1 ) Dosen UB Temukan Subtitusi Minyak Bumi
http://kampus.okezone.com/read/2013/06/29/372/829446/dosen-ub-temukan-subtitusi-minyak-bumi

Sabtu, 29 Juni 2013 14:29 wib
JAKARTA – Minyak bumi yang merupakan sumber energi untuk kebutuhan sehari-hari, semakin hari semakin menipis. Oleh karena itu, kita harus mencari bahan bakar alternatif lain yang dapat diperbarui. Doktor Teknik Mesin Universitas Brawijaya (UB) Malang M Handono Sasmito pun memberikan alternatif bahan bakar baru, yakni karet. Hal tersebut diungkapkan ketika mempertahankan disertasinya yang berjudul “Produksi Biodiesel Dari Biji Karet Dengan Gelombang Mikro.” “Indonesia memiliki perkebunan karet terluas di dunia yang bisa menjadi sumber daya energi alternatif (biodiesel),” ujar Handono, seperti dikutip dari laman resmi UB Prasetya Online, Sabtu (29/6/2013). Handono menyebut, pada akhir 2012 sumber energi tersebut ditargetkan dapat menggantikan 10 persen kebutuhan solar nasional. Jumlah itu akan bertambah menjadi 15 persen pada akhir 2015. Maka, dia melakukan penelitian terhadap biji karet untuk mendapatkan komposisi zat kimia yang relatif akomodatif terhadap sifat fisik biodiesel yang mengacu pada standar umum. Selain itu ditinjau pula efek penggunaan gelombang mikro. Penelitian yang menggunakan metode penelitian eksperimental dengan melakukan pengamatan secara langsung itu bertujuan untuk mencari data sebab akibat melalui eksperimen sehingga didapatkan data empiris.

…dst

2 ) Universitas Negeri Malang Juara Umum MTQ Mahasiswa
http://www.tempo.co/read/news/2013/06/29/079492166/Universitas-Negeri-Malang-Juara-Umum-MTQ-Mahasiswa

Sabtu, 29 Juni 2013 | 16:17 WIB
TEMPO.CO, Padang – Universitas Negeri Malang meraih juara umum Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Mahasiswa Nasional XIII di Padang, Sumatera Barat. UNM mendominasi di enam cabang perlombaan, dengan perolehan 15 poin. Diurutan kedua, diraih Universitas Sumatera Utara dengan perolehan 12 poin dari empat cabang perlombaan. Tuan rumah Universitas Negeri Padang hanya berada di posisi ketiga, dengan perolehan 11 poin. UNP memperoleh poin dari cabang tartil quran putra dan putri serta khatil quraan. Sementara, tuan rumah lainnya, Universitas Andalas tidak masuk dalam 10 besar. MTQ Mahasiswa Nasional ini diikuti 1.416 peserta dari 126 perguruan tinggi di 32 provinsi Indonesia. Dengan memperlombakan 12 cabang di Universitas Negeri Padang dan Universitas Andalas. Pengumuman para juara MTQ ini disampaikan saat penutupan MTQ Mahasiswa XIII di GOR H Agus Salim Padang yang secara resmi ditutup oleh Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang Pendidikan Musliar Kasim, 28 Juni 2013. Turut hadir, mantan Menteri Agama Said Agil Husin Al Munawar, yang juga sebagai dewan juri.

…dst

3 ) Berkat Beasiswa Unggulan Pradipta Raih S2 Terbaik
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/06/29/3/164775/-Berkat-Beasiswa-Unggulan-Pradipta-Raih-S2-Terbaik

Sabtu, 29 Juni 2013 | 16:38 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Penerima program Beasiswa Unggulan (BU) Biro PKLN Kemendikbud, Pradiptajati Kusuma mengaku sangat terbantu dengan program BU Kemendikbud semasa studi S1 di ITB dan juga ketika studi S2 di UI. “Jadi saya tidak membebani orang tua dalam hal biaya, baik itu biaya kuliah dan biaya hidup, karena waktu itu masih mengkaver juga untuk komponen biaya hidup. Dengan status BU ini, men-trigger saya untuk belajar giat dan serius, karena saya tidak ingin mengecewakan pihak yang telah memercayai dan mendukung saya untuk studi,” kata Pradipta. Saat di ITB, ia menerima award Dean’s List for Academic Achievement selama 4 tahun berturut-turut dari 2007-2010, kandidat Best Achievement Student 2008. Ia mengaku tetap bisa aktif bergabung dalam beberapa aktivitas organisasi kemahasiswaan di ITB dan lulus dengan IPK di atas 3,5 dan status Cum Laude dengan masa studi tepat empat tahun pada 2010. Setelah lulus S1 pada 2010 itu, ia diterima untuk melanjutkan studi di Program Magister Ilmu Biomedik, Fakultas Kedokteran UI.

…dst

4 ) Jaga Akuntabilitas, Seleksi Beasiswa Unggulan Libatkan PTN
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/06/29/3/164768/-Jaga-Akuntabilitas-Seleksi-Beasiswa-Unggulan-Libatkan-PTN

Sabtu, 29 Juni 2013 | 16:36 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Beasiswa Unggulan (BU) Program Biro Perencanaan Kerjasama dan Luar Negeri (PKLN) Kemendikbud melibatkan kalangan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dalam menyeleksi pesertanya. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas dan akuntabilitas program tersebut. “Untuk dapat lulus dari seleksi Beasiswa Unggulan Biro PKLN Kemendikbud mulai tahun 2013 ini ada tim reviewer atau penilai dari eksternal kalangan PTN seperti ITB, ITS, UNDIP dan UGM. Dengan melibatkan kalangan PTN kami harapkan lebih meningkat akuntabilitasnya,”kata Koordinator Program BU Biro PKLN Kemendikbud AB Susanto kepada pers di Kemendikbud, Jakarta, kemarin. Menurut AB Susanto, tahun ini anggaran program BU sejumlah Rp 130,5 miliar yang akan diberikan bagi 6335 mahasiswa untuk program beasiswa tingkat S1, S2 dan S3 baik di dalam maupun luar negeri. Selain itu, didalamnya terdapat beasiswa untuk peneliti, pencipta, penulis, seniman, wartawan, olahragawan dan tokoh masyarakat tersedia 552 orang. Juga terdapat beasiswa bagi mahasiswa asing yang diprioritaskan untuk negara mitra seperti Palestina, Papua Nugini, Samoa, dan lain lain,serta beasiswa bagi mereka yang meraih juara dalam kreativitas.

…dst

5 ) UMY Raih Penghargaan Pelestari Energi Terbarukan
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/06/28/mp3waa-umy-raih-penghargaan-pelestari-energi-terbarukan

Jumat, 28 Juni 2013, 21:01 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA–Universitas Muhammadiyah Yogyakarta meraih penghargaan Indonesia Green Awards 2013 dengan kategori Pelestari Energi Terbarukan karena dinilai mampu menjaga dan melestarikan energi terbarukan. “Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) merupakan satu-satunya perguruan tinggi swasta dan perguruan tinggi Muhammadiyah di Yogyakarta dan Indonesia yang meraih penghargaan tersebut,” kata Rektor UMY Bambang Cipto di Yogyakarta, Jumat. Menurut dia, penghargaan yang diraih UMY itu berdasarkan pada upaya universitas dalam menjaga dan melestarikan energi terbarukan. Energi terbarukan yang dilestarikan tersebut juga dimasukkan dalam kurikulum pendidikan di UMY. “Sejak 2006, kami memiliki Pusat Studi Pengembangan Energi Regional (Pusper). Melalui Pusper, kami melakukan upaya melestarikan energi terbarukan,” katanya. Namun, kata dia, upaya tersebut tidak hanya melalui Pusper, tetapi juga memasukkan pelestarian energi terbarukan itu ke dalam kurikulum pendidikan di UMY.

…dst

6 ) Anis Baswedan: Pendidikan Eskalator Kemajuan Bangsa
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/113110/anis-baswedan-pendidikan-eskalator-kemajuan-bangsa

29 Jun 2013 16:20:21
Malang (Antara Jatim) – Rektor Universitas Paramadina Anis Baswedan mengemukakan pendidikan merupakan eskalator bagi kemajuan sebuah bangsa, namun di negeri ini pendidikan belum menjadi perhatian serius. “Kita harus mulai mengubah image bahwa Indonesia tidak hanya memiliki kekayaan alam saja, tapi juga manusia yang punya integritas dan berpendidikan, termasuk di daerah terpencil,” tegas Anis ketika memberikan pembekalan kepada 550 kepala sekolah Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Sabtu. Ia mencontohkan, Jepang, China dan Taiwan merupakan negara yang mampu “mencuri” perhatian dari perusahaan-perusahaan negara berkembang karena sumber daya manusianya, bukan sumber daya alamnya. Oleh karena itu, katanya, dunia pendidikan ini harus digerakkan. Melalui program “Indonesia Mengajar” yang mendidik anak-anak di seluruh pelosok Tanah Air, termasuk di daerah terpencil, diharapkan ada perbaikan kualitas pendidikan guna mempersiapkan anak-anak Indonesia untuk bersaing di masa mendatang. Menurut dia, minat belajar di SD, SMP dan SMA sangat jauh berbeda, sebab banyak sekali jumlah siswa yang “hilang” ketika menginjak bangku SMA. Ini artinya, pemerintah dan masyarakat sendiri sama-sama kurang memperhatikan pendidikan anak-anak di jenjang SMA.

…dst

7 ) Pancasila jangan lagi diajarkan tekstual
http://www.antaranews.com/berita/382712/pancasila-jangan-lagi-diajarkan-tekstual

Sabtu, 29 Juni 2013 19:51 WIB
Semarang (ANTARA News) – Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas), Budi Susilo Soepandji, mengatakan Pancasila bukan saatnya lagi hanya diajarkan secara tekstual tetapi harus mencakup aspek aktualisasi. “Harus dikaitkan hal-hal aktual, bagaimana penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Jangan lagi (Pancasila, red.) hanya diajarkan tekstual, tetapi bagaimana aktualisasinya,” katanya, di Semarang, Sabtu. Hal tersebut diungkapkannya usai menjadi pembicara pada seminar “Menjaga dan Mengaktualisasikan Pancasila Sebagai `Filosofi Gronslag` dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara” di Hotel Patra Jasa Semarang. Menurut Budi, sekarang ini lembaga-lembaga pendidikan memang cukup variatif berkaitan pembelajaran Pancasila, ada yang mengajarkannya khusus dalam satu pelajaran, ada pula yang memasukkannya dalam pelajaran lain.”Misalnya di perguruan-perguruan tinggi, ada yang memasukkannya dalam mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan, ada juga beberapa yang menghilangkan. Padahal, Pancasila merupakan landasan filosofi bangsa,” katanya.

…dst

8 ) Pendidikan Lintas Batas Untuk APEC SOM III
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1495

06/29/2013
Medan, Sumut–Pendidikan merupakan penopang bagi perkembangan ekonomi. Hasil pertemuan Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) 2012, di Vladivostok, Rusia, mencatatkan kerjasama pendidikan lintas batas antar negara sangatlah penting dilakukan, untuk mendukung perkembangan ekonomi.Tahun ini, pemangku kepentingan APEC akan mengimplementasikan hasil pertemuan tahun lalu, yaitu pendidikan lintas batas. Adapun ruang lingkup pendidikan lintas batas mencakup, perluasan dan kesempatan akses pendidikan kepada siswa, tenaga pendidik, hingga akademisi pendidikan. Selain itu, terdapat pertukaran Sumber Daya Manusia, penelitian yang menembus batas negara, lintas kawasan, waktu, dan dimensi. Kepada tim liputan Pusat Informasi, dan Humas, pemangku kepentingan APEC bidang kerjasama pendidikan untuk Indonesia M.Wahid Supriyadi, menerangkan pendidikan lintas batas akan menjadi isu yang dibahas pada pertemuan tahunan ini.

…dst

9 ) Mahasiswa Bidikmisi dan Sarjana Mendidik SM3T Raih Penghargaan dari Mendikbud
http://www.dikti.go.id/?p=10324&lang=id

Oleh Firman Hidayat – 29 June 2013
Jakarta, 29 Juni 2013–Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI memberikan penghargaan kepada Mahasiswa Bidikmisi dan Sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (SM3T) pada Puncak Acara Hardiknas Tahun 2013 yang dilaksanakan secara on air di Stasiun RCTI siang ini, Sabtu 29 Juni 2013. Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada 9 (sembilan) siswa siswi yang memperoleh Nilai UN terbaik tingkat SD, SMP dan SMA/SMK dan Kepala Daerah yang telah berhasil mencapai 75% Pendidikan Anak Usia Dini di daerahnya yaitu D.I Yogyakarta, Jawa Timur dan Kepulauan Bangka Belitung.Puncak Acara ini bersamaan dengan Putaran Grand Final Ajang Cipta Lagu Anak Indonesia Tahun 2013 yang menurut Muhammad Nuh juga merupakan salah satu cara pendidikan pembentukan karakter melalui jalur non formal. Lagu merupakan media pendidikan terutama bagi anak-anak usia dini, karena lagu dapat mengajarkan nilai-nilai kebaikan. Karena hanya dengan pendidikanlah virus kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan dapat di basmi.

…dst

10 ) Mendikbud: Ayu Dapat Bidik Misi
http://kampus.okezone.com/read/2013/06/28/560/829303/mendikbud-ayu-dapat-bidik-misi

Sabtu, 29 Juni 2013 10:04 wib
JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh akan memberikan bantuan kepada Sarah Melanda Ayu berupa beasiswa melalui program bidik misi ke Politeknik Negeri Jakarta (PNJ). Sebelumnya, M. Nuh mengatakan bahwa dia bersyukur untuk menerima kedatangan Sugiyanto dan Ayu untuk menjelaskan permasalahannya.
“Saya bersyukur ditakdirkan bertemu dengan Sugiyanto dan anaknya, Ayu. Tadi kita diskusi cukup lama, mungkin ini cara Allah mencarikan solusi Sugiyanto. Saya sudah dengar penjelasan permasalahan dari Sugiyanto dan Ayu,” ujar M. Nuh di Ruang Kerja Mendikbud, Gedung A, Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Jumat 28 Juni. Kemudian M. Nuh melanjutkan, ada dua hal pokok yang disampaikan oleh dia. “Yang pertama, urusan ijazah nanti kemendikbud yang akan take over, caranya seperti apa tidak begitu penting, ada caranya sendiri. Kemudian yang kedua, saya tanya mau kuliah tidak? Karena itu saya langsung kontak mana yang masih buka, kemudian kontak ke PNJ,” ucap M. Nuh.

…dst

11 ) Manipulasi Data, Kelulusan Akan Dibatalkan
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/06/29/229303/Manipulasi-Data-Kelulusan-Akan-Dibatalkan-

29 Juni 2013
SEMARANG – Para calon mahasiswa yang lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 dengan cara memanipulasi data akan dibatalkan kelulusannya. Tindakan itu merugikan banyak pihak dan bertentangan dengan dasar-dasar pendidikan karena telah memulai dengan ketidakjujuran. Demikian salah satu hasil rapat evaluasi SNMPTN yang diikuti semua rektor perguruan tinggi negeri (PTN) dari seluruh Indonesia, di Bali, Rabu (26/6). “Selain itu, sekolah asal calon mahasiswa juga akan diberi sanksi berupa tidak diikutsertakan dalam SNMPTN pada tahun berikutnya. Sanksi itu berlaku hanya satu tahun,” kata Rektor Undip Prof Dr Sudharto P Hadi, di kantornya, Jumat (28/6). Untuk mengetahui kecurangan tersebut, lanjut Sudharto, pihak PTN akan memverifikasi ulang data setiap mahasiswa yang sudah diterima lewat jalur prestasi tersebut. Pembatalan kelulusan calon mahasiswa juga akan diberlakukan bagi mahasiswa penerima Beasiswa Bidikmisi yang terbukti memanipulasi data. Demikian juga calon mahasiswa yang mengajukan banding untuk meminta keringanan uang kuliah tuggal (UKT) dengan cara memanipulasi data.

…dst

12 ) 14.855 Peserta Siap Ikuti UM Undip
Persaingan Kian Ketat
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/06/28/229170/14.855-Peserta-Siap-Ikuti-UM-Undip

29 Juni 2013
SEMARANG – Undip menyatakan 14.855 peserta bakal meramaikan seleksi tahap III masuk perguruan tinggi negeri (PTN) yang lebih dikenal sebagai jalur ujian mandiri (UM). Tingginya jumlah peserta UM akan membuat perebutan kursi kian sengit. Menurut Kepala UPT Humas Undip Agus Naryoso SSos MSi , melalui UM, total jumlah kursi yang akan diperebutkan adalah 1.567 mahasiswa. “Hingga Kamis (27/6) sore, dipastikan 14.855 calon mahasiswa akan ikut UM Undip yang akan berlangsung pada 6 Juli. UM dilaksanakan serentak di 13 kota besar di Indonesia,” jelas dosen Komunikasi FISIP Undip itu. Agus menambahkan, UM merupakan seleksi yang diadakan Undip secara mandiri untuk memberikan kesempatan kepada para calon mahasiswa yang tidak diterima lewat dua jalur seleksi terdahulu, yaitu jalur prestai (SNMPTN) dan jalur ujian tulis (SBMPTN).

…dst

13 ) Besok, UI gelar SIMAK
http://nasional.sindonews.com/read/2013/06/29/15/755450/besok-ui-gelar-simak

Sabtu, 29 Juni 2013 ? 14:31 WIB
Sindonews.com – Besok, Universitas Indonesia (UI) akan menyelenggarakan Seleksi Masuk Universitas Indonesia atau SIMAK UI 2013. Agenda tersebut akan diikuti 39.675 peserta dari seluruh Indonesia. Kepala Kantor Komunikasi UI Farida Haryoko mengatakan SIMAK UI 2013 adalah seleksi masuk seluruh program pendidikan di UI, meliputi Vokasi, Sarjana Reguler, Sarjana Paralel, Sarjana Kelas Internasional, Program Profesi dan Spesialis serta Program Doktor. SIMAK UI 2013 dilaksanakan serentak di 17 kota di Indonesia, seperti Jakarta, Tangerang Selatan, Serang, Depok, Bekasi, Bogor, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Makassar, Balikpapan, Medan, Padang, Bukit Tinggi, Pekanbaru, Palembang, Cirebon). “Program studi yang paling diminati di Sarjana Reguler adalah Kedokteran sebanyak 5.734 peminat. Sama seperti tahun sebelumnya, pada program S1 Paralel, yang paling diminati adalah ilmu Hukum dengan jumlah peminat sebanyak 2.750 orang,” ujarnya kepada wartawan, Sabtu (29/6/2013).

…dst

14 ) Sarjana Kewirausahaan Prodi Baru di ITB!
http://kampus.okezone.com/read/2013/06/29/373/829421/sarjana-kewirausahaan-prodi-baru-di-itb

Sabtu, 29 Juni 2013 13:06 wib
JAKARTA – Institut Teknologi Bandung (ITB) meluncurkan program studi sarjana kewirausahaan Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB dan menjadi salah satu fakultas di ITB. Didirikannya prodi ini mengingat perekonomian Indonesia saat ini terus tumbuh namun laju pertumbuhan ekonomi tidak sebanding dengan laju pertumbuhan penduduk, sehingga laju pertumbuhan lapangan kerja tidak mampu mengimbangi laju pertumbuhan pencari kerja. Oleh karena itu, salah satu solusinya adalah dengan menyebarkan semangat kewirausahaan dan meningkatkan jumlah wirausaha di kalangan masyarakat. Peningkatan jumlah wirausaha diharapkan akan meningkatkan jumlah lapangan kerja dan mengurangi jumlah pengangguran. Menurut Ketua Program Studi S1 Kewirausahaan Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung Wawan Dhewanto, PhD, Program Studi S1 Kewirausahaan ini diharapkan berkontribusi bagi penciptaan lapangan kerja, pengurangan pengangguran dan pengentasan kemiskinan secara nyata di Indonesia.

…dst

15 ) Lulusan kebidanan resah, Komnas HAM panggil pimpinan Unas
http://nasional.sindonews.com/read/2013/06/28/15/755109/lulusan-kebidanan-resah-komnas-ham-panggil-pimpinan-unas

Jum’at, 28 Juni 2013 ? 15:24 WIB
Sindonews.com – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) berjanji akan memanggil pihak Universitas Nasional (Unas) terkait pengaduan yang dilakukan sejumlah lulusan dan mahasiswa program studi (Prodi) D-IV Kebidanan Unas Jakarta. Komisioner Bidang Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM Siane Indriani mengatakan, pemanggilan tersebut untuk mencari tahu kebenaran kasus yang diadukan para lulusan dan mahasiswa tersebut. “Mereka gelisah, mengalami masalah pekerjaan setelah lulus. Kita akan panggil pimpinan Unas secepatnya untuk memastikan masalahnya,” ujar Siane, seusai menerima aduan sejumlah lulusan dan mahasiswa Kebidanan Unas di kantor Komnas HAM, Jakarta, Jumat (28/6/2013). Dia mengakui ada keganjilan dalam proses akreditasi prodi yang berdampak pada sulitnya lulusan kebidanan Unas tersebut dalam mencari pekerjaan sesuai dengan profesinya. Maka itu, pihaknya akan menanyakan mengenai sulitnya memperoleh Surat Tanda Registrasi (STR) sebagai syarat menjadi bidan. “Pihak Unas mengapa tidak mengeluarkan STR seperti yang dijanjikan itu,” tanya Siane.

…dst

16 ) Pukat UGM Sebut Pengesahan RUU Ormas Dapat Matikan Nilai-Nilai Demokrasi
http://news.detik.com/read/2013/06/29/161115/2287988/10/pukat-ugm-sebut-pengesahan-ruu-ormas-dapat-matikan-nilai-nilai-demokrasi?n991103605

Sabtu, 29/06/2013 16:11 WIB
Jakarta – RUU Organisasi Masyarakat (RUU Ormas) yang rencananya akan disahkan pada 2 Juli mendatang masih menimbulkan reaksi penolakan dari berbagai LSM. Pengesahan RUU Ormas tersebut dinilai mematikan nilai-nilai demokrasi. “Jika memang Tetap dipaksakan untuk disahkan RUU Ormas ini, maka DPR telah melakukan pembunuhan,” ujar peneliti dari pusat kajian anti korupsi (Pukat), Hifdzil Alim, di kantor ICW, Jl Kalibata Timur, Jakarta Selatan, Sabtu (29/6/2013). Hifdzil menilai bahwa DPR sudah sesat, terutama saat melakukan pembentukan RUU Ormas tersebut. Secara tidak langsung DPR telah memenjarakan kebebasan berkreasi dan menyatakan pendapat. “DPR dalam hal ini telah sesat dengan membentuk RUU Ormas. DPR telah sengaja membunuh kebebasan berkreasi, beraktivitas dan berpendapat, serta turut membunuh kita untuk memberantas setiap kasus korupsi,” ujar Hifdzil.

…dst

17 ) Pendaftaran Ditutup 13 Juli, Kuota 10 Praja IPDN
http://www.jpnn.com/read/2013/06/29/179311/Pendaftaran-Ditutup-13-Juli,-Kuota-10-Praja-IPDN-

Sabtu, 29 Juni 2013 , 12:50:00
LOLAK – Kabar gembira untuk masyarakat Kabupaten Bolmong, Sulut, khususnya para siswa dan siswi yang baru lulus Sekolah Menengah Atas (SMA)/ sederajat. Pasalnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong membuka pendaftaran calon praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). “Para siswa dan siswi yang bercita-cita menjadi pegawai diharapkan segera mendaftarkan diri di Pemkab Bolmong. Namun tentunya dalam perekrutan ini ada berbagai kriteria, selain itu diseleksi dengan ketat,” ujar kabag Humas Pemkab Bolmong Maurin Vivi Rottie STTP. Berdasarkan informasi yang diperoleh Manado Post (Grup JPNN), pendaftaran ini sudah dibuka semenjak Kamis (17/6) lalu dan ditutup pada (13/7) bulan depan. Sedangkan, kuota yang diterima di Bolmog sekira 10 orang. Menurut Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Bolmong Sunge Paputungan BSc, pendaftaran dibuka di kantor BKD Bolmong. Pada perekrutan praja IPDN ini dikhususkan untuk para siswa yang lulus dari 2011 hingga 2013 ini. “Mekanisme perekrutan akan diseleksi oleh BKD,” tutupnya.(kly/art)

…dst

18 ) Masuk IPDN Diperketat, Harus Lolos Tes CPNS
http://www.jpnn.com/read/2013/06/28/179240/Masuk-IPDN-Diperketat,-Harus-Lolos-Tes-CPNS-

Jum’at, 28 Juni 2013 , 23:49:00
JAKARTA–Mulai tahun ini seluruh peserta didik yang akan masuk sekolah kedinasan, termasuk Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), wajib mengikuti tes kompetensi dasar (TKD) sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Setelah selesai mengikuti pendidikan, baru mereka akan diangkat menjadi CPNS. Demikian ditegaskan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Abubakar di sela-sela inspeksi mendadak di lingkungan kantor KemenPAN-RB, Jumat (28/6).”Prinsipnya mereka adalah PNS. Karena itu setiap peserta didik yang akan masuk sekolah kedinasan harus mengikuti ujian sebagaimana layaknya masuk menjadi CPNS,” ujarnya. Lebih lanjut, dikatakan, sejak 2012 tes CPNS telah dilakukan secara adil, obyektif, transparan, dan bebas KKN. Hal ini semestinya juga dapat dilakukan pada tes masuk sekolah kedinasan, yang konon banyak diwarnai permainan. Menurut politisi PAN ini, ada dua keuntungan yang akan diraih dalam penerimaan CPNS yang adil, obyektif, transparan, dan bebas KKN. “Pertama, kita akan memperoleh pemuda/pemudi terbaik bangsa. Kedua, kita akan mendapatkan peningkatan kepercayaan para pemuda/pemudi Indonesia bahwa mereka telah diperlakukan secara fair oleh negara,” beber Azwar.

…dst

19 ) Pemerintah Akan Sederhanakan Ribuan Perizinan Investasi
http://www.setkab.go.id/berita-9255-pemerintah-akan-sederhanakan-ribuan-perizinan-investasi.html

Jumat, 28 Juni 2013 – 11:08 WIB
Pemerintah berencana akan menyederhanakan ribuan perizinan investasi baik yang dikeluarkan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah (Pemda). Hal ini untuk memberikan kemudahan bagi para investor yang ingin berinvestasi di Indonesia. “Mengenai perizinan ini, nanti kita akan pangkas, kita akan potong. Peraturan-peraturan yang dikeluarkan selama ini tidak memiliki dasar atau tidak memiliki perintah perturan perundangan diatasnya itu kita potong,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa usai rakor tentang Penyederhanaan Perizinan Investasi di Kementerian Perekonomian, Jakarta, Kamis (27/6). Menurut Menko Perekonomian, ada ribuan perizinan baik yang dikeluarkan pemerintah pusat maupun pemda yang dinilai tidak efesien. Bahkan, ssebagian di antaranya menimbulkan ketidak pastian karena waktu yang dibutuhkan untuk proses perizinan tidak menentu. “Total (perizinan yang akan disederhanakan) itu dari seluruh provinsi ada ribuan.Oleh sebab itu, nanti kita akan memaksimumkan sekian hari,” tuturnya. Menurut Hatta, pemerintah akan membuat Tim Pertimbangan yang akan memantau kinerja Perizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang ada di Daerah dan Kementerian serta Lembaga (K/L). Selain itu, juga akan membentuk Monitoring Evaluation (Monev) untuk mengevaluasi progres PTSP tersebut di setiap daerah di Indonesia.

…dst

20 ) Bursa Kerja Super Dahsyat di UMS
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/06/29/229302/Bursa-Kerja-Super-Dahsyat-di-UMS

29 Juni 2013
SOLO – Kegiatan bursa kerja “Super Dahsyat 2013” yang diselenggarakan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) akan digelar pada 3-4 Juli di Gor UMS (Kampus 2). Nugroho Listyo Utomo, salah satu dari panitia mengatakan, dengan bursa kerja itu UMS berupaya turut serta mengatasi persoalan pengangguran dengan cara membina dan memfasilitasi masyarakat, terutama lulusan perguruan tinggi dan sekolah menengah dari Jawa Tengah dan sekitarnya untuk menyiapkan diri mencari pekerjaan. Bursa kerja itu diprakarsai Persatuan Community Development Solo (PCDS) dengan Alumny Career and Employment Center UMS (ACEC UMS). “Kami berusaha membekali lulusan perguruan tinggi dan pencari kerja potensial mengenai persiapan diri memasuki dunia kerja. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga memfasilitasi kalangan dunia usaha dalam mendapatkan SDM yang diperlukan,” katanya dalam rilis yang diterima Suara Merdeka.

…dst