Kemdikbud Terima Penghargaan dari KPK

12/10/2013

Jakarta — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menerima penghargaan dalam kategori kepatuhan laporan gratifikasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, penghargaan tersebut diberikan KPK karena Kemdikbud telah menjalankan sistem penyerahan gratifikasi yang tertata dengan baik.

“Misalnya saya dapat gratifikasi atau oleh-oleh dari kabupaten X atau seseorang, itu (sistem gratifikasi) sudah berjalan. Saya harus melaporkan ke inspektorat. Itu sudah ada poskonya. Saya lapor. Saya dapat kain, taro lah batik. Ini barangnya, nanti difoto di situ barangnya, terus kita umumkan,” jelas Mendikbud usai acara Pemantauan dan Penyerahan BSM di Kantor Bupati Karawang, Jawa Barat, (9/12).

Mendikbud menambahkan, hadiah atau gratifikasi yang diterima pejabat Kemdikbud tersebut akan diaudit nilainya oleh Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemdikbud, kemudian dikembalikan ke negara.

Penghargaan diberikan langsung oleh Ketua KPK Abraham Samad kepada Dirjen Pendidikan Tinggi Djoko Santoso tepat pada Hari Anti Korupsi se-Dunia yang diperingati setiap tanggal 9 Desember. Pada kesempatan itu, Djoko mengaku bangga atas penghargaan yang diterima dan prestasi tersebut merupakan kerja sama dari berbagai pihak Kemdikbud.

“Apa yang bisa kami lakukan bersama adalah pencegahan. Salah satu caranya adalah seperti yang dilakukan Irjen Kemdikbud Haryono Umar, yakni pengelolaan gratifikasi dengan sebaik mungkin. Sehingga bisa dihindari hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar Djoko usai menerima penghargaan pada acara Pekan Anti Korupsi di Istora Senayan, (9/12).

Djoko menambahkan, Irjen Kemdikbud juga mencetuskan tindakan preventif berupa pendidikan antikorupsi. “Yang digarisbawahi bagaimana mencegah korupsi sedini mungkin sehingga bisa membawa kebermanfaatan bagi masyarakat luas,” ujarnya.

Selain Kemdikbud, penghargaan serupa juga diberikan KPK kepada DPR dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Pekan Anti Korupsi merupakan kegiatan besutan KPK dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi se-Dunia dan hari jadi KPK ke-10. (DM)