1 ) Sertijab Digelar, UI Resmi Miliki “Kabinet” Baru
http://kampus.okezone.com/read/2013/06/28/373/829239/sertijab-digelar-ui-resmi-miliki-kabinet-baru

Jum’at, 28 Juni 2013 18:32 wib
DEPOK – Setelah terjadinya kekisruhan di Universitas Indonesia (UI) selama setahun lebih, kini UI mulai berbenah. Usai memiliki pejabat rektor yang baru yakni Muhammad Anis, UI kini merombak seluruih jajaran pemimpinnya. Serah terima jabatan hari ini dilakukan untuk jajaran wakil rektor I, II, dan II, serta Sekretaris Universitas dan juga Direktur Kemahasiswaan. Jabatan Wakil Rektor I bidang pendidikan diisi oleh Bambang Wibawarta yang sebelumnya menjabat dekan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) UI. Serta Wakil Rektor II bidang SDM dan Keuangan diisi oleh Adi Zakaria Afiff dari Fakultas Ekonomi, Wakil Rektor III bidang Fasilitas Umum dan Ventura diisi oleh Siti Setiati dari Fakultas Kedokteran. Sementara Sekretaris Universitas akan diisi oleh Tommy Ilyas dari Fakultas Teknik yang sebelumnya dijabat oleh Ketut Surajaya. Selanjutnya jabatan Direktur Kemahasiswaan kini ditampuk oleh Arman Levy dimana sebelumnya dipegang Komarudin. Wakil Rektor I Bidang Pendidikan terpilih Bambang Wibawarta mengatakan tim baru ini sudah memiliki kebijakan bersama akan membawa UI berlari lebih kencang, dinamis, dan lebih berbudaya. Tim ini, kata Bambang, akan berlaku hingga rektor UI yang definitif terpilih atau hingga menunggu statuta rampung dan pemilihan rektor digelar. “Banyak hal yang harus disepakati bersama UI ke depan, tim ini akan berlaku sampai rektor baru definitif terpilih,” jelasnya kepada wartawan di Kampus UI Depok, Jumat (28/6/2013).

…dst

2 ) KPK Geledah Rumah Tersangka Kasus Dugaan Korupsi UI
http://news.detik.com/read/2013/06/28/184015/2287573/10/kpk-geledah-rumah-tersangka-kasus-dugaan-korupsi-ui?n991103605

Jumat, 28/06/2013 18:40 WIB
Jakarta – Penyidik KPK mengggeledah rumah Tafsir Nurchamid. Penggeledahan ini bagian penyidikan kasus dugaan korupsi proyek pembangunan dan instalasi teknologi informasi perpustakaan UI tahun anggaran 2010-2011 yang menjadikan Tafsir sebagai tersangkanya. Ini merupakan penggeledahan kedua terkait kasus dugaan korupsi proyek pembangunan dan instalasi IT perpustakaan UI yang menjerat Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia, Keuangan, dan Administrasi Umum Universitas Indonesia Tafsir Nurchamid. Sebelumnya penyidik KPK telah menggeledah kantor Rektorat UIi.”Sejak pukul 14.00 penyidik KPK melakukan penggeledahan di rumah TN, lokasi di Perum Bilimun, no 9, Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur. Sampai saat ini penggeledahan masih berlangsung,” ujar juru bicara KPK, Johan Budi Di kantornya, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (28/6/2013).

…dst

3  ) Siram Thamrin, Munarman Tak Takut Dan Habib Rizieq Dukung
http://www.suaranews.com/2013/06/siram-thamrin-munarman-tak-takut-dan.html

Friday, June 28, 2013
Juru Bicara Front Pembela Islam (FPI) Munarman mengaku sama sekali tidak takut jika dirinya dilaporkan Thamrin Amal Tomagola ke polisi atas insiden penyiraman teh ke wajah sosiolog Universitas Indonesia (UI) itu. Munarman menegaskan dia cuma takut dengan api neraka. “Kenapa takut? Saya takut masuk neraka, saya tidak takut masuk penjara,” tegas Munarman saat dihubungi merdeka.com, Jumat (28/6). Munarman mengaku sama sekali tidak menyesal telah menyiram Thamrin. Menurut dia, siraman pantas didapat Thamrin yang kerap memotong pembicaraannya. “Orang lagi ngomong juga ditunjuk-tunjuk, nggak sopan,” tegas mantan Ketua Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) ini. Dengan santai, Munarman pun berkelakar dia tidak menyiram Thamrin, tapi hanya ‘ngasih minum.’ “Saya lihat dia (Thamrin) pagi-pagi belum minum teh, haus, ya kita kasih minum. Karena jauh, ya jadinya begitu,” kata Munarman santai.

…dst

4 ) PBHI desak rektor Unas tanggung jawab
http://nasional.sindonews.com/read/2013/06/28/15/755148/pbhi-desak-rektor-unas-tanggung-jawab

Jum’at, 28 Juni 2013 ? 16:28 WIB
Sindonews.com – Perhimpunan Bimbingan Hukum Indonesia (PBHI) menilai Universitas Nasional (Unas) telah melakukan penipuan terhadap mahasiswanya. Pasalnya, ijazah lulusan Program Studi (Prodi) D-IV Kebidanan tidak sah karena Prodi Kebidanan belum terakreditasi. “Unas sebagai institusi pendidikan tidak bisa lepas tangan dalam soal ini. Nah, kalau Unas tidak bisa selesaikan masalah ini, Unas penipu,” ujar Ketua PBHI Poltak Agustinus Sinaga saat mendampingi alumni dan mahasiswa, di kantor Komnas HAM, Jalan Latuharhary, Jakarta Pusat, Jumat (28/6/2013). Poltak mengatakan, pengorbanan mahasiswa yang telah mengeluarkan biaya hingga ratusan juta untuk menempuh pendidikan kebidanan, harusnya mendapatkan status yang jelas dari hasil studinya. “Rektor dan pimpinan Unas harus bertanggung jawab. Kasihan mereka ini,” ungkapnya. Secara khusus Poltak meminta kepada Rektor Unas El Amry bertanggung jawab terhadap puluhan alumni kebidanan tersebut. “Saya tahu betul rektor Unas si Amry itu. Dia itu kan kaum terpelajar dan terdidik. Dia aktif di HMI, organisasi yang katanya mengerti pendidikan,” tegasnya.

…dst

5 ) Aneh, mengapa Unas minta mahasiswanya pindah universitas?
http://nasional.sindonews.com/read/2013/06/28/15/755120/aneh-mengapa-unas-minta-mahasiswanya-pindah-universitas

Jum’at, 28 Juni 2013 ? 15:43 WIB
Sindonews.com – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mempertanyakan pihak kampus Universitas Nasional (Unas) yang meminta mahasiswa program studi D-IV Kebidanan Unas untuk pindah universitas. Komisioner bidang Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM Siane Indriani menemukan, adanya keganjilan atas rencana. Unas ingin memindahkan mahasiswanya ke universitas lain agar memperoleh Surat Tanda Registrasi (STR) bagi mahasiswanya jurusan kebidanan. “Kita ada hal yang aneh mengapa ada solusi, seolah-olah mereka dialihkan ke sekolah lain,” kata Siane, di kantor Komnas HAM, Jakarta, Jumat (28/6/2013). Pada kesempatan itu, dia juga mengkritik pihak Unas yang dianggap tidak transparan menyangkut keluhan yang disampaikan para lulusan dan mahasiswanya.”Saya mendesak Unas untuk bertanggung jawab dengan janjinya itu pada mahasiswa. Kok, aneh minta mahasiswanya pindah sekolah, ada apa ini?” tanyanya.

…dst

6 ) 18 Orang Juarai Lomba Karya Jurnalistik Bidang Pendidikan dan Kebudayaan
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1490

06/28/2013
Jakarta — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui Pusat Informasi dan Humas (PIH) mengadakan Lomba Penilaian Artikel, Lomba Artikel, Lomba Features, dan Lomba Foto Bidang Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2013. Tahun ini sebanyak 18 orang terpilih sebagai juara pertama hingga ke-tiga untuk masing-masing kategori, dimana lomba foto terbagi lagi menjadi kategori pelajar/mahasiswa, kategori umum dan kategori wartawan. Lomba sejenis ini telah diadakan sejak tahun 2007. Saat itu lomba masih sebatas penilaian artikel dan features, ditambah penilaian berita dan tajuk rencana. Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemdikbud, Ibnu Hamad mengatakan, lomba bertujuan untuk memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para penulis serta fotografer atas ide dan karyanya di bidang pendidikan dan kebudayaan, sebagai masukan kepada Kemdikbud. “Dan menjalin hubungan yang harmonis antara Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat dengan insan pers dan para pemangku kepentingan pendidikan,” ujarnya saat memberikan laporan panitia dalam acara penganugerahan dan ramah tamah dengan para pemenang, di Hotel Ambhara, Jakarta, Kamis siang (27/6).

…dst

7 ) Unair Kebanjiran Pendaftar
Jalur Mandiri, ITS dan Unesa Masih Lowong
http://www.jpnn.com/read/2013/06/28/179194/Unair-Kebanjiran-Pendaftar-

Jum’at, 28 Juni 2013 , 17:01:00
SURABAYA – Perebutan kursi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur mandiri semakin ketat. Jumlah pendaftar melebihi kuota yang ditentukan. Di Universitas Airlangga (Unair), misalnya. Hingga kemarin (27/6) pukul 14.00, jumlah pendaftar jalur mandiri sudah mencapai 3.500 orang. Padahal, kuota hanya sekitar 1.800 kursi. Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Unair Dian Agustia menyatakan, jumlah pendaftar jalur mandiri Unair sudah melebihi kuota yang dibutuhkan sebanyak 35 persen. Persaingan masuk jalur mandiri tersebut sangat ketat, yakni 1:2. “”Ini masih akan terus bertambah karena pendaftaran hingga 3 Juli mendatang,”” ujarnya. Dian menyatakan, pendaftar jalur mandiri sangat banyak karena program tersebut menjadi alternatif bagi para peserta yang sudah mendaftar melalui jalur seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBM PTN). Sebab, ujian jalur mandiri Unair dilaksanakan sebelum pengumuman SBM PTN pada 12 Juli. “”Ujian jalur mandiri kan dilaksanakan pada 7 Juli. Jadi, yang ingin masuk ke Unair, mereka akan memilih jalur mandiri sebagai jaga-jaga,”” paparnya. Biaya pendaftaran jalur mandiri Rp 300 ribu. Dian mengungkapkan, untuk sistem pembayaran jalur mandiri, Unair menggunakan uang kuliah tunggal (UKT), uang kuliah semester (UKS), dan uang kuliah awal (UKA). Namun, sistem tersebut masih belum final menjadi acuan Unair karena masih menunggu surat keputusan rektor.

…dst

8 ) Pelatihan Jurnal Ilmiah ITB Bereputasi Internasional
http://kampus.okezone.com/read/2013/06/28/373/828944/pelatihan-jurnal-ilmiah-itb-bereputasi-internasional

Jum’at, 28 Juni 2013 13:02 wib
JAKARTA – Institut Teknologi Bandung (ITB) Journal diminta oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk mengadakan Workshop Internasionalisasi Jurnal. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan reputasi jurnal-jurnal ilmiah Indonesia pada kancah internasional. Workshop tersebut digelar dua kali di dua tempat berbeda, yakni Hotel Permata, Bogor dan Surabaya. Workshop pertama di Bogor dibuka secara resmi oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kemendikbud Djoko Santoso. Demikian, seperti disitat dari situs ITB, Jumat (28/6/2013). Lantas, apa sebenarnya pengertian jurnal ilmiah bereputasi internasional? Jurnal tersebut merupakan sebuah karya ilmiah yang dikelola secara terbuka dengan melibatkan dewan penyunting dari berbagai negara.

…dst

9 ) UGM Akan Terbitkan Ribuan Skripsi Mahasiswanya
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/06/28/mp3yx6-ugm-akan-terbitkan-ribuan-skripsi-mahasiswanya

Jumat, 28 Juni 2013, 21:58 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA–Ribuan skripsi, tesis, dan disertasi hasil karya mahasiswa Universitas Gadjah Mada Yogyakarta yang dianggap berkualitas akan diterbitkan dalam bentuk buku, kata Rektor UGM Pratikno. “Seluruh hasil penelitian tugas akhir mahasiswa itu dicetak oleh penerbitan milik UGM, Gama Press,” katanya pada pelantikan pengelola Gama Press, di Yogyakarta, Jumat. Syaratnya, menurut dia, mahasiswa yang akan dan telah menyelesaikan tugas akhir akan disodori lembar pernyataan bahwa dirinya bersedia apabila hasil penelitiannya dipublikasikan. Jadi dirancang sejak dari awal, skripsi, tesis, dan disertasi mahasiswa siap dipublikasikan. Ia mengatakan, ada ribuan judul penelitian, skripsi, tesis, dan disertasi setiap tahun, tetapi Gama Press tidak mempunyai naskah untuk diterbitkan. Oleh karena itu, status tugas Gama Press diubah.

…dst

10 ) UMY Raih Penghargaan Pelestari Energi Terbarukan
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/06/28/mp3waa-umy-raih-penghargaan-pelestari-energi-terbarukan

Friday, 28 June 2013, 21:01 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA–Universitas Muhammadiyah Yogyakarta meraih penghargaan Indonesia Green Awards 2013 dengan kategori Pelestari Energi Terbarukan karena dinilai mampu menjaga dan melestarikan energi terbarukan. “Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) merupakan satu-satunya perguruan tinggi swasta dan perguruan tinggi Muhammadiyah di Yogyakarta dan Indonesia yang meraih penghargaan tersebut,” kata Rektor UMY Bambang Cipto di Yogyakarta, Jumat. Menurut dia, penghargaan yang diraih UMY itu berdasarkan pada upaya universitas dalam menjaga dan melestarikan energi terbarukan. Energi terbarukan yang dilestarikan tersebut juga dimasukkan dalam kurikulum pendidikan di UMY.”Sejak 2006, kami memiliki Pusat Studi Pengembangan Energi Regional (Pusper). Melalui Pusper, kami melakukan upaya melestarikan energi terbarukan,” katanya.

…dst

11 ) Berkah Bidikmisi, Yessi Dapat Rumah Baru
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1491

06/28/2013
Padang–Program Bidikmisi ternyata tidak hanya membuat mahasiswa kurang mampu dapat menikmati pendidikan tinggi berkualitas, tapi juga mendatangkan berkah lain, yakni dibangunnya rumah baru semi permanen, menggantikan rumah lama yang tidak layak huni. Berkah inilah yang didapatkan oleh Yessi Elia Sukma, mahasiswa program studi Akuntansi Semester IV, Politeknik Negeri Padang (UNP). Rumah baru berukuran 6X6 meter persegi, diatas tanah ulayat (kaum), dengan biaya sekitar Rp 80 juta ini, terletak tepat di depan rumah lamanya, dibangun oleh mahasiswa program studi teknik sipil politeknik UNP sebagai bagian dari praktek kerja mahasiswa.”Dirumah baru sekarang ada dua kamar. Sebelumnya di rumah lama itu hanya ada satu kamar yang di sampingnya terdapat kandang sapi dan ayam”, ujar Yessi yang bercita-cita ingin menjadi akuntan.

…dst

12 ) Rektor UAD Raih Gelar Doktor dari UGM
http://kampus.okezone.com/read/2013/06/28/373/828987/rektor-uad-raih-gelar-doktor-dari-ugm

Jum’at, 28 Juni 2013 15:01 wib
JAKARTA – Rektor Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta Kasiyarno meraih doktor dari Program S-3 Pengkajian Amerika Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UGM. Dia berhasil mempertahankan disertasi yang berjudul Budaya Hegemoni Amerika Serikat di Malaysia Pasca Perang Dingin 1999-2000. Kasiyarno mengatakan, berdasarkan kajian kawasan, kepentingan nasional AS di kawasan Asia, khususnya Asia Tenggara, adalah untuk memantapkan posisi hegemoninya baik secara soft power maupun hard power. Dengan melihat aspek bangunan ideologis, upaya pemantapan posisi tersebut jelas harus memperhitungkan nilai-nilai Asia dan nilai-nilai Islam. “Memang tidak mudah, terutama karena Malaysia di bawah kepemimpinan Mahathir Mohamad seringkali menunjukkan keberanian mengkritik berbagai kebijakan luar negeri AS,” ujar Kasiyarno, seperti dilansir Okezone, Jumat (28/6/2013).

…dst

13 ) Wow, Australia Siapkan Miliaran Rupiah untuk Belajar Bahasa Indonesia
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/13/06/22/mosmr1-wow-australia-siapkan-miliaran-rupiah-untuk-belajar-bahasa-indonesia

Monday, 24 June 2013, 03:07 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Negara Bagian Victoria, Australia, menganggarkan dana satu juta dolar Australia atau sekitar Rp 9,2 miliar untuk meningkatkan pendidikan Bahasa Indonesia bagi warganya. “(Anggaran ini) sekaligus memberikan kesempatan untuk pelajar Victoria agar mengenyam pendidikan di Indonesia,” kata Perdana Menteri Negara Bagian Victoria Denis Naphtine. Dana miliar tersebut dialokasikan untuk meningkatkan jumlah program pembelajaran budaya di berbagai lembaga pendidikan di Victoria, di samping memberikan kesempatan belajar Bahasa Indonesia secara langsung bagi siswa sekolah menengah. Selain itu, terdapat program untuk mengirim seorang ahli Bahasa Indonesia guna memberikan pendampingan bagi sekolah dan guru di Victoria. “Ikatan Pendidikan Indonesia dan Victoria ini diharapkan mampu memperkokoh hubungan antara pemimpin Victoria dan Indonesia di masa depan dalam berbagai aspek,” ujarnya.

…dst

14 ) Mulai 2013 Ini, Masuk Sekolah Kedinasan Harus Ikut Tes CPNS
http://www.menpan.go.id/berita-terkini/1467-masuk-sekolah-kedinasan-harus-test-cpns

28 Juni 2013
JAKARTA – Mulai tahun 2013 seluruh peserta didik yang akan masuk sekolah kedinasan, termasuk IPDN wajib mengikuti tes kompetensi dasar (TKD) CPNS. Setelah selesai mengikuti pendidikan, baru mereka akan diangkat menjadi CPNS. Demikian ditegaskan Menteri PANRB Azwar Abubakar di sela-sela inspeksi mendadak di lingkungan kantor Kementerian PANRB, Jumat (28/06). “Prinsipnya mereka adalah PNS. Karena itu setiap peserta didik yang akan masuk sekolah kedinasan harus mengikuti ujian sebagaimana layaknya masuk menjadi CPNS,” ujarnya. Lebih lanjut, Menteri Azwar Abubakar menjelaskan, mulai tahun 2012 test CPNS telah dilakukan secara adil, obyektif, transparan, dan bebas KKN. Hal ini semestinya juga dapat dilakukan pada test masuk sekolah kedinasan, yang konon banyak diwarnai dengan permainan. Menurut Menteri, setidaknya ada 2 keuntungan yang akan diraih dalam penerimaan CPNS yang adil, obyektif, transparan, dan bebas KKN. “Pertama, kita akan memperoleh pemuda/pemudi terbaik bangsa. Kedua, kita akan mendapatkan peningkatan kepercayaan para pemuda/pemudi Indonesia bahwa mereka telah diperlakukan secara fair oleh Negara.” tambah Azwar.

…dst

15 ) Ucapan Terimakasih, Tanda Kasih dan Gratifikasi
http://www.menpan.go.id/berita-terkini/1468-ucapan-terimakasih-tanda-kasih-dan-gratifikasi

28 Jun 2013
Bogor – Korupsi bukan hal baru, sama dengan gratifikasi dan suap yang acap kali terjadi di lingkungan pemerintahan. Bahkan gratifikasi tergolong kejahatan yang unik, karena pelakunya bisa menceritakan perbuatannya dengan bangga pada orang lain. “Celakanya, orang lain pun secara sadar atau tidak malah minta untuk dilibatkan,” ujar Dosen Universitas Indonesia Ganjar Laksamana. Gratifikasi merupakan salah satu bentuk korupsi yang semakin beraneka ragam modusnya. Biarpun sistem dibuat sedemikian rupa, namun tetap saja diakali dengan alasan ucapan terimakasih. “Padahal, kalau ucapan terimakasih itu mestinya diucapkan. Kalau pakai uang, artinya tanda kasih,” ujarnya ketika menjadi narasumber dalam Pelatihan Manajemen Kinerja dan Manajemen Perubahan, yang diikuti para pejabat eselon I dan II Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) di Bogor, Kamis (27/06). Dalam acara yang dipandu oleh Staf Ahli Bidang Budaya Kerja Aparatur Kementerian PANRB Rini Panganti, itu Ganjar mmengajak pejabat Kementerian PANRB agar membangun komitmen bernegara dan taat pada hukum. “Tidak usah muluk-muluk, kita cegah saja dulu seperti mengingatkan atasan dan teman. Karena memberantas itu pengertiannya adalah pencegahan dan penindakan,” imbuhnya.

…dst