1 ) Beasiswa Mahasiswa Miskin Menumpuk di PTN Kelas Dua
http://www.jpnn.com/index.php?mib=berita.detail&id=180833

Selasa, 09 Juli 2013 , 05:01:00
109.853 Pelamar Dinyatakan Lulus SBMPTN 2013JAKARTA – Pembiayaan kuliah masih belum pro masyarakat miskin. Pembagian kuota beasiswa pendidikan mahasiswa miskin (bidik misi) ternyata menumpuk di kampus negeri kelas dua. Informasi ini muncul di pengumuman kelulusan seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) 2013 kemarin. Hasilnya ditetapkan 109.853 pelamar dinyatakan lulus. Ketua Umum Panitia SBMPTN 2013 Akhmaloka merinci, dari seluruh pelamar yang diterima itu sebanyak 13.470 orang adalah calon mahasiswa program bidik misi. Mereka dibebaskan biaya SPP untuk delapan semester dan mendapatkan uang saku rata-rata Rp 600 ribu per bulan. Sedangkan sisanya sebesar 96.383 orang adalah calon mahasiswa umum. Kemendikbud sudah tegas menyatakan bahwa kuota bidik misi 2013 sebesar 40 ribu dibagikan untuk 20 persen mahasiswa miskin di masing-masing PTN. Jadi semakin banyak kuota mahasiswa baru di sebuah PTN, maka kuota bidik misinya semakin besar. Tetapi, ternyata alokasi bidik misi ini menumpuk di PTN-PTN kelas dua. Dalam daftar sepuluh besar PTN dengan jumlah bidik misi terbesar, tidak ada nama PTN-PTN top seperti Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Airlangga (Unair), dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

…dst

2 ) Kerugian Keuangan Negara Terjadi Hampir di Semua Kementerian dan Lembaga
http://www.dpr.go.id/id/berita/bakn/2013/jul/09/6349/kerugian-keuangan-negara-terjadi-hampir-di-semua-kementerian-dan-lembaga

09-Jul-2013
Dari Telaahan BAKN (Badan Akuntabilitas Keuangan Negara) DPR RI yang diperoleh dari hasil laporan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) disimpulkan bahwa adanya kerugian keuangan negara hampir disemua Kementerian atau lembaga. Hal tersebut menjadi kesimpulan dalam Laporan Kinerja Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) Tahun Sidang 2012-2013 yang menjadi salah satu agenda Sidang Paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPR Pramono Anung, Selasa (9/7).Pada kesempatan itu, Ketua BAKN, Sumarjati Arjoso memaparkan bahwa kerugian negara tersebut diantaranya adalah Anggaran Belanja Bantuan Sosial yang sudah dicairkan sebesar 1,91 triliun, namun dananya belum tersalurkan dan sampai dengan tanggal 31 Desember 2012 tidak disetor ke Kas Negara. Selain itu sebanyak 269,98 Miliar penyalurannya juga tidak sesuai sasaran. Selain itu kerugian negara yang telah ditelaah oleh BAKN juga terjadi pada realisasi belanja barang dan belanja modal di akhir tahun sebsar 1,31 triliun yang tidak sesuai dengan realisasi fisik.

…dst

3 ) Raih Predikat Dosen Berprestasi melalui Sistem Kebencanaan
http://kemdikbud.go.id/kemdikbud/berita/1541

07/10/2013
Jakarta — Teuku Faisal Fathani, dosen Universitas Gajah Mada (UGM) keluar sebagai juara pertama dalam pemilihan pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) pendidikan tinggi berprestasi tingkat nasional 2013. Dengan karya yang bertajuk pengembangan sistem pemantauan dan peringatan dini tanah longsor, pria yang telah mengabdi di UGM selama 14 tahun ini mengalahkan 14 finalis lainnya. “Saya telah mengembangkan alat-alat pemantauan dan peringatan dini tanah longsor ini sejak 2007. Ada 30 varian, mulai dari yang paling sederhana sampai yang paling canggih dan terbaru,” tutur Fathani usai menerima plakat dan sertifikat sebagai dosen berprestasi, di hotel Menara Peninsula, Jakarta, Minggu (7/7). Prestasi Fathani bukan baru kali ini saja. Dosen teknik sipil dan teknik geologi ini merupakan mahasiswa teladan di UGM 17 tahun silam. Dengan prestasi tersebut, Ia memulai karirnya di UGM sebagai dosen. “17 tahun yang lalu Saya meraih mahasiswa teladan peringkat satu di UGM. Kemudian diminta jadi dosen, karena konsekuensinya begitu (menjadi dosen),” jelasnya. Sistem pemantauan dan peringatan dini bencana tanah longsor karya Fathani sudah dipasang di 12 provinsi di Indonesia. Dari 12 provinsi tersebut, terdapat 112 alat yang digunakan.

…dst

4 ) RUU Pendidikan Kedokteran Segera Diundangkan
http://www.kopertis12.or.id/2013/07/10/ruu-pendidikan-kedokteran-segera-diundangkan.html

07/10/2013
Jakarta–Komisi X DPR RI dan Pemerintah yang diwakili oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh dan Menteri Kesehatan, Nafsiah Mboi menyepakati RUU Pendidikan Kedokteran untuk disahkan pada rapat paripurna DPR RI mendatang, demikian hasil rapat kerja Komisi X DPR RI, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta (9/7). Pada rapat itu, sembilan fraksi di Komisi X DPR RI yaitu; Fraksi Partai Demokrat, Faksi Partai Golkar, Fraksi PDIP, Fraksi PAN, Fraksi PPP, Fraksi PKB, Fraksi PKS, Fraksi Partai Hanura, serta Fraksi Partai Gerindra dan pemerintah sepakat bahwa permasalahan utama yang dihadapi pendidikan kedokteran adalah disparitas mutu pendidikan dan biaya pendidikan yang mahal. Selain itu, kedua pihak juga sepakat bahwa lulusan Pendidikan Kedokteran (Dokter/Dokter Gigi) untuk menjadi dokter yang melayani kesehatan primer, baik jumlah maupun sebaran lokasi belum menyebar secara merata.

…dst

5 ) Dokter Dirga Sakti Rambe, Vaksinolog Pertama di Indonesia, Termuda di Dunia
http://www.jpnn.com/read/2013/07/10/180988/Lulus-Cum-Laude,-Diburu-Perusahaan-Eropa,-Pilih-Pulang-Kampung-

Rabu, 10 Juli 2013 , 00:18:00
Lulus Cum Laude, Diburu Perusahaan Eropa, Pilih Pulang Kampung
SANGAT sedikit ilmuwan yang tertarik menggeluti imunologi dan vaksinasi. Di antara yang sedikit itu, dr Dirga Sakti Rambe merupakan vaksinolog pertama yang dimiliki Indonesia. Bahkan, saat ini dia tercatat sebagai ahli ilmu vaksinasi termuda di dunia. “Kalau ada 10 dokter ditanya apakah tertarik mempelajari imunologi, mungkin tidak ada yang angkat jari. Kalau toh ada, mungkin hanya satu orang,” ujar dr Dirga Sakti Rambe ketika ditemui di Hotel Ritz-Carlton pekan lalu. Imunologi dan vaksinasi memang kurang menarik minat para tenaga medis. Menurut Dirga, dua ilmu tersebut memang rumit. Penanganannya pun tidak sama antara satu pasien dan pasien yang lain. Dokter 27 tahun itu membandingkan dengan penyakit darah tinggi yang penanganannya pada setiap pasien notabene sama. Tidak demikian halnya dengan alergi. Setiap pasien memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga pengobatannya pun berbeda. Apalagi, tren alergi dari tahun ke tahun terus meningkat. Dirga termasuk segelintir dokter yang menyukai imunologi (ilmu tentang sistem kekebalan tubuh). Bahkan sejak masih menempuh pendidikan dokter. “Karena itu, kemudian saya lanjut resident ilmu penyakit dalam di FKUI (Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia),” ujar Dirga yang saat ini berpraktik di Divisi Alergi dan Imunologi, Departemen Penyakit Dalam, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo itu.

…dst

6 ) Sapu Surya Angin ITS Siap Berlaga di Australia
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/07/10/mppq8c-sapu-surya-angin-its-siap-berlaga-di-australia

Rabu, 10 Juli 2013, 15:57 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA–Mobil bertenaga surya yang dirancang mahasiswa Teknik Mesin ITS dengan nama “Sapu Angin Surya” siap berlaga pada “World Solar Challenge 2013” di Australia pada 6-13 Oktober 2013. “Mobil ‘Sapu Angin Surya’ itu sedang menjalani proses fabrikasi dan sudah selesai 75 persen, tinggal proses rakit saja. Insya-Allah, mobil itu akan kami luncurkan pada 17 Agustus (Hari Kemerdekaan RI) dengan uji coba di Pulau Madura,” kata Manajer “ITS Solar Car Racing Team” Agus Mukhlisin di Surabaya, Rabu. Didampingi dosen Teknik Mesin ITS selaku pembimbing Dr Muhammad Nur Yuniarto, ia menjelaskan pihaknya menargetkan masuk 10 besar dalam lomba mobil surya tingkat dunia yang pertama kali diikuti tim ITS itu.”Bahkan, ITS menjadi satu-satunya wakil Indonesia dalam lomba mobil surya yang tahun 2013 diikuti 47 tim dari 26 negara, tapi kami ingin membuktikan bahwa mahasiswa Indonesia mampu bersaing dengan tim-tim dari perguruan tinggi ternama seperti Tokai University, Michigan, Stamford University, MIT, dan sebagainya,” katanya.

…dst

7 ) “Get In The Ring”, Kompetisi Wirausaha ke Belanda Berhadiah Rp 13 Miliar!
http://edukasi.kompas.com/read/2013/07/10/1542348/.Get.In.The.Ring.Kompetisi.Wirausaha.ke.Belanda.Berhadiah.Rp.13.Miliar.

Rabu, 10 Juli 2013
JAKARTA, KOMPAS.com – Penyedia online networking platform khusus wirausaha, 100preneur, bersama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersiap menggelar Get In The Ring untuk pertama kalinya di Indonesia. Ini merupakan kompetisi wirausaha tingkat internasional yang mengundang para wirausaha pemula dari 20 negara untuk berkompetisi di Belanda. “Ini kompetisi wirausaha tingkat internasional yang mengundang wirausaha pemula dari 20 negara untuk datang ke Belanda dan bersaing demi memperebutkan investasi hingga 1 juta Euro atau sekitar Rp 13 miliar lebih dari investor internasional,” kata Direktur Eksekutif 100preneur (http://www.100preneur.com/login_front) Apung Sumengkar kepada Kompas.com di Jakarta, Selasa (9/7/2013), terkait penyelenggaraan Get In The Ring untuk pertama kalinya di Indonesia. Get In The Ring sendiri merupakan konsep nirlaba yang diprakarsai oleh Erasmus Center of Entrepreneurship dari Belanda. Lembaga ini memiliki visi menjembatani para pengusaha dalam menjalin kontak dengan pengusaha terkemuka dan investor, untuk menjadi entrerepreuner di tingkat internasional.

…dst

8 ) Ratusan Kuota Kampus Negeri Selalu Kosong
http://www.tempo.co/read/news/2013/07/09/079494932/Ratusan-Kuota-Kampus-Negeri-Selalu-Kosong

Selasa, 09 Juli 2013 | 23:42 WIB
TEMPO.CO, Bandung-Ratusan kuota jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di sejumlah kampus negeri selalu kosong. Di Institut Pertanian Bogor dan Universitas Padjadjaran misalnya, jatah yang batal diambil itu berkisar 5-20 persen. Wakil Rektor Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan Unpad Engkus Kuswarno mengatakan, setiap tahun selalu ada peserta yang lolos SNMPTN namun tidak mendaftar ulang. Jumlahnya di Unpad berkisar 15-20 persen. Penyebabnya macam-macam, seperti peserta memilih tes masuk dan mendaftar dari jalur lain ke universitas negeri yang dekat dari rumahnya. “Kosongnya kursi itu hampir terjadi di setiap perguruan tinggi negeri lainnya,” kata Engkus, Selasa, 9 Juli 2013.Kuota SNMPTN di Unpad tahun ini sebanyak 3.700 orang. Jatah yang lowong akhirnya diisi untuk peserta SBMPTN hingga kuota jalur tes tertulis itu bertambah jadi 2.700 kursi.Adapun di IPB, menurut Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB Yonny Koesmaryono, kuota yang tak diisi peserta SNMPTN di kampusnya berkisar 5-10 persen. Selain karena calon mahasiswa tidak mendaftar ulang, mereka ada yang tak ikut ujian susulan untuk masuk ke IPB. “Padahal kami sudah antisipasi agar kuota terisi penuh dengan cara menaikkan kuota sekitar 10 persen dari yang seharusnya,” kata Yonny.

…dst

9 ) Mahasiswa Baru Wajib Unduh SK Rektor
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/07/10/230438/Mahasiswa-Baru-Wajib-Unduh-SK-Rektor

10 Juli 2013
SEMARANG – Mahasiswa yang sudah diterima di Undip lewat jalur SBMPTN diminta mengunduh SK Rektor No 435/SK/UN7/2013 tentang Biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan SK No 436/SK/UN7/2013 tentang Mekanisme serta Sanksi yang Diberlakukan di website milik universitas. Menurut Kepala UPT Humas Undip Agus Naryoso SSos MSi, langkah itu diambil supaya mahasiswa memahami tata cara registrasi online dan mengetahui prinsip-prinsip dalam UKT. “Ini sekaligus meminimalkan kesalahan dalam pelaksanaan registrasi. Mahasiswa sepenuhnya juga akan memahami apa itu UKT sehingga dalam pengisian tidak salah,” ujarnya. Registrasi online merupakan website aplikasi untuk mendukung registrasi mahasiswa baru yang terdiri atas jalur masuk PSSB D-3, SNMPTN, SBMPTN, ujian mandiri (UM), dan kemitraan. Registrasi berisi proses mengisikan data pribadi, data sekolah, data orang tua/wali, dan data prestasi. Pemakai diharuskan bisa memasukkan kata sandi dengan nomor peserta dan tanggal lahir.

…dst

10 ) Mahasiswa Unnes Ikuti PPL Antarbangsa
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/07/10/230435/Mahasiswa-Unnes-Ikuti-PPL-Antarbangsa

10 Juli 2013
SEMARANG – Sebanyak 15 mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) mengikuti program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Antarbangsa di Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia. Mereka akan diterjunkan di sekolah mitra UPSI, di antaranya di SMKA Slim River untuk Jurusan Bimbingan Konseling dan Pendidikan Bahasa Arab, MRSM Selda (Trolak) untuk (Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Olahraga), SK Methodist Tanjong Malim (PGSD). Kemudian ke Sekolah Kebangsaan Tanjong Malim (Pendidikan Olahraga, Musik), SMK Khir Johari Tanjong Malim (Bimbingan Konseling, Pendidikan Olalahraga), SAM (sekolah agama) Rowang (Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Bahasa Inggris), dan MRSM Kuala Kubu Bharu (Pendidikan Matematika).

…dst

11 ) Kumpul Alumni, Menapak Tilas 32 Tahun Binus
http://edukasi.kompas.com/read/2013/07/10/1123057/Kumpul.Alumni.Menapak.Tilas.32.Tahun.Binus

Rabu, 10 Juli 2013 | 11:23 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Untuk menjalin tali silahturahim dan memelihara ikatan antara Bina Nusantara (Binus) dengan para alumninya, Binus University menggelar ‘Binus Alumni Day 2013’, Minggu (7/7/2013). Sampai saat ini kiprah Binus di bidang pendidikan telah berusia 32 tahun dengan sekitar 75.000 alumni tersebar di berbagai perusahaan nasional dan multinasional di Indonesia maupun di berbagai negara seperti Singapura, Malaysia, Australia, Jerman, Hongkong, Jepang atau menjadi wirausaha.”Kegiatan ini tidak hanya bermaksud untuk menyediakan wadah sebagai ajang nostalgia antar para alumni, tetapi juga memotivasi para alumni untuk terus berkarya dan member manfaat positif bagi Indonesia. Semua impian dan target utama yang awalnya merupakan keperluan pribadi semata, akan lebih berharga jika diperkaya dengan kepedulian terhadap lingkup yang lebih besar,” ujar Prof Harjanto Prabowo, Rektor Binus University, di Kampus Anggrek, Kemanggisan, Jakarta Barat.

…dst

12 ) PERTUKARAN PROGRAM
“Cultural Exhange Program”, Sarana Belajar Budaya Dua Bangsa
http://edukasi.kompas.com/read/2013/07/10/1952229/.Cultural.Exhange.Program.Sarana.Belajar.Budaya.Dua.Bangsa.

Rabu, 10 Juli 2013 | 19:52 WIB
KOMPAS.com – Terus berinovasi untuk mencapai visi “A world-class University in continuous pursuit of innovation and enterprise”, program Sastra Jepang Binus University bersama dengan Osaka University mengadakan kerja sama dalam bidang Cultural Exchange Program. Program yang diadakan pada Kamis hingga Sabtu (7-9/03) ini bertujuan untuk mempererat hubungan antara kedua belah pihak. Kerjasama tersebut juga berguna untuk mahasiswa agar mereka dapat bertukar informasi mengenai budaya dan memberikan pengalaman internasional kepada mahasiswa kedua pihak. Bukan hanya pertukaran budaya, acara ini juga terdiri dari beberapa rangkaian, seperti homestay, diskusi tentang perkembangan budaya Indonesia–Jepang, serta pementasan budaya dari Binus University dan Osaka University.

…dst

13 ) 3.000 Mahasiswa Unesa Praktek Jadi Guru
http://kampus.okezone.com/read/2013/07/10/373/834889/3-000-mahasiswa-unesa-praktek-jadi-guru

Rabu, 10 Juli 2013 16:15 wib
JAKARTA – Terjun langsung ke lapangan menjadi pelengkap dari semua ilmu yang diterima selama perkuliahan. Oleh karena itu tidak mengherankan jika kegiatan kuliah kerja lapangan (KKL) dinanti oleh para mahasiswa mengingat besarnya manfaat yang akan mereka peroleh. Pengalaman tersebut yang menanti sekira 3.000 mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yang melakukan program pengalaman lapangan (PPL) di sekolah mitra. Melalui kegiatan tersebut, mereka akan belajar menjadi seorang guru baik secara keterampilan maupun etika. Hal tersebut sesuai dengan tema PPL yang diusung kali ini, yaitu peningkatkan kualitas pembelajaran melalui penguatan kompetensi di sekolah mitra. Demikian disampaikan Pembantu Rektor 1 Unesa Kisyani saat melepas para mahasiswa PPL.

…dst

14 ) Riset Pertanian, UNS Gandeng Universitas di Jepang
http://kampus.okezone.com/read/2013/07/10/373/834622/riset-pertanian-uns-gandeng-universitas-di-jepang

Rabu, 10 Juli 2013 10:26 wib
Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggandeng Gifu University, Jepang melakukan riset pertanian dalam bidang teknologi dan pengelolaan rumah sakit. “Sebetulnya dalam banyak bidang, tetapi fokusnya pada bidang riset pertanian dan pengelolaan rumah sakit,” jelas Rektor UNS Prof Dr. Ravik Karsidi, MS kepada Okezone, seusai penandatanganan kerjasama antara UNS dengan Gifu University, di Kampus UNS, Solo, Jawa Tengah, Rabu (10/7/2013). Seusai penandatanganan kerjasama ini, Ravik mengaku tidak lama lagi UNS akan mengirim delegasi yang dipimpin Dekan Fakultas Pertanian beserta tim riset pertanian dan juga Tim Pendirian Rumah Sakit Pendidikan UNS. Dalam waktu dekat, UNS akan mendirikan rumah sakit pendidikan.

…dst

15 ) Slamet, Guru Besar yang Nemu Potensi Buah Seukuran Bola Voli
http://kampus.okezone.com/read/2013/07/10/373/834719/slamet-guru-besar-yang-nemu-potensi-buah-seukuran-bola-voli

Rabu, 10 Juli 2013 13:06 wib
JAKARTA – Mungkin masih banyak orang yang terasa asing dengan buah jeruk Pamelo. Keberadaan jeruk Pamelo masih terabaikan sangat disayangkan mengingat besarnya potensi yang disimpan buah seukuran bola voli tersebut. Hal itu disampaikan Slamet Susanto ketika dikukuhkan sebagai guru besar bidang agronomi dan holtikultura Institut Pertanian Bogor (IPB). Pada kesempatan tersebut, dia menyampaikan orasi ilmiah berjudul “Pamelo: Jeruk Potensial Yang Masih Terabaikan.” Slamet menyayangkan keberadaan jeruk Pamelo yang masih belum terperhatikan atau dikesampingkan dan terabaikan karena belum dikenal. Padahal, di pasar internasional, Pamelo merupakan jenis jeruk yang mempunyai nilai perdagangan yang tinggi mendampingi “grapefruit”, mandarin, orange, dan lemon.

…dst

16 ) PGRI Nilai SKB Lima Menteri Rugikan Guru
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/07/09/3/166975/PGRI-Nilai-SKB-Lima-Menteri-Rugikan-Guru

Selasa, 09 Juli 2013 | 23:37 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) meminta agar pemerintah mencabut Surat Keputusan Bersama (SKB) lima menteri tentang Penataan dan Pemerataan Guru PNS karena dinilai merugikan guru. “SKB yang bertujuan untuk peningkatan mutu guru dan mutu pendidikan tersebut pada kenyataan justru merendahkan profesi guru dan membuat guru bekerja tidak profesional,” kata Ketua Umum Pengurus Besar PGRI Sulistiyo dalam jumpa pers pascakongres XXI di Jakarta, Selasa (9/7). Sulistiyo yang baru terpilih untuk kedua kalinya sebagai Ketua Umum PGRI menyatakan, implikasi dari SKB lima menteri berdampak pada terjadinya pemindahan guru. Sebab salah satu yang diatur dalam SKB adalah mengenai pemerataan pendistribusian guru sehingga guru dituntut harus siap untuk ditempatkan di mana saja. Ia mengatakan para guru memang harus siap dan taat pada aturan yang ditetapkan dalam SKB tetapi dengan catatan semua harus dilaksanakan secara adil. “Namun saat ini yang terjadi Guru SMA dipindah jadi guru SD, guru SMP jadi guru SD atau guru TK dipindah jadi guru SD,? katanya didampingi Sekjen PGRI Kodrat Nugraha.

…dst

17 )  Peraturan Bersama Mendikbud, MenPan dan RB, Mendagri, MenKeu dan Menteri Agama

Nomor 05/X/PB/2001
Nomor SPB/03/M.Pan-RB/2011
Nomor 48 Tahun 2011
Nomor 158/PMK.01/2011
Nomor 11 Tahun 2011
Tentang Penataan dan pemerataan Guru PNS
Peraturan Bersama ini tertanggal 03 Oktober 2011, efektir berlaku terhitung mulai 02 Januari 2012

Juknis Peraturan Bersama Lima Menteri tentang Penataan dan Pemerataan Guru PNS

…dst