1 ) Ketapang Siap Miliki Polteknik Negeri
http://www.dikti.go.id/?p=10603&lang=id

Oleh Firman Hidayat – 12 July 2013
Jakarta, 11 Juli 2013, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Djoko Santoso mengungkapkan bahwa salah satu alasan pendirian Perguruan Tinggi Negeri baru ataupun penegerian Perguruan Tinggi Swasta (PTS) adalah untuk menunjukkan kehadiran negara dalam rangka perluasan akses pendidikan tinggi. Hal tersebut diungkapkan Djoko dalam acara Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Aset Lahan Kampus untuk Pendirian Politeknik Ketapang dan Penandatanganan Berita Acara Pinjam Pakai dan Nota Kesepahaman Kopertis Wilayah XIV Papua yang bertempat di lantai 18, Gedung D Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pendirian Poltek Ketapang sejalan dengan misi negara dalam penguatan pendidikan vokasi. Djoko berharap kedepan pendidikan vokasi dapat berdiri lebih banyak lagi di Indonesia, sebab lulusan pendidikan vokasi dapat langsung diserap di dunia kerja. ” Harusnya 70 persen adalah pendidikan vokasi”, ujar Djoko.

…dst

2 ) Guru & Dosen Harus Lulus S1/D4 dan S2 Paling Lambat 2015
http://kampus.okezone.com/read/2013/07/12/560/835796/guru-dosen-harus-lulus-s2-paling-lambat-2015

Jum’at, 12 Juli 2013 09:32 wib
JAKARTA – Pemerintah meminta guru diberi waktu sampai dengan akhir 2015 untuk memenuhi kualifikasi di bidangnya, minimal S1 atau DIV. Hal ini terkait dengan jabatan fungsional guru dan angka kreditnya. “Ini untuk memenuhi ketentuan kualifikasi minimal sebagaimana diamanatkan Undang-Undang nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen,” ujar Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Setiawan Wangsaatmaja, seperti dikutip dari laman Setkab, Jumat (12/7/2013). Dia memaparkan, guru dengan pendidikan di bawah S1 atau DIV khususnya yang telah menduduki pangkat Penata Tingkat I golongan ruang III/d atau pangkat yang lebih tinggi, sampai dengan periode kenaikan pangkat Oktober 2015 dapat diberi kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi sepanjang memenuhi persyaratan angka kredit yang ditentukan.

…dst

3 ) Buka Pendaftaran, 3.296 Kursi UNS Masih Kosong!
http://kampus.okezone.com/read/2013/07/12/373/835837/buka-pendaftaran-3-296-kursi-uns-masih-kosong

Jum’at, 12 Juli 2013 10:33 wib
SOLO – Calon mahasiswa baru yang ingin mendaftar perguruan tinggi negeri (PTN) yang belum lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013, masih memiliki kesempatan mendaftar melalui jalur Ujian Masuk Bersama-Perguruan Tinggi (UMB-PT) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. “Hingga saat ini total pendaftar masih terdata 3.296 orang,” ungkap Ketua Panitia Seleksi Mahasiswa Baru (SPMB) UNS, Prof Drs, Sutarno, MSc, PhD saat dikonfirmasi Okezone, di Solo, Jawa Tengah, Jumat (12/7/2013). Menurut Sutarno, berdasarkan data hingga Kamis 11 Juli petang, total jumlah pendaftar UMB-PT UNS baik jenjang S-1 dan Diploma terdata 3.296 orang. Dari jumlah itu yang sudah melakukan pembayaran ada sebanyak 2.128 orang. Masing-masing 1.019 pendaftar untuk kelompok ujian IPA, 839 pendaftar untuk kelompok ujian IPS dan 270 pendaftar untuk kelompok ujian IPC.

…dst

4 ) M Nuh: Trisakti milik pemerintah
http://nasional.sindonews.com/read/2013/07/12/15/760360/m-nuh-trisakti-milik-pemerintah

Jum’at, 12 Juli 2013 ? 15:58 WIB
Sindonews.com – Perlu adanya campur tangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta lembaga lain, untuk menyelesaikan masalah sengketa lahan yang melanda kampus Universitas Trisakti. Malah, masalah yang kembali mengemuka ini harus secepatnya diselesaikan, jangan sampai berlarut-larut. “Ada syarat yang harus dipenuhi sebuah perguruan tinggi swasta ketika berubah status menjadi negeri. Ya syaratnya pun terdiri dari syarat normatif maupun non normatif,” kata Anggota Komisi X DPR RI Popong Otje Djundjunan, Jumat (12/7/2013). Begitu pula dengan kasus sengketa yang melanda Universitas Trisakti. Ia menyarankan, apabila universitas tersebut hendak berubah status menjadi negeri, maka masalah-masalah yang mengganjal selama ini harus diselesaikan terlebih dahulu. Ia menilai, untuk menyelesaikan masalah tersebut harus ada pula perhatian dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan lembaga lainnya. Sebab, apabila tidak diseriusi akan berimbas pada telantarnya kegiatan pendidikan di kampus tersebut. “Kasihan kan mahasiswa kalau sampai jadi korban. Mereka (Mahasiswa, Red) hanya akan menjadi korban dari kebijakan yayasan dan universitas yang tidak mau mengalah,” terangnya.Terkait sengketa yang terjadi di Universitas Trisakti, M. Nuh menilai tidak perlu lagi dipersoalkan terkait statusnya. Sebab, Trisakti itu lembaga pendidikan milik pemerintah.

…dst

5 ) Teuku Faisal Fathani PhD, Dosen Berprestasi Nasional 2013
http://www.jpnn.com/read/2013/07/12/181393/Berkat-Alat-Pendeteksi-Longsor-yang-Selamatkan-Banyak-Nyawa-

Jum’at, 12 Juli 2013 , 06:47:00
Berkat Alat Pendeteksi Longsor yang Selamatkan Banyak Nyawa
Teuku Faisal Fathani tidak bisa menyembunyikan perasaan bangganya dikukuhkan sebagai dosen berprestasi oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud. Maklum, untuk meraih prestasi itu, dia harus bersaing dengan ribuan dosen dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Pemilihan pendidik dan tenaga kependidikan perguruan tinggi berprestasi tingkat nasional itu dilaksanakan di Hotel Menara Peninsula, Jakarta, 5″8 Juli lalu. Sebagai pengajar, Faisal dinilai telah menyumbangkan ilmunya secara nyata kepada masyarakat luas. Bahkan, karyanya tidak hanya berguna di dalam negeri. Beberapa negara telah memanfaatkan alat pengintai longsor Gama EWS tersebut untuk mengantisipasi bencana secara dini. Gama EWS mampu menyelamatkan masyarakat yang tinggal di daerah rawan longsor setelah memberikan peringatan sebelum terjadinya bencana. Cara kerja alat itu sederhana. Yakni, mendeteksi jarak keretakan tanah untuk menentukan potensi terjadinya longsor. Bila dalam kondisi bahaya, alat akan mengirimkan sinyal, sehingga sirene berbunyi sebagai bentuk peringatan dini. Ketika sirene berbunyi, masyarakat harus waspada dan melakukan evakuasi. Suara sirene terdengar hingga radius 500 meter.

…dst

6 ) Unissula Juara III Nasional Pengelola Keuangan
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/07/12/230672/Unissula-Juara-III-Nasional-Pengelola-Keuangan

12 Juli 2013
SEMARANG – Antis Kristianingsih SE, pengelola keuangan Unissula berhasil meraih juara III Pengelola Keuangan Tingkat Nasional yang digelar Ditjen Dikti Kemdikbud di Jakarta, baru-baru ini. Dalam presentasinya, ia membawakan makalah berlatar belakang pengelolaan dana matriks mahasiswa dan cara pelaporannya. Alumnus Fakultas Ekonomi Unissula itu mengungkapkan, pada saat presentasi ada juri tertarik pada makalah yang ia sampaikan, karena dianggap bagus diterapkan di perguruan tinggi. Atas prestasinya, ia mendapat uang pembinaan Rp 10 juta. Sebelum menjadi juara tingkat nasional, ia melewati tahapan yang cukup panjang, mulai dari menjadi juara I tingkat univeritas, juara I tingkat Kopertis VI, terpilih menjadi wakil Jateng untuk tingkat nasional, dan masuk grand final di Jakarta. Makalah yang ia buat bertujuan membantu mahasiswa dalam dana matriks, dari proses pengajuan hingga pelaporan, serta untuk melatih mahasiswa berdisiplin dalam pengumpulan laporan pertanggungjawabannya.

…dst

7 ) Mendikbud Melantik Empat Rektor dan Dua Koordinator Kopertis Baru
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1546

07/12/2013
Jakarta–Menteri Pendidikan dan Kebudayan (Mendikbud) Mohammad Nuh melantik empat rektor dan dua koordinator kopertis baru pada Jumat, 12/07/2013) di Jakarta. Para rektor yang dilantik adalah Prof. Dr. dr. Ketut Suastika, Sp.PD-KE sebagai Rektor Universitas Udayana, Denpasar, Bali, periode Tahun 2013-2017; Dr. Husen Alting, SH., MH. sebagai Rektor Universitas Khairun, Ternate, Maluku Utara, periode Tahun 2013-2017; dan Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D. sebagai Rektor Universitas Terbuka periode Tahun 2013-2017. Mendikbud juga melantik Drs. Bachtiar Akob, M.Pd. sebagai Rektor Universitas Samudra, Nangroe Aceh Darussalam, yang status universitasnya baru saja dinegerikan pada 4 Juli lalu. Adapun terkait pendirian dua kopertis baru, Mendikbud melantik Prof. Dr. Jamaluddin, M.Ed. sebagai Koordinator Kopertis Wilayah XIII, Nangroe Aceh Darussalam, periode Tahun 2013-2017, Drs. Festus Simbiak, M.Pd. sebagai Koordinator Kopertis Wilayah XIV, Papua, periode Tahun 2013-2017, dan Dra. Metha Gomies M.Si., sebagai Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah XIV periode Tahun 2013-2017.

…dst

8 ) Kopertis Wilayah XIV Papua Akan Layani PTS Papua dan Papua Barat
http://www.dikti.go.id/?p=10609&lang=id

Oleh Firman Hidayat – 12 July 2013
Jakarta, 11 Juli 2013, Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah XIV Papua akan segera hadir sebagai perpanjangan tangan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) dalam membina Perguruan Tinggi Swasta di Provinsi Papua dan Papua Barat. Kopertis XIV Papua akan berkantor di Kabupaten Biak Numfor, Papua. Hal ini ditandai dengan Penandatanganan Berita Acara Pinjam Pakai dan Nota Kesepahaman Kopertis wilayah XIV Papua yang bertempat di lantai 18, Gedung D Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (11/7). Penandatanganan dilakukan Dirjen Dikti Djoko Santoso mewakili Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Bupati Biak Numfor Yusuf Melianus Maryen mewakili Pemerintah daerah Biak Numfor.Yusuf mengungkapkan rasa apresiasi yang mendalam dari masyarakat Biak pada khususnya, Papua dan Papua Barat pada umumnya atas akan didirikannya Kopertis XIV di Kabupaten Biak. Pemda Biak sangat mendukung pendirian Kopertis XIV Papua dengan menyediakan lahan bagi kantor Kopertis XIV.

…dst

9 ) Kaltim salurkan Rp3,75 miliar beasiswa sains
http://www.antaranews.com/berita/385099/kaltim-salurkan-rp375-miliar-beasiswa-sains

Jumat, 12 Juli 2013
Samarinda (ANTARA News) – Pemprov Kalimantan Timur (Kaltim) melalui instansi terkait pada tahun anggaran 2013 segera mendistribusikan dana sebesar Rp3,75 miliar untuk beasiswa Strata Satu (S1) khusus jurusan sains dan teknologi. “Jumlah penerima beasiswa di program ini sebanyak 100 orang, mereka kuliah di Institut Teknologi Kalimantan (ITK) Balikpapan, masing-masing mahasiswa akan menerima beasiswa Rp37.500.000 sehingga total Rp3,75 miliar,” ujar Ketua Tim Pengelola Beasiswa Kaltim Cemerlang Kaltim, Bohari Yusuf, di Samarinda, Jumat. Bohari yang juga Staf Ahli Gubernur Kaltim Bidang Pendidikan dan Kebudayaan ini melanjutkan, mereka yang diterima di ITK Balikpapan itu segera menjalani kuliah di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya karena kampus ITK Balikpapan masih dalam tahap pembangunan. Apabila kampus ITK Balikpapan yang berada di kawasan Karingau itu tuntas, maka para mahasiswa dari Kaltim itu segera pindah ke ITK, tetapi masih dalam pembinaan ITS Surabaya sampai benar-benar bisa mandiri.

…dst

10 ) Sekali Lagi… Riset Aplikatif Lebih Diutamakan!
http://edukasi.kompas.com/read/2013/07/12/1433032/Sekali.Lagi.Riset.Aplikatif.Lebih.Diutamakan.

Jumat, 12 Juli 2013 | 14:33 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Di Bina Nusantara (Binus) University ruang kuliah adalah ruang publikasi, tempat hasil riset dipertanggungjawabkan kepada publik untuk pertama kalinya. Sebagai bahan pembelajaran, salah satu persyaratan wajib dipenuhi adalah hasil riset harus aplikatif terhadap kebutuhan pembelajaran. Demikian diungkapkan Wakil Rektor I Bidang Pengembangan Akademik Iman Herwidiana Kartowisastro, Ph.D kepada Kompas.com di Kampus Binus Anggrek, Kamis (11/7/2013). Iman mengatakan, mahasiswa dan dosen pelaku riset dituntut peka terhadap kebutuhan saat menentukan materi riset. “Kami menekankan pada applied research. Riset yang bersumber dari masalah nyata membuat hasil riset lebih aplikatif terhadap kebutuhan,” ujar Iman.

…dst

11 ) Pilrek Unsrat Menunggu Surat Mendikbud
http://beritamanado.com/agama-pendidikan/pilrek-unsrat-menunggu-surat-mendikbud/193855/

11/07/2013.
Manado – Pemilihan Rektor (Pilrek) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado tinggal menunggu arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof Muhammad Nuh.”Pencaringan telah dilakukan, dan dari penjaringan tersebut terdapat nama-nama yang telah terjaring. Nama-nama tersebut yang telah disampaikan oleh panitia penjaringan secara langsung kepada Menteri pada Kamis 10 Juli,” demikian disampaikan Daniel Pangemanan kepada BeritaManado.com.Sehingga saat ini tinggal menunggu surat dari menteri untuk menentukan waktu pemilihan rektor tersebut dilangsungkan. “Ketika menteri menetapkan waktu untuk hadir dalam pemilihan tersebut, maka pemilihan akan langsung dilaksanakan,” lagi tambah Daniel Pangemanan selaku jubir Unsrat.(fiko)

…dst

12 ) Ini Isi Lengkap Dari Surat Penegasan Status Hukum Perkara Unsrat
http://beritamanado.com/berita-utama/ini-isi-lengkap-dari-surat-penegasan-status-hukum-dari-perkara-unsrat/193011/

07/07/2013
Manado- Universitas Sam Ratuangi (Unsrat) Manado selama sepekan akhir ini tak lepas dari pemberitaan empuk para penyaji berita, yakni wartawan baik lokal maupun media nasional. Tak pelak hiruk-pikuk kisruh tersebut memuncak saat belasan guru besar memprotes rapat senat beberapa waktu lalu. Tak hanya itu saja, bahkan pada tanggal 2 Juli 2013, Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Manado yang banyak menangani kasus atau perkara yang saat ini ramai di kampus kebanggaan masyarakat Sulut tersebut mengeluarkan surat bernomor W4-TUN2/748/HK.06/VII/2013 yang menegaskan bahwa seluruh kegiatan yang dilakukan oleh rektor Unsrat seperti beberapa rapat senat, bahkan pemilihan dan pelantikan anggota senat baru beserta surat keputusan (SK) adalah tindakah melanggar hukum.Namun banyak yang masih mengira-ngira terkait keberadaan surat dari ketua PTUN Manado yang ditujukan kepada menteri pendidikan dan kebudayaan tersebut. Berikut ini tim redaksi beritamando.com akan menampilkan secara keseluruhan kata-demi kata yang tertera dalam surat tersebut, dengan harapan semua pemerhati pendidikan dan masyarakat Sulawesi Utara dapat menelaah secara bersama kisruh di Unsrat.

…dst

13 ) Tiga Minggu kemarin Orang tua (Ayah kandungnya) CPNS dosen 2012 yang dizalimi haknya, mengalami serangan Stroke, Alhamdulillah segera ditangani oleh dosen ybs sehingga saat ini sudah 90% pulih. Semoga Allah SWT membukakan jalan terbaik buat mereka…

Selamat BerRamadhan, bertobatlah sebelum terlambat…
ALHAMDULILLAH …
PTS bukanlah Instansi, PTS adalah lembaga…
Pak Mendikbud, Masih Adakah Nilai Sepotong Kejujuran di Wilayah Bapak ?