1 ) Survei Integritas KPK: Kemendikbud Peringkat Pertama!
http://edukasi.kompas.com/read/2013/10/18/1357273/Survei.Integritas.KPK.Kemendikbud.Peringkat.Pertama.

Jumat, 18 Oktober 2013 | 13:57 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Pencanangan zona integritas yang dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada saat berlangsungnya Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) pada 2012 lalu diikuti para pemangku kepentingan di bidang pendidikan dan kebudayaan. Pencanangan yang ditandai dengan penandatangananan nota kesepahaman antara Mendikbud dengan Ketua BPKP itu membawa dampak signifikan untuk mendorong peningkatan layanan kinerja dan integritas pelaksanaan program dan kegiatan di bidang pendidikan dan kebudayaan. Sekretaris Jenderal Kemendikbud Ainun Na’im mengatakan bahwa melalui peningkatan kinerja dan integritas layanan pendidikan dan kebudayaan akan tercipta sinergitas sumber daya pendidikan dan kebudayaan, terutama untuk mengatasi permasalahan dan kendala-kendala yang dihadapi serta upaya memperbaikinya.

…dst

2 ) Banggar Pangkas Anggaran Pendidikan
http://www.tempo.co/read/news/2013/10/18/079522598/Banggar-Pangkas-Anggaran-Pendidikan

Jum’at, 18 Oktober 2013 | 04:00 WIB
TEMPO.CO , Jakarta:Pagu anggaran belanja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dikurangi setelah melalui pembahasan di Badan Anggaran DPR. Mulanya anggaran Kemendikbud diberikan pagu sebesar Rp 83 triliun, belakangan disusutkan menjadi Rp 80 triliun.”Ini pertama kalinya terjadi,” ujar Wakil Ketua Komisi Pendidikan DPR Syamsul Bachri kepada Tempo, Kamis, 17 Oktober 2013. Menurut Syamsul, belum ada penjelasan resmi dari banggar soal penyusutan anggaran pendidikan itu.”Padahal, berdasarkan nota keuangan, APBN 2014 jumlahnya meningkat,” kata Syamsul. Dia menyatakan cukup kaget dengan pengurangan anggaran itu, “Apalagi ini di sektor pendidikan, seharusnya anggarannya juga naik, ini kok dikurangi.” Pemerintah, ujar Syamsul, sebenarnya sudah berkomitmen untuk menetapkan anggaran pendidikan sebesar 20 persen. “Saya baru dengar perubahan pagu ini dari teman-teman di Banggar, kemarin.” Adanya pengurangan pagu membuat DPR dan Kemendikbud menunda pembahasan anggaran kementerian tahun 2014, termasuk anggaran ujian nasional tahun depan. Pembahasan anggaran sendiri ditargetkan rampung pada akhir Oktober. “Kami tidak jadi menggelar rapat dengar pendapat dengan pejabat eselon satu kementerian hari ini, karena harus mengadakan rapat kerja dengan menteri membahas pengurangan pagu anggaran,” kata dia. Rencananya, raker antara Mendikbud dan Komisi Pendidikan bakal digelar pada 21 Oktober mendatang.

…dst

3 ) Beasiswa Unggulan, Bantu Pendidikan Bibit Unggul Generasi Bangsa
http://edukasi.kompas.com/read/2013/10/17/0834172/Beasiswa.Unggulan.Bantu.Pendidikan.Bibit.Unggul.Generasi.Bangsa

Kamis, 17 Oktober 2013 | 08:34 WIB
KOMPAS.com – Dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa Indonesia di segala bidang, khususnya mutu pendidikan dan pengembangan potensi sumber daya daerah yang dinilai masih sangat rendah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mencanangkan Program Beasiswa Unggulan tingkat Nasional dan Internasional sejak 2006 lalu. Pengertian unggulan di sini adalah keutamaan pada pengembangan sistem pembelajaran, prestasi calon peserta dan bidang studi yang dikembangkan di perguruan tinggi penyelenggara sehingga pemenuhan arti unggulan dapat salah satu, salah dua atau semuanya dari hal tersebut. Program Beasiswa Unggulan membawa misi untuk melahirkan insan terbaik bangsa yang memiliki pemahaman kebangsaan secara komprehensif, integritas dan kredibilitas tinggi, berkepribadian, unggul, moderat, serta peduli terhadap kehidupan bangsa dan negara. Tujuan utama program ini adalah untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia Indonesia berdaya saing global sehingga mendukung pembangunan dan pengembangan potensi daerah masing-masing melalui prestasi putra-putri terbaiknya dalam dunia pendidikan.

…dst

4 ) Waduh, Dana Bidikmisi Maba UNS Belum Cair!
http://kampus.okezone.com/read/2013/10/18/373/883202/waduh-dana-bidikmisi-maba-uns-belum-cair

Jum’at, 18 Oktober 2013 09:01 wib
SOLO – Hingga bulan keempat tahun akademik 2013/2014, mahasiswa baru Universitas Sebelas Maret (UNS) penerima beasiswa Bidikmisi belum menerima dana bantuan studi yang menjadi hak mereka. Padahal beasiswa tersebut sangat mereka harapkan. Ayu Anggit Pradita, salah satu penerima beasiswa Bidikmisi UNS mengaku, dia sangat mengharapkan cairnya beasiswa Bidikmisi untuk biaya hidup dan kebutuhan selama kuliah. Apalagi kedua orangtuanya berpenghasilan sangat pas-pasan. Sang ayah hanya seorang montir bus,  sedang ibunya adalah pembantu rumah tangga. “Saya memang sempat ditanya oleh orangtua soal kapan cairnya beasiswa yang bakal diterima. Selain untuk biaya hidup dan kebutuhan kuliah, orangtua mengkhawatirkan apabila tidak cair, selanjutnya tidak bisa bayar kuliah,” ujar Ayu. Menurut Pembantu Rektor III UNS bidang Kemahasiswaan, Dwi Tiyanto, sampai saat ini memang kucuran beasiswa Bidikmisi bagi mahasiswa baru terhambat. Idealnya sesuai Tahun Akademik (TA) 2013/2014, pada semester gasal ini perkuliahan mahasiswa seharusnya sudah cair mulai dari Agustus hingga Januari.  Namun kenyataannya, beasiswa tersebut belum turun juga hingga saat ini.

…dst

5 ) Kemampuan Badan Akreditasi Nasional Terbatas
Asosiasi Kampus Swasta Akan Luncurkan Lembaga Akreditasi Pada 2014
http://www.pikiran-rakyat.com/node/255257

Kamis, 17/10/2013 – 16:33
BANDUNG, (PRLM).- Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) sepakat akan meluncurkan Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) APTISI pada 2014. Meskipun aturan pemerintah mengenai pelaksanaan LAM belum keluar. Alasan APTISI mendorong lahirnya LAM karena setiap tahunnya Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) hanya dapat mengakreditasi 3.200 program studi. Padahal se-Indonesia terdapat 16.777 prodi. Sebanyak 8.638 telah terakreditasi dan 8.139 prodi belum terakreditasi. “APTISI akan meluncurkan LAM pada 2014 walaupun tanpa aturan pemerintah. Kami tidak bisa menunggu pemerintah mengeluarkan permen karena akan lama dengan proses yang panjang. Kami akan melakukan akreditasi sambil menunggu pemerintah keluarkan Permen sekaligus juga sebagai uji coba LAM,” kata Wakil Ketua APTISI Pusat M.Budi Djatmiko dalam Musyawarah Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer (Aptikom) Jabar di Aula Universitas Pasundan, Jln. Setiabudi, Kota Bandung, Kamis (17/10/2013). Budi menambahkan melalui LAM, APTISI ingin mengubah penilaian akreditasi yang dilakukan para asesor. Penilaian itu sebagai suatu proses pembinaan yang mendapatkan bonus nilai. Bukan sebaliknya dinilai baru dibina. “Kami ingin mengubah paradigma saat kedatangana asesor dianggap mengerikan. Akreditasi itu ibarat bercermin bagaimana menilai diri kita,” ujarnya.Selain itu, Budi menilai kebutuhan pendirian LAM yang juga diatur oleh UU No 12/2012 tentang Pendidikan tinggi sudah mendesak. BAN-PT dinilai kurang efisien karena dikebiri oleh anggaran terbatas dalam melakukan akreditasi. Borang pun sulit dipahami.

…dst

6 ) Indonesia sudah Pasti Kehilangan 24 Pulau
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/10/18/3/189082/Indonesia-sudah-Pasti-Kehilangan-24-Pulau

Jum’at, 18 Oktober 2013 | 20:25 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Hilangnya pulau-pulau di Indonesia ada beberapa sebab. Dari hasil riset, sudah ada 24 pulau yang benar-benar hilang dari wilayah Indonesia. Riset tersebut dilakukan pada 2005-2007. Pakar gelombang tsunami Subandono Diposaptono menjelaskan hal itu. “Di Aceh, Sumatra Utara, dan Papua masing-masing tiga pulau kecil hilang. Kemudian di Riau sebanyak lima pulau kecil, termasuk salah satunya Pulau Nipah juga hilang. Dua pulau di Sumatra Barat, satu pulau di Sulawesi Selatan, dan tujuh pulau di Kepulauan Seribu juga telah hilang,” terang Subandono saat dihubungi, Jumat (18/10). Kemudian hilangnya dua pulau kecil dari NKRI karena sudah menjadi bagian dari negara Timor Leste serta dua pulau yang diklaim Malaysia, Sipadan dan Ligitan. Hilangnya pulau-pulau berdasarkan hasil riset Subandono itu disebabkan tsunami, eksploitasi penambangan pasir, dan perubahan iklim.”Hilangnya tiga pulau di Aceh itu akibat tsunami. Hilangnya pulau di Kepulauan Riau disebabkan penambangan pasir. Ada pula yang perubahan iklim,” ujar Subandono.

…dst

7 ) RI-Prancis Barter Ide Riset ICT
http://kampus.okezone.com/read/2013/10/18/373/883432/ri-prancis-barter-ide-riset-ict

Jum’at, 18 Oktober 2013 18:03 wib
JAKARTA – Untuk menyempurnakan hasil riset di bidang teknologi informasi dan komunikasi (ICT), Indonesia menggandeng Prancis dan menggelar seminar internasional mengenai bidang tersebut. Dalam kesempatan tersebut, para peneliti dari dua negara bertukar ide terkait hasil penelitian mereka di bidang ICT. Seminar dengan tema “Overview of the New Information and Communication Technologies” ini menampilkan 14 peneliti yang berasal dari Perancis dan Indonesia. Selama dua hari, beragam topik menarik pun terjadi dalam kegiatan tersebut. Mulai dari UWB and wireless communication, image processing, hingga multimedia communications and networking robotics, human computer interface, serta data mining.Dari Indonesia terdapat tujuh peneliti yang berkesempatan memaparkan hasil riset mereka. Empat di antara peneliti tersebut berasal dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, sementara sisanya merupakan perwakilan dari Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Udayana (Unud) Bali.

…dst

8 ) Sang Profesor yang Memimpin dengan Contoh
http://kampus.okezone.com/read/2013/10/18/373/883452/sang-profesor-yang-memimpin-dengan-contoh

Jum’at, 18 Oktober 2013 15:17 wib
JATINANGOR – Sebagai satu-satunya fakultas ilmu komunikasi (fikom) di perguruan tinggi negeri (PTN) Tanah Air, selama ini Fikom Universitas Padjadjaran (Unpad) dianggap sebagai kiblatnya ilmu komunikasi di Indonesia. Tidak heran, selama empat tahun berturut-turut mereka meraih gelar sebagai Best School of Communication. Bahkan, tahun ini kampus yang terletak di Jatinangor, Jawa Barat, tersebut dinobatkan sebagai peraih peringkat pertama Best School of Communication versi majalah Mix Marketing Communication. Fikom Unpad unggul atas perguruan tinggi lain penyelenggara jurusan Ilmu Komunikasi di Indonesia. Berturut-turut setelah Fikom Unpad adalah Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Diponegoro (Undip) dan Universitas Lampung (Unila). Bagi Dekan Fikom Unpad, Prof. Deddy Mulyana, prestasi ini mengonfirmasikan apa yang selama ini dipersepsikan oleh civitas akademika Fikom Unpad tentang pencapaian mereka.

…dst

9 ) Mahasiswa Petra Surabaya Presentasi K-Pop di Kongres Dunia
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/119789/mahasiswa-petra-surabaya-presentasi-k-pop-di-kongres-dunia

19 Okt 2013 16:10:16
Seoul (Antara Jatim) – Mahasiswa Universitas Petra Surabaya dan Universitas Indonesia mempresentasikan karya tulisnya dalam kongres pertama dunia mengenai Hallyu atau K-Pop yang diikuti peserta dan pembicara dari berbagai negara dan diselenggarakan di kampus “Korea Universirty” di Seoul, Sabtu. Kedua mahasiswa itu adalah Xena Levina Atmadja, mahasiswa komunikasi Universitas Petra Surabaya dan Tri Rahayu Handayani yang saat ikut lomba masih berstatus mahasiswa D3 Politeknik Negeri Jakarta dan kini transfer ke program S1 Universitas Indonesia. Xena yang juga menjadi juara kedua lomba esai tingkat internasional itu membawakan karya berjudul “K-Pop Ring a Ding-dong in My Head”, sedangkan Tri Rahayu tidak menjadi pemenang, namun juga diundang untuk menyampaikan karya berjudul “Hallyu Style a the Mecca of Indonesian Fashion”. Xena dalam karya tulisnya itu menyampaikan bahwa kreator di Korea Selatan telah berhasil mengemas produk budaya mereka dengan sangat bagus sehingga memiliki dampak yang luas. “Selain itu mereka juga menyediakan patron bagi masyarakat dunia sehingga penggemarnya, yakni anak muda, memiliki idola. Demikian juga yang terjadi di Indonesia, khususnya di lingkungan yang saya survei. Lewat idola itu nilai-nilai Korea kemudian menyebar dan disenangi anak-anak muda atau K-Poper,” kata perempuan yang akan segera menjalani wisuda itu.

…dst

10 ) GM Berantas Buta Aksara di Papua
http://kampus.okezone.com/read/2013/10/18/373/883446/ugm-berantas-buta-aksara-di-papua

Sabtu, 19 Oktober 2013 13:06 wib
JAKARTA – Kesadaran masyarakat, termasuk kaum akademisi untuk berbagi ilmu hingga ke daerah pedalaman semakin meningkat. Hal ini pula yang mendasari Kepala Kelompok Kerja Papua besutan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta mengirimkan guru-guru perintis ke pelosok Papua.
Sebanyak 35 guru perintis itu pun siap dikirim mengajar di sejumlah sekolah Kabupaten Puncak, Papua. Mereka dikirim sebagai tenaga perintis dan penggerak untuk memajukan pendidikan warga di daerah berketinggian 3.000-4.800 meter di atas permukaan laut itu.Sebagian besar wilayah Kabupaten Puncak berada di pegunungan tengah Provinsi Papua yang terdiri dari bukit-bukit yang menjulang tinggi dan jurang yang dalam. Kondisi tersebut menjadikan banyak distrik dan kampung yang terisolasi dan tidak mempunyai akses transportasi maupun komunikasi sama sekali. Tidak mengherankan jika angka tuna aksara di sana pun sangat tinggi, yaitu mencapai 76,88 persen pada tahun 2013 (UP4B).

…dst

11 ) Mahasiswa UGM Lestarikan Gumuk Pasir di Brasil
http://kampus.okezone.com/read/2013/10/17/373/882832/mahasiswa-ugm-lestarikan-gumuk-pasir-di-brasil

Jum’at, 18 Oktober 2013 10:01 wib
JAKARTA – Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta mendapat kesempatan berharga untuk bergabung dalam sebuah kegiatan internasional di bidang pelestarian lingkungan. Bersama para akademisi dari Universidade Federal Fluminense (UFF) dan Universidade Federal do Rio de Janeiro (UFRJ), Alzaena Ulya Rusdimi turut ikut dalam kegiatan konservasi guna melindungi gumuk pasir di kawasan pesisir Peró, Cabo Frio, Rio de Janeiro, Brasil.Hamparan gumuk pasir terluas di Rio de Janeiro ini terancam rusak dengan adanya proyek pembangunan kompleks hotel, Peró Resort Complex. Proyek tersebut merupakan pemicu punahnya kekayaan alam kawasan pesisir Peró.Proyek yang telah berjalan sejak 2000, namun tersendat permasalahan ekonomi sehingga baru disetujui oleh The State Institute of Environment (INEA) yang memberikan ijin pendirian bangunan pada 2012. Gerakan menghentikan proyek ini mulai dibangun sejak 2006 dan menghasilkan Environmetal Impact Study pada 2008.

…dst

12 ) Unisri Bakal Wisuda Peraih IPK 4
http://kampus.okezone.com/read/2013/10/18/373/883585/unisri-bakal-wisuda-peraih-ipk-4

Jum’at, 18 Oktober 2013 19:05 wib
SOLO – Meraih nilai indeks prestasi kumulatif sempurna tentu menjadi prestasi tersendiri. Apalagi jika prestasi itu dicapai dalam waktu singkat.Inilah yang dialami Solikin. Mahasiswa Magister Ilmu Hukum, Universitas Slamet Riyadi (Unisri) itu lulus dengan nilai IPK 4,00 dalam waktu satu tahun enam bulan. Prestasi Solikin akan dikukuhkan dalam prosesi wisuda Unisri, Sabtu, 19 Oktober, besok.Menurut Kepala Humas Unisri Surakarta, Suharno, selain Solikin, wisuda kali ini juga mengukuhkan kelulusan mahasiswa berprestasi lainnya. “Anggi Murdiani Setiawan menjadi wisudawan terbaik untuk lulusan S-1. Dia meraih IPK 3,97 dari program studi Hubungan Internasional,” kata Suharno di kampus Unisri, Solo, Jawa Tengah, Jumat (18/10/2013).Solikin dan Anggi akan diwisuda bersama ratusan lulusan program sarjana dan pascasarjana lainnya. Dari 253 wisudawan, 31 orang merupakan lulusan S-2 dan 222 lulusan S-1. Para master yang akan diwisuda besok terdiri dari 18 lulusan Magister Ilmu Hukum, lima Magister Manajemen dan delapan Magister Administrasi Publik.

…dst

13 ) Dosen UNY Pamer E-Learning di Paris
http://kampus.okezone.com/read/2013/10/18/373/883443/dosen-uny-pamer-e-learning-di-paris

Sabtu, 19 Oktober 2013 12:01 wib
JAKARTA – Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) mempermudah berbagai pekerjaan manusia. Salah satunya dalam usaha untuk mengakses pendidikan. Munculnya e-learning menjadi solusi untuk tetap dapat mengakses pendidikan tanpa terhalang jarak dan waktu. Topik tersebut pun mengantarkan Dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik (FT). Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), yakni Herman Dwi Surjono menjadi pemateri dalam “The 2013 4th International Conference on Distance Learning and Education (ICDLE 2013)” di Paris, Prancis. Dalam kesempatan tersebut, Herman menyajikan makalah berjudul “The Evaluation of a Moodle Based Adaptive E-Learning System.” Ketua Prodi (Kaprodi) S-2 Teknologi Pembelajaran UNY itu menyebut, makalah tersebut merupakan hasil penelitiannya tentang adaptive e-learning. Topik itu, merupakan bidang yang digeluti Herman sejak mengerjakan disertasi doktornya.

…dst

14 ) PSM Unej Pede Juara di Busan
http://kampus.okezone.com/read/2013/10/18/373/883434/psm-unej-pede-juara-di-busan

Sabtu, 19 Oktober 2013 09:04 wib
JAKARTA – Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Universitas Jember (Unej) kembali unjuk gigi di kancah internasional. Setelah menjadi yang terbaik dalam kompetisi internasional “5th Grand Prix” Pattaya Thailand 2012, kini mereka tampil di Busan, Korea Selatan. Setelah melalui tahapan latihan yang sangat serius, PSM Unej yakin bisa tampil maksimal. Apalagi gelar jawara yang mereka raih dalam kompetisi tahun lalu juga turut menambah kepercayaan diri untuk kembali membawa pulang piala. Menyatakan dukungannya, Rektor Unej Moh. Hasan berharap para anggota PSM Unej dapat memberikan penampilan terbaik mereka. “Saya tidak membebankan teman-teman untuk meraih juara. Tapi saya berharap kalian semua bisa memberikan penampilan terbaik, syukur-syukur bisa meraih juara,” ujar Hasan, seperti dinukil dari situs Unej, Sabtu (19/10/2013).

…dst

15 ) Tel-U Gandeng Institut Eurecom Prancis
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/10/19/muwsy2-telu-gandeng-institut-eurecom-prancis

Sabtu, 19 Oktober 2013, 17:00 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG–Telkom University (Tel-U) menjalin kerja sama dengan Institut Eurecom Prancis (Eurecom) tentang berbagai aktivitas akademik dan peluang studi lanjut ke jenjang yang lebih tinggi. “Kerjasama yang kita jalin memungkinkan penyelenggaraan program double degree, riset bersama, dan program internship (magang) di perusahaan kelas dunia yang berkecimpung di bidang teknologi informasi dan komunikasi bagi mahasiswanya,” kata Rektor Tel-U Prof Dr Mochamad Ashari di Bandung, Sabtu. Penandatanganan kerja sama dengan Institut Eurecom dilakukan oleh Rektor Telkom University, Prof Mochamad Ashari dengan Delegasi Internasional Institut Eurecom, Jan Rembowski di kampus Telkom University Bandung Technoplex.Mochamad Ashari menyebutkan, manfaat dari kerjasama ini dapat memberikan kesempatan pilihan kepada mahasiswa, karena Telkom University mempunyai jaringan yang luas.Program kerjasama ini merupakan salah satu tujuan dari Telkom University dalam rangka menjadi World Class University di tahun 2017.

…dst

16 ) Siap-Siap PON, KONI Jatim Ajak Unesa
http://kampus.okezone.com/read/2013/10/17/373/882824/siap-siap-pon-koni-jatim-ajak-unesa

Jum’at, 18 Oktober 2013 08:12 wib
JAKARTA – Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Jawa Barat masih dua tahun mendatang. Namun, KONI Jawa Timur telah melakukan persiapan lebih awal. Bahkan, untuk menguatkan tim pelaksana pusat latihan daerah (Puslatda), mereka menggandeng Universitas Negeri Surabaya (Unesa) pada bagian tim monitoring dan evaluasi (monev) Puslatda. Ketua Umum KONI Jatim, Erlangga Satriagung mengungkap, pemilihan Unesa sebagai mitra bertujuan agar tim monev yang sudah ada menjadi lebih kuat.”Kami terus melakukan evaluasi dari hasil PON 2012. Hasilnya, tim monev perlu diperkuat supaya bisa lebih baik lagi pelaksanaan Puslatdanya,” ungkap Erlangga, seperti dikutip dari situs Unesa, Jumat (18/10/2013). Tugas monev yang diambil Unesa, lanjutnya, berupa pendampingan terhadap tenaga monev yang sudah terbentuk saat ini. Dengan adanya pendampingan dari tenaga yang berasal dari Unesa diharapkan program Puslatda bisa efisien dan tambah berkualitas.

…dst

17 ) Kembangkan Mobil Listrik, Unnes ke Taiwan
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/10/19/240480/Kembangkan-Mobil-Listrik-Unnes-ke-Taiwan

19 Oktober 2013
SEMARANG – Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Semarang (Unnes) akan melakukan kunjungan kerja ke National Kaohsiung First University of Science and Technology Taiwan. Lawatan itu untuk menciptakan kendaraan listrik yang ramah lingkungan dan hemat energi.Kunjungan dilaksanakan 21-24 Oktober dan merupakan bagian dari hibah penelitian yang bekerja sama dengan pihak luar negeri. Dekan FT Unnes Drs Harlanu MPd saat menemui Rektor Prof Fathur Rokhman bersama tim peneliti, Jumat (18/10) mengatakan, kepergian ke Taiwan dalam rangka pe­ngembangan iptek. ”Perlu diingat sebelumnya FT Unnes pernah membuat mobil mini, dan kini kami akan mengembangkan ke mobil listrik yang ramah lingkungan,” ungkapnya.Mobil listrik yang digagas FT Unnes mempunyai keunggulan dengan baterai kecil dan tahan lama. Sementara itu, Rektor Unnes mengatakan, Fakultas Teknik harus mampu menunjukkan bahwa mereka mempunyai keunggulan dalam rekayasa teknik, sehingga melalui keunggulan tersebut juga dapat diupayakan sampai menghasilkan kekayaan intelektual (HKI).

…dst

18 ) Arkeolog: Sriwijaya Menjajah Hingga Madagaskar
http://www.tempo.co/read/news/2013/10/19/079523012/Arkeolog-Sriwijaya-Menjajah-Hingga-Madagaskar

Sabtu, 19 Oktober 2013 | 19:25 WIB
TEMPO.CO, Magelang – Arkeolog Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Daud Aris Tanudirjo, menyebut pelaut Kerajaan Sriwijaya di Palembang menjelajah hingga mencapai Madagaskar di timur Benua Afrika sekitar abad ke-6 atau ke-7. “Ini terjadi saat kerajaan Sriwijaya berjaya di Laut Cina Selatan dan Samudera Hindia,” kata Daud dalam seminar membahas Kemampuan Maritim Nusantara, Sabtu, 19 Oktober 2013. Ini merupakan rangkaian acara Borudur Writers and Cultural Festival di Hotel Manohara, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, 17-20 Oktober 2013.Menurut Daud, bahasa Malagis di Madagaskar menjadi bukti dampak kolonialisasi pelaut Austronesia. Ia mengatakan Austronesia merujuk pada peradaban maritim wilayah nusantara atau mengacu pada wilayah geografis yang penduduknya menuturkan bahasa Austronesia. Secara geografis ini berada di belahan bumi mulai dari Taiwan dan Hawai di bagian utara hingga Selandia Baru di selatan. Pada bagian barat Austronesia menjangkau hingga Madagaskar. Sedangkan, di bagian timur meliputi hingga Pulau Paskah di selatan Samudera Pasifik, masuk wilayah Chili.

…dst

19 ) Kemendikbud Batal Undang Al Gore di WCF
http://www.jpnn.com/read/2013/10/18/196286/Kemendikbud-Batal-Undang-Al-Gore-di-WCF

Jum’at, 18 Oktober 2013 , 02:38:00
Pasang Tarif Rp 3,5 Miliar, Dinilai Terlalu Mahal
JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bakal menghelat kegiatan akbar bertajuk World Culture Forum (WCF) di Bali 24-27 November mendatang. Namun, sejumlah pembicara kaliber dunia batal menghadiri acara tersebut karena urusan fee yang selangit. Di antara pembicara top dunia yang menjadi incaran Kemendikbud adalah Albert Arnold “Al” Gore. Kemendikbud memastikan batal menghadirkan pemerhati lingkungan sekaligus mantan wakil presiden AS ke-45 itu di WCF 2013 nanti. Alasannya, fee yang ditetapkan pihak Al Gore sangat tinggi. Yakni sekitar Rp 3,5 miliar rupiah. Anggaran untuk menghelat WCF ini sempat jadi sorotan Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemendikbud. Irjen Kemendikbud Haryono Umar mengatakan, anggaran untuk pos-pos tertentu dinilai berlebihan. “Di antaranya itu tadi, untuk mengundang pembicara seminar. Sempat juga akan mengundang Kofi Annan,” kata Haryono, Kamis (17/10). Menurutnya, sebenarnya sah-sah saja mengundang pembicara asing dengan tarif tinggi. Tetapi karena anggaran untuk WCF ini dari APBN, maka panitia harus tunduk pada ketentuan yang berlaku. Yakni ketentuan plafon honor pemateri internasional.Haryono tidak hafal persis berapa besar ketentuan plafon honor pemateri bertaraf internasional. “Yang jelas tidak sampai itu (Rp 3,5 miliar, red),” katanya.Seandainya tetap memaksakan mengundang pemateri seminar dengan tarif di atas plafon tadi, Haryono mengatakan hal itu harus seizin Kementerian Keuangan. Haryono menegaskan, anggaran untuk kegiatan WCF sempat ramai dan menjadi bahan audit karena diduga akan menjadi bancakan EO pemenang tender.

…dst

20 ) Ini sebabnya tubuh membutuhkan tidur
http://www.antaranews.com/berita/400988/ini-sebabnya-tubuh-membutuhkan-tidur

Jumat, 18 Oktober 2013 12:04 WIB
Washington (ANTARA News) – Beberapa ilmuwan, Kamis, mengatakan mereka telah menemukan apa yang mungkin menjadi tujuan dasar tidur yaitu membersihkan otak dari produk sampingan metabolis beracun.Temuan itu, yang disiarkan di jurnal AS, Science, mengungkapkan metode unik otak untuk menghilangkan limbah–yang diberi nama “glymphatic system”, sangat aktif selama orang tidur, sehingga membersihkan racun yang mungkin menyebabkan penyakit Alzheimer`s dan gangguan lain syaraf. Para peneliti dari University of Rochester, New York, juga mendapati bahwa selama orang tidur ukuran sel otak berkurang, sehingga memungkinkan limbah terbuang secara efektif. “Studi ini memperlihatkan otak memiliki kondisi fungsi yang berbeda ketika orang tidur dan ketika terjaga,” kata Maiken Nedergaard dari University of Rochester Medical Center dan penulis senior studi itu, sebagaimana dilaporkan Xinhua. Tujuan tidur adalah satu pertanyaan yang telah memikat ahli filsafat dan ilmuwan sejak masa Yunani kuno. Meskipun beberapa temuan belum lama ini memperlihatkan bahwa tidur dapat membantu menyimpan dan mengkonsolidasikan ingatan, manfaat ini kelihatannya tidak mengalahkan kerentanan yang menyertai, sehingga para ilmuwan berspekulasi bahwa pasti ada fungsi yang lebih banyak mendasar pada lingkaran tidur-terjaga.

…dst