1 )  Aplikasi Mewaspadai Ancaman Penyakit
http://print.kompas.com/KOMPAS

abtu, 2 November 2013
YOGYAKARTA, KOMPAS — Mahasiswa Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, berhasil mengembangkan aplikasi mobile peringatan dini mewaspadai ancaman penyakit menular dengan menggunakan layanan berbasis peta. Hasil ide kreatif Daniel Oscar Baskoro, Bondan Bhaskara, Faisal Ahmad Sulhan, dan Ragil Unggul Prakoso ini rencananya akan dipresentasikan pada pertemuan Google Geo Summit di California, Amerika Serikat, November ini. Aplikasi yang diberi nama ”Health Circle” ini berisi informasi potensi penyakit menular melalui integrasi sistem informasi berita yang didapatkan dari media online yang kemudian ditransformasikan ke dalam bentuk peta. ”Informasinya pun bisa diketahui secara realtime,” ungkap Daniel Oscar Baskoro, mahasiswa Ilmu Komputer Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada, di Yogyakarta, Jumat (1/11). Daniel Oscar Baskoro, mahasiswa angkatan 2010, menyatakan, aplikasi yang dikembangkan bersama tiga rekannya itu untuk memudahkan masyarakat mencegah terjangkit penyakit menular. Caranya dengan mengetahui lokasi lewat peta data yang ditampilkan Google Map. Daniel menambahkan, aplikasi ini menggunakan data Google Map untuk membantu menghindari lokasi yang sedang berkembang penyakit menular. Aplikasi ini pernah terpilih sebagai nomine kompetisi Indonesia ICT Award 2013. ”Selain berisi peta lokasi, aplikasi ini juga menyediakan informasi detail mengenai penyakit menular, gejala klinis, dan tindakan preventif yang bisa dilakukan penggunanya,” kata Bondan Bhaskara, anggota tim mahasiswa lainnya. (TOP)

***

2 ) Kemendikbud Siapkan 3.000 Beasiswa Unggulan
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/11/02/3/191974/Kemendikbud-Siapkan-3.000-Beasiswa-Unggulan

Sabtu, 02 November 2013 | 17:05 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Biro Program Kerja Sama Luar Negeri (PKLN) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyiapkan 3000 program Beasiswa Unggulan (BU) untuk 2014. “Ya kami menargetkan 2014 nanti program BU menjadi 3.000 peserta guna menampung lebih banyak lagi generasi muda kita khususnya para mahasiswa melanjutkan pendidikan tinggi,”kata Kordinator Program Beasiswa Unggulan (BU) Biro PKLN Kemendikbud AB Susanto disela sela acara Pameran Beasiswa atau Beasiswa Unggulan Fair di Gedung FX Senayan, Sabtu (2/11).Adapun tema Beasiswa Unggulan Fair yang baru pertamakali digelar Biro PKLN Kemendikbud tersebut bersama sejumlah kampus bertajuk Meraih insan Indonesia cerdas dan kompetitif. Kegiatan ini di ikuti sembilan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan 11 Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Menurut AB Susanto,kegiatan pameran BU diharapkan dapat memberikan informasi langsung ke masyarakat tentang sekolah di dalam negeri dan luar negeri melalui dukungan Beasiswa Unggulan.

…dst

3 ) Materi Pelajaran Monoton, Siswa Lari ke Narkoba
http://www.jpnn.com/read/2013/10/31/198482/Materi-Pelajaran-Monoton,-Siswa-Lari-ke-Narkoba-#

Kamis, 31 Oktober 2013 , 08:39:00
JAKARTA – Hasil penelitian Badan Narkotika Nasional (BNN) cukup mengagetkan. Pasalnya, dari hasil riset lembaga pemberantas barang haram tersebut menunjukkan, jumlah penyalahguna narkoba pada kelompok pelajar mencapai 22 persen dari total penyalahguna berjumlah 4 juta orang. Dari 22 persen itu 50 persen penyalahguna merupakan pelajar SMA. Menanggapi hal itu Dedi Dwitagama, praktisi dan pemerhati masalah pendidikan saat Sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) bagi Kalangan Pelajar, di Auditorum RRI Jakarta mengatakan, masa remaja adalah masa yang paling rentan bagi remaja untuk terlibat dalam menyalahgunaan narkoba. ’’Pada usia remaja, secara psikologis mereka ingin mencari identitas yang sebenarnya menjeruskan mereka,’’ ujarnya. Oleh karena itu, menurut Dedi, peran orang tua sangat penting dalam membimbing buah hatinya agar memiliki sikap berani menolak penyalahgunaan narkoba. Peran sekolah tak luput dari perhatian Dedi.  Menurut  mantan kepala sekolah SMK 29 Penerbangan Jakarta ini, sekolah tidak boleh membebani siswa dengan materi-materi pelajaran yang berat dan monoton sehingga menimbul kejenuhan.

…dst

4 ) Rektor UNS Pimpin HIPIIS hingga 2017
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/11/02/3/191952/Rektor-UNS-Pimpin-HIPIIS-hingga-2017

Sabtu, 02 November 2013 | 11:47 WIB
Metrotvnews.com, Surakarta: Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta, Jawa Tengah, Ravik Karsidi, mendapat kepercayaan untuk memimpin Himpunan Indonesia untuk Pengembangan Ilmu-Ilmu Sosial (HIPIIS) periode 2013-2017. Amanat itu diberikan oleh peserta kongres HIPIIS IX yang diselenggarakan di kampus tersebut belum lama ini. “Ini merupakan sebuah kepercayaan yang cukup berat. Tapi saya akan berusaha sebaik mungkin untuk menghidupkan HIPISS ini,” katanya, Sabtu (2/11). Kepengurusan baru yang diketuai Ravik ini beranggotakan Sofian Effendi, Bambang Setiaji, Dwia Aries Tina, dan Muhadjir Effendy. Mereka akan dilantik pada awal Januari 2014.Ravik menjelaskan kepengurusan mendatang memiliki tiga program kerja utama. Yakni, menyelenggarakan lagi program pelatihan penelitian ilmu-ilmu sosial antar universitas, mendirikan pusat studi pengkajian pancasila dan demokrasi, serta merumuskan masukan tentang pentingnya GBHN dalam sebuah perencanaan jangka panjang pembangunan.

…dst

5) Mobil Listrik, Kado Ultah untuk UB
http://kampus.okezone.com/read/2013/11/01/372/890638/mobil-listrik-kado-ultah-untuk-ub

Sabtu, 02 November 2013 13:04 wib
JAKARTA – Jika kampus tercinta sedang ulang tahun, apa yang akan kamu berikan sebagai kado? Prestasi adalah hadiah terbaik.Inilah yang dilakukan teman-teman dari Fakultas Teknik (FT) Universitas Brawijaya (UB). Pada peringatan Dies Natalis FT UB, mereka mempersembahkan kado mobil. Bukan mobil sembarang mobil, tetapi mobil listrik berjenis city car buatan sendiri. Namanya, Optimo 1.Dilansir Prasetya Online, laman berita resmi UB, Sabtu (2/11/2013), Optimo 1 dapat melaju hingga kecepatan 40 km/jam dengan baterai motorik. Penampilan perdana Optimo pada rangkaian acara Dies Natalies FT UB belum lama itu pun memukau seluruh civitas academica UB, termasuk rektor dan para dekan. Dekan FT UB Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri menyampaikan penghargaan dan rasa bangga atas prestasi mahasiswanya. Betapa tidak, tim pembuat Optimo 1 harus bekerja dengan dana terbatas dan dalam waktu singkat pula.”Dengan adanya proyek ini, kami berencana ke depannya akan membuat bus mini bagi mahasiswa di dalam kampus. Tentu saja, mereka jugalah yang akan ikut andil dalam rencana tersebut,” kata Bisri.

…dst

6 ) Ini Dia, Lomba Mobil Irit Se-Indonesia
http://kampus.okezone.com/read/2013/11/01/373/890330/ini-dia-lomba-mobil-irit-se-indonesia

Jum’at, 01 November 2013 11:06 wib
JAKARTA – Tahu kompetisi mobil irit ramah lingkungan Shell Eco Marathon (SEM) Asia? Indonesia juga punya kompetisi serupa. Namanya Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC).Kompetisi ini merupakan hasil kerjasama Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan Institut Teknologi Surabaya (ITS). IEMC menantang para mahasiswa di seluruh Indonesia untuk membuat mobil ramah lingkungan dan irit bahan bakar. Tahun ini, ada dua kategori kompetisi yaitu Urban Concept dan Prototype. Kedua kategori tersebut dibagi lagi menjadi tiga kelas, yakni bensin, solar, dan listrik.Pada kategori Prototype, kendaraan yang berkompetisi mengusung konsep kendaraan masa depan dengan desain khusus yang memaksimalkan aspek aerodinamika. Ia juga harus memiliki tiga atau empat roda, yang di bawah kondisi normal harus selalu menempel pada permukaan lintasan.

…dst

7 ) Prodi Hubungan Internasional UMM akreditasi A
http://www.antaranews.com/berita/403304/prodi-hubungan-internasional-umm-akreditasi-a

Sabtu, 2 November 2013 18:47 WIB
Malang (ANTARA News) – Program Studi Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Malang, Jawa Timur, meraih akreditasi A atau “melompat” dua strip langsung dari sebelumnya yang terakreditasi C. Ketua Jurusan Hubungan Internasional (HI) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Ruli Inayah Ramadhan di Malang, Sabtu, mengemukakan pada penilaian atau visitasi pertama pada tahun 2008 yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), jurusan itu memperoleh akreditasi C.”Akreditasi C ini berlaku hingga 2013. Kami terus melakukan pembenahan dan meningkatkan berbagai kegiatan seperti yang disarankan oleh asesor, di antaranya sering menggelar workshop dan kuliah tamu, mengikuti standar borang serta memperbanyak kerja sama luar negeri,” katanya.Ia mengakui selama kurun waktu 2008–2013, semua saran dari asesor dilakukan semua secara maksimal, sehingga jurusan yang baru berdiri tahun 2005 itu mendapatkan akreditasi A setelah sebelumnya mengantongi akreditasi C.

…dst

8 ) Ratusan Mahasiswa Berlaga di Olimpiade UI
http://kampus.okezone.com/read/2013/11/01/373/890827/ratusan-mahasiswa-berlaga-di-olimpiade-ui

Jum’at, 01 November 2013 20:40 wib
DEPOK – Universitas Indonesia (UI) menggelar ajang pertarungan mahasiswa untuk mengukir prestasi di bidang olahraga. Ajang tersebut yakni Olimpiade UI 2013 yang diikuti 13 fakultas dan ratusan mahasiswa.Ajang yang mengambil tema “Kompetitif, Sportif, Bersahabat!” itu diprakarsai oleh Departemen Olahraga Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI. Acara tersebut digelar selama satu bulan dari November hingga Desember 2013. Pembukaan Olimpiade UI ditandai dengan parade keliling kampus UI dengan mengibarkan atribut masing-masing almamater. Olimpiade UI merupakan ajang kompetisi tahunan di bidang olahraga yang diikuti para atlet berbakat di UI.Sedikitnya terdapat lebih dari lima cabang olahraga yang dipertandingkan, di antaranya, sepak bola, voli, basket, badminton, renang, dan taekwondo.”Jadi untuk pembukaannya kami para atlet bikin pawai dulu keliling kampus, tempatnya tergantung kalau sepak bola bisa di stadion atau ada cabor yang di gimnasium, kalau renang di Hotel Bumi Wiyata,” ujar salah satu atlet basket perwakilan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) UI, Tanri Raafani Haidi, Jumat (1/11/2013).

…dst

9 ) FISIP UI jadi yang pertama miliki dekan baru
http://nasional.sindonews.com/read/2013/11/01/15/801029/fisip-ui-jadi-yang-pertama-miliki-dekan-baru

Jum’at,  1 November 2013  ?  19:48 WIB
Sindonews.com – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia (UI) menjadi fakultas pertama yang memiliki dekan terpilih periode 2013-2017. Sedangkan 12 Fakultas dan satu program di lingkungan universitas masih melakukan penjaringan, yaitu Fakultas Kedokteran (FK), Kedokteran Gigi (FKG), Matematika dan IPA (FMIPA), Teknik (FT), Hukum (FH), Ekonomi (FE), Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB), Psikologi (F.Psi), Kesehatan Masyarakat (FKM), Ilmu Komputer (FASILKOM), Ilmu Keperawatan (FIK), Farmasi (FF) dan Program Pascasarjana.”Proses seleksi dimulai pada Oktober hingga Desember 2013,” kata Kepala Kantor Komunikasi UI Farida Haryoko, Jumat (1/11/2013).

…dst

10 ) Filolog UNS Ikut Tangani Digitalisasi Naskah Kuno
http://kampus.okezone.com/read/2013/11/01/373/890741/filolog-uns-ikut-tangani-digitalisasi-naskah-kuno

Jum’at, 01 November 2013 20:14 wib
SOLO – Filolog jurusan Sastra Daerah dan fotografer profesional jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) dari Fakultas Sastra dan Seni Rupa (FSSR) Universitas Sebelas Maret (UNS) akan ikut menangani dalam digitalisasi naskah kuno koleksi Museum Radya Pustaka Solo, Jawa Tengah.”Ada tujuh filolog dari UNS yang terlibat,” ungkap Ketua Jurusan (Kajur) Sastra Daerah FSSR UNS, Supardjo, saat bertemu wartawan, di Kampus UNS, Solo, Jawa Tengah, Jumat (1/11/2013).
Dalam digitalisasi naskah kuno, menurut Supardjo, memang dibutuhkan filolog dan fotografer profesional. Dibutuhkannya fotografer karena naskah harus dipotret dengan kamera khusus. Sedang perlu adanya pendampingan filolog karena naskah-naskah kuno yang ada di Museum Radya Pustaka umumnya sudah berusia tua.

…dst

11 ) Tak Ikut Ospek, Mahasiswa Baru UNY Dipukuli
http://www.tempo.co/read/news/2013/11/01/079526487/Tak-Ikut-Ospek-Mahasiswa-Baru-UNY-Dipukuli

Jum’at, 01 November 2013 | 15:55 WIB
TEMPO.CO, Yogyakarta – Aksi kekerasan dalam penerimaan mahasiswa baru kembali terjadi. Kali ini seorang mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Shidik Citra Nurgita, dipukuli kakak kelasnya. Alasannya, dia tidak ikut malam keakraban (makrab) peserta orientasi pengenalan kampus (ospek) mahasiswa baru di kampusnya.Shidik mengaku dipukuli beramai-ramai oleh kakak kelasnya pada Kamis malam, 31 Oktober 2013. “Saya dipukuli di kepala, pundak, dan perut bagian rusuk,” ujar dia saat melaporkan kasus ini ke Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan DIY pada Jumat, 1 November 2013.Mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Rupa dan Kerajinan angkatan 2013 ini tak bisa ikut ospek karena mengikuti Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK tingkat nasional. Dia diminta istirahat sebelum mengikuti acara itu pada 22-27 Oktober 2013. “Saya diminta istirahat dulu karena Minggu pagi (22 Oktober 2013) harus berangkat ke Jakarta ikut LKS SMK 2013, jadi tidak bisa ikut makrab pada Sabtu malam,” ujar dia.

…dst

12 ) Tak terkontrol, antibiotik bisa berbahaya
http://nasional.sindonews.com/read/2013/11/02/15/801117/tak-terkontrol-antibiotik-bisa-berbahaya

Sabtu,  2 November 2013  ?  02:30 WIB
Sindonews.com – Obat antibiotik yang biasa diperoleh setiap pemeriksaan ke dokter, ternyata bisa berbahaya jika dikonsumsi sembarangan. Meski belum ada penelitian khusus, mengenai besarnya penyalah gunaan obat antibiotik oleh masyarakat di Indonesia, kemungkinan tersebut sudah tampak jelas.”Telah disinyalir adanya penggunaan antibiotik yang kurang terkontrol oleh masyarakat Indonesia, meski memang belum ada penelitian yang mendalam. Mengingat cukup berbahayanya penyalah gunaan antibiotik, perlu dilakukan sosialisasi mengenai bahaya resistensi antibiotik pada masyarakat,” ujar Dosen Farmasi UMY Rifki Febriansah MSc Apt Jumat, 01 November 2013. Melihat pentingnya sosialisasi tersebut, UMY menggandeng Universitas Sains Malaysia (USM), untuk mengadakan sosialisasi bahaya penyalah gunaan obat antibiotik pada masyarakat.Karena adanya persamaan persoalan di kedua negara ini. Sebagai tindak lanjutnya, kedua universitas pun melakukan kerja sama dalam upaya meningkatkan kajian farmasi.

…dst

13 ) Kuliah S-2 Gratis di Belgia, Yuk!
http://kampus.okezone.com/read/2013/10/30/368/889201/kuliah-s-2-gratis-di-belgia-yuk

Jum’at, 01 November 2013 08:06 wib
JAKARTA – University of Ghent, Belgia, menawarkan bantuan biaya kuliah S-2 bagi para pelajar dari negara berkembang. Tetapi, program ini tertutup bagi mereka yang sudah memiliki gelar Master. Bantuan dana studi ini diberikan selama maksimal dua tahun. Jika pelamar mengikuti program S-2 selama dua tahun, maka beasiswa akan diberikan ketika dia mampu menyelesaikan tahun pertama kuliah.Selain biaya studi, beasiswa ini juga termasuk asuransi, biaya hidup 1.000 euro per bulan, biaya adaptasi 500 poundsterling dan pengembalian biaya kuliah tahunan maksimal 80 poundsterling. Setiap tahun, ada 10 beasiswa disediakan bagi para pelajar internasional.Beasiswa akan diberikan pada bidang:

…dst

14 ) BKN Pantau TKD untuk KII dan Formasi Umum
http://bkn.go.id/in/berita/2546-bkn-pantau-tkd-untuk-kii-dan-formasi-umum.html

Jumat, 01 November 2013 16:13
Jakarta-Humas BKN. Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan memantau pelaksanaan Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB) bagi tenaga honorer K II, serta TKD bagi formasi umum dengan menggunakan Lembar Jawaban Komputer yang dilaksanakan pada Minggu (3/11). Hal ini ini dilakukan guna memastikan tegaknya Norma Standar dan Prosedur (NSP) Kepegawaian untuk tes penerimaan CPNS dijalankan dengan baik. Arahan ini disampaikan Kepala BKN Eko Sutrisno saat membuka Rapat Persiapan di Aula BKN Pusat Jakarta, Jumat (11/1). Ikut hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Utama Edy Sujitno dan Deputi Kindang S.Kuspriyomurdono.

…dst