1 ) Mahasiswa Indonesia Juara Debat Internasional
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2014/01/05/3/205387/Mahasiswa-Indonesia-Juara-Debat-Internasional

Minggu, 05 Januari 2014 | 19:32 WIB
Metrotvnews.com, Chennai: Mahasiswa Indonesia berhasil mengukir namanya sebagai pemenang pertama di ajang debat internasional atau The World Universities Debating Championship (WUDC) di Rajalakshmi Engineering College, Chennai, India, pada 26 Desember 2013 hingga 4 Januari 2014. Wakil Indonesia yang meraih sukses itu adalah mahasiswa Institut Teknoloagi Bandung (ITB), yaitu Fauzan Reza Maulana dan Vicario Reinaldo. Fauzan dan Vicario sekaligus menjadi peserta pertama dari Indonesia yang berhasil menembus tahap final dan langsung menang di WUDC, sejak ajang ini diselenggarakan beberapa dekade yang lalu. Fauzan dan Vicario mengalahkan mahasiswa asal Rusia (New Economic School), Polandia (University of Warsaw) dan Jerman (Eberhard Karls University Tubingen). Mereka menang dalam kategori English-as-Foreign-Language (EFL). Dua kategori lainnya, yakni ESL dan terbuka, direbut mahasiswa Jerman dan Amerika Serikat. Topik yang didebatkan oleh Fauzan dan Vicario yakni ‘This House Believes That Multinational Companies Should be Liable for Human Rights Abuses That Occur Anywhere in Their Supply Chain”.Selain dua mahasiswa ITB itu, wakil Indonesia juga mengikuti kategori ESL, untuk universitas yang menjadikan bahasa Inggris sebagai pengantar mata kuliah di kampus. Wakil Indonesia yang ikut di ESL adalah mahasiswa UI dan mahasiswa Universitas Bina Nusantara. WUDC merupakan kompetisi debat yang digelar pertama kali pada 1981 di Glasgow University Union, Skotlandia, Inggris. Dari sekitar Inggris, kompetisi ini berkembang hingga diikuti ratusan universitas dari 45 negara.

…dst

2 ) Pertama Kali Dalam Sejarah, Mahasiswa RI Juara Lomba Debat Internasional
http://news.detik.com/read/2014/01/05/095500/2458482/10/pertama-kali-dalam-sejarah-mahasiswa-ri-juara-lomba-debat-internasional?nd771104bcj

Minggu, 05/01/2014 10:01 WIB
Jakarta – Dua mahasiswa Indonesia asal Institut Teknologi Bandung (ITB) Fauzan Reza Maulana dan Vicario Reinaldo mencatatkan sejarah baru di dunia debat internasional. Untuk pertama kalinya mereka mampu membawa Indonesia menjadi juara debat antar universitas dunia. Fauzan dan Vicario mengalahkan mahasiswa asal Rusia (New Economic School), Polandia (University of Warsaw) dan Jerman (Eberhard Karls University Tubingen) dalam kategori English-as-Foreign-Language. Tema debat yang diusung adalah ‘This House Believes That Multinational Companies Should be Liable for Human Rights Abuses That Occur Anywhere in Their Supply Chain”. Untuk dua kategori lain yang lebih tinggi, diraih mahasiswa Jerman dan Harvard AS.Kedua mahasiswa ITB itu datang sebagai pesaing terlemah dalam kejuaraan. Namun berkat keberaniannya, strategi oposisi yang diterapkan utuk menyerang kesalahan pemerintah berhasil. “Vicario Reinaldo and Fauzan Reza Maulana of Bandung A are the EFL debate champions of the world. Congratulations! #wudc” demikian isi twitter resmi debat tersebut.

…dst

3 ) Sempat Diremehkan, Ini Cara Mahasiswa RI Menang Lomba Debat Internasional
http://www.analisadaily.com/news/75139/sempat-diremehkan-ini-cara-mahasiswa-ri-menang-lomba-debat-internasional/

05 Jan 2014, 11:24:30 WIB
Jakarta – Dua mahasiswa asal Indonesia Fauzan Reza Maulana dan Vicario Reinaldo sempat tak diperhitungkan dalam ajang debat internasional. Maklum, tak pernah ada kontestan Indonesia yang lolos babak eliminasi sebelumnya. Bagaimana akhirnya mereka bisa juara? Reza, mahasiswa teknik sipil Institut Teknologi Bandung (ITB) bercerita, tim Indonesia memang bisa disebut kuda hitam dalam turnamen yang digelar di India tersebut. Sebab, tak ada yang menyangka mereka bisa masuk ke final dalam kategori English-as-Foreign-Language. Meski mendapat predikat tim lemah, Reza dan Vicario tetap berjuang sampai akhir mengikuti lomba. Hingga akhirnya menjadi juara. “Ada beberapa faktor kenapa kita bisa lolos, mungkin ada keberuntungan juga. Salah satunya mungkin kita juga secara spesifik tahu topiknya,” kata Reza saat dihubungi detikcom, Minggu (5/1/2013). Sekadar informasi, topik untuk setiap debat diberikan 15 menit sebelum lomba. Persiapan para kandidat untuk mendalami sebuah tema pun cukup singkat. Dengan demikian, dibutuhkan pengetahuan yang luas dari setiap peserta.

…dst

4 ) UGM Temukan Metode Ubah Ampas Kelapa Sawit Untuk Bahan Baku BBM
http://www.beritasatu.com/pendidikan/158779-ugm-temukan-metode-ubah-ampas-kelapa-sawit-untuk-bahan-baku-bbm.html

Sabtu, 04 Januari 2014 | 23:21
Yogyakarta – Peneliti Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Arief Budiman memanfaatkan ampas tandan kosong kelapa sawit sebagai bahan baku pembuatan bahan bakar minyak alternatif pengganti energi fosil. “Melalui Integrated Autothermal Technology (IAT), dari ampas tandan kosong kelapa sawit bisa dihasilkan gasoline dan kerosene, yakni sumber bahan bakar cair untuk premium, minyak tanah, dan avtur,” kata Arief di Yogyakarta, Sabtu (4/1). Menurut dia, sebelumnya dirinya mencoba menggunakan bahan biomassa dari sumber yang lain, tetapi akhirnya memilih ampas tandan kosong kelapa sawit sebagai bahan baku. Alasannya, Indonesia merupakan produsen kelapa sawit nomor dua di dunia. “Pada proses pengambilan minyak CPO dari kelapa sawit dihasilkan limbah padat, sekitar 30-40 persen berupa tandan kosong, cangkang, pelepah, dan batang sawit,” kata dosen Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) itu. Ia mengatakan produksi sawit di Riau saja berkisar 6 juta ton per tahun dengan limbahnya berkisar 1,8-2,4 juta ton. Limbah tersebut bisa dimanfaatkan untuk “engine fuel” karena limbah biomassa itu mengandung senyawa selulosa, hemiselulosa, dan lignin.

…dst

5 ) Besok 6 Januari 2014, Jangan Lupa Mulai Isi PDSS Ya…
http://kampus.okezone.com/read/2014/01/05/560/921908/besok-jangan-lupa-mulai-isi-pdss-ya

Minggu, 05 Januari 2014 12:25 wib
JAKARTA – Jadwal pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) mulai digelar Senin 6 Januari 2014 besok. Jangan sampai kelupaan untuk mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) ya guys. Mengutip informasi Panitia Pelaksana SNMPTN 2014, Minggu (5/1/2014), pengisian PDSS tersebut akan dilakukan pada 6 Januari sampai 6 Maret 2014. Selanjutnya diisikan secara berkala setiap akhir semester. Kepala Sekolah akan mengisi data sekolah dan siswa di PDSS melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id. Nantinya, Kepala Sekolah akan mendapatkan password setiap siswa, yang akan digunakan oleh siswa untuk melakukan verifikasi. Kemudian siswa harus melakukan verikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah dengan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan password yang diberikan oleh Kepala Sekolah. Bagi siswa yang tidak melaksanakan verifikasi, maka data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi berakhir.

…dst

6 ) Penerima Bidikmisi 2014 Capai 60 Ribu
http://www.jpnn.com/read/2014/01/05/209081/Penerima-Bidikmisi-2014-Capai-60-Ribu

Minggu, 05 Januari 2014 , 08:37:00
SURABAYA – Kuota mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi tahun ini dipastikan naik. Berdasar data Kemendikbud, bakal ada 60 ribu mahasiswa di Indonesia yang mendapat beasiswa tersebut. Jumlah itu meningkat daripada tahun sebelumnya. Pada awal tahun program (2010), ada 18.125 mahasiswa yang menerima beasiswa bidikmisi. Jumlah itu naik menjadi 58.900 orang pada 2013.Meski dipastikan naik, hingga kini beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) di Surabaya belum mengetahui besarnya kuota yang akan didapat. Misalnya, yang ditegaskan Wakil Rektor I Unair Prof Achmad Syahrani. ”Belum kami ketahui besarnya kuota tahun ini,” jelasnya. Menurut dia, pihaknya masih menunggu Dikti. Tahun lalu Unair mendapat kuota bidikmisi sebanyak 900 mahasiswa. Mereka mendapat beberapa fasilitas. Di antaranya, uang hidup per bulan sebesar Rp 600 ribu. Uang beasiswa itu langsung diterima lewat rekening mahasiswa. Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) ITS Ismaini Zain juga menyatakan belum tahu pasti jatah bidikmisi yang nanti diterima ITS. “Itu masih tunggu Dikti,” jelasnya. Baik di Unair maupun ITS, sudah ada penerima beasiswa bidikmisi yang lulus kuliah. Bagi yang lulus, otomatis fasilitas beasiswanya dihentikan. “Pada 2013 ada 68 mahasiswa D-3 bidikmisi yang lulus,” jelas Syahrani. Untuk jenjang S-1, baik di Unair maupun ITS, belum ada yang lulus.

…dst

7 ) Mendikbud Bantah Tuduhan Intervensi Konvensi Rakyat
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/14/01/04/myviwr-mendikbud-bantah-tuduhan-intervensi-konvensi-rakyat

Sabtu, 04 Januari 2014, 18:07 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA–Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh membantah dirinya telah mengintervensi Konvensi Rakyat yang digelar di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Nuh menegaskan, dirinya tak pernah membuat surat edaran, intervensi, atau bentuk lainnya terhadap rencana Konvensi Rakyat itu.“Tentang kegiatan politik di kampus semacam itu, saya menyerahkan ke kampus masing-masing. Ini bagian dari bentuk otonomi kampus. Kampus sudah dewasa dan matang untuk menentukan mana yang baik atau mana yang patut dilakukan, dan sebaliknya,” kata dia kepada Republika,Sabtu (4/1). Ia mempersilakan Unair menyelenggarakan Konvensi Rakyat itu. “Jika memang konvensi rakyat mau dilakukan di Unair, ya silakan. Mereka yang bisa memutuskan,” tambahnya.Nuh menambahkan, konvensi itu baik sebagai bahan pertimbangan dari proses pendidikan politik. Ia berharap, konvensi itu dilakukan dengan baik dan memberikan kesempatan yang sama kepada semua kandidat capres melalui konvensi itu.

…dst

8 ) Rektor Unair Tak Pernah Terima Edaran Mendikbud
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/14/01/04/myvjg9-rektor-unair-tak-pernah-terima-edaran-mendikbud

Sabtu, 04 Januari 2014, 18:19 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Rektor Universitas Airlangga (Unair) Fasichul Lisan menyesalkan pernyataan panitia Konvensi Rakyat yang menyebutkan acara itu dipindahkan karena intervensi Mendikbud Mohammad Nuh. “Tidak benar yang disampaikan panitia itu,” tegas Fasichul kepada Republika, Sabtu (4/1). Menurut Fasichul, pihaknya tak pernah menerima adanya edaran yang melarang debat itu. Menurutnya, pernyataan itu justru sangat merugikan Unair. “Kami memang berharap Unair ini selalu terjaga dari intervensi politik apa pun. Dan Unair tidak pernah terlibat dalam dukung mendukung kelompok atau parpol tertentu,” ujarnya. Mengenai debat bakal capres Konvensi Rakyat, dirinya mempersilakan penyelenggaraan itu selama hal tersebut bertujuan baik bagi pengembangan dunia keilmuan. Debat kandidat calon presiden melalui Konvensi Rakyat ini rencananya diikuti tujuh bakal capres. Ketujuh bakal capres itu adalah Rizal Ramli, Yusril Ihza Mahendra, Sofyan Siregar, Isran Noor, Ricky Sutanto, Anni Iwasaki, dan Toni Ardy. Ketujuh orang ini dianggap memenuhi kriteria setelah diseleksi dari 25 orang yang mendaftar. Rencananya, peserta konvensi ini akan mengawali debat publik di Surabaya pada Ahad (5/1) ini.

…dst

9 ) Kaltim Ubah Pola Penyaluran Beasiswa
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/14/01/04/myvf8b-kaltim-ubah-pola-penyaluran-beasiswa

Sabtu, 04 Januari 2014, 16:48 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,SAMARINDA–Pemprov Kalimantan Timur (Kaltim) akan mengubah sistem penyaluran beasiswa, dari sebelumnya siapa saja boleh mendaftar secara online, kini menjadi sistem kuota yang ditentukan oleh lembaga, perguruan tinggi atau organisasi tertentu. “Dulu setiap pelajar maupun mahasiswa boleh mendaftar untuk mendapatkan beasiswa prestasi atau beasiswa tidak mampu, tetapi sekarang dilakukan secara khusus dan yang mementukan harus lembaga terkait,” ujar Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak di Samarinda, Sabtu. Ia mengatakan, melalui cara tersebut, maka pemberian beasiswa untuk perguruan tinggi negeri dan swasta akan mendapatkan jatah berbeda dan ditentukan oleh kampus masing-masing.Sedangkan untuk organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan, kataya, setiap organisasi akan diberikan jatah masing-masing, demikian juga untuk pelajar dan mahasiswa di perbatasan, untuk anak cucu veteran dan lain-lain juga akan diterapkan sistem yang sama. Awang mengatakan, setelah calon penerima beasiswa Kaltim Cemerlang ditunjuk oleh lembaga masing-masing, selanjutnya proses pendaftaran dan administrasi tetap dilakukan melalui sistem online sehingga prosesnya lebih transparan, jujur, dan tidak ada diskriminasi.

…dst

10  ) LBMM, Bengkel Teknik Mesin ITS yang Berumur 23 Tahun
http://kampus.okezone.com/read/2014/01/04/373/921696/lbmm-bengkel-teknik-mesin-its-yang-berumur-23-tahun

Sabtu, 04 Januari 2014 14:16 wi
JAKARTA – Praktik menjadi pelengkap bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan teori yang selama ini diperoleh saat perkuliahan. Seperti halnya Lembaga Bengkel Mahasiswa Mesin (LBMM) yang dikelola mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. LBMM ITS sudah berdiri sejak 23 tahun lalu. Sama seperti bengkel pada umumnya, LBMM juga merupakan sebuah bengkel resmi yang melayani jasa servis.Tidak hanya melayani jasa servis, LBMM juga mengenalkan dunia otomotif ke masyarakat luas dengan beberapa program unggulan mereka. Bengkel resmi LBMM didirikan tepat di lantai dasar Jurusan Teknik Mesin ITS. Meski banyak yang menilai kurang strategis, namun hal itu tidak menjadi masalah bagi mereka. ”Karena kami berdiri bukan untuk komersial namun atas dasar minat dan bakat mahasiswa jurusan kami,” ujar Ketua LBMM Firman Iffah Darmawangsa, seperti disitat dari ITS Online, Sabtu (4/1/2014).
Bengkel tersebut melayani jasa servis setiap hari dengan batasan waktu tertentu. Mulai pukul 16.00 hingga 20.00 WIB setiap Senin hingga Jumat dan pukul 10.00 hingga 16.00 WIB setiap akhir pekan.

…dst

11 ) 20 kampus lakukan KKN bervisikan negara maritim
http://www.antaranews.com/berita/412386/20-kampus-lakukan-kkn-bervisikan-negara-maritim

Jumat, 3 Januari 2014 19:22 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Universitas Halu Oleo (Unhalu) Kendari berkejasama dengan TNI AL, KKP dan Indonesia Maritime Institute (IMI) akan menyenggarakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Nusantara bervisikan negara maritim di Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Direktur Eksekutif IMI, Dr Y Paonganan dalam keterangan persnya di Jakarta, Jumat, mengatakan, KKN Nusantara akan diadakan 20 kampus PTN se-Indonesia dan akan diikuti 1.500 mahasiswa. “Acara pembekalan bagi peserta sedang dilaksanakan, dan puncak acaranya berupa pelepasan peserta dari Lanal Kendari menggunakan KRI Surabaya menuju kepulauan Wakatobi,” katanya. KKN tersebut dijadwalkan 5 Januari 2014 dan akan dilepas oleh Kasal, Laksamana TNI Dr Marsetio, MM beserta Rektor Unhalu dan perwakilan dari KKP dan IMI. Selanjutnya peserta KKN akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata di Wakatobi selama 2 bulan.

…dst

12 ) Program Doktor Ekonomi UNS Batasi Jumlah Mahasiswa
http://www.tempo.co/read/news/2014/01/03/079541966/Program-Doktor-Ekonomi-UNS-Batasi-Jumlah-Mahasiswa

Jum’at, 03 Januari 2014 | 17:07 WIB
TEMPO.CO, Surakarta – Program Doktor Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret, Surakarta, membatasi jumlah mahasiswa tiap angkatan. Ketua Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi UNS Tulus Haryono mengatakan, di tiap angkatan, maksimal 15 orang. “Kami ingin menjaga mutu dan prestise,” katanya kepada wartawan saat pemaparan program studi, Jumat, 3 Januari 2014. Sejak dibuka pada Januari 2009, tiap tahun ada 30-40 peminat program doktor ilmu ekonomi. Minat studi yang ditawarkan yaitu ekonomi pembangunan, manajemen, dan akuntansi. Selain kuota yang terbatas, proses seleksi juga terbilang ketat. Pendaftar harus lolos tes potensi akademik dan punya nilai TOEFL 450. Untuk angkatan 2014, dia mengatakan, ada 34 orang yang mendaftar. Tapi hanya 24 orang yang lolos tes potensi akademik. “Sisa 24 orang akan disaring lagi jadi 15 orang,” ucapnya.

…dst