1 ) New Media Tower UMN Gedung Paling Hemat Energi
http://edukasi.kompas.com/read/2013/12/09/1610398/New.Media.Tower.UMN.Gedung.Paling.Hemat.Energi

Senin, 9 Desember 2013 | 16:10 WIB
KOMPAS.com – Gedung New Media Tower Universitas Multimedia Nusantara berhasil menjadi gedung paling hemat energi dengan menjadi pemenang pertama kategori gedung baru hemat energi dalam ajang Penghargaan Efisiensi Energi Nasional (PEEN) 2013. Penghargaan tersebut diberikan oleh Wakil Menteri ESDM, Susilo Siswoutomo dan Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi, Rida Mulyana belum lama ini. Gedung New Media Tower, yang merupakan gedung terbaru Universitas Multimedia Nusantara, dirancang sebagai gedung hemat energi dengan menerapkan berbagai teknologi yang memungkinkan untuk melakukan penghematan energi dengan memanfaatkan udara alami semaksimal mungkin tanpa mengurangi kenyamanan.

…dst

2 ) Kemendikbud Dikucuri Anggaran Rp80,66 T
http://kampus.okezone.com/read/2013/12/10/373/910130/kemendikbud-dikucuri-anggaran-rp80-66-t

Selasa, 10 Desember 2013 14:55 wib
JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memperoleh alokasi Anggaran Belanja Pemerintah Pusat (ABPP) 2014 sebesar Rp80,66 triliun. Anggaran ini merupakan yang terbesar bersama dengan lima kementerian lainnya. Dilansir dari laman Setkab, Selasa (10/12/2013), dana yang dikucurkan pemerintah itu terdiri atas rupiah murni Rp66,176 triliun, Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Rp 10,461 triliun, pinjaman luar negeri (PLN) sebesar Rp1,973 triliun, dan pinjaman dalam negeri (PDN) sebesar Rp7,265 miliar.Sekadar informasi, pemerintah mengalokasikan anggaran belanja pemerintah pusat sebesar Rp1.249,943 triliun dari total belanja negara sebesar Rp1.842,495 triliun pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2014. Lima kementerian tersebut yaitu Kementerian Pertahanan (Kemhan), Kementerian Pekerjaan Umum (PU), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Agama (Kemenag), dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

…dst

3 ) Kemdikbud Terima Penghargaan dari KPK
http://www.kemdikbud.go.id/kemdikbud/berita/1923

12/10/2013
Jakarta — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menerima penghargaan dalam kategori kepatuhan laporan gratifikasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, penghargaan tersebut diberikan KPK karena Kemdikbud telah menjalankan sistem penyerahan gratifikasi yang tertata dengan baik.“Misalnya saya dapat gratifikasi atau oleh-oleh dari kabupaten X atau seseorang, itu (sistem gratifikasi) sudah berjalan. Saya harus melaporkan ke inspektorat. Itu sudah ada poskonya. Saya lapor. Saya dapat kain, taro lah batik. Ini barangnya, nanti difoto di situ barangnya, terus kita umumkan,” jelas Mendikbud usai acara Pemantauan dan Penyerahan BSM di Kantor Bupati Karawang, Jawa Barat, (9/12).Mendikbud menambahkan, hadiah atau gratifikasi yang diterima pejabat Kemdikbud tersebut akan diaudit nilainya oleh Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemdikbud, kemudian dikembalikan ke negara.

…dst

4 ) Tak Puas Bikin Mobil Listrik, ITS Rambah Motor Ramah Lingkungan
http://kampus.okezone.com/read/2013/12/10/373/910217/tak-puas-bikin-mobil-listrik-its-rambah-motor-ramah-lingkungan

Selasa, 10 Desember 2013 16:44 wib
JAKARTA – Sukses dengan mobil listrik yang ramah lingkungan dan hemat energi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali berinovasi di bidang automotif. Kali ini, kreativitas tersebut dituangkan dalam bentuk motor ramah lingkungan berbahan bakar listrik dan gas. Karya tersebut lahir dari beberapa mahasiswa Fakultas Teknologi Industri (FTI) D-3 Teknik Mesin ITS. Salah satu anggota tim, yakni Hendro menjelaskan, pembuatan dua jenis sepeda motor tersebut telah dimulai sejak 2012. Ide tersebut muncul lantaran beberapa negara maju di dunia tengah gencar memproduksi sepeda motor berbahan bakar gas dan listik. ”Sayangnya, di Indonesia masih belum ada yang berani membuat jenis sepeda motor serupa,” tutur Hendro, seperti disitat dari ITS Online, Selasa (10/12/2013). Hal tersebut yang kemudian memacu Hendro dan kawan-kawan untuk mengeksplor kemampuan mereka dalam membuat sepeda motor berbahan bakar listrik dan gas. Setelah satu tahun, akhirnya dua sepeda motor barupun lahir.

…dst

5 ) UII dan UHM Rancang Program Double Degree
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/12/08/mxh92m-uii-dan-uhm-rancang-program-double-degree

Minggu, 08 Desember 2013, 14:35 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Universitas Islam Indonesia (UII) dan University Hawaii at Manoa (UHM) akan membuka double degree.Program tersebut akan dilaksanakan Master of Urban and Regional Planning UHM dan Master of Science in Earthquake Engineering Management UII.”Ini tinggal finalisasi draft untuk diajukan ke Ditjen Dikti,” kata Rektor UII, Edy Suandi Hamid saat melakukan kunjungan balasan ke UHM di Hawaii, Amerika Serikat ,Sabtu (7/12) waktu Indonesia atau Jumat (6/12) waktu setempat.Dijelaskan Edy, beberapa program yang sudah berjalan dengan UHM antara lain simposium internasional Asia Pacific Dissaster Risk Reduction, riset bersama, pengiriman mahasiswa UII ke UHM satu semeter dengan transfer kredit.Selain itu, juga pengiriman empat dosen dan dua mahasiswa UII untuk mengikuti pelatihan disaster management and humanitarian assistance.”Untuk kegiatan tersebut hampir semuanya didukung pendanaan dari United States Agency for International Development (USAID) dan UHM,” kata Edy.Direncanakan pada bulan Juni 2014 nanti akan diadakan simposium internasional kedua tentang disaster management di UII.

…dst

6 ) Diduga Ada sabotase, Dosen UI Ajukan Uji Materi PP No.68/2013
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/12/08/3/199832/Diduga-Ada-sabotase-Dosen-UI-Ajukan-Uji-Materi-PP-No.682013

Minggu, 08 Desember 2013 | 17:24 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Para pekerja dan dosen Universitas Indonesia (UI) berencana melakukan judicial review (uji materi) sejumlah pasal dalam PP No.68/2013 tentang Statuta UI ke Mahkamah Agung. Menurut Paguyuban Pekerja UI (PPUI) Andri G Wibisana, uji materi dilakukan terhadap pasal yang dinilai mengabaikan hak para pekerja UI. “Kita bakal mendaftarkannya pada 10 Desember ini,” kata Andri dalam jumpa pers di Jakarta, Minggu (8/12).Ia menjelaskan, sebenarnya sudah ada kesepakatan antara pekerja dan kalangan petinggi UI mengenai perlindungan jaminan kepastian dan keberlangsungan kerja pegawai. Semua pekerja akan dijadikan sebagai PNS kecuali mereka yang secara resmi tidak bersedia untuk diangkat menjadi PNS. “Kalau yang tidak bersedia, akan diangkat menjadi Pegawai Tetap UI (atau Pegawai UI BHMN),” ungkapnya.

…dst

7 ) Anak Undip Jago Anatomi Se-Indonesia
http://kampus.okezone.com/read/2013/12/10/373/910073/anak-undip-jago-anatomi-se-indonesia

Selasa, 10 Desember 2013 14:12 wib
JAKARTA – Mahasiswa Ilmu Kedokteran wajib paham dan hafal anatomi manusia. Nah, untuk membuktikan kemampuan pemahaman anatomi itu, mahasiswa kedokteran dari seluruh Indonesia tumplek di Universitas Gadjah Mada (UGM). Di Kota Pelajar, mahasiswa Kedokteran se-Tanah Air itu berkompetisi dalam olimpia dekanatomi tingkat nasional, yaitu Gajah Mada Indonesian medical Science Olympiad (GIMSCO). Ada 74 tim dari berbagai kampus yang unjuk gigi pada ajang yang dihelat 5-8 Desember 2013 tersebut. Acara tahunan ini dibagi dalam beberapa tahap yakni slide based test, ujian identifikasi bagian tubuh manusia dari preparat cadaver (mayat untuk praktikum anatomi), lomba cerdas cermat dan presentasi di hadapan dosen UGM.Menurunkan tiga tim, Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (Undip) pun mengukuhkan diri sebagai jagonya anatomi. Mereka merebut juara I, II, III dan penghargaan nilai terbaik pada ujian identifikasi cadaver pada ajang GIMSCO.

…dst

8 ) Mahasiswa UI kembangkan bakteri pembuatan bioetanol
http://nasional.sindonews.com/read/2013/12/10/15/815233/mahasiswa-ui-kembangkan-bakteri-pembuatan-bioetanol

Selasa,  10 Desember 2013  ?  11:22 WIB
Sindonews.com – Tiga mahasiswa dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (MIPA UI) meneliti bakteri yang bisa dijadikan bahan dasar pembuatan bioetanol sebagai sumber energi terbarukan. Yang menarik, bakteri yang diteliti didapat dari hasil limbah agraria.Selama ini, pembuatan bioetanol masih terbatas pada penggunaan bahan utama dari satu jenis tanaman. Sedangkan sisanya menjadi limbah. Limbah inilah yang dimanfaatkan sebagai penghasil bakteri sebagai bahan baku enzim dalam proses bahan bakar alternatif bioetanol.Berangkat dari langkanya bahan bakar minyak yang semakin langka mendorong tiga mahasiswa jurusan Biologi UI ini menciptakan bahan bakar alternatif dari bioetanol. Abinubli Tariswafi M dan Ricky Karta Atmadja, angkatan 2010 jurusan biologi Fakultas MIPA UI, serta Siska yulian Sari angkatan 2011 jurusan Biologi Fakultas MIPA UI tergerak meneliti bakteri termofilik yang mampu menghasilkan enzim lignoselulase dan tahan akan suhu tinggi.

…dst

9 ) 5 Gagasan FH UGM Raih Juara di Kompetisi Nasional
http://kampus.okezone.com/read/2013/12/10/373/910331/5-gagasan-fh-ugm-raih-juara-di-kompetisi-nasional

Selasa, 10 Desember 2013 19:04 wib
JAKARTA – Prestasi di tingkat nasional kembali dipersembahkan mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta bagi kampus tercinta. Kali ini, giliran Delegasi mahasiswa Fakultas Hukum (FH) UGM yang meraih jawara pertama pada Kompetisi Legislative Drafting Diponegoro Law Fair (DLF) 2013, belum lama ini. Mereka berhak meraih juara setelah di babak final berhasil menyisihkan tim FH dari berbagai universitas ternama. Sebut saja Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Universitas Sumatera Utara (USU), dan Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Delegasi FH UGM dalam kesempatan tersebut terdiri atas Azizah Amalia, Akhyaroni Fu’adah, Ghina Rahmatika, Unggul Wisnu Wicaksana, dan Santi Puspitasari. Mereka dinobatkan sebagai juara dalam mempresentasikan hasil naskah akademik dan rancangan undang-undang tentang Pengadilan HAM. Sementara tempat kedua dan ketiga dihuni oleh tim FH Unpad dan UII.

…dst

10 ) Mahasiswa UBH Juara Penulisan Esai Nasional
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/12/08/mxhl49-mahasiswa-ubh-juara-penulisan-esai-nasional

Minggu, 08 Desember 2013, 18:55 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, PADANG — Seorang mahasiswa Ilmu Hukum angkatan 2011, Universitas Bung Hatta (UBH) Padang, Sumatera Barat (Sumbar), bernama Yudhi Rahman menjadi juara pertama perlombaan penulisan esai nasional dalam rangka kegiatan Indonesian Youth Leaders Summit 2013. Kepala Humas UBH, Idrawadi di Padang, Sabtu, mengatakan perlombaan tersebut diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Diponegoro Semarang, 23 hingga 24 November 2013. Indrawadi menambahkan, Yudhi tampil sebagai pemenang pertama dengan esai bertemakan, “Revitalisasi Peranan Pemuda: Menganalisa Pembaharuan Pemuda Untuk Indonesia Yang Lebih Baik.” Yudhi Rahman berhasil masuk 50 besar berdasarkan seleksi via email dan kemudian dari hasil penilaian dewan juri yang cukup ketat, tambahnya.Yudhi dinyatakan menjadi juara pertama. Untuk juara kedua peserta dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dan ketiga peserta dari Universitas Negeri Jambi (Unja). Ia menyebutkan, rencanannya panitia lomba menjadikan kesepuluh esai terbaik menjadi satu buku.

…dst

11 ) Kontras Selidiki Pelonco Maut di ITN Malang
http://www.tempo.co/read/news/2013/12/10/058536274/Kontras-Selidiki-Pelonco-Maut-di-ITN-Malang

Selasa, 10 Desember 2013 | 19:12 WIB
TEMPO.CO, Malang – Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) menurunkan tim untuk menginvestigasi kasus kematian mahasiswa Jurusan Planologi Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, Fikri Dolasmantay Surya. Kontras akan meminta keterangan sejumlah saksi atas tewasnya mahasiswa asal Nusa Tenggara Barat itu.”Sangat disayangkan, perguruan tinggi dari kalangan terdidik justru melakukan kekerasan dan pelanggaran hak asasi manusia,” kata Koordinator Kontras Surabaya, Andy Irfan Junaedy, Selasa, 10 Desember 2013. Kontras telah menerima laporan dari Aliansi Mahasiswa Anti Kekerasan (AMAK) yang mengadvokasi kasus Fikri sejak awal.Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi ini menyerahkan beberapa bukti dan temuan  dari peserta Kemah Bakti Desa (KBD) yang dilaksanakan di Gua Cina, Dusun Rowotrate, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. “Sementara ini baru informasi sepihak dari mahasiswa,” kata Andy.

…dst

12 ) Kematian Mahasiswa saat Ospek ITN Malang
Buka Kasus, Kepolisian Mulai Gelar Perkara Kematian
http://www.jpnn.com/read/2013/12/10/205088/Buka-Kasus,-Kepolisian-Mulai-Gelar-Perkara-Kematian

Selasa, 10 Desember 2013 , 20:12:00
KESERIUSAN Polres Malang, mengungkap kematian Fikri Dolasmantya Surya, mahasiswa ITN Malang, yang diduga meninggal dunia karena mengalami kekerasan saat ospek pada 12 Oktober lalu, benar-benar dibuktikan. Penyidik Reskrim Polres Malang melaksanakan gelar perkara kasus meninggalnya pemuda warga Jalan Sakura IV /17 BTN Sweta Mataram, NTB tersebut. “Kapolsek Sumbermanjing Wetan beserta Kanitreskrim dan penyidiknya, kami undang untuk gelar perkara. Karena saat kejadian kematian korban dulu, yang menangani adalah Polsek Sumbermanjing Wetan. Setelah gelar perkara, kasusnya langsung kami ambil alih,’’ ungkap Kasatreskrim Polres Malang, AKP Muhammad Aldy Sulaeman seperti dikutip Malang Post. Gelar perkara itu, tambah dia, untuk mengetahui sejauh mana penyelidikan kasus kematian Fikri. Terlebih-lebih, ketika kejadian itu, tak ada satupun mahasiswa baru teman Fikri, mau bersaksi. Selain itu, beberapa mahasiswa senior serta dosen pendamping, memberikan keterangan, Fikri meninggal dunia karena kecapekan dan dehidrasi.

…dst

13 ) ITN Benarkan Ada Kekerasan Seksual dalam Ospek
http://regional.kompas.com/read/2013/12/09/1334534/ITN.Benarkan.Ada.Kekerasan.Seksual.dalam.Ospek

Senin, 9 Desember 2013 | 13:34 WIB
MALANG, KOMPAS.com — Pihak Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, Jawa Timur, mengakui bahwa dalam orientasi studi dan pengenalan kampus (ospek) yang diikuti mahasiswa baru (maba) telah terjadi tindak kekerasan seksual. Hal itu terlihat dari beberapa foto yang beredar di media sosial dan pengakuan para saksi. “Kalau dilihat dari foto-foto yang beredar di media sosial, dan pengakuan para saksi, memang ada kekerasan yang mengarah seksual saat ospek berlangsung. Tapi, yang banyak tahu pihak jurusan, yang bersentuhan langsung dengan kegiatan itu,” kata Wakil Rektor I Wayan Mundra ditemui wartawan seusai menemui para pedemo di depan pintu masuk ITN, Senin (9/12/2013).

…dst

14 ) Raih Cumlaude Usai Teliti Pernikahan Jawa & Palestina
http://kampus.okezone.com/read/2013/12/09/373/909787/raih-cumlaude-usai-teliti-pernikahan-jawa-palestina

Selasa, 10 Desember 2013 09:16 wib
JAKARTA – Siapa sangka, dengan meneliti pernikahan bisa meraih nilai cumlaude dalam ujian program doktor Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM). Seperti yang dilakukan Fakher Nabeel Mouhammad Khalili.”Penelitian ini berupaya untuk mengetahui bagaimana nilai-nilai budaya mempengaruhi kepuasan pernikahan,” papar Fakher Nabeel Mouhammad Khalili pada ujian terbuka program doktor Fakultas Psikologi UGM, seperti dikutip dalam keterangan tertulisnya, Selasa (10/12/2013). Khalili mempertahankan disertasinya yang berjudul Cultural Dimensions and Marital Relationship. Penelitian Khalili dilakukan terhadap 249 orang Jawa dari UGM dan 354 orang Palestina dari Universitas An-Najah Nasional. Dia menyebutkan, kepuasan dalam pernikahan dianggap sebagai evaluasi global dan keseluruhan seseorang atau sikap terhadap pasangan dan hubungan yang kemungkinan memainkan peran penting dalam pengambilan keputusan untuk bercerai.Dari banyak penelitian, pasangan dari Jawa puas dengan pernikahan mereka. Sementara itu meskipun tingkat perceraian di Palestina rendah, pasangan di Palestina ternyata tidak merasa puas dengan pernikahan mereka.

…dst

15 ) Unsuri Surabaya Gelar Lelang Jabatan Dekan
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/122964/unsuri-surabaya-gelar-lelang-jabatan-dekan

10 Des 2013 14:19:12
Surabaya (Antara Jatim) – Universitas Sunan Giri (Unsuri) Surabaya menggelar lelang jabatan untuk lima jabatan yang lowong pada universitas setempat, di antaranya Dekan Fakultas Hukum dan Direktur Pascasarjana.”Kelima jabatan yang dilelang adalah Dekan Fakultas Hukum, Kepala Prodi Ilmu Hukum, Direktur Pascasarjana, Asisten Direktur Pascasarjana, dan Kepala Prodi Magister Pendidikan Islam,” kata Sekretaris Unsuri Surabaya, Agus Anhari S.Sos M.Si di Surabaya, Selasa. Ia menjelaskan proses lelang jabatan itu dimulai pada 26 November hingga 12 Desember untuk pendaftaran, pemberkasan, uji kepatutan dan kelayakan (“fit and proper test”), rapat senat, hingga penetapan. Saat ini, prosesnya sudah ada di tingkat Senat Fakultas dan Senat Universitas untuk melakukan rapat pertimbangan. “Hasilnya akan disampaikan ke Rektor Unsuri pada 12 Desember untuk dilakukan penetapan. Dari kelima jabatan yang lowong itu ada sebelas pendaftar,” tuturnya. Ke-11 pendaftar itu meliputi tiga orang pendaftar calon Dekan Fakultas Hukum dan delapan orang pendaftar calon Direktur Pascasarjana.

…dst

16 ) Tolak Revisi PP 74, Minta Audiensi dengan Denny
http://www.jpnn.com/read/2013/12/10/205086/Tolak-Revisi-PP-74,-Minta-Audiensi-dengan-Denny

Selasa, 10 Desember 2013 , 20:02:00
JAKARTA – Perjuangan empat organisasi guru melawan revisi Peraturan Pemerintah Nomor 74/2008 tentang Guru terus berlanjut. Penolakan aturan yang berpotensi melanggar Hak Azazi Manusia (HAM) Guru kembali disuarakan di Kementerian Hukum dan HAM. Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGO) Retno Listyarti mengatakan kedatangan mereka ke Kemenkumham untuk mengantarkan surat permintaan audiensi dengan Wamenkuham Denny Indrayana di Jakarta, Rabu (11/12).”Kita menyerahkan surat permintaan audiensi, kita ingin bertemu dengan Wamen Denny Indrayana sekaligus menyampaikan fakta-fakta bahwa revisi PP 74 ini berpotensi melanggar HAM sebagaimana rekomendasi Komnas HAM,” kata Retno kepada JPNN.com, Selasa (10/12). Dalam aksinya, ratusan guru juga melakukan aksi teatrikal bertema “Pemberangusan Organisasi Guru, Matinya Demokrasi di Indonesia”, sebagai bentuk perlawanan terhadap rencana Kemendikbud memaksakan revisi Peraturan Pemerintah (PP) No.74 tahun 2013 tentang Guru.Diketahui, penolakan puluhan organisasi guru di luar PGRI terhadap revisi PP ini terdapat pada pasal 44 ayat (3) mengenai persyaratan keanggotaan dan kepengurusan organisasi profesi Guru yang disamakan dengan persyaratan pendirian partai politik.

…dst

17 ) BPK awasi Kemendikbud soal dana Rp6 T untuk BSM
http://nasional.sindonews.com/read/2013/12/09/15/815054/bpk-awasi-kemendikbud-soal-dana-rp6-t-untuk-bsm

Selasa,  10 Desember 2013  ?  02:31 WIB
Sindonews.com – Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), salah satunya Rizal Djalill mengatakan, pihaknya memantau penyerahan langsung Bantuan Siswa Miskin (BSM) tersebut. Kendati begitu pihaknya menambahkan, penyerapan BSM sampai tanggal 15 Desember dipastikan mencapai 100 persen. “Kita ingin mengatakan penyerapan BSM ini sampai tanggal 15 pasti 100 persen karena data base lengkap, dan orang penerimanya juga jelas,” katanya, saat Konferensi Pers Penyaluran BSM bagi siswa yang dilakukan di Aula Husni Hamid, Jalan Ahmad Yani, Kabupaten Karawang, Jawa Barat (Jabar), Senin 9 Desember 2013. Pihaknya pun memberikan apresiasi terhadap bantuan BSM tersebut yang menurutnya tepat sasaran. “kami ingin memberikan apresiasi, ini merupakan bantuan yang betul-betul tepat sasaran, dan tidak ada satupun dari kita meragukan hal tersebut,” ucapnya. BPK pun mendukung dan mendorong pencapaian penyerapan anggaran BSM pada tanggal 15 Desember 2013. “Itu pasti tercapai,” harapnya.

…dst