1 ) Rapor merah, Mendikbud belum terima surat panggilan ORI
http://nasional.sindonews.com/read/2013/07/25/15/765316/rapor-merah-mendikbud-belum-terima-surat-panggilan-ori

Kamis, 25 Juli 2013 ? 17:25 WIB
Sindonews.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh mengakui, hingga saat ini belum menerima surat pemanggilan dari pihak Ombudsman Republik Indonesia (ORI).”Belum. Isinya apapun juga belum tahu,” ujarnya di kantor Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (25/7/2013). Hal ini dikatakannya terkait hasil observasi Ombudsman terhadap 18 kementerian yang menyelenggarakan pelayanan publik khususnya unit pelayanan perizinan. Observasi itu dilakukan berdasarkan Undang-Undang (UU) Pelayanan Publik Nomor 25 Tahun 2009. Dari hasil penelitian Ombudsman itu, lima Kementerian masuk dalam zona merah atau mendapat rapor merah karena pelayanan publiknya, khususnya unit pelayanan perizinannya dianggap buruk atau tidak maksimal.Seperti diberitakan Sindonews sebelumnya, pekan depan, Ombudsman Republik Indonesia akan memanggil lima Kementerian yang masuk dalam zona merah atau yang mendapat rapor merah karena pelayanan publiknya dianggap buruk atau tidak maksimal.

…dst

2 ) Dapat rapor merah, Kemendikbud janji tingkatkan pelayanan publik
http://nasional.sindonews.com/read/2013/07/24/15/764951/dapat-rapor-merah-kemendikbud-janji-tingkatkan-pelayanan-publik

Kamis, 25 Juli 2013 ? 03:00 WIB
Sindonews.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menanggapi positif hasil observasi Ombudsman, terhadap 18 kementerian yang menyelenggarakan pelayanan publik khususnya unit pelayanan perizinan. Observasi itu dilakukan berdasarkan Undang-Undang (UU) Pelayanan Publik Nomor 25 Tahun 2009, dan diumumkan beberapa hari lalu. Dari hasil penelitian Ombudsman, lima Kementerian masuk dalam zona merah atau mendapat rapor merah karena unit pelayanan perizinannya dianggap buruk atau tidak maksimal. Dan salah satunya adalah Kemendikbud.”Hasil penelitian Ombudsman itu tetap jadi pemacu kami untuk meningkatkan pelayanan publik, baik unit perizinan maupun non perizinan. Artinya, penelitian itu kami respon positif,” ujar Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ibnu Hamad kepada Sindonews saat dihubungi, Rabu (24/7/2013) malam.

…dst

3 ) Kemendikbud akui unit pelayanan publik belum maksimal
http://nasional.sindonews.com/read/2013/07/25/15/764982/kemendikbud-akui-unit-pelayanan-publik-belum-maksimal

Kamis, 25 Juli 2013 ? 00:12 WIB
Sindonews.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengakui, pelayanan publik khususnya unit pelayanan perizinan belum maksimal. “Tujuan penelitian Ombudsman itu kami terima, memang pelayanan publik khususnya unit pelayanan perizinan kami belum sebaik yang dimiliki kementerian lainnya,” ujar Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ibnu Hamad kepada Sindonews saat dihubungi, Rabu (24/7/2013) malam. Meski demikian, dia meminta agar publik dapat kritis menanggapi hasil observasi Ombudsman tersebut. “Itu kan yang dinilai Ombudsman adalah unit pelayanan publik yang memiliki perizinan. Kalau di Kemendikbud, itu ada di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI). Nah, ada kecenderungan yang dinilai Ombudsman itu yang sistem loket,” jelasnya.

…dst

4 ) IAIN dan UIN Jangan Coba Bersaing Dengan Universitas Umum
http://www.citizenjurnalism.com/world-news/indonesia/cj-dpr-ri-news/iain-dan-uin-jangan-coba-bersaing-dengan-universitas-umum/

Thu, 25 Jul 2013
Anggota Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily mengungkapkan bahwa belakangan ia melihat tidak sedikit UIN (Universitas Islam Negeri) yang malah lebih mengarahkan, bahkan memfokuskan diri pada ilmu atau fakultas umum saja. Padahal menurut Ace, diadakannya perubahan status dari IAIN ke UIN salah satunya untuk melengkapi ilmu atau fakultas agama dengan ilmu-ilmu umum lainnya seperti Fakultas kedokteran, fakultas Ekonomi atau Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. iain”Jadi fakultas lain hanya sebagai pelengkap saja. Tapi sekarang kenyataannya UIN malah banyak yang mengutamakan fakultas atau ilmu umum dibanding Ilmu agama. Padahal kan perbedaan atau keistimewaan UIN itu adalah bisa mencetak ahli-ahli agama,”jelas Ace, begitu ia akrab disapa. Lebih lanjut Ace mengatakan jangan sampai anak bangsa malah pergi ke negara lain seperti Istambul, Turki hanya untuk mempelajari ilmu agama. Menurut Ace, UIN janganlah mencoba bersaing dengan universitas lain yang memang sudah lebih dahulu mendalami dan ahli di bidang ilmu umum, seperti Fakultas Kedokteran, FE, dan FISIP.

…dst

5 ) Dari Daerah Tertinggal, Boko Lulus Cumlaude S-2 UGM
http://kampus.okezone.com/read/2013/07/25/373/842508/dari-daerah-tertinggal-boko-lulus-cumlaude-s-2-ugm

Kamis, 25 Juli 2013 17:15 wib
JAKARTA – Berasal dari salah satu daerah tertinggal di Indonesia tidak menghalangi Yanuarius Boko berprestasi. Pria asal Nusa Tenggara Timur (NTT) itu berhasil lulus dengan predikat cumlaude dari program studi (prodi) Magister Perdamaian dan Resolusi Konflik Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Selain meraih cumlaude, Boko juga menjadi wisudawan pada wisuda pascasarjana UGM periode IV yang lulus tercepat dengan waktu kuliah satu tahun enam bulan. Sementara rekan-rekan S-2 lainnya harus menempuh studi rata-rata dua tahun tujuh bulan. Peraih nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,77 itu mengaku tidak menyangka dapat meraih prestasi tersebut. “Secara pribadi saya senang dan bersyukur termasuk di antara lulusan yang cumlaude. Saya juga tidak menyangka bisa lulus cumlaude di UGM,” kata Boko, seperti dinukil dari laman UGM, Kamis (25/7/2013).Pria kelahiran Bonan, Kabupaten Belu, NTT itu mengungkap, sengaja memilih prodi Perdamaian dan Resolusi Konflik agar sesuai dengan kebutuhan daerahnya. Sebab, di daerah tempat tinggalnya yang rawan konflik memerlukan sosok mediator.

…dst

6 ) Mahasiswa ciptakan absensi pendeteksi kesehatan
http://www.antaranews.com/berita/387398/mahasiswa-ciptakan-absensi-pendeteksi-kesehatan

Kamis, 25 Juli 2013 21:04 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Tim mahasiswa Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) ITB menciptakan absensi sidik jari yang juga bisa mendeteksi kondisi kesehatan seseorang. Berkat karyanya itu, tim beranggotakan Bagus Hanindito, Wisnu Wijayanto, dan Cindy Agustina itu memenangi “Fujitsu Innovation Challenge 2013″ dan berhak mengunjungi mengunjungi kantor pusat Fujitsu di Jepang.”Idenya dari orang tua Bagus yang sakit dan terpaksa harus dicek darah, setiap kali dicek darah Beliau harus ditusuk jarum dan karena sudah berulang kali maka tangannya luka,” kata Cindy di Jakarta, Kamis. Dari sana, Cindy dan kedua rekannya memiliki ide mengembangkan perangkat PalmSecure dari Fujitsu untuk dijadikan alat absen sekaligus pendeteksi kondisi kesehatan melalui pengecekan jumlah hemoglobin dalam darah. Mereka menamai karyanya dengan “Attendance Record System with Integrated Body Health Information”. Cara kerjanya, kata Cindy, mengecek deoxygenated haemoglobin yakni hemoglobin yang tidak diikat oksigen.

…dst

7 ) Prodi Rendah Peminat Diisi via UMBPT
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/07/25/232073/Prodi-Rendah-Peminat-Diisi-via-UMBPT-

25 Juli 2013
SEMARANG – Sebanyak 1.353 orang mengikuti ujian masuk bersama perguruan tinggi (UMBPT) di kam­pus Undip Tembalang, baru-baru ini. Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi MES PhD ditemui usai pe­n­injauan lokasi ujian mengatakan, UMBPT dilaksanakan untuk mengisi beberapa fakultas yang ada di Undip yang peminatnya sedikit. Program studi (prodi) itu antara lain di bawah Fakultas Peternakan dan Pertanian, Fakultas Perikanan dan Kelautan, Fakultas Ilmu Budaya, dan Fakultas Teknik. “Melalui seleksi UMBPT diharapkan Undip mendapatkan calon mahasiswa terbaik. Perlu diketahui, tahun ini jumlah pendaftar UMBPT 50% lebih banyak dibandingkan tahun lalu. Tahun lalu hanya 500 orang yang mendaftar, sedangkan tahun ini meningkat menjadi 1.353 orang,” urai Sudharto. Panitia UMBPT Agung Budiatmo SSos MSi menuturkan, jumlah peserta yang mengikuti ujian 1.353 orang. Mereka terbagi dalam pilihan IPA 890 peserta, IPS 286 peserta, dan IPC 177 peserta.

…dst

8 ) Kini, ITS – Universitas Thailand Bisa Tukar Pelajar
http://kampus.okezone.com/read/2013/07/25/373/842504/kini-its-universitas-thailand-bisa-tukar-pelajar

Kamis, 25 Juli 2013 16:04 wib
JAKARTA – Dalam rangka mengembangkan kampus ke tingkat internasional, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) terus memperbanyak relasi kerjasama internasional. Kali ini, Chulalongkorn University Thailand yang dipilih sebagai partner kerja. Melalui Jurusan Biologi FMIPA, ITS akan berkolaborasi dengan universitas asal Negeri Gajah Putih itu dalam hal penelitian, pertukaran pelajar, hingga kerja praktek. Meski melalui jurusan Biologi, kerjasama tersebut juga terbuka bagi jurusan sains lainnya. ”MoU ini bukan antar jurusan, tapi antar fakultas sains, yakni jurusan Matematika, Fisika, Kimia, serta Statistika yang merupakan bagian dari FMIPA,” ujar Pembantu Rektor 4 ITS, Darminto, seperti dikutip dari ITS Online, Kamis (25/7/2013).Namun, dia menambahkan, untuk tahap awal ini kerjasama yang dilakukan hanya antara Jurusan Biologi ITS dan Jurusan Botani Chulalongkorn University. Hal itu disebabkan karena Jurusan Biologi saat ini lebih membutuhkan partner kerjasama dengan instansi dari luar dibandingkan jurusan lain di FMIPA.

…dst

9 ) Pesiar Ramadan di Masjid UI
http://kampus.okezone.com/read/2013/07/25/373/842336/pesiar-ramadan-di-masjid-ui

Kamis, 25 Juli 2013 12:10 wib
JAKARTA – Selama Ramadan, Masjid Ukhuwah Islamiyah (MUI) mengadakan kegiatan bertajuk Pesona Syiar Ramadan (Pesiar). Pesiar merupakan rangkaian program tahunan di bulan Ramadan di sekitar area MUI. Semua kegiatan yang diadakan dalam rangkaian program ini terbuka untuk umum, kecuali kegiatan pesantren anak karyawan UI yang khusus untuk anak-anak karyawan UI yang ingin belajar membaca Al-Quran. Nama Pesiar sendiri sebagai nama acara tidak hanya sekadar singkatan, namun juga memiliki filosofi. Ketua Program Ramadan Masjid UI Yubus Daud mengatakan, “Kenapa kami namakan Pesiar? Karena kami ingin menyampaikan bahwa bulan Ramadan adalah bulan yang istimewa yang hanya hadir setahun sekali, sama seperti kapal pesiar yang hanya datang di bulan Ramadan menuju negeri taqwa,” seperti dikutip dari situs UI, Kamis (25/7/2013).

…dst

10 ) Paduan Suara ITS Tampil Memukau di Spanyol
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/07/25/mqgfjz-paduan-suara-its-tampil-memukau-di-spanyol

Kamis, 25 Juli 2013, 02:02 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, Paduan suara Institut Teknologi Surabaya (ITS) tampil memukau dalam festival musik Cantonegros yang diikuti 19 peserta dari 12 negara di Kota Vic, sekitar 90 km dari Barcelona, Spanyol, baru baru ini. “Paduan suara ITS dengan konduktor Budi Susanto Yohanes membawakan lagu wajib serta lagu daerah berjudul Ugo-Ugo,” demikian Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Madrid Theodorus Satrio Nugroho, Kamis (25/7). Sebanyak 35 penyayi paduan suara ITS tidak saja menampilkan paduan suara yang harmonis, tetapi juga gerak serta didukung kostum itu juga keluar sebagai juara ketiga untuk kategori lagu daerah. Selain mengikuti festival di Cantonegros, paduan suara dari ITS juga tampil dalam Festival Paduan Suara Dunia di Torrevieja yang akan berlangsung dari tanggal 23-28 Juli 2013. Dikatakannya selain paduan suara ITS, paduan suara dari Unpad Bandung juga akan bertanding dalam Festival Paduan Suara Dunia Torrevieja di Llanca, sekitar 150 km dari Barcelona.

…dst

11 ) Laporan Dugaan Penyimpangan UPI Tidak Berdasarkan Fakta
http://www.pikiran-rakyat.com/node/244110

Rabu, 24/07/2013 – 16:43
BANDUNG, (PRLM).- Dugaan-dugaan penyimpangan yang dilaporkan salah satu civitas akademika Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) kepada Inspektorat Jenderal Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan dinilai tidak berdasarkan fakta-fakta. Selain itu juga laporan tidak berdasarkan data yang telah terverifikasi sebagai laporan universitas. Artinya data-data yang tingkat kebenarnya tidak dapat diganggu. “Laporan yang disampaikan pelaporan tidak benar sama sekali. Kemarin kami menahan diri untuk menghormati Inspektorat bekerja. Sekarang setelah selesai bekerja Itjen kami paparkan fakta-fakta yang terkait substansi pelapor,” kata Koordinator Bidang Publikasi dan Dokumentasi Media Humas UPI Andika Duta Bahari dalam konferensi pers di Rektorat UPI, Jln. Setiabudhi, Kota Bandung, Rabu (24/7/13).Andika memaparkan terkait laporan dana perjalanan dinas UPI sebesar Rp28 miliar tidak benar. Bahkan seperempatnya pun tidak sampai. Perjalanan dinas yang dilakukan civitas akademika UPI merupakan sebuah kewajaran yang dilakukan perguruan tinggi dalam melaksanakan misi tri dharma perguruan tinggi. Proses dan tata cara perjalanan dinas yang dilakykan civitas UPI telah didasarkan pada ketentuan dan aturan yang berlaku.

…dst

12 ) 36 WNI terima beasiswa pascasarjana dari AS
http://www.antaranews.com/berita/387288/36-wni-terima-beasiswa-pascasarjana-dari-as

Kamis, 25 Juli 2013 09:32 WIB
Jayapura (ANTARA News) – Sebanyak 36 Warga Negara Indonesia (WNI) menerima beasiswa yang dikelola oleh Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) untuk menempuh studi pascasarjana di Amerika Serikat. Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) Kedutaan Besar AS Kristen Bauer mengatakan para penerima beasiswa terpilih melalui seleksi lebih dari 1.360 pendaftar dari seluruh Indonesia berdasarkan kinerja akademis yang tinggi, pengalaman profesional, dan dedikasinya untuk meningkatkan kehidupan masyarakat di Indonesia. “Penerima beasiswa tersebut akan mempelajari bidang ekonomi, hukum, kebijakan publik, ilmu politik, administrasi publik, lingkungan, kesehatan dan pendidikan,” ujar Kristen Bauer dalam siaran pers yang diterima Antara di Jayapura, Kamis.Menurut Kristen, pihaknya mengetahui bahwa setelah meraih gelar master dan doktor, para penerima beasiswa itu akan kembali ke Indonesia untuk berkontribusi bagi kemajuan dan kesejahteraan bangsa Indonesia.

…dst

13 ) LIPI Buka Lowongan Pegawai Agustus
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/07/25/3/170871/LIPI-Buka-Lowongan-Pegawai-Agustus

Kamis, 25 Juli 2013 | 14:16 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau LIPI akan menerima pegawai baru tahun ini. Lowongan dibuka pada Agustus mendatang. LIPI akan menerima 175 orang calon pegawai negeri sipil atau CPNS. Hal itu diungkapkan Ketua LIPI Profesor Lukman Hakim MSc PhD Apt saat berkunjung ke Kantor Media Group di Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Kamis (25/7). “Kita akan mencari yang terbaik dan yang siap dikirim belajar lagi agar mendapatkan pendidikan yang baik,” ujar Lukman Hakim. Pihaknya akan menyeleksi secara ketat para kandidat. Formasi terbuka khusus untuk peneliti. Para CPNS yang lolos seleksi akan dikirim sekolah ke luar negeri. LIPI berharap mereka mendapatkan pendidikan lebih baik. Tujuannya, LIPI bisa menghasilkan peneliti yang dapat meningkatkan pengetahuan dan teknologi di Indonesia.

…dst

14 ) LIPI Ingin Anggaran Riset Dinaikkan
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/07/25/3/170884/LIPI-Ingin-Anggaran-Riset-Dinaikkan

Kamis, 25 Juli 2013 | 14:45 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau LIPI mengharapkan anggaran penelitian dari APBN dinaikkan. Anggaran penelitian 0,3 persen dari APBN tidak mencukupi kebutuhan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia. Hal itu dikatakan Ketua LIPI Profesor Lukman Hakim MSc PhD Apt saat berkunjung ke Kantor Media Group di Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Kamis (25/7). Lukman berharap anggaran bisa dinaikkan menjadi satu persen dari APBN. Dukungan anggaran diperlukan karena pemerintah menginginkan LIPI menduduki peringkat tujuh lembaga riset dunia. “Sekarang LIPI baru menduduki posisi 16 besar. Agar LIPI menjadi peringkat tujuh, perlu pondasi yang kuat,” kata Lukman. “Saya ingin calon presiden nanti mengatakan anggaran untuk penelitian harus satu persen. Sebab, Korea saja merencanakan empat persen,” ujar Lukman. Lukman ingin mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi lewat LIPI. Untuk mewujudkan itu LIPI memerlukan pondasi kuat. Di antaranya publikasi pada masyarakat, kerja sama, dan jumlah peneliti. Pondasi yang kuat harus didukung anggaran memadai. Lukman mengakui, semua itu merupakan proses yang harus dilalui LIPI agar ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikembangkan bisa bersaing dengan negara lain.

…dst

15 ) Dunia Kampus tidak Lepas dari Kekerasan Seksual
http://www.pikiran-rakyat.com/node/244091

Rabu, 24/07/2013 – 13:09
NGAMPRAH, (PRLM).- Dunia kampus tidak lepas dari kekerasan seksual. Hal itu bisa terjadi terutama karena hubungan antara mahasiswa dan mahasiswi yang relatif bebas dan longgar. Hal tersebut dikemukakan Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A), Netty Prasetiyani Heryawan, di sela-sela pidato Pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK KBB dan Ketua Dekranasda KBB masa bakti 2013-2018. Tempat pelantikan itu sendiri dilaksanakan di Kantor Pemkab Bandung Barat di Kec Ngamprah, Rabu (24/7/2013).Dalam dunia kampus, menurutnya, kekerasan seksual itu tidak hanya berlangsung dengan vulgar layaknya sebuah kekerasan fisik. Akan tetapi, bisa berlangsung dengan cara yang samar-samar karena tertutup oleh sebuah status hubungan romantika khusus antara mahasiswa dan mahasiswi. “Bahkan kami memunculkan terminologi baru yang merujuk kepada hal tersebut, yakni KDP atau Kekerasan Dalam Pacaran. Di kampus itu, kadang saat berpacaran selalu ada istilah ‘buktikan cintamu’ sebagai cara lain untuk mengajak berhubungan seks. Nah, di sini, anak perempuan dengan konsep seksualitas rendah bisa terjerumus dengan ungkapan-ungkapan tersebut,” tuturnya.

…dst

16 ) Denda Supersemar Dibebankan ke Keluarga Soeharto
http://www.tempo.co/read/news/2013/07/25/078499521/Denda-Supersemar-Dibebankan-ke-Keluarga-Soeharto

Kamis, 25 Juli 2013 | 10:58 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Jaksa Agung Basrief Arief mengatakan denda Yayasan Supersemar akan ditagihkan kepada ahli waris bekas Presiden Soeharto. Dalam amar putusan gugatan perdata yang diajukan pemerintah, beban membayar denda sebagai pengganti kerugian negara tak hanya dibebankan kepada yayasan.”Ada dua pihak, yakni Soeharto sendiri dan yayasannya sendiri,” ujar Basrief saat ditemui di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Jakarta, kemarin. Dia menjelaskan, pihak yayasan yang dimaksud adalah seluruh pihak yang namanya tercantum dalam akta pengurus Yayasan Supersemar.Mahkamah Agung dalam putusan kasasi nomor 2896K/Pdt/2009 antara pemerintah dan Soeharto serta Yayasan Supersemar menyatakan menghukum dan mengharuskan membayar denda US$ 315 juta (sekitar Rp 3,1 triliun) serta Rp 139 juta. Namun ada kesalahan ketik yang terletak pada nilai denda Rp 139,2 juta—seharusnya ditulis Rp 139,2 miliar.

…dst

17 ) Wamendag imbau masyarakat masak air minum isi ulang
http://nasional.sindonews.com/read/2013/07/25/15/765296/wamendag-imbau-masyarakat-masak-air-minum-isi-ulang

Kamis, 25 Juli 2013 ? 16:52 WIB
Sindonews.com – Sebanyak 40 persen air minum yang berasal dari dipo pengisian air minum di Jabodetabek tidak memenuhi persyaratan uji mikrobiologi, dimana sebagian besar air minumnya tercemar bakteri E Coli yang dapat mengakibatkan diare. “Dari 80 sampel yang kami ambil di seluruh bisnis air minum isi ulang,bisa dikatakan 40 persen bisnis pengisian ulang tidak memenuhi standar,” ujar Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi di salah satu depot air minum di Bekasi Timur, Kamis (24/7/2013). Bayu merinci bisnis isi ulang air minum yang tercemar terdiri dari Bekasi sebesar 40 persen, Tangerang 30 persen, Bogor 30 persen, dan yang terbesar adalah di Jakarta sebesar 50 persen. Oleh karena itu Bayu menghimbau seluruh dipo isi ulang air minum melapor ke Dinas Kesehatan masing-masing daerah. Dan kepada konsumen dia menghimbau agar masyarakat memasak ulang air minum yang diisi ulang. “Kami menjalankan fungsi perlindungan konseumen di 80 titik dan sekali lagi sampai pada tahap ini kalau masyarakat beli air minum isi ulang mohon dimasak terlebih dahulu,” tambahnya.

…dst

18 ) Ini 5 Arahan Presiden SBY Hadapi Perlambatan Ekonomi Dunia
http://www.setkab.go.id/berita-9644-ini-5-arahan-presiden-sby-hadapi-perlambatan-ekonomi-dunia.html

Kamis, 25 Juli 2013 – 19:21 WIB Oleh : DESK INFORMASI
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan lima hal penting yang menjadi keputusan Sidang Kabinet Paripurna, dan harus dijalankan oleh seluruh kementerian dalam menghadapi situasi perekonomoian dunia, yang masih dihantui dengan resesi berkepanjangan.Menko Perekonomian Hatta Rajasa yang didampingi Menteri Keuangan (Menkeu) Chatib Basri seusai Sidang Kabinet Paripurna di kantor Presiden, Jakarta, Kamis (25/7) sore menyampaikan 5 (lima) hal penting arahan Presiden SBY dalam menjaga perekonomian Indonesia menghadapi perlambatan ekonomi dunia. Kelima arahan itu adalah: Pertama, agar menjaga pertumbuhan dan dalam situasi ekoonomi global seperti itu, andalan kita ada pada investasi dan konsumsi. Tentu APBN yang dipercepat dan diperlancar, maka investasi jangan sampai ada hambatan. “Kita sekarang sedang mempersiapkan sejumlah policy untuk meningkatkan dan memperbaiki iklim investasi kita yang lebih berkompetisi,” kata Menko Perekonomian Hatta Rajasa.

…dst

19 ) Libur Lebaran 9 hari, PNS dilarang menambah cuti
http://nasional.sindonews.com/read/2013/07/25/15/765035/libur-lebaran-9-hari-pns-dilarang-menambah-cuti

Kamis, 25 Juli 2013 ? 09:27 WIB
Sindonews.com – Pegawai Negeri Sipil (PNS) mendapat libur Hari Raya Idul Fitri 1434 H sebanyak sembilan hari. Sesuai dengan Surat Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, dan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 5 Tahun 2012, untuk libur Idul Fitri 2013 telah ditentukan yaitu pada 8 dan 9 Agustus 2013. Sementara cuti bersama dilaksanakan pada 5, 6, dan 7 Agustus 2013. Jika ditambah libur hari Sabtu dan Minggu, maka praktis menyambut libur Lebaran kali ini PNS akan memiliki masa libur 9 (sembilan) hari.Terkait dengan jumlah hari libur yang sudah cukup banyak itu, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) mengimbau seluruh PNS di tanah air tidak menambah cuti. “Jumlah hari libur itu sudah cukup untuk mudik. Kami akan memantau apakah pada tanggal 12 Agustus masih ada yang bolos, setelah libur panjang,” kata Kepala Biro Hukum dan Humas Kementerian PAN-RB M Imanuddin, di Jakarta, Rabu (24/7/2013), sebagaimana dilansir laman setkab.go.id.

…dst

20 ) Jatah Terbanyak 357 Kursi CPNS
http://www.jpnn.com/read/2013/07/24/183325/Jatah-Terbanyak-357-Kursi-CPNS-

Rabu, 24 Juli 2013 , 05:12:00
SOFIFI – Kabupaten Pulau Morotai menjadi daerah di Maluku Utara yang paling banyak mendapat alokasi kuota penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN RB) tahun 2013 ini. Kabupaten di ujung Utara Maluku Utara ini mendapatkan alokasi kuota sebanyak 357 kursi. Setelah Morotai, Kabupaten Halmahera Timur berada di urutan kedua dengan alokasi kuota CPNS sebanyak 145 kursi. Menyusul kemudian Kabupaten Halmahera Tengah dengan alokasi CPNS 111 kursi, kemudian Kota Tidore Kepulauan dengan kuota 50 kursi.Pemda provinsi sendiri hanya mendapatkan alokasi sebanyak 49 kursi dari 400 kursi yang diusulkan. Kabupaten Halmahera Barat yang mendapat alokasi 40 kursi CPNS berada di urutan keenam dan dikunci Kota Ternate yang mendapatkan alokasi 30 kursi. Dengan demikian total alokasi kursi CPNS untuk Maluku Utara sebanyak 782 kursi. Kota Ternate sendiri sempat diragukan kemampuannya merekrut CPNS karena persoalan kemampuan keuangan daerah terutama anggaran belanja pegawai untuk membiayainya. Apalagi kasus terkini adalah belum terbayarnya rapel selisih kenaikan gaji PNS Pemkot Ternate meski anggaran yang telah diplot sebagai belanja pegawai dalam APBD justru dialihkan untuk kegiatan belanja pembangunan.

…dst

21 ) Menpan Setuju Polri dan Kejagung Lelang Jabatan
http://www.jpnn.com/read/2013/07/25/183627/Menpan-Setuju-Polri-dan-Kejagung-Lelang-Jabatan-#

Kamis, 25 Juli 2013 , 20:56:00
JAKARTA–Publik menggulirkan wacana lelang jabatan di tubuh Kejaksaan Agung dan Polri untuk mencegah korupsi. Menpan Azwar Abu Bakar menyatakan hal ini bagus untuk diterapkan, jika dua institusi itu memang berencana melaksanakannya. “Baguslah menurut saya itu bagus. Termasukk kegiatan reformasi birokrasi karena rekrutmen yang fresh terbuka tidak ada yang KKN,” ujar Menpan di kompleks Istana Negara, Jakarta, Kamis, (25/7). Selain itu, kata dia, open carrier untuk pegawai negeri sipil sangat baik juga untuk penempatan posisi pimpinan terbaik untuk dua instansi tersebut. “Kalau lelang IT basenya juga bagus. Jadi sekali lagi itu bagus menurut saya,” lanjut Menpan. Usul ini awalnya dicetuskan oleh Indonesia Corruption Watch (ICW). Hal itu disampaikan karena selama ini proses mutasi dan promosi internal di dua lembaga itu kerap mengabaikan aspek kualitas. Dengan sistem lelang jabatan, maka orang-orang yang berkualitas bisa mendapat peluang mengisi jabatan.(flo/jpnn)

***