1 ) Pengumuman Hasil SBMPTN 2013 dapat dilihat pada tanggal 8 Juli 2013 pukul 17.00 WIB
http://www.sbmptn.or.id/utama.php

Laman resmi pengumuman hasil SBMPTN 2013 adalah pengumuman.sbmptn.or.id
https://pengumuman.sbmptn.or.id/

…dst

2 ) Prasyarat calon profesor ditingkatkan
http://www.antaranews.com/berita/383777/prasyarat-calon-profesor-ditingkatkan

Sabtu, 6 Juli 2013 01:47 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Prasyarat untuk calon rektor kepala dan profesor akan segera ditingkatkan kata Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Djoko Santoso. “Prasyarat untuk menetapkan rektor kepala dan profesor akan segera ditingkatkan,” ujar Djoko usai membuka Pemilihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berprestasi Tingkat Nasional 2013 di Jakarta, Jumat. Djoko mengungkapkan bahwa rencana tersebut akan direalisasikan mulai awal Agustus tahun ini, demi meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Mulai Agustus nanti, calon rektor kepala minimum harus bergelar doktor, sementara untuk profesor harus memiliki minimum satu artikel atau karya tulis yang telah dipublikasi di jurnal internasional. “Rektor kepala itu kan sekarang tugasnya boleh membimbing doktor, makanya dia minimum harus bergelar doktor,” jelas dia yang menambahkan bahwa sebelumnya rektor kepala tidak diijinkan untuk memberikan bimbingan kepada para calon doktor. “Dulu para calon doktor yang membimbing itu profesor, itulah yang membuat produksi doktor di Indonesia seret,” jelas dia.

…dst

3 ) Birokrasi Pendidikan
Lima Kementerian Tata Ulang Otonomi Pendidikan
http://print.kompas.com/KOMPAS_ART0000000000000000000970861

Sabtu, 6 Juli 2013
Medan, kompas — Untuk menyelesaikan berbagai masalah pendidikan, pemerintah akan menata ulang otonomi pendidikan. Ada lima kementerian yang akan duduk bersama untuk membuat formula baru otonomi pendidikan dengan memilah-milah standar nasional pendidikan mana yang akan ditangani provinsi, kabupaten/kota, dan pemerintah pusat. Kelima kementerian itu adalah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, Kementerian Agama, serta Kementerian Keuangan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menjelaskan hal itu, Kamis (4/7) malam, di Medan, seusai berkunjung ke Langsa, Aceh. “Harus hati-hati membahas hal ini karena terkait sentralisasi dan desentralisasi. Salah-salah nanti provinsi dan kabupaten/kota bisa salah paham,” ujarnya. Rencana mendesain ulang otonomi pendidikan ini sebenarnya sudah muncul sejak tahun lalu. Namun, menjadi mendesak harus segera ditangani karena ada instruksi dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Bahkan, batas waktunya pun telah ditetapkan harus selesai pada akhir tahun ini. Hal itu dikemukakan Yudhoyono saat berbicara di hadapan para guru saat pembukaan Kongres XXI Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Rabu (3/7).

…dst

4 ) Pemerintah gencarkan waspada perubahan iklim
http://nasional.sindonews.com/read/2013/07/05/15/757686/pemerintah-gencarkan-waspada-perubahan-iklim

Sabtu, 6 Juli 2013 ? 00:01 WIB
Sindonews.com – Pemerintah dan Universitas Indonesia menggelar seminar mengenai perubahan iklim dunia yang dinilai mengancam kelangsungan hidup manusia di Bumi. Sehingga pmerintah merasa perlu mengampanyekan kepedulian terhadap lingkungan melalui seminar ini. Universitas Indonesia (UI) melalui Research Center for Climate Change (RCCC) bersama Association of Pacific Rim Universities (APRU) yang bermitra dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Lingkungan Hidup, Dewan Nasional Perubahan Iklim dan Coral Triangle Initiative – Indonesia menggelar Simposium Internasional bertajuk “Coastal Cities, Marine Resources and Climate Change in the Coral Triangle” selama dua hari (4-5 Juli 2013), di Hotel Sultan dan Perpustakaan Pusat UI kampus Depok. Menteri Lingkungan Hidup RI Balthasar Kambuaya serta Menteri Kelautan dan Perikanan RI Sharif Cicip Sutardjo membuka simposium tersebut yang diikuti ratusan akademisi dari Indonesia, Singapore, Malaysia, Brunei, Philippine, Australia dan Amerika pada Kamis (4/7/2013), di Hotel Sultan Jakarta.

…dst

5 ) Jalur Mandiri Unair Pakai Sidik Jari
http://www.jpnn.com/read/2013/07/06/180406/Jalur-Mandiri-Unair-Pakai-Sidik-Jari-

Sabtu, 06 Juli 2013 , 08:17:00
SURABAYA – Penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri Universitas Airlangga (Unair) dilaksanakan lebih cepat jika dibandingkan dengan perguruan tinggi negeri (PTN) lain. Kemarin (5/7) di Gedung Airlangga Convention Center, verifikasi dokumen pendaftaran jalur mandiri Unair sudah selesai. Tahap tersebut dilakukan sebagai syarat melakukan tes jalur mandiri besok (7/7). Yakni, satu hari sebelum pengumuman seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBM PTN) lusa (8/7). Jalur mandiri Universitas Negeri Surabaya (Unesa) baru dilakukan pada 13-27 Juli. Institut Teknologi 10 Nopember (ITS) masih proses pendaftaran.Total jumlah pendaftar jalur mandiri Unair yang memverifikasi dokumen pendaftaran 5.439 orang. Sementara itu, kuota yang disediakan Unair 35 persen, yakni sekitar 1774 kursi. Dengan demikian, persaingan untuk mendapatkan kursi PTN tersebut sangat ketat. “Paling banyak pilihan jurusan favorit di jalur mandiri masih kedokteran,” ungkap Hario Puntodewo, sekretaris Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) Unair. Hasil proses verifikasi dokumen pendaftaran tersebut akan digunakan sebagai data diri untuk mendapat kartu peserta ujian jalur mandiri. Tidak hanya itu, verifikasi data tersebut dilakukan untuk mengantisipasi adanya joki-joki yang mencoba memanfaatkan momen tersebut.

…dst

6 ) Kejagung segera tuntaskan kasus korupsi di Unsri
http://nasional.sindonews.com/read/2013/07/06/13/758106/kejagung-segera-tuntaskan-kasus-korupsi-di-unsri

Sabtu, 6 Juli 2013 ? 14:21 WIB
Sindonews.com – Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung (Kejagung), Andhi Nirwanto mengatakan, pihaknya segera menyelesaikan kasus dugaan korupsi di Universitas Sriwijaya (Unsri), Palembang . Kasus itu terkait dugaan mark up dan adanya ketidaksesuaian spesifikasi barang yang diadakan. Pemenang proyek, PT Permai Grup meminjam bendera PT Marell Mandiri guna mendapatkan proyek senilai sebesar Rp47 miliar. “Sampai sekarang baru dua tersangka, sisanya segera menyusul nanti, secepatnya, seperti Kemenag,” kata Andhi di Kejaksaan Agung, Jalan Sultan Hasanuddin, Jakarta Selatan, Sabtu (6/7/2013). Dalam kasus ini, dua pejabat Unsri telah ditetapkan menjadi tersangka karena diduga terlibat dalam penggadaan alat laboratorium tahun anggaran 2010. Dua tersangka tersebut yakni, Ketua Penitia Lelang HMY (Hendra Martha Yudha) dan Pejabat Pem­buat IG (Indra Gunawan). Mereka ditetapkan sebagai tersangka sejak Juni 2012. Namun, sampai kini, belum ditahan tim penyidik Kejagung.

…dst

7 ) Mahasiswa kembangkan pendeteksi pembuluh balita III
http://www.antaranews.com/berita/383607/mahasiswa-kembangkan-pendeteksi-pembuluh-balita-iii

Kamis, 4 Juli 2013 22:55 WIB
Yogyakarta (ANTARA News) – Kelompok mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengembangkan alat pendeteksi pembuluh darah balita generasi ketiga. “Keunggulan dari alat generasi ketiga itu terletak pada energi yang dikeluarkan lebih hemat dibandingkan dengan dua generasi sebelumnya,” kata koordinator kelompok Dian Budi Santoso di Yogyakarta, Kamis. Menurut dia, pendeteksi pembuluh darah balita generasi ketiga tersebut menggunakan optimasi “fuzzy logic”. “Fuzzy logic” merupakan pengatur cahaya dengan teknik pengontrolan cahaya yang diharapkan dapat menembus kulit dan daging bayi. “Dengan demikian akan membantu perawat untuk menginfus bayi dan mencegah pecahnya nadi bayi saat penyuntikan,” katanya. Ia mengatakan, komponen alat generasi ketiga itu masih sama dengan pendeteksi pembuluh darah generasi sebelumnya yang dikembangkan oleh Ade Pajar Pirdianto, tetapi ada pengelompokan usia yang akan berpengaruh pada cahaya yang dikeluarkan.

…dst

8 ) Batan terbuka bagi kerja sama penelitian
http://www.antaranews.com/berita/383620/batan-terbuka-bagi-kerja-sama-penelitian

Kamis, 4 Juli 2013 23:57 WIB
Bandung (ANTARA News) – Badan Tenaga Atom Nasional (Batan) memfasilitasi dan membuka peluang seluas-luasnya bagi kalangan akademisi untuk bekerja sama di bidang penelitian. “Fasilitas di Batan bisa dimanfaatkan banyak orang, tentunya kami membuka diri bagi kalangan akademisi yang ingin melakukan penelitian tugas akhir kuliah ataupun praktik,” kata Kepala Batan Djarot Wisnubroto di sela-sela Seminar Tenaga Nuklir di Kampus Universitas Padjadjaran Kota Bandung, Kamis. Ia juga mengaku mengikuti perkembangan teknologi di berbagai institusi pendidikan karena belum tentu pencapaian Batan selaras dengan perguruan tinggi. “Kami tidak memungkiri bahwa di masyarakat tenaga nuklir masih dianggap sesuatu hal yang menakutkan. Karenanya, kami juga menggencarkan sosialisasi misalnya melalui media massa dan bekerja sama dengan berbagai instansi pendidikan maupun lembaga masyarakat,” katanya.

…dst

9 ) Wow, Umur 21 Sudah S-3
http://kampus.okezone.com/read/2013/07/06/373/832978/wow-umur-21-sudah-s-3

Sabtu, 06 Juli 2013 16:05 wib
JAKARTA – Penerima beasiswa Erasmus Mundus yang akan segera berangkat ke berbagai negara anggota Uni Eropa untuk menempuh pendidikan S-3 yang bernama Tahrizi Andana yang baru berumur 21 ini dinobatkan sebagai penerima beasiswa termuda akan mengenyam pendidikan doktoral. “Saya bangga menjadi peserta beasiswa termuda di program beasiswa Erasmus Mundus, ketika interview dalam seleksi program beasiswa Erasmus Mundus mereka kaget umur 21 sudah ke jenjang S-3. Saya tanya balik ‘apakah umur 21 melanjutkan ke jenjang S-3 itu harus ditentukan dari umurnya?’,” ketus alumnus dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam acara Erasmus Mundus Scholarship Programme di Hotel Crowne Plaza, Jakarta Selatan, Sabtu (6/7/2013). Kemudian, dia memberikan tips-tips dan pengalaman ketika mendaftar beasiswa ini kepada calon-calon yang mau ikut program beasiswa Erasmus Mundus tahun depan, pasalnya seleksi beasiswa ini sulit dan persaingannya juga ketat.

…dst

10 ) Wih, Erasmus Mundus Sudah Sebar 700 Beasiswa!
http://kampus.okezone.com/read/2013/07/06/368/832976/wih-erasmus-mundus-sudah-sebar-700-beasiswa

Sabtu, 06 Juli 2013 15:34 wib
JAKARTA – Program Erasmus Mundus yang didanai oleh Uni Eropa bertujuan untuk memberikan kontribusi terhadap pengembangan keterampilan dan keahlian para generasi muda, meningkatkan pemahaman antarbudaya, mendukung kerjasama internasional serta memperluas jaringan antar akademisi juga perguruan tinggi di Eropa dan negara-negara lain. Demikian disampaikan oleh Charge d’Affaires dari Delegasi Uni Eropa di Indonesia Jan Willem Blankert dalam acara Erasmus Mundus Scholarship Programme di Hotel Crowne Plaza, Jakarta Selatan, Sabtu (6/7/2013). Dia melanjutkan, saat ini terdapat 140 program Magister S-2 Erasmus Mundus dan 42 program Doktorat S-3 Erasmus Mundus. “Beasiswa ini yang ditawarkan dan mencakup berbagai bidang seperti teknologi, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, bisnis, ilmu ekonomi, hukum, serta ilmu pengetahuan budaya atau sastra. Sejak dimulainya program Erasmus Mundus pada tahun 2004, sudah lebih dari 700 mahasiswa Indonesia telah memperoleh manfaat dari program tersebut,” terangnya.

…dst

11 ) 120 Mahasiswa Kuliah di Eropa dengan Beasiswa Erasmus Mundus
http://kampus.okezone.com/read/2013/07/06/368/832876/120-mahasiswa-kuliah-di-eropa-dengan-beasiswa-erasmus-mundus

Sabtu, 06 Juli 2013 11:24 wib
JAKARTA – Tahun ini, 120 mahasiswa Indonesia memperoleh beasiswa Erasmus Mundus dari Uni Eropa. Penerima beasiswa ini akan segera berangkat ke berbagai negara anggota Uni Eropa untuk menempuh pendidikan S-1, S-2, S-3 dan pasca-doktoral di berbagai perguruan tinggi di Eropa mulai tahun akademik 2013-2014. Sebagian dari penerima beasiswa Erasmus Mundus akan menempuh pendidikan sekurang-kurangnya di dua perguruan tinggi yang terletak di negara Eropa yang berbeda. Penerima beasiswa dari Indonesia merupakan sebagian dari 2.000 penerima beasiswa Erasmus Mundus di seluruh dunia dan 250 mahasiswa di kawasan ASEAN. Pada acara penyerahan sertifikat beasiswa Erasmus Mundus, Charge d’Affaires, Delegasi Uni Eropa di Indonesia Jan Willem Blankert memberikan selamat kepada para penerima beasiswa atas keberhasilan mereka lolos proses seleksi yang diikuti oleh peserta dari seluruh dunia.

…dst

12 ) Kemdikbud Gunakan Dana Abadi Perbaiki Sekolah Pasca Gempa Aceh
http://news.detik.com/read/2013/07/05/035028/2293216/10/kemdikbud-gunakan-dana-abadi-perbaiki-sekolah-pasca-gempa-aceh

Jumat, 05/07/2013 03:50 WIB
Medan, – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tengah mendata kerusakan infrastruktur pendidikan akibat gempa 6,2 SR di Aceh. Mendikbud M Nuh memastikan penanganan fasilitas pendidikan telah dilakukan. “Saya kira bagus,” ujar Nuh di Bandara Polonia Medan, Kamis (4/7/2013). Nuh juga telah meminta Kepala Dinas Pendidikan dan Gubernur setempat untuk segera memperbaiki infrastruktur yang rusak. Ini dilakukan agar proses belajar mengajar tidak terhambat. “Sehingga tahun ajaran baru nanti sudah siap,” ujar Nuh. Hingga saat ini kementeriannya belum tahu berapa banyak kerusakan dan kerugian yang ditimbulkan akibat bencana tersebut. “Ada yang rusak, tapi kami masih mendata,” terang Nuh. Menurutnya, perbaikan pasca gempa ini akan menggunakan dana abadi APBN yang berjumlah 1,2 miliar per tahun. Perbaikan tersebut meliputi infrastruktur hingga studi lanjut. “Dan dana ini lebih fleksibel,” pungkasnya.

…dst

13 ) Kemendikbud Tuntut Komitmen Pemda
http://www.jpnn.com/read/2013/07/06/180429/Kemendikbud-Tuntut-Komitmen-Pemda-#

Sabtu, 06 Juli 2013 , 12:34:00
JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengaku kuwalahan untuk menyiapkan tempat duduk bagi siswa yang baru lulus SMP. Untuk itu kementerian berslogan Tut Wuri Handayani itu meminta komitmen pemerintah kabupaten atau kota untuk menyiapkan lahan pendirian unit sekolah baru (USB). Kepala Pusat Informasi dan Humas (PIH) Kemendikbud Ibnu Hamad kemarin mengatakan, anggaran untuk pendirian USB ditanggung Kemendikbud. “Sampai sekarang tidak ada masalah. Kita sudah siap membangunnya,” ujar guru besar ilmu komunikasi Universitas Indonesia (UI) itu. Tetapi menurut Ibnu persoalan utamanya adalah bukan pada anggaran. Tetapi komitmen pemda. “Kami tagih komitmen daerah untuk menyiapkan lahan,” tuturnya. Sesuai dengan nota keuangan pemerintah, Kemendikbud mendapatkan tugas untuk membangun 216 USB tahun ini. Kemudian mulai 2014 nanti, Kemendikbud menambah kapasitas pembangunan USB menjadi 500 unit per tahun. Selain itu Kemendikbud juga memiliki tugas untuk membangun 4.550 unit ruang kelas baru (RKB) SMA/SMK/SMLB. “Kemendikbud juga tetap menjalankan program rehab sekolah rusak,” tutur Ibnu. Dia menjelaskan tugas rehabilitasi ruang kelas rusah di Kemendikbud tahun ini mencapai sekitar 23 ribu unit ruang kelas rusak berat dan 30.350 unit ruang kelas rusak sedang.

…dst

14 ) Pelatihan Guru Inti Kurikulum 2013 Dimulai
http://kampus.okezone.com/read/2013/07/05/560/832671/pelatihan-guru-inti-kurikulum-2013-dimulai

Sabtu, 06 Juli 2013 10:10 wib
JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mulai menyelenggarakan pelatihan guru inti untuk penerapan Kurikulum 2013 yang mulai berlangsung pada 4 Juli 2013. Pelatihan guru inti ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia, yang dibagi menjadi enam regional. Mendikbud Mohammad Nuh secara resmi membuka pelatihan guru inti untuk regional Sumatera di kantor Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sumatera Utara. Demikian dikutip dalam situs resmi Kemendikbud, Sabtu (6/7/2013). Regional Sumatera terdiri dari tujuh provinsi, yakni Nangroe Aceh Darussalam (NAD), Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, dan Sumatera Selatan. Pelatihan akan berlangsung hingga 8 Juli 2013.

…dst