupakan Ketua Yayasan Pendidikan Bongaya Ujung Pandang (YPBUP), STIEM Bongaya Makassar sejak 16 Februari 1985. (*)

…dst

2 ) Begini Cara IPB Cegah Mahasiswa Oportunis
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/06/22/mosazr-begini-cara-ipb-cegah-mahasiswa-oportunis

Sabtu, 22 Juni 2013, 16:00 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,BOGOR–Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Institut Pertanian Bogor Prof Yonny Koesmaryono mengatakan perguruan tinggi itu mempunyai mekanisme untuk menangkal calon mahasiswa yang berlaku oportunis. “Caranya, bagi calon mahasiswa yang telah diterima di IPB melalui jalur tanpas tes, kami panggil mereka bersama orang-tuanya pada saat bersamaan dengan pelaksanaan ujian masuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN),” katanya di Bogor, Jawa Barat, Sabtu. Ia menegaskan bahwa IPB sengaja mengambil waktu acara pertemuan orang-tua mahasiswa baru bersamaan dengan SBMPTN yang telah dilaksanakan pada Selasa (18/6). “Jadi, itu dilakukan karena IPB tidak mau diduakan,” kata Yonny Koesmaryono yang juga Ketua Panitia Lokal SBMPTN Bogor. Calon mahasiswa yang berlaku oportunis itu disebutnya “serakah” karena dengan meninggalkan tempat yang semestinya diambil –karena yang bersangkutan diterima tanpa tes di PTN–masih ingin mengikuti ujian atau jalur lainnya.

…dst

3 ) Kuota SNMPTN UGM tak terpenuhi
http://nasional.sindonews.com/read/2013/06/21/15/752583/kuota-snmptn-ugm-tak-terpenuhi

Sabtu, 22 Juni 2013 ? 00:01 WIB
Sindonews.com – Kuota Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di DIY tidak bisa dipenuhi. Sejumlah peserta SNMPTN tidak melakukan registrasi ulang ke Perguruan Tinggi Negeri(PTN) meski jadwalnya sudah ditutup pada 19 Juni. Di UGM misalnya, sebanyak 363 peserta yang lolos ke UGM dari jalur SNMPTN tidak melakukan registrasi ke Direktorat Administrasi Akademik (DAA) UGM, padahal kuota UGM untuk mahasiswa baru (maba) dari jalur tersebut mencapai 3.317 orang atau 50% dari total maba pada tahun ajaran baru nanti. “Hingga penutupan pukul 15.00 WIB, jumlah peserta SNMPTN yang melakukan registrasi sebagai mahasiswa baru hanya 2.954 orang,” ujar Kepala Bagian Humas UGM Wijayanti, di kampus UGM, Yogyakarta, Jumat (21/6/2013). Jumlah tersebut, menurut wanita yang akrab disapa Wiwit ini, juga jauh lebih kecil dibandingkan saat mereka mengikuti tes TOEFL dan Tes Potensi Akademik (TPA). Sebanyak 3.137 orang yang dinyatakan lolos SNMPTN mengikuti kedua tes tersebut untuk menjajaki kompetensi kelulusan mereka. Tidak terpenuhinya kuota tersebut dimungkinkan karena sejumlah maba masih mengikuti proses permohonan keringanan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT). Mereka nantinya diberikan waktu khusus untuk melakukan registrasi sendiri.

…dst

4 ) PTN Buka Jalur Mandiri
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/06/22/228483/PTN-Buka-Jalur-Mandiri

22 Juni 2013
SEMARANG -Perguruan tinggi negeri (PTN) mulai membuka jalur mandiri setelah melaksanakan seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN), seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN), maupun SPMB-PTAIN. Kuota yang disediakan rata-rata 10% dari total daya tampung PTN pada tahun akademik 2013/2014 ini.Untuk Universitas Diponegoro (Undip), pendaftaran jalur mandiri dibuka mulai 29 Mei 2013. Lalu pendaftaran jalur mandiri Universitas Negeri Semarang (Unnes) atau dikenal dengan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes itu dibuka mulai 20 Juni 2013, sedangkan IAIN Walisongo Semarang akan membuka jalur mandiri mulai 1 Juli 2013. Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi MES PhD menyatakan, dengan selesainya proses seleksi mahasiswa baru melalui SBMPTN masih akan diteruskan ujian mandiri (UM) 2013. Pendaftaran UM Undip diselenggarakan 29 Mei – 28 Juni 2013, sedangkan tes masuk 7 Juli. Secara keseluruhan daya tampung S-1 sebanyak 7.931 orang. Rinciannya, jalur SNMPTN 3.966 orang, SBMPTN 2.398 orang, dan jalur UM 1.567 orang. Pembantu Rektor I Bidang Akademik Unnes Dr Agus Wahyudin mengatakan, Unnes menyediakan 10% kursi dari total penerimaan mahasiswa baru lewat jalur SPMU. Pendaftaran dapat dibuka melalui online di laman www.spmu. unnes.ac.id. `’Pendaftaran dibuka hingga 16 Juli 2013. Untuk kuota, kami menyediakan 734 kursi dari total 6.680 mahasiswa yang akan diterima Unnes tahun ini,” ungkapnya.

…dst

5 ) Rekrut Karyawan, Google Tidak Butuh Ijazah Kuliah
Hal itu tidak lagi berharga bagi perusahaan.
http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/422809-rekrut-karyawan–google-tidak-butuh-ijazah-kuliah

Sabtu, 22 Juni 2013, 06:19
VIVAnews – Ada kabar bagus bagi Anda yang tidak sempat menikmati bangku kuliah, tapi ingin bekerja di tempat yang mentereng. Jangan berkecil hati. Ya, perusahaan internet raksasa, Google dalam merekrut karyawan baru tidak lagi meminta IPK dan transkip nilai calon karyawan. Rekrutmen unik itu terjadi setelah pengalaman Google bertahun-tahun yang menyertakan transkip nilai dan IPK sebagai syarat melamar pekerjaan. Perusahaan berbasis di Sillicon Valley, California itu akhirnya menyadari pertimbangan nilai itu tidak lagi berharga bagi perusahaan. Senior Vice President for People Operations, Laszlo Bock mengungkapkan, setelah pengalaman itu, Google saat ini lebih mencari calon karyawan yang tidak sempat kuliah. “Yang menarik adalah proporsi orang yang tidak kuliah di Google telah meningkat dari waktu ke waktu,” ungkap Bock dalam sebuah wawancara dengan The New York Times yang dikutip Business Insider. “Jadi kami memiliki tim, yang mana 14 persen dari tim itu terdiri dari orang-orang yang tidak pernah kuliah,” tambahnya. Bock mengkritik penentuan IPK sebagai ukuran dalam perekrutan karyawan. Ia beralasan IPK adalah parameter buatan bagi orang agar sangat terlatih untuk berhasil dalam lingkungan tertentu.

…dst

6 ) GANN sosialisasi narkoba ke 10 kampus di Jakarta
http://nasional.sindonews.com/read/2013/06/21/15/752384/gann-sosialisasi-narkoba-ke-10-kampus-di-jakarta

Jum’at, 21 Juni 2013 ? 12:32 WIB
Sindonews.com – Gerakan Nurani Nusantara (GANN) menggelar sosialisasi soal narkoba ke sejumlah Universitas di Jakarta. Sosialisasi itu digelar dalam rangka memperingati Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) yang jatuh 26 Juni 2013. Setidaknya ada 10 Universitas yang dijadikan tempat sosialisasi itu. Salah satunya adalah acara yang digelar oleh Divisi Mahasiswa Anti Narkoba (DMAN) Universitas Trisakti bersama GANN di kampus Universitas Trisakti, Jakarta. Dalam acara yang bertajuk ‘Breaktrough Generation’ itu mahasiswa diberikan sosialisasi anti narkotik dengan cara yang menarik. Misalnya pemberian motivasi untuk hidup sehat dengan mengusung slogan ‘Hidup Positif Bermakna Tanpa Narkoba’ oleh Ketua Umum GANN M. Fariza Y Irawady. Dengan kemasan sosialisasi yang menarik diharapkan pesan uang disampaikan menjadi lebih dapat dipahami. Mahasiswa yang mengikuti kegiatan sosialisasi ini terlihat antusias, ini dikarenakan acara ini berhasil dikemas dalam gaya yang komunikatif dan menarik.

…dst

7 ) Gandeng 10 Kampus, Usakti Gencar Sosialisasi Cegah Narkoba
http://www.jpnn.com/index.php?mib=berita.detail&id=177895

Kamis, 20 Juni 2013 , 21:44:00
JAKARTA – Universitas Trisakti (Usakti) kembali melakukan sosialisasi pencegahan penyalahgunaan narkoba. Menjelang Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) pada 26 Juni 2013, Divisi Mahasiswa Anti Narkoba (DMAN) Usakti menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN), Gerakan Nurani Nusantara (GANN) dan ratusan mahasiswa dari 10 kampus se-Jakarta di Kampus Usakti, Jakarta, Kamis (20/6). Ketua Umum DMAN Usakti Adelisa menyebutkan perwakilan mahasiswa dari 10 kampus di Jakarta di antaranya UIN Jakarta, UPN Veteran Jakarta, Politeknik Negeri Jakarta, Universitas Indonesia, Universitas Esa Unggul. “Acara ini juga dimeriahkan oleh aksi teatrikal dari Unit Seni Busdya Trisakti serta Band The Hamster yang merupakan band binaan BNN dan GANN,” kata Adelisa dalam rilisnya yang diterima JPNN. Sementara itu, Ketua Tim Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba (TPPN) Usakti, Hein Wangania mengatakan DMAN Trisakti dibentuk atas inisiatif para mahasiswa sendiri pada tahun 2004. Pembentukan lembaga ini dilakukan untuk mencegah para mahasiswa dari penggunaan barang haram tersebut. “TPPN Universitas Trisakti sendiri sudah berdiri sejak tahun 1999 atas inisiatif Rektor Universitas Trisakti dan merupakan bukti konkrit komitmen Universitas Trisakti dalam penanggulangan narkoba,” ucapnya.

…dst

8 ) Kampus Ini Tawarkan Biaya Kuliah Hanya Rp 10 Juta Sampai Wisuda
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/06/22/mornwq-kampus-ini-tawarkan-biaya-kuliah-hanya-rp-10-juta-sampai-wisuda

Sabtu, 22 Juni 2013, 06:29 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, MALANG — Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Budi Utomo Malang memberlakukan kuliah berbiaya murah, bahkan seluruh kegiatan mahasiswa mulai pendaftaran hingga wisuda hanya sekitar Rp10 juta. Rektor IKIP Budi Utomo (IBU) Malang Nurcholis Sunuyeko di Malang, Sabtu mengatakan untuk memenuhi segala kebutuhan mahasiswa dan operasional kampus memang ada subsidi sekitar 30 persen dari biaya total mahasiswa selama kuliah. “Subsidi ini bukan berbentuk uang tunai, tapi dalam bentuk efesiensi berbagai kegiatan yang masih bisa ‘direkayasa’, namun tidak mengurangi kualitas perkuliahan sama sekali,” katanya. Ia mengemukakan berdasarkan hitungan kasar Dirjen Dikti, kuliah dengan biaya standar sekitar Rp15 juta hingga Rp18 juta, mulai dari pendaftaran hingga wisuda. Namun, di IKIP Budi Utomo hanya Rp10 juta. Efesiensi tersebut di antaranya adalah kegiatan fakultas yang dijadikan satu dengan kegiatan kampus, penggunaan teknologi informasi yang canggih dan praktik mengajar di lapangan yang ditempatkan di daerah asal masing-masing mahasiswa, banyak memberikan manfaat dan menghemat biaya.

…dst

9 ) Lagi Magang, Mahasiswa Unpad Bertemu PM Australia
http://kampus.okezone.com/read/2013/06/22/373/826096/lagi-magang-mahasiswa-unpad-bertemu-pm-australia

Sabtu, 22 Juni 2013 18:15 wib
JAKARTA- Banyak cara yang bisa dilakukan pihak kampus guna meningkatkan kualitas lulusan mereka. Salah satunya melalui kegiatan magang seperti yang dilakukan Fakultas Peternakan (Fapet) Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung. Yudhistira Pratama mahasiswa Fakultas Peternakan Unpad sedang mengikuti magang dalam Program Study Apprentice 2013 di Northen Territory, Australia. Program yang dirintis oleh Cattle Buffalo Club (CBC) Fapet Unpad bekerja sama dengan Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia (ISPI) dan Northern Territory Cattlemen’s Association (NTCA), merupakan sebuah program untuk saling berbagi pengetahuan di bidang Industri Sapi Potong antara Indonesia dengan Australia. Dia pun berkesempatan bertemu dengan Perdana Menteri Australia Julia Gillard, di Gedung Parlemen Australia, Canberra. Pada program kerjasama tersebut, selain Yudhistira, ada 2 orang delegasi lain yang juga bertemu dengan Julia, yakni Deti Inayatun dari Fapet IPB dan Yogi Sidik dari Fapet UGM.

…dst

10 ) UNESA Siap Jadi Pendamping Implementasi Kurikulum 2013
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1462

06/22/2013
Surabaya — Implementasi Kurikulum 2013 akan dimulai pada tahun pelajaran 2013 Juli mendatang. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tengah menyiapkan pelatihan instruktur nasional guna memberi pembekalan terhadap tenaga pendidik dalam mengajar kurikulum baru. Salah satunya menyiapkan dosen dan mahasiswa program S-1 hingga S-3 di perguruan tinggi negeri (PTN). Universitas Negeri Surabaya (UNESA) menjadi salah satu PTN yang akan berperan aktif menjadi pendamping dalam implementasi Kurikulum 2013. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh memberikan pembekalan kepada civitas akademika UNESA dalam acara Penyiapan Calon Pendamping Implementasi Kurikulum 2013 pada Sabtu siang (22/4), di gedung Program Pendidikan Profesi Guru (PPPG) UNESA, Surabaya, Jawa Timur. Mendikbud memberikan paparannya di hadapan 60 dosen dan 80 mahasiswa S-1, S-2 dan S-3, serta 279 mahasiswa dari Program Pendidikan Profesi Guru yang siap memberikan pendampingan dalam penerapan Kurikulum 2013.

…dst

11 ) Mendikbud; BBM Naik, BSM Juga Naik
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/13/06/22/mos7zo-mendikbud-bbm-naik-bsm-juga-naik

Sabtu, 22 Juni 2013, 14:16 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA — Selain BLSM, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Muhammad Nuh juga memberikan beasiswa siswa miskin (BSM). Ada 13,5 juta pelajar mulai SD hingga SMA/SMK yang dinilai berhak menerima bantuan kompensasi tersebut. Nuh mengatakan, besaran dana akan ditambah, sekarang ini tingkat SD dari Rp 350 ribu menjadi Rp 450 ribu per tahun per anak. Kemudian SMP dari Rp 500 ribu naik Rp 750 ribu, sedangkan SMA/SMK meningkat dari Rp 700 ribu ke Rp 1 juta. Menurut Nuh, untuk dana BSM ini, Kemendikbud menyiapkan anggaran Rp 6 triliun dan Kementerian Agama (Kemenag) Rp 1,5 triliun. Dia menambahkan, semua siswa sekolah baik negeri atau swasta tetap akan mendapatkan jatah tersebut. ”Sekarang kita sedang melakukan sinkronisasi data dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), saya jamin lebih tepat sasaran” kata Nuh saat memantau pembagian BLSM di Kantor Pos Kebonrejo, Tugu Pahlawan, Surabaya, Sabtu (22/6).

…dst

12 ) KPS Akan Diselaraskan dengan Dapodik untuk Dapatkan BSM
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1460

06/22/2013
Surabaya — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh memantau penyaluran Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) di Surabaya, Jawa Timur. Pembayaran pertama BLSM di Kota Surabaya berlangsung mulai pukul 07.00 WIB di Kantor Pos Besar Kebonrojo, (22/6). Mendikbud mengatakan, pada sidang kabinet Kamis lalu (20/6), Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menugaskan para menteri untuk memantau penyaluran kompensasi subsidi bahan bakar minyak (BBM). Tidak hanya memantau penyaluran BLSM, tetapi juga bentuk kompensasi lain seperti bantuan beras miskin (raskin) dan Bantuan Siswa Miskin (BSM). “Pengamatan saya, sangat bagus. Tidak pakai ngantri panjang, desek-desekan. Rapi, begitu datang, ngantri, terus diantar, menunjukkan kartu, dan seterusnya,” ujar Mendikbud usai memantau di Kantor Pos Besar Kebonrojo Surabaya. Ia menjelaskan, kompensasi dari kenaikan harga BBM digunakan dalam dua bentuk, yaitu bantuan tunai dan program khusus berupa pembangunan infrastruktur. Bantuan tunai merupakan bantuan yang berdampak langsung, sedangkan program khusus pembangunan infrastruktur salah satunya ditujukan untuk menciptakan lapangan kerja. “Yang tua-tua masa’ disuruh kerja,” ujarnya. Dari hasil pantauannya itu, ia mengakui memang ada prosedur yang harus diperbaiki. Menurut Menteri Nuh, seharusnya para orang tua yang sudah lanjut usia tidak perlu datang langsung ke lokasi pembayaran BLSM. “Saya minta untuk gelombang dua, tolong bisa diantar ke rumah,” tuturnya. Menteri Nuh juga menjelaskan, Kartu Perlindungan Sosial (KPS) tidak hanya bisa digunakan untuk mendapatkan BLSM, tetapi juga untuk mendapatkan Bantuan Siswa Miskin (BSM). Dalam KPS tercantum nama kepala keluarga, nama istri, serta nama anak-anak. “Ini yg namanya by name by address,” kata Menteri Nuh.

…dst