1 ) Jurnal Predator, Musuh Para Ilmuwan dan Peneliti?
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/10/05/mu6q5t-jurnal-predator-musuh-para-ilmuwan-dan-peneliti

Sabtu, 05 Oktober 2013, 14:29 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA–Plagiatisme masih menjadi momok menakutkan dalam dunia jurnal penelitian nasional. Namun, ada isu lain yang tak kalah menyeramkan, yakni jurnal predator. Isu tersebut beberapa tahun belakangan jadi pembicaraan hangat dikalangan ilmuwan. Ini karena, jurnal tersebut rentan disalahgunakan pihak-pihak tertentu guna mengeruk keuntungan finansial. Terry Mart, peneliti Universitas Indonesia (UI) menilai jurnal predator ini adalah jurnal yang dibuat untuk kepentingan uang dengan mengabaikan etika ilmiah yang seharusnya. Ini yang kemudian harus diwaspadai para peneliti. Menurut Mart, cukup mudah mengetahui seperti apa ciri-ciri jurnal predator ini. Misalnya, harganya yang mahal, volume relatif baru dan sulit dicari alamat penerbitnya.”Cirinya berbeda dengan jurnal berkualitas, dimana jurnal berkualitas itu terindeks secara global, dan visibilitas tinggi,” kata dia, ketika berbicara dalam acara National Symposium of Journals Quality 2013, kampus Bisnis Prasetya Mulya, Jakarta, Sabtu (6/10).

…dst

2 ) Puluhan Mahasiswa ITB Dapat Beasiswa BlackBerry
http://www.tempo.co/read/news/2013/10/04/079518992/Puluhan-Mahasiswa-ITB-Dapat-Beasiswa-BlackBerry

Jum’at, 04 Oktober 2013 | 04:28 WIB
TEMPO.CO, Bandung–BlackBerry Indonesia membagikan beasiswa kepada 30 mahasiswa Institut Teknologi Bandung di Aula Barat ITB, Kamis, 3 Oktober 2013. Beasiswanya berupa uang kuliah gratis hingga lulus dan gaji per bulan karena mahasiswa itu bekerja membuat beragam aplikasi di BlackBerry Innovation Centre di ITB. Pemberian beasiswa itu bertepatan dengan setahun berdirinya BlackBerry Innovation Centre di ITB. Managing Director BlackBerry Indonesia, Maspiyono Handoyo mengatakan, tujuan pendirian BlackBerry Innovation Centre di ITB untuk mendukung pengembangan industri komputasi bergerak di Indonesia. Caranya dengan membekali siswa dengan keterampilan pendidikan, dan pengalaman untuk menumbuhkan semangat wirausaha. “Serta mengubah ide aplikasi mobile mereka menjadi bisnis,” ujarnya, Kamis, 3 Oktober 2013.BlackBerry memulai investasinya di 5 tahun pertamanya dengan memberikan beasiswa bagi 30 siswa hingga 2017 kepada angkatan baru yang terdiri dari mahasiswa jenjang S-1, S-2, dan S-3. Ketua BlackBerry Innovation Centre di ITB Suhono Harso Supangkat mengatakan, semangat siswa terlihat dari banyaknya aplikasi yang dikembangkan. “Beberapa diantaranya sudah tersedia di BlackBerry World,” ujarnya.

…dst

3 ) BSNP akui miliki keterbatasan dana & SDM
http://nasional.sindonews.com/read/2013/10/05/15/791151/bsnp-akui-miliki-keterbatasan-dana-sdm

Sabtu,  5 Oktober 2013  ?  13:45 WIB
Sindonews.com – Pihak Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) membantah bahwa selama ini tidak bekerja optimal dalam penyelenggaraan Ujian Nasional (UN). Namun, BSNP mengakui dalam hal penyelenggaraan UN mengalami keterbatasan dana maupun sumber daya manusia (SDM). “Bukan tidak bekerja. Kewenangan BNSP itu terbatas,” ujar Anggota BSNP Teuku Ramly Zakaria dalam Talkshow Akhir Pekan Terhangat Polemik Sindo Trijaya Network di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (5/10/2013). Dia menjelaskan bahwa dalam struktur organisasi, pihaknya mengalami keterbatasan dalam hal SDM. “Sekarang kan BSNP cuma 15 orang di Pusat, sedangkan UN-nya sampai di daerah-daerah, sampai pelosok-pelosok,” katanya. Disamping itu, kata dia, BSNP juga mengalami keterbatasan anggaran. “BNSP juga tidak punya uang. Kalau mau pergi kemana, kan harus ada ongkos,” imbuhnya. Meski demikian, dia membantah kisruh UN 2013 tidak seluruhnya kesalahan pada BSNP. “Kita harap supaya BNSP perlu dilengkapi dengan kewenangan,” imbuhnya.

…dst

4 ) Rumah Sakit Pendidikan Unsrat Terhenti Karena Ketiadaan Anggaran Negera
http://www.kopertis12.or.id/2013/10/05/rumah-sakit-pendidikan-unsrat-terhenti-karena-ketiadaan-anggaran-negera.html

Sabtu, 5 Oktober 2013
MANADO, KOMPAS —  Pembangunan rumah sakit pendidikan kedokteran di Universitas Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara, terhenti. Pembangunan sejak tahun 2008 itu terhenti karena ketiadaan anggaran negara. Sumber dana pembangunannya dari APBN. Pembangunan RS pendidikan sangat dibutuhkan untuk memajukan pendidikan kedokteran di kawasan timur. ”Kami mengusulkan ke Dirjen Dikti (Pendidikan Tinggi), tetapi tidak mendapat respons dari otoritas keuangan negara. Kepada siapa kami harus meminta?” kata Rektor Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Donald Rumokoy, di Manado, Jumat (4/10). Fakultas Kedokteran Unsrat berusia 54 tahun yang menjadi favorit warga Papua, Maluku Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Utara itu belum memiliki rumah sakit pendidikan sendiri. Selama ini RS pendidikan memakai Rumah Sakit Dr Kandouw Malalayang. Dekan Fakultas Kedokteran Unsrat Sarah Warouw mengatakan, RS pendidikan Dr Kandouw Malalayang tidak lagi memadai untuk menampung mahasiswa yang belajar. Mahasiswa akhir yang praktik di RS Dr Kandouw Malalayang harus antre selama enam bulan.

…dst

5 ) Pembunuh Calon Dokter Didor 3 Kali
Tukang Bangunan yang Sering Menggoda Korban
http://www.jpnn.com/read/2013/10/05/194339/Pembunuh-Calon-Dokter-Didor-3-Kali-#ad-image-0

Sabtu, 05 Oktober 2013 , 12:10:00
BANJARMASIN – Pelaku pembunuh mahasiswi kedokteran Unlam Banjarmasin akhirnya berhasil dibekuk jajaran anggota Polresta Banjarmasin. Ternyata pelaku adalah seorang tukang bangunan yang bekerja membangun rumah persis di depan rumah korban. Pelaku bernama Khairul Mualimin alias Oyong (25) Warga Jln Kelayan A Gang Antasari, Banjarmasin Selatan. Ia dibekuk ketika mau pergi ke mesjid untuk menjalankan salat Jumat. Tapi, pelaku yang melihat petugas berusaha menangkapnya, coba melawan dengan senjata tajam, sehingga memaksa petugas harus menghadiahi pelaku dengan 3 butir peluru di kakinya. Oyong tersungkur tak dapat berkutik dan kemudian di bawa ke Rumah Sakit Umum Hoegeng Imam Santoso untuk diberikan perawatan medis. Peristiwa penangkapan tersebut ternyata sudah beredar, sehingga pelaku akan dibawa ke ruang Satreskrim Polresta Banjarmasin untuk dimintai keterangan oleh penyidik. Sejumlah lelaki yang belakangan diketahui adalah kerabat korban, langsung menyerbu pelaku yang saat itu dievakuasi dengan kursi roda melalui pintu belakang.

…dst

6 ) Uni Eropa Gelar Pameran Pendidikan Tinggi
http://www.tempo.co/read/news/2013/10/04/079519132/Uni-Eropa-Gelar-Pameran-Pendidikan-Tinggi

Jum’at, 04 Oktober 2013 | 13:56 WIB
TEMPO.CO, Surabaya – Uni Eropa menyelenggarakan pameran pendidikan tinggi terbesar di Kota Surabaya, Jawa Timur. Pameran bertajuk “European Higher Education Fair 2013” ini merupakan yang pertama kali digelar Uni Eropa di Surabaya bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, British Council, CampusFrance IFI (Prancis), dan Nuffic Neso (Belanda). Pameran ini terbuka untuk umum dan gratis pada Rabu, 9 Oktober 2013 serta diikuti sekitar 115 lembaga dari 15 negara di kawasan tersebut. “Pameran serupa di Jakarta kami jadwalkan berlangsung tanggal 12-13 Oktober,” kata Jenni Lundmark, programme officer dari Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia dalam keterangannya, Jumat, 4 Oktober 2013.Pameran di Surabaya dilangsungkan di Grand City Ballroom, lantai 4, Jalan Walikota Mustajab, Surabaya, pukul 14.00-18.00 WIB. Sedangkan pameran di Jakarta diadakan di Puri Agung Convention Hall Grand Sahid Jaya Hotel, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, selama dua hari, yakni 12-13 Oktober 2013 pukul 11.00-18.00 WIB.

…dst

7 ) Demi Sertifikasi, Banyak Guru Bikin Ijazah Palsu
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/13/10/04/mu56d8-demi-sertifikasi-banyak-guru-bikin-ijazah-palsu

Jumat, 04 Oktober 2013, 18:24 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Lembaga Pelatihan Tenaga Kependidikan (LPTK) Swasta se-Indonesia, banyak yang menemukan ijazah palsu pada proses sertifikasi guru. Pemalsuan dokumen tersebut dilakukan oleh oknum guru baik guru honorer (swasta) maupun guru PNS.Temuan penggunaan ijazah palsu tersebut, di antaranya berasal dari Malang. Di Kota Apel, satu ijazah terbukti palsu dan enam ijazah sedang diselidiki keasliannya. Kemudian, di Surabaya, Surakarta dan Makasar. Bahkan, di Makasar status guru berijazah palsu tersebut sudah PNS. “Oknum guru yang menggunakan ijazah palsu tersebut ingin agar segera memperoleh tunjangan sertifikasi. Mereka menempuh cara-cara yang tidak dibenarkan,” ujar Ketua Asoasiasi LPTK Swasta, Sulistyo disela Rapat Evaluasi LPTK Swasta se-Indonesia,  Jumat (4/10). Menurut Sulistiyo, kasus penggunaan ijazah palsu tersebut ditemukan oleh LPTK Universitas Muhammadiyah Malang, LPTK Universitas PGRI Adibuana Surabaya, LPTK Universitas Muhammadiyah Makassar dan sebagainya.

…dst

8 ) Passing Grade Seleksi CPNS Segera Ditetapkan
http://www.menpan.go.id/berita-terkini/1880-passing-grade-seleksi-cpns-segera-ditetapkan

Dibuat pada 04 Oktober 2013
JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Azwar Abubakar mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan menetapkan passing grade (ambang batas kelulusan)  tes CPNS, baik yang menggunakan sistem computer assisted test (CAT) maupun sistem lembar jawab komputer (LJK). Penetapan passing grade itu tetap diperlukan setelah tahun lalu hal serupa juga dilakukan untuk pertama kalinya dalam sejarah. Namun mengenai besarannya, sampai saat ini memang belum ditetapkan. Hal itu dikatakan, menjawab pemberitaan di sejumlah media yang menyatakan bahwa instansi ini telah memasang passing grade 400. “Instansi yang sudah melaksanakan tes dengan sistem CAT masih sedikit, dan baru selesai November,” ujar Menteri menjawab wartawan di kantornya, Jumat (04/10). Penetapan passing grade merupakan upaya untuk menjaring putera-puteri terbaik bangsa menjadi CPNS. Namun upaya tersebut juga perlu mempertimbangkan kondisi di lapangan. “Karena itu tanggal delapan Oktober nanti Panselnas akan menggelar   rapat untuk mendapatkan masukan dari sejumlah pihak guna penetapan passing grade,” ujar Deputi SDM Aparatur Kemenetrian PANRB Setiawan Wangsaatmadja.

…dst

9 ) Indeks Keterbukaan Indonesia Tertinggi di antara Anggota APEC
http://www.setkab.go.id/berita-10558-indeks-keterbukaan-indonesia-tertinggi-di-antara-anggota-apec.html

Sabtu, 05 Oktober 2013 – 05:12 WIB
Seketaris Jenderal Organisasi Pariwisata Dunia, UNWTO, Taleb Rifai, menyatakan indeks keterbukaan Indonesia merupakan yang tertinggi di antara anggota APEC (Forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik) lainnya.
“Berdasarkan hasil matriks penilaian yang telah kami kembangkan, Indonesia mendapatkan nilai antara 62-63 dari skala 100, yang dilakukan dalam waktu lima tahun belakangan ini,” ujar Taleb, dalam kesempatan jumpa pers dalam rangkaian APEC 2013 di Nusa Dua, Bali, Jumat (4/10). Indikator keterbukaan tersebut berdasarkan penilaian dari negara-negara yang masih memerlukan pengurusan visa sebelum keberangkatan, penerapan visa pada kedatangan (visa on arrival), dan Negara yang dapat memberikan kemudahan pengurusan visa online. “Berdasarkan indikator-indikator ini, Indonesia telah melaksanakan tugasnya secara baik,” ujar Taleb. “Akan sangat baik jika mereka (wisatawan) dapat mendapatkan visa pada saat tiba di negara tujuan, atau bahkan tidak memerlukan visa sama sekali,” ujar dia. Menurut Taleb Indonesia sudah melakukan tugasnya lebih baik dari negara-negara lain. Potensi pendapatan dari semua itu  hampir  90 miliar dolar AS.

…dst

10 ) Nasib AS Setelah Penutupan Pemerintah
http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/13/10/05/mu6715-nasib-as-setelah-penutupan-pemerintah

Sabtu, 05 Oktober 2013, 09:31 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON DC—Kebuntuan yang menyebabkan terjadinya penutupan sebagian pemerintah AS belum menunjukkan tanda-tanda berakhir. Media-media Amerika melaporkan, John Boehner, ketua DPR yang dikuasai fraksi Republik, mungkin mencoba menyusun jalan baru guna mengakhiri penutupan yang sudah berlangsung empat hari dan menaikkan pagu utang Amerika. Hari Jumat, Boehner bertemu rekan-rekannya dari partai Republik.Tetapi ia muncul dari pertemuan dengan tuntutan baru bahwa Gedung Putih dan fraksi Demokrat di Kongres bernegosiasi dengan mereka tentang pemberlakuan reformasi asuransi kesehatan utama di Amerika sebelum menyetujui diakhirinya penutupan pemerintah. Reformasi kesehatan yang biasa disebut Obamacare merupakan pencapaian Presiden Barack Obama. Tetapi perubahan itu dengan tegas ditentang fraksi Republik yang konservatif.

…dst