1 ) Tim Sapu Angin 8 ITS Raih Tribology Awards
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/07/16/mq0xjn-tim-sapu-angin-8-its-raih-tribology-awards

Selasa, 16 Juli 2013, 17:09 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA–Tim mobil hemat energi “Sapu Angin-8” yang dirancang mahasiswa Teknik Mesin ITS Surabaya akhirnya meraih “Tribology Awards” dalam lomba mobil hemat energi “Shell Eco Marathon” (SEM) Asia 2013 di Sirkuit Sepang, Malaysia. Sebelumnya, Tim “Sapu Angin-8” sempat kecewa karena pelaksanaan lomba dibatalkan akibat kabut asap, kata Manajer Umum Tim Sapu Angin 2013, Arif Aulia Rahman, di Surabaya, Selasa. “Kami protes karena lomba secara on-track dibatalkan sepihak, tapi SEM tingkat Asia itu juga ada lomba secara off-track, bahkan kami menang salah satu dari enam kategori lomba secara off track, sehingga kekecewaan bisa terobati,” katanya. Didampingi dosen pembimbing Ir Witantyo MEng.Sc, ia menjelaskan ITS merupakan satu-satunya universitas dari Indonesia meraih salah satu dari enam kategori off-track itu, karena lainnya universitas dari Malaysia (satu universitas), Singapura (satu universitas), dan Filipina (dua universitas), namun ada satu kategori yang masih belum diumumkan.

…dst

2 ) Memaknai Bantuan Operasional PTN
http://www.kopertis12.or.id/2013/07/16/memaknai-bantuan-operasional-ptn.html

Selasa, 16 Juli 2013 Oleh: Syamsul Rizal
Kalau sekarang pemerintah disibukkan dengan bantuan langsung sementara masyarakat sebagai kompensasi kenaikan harga BBM, diam-diam perguruan tinggi negeri juga menikmati bantuan serupa: bantuan operasional perguruan tinggi negeri. Bedanya, bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) diberikan kepada masyarakat miskin karena kelompok masyarakat miskin perlu diberdayakan, bantuan operasional perguruan tinggi negeri (BOPTN) diberikan kepada semua PTN, dengan jumlah yang bervarasi: semakin kuat sebuah PTN akan semakin banyak dana BOPTN yang diterimanya. Pemerintah mengalokasikan BOPTN setiap tahun. Jumlah alokasi pada tahun berikutnya dapat naik atau turun. Pada tahun 2013 alokasi BOPTN sebanyak Rp 2,7 triliun bagi 94 PTN. “Evaluasi ini berdasarkan faktor kualitas sesuai akreditasi,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh saat memberikan keterangan pers di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Senin (27/5), seperti yang diberitakan melalui laman Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi di www.dikti.go.id.

…dst

3 ) Akademisi Indonesia-Belanda Publikasikan Buku Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
http://www.pikiran-rakyat.com/node/242964

Selasa, 16/07/2013 – 17:17
JAKARTA, (PRLM).-Sebanyak 18 akademisi, sarjana dan mahasiswa tingkat lanjut dari Indonesia dan Belanda menggabungkan sumber daya untuk mempublikasikan buku mengenai Tanggung Jawab Sosial Perusahaan di Indonesia: Perkembangan Legislatif dan Studi Kasus (CSR in Indonesia: Legislative Developments and Case Studies). Demikian keterangan pers yang diperoleh “PRLM” di Jakarta, Selasa (16/7).Disebutkan, buku ini adalah hasil dari projek penelitian antara Universitas Brawijaya dari Indonesia dan Universitas Utrecht dari Belanda. Pemrakasa projek ini adalah Dr. Afifah Kusumadara (Brawijaya) dan Dr. Tineke Lambooy (Utrecht). Afifah Kusumadara mengatakan, tujuan utama dari projek dan buku ini adalah untuk meningkatkan interaksi antara penelitian dan pengajaran, juga antara penelitian dan masyarakat pada umumnya. Dia menambahkan, buku ini akan menyediakan materi pembelajaran CSR (Corporate Social Responsibility) yang menarik di kedua negara dan pada saat yang sama memberikan kontribusi yang lebih luas pada debat CSR dimana banyak perusahaan di Belanda dan Indonesia terlibat.

…dst

4 ) Mahasiswa UGM Kembangkan Permainan Edukatif Tap The Teeth
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/07/16/3/168674/Mahasiswa-UGM-Kembangkan-Permainan-Edukatif-Tap-The-Teeth

Selasa, 16 Juli 2013 | 20:59 WIB
Metrotvnews.com, Yogyakarta: Tim mahasiswa Universitas Gadjah Mada Yogyakarta melalui Program Kreativitas Mahasiswa mengembangkan permainan edukasi bagi anak yang diberi nama “Tap the Teeth”. “Model itu untuk memenuhi kebutuhan anak-anak Indonesia terhadap jenis permainan. Bentuk permainannya unik dan menarik sesuai dengan model masa kini,” kata koordinator tim Pradipta Atmokotomo di Yogyakarta, Selasa (16/7). Meskipun unik, kata dia, tim tetap memasukkan unsur permainan tradisional dalam serangkaian aktivitas fisik yang menyenangkan dan mencerdaskan. “Dengan demikian, dapat meningkatkan antusiasme anak dalam mempelajari hal baru dan mampu mengasah perkembangan kognitif, bahasa, fisik, dan sosial anak,” katanya.Ia mengatakan permainan edukasi multimanfaat itu memberikan pengetahuan kepada anak-anak mengenai warna serta anggota gerak kanan dan kiri. Selain itu juga jenis-jenis gigi yang terdapat dalam karpet permainan dan melatih kerja sama sesuai dengan instruksi wasit permainan yang terdapat dalam papan pemutar agar anak-anak nanti lebih peduli kesehatan gigi. “Melalui desain yang menarik dan kualitas yang baik, produk itu diharapkan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat terutama anak-anak Indonesia terhadap permainan edukasi,” kata mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi UGM itu.

…dst

5 ) Ratusan Tak Daftar Ulang, Unair Tambah Jalur Mandiri
http://www.jpnn.com/index.php?mib=berita.detail&id=182013#

Selasa, 16 Juli 2013 , 07:01:00
SURABAYA – Daftar ulang seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBM PTN) Unair resmi berakhir Senin (15/7). Namun, ada 113 orang yang tidak mendaftar ulang.Mereka yang tidak mendaftar ulang itu terdiri atas 47 orang yang belum melakukan registrasi mahasiswa baru (maba) dan 66 orang belum membayar uang kuliah tunggal (UKT). Karena itulah, di antara kuota 869 mahasiswa dari jalur SBM PTN, Unair “hanya” menerima 756 maba.Untuk mengisi 113 kekosongan kursi tersebut, kampus itu akan menambah kuota jalur mandiri. “Semestinya, kuota jalur mandiri 2013 adalah 1.776 kursi. Namun, dengan adanya mahasiswa yang tidak daftar ulang, kuota mandiri akan bertambah,” ujar Wakil Rektor I Unair Prof Syahrani.Menurut dia, ada beberapa faktor penyebab peserta tidak daftar ulang. Di antaranya, sudah diterima kuliah di perguruan tinggi lain, prodi tempatnya diterima bukan pilihan pertama, dan sebagainya. “Saya lupa persisnya peserta yang tidak daftar ulang itu dari mana. Mungkin dari prodi yang tidak begitu favorit seperti sejarah dan kedokteran hewan,” sebut Syahrani. Pengumuman penerimaan mahasiswa baru dari jalur mandiri direncanakan pada Senin tadi malam melalui website www.ppmb.unair.ac.id. Daftar ulang jalur mandiri akan berlangsung pada 29-31 Juli. (dor/c6/roz)

***

6 ) 10.531 Calon Mahasiswa Daftar SPMU
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/07/16/231069/10.531-Calon-Mahasiswa-Daftar-SPMU

16 Juli 2013
SEMARANG – Hingga H-1 penutupan pendaftaran Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU), tercatat ada 10.531 calon mahasiswa yang mendaftar. Pendaftaran ditutup Selasa (16/7) malam pukul 23.59. Pihak Unnes menjanjikan kelancaran sepanjang hari terakhir pendaftaran seleksi mandiri secara online tersebut. “Kami telah mengantisipasi, mengingat pada hari terakhir biasanya terjadi penumpukan pendaftar. Kami telah berkoordinasi dengan bank dan melakukan antisipasi khusus dari segi jaringan secara online,” ungkap Pembantu Rektor Bidang Akademik (PR I) Unnes Dr Agus Wahyudin, Senin (15/7), di kampus Sekaran. Meski demikian, dia menyarankan para peminat untuk tidak mendaftar pada menit-menit terakhir. “Jangan sampai pendaftaran gagal, karena koneksi internet yang tiba-tiba terputus,” katanya. Sebagaimana diberitakan, pendaftaran secara online dilakukan di laman http://spmu.unnes.ac.id. SPMU merupakan jalur mandiri sekaligus jalur terakhir dalam skema penerimaan mahasiswa Unnes tahun 2013.

…dst

7 ) Pendidikan Jarak Jauh Kesehatan Diresmikan
http://www.tempo.co/read/news/2013/07/16/079496895/Pendidikan-Jarak-Jauh-Kesehatan-Diresmikan

Selasa, 16 Juli 2013 | 16:17 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi meresmikan Unit Pendidikan dan Pelatihan Jarak Jauh bagi Sumber Daya Manusia (SDM) Kesehatan Berbasis Teknologi Informasi dan Telekomunikasi.”Program ini diperuntukkan bagi tenaga kesehatan di jenjang diploma satu (D-1) mendapat kesempatan memperoleh pendidikan dan ijazah di jenjang D-3,” ujar Nafsiah di kantor Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kesehatan, Jakarta Selatan, Selasa, 16 Juli 2013. Melalui pendidikan dan pelatihan jarak jauh (PLJJ) diharapkan sumber daya manusia (SDM) kesehatan mendapatkan peningkatan kompetensi. Nafsiah mengatakan, tanpa terhalang jarak, para tenaga kesehatan dapat memperoleh sertifikat melalui pendidikan dengan bantuan teknologi informasi dan komunikasi, terutama teknologi Internet. Dalam kesempatan peresmian tersebut, Nafsiah sempat berbincang dengan sejumlah dinas kesehatan provinsi yang tersambung melalui video conference. Dalam sambungan video conference tersebut, Nafsiah sekaligus mencoba simulasi proses pembelajaran jarak jauh bagi empat provinsi (Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, dan Nusa Tenggara Timur).

…dst

8 ) Dahlan Iskan Undang Dua Ahli Cabai dari ITB
http://www.jpnn.com/read/2013/07/16/182112/Dahlan-Iskan-Undang-Dua-Ahli-Cabai-dari-ITB-

Selasa, 16 Juli 2013 , 18:11:00
JAKARTA – Niat Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan membantu menurunkan harga cabai bukan isapan jempol belaka. Dahlan merasa miris kala mengetahui harga cabai melambung sampai Rp 100 ribu per kg. Untuk itu, Dahlan mendatangkan dua orang profesor ahli cabai dari Institut Pertanian Bogor (IPB). Bekas dirut PLN ini sengaja mengundang ahli cabai ke kantornya untuk mengetahui seluk beluk mengenai cabai, terutama mengenai siklus tanam cabai.”Karena permasalahan cabai ini agak memalukan, masak bisa sampai menyebabkan inflansi, masa kita gak bisa atasi, nanti kalau perlu biar BUMN yang budidayakan cabai,” ucap Dahlan saat mengelar pertemuan dengan dua ahli cabai dari ITB di ruangannya lantai 19, Kementerian BUMN, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (16/7). Terlebih, hargai cabai sudah mulai mengungguli harga daging sapi. Makannya, sebelum bertindak lebih jauh, Dahlan ingin mendengar pemaparan dua ahli cabai dari IPB. “Saya mengundang ahli cabai untuk mengetahui kenapa harga cabai sedemikian tinggi bahkan melebihi harga daging sapi. Saya juga ingin mengetahui detail budidaya cabai seperti apa, mulai penanaman hingga masa panen,” bebernya. Selama kurang lebih 1 jam, pria kelahiran Magetan ini tampak serius mendengar dan menyimak setiap penjelasan dari Direktur Pusat Kajian Hortikultura Tropika IPB, Prof. Sobir dan Ahli Pemuliaan Tanaman Cabai, M Syukur. Dahlan juga tampak antusias bertanya soal cabai.

…dst

9 ) Wamendikbud: Polemik Kerajaan Sriwijaya Bukan Hal Baru
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/07/16/3/168633/Wamendikbud-Polemik-Kerajaan-Sriwijaya-Bukan-Hal-Baru

Selasa, 16 Juli 2013 | 17:16 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) bidang Kebudayaan Wiendu Nuryanti mengatakan bahwa masih akan dilakukan verifikasi terhadap penemuan bukti kerajaan Sriwijaya di Provinsi Jambi oleh arkeolog Universitas Indonesia (UI). Berbicara kepada Media Indonesia Selasa (16/7), dia menegaskan bahwa temuan tersebut tidak serta merta membuktikan pusat kerajaan Hindu terbesar dunia abad ke-7 tersebut berada di sana. “Masih akan ada penelitian lebih lanjut tentang hal itu,” terang dia. Wiendu mengatakan meski mengapresiasi penelitian tersebut, Kemendikbud sebagai pihak pemerintah bertanggung jawab untuk menentukan kebenaran hal itu. “Dalam kajian ada rambu-rambunya supaya bisa dipertanggungjawabkan secara keilmuan,” tambahnya. Terlebih dengan semakin meningkatnya antusiasme publik dari mancanegara, peneliti maupun wisatawan, yang juga ingin memahami sampai sejauh mana titik-titik Kerajaan Sriwijaya.

…dst

10 ) Paragita UI Siap Tempur di Filipina
http://kampus.okezone.com/read/2013/07/15/373/837335/paragita-ui-siap-tempur-di-filipina

Selasa, 16 Juli 2013 09:01 wib
JAKARTA – Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Universitas Indonesia (UI), yakni Paragita akan kembali mewakili Indonesia dalam 1st Andrea O Veneracion International Choir Festival di Manila, Filipina, 7-10 Agustus 2013 mendatang. Dalam kompetisi ini, PSM UI Paragita menjadi satu-satunya koor Indonesia yang lolos melalui audisi rekaman dan menjadi satu dari 20 paduan suara dari tujuh negara peserta kompetisi. Tujuh negara tersebut yaitu, Filipina, Indonesia, Singapura, Korea Selatan, Thailand, Kolombia, dan juga Taiwan. Para peserta akan bersaing dalam tiga kategori, Chamber Choir (Paduan Suara Campuran), Vocal Ensemble, dan Folksong (Lagu Rakyat). Dalam kompetisi tersebut, Paragita akan mengikuti kategori Chamber Choir atau paduan suara campuran.

…dst

11 ) Ratusan Mahasiswa Bandung Antusias Sambut IWIC 2013
http://www.jpnn.com/read/2013/07/16/182141/Ratusan-Mahasiswa-Bandung-Antusias-Sambut-IWIC-2013-

Selasa, 16 Juli 2013 , 20:21:00
BANDUNG – Ratusan mahasiswa Bandung dari berbagai perguruan tinggi sangat antusias mengikuti rangkaian roadshow Program Indosat Wireless Innovation Contest (IWIC) ke-7, di Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM), Bandung, Selasa (16/7). Acara yang disetting berupa seminar dan kompetisi ini mengusung tema “Digital Innovation and Entrepreneurship for Stronger Indonesia”. Division Head Public Relations Indosat, Adrian Prasanto mengatakan, gelaran IWIC ke-7 di Bandung ini merupakan rangkaian program yang digagas Indosat untuk memotivasi mahasiswa lebih kreatif menjadi agen perubahan, yaitu inovator dan enterpreneur. Sebelumnya, IWIC sukses digelar di 4 kampus bergengsi lainnya, yaitu Universitas Indonesia-Depok, Universitas Gunadarma-Depok, Universitas Sebelas Maret–Solo dan Universitas Brawijaya- Malang.”Roadshow IWIC ke-7 yang telah kami lakukan di beberapa kampus disambut positif oleh pelajar, mahasiswa, dan komunitas developer di sana. Roadshow IWIC kami lakukan sebagai ajang komunikasi dan sosialisasi secara langsung untuk mengajak pelajar dan mahasiswa berpartisipasi dalam kegiatan inovasi aplikasi digital wireless ini. Ajang ini merupakan bagian dari program membangun kewirausahaan bagi generasi muda Indonesia,” terang Adrian Prasanto.

…dst

12 ) Unand Terima 15 Mahasiswa Baru asal Malaysia
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/07/16/3/168540/Unand-Terima-15-Mahasiswa-Baru-asal-Malaysia

Selasa, 16 Juli 2013 | 13:14 WIB
Metrotvnews.com, Padang: Universitas Andalas Padang menerima 15 mahasiswa baru asal Malaysia pada tahun ajaran 2013. “Kelima belas mahasiswa baru asal Malaysia itu akan masuk pada program studi bidang medis Fakultas Kedokteran,” kata Rektor Unand Werry Darta Taifur di Padang, Selasa (16/7). Werry menyebutkan untuk tahun ini daya tampung Unand untuk mahasiswa asal Malaysia tersebut yakni 15 kursi. Sementara untuk mahasiswa asal Malaysia yang berkategori cadangan lima orang. Mahasiswa cadangan ini dapat masuk apabila ada yang mengundurkan diri dengan pertimbangan berdasarkan nomor urutnya. Lebih lanjut kata dia, kesemua mahasiswa ini telah dinyatakan lulus dari seleksi tulis dan wawancara psikologi. Selanjutnya mahasiswa tersebut akan melakukan pendaftaran ulang dan pembayaran pada 15 Juli hingga 13 Agustus. Dalam rentang waktu tersebut akan ada proses registrasi dan verifikasi data serta pendaftaran Kartu Rencana Studi di Fakultas.

…dst

13 ) 30 Mahasiswa dipanggil Kejati Sulsel jadi saksi kasus korupsi
http://id.berita.yahoo.com

Merdeka.comMerdeka.com – Sen, 15 Jul 2013
MERDEKA.COM. Sebanyak 30 mahasiswa Akademi Keperawatan (Akper) Anging Mammiri yang menjalani tugas belajarnya dipanggil Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Selatan untuk dimintai keterangannya terkait dugaan korupsi pemotongan dana beasiswa dari Dinas Kesehatan Sulsel senilai Rp 1,1 miliar. “Untuk sementara ini ada sekitar 30 mahasiswa Akper yang dipanggil untuk memberikan kesaksiannya, tetapi yang datang memenuhi panggilan cuma tiga orang,” tegas Asisten Pidana Khusus Kejati Sulselbar Chaerul Amir di Makassar, Senin (15/7). Seperti dilansir dari Antara, dari keterangan ketiga mahasiswa yang menghadiri pemanggilan itu, umumnya mereka mengaku jika dana transportasi sebesar Rp 800 ribu untuk tiap orang mahasiswa itu tidak pernah diterimanya dalam satu tahun anggaran. Chaerul juga mengatakan, bukan cuma mahasiswa keperawatan yang akan dimintai keterangannya, tetapi mahasiswa yang mengambil program kebidanan juga akan didengarkan keterangannya.

…dst

14 ) MIT Universitas Terbaik Sedunia untuk Belajar Teknik
http://kampus.okezone.com/read/2013/07/16/373/837876/mit-universitas-terbaik-sedunia-untuk-belajar-teknik

Selasa, 16 Juli 2013 17:20 wib
JAKARTA – Survei QS World University Rankings kembali mengungkapkan sederet universitas yang mempunyai jurusan teknik elektro terbaik dari seluruh dunia. Pada urutan pertama, tetap diduduki oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT).Terdapat 10 universitas terbaik, yang merupakan jagoannya di bidang teknik. Tapi, jurusan apa yang paling cocok untuk siswa yang akan melanjutkan studinya di luar negeri? Serta program studi apakah yang paling utama, berikut ini daftar selengkapnya seperti dilansir Okezone, Selasa (16/7/2013).

…dst

15 ) RUU ASN Posisikan PNS Sebagai Aset Negara
http://www.kopertis12.or.id/2013/07/16/ruu-asn-posisikan-pns-sebagai-aset-negara.html

Dibuat pada 16 Juli 2013
JAKARTA – Salah satu perubahan mendasar dalam manajemen SDM aparatur adalah perubahan dari pendekatan personnel administration yang hanya berupa pencatatan administratif kepegawaian kepada human resource management. “Pendekatan ini memandang sumber daya manusia aparatur sebagai aset negara yang harus dikelola, dihargai, dan dikembangkan dengan baik,” ujar Wakil Menteri PANRB Eko Prasojo di Jakarta, Senin (15/07). Dikatakan, pekerjaan tempat PNS mengabdi saat ini belum dipandang sebagai sebuah profesi yang memiliki standar pelayanan profesi, kode etik profesi, dan pengembangan kompetensi profesi yang harus dihormati, dijaga, dan dijadikan dasar dalam berbagai kebijakan dan manajemen SDM. Yang menyedihkan, PNS sebagai abdi negara dan abdi masyarakat tidak dianggap sebagai aset negara, bahkan kadang-kadang dipandang menjadi beban negara. Dengan rasio PNS dibandingkan penduduk yang hanya 1,89 persen, keberadaan PNS dirasakan belum memberikan manfaat yang optimal kepada masyarakat. RUU ini, lanjut Wamen, menempatkan aparatur sipil Negara (ASN) sebagai sebuah profesi yang harus memiliki standar pelayanan profesi, nilai dasar, kode etik dan kode perilaku profesi, pendidikan dan pengembangan profesi, serta memiliki organisasi profesi yang dapat menjaga nilai-nilai dasar profesi.

…dst

16 ) Pembunuh Mahasiswa Binus Diringkus
http://www.jpnn.com/read/2013/07/16/182046/Pembunuh-Mahasiswa-Binus-Diringkus-

Selasa, 16 Juli 2013 , 11:31:00
KASUS penemuan jasad mahasiswa Bina Nusantara (Binus), Ong Lucky Mustopo, 28, di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, terkuak. Dua pelaku berinisial YA dan BT (kenal dengan korban Ong) diringkus petugas jajaran Polda Metro Jaya. Motif kasus tersebut, hingga kini masih terus didalami petugas. Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Rikwanto mengatakan, petugas meringkus dua pelaku dugaan kasus tewasnya mahasiswa Binus yakni Ong Lucy. Ong sendiri berteman dengan pelaku YA bekerja sebagai pengisi suara atau dubbing dan barang narkoba didapat dari BT (tukang ojek) diduga pemasok narkotika. Pengakuan tersangka, mereka bertemu di satu tempat dan memakai narkoba. Lalu Ong Lucky Overdosis (OD) dan tidak terkendali. “Tubuh Ong dibawa ke tempat pembuangan sampah TKP, di TKP kami dapatkan identitas korban,” paparnya, Senin (15/7). Diulasnya, usai jasad Ong dibuang, motornya korban juga ditinggalkan tak jauh dari jasad korban ditemukan. Pengakuan sementara, saat itu HP korban Ong pun dijual dan uangnya untuk membeli narkoba lagi. Motifasinya apa sampai terjadi pembunuhan itu masih didalami. “Penyebab kematiannya Ong ada benturan di kepala,” katanya. Informasi yang dihimpun, pelaku sama-sama berteman dengan korban, alibinya korban tewas karena OD. “Itu yang akan kami selidiki,” ulasnya.

…dst