1 ) Usia Rektor Unair Disoal
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/114436/usia-rektor-unair-disoal

21 Jul 2013 13:39:22
Surabaya (Antara Jatim) – Usia Rektor Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Prof H Fasich Apt dipersoalkan karena sudah 67 tahun, sedangkan peraturan menyebut rektor diberhentikan dari jabatannya, salah satunya karena telah berusia 65 tahun. “Pasal 9 Permendiknas Nomor 24 Tahun 2010 mengatur bahwa rektor diberhentikan dari jabatannya (salah satunya) karena telah berusia 65 tahun, sedangkan Rektor Unair Prof Fasich saat ini berusia 67 tahun,” kata alumni Unair, B Rusdi, di Surabaya, Minggu. Oleh karena itu, Rektor Unair saat ini tak memenuhi persyaratan usia karena lebih dari 65 tahun. “Jika diteruskan, maka secara hukum, terbuka peluang seluruh dokumen hukum yang dibuat oleh rektor menjadi cacat hukum, seperti SK, ijazah, dan sebagainya,” katanya. Menurut dia, Prof Fasich terpilih sebagai rektor untuk jabatan kedua pada tahun 2010 dan bisa bermasalah akibat sejumlah aktivis menguji UU BHP (dan UU Sisdiknas) ke MK pada tahun itu hingga MK menyatakan batal UU BHP secara keseluruhan pada 31 Maret 2010. “Akibat dari pembatalan oleh MK itu, maka seluruh produk hukum di bawahnya tidak berlaku, termasuk PP tentang BHMN (2006) dan keputusan Majelis Wali Amanat Unair tentang anggaran rumah tangga (ART) Unair (2008) bahwa jabatan rektor dipilih oleh majelis itu tanpa ada batasan usia maksimal,” katanya. Dalam keadaan darurat, pemerintah mengeluarkan PP Nomor 66 Tahun 2010. PP yang menjadi “pintu darurat” dari pembatalan UU BHP itu menjadi dasar bagi keberadaan sejumlah perguruan tinggi, termasuk Unair, lalu Mendiknas mengeluarkan Permendiknas Nomor 24 Tahun 2010 pada 4 Oktober 2010 sebagai kelanjutan dari PP itu.

…dst

2 ) Biskuit ubi karya tim IPB menang di AS
http://www.antaranews.com/berita/386598/biskuit-ubi-karya-tim-ipb-menang-di-as

Minggu, 21 Juli 2013 17:19 WIB
Bogor (ANTARA News) – Karya mahasiswa Institut Pertanian Bogor yaitu biskuit olahan ubi jalar untuk suplemen makanan bagi anak-anak penderita AIDS di Papua meraih juara kompetisi pangan antarbangsa di Amerika Serikat. Ketua Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pertanian IPB Dr Feri Kusnandar di Bogor, Jawa Barat, Minggu menjelaskan bahwa karya mahasiswa yang tergabung dalam tim “Sweepo” itu meraih juara III pada kompetisi teknologi pangan internasional di McCormick Place, Chicago, AS, pada 13-16 Juli 2013. Tim “Sweepo” mahasiswa IPB itu terdiri atas Veni Issani, Cynthia, dan Jian Septian. Menurut Feri Kusnandar, tim itu memaparkan hasil penelitian berjudul “Sweepo: a Nutrious Sweet Potato Biscuit Product for Children with AIDS in Papua Indonesia”.Ia menjelaskan acara bertema “Developing Solutions for Developing Countries (DSDC)” itu diselenggarakan oleh IFT Student Associations (IFTSA).Prestasi tim mahasiswa IPB lainnya di ajang itu, katanya, juga diraih tim “Masoca-Ball”, yang terdiri atas Ardiyansah Mallega, Stella Denissa dan Alviane Leonita.”Tim `Masoca-Ball` berhasil meraih juara II di ajang kompetisi pangan tingkat dunia itu,” katanya.Dalam penelitian itu, tim mengusulkan produk baru “Masoca-Ball” –a sweet snack ball– yang terbuat dari sumber pangan yang banyak tersedia di negara bagian Benue, Nigeria.

…dst

3 ) UMB-PT 2013 Capai 49.450 Peserta
http://kampus.okezone.com/read/2013/07/21/373/840212/umb-pt-2013-capai-49-450-peserta

Minggu, 21 Juli 2013 14:46 wib
SOLO – Ketua Panitia Pusat Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT) Prof Dr. dr A Boedisantoso menyatakan bahwa diantara 13 perguruan tinggi negeri dan 8 perguruan tinggi swasta anggota Perhimpunan UMB-PT, peserta UMB-PT UNS adalah terbesar dengan jumlah 6.267 orang. “Jumlah total peserta UMB-PT tahun 2013 sebanyak 49.450 orang. Terjadi kenaikan sekitar 25 persen dibanding tahun 2012. Tahun 2012 lalu terdata 38.332 peserta,” ungkap Boedisantoso kepada wartawan di sela-sela pemantauan pelaksanaan UMB-PT, di Kampus UNS, Solo, Jawa Tengah, Minggu ( 21/7/2013). Di antara 49.450 peserta UMB-PT, menurut Boedisantoso, 12.000 peserta menjatuhkan pilihan pertama pada UNS. Jumlah itu terbesar diantara perguruan tinggi peserta UMB-PT. “Peserta UMB-PT lokasi Jakarta, ada sebanyak 2.130 peserta yang menjatuhkan pilihan pada UNS. Sedang lokasi Surabaya ada 643 peserta memilih UNS,” jelas Ketua Panitia Pusat UMB-PT. Lebih lanjut Ia mengatakan bahwa ujian tulis jalur UMB-PT bisa juga digunakan untuk masuk perguruan tinggi luar negeri atau IDP (International Development Program) seperti studi di Amerika Serikat dan Australia. (wdi)(rhs)

***

4 ) Dekan FE Unej Raih Satya Lencana Pembangunan
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/114395/dekan-fe-unej-raih-satya-lencana-pembangunan

20 Jul 2013 20:01:14
Jember (Antara Jatim) – Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Jember Dr M. Fathorrazi, MSi meraih penghargaan Satya Lencana Pembangunan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono karena kontribusinya di dunia perkoperasian Indonesia.”Alhamdulillah, Presiden SBY berkenan menyematkan Satya Lencana Pembangunan kepada saya pada saat Peringatan Hari Koperasi beberapa waktu lalu di Mataram, Nusa Tenggara Barat,” kata Fathorrazi di Kabupaten Jember, Jatim, Sabtu. Dekan Fakultas EKonomi Universitas Jember (Unej) tersebut, satu-satunya penerima Satya Lencana Pembangunan yang berlatar belakang akademisi dari Jatim, sedangkan penerima lainnya didominasi wali kota dan bupati antara lain Wali Kota Surabaya, Bupati Malang, dan Bupati Jombang. Penghargaan tersebut bukan tanpa sebab, beberapa buku Fathorrazi di bidang koperasi yang memberikan kontribusi bagi dunia perkoperasian antara lain “Kapan dan Bilamana Berkoperasi”, “Ekonomi Koperasi”, “Manfaat Berkoperasi”, dan belum lagi karya tulis ilmiah lainnya. Ia juga terlibat dalam berbagai organisasi koperasi seperti anggota Komisi Pengawas Koperasi Simpan Pinjam Jatim, Sekertaris Asosiasi Dosen dan Peneliti Koperasi Indonesia.”Saya juga mendapatkan amanah sebagai Ketua Koperasi Keluarga Alumni Unej dan Pengawas Koperasi Ekonomi Masyarakat Sejahtera Fakultas Ekonomi,” ucap dosen asal Bondowoso itu.

…dst

5 ) Kuota 60 Ribu CPNS untuk Pelamar Umum Bisa Bertambah Lagi
Tak Sebut Angka Pasti untuk Hindari Manipulasi
http://www.jpnn.com/index.php?mib=berita.detail&id=182945

Minggu, 21 Juli 2013 , 19:01:00
JAKARTA – Meski secara nasional pemerintah telah menetapkan kuota CPNS dari pelamar umum untuk tahun ini sebanyak 60 ribu, namun angka ini belum final juga. Pasalnya, pemerintah masih memberikan kepada instansi untuk mengajukan usulan penambahan kuota lagi. Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Abubakar, pengajuan tambahan kuota masih dimungkinkan asalkan tidak berpengaruh pada anggaran belanja pegawai secara nasional. Ia mencontohkan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang meminta tambahan kuota sekitar 9000 pegawai, namun yang disetujui baru 5000. Azwar mengatakan, saat ini kuota 40 ribu untuk daerah juga masih banyak yang kosong. “Kalau kuota pusat ditambah 5000 sehingga menjadi 25 ribu, saya rasa masih sehatlah keuangan negara,” ujarnya di Jakarta, Minggu (21/7). Asisten Deputi SDM Aparatur KemenPAN-RB Nurhayati, menambahkan, angka 60 ribu yang dipatok memang belum final. Sebab, pengolahan data masih berproses sehingga besar kemungkinan jumlah kuota untuk pelamar umum bisa bertambah. “Data ini masih akan berubah lagi. Apalagi ada 100 lebih daerah yang usulan kebutuhan pegawainya belum ditandatangani MenPAN-RB,” ujarnya. Nur pun menyodorkan alasan pemerintah tak membeber angka pasti formasi CPNS itu. Menurutnya, hal itu unutk mengantisipasi permainan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Selain itu menjaga agar tidak ada miskomunikasi antara pusat dan daerah.

…dst

6 ) Jangan Mau Ditipu Calo PNS
http://www.jpnn.com/read/2013/07/21/182906/Jangan-Mau-Ditipu-Calo-PNS-

Minggu, 21 Juli 2013 , 12:26:00
BENGKULU – Gubernur Bengkulu H Junaidi Hamsyah, S.Ag, M.Pd berkomitmen menyelenggarakan rekrutmen Calon Pegawai Negri Sipil (CPNS) tahun ini secara bersih dan transparan. Dia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mempercayai calo yang mengaku dapat meloloskan seseorang menjadi CPNS. Dia juga menyampaikan agar masyarakat, terutama para pencari kerja (pencaker) untuk tetap tenang, dan jangan terbesit untuk berfikir menyogok. Ketegasan Gubernur Junaidi itu disampaikannya guna menyikapi isu yang telah berkembang belakangan ini, upaya praktik suap dengan jasa calo.”Masyarakat tidak perlu kasak kusuk untuk mencari peluang nyogok. Kita laksanakan tes ini dengan bersih. Itu amanah MenPAN-RB. Masyarakat juga jangan mau ditipu oleh calo,” pesan Junaidi yang diterima wartawan Koran RB (Grup JPNN), via BlackBerry Messenger (BBM).Secara tersirat, Junaidi juga mengingatkan agar pejabat di lingkungan Pemda Provinsi tidak bermain-main dengan tes CPNS ini. Apalagi sampai menjadi calo. Bila sampai ditemukan, Junaidi bakal bersikap tegas sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dalam mengawal tes CPNS bersih ini, Junaidi juga meminta Wakil Gubernur (Wagub), Sultan B Najamudin untuk ekstra melakukan pengawasan. “Jika terbukti ado calo yang bermain, dan itu pejabat Pemprov, kami akan panggil. Dan saya akan tugasi Pak Wagub untuk mengawasi penyelenggaraan tes ini secara baik dan bersih,” tegas Junaidi Hamsyah.

…dst

7 ) Jusuf Kalla Minta UGM Perbaiki Tata Suara Masjid Shalahuddin
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/07/21/3/169799/-Jusuf-Kalla-Minta-UGM-Perbaiki-Tata-Suara-Masjid-Shalahuddin

Minggu, 21 Juli 2013 | 16:26 WIB
Metrotvnews.com, Yogyakarta: Mantan Wapres Jusuf Kalla mengeritik pemasangan peralatan pengeras suara di Masjid Shalahuddin Universitas Gadjah Mada.Menurut Jusuf Kalla, Minggu (21/7), mengemukakan, dengan pemasangan pengeras suara yang tidak tepat, justru akan semakin menyulitkan jamaah (audisens) untuk mendengarkan isi ceramah atau dakwah. Padahal, kata Jusuf Kalla yang juga ketua Dewan Masjid Indonesia itu, fungsi utama pengeras suara adalah untuk membantu jamaah mengikuti dan mendengarkan ceramah atau penyampaian dakwah secara lisan.”Kalau tata suaranya kurang baik, justru jamaah tidak bisa mendengarkan,” kata Jusuf Kalla. Jusuf Kalla menambahkan, tata suara yang baik tidak harus dengan memasang pengeras suara yang banyak atau dengan mengeraskan suara dan menambah echo, tetapi dengan pengaturan arah suara dan penempatan yang tepat. Jusuf Kalla kemudian meminta Rektor UGM agar memanfaatkan pakar akustik yang ada, untuk menata ulang tata suara yang yang ada di Masjid Shalahuddin. Sebab, tata suara yang ada sekarang, masih belum baik.

…dst

8 ) Rekonsiliasi Warga Syiah, Pemprov Tunjuk IAIN
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/07/21/3/169780/-Rekonsiliasi-Warga-Syiah-Pemprov-Tunjuk-IAIN

Minggu, 21 Juli 2013 | 15:00 WIB
Metrotvnews.com, Surabaya: Pemerintah Provinsi Jawa timur menunjuk Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Ampel Surabaya menjadi lembaga yang melakukan rekonsiliasi antarawargs Syiah dengan warga setempat di Sampang. ”Kita anggap IAIN sebagai lembaga yang mumpuni untuk melakukan rekonsiliasi kedua belah pihak,” kata Gubernur Jatim Soekarwo di Surabaya, Minggu (21/7). Forum Rekonsiliasi Syiah ini akan dipertemukan sejumlah elemen-elemen penting yang memilki kompeten soal Syiah, termasuk mereka yang terlibat langsung dalam konflik itu. “Forum rekonsiliasi ini akan digagas oleh Instituts Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Ampel. Kenapa kampus tersebut, karena IAIN memiliki kerjasama dengan Menteri Agama terkait rekonsiliasi,” katanya. Dalam Forum rekonsiliasi tersebut, lanjutnya, sejumlah elemen akan membahas persoalan Syiah ini. Sementara Pemprov Jatim dalam hal ini berkapasistas diundang di forum rekonsiliasi tersebut. Sebab Pemprov Jatim tidak memiliki kewenangan soal mengurus keyakinan seseorang.

…dst

9 ) 98 Mahasiswa Asing Ikuti “COP” di Kediri
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/114438/98-mahasiswa-asing-ikuti-cop-di-kediri

21 Jul 2013 13:38:53
Surabaya (Antara Jatim) – Sebanyak 98 mahasiswa asing dari Korsel, Belanda, Jepang, Hong Kong, dan China mengikuti “Community Outreach Program” (COP) atau Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2013 bersama 59 mahasiswa Universitas Kristen Petra Surabaya di Kediri, 7 Juli-1 Agustus. “Sejak tahun 1998, kami bekerja sama dengan universitas dari negara dan bahkan benua lain untuk melaksanakan COP atau KKN Internasional di desa-desa di kaki Pegunungan Wilis di Kediri,” kata Humas UKP Surabaya, Ingrid Indriyani, di Surabaya, Minggu.Menurut dia, COP 2013 bertujuan membagikan nuansa multikulturalisme, baik kepada peserta maupun kepada masyarakat Kediri. “Melalui COP ini, peserta yang ikut terlibat diajak untuk belajar hidup berinteraksi bersama masyarakat yang berbeda budaya, pola pikir, status sosial ekonomi dan tingkat pendidikan,” katanya. Selain itu, COP atau KKN Internasional itu dapat menjadi sarana belajar mengasah kepekaan sosial dalam membantu masyarakat di desa dalam menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. “Secara ‘global vision’, COP atau KKN Internasional itu diharapkan mampu menjadi embrio bagi terciptanya bangunan perdamaian atau ‘peace building’ di masyarakat dunia,” katanya.

…dst

10 ) Mahasiswa STP Trisakti Gelar Parents Day
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/07/21/3/169757/Mahasiswa-STP-Trisakti-Gelar-Parents-Day

Minggu, 21 Juli 2013 | 09:54 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Sebagai wujud cinta kasih anak dan orang tua serta mengeratkan hubungan akrab dengan kampus, mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Trisakti menggelar acara Parents Day 2013 di kampus STP Trisakti yang dihadiri 600 orang tua mahasiswa. Parents Day merupakan sebuah acara gala dinner yang kali bertajuk We Are Golden dengan mengambil tema Pulau Dewata Bali.Sebelumnya, beberapa tahun belakangan Parents Day selalu bertema dari luar negeri. Tema Bali sengaja dipilih mengingat pentingnya potensi wisata pulau di Indonesia itu yang memiliki budaya yang khas.Dalam sambutan acara itu, Pembantu Ketua Bidang Kemahasiswan STP Trisakti Sri Sulartiningrum mengatakan kegiatan Parents Daya diselenggarakan sebagai wujud cinta kasih para mahasiswa kepada orang tua, dan juga ajang untuk melatih kemampuan para mahasiswa sebelum melakukan pelatihan atau job training pada semester ke lima dan semester ke enam.

…dst

11 ) UGM Tuan Rumah The 10th Biennial Conference of AASP 2013
http://kampus.okezone.com/read/2013/07/20/373/839887/ugm-tuan-rumah-the-10th-biennial-conference-of-aasp-2013

Sabtu, 20 Juli 2013 10:46 wib
JAKARTA – Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM) dipercaya oleh asosiasi keilmuwan internasional, Asian Association of Social Psychology (AASP), menjadi tuan rumah penyelenggaraan konferensi internasional The 10th Biennial Conference of Asian Association of Social Psychology, 21-24 Agustus 2013. Acara tersebut rutin diselenggarakan setiap 2 tahun sekali. Panitia penyelenggara Prof. Dr. Kwartarini Wahyu Yuniarti, M.Med.Sc mengatakan sebelum acara inti dilakukan 4th AASP Summer School pada 17-21 Agustus 2013. “Acara ini merupakan wadah untuk memfasilitasi ilmuwan psikologi dan sosial untuk menginisiasi adanya riset kolaborasi,” ujarnya dari siaran pers yang diterima Okezone, Sabtu (20/7/2013). Kwartarini menambahkan, dalam acara 4th AASP Summer School, materi yang akan disajikan dibagi ke dalam lima kelas utama dengan tema berbeda-beda. Kelas-kelas itu antara lain biculturism and intergroup relation, emotion psychology, experiencing group-based disadvantage, majority relation with minority communities dan how we improve intercultural communication in the healthcare settings.

…dst

12 ) FTUI Raih Sertifikat ISO
http://kampus.okezone.com/read/2013/07/20/373/839890/ftui-raih-sertifikat-iso

Sabtu, 20 Juli 2013 11:28 wib
JAKARTA – Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2008 Quality System Management atau Sistem Manajemen Mutu untuk Pusat Administrasi Fakultas (PAF) FTUI. Sertifikasi ini diserahkan oleh Operation Manager PT. DQS Certification Indonesia Markus Dihanto kepada Dekan FTUI Prof. Dr. Ir. Bambang Sugiarto, M.Eng di perayaan Dies Natalis FTUI ke-49 di kampus FTUI Depok.”Perolehan ISO 9001 : 2008 ini merupakan kerja keras dan komitmen FTUI untuk mencapai visi sebagai Institusi Pendidikan Keteknikan yang Unggul dan Mampu Bersaing di Dunia Internasional. Sebelumnya, pada tahun 2008 dan 2010, FTUI meraih akreditasi internasional ASEAN University Network (AUN) untuk enam Departemen yang dimilikinya yaitu teknik sipil, teknik mesin, teknik elektro, teknik metalurgi dan material, arsitektur dan teknik kimia. Selain PAF FTUI, beberapa unit di dalam lingkungan UI yang telah terlebih dahulu meraih sertifikasi ISO 9001:2008 adalah Departemen Teknik Mesin FTUI, Departemen Ilmu Administrasi FISIP UI dan PPSI UI,” ungkap Kepala Kantor Komunikasi Universitas Indonesia Dra. Farida Haryoko, M.Psi dari siaran pers yang diterima Okezone, Sabtu (20/7/2013).

…dst

13 ) 300 Pelajar Indonesia Bersiap Studi di Belanda
http://edukasi.kompas.com/read/2013/07/21/1309170/300.Pelajar.Indonesia.Bersiap.Studi.di.Belanda

Minggu, 21 Juli 2013 | 13:09 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Sekitar 300 pelajar Indonesia berkumpul di Erasmus Huis di Jakarta untuk acara tahunan pre-departure briefing yang diselenggarakan Nuffic Neso Indonesia, Sabtu (20/7/2013). Mereka akan memulai studinya di Belanda pada September mendatang. Pelajar yang hadir tahun ini lebih banyak dibanding tahun sebelumnya. Dengan menggunakan cara yang santai dan informal, misalnya melalui kuis interaktif dan drama yang ditampilkan oleh para alumni, 300 calon pelajar tersebut mendapatkan informasi mengenai kebudayaan Belanda dan petunjuk praktis sebagai persiapan mereka tinggal di Belanda. Hal ini seperti yang ditunjukkan staf dari Erasmus Taal Centrum yang memberikan pelajaran kilat tentang Bahasa Belanda bagi Pemula. Sementara para alumni Indonesia dari lembaga pendidikan tinggi Belanda juga berbagi pengalaman dan informasi praktis dengan penerus mereka.”Ini menunjukkan adanya peningkatan minat studi ke Belanda sebagai destinasi studi bagi masyarakat Indonesia,” kata Mervin Bakker, Direktur Nuffic Neso Indonesia.

…dst

14 ) Jatim Terima 120 Mahasiswa Papua-Kalbar
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/114328/jatim-terima-120-mahasiswa-papua-kalbar

19 Jul 2013 15:13:42
Surabaya (Antara Jatim) – Tujuh perguruan tinggi negeri (PTN) di Jawa Timur menerima 120 mahasiswa Papua-Kalimantan Barat lewat jalur Afirmasi Dikti (“ADik”) Tahun 2013 yakni 105 mahasiswa Papua dan 15 mahasiswa wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3-T) di Kalbar. “Tahun ini, Unair sebenarnya siap menerima 22 mahasiswa Papua, namun hanya 14 mahasiswa Papua yang mendaftar ulang,” kata Ketua Pusat Informasi dan Humas Unair Dr MG Bagus Ani Putra di Surabaya, Jumat. Majelis Rektor PTN Indonesia melaporkan adanya surat Dirjen Dikti No. 652/E.E3/DK/2013 tentang ADik Papua dan ADik 3T Kalbar 2013 tertanggal 15 Juli 2013 yang mencatat 710 mahasiswa menjadi peserta ADik 2013 yang disebarkan pada 39 PTN se-Indonesia. Dalam surat yang ditandatangani Dirjen Pendidikan Tinggi Kemdikbud Djoko Santoso itu mencatat tujuh PTN di Jatim yang menerima mahasiswa dari Papua dan Kalbar adalah Unair, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Jember, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Trunojoyo, dan ITS.

…dst

15 ) PNS Terima Parcel Termasuk Pelanggaran Berat
http://www.jpnn.com/index.php?mib=berita.detail&id=182862#

Minggu, 21 Juli 2013 , 02:18:00
BOGOR- Bagi-bagi parcel atau bingkisan menjelang lebaran sudah menjadi tradisi tahunan. Namun tradisi ini tak berlaku bagi pegawai negeri sipil (PNS). Berdasarkan Peraturan pemerintah (PP) No 53 Tahun 2010 tentang disiplin PNS, ditegaskan bahwa PNS dilarang keras menerima parcel atau bingkisan lebaran karena masuk dalam pelanggaran disiplin PNS yakni masuk dalam kategori gratifikasi. Hadiah atau pemberian apapun yang berhubungan dengan pekerjaan maupun jabatan juga masuk dalam kategori gratifikasi. Kabid mutasi pegawai dan pengembangan karir pada Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Bogor, Ana Ismawati mengatakan, pemberian hadiah berupa parcel atau sejenisnya masuk dalam pelanggaran berat. Penindakannya sesuai dengan putusan pimpinan SKPD dimana mereka bekerja.”Ini masuk pelanggaran kelas berat, biasanya akan diproses. Sanksinya tergantung kebijakan pimpinannya,” katanya.Ana menuturkan, terkait parcel, sudah dilarang sejak beberapa tahun yang lalu. Jika memang ada indikasi dan laporan terkait pemberian hadiah akan di proses. Aturan ini juga mengikat bagi pimpinan SKPD sekelas kepala dinas.Jika kepala dinas memberi parcel kepada anak buahnya, maka pimpinan kepala dinas, dalam hal ini walikota dan sekda, berwenang melakukan penindakan. “Jadi jenjangnya pimpinan yang melakukan sangsi setelah dilakukan proses penyelidikan,” jelasnya.

…dst

16 ) 60 juta warga Indonesia buang hajat sembarangan
http://nasional.sindonews.com/read/2013/07/19/15/763213/60-juta-warga-indonesia-buang-hajat-sembarangan

Jum’at, 19 Juli 2013 ? 22:03 WIB
Sindonews.com – Indonesia ternyata merupakan negara dengan tingkat praktik Buang Air Besar Sembarangan (BABS) tertinggi nomer dua di dunia di bawah negara India. Menurut data UNICEF EAPRO regional, lebih dari 60 juta penduduk Indonesia masih melakukan praktek BABS. Terkait dengan kondisi itu, pihak UNICEF memberikan bantuan kepada pemerintah pusat hingga daerah untuk melakukan kegiatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dalam rangka mengeliminasi praktek buang air besar di sembarang tempat pada akhir tahun 2015 mendatang. Tiga provinsi tersebut, yakni Papua, NTT dan Sulawesi Selatan yang terkategori sebagai tiga provinsi dengan tingkat sanitasi yang rendah menjadi fokus program ini. Untuk NTT, difokuskan pada dua kabupaten yakni Kabupaten Sumba Timur dan Kabupaten Alor.

…dst

17 ) Inilah Instansi Pemerintah Pusat dan Pemda Yang Akan Merekrut CPNS Baru
http://www.setkab.go.id/berita-9562-inilah-instansi-pemerintah-pusat-dan-pemda-yang-akan-merekrut-cpns-baru.html

Sabtu, 20 Juli 2013 – 08:38 WIB
Pemerintah akan melakukan seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mulai September mendatang untuk merekrut sekitar 60 ribu pegawai baru. Menteri PAN-RB Azwar Abubakar mengemukakan, dari total 60 ribu CPNS baru itu, sebanyak 20 ribu CPNS direkrut oleh instansi pusat dan 40 ribu CPNS akan direkrut oleh pemerintah daerah. Deputi SDM Aparatur Kementerian PAN-RB Setiawan Wangsaatmaja telah menyerahkan data tambahan formasi CPNS itu kepada masing-masing instansi dalam Rakor CPNS di Jakarta, Kamis (18/7). Sebanyak 29 kementerian dan 36 lembaga akan melakukan seleksi CPNS tahun 2013 ini . Sedangkan pemerintah daerah yang mendapatkan tambahan formasi CPNS 40 ribu dari jalur umum, sebanyak 225, terdiri dari 33 pemerintah provinsi dan 192 kabupaten/kota.

…dst

18 ) 27 Pemda di Jatim Tidak Dapat Alokasi CPNS Baru
Rawan Politisasi, Kemen PAN-RB Belum Bisa Beber Alokasi Per Instansi
http://www.jpnn.com/read/2013/07/21/182886/27-Pemda-di-Jatim-Tidak-Dapat-Alokasi-CPNS-Baru-

Minggu, 21 Juli 2013 , 07:12:00
JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi (Kemen PAN-RB) telah menuntaskan pembagian alokasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) baru. Hasilnya banyak sekali pemda yang tidak memperoleh alokasi itu. Khusus di Jawa Timur (jatim), ada 27 pemda yang tidak mendapatkan alokasi CPNS baru untuk periode rekrutmen 2013 ini. Alokasi CPNS baru di Jatim dialokasikan untuk pemprov Jatim. Lalu untuk 11 instansi kabupaten dan kota. Yaitu Kab. Jember, Kab. Sidoarjo, Kota Mojokerto, Kota Surabaya, Kab. Mojokerto, Kab. Pamekasan, Kab. Tuban, Kota Blitar, Kota Kediri, Kota Malang, dan Kota Probolinggi. Dari daftar pemkab atau pemkot yang mendapatkan alokasi itu, berarti di Jatim ada 27 pemda yang tidak mendapatkan alokasi CPNS baru. Diantaranya adalah Kab. Lumajang yang disebut-sebut tidak mendapatkan alokasi karena alokasi gaji PNS di APBD sudah sangat besar, melebihi ambang batas 50 persen. Daerah lain yang tidak dapat adalah Kota dan Kab. Pasuruan, Kab. Bondowoso, Kab. Situbondo, Kab. Banyuwangi, dan lain-lainnya. Untuk tingkat nasional, jumlah pemprov yang mendapatkan alokasi meningkat dibandingkan paparan rapat koordinasi (rakor) Kamis lalu (18/7). Dalam rakor saat itu, alokasi CPNS baru hanya tersebar di 30 pemprov. Tetapi data terkini menunjukkan bahwa alokasi CPNS baru tersebar di seluruh provinsi. Meskipun ada sejumlah kabupaten atau kota di provinsi tertentu yang tidak mendapatkan alokasi CPNS baru. Kepala Biro Hukum dan Humas (Karo Hukmas) Kemen PAN-RB Mohammad Imanuddin menegaskan pembagian alokasi CPNS baru ini khusus untuk saringan pelamar umum. “Bisa jadi ada pemda yang tidak dapat dalam alokasi pelamar umum ini, tetapi dapat dari pelamar tenaga honorer kategori II. Tetapi sekarang fokus dulu untuk pelamar umum,” urainya kemarin.

…dst