1 ) Koleksi Buku UI yang Hangus Senilai Rp 5 Miliar
http://www.tempo.co/read/news/2014/01/07/079542826/Koleksi-Buku-UI-yang-Hangus-Senilai-Rp-5-Miliar

Selasa, 07 Januari 2014 | 13:15 WIB
TEMPO.CO, Depok – Gedung C Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia merupakan arsip buku-buku langka. Menurut mantan Dekan FISIP UI, Bambang Shergi, buku-buku sosiologi yang tersimpan di lantai satu merupakan karangan para sosiolog klasik. “Itu buku dari 50 hingga 60 sosiolog klasik yang sangat langka dan susah dicari lagi,” kata Bambang, Selasa, 7 Januari 2013. Menurut dia, nilainya bisa Rp 5 juta per buku. “Total sekitar Rp 5 miliar.”
Gedung C Fakultas FISIP UI Depok, Jawa Barat, terbakar tadi pagi pukul 06.30. Salah seorang staf Humas FISIP UI, Prita, mengatakan kebakaran disebabkan hubungan arus pendek alias korsleting pendingin udara. “Api terlihat besar pukul 06.30 WIB,” katanya. Bangunan itu terdiri dari tiga lantai. Lantai pertama merupakan arsip ilmu sosiologi dan penelitian mahasiswa, lantai dua merupakan laboratorium sosiologi, dan lantai tiga adalah ruang pengkajian. “Buku-buku di gedung ini salah satu koleksi yang terbaik di Indonesia,” kata Bambang.

…dst

2 ) FISIP UI Kehilangan Koleksi Buku Klasik & Kontemporer
http://kampus.okezone.com/read/2014/01/07/373/922960/fisip-ui-kehilangan-koleksi-buku-klasik-kontemporer

Selasa, 07 Januari 2014 15:16 wib
DEPOK – Dosen Ilmu Kesejahteraan Sosial sekaligus mantan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) Bambang Shergy Laksmono turut prihatin atas musibah kebakaran di Gedung C. Di lantai 3 gedung tersebut, Bambang menuturkan banyak koleksi buku dari torehan tangan akademisi ternama yang tersimpan di Laboratorium Sosiologi. Bambang bahkan mengungkapkan bahwa koleksi buku yang terbakar tersebut merupakan karya-karya utama pemikir ilmu sosial yang bersifat klasik dan kontemporer.Meskipun sebagian memang ada yang dituangkan dalam versi e-book.”Kekayaan intelektual yang memiliki lembaga sulit kami kumpulkan kembali, kami melayani sedemikian banyak peminat dan pengkaji bidang-bidang khusus. Di gedung itu ada Pusat Kajian Gender, CEPP, Pusat Papua, Laboratorium Sosiologi, dan data center,” kata Bambang di FISIP UI, Depok, Selasa (7/1/2014). Bambang mengimbuh, total kerugian akibat kebakaran tersebut diperkirakan mencapai Rp5 miliar. Sementara itu, buku yang terbakar kebanyakan buku-buku tua sejak 1940.”Karya utama sosiologi, karena kan karya sosiologi hidup dan berkembang mulai 1940 hingga 1960-an, sosiologi klasik dan kontemporer. Satu buku harganya jutaan, ada yang sangat langka dan tak bisa dicari lagi. Paling kami mengandalkan teman-teman yang sempat memotokopi,” paparnya.

…dst

3 ) ITB Catatkan Prestasi dalam Debat Antar-universitas Dunia
http://www.pikiran-rakyat.com/node/265164

Selasa, 07/01/2014 – 15:53
BANDUNG ,(PRLM).- Satu lagi contoh generasi muda Indonesia yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Adalah Fauzan Reza Maulana (20) dan Vicario Reinaldo (22), berhasil menjadi juara untuk kategori English as Foreign Language (EFL) dalam World’s Univerisity Debating Championship (WUDC) di Chennai, India pada 27 Desember 2013 hingga 3 Januari 2014. Predikat juara yang diraih dua mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) itu setelah mengalahkan enam puluh tim dari universitas lain dari berbagai belahan dunia. Kemenangan ini sekaligus mencatatkan sejarah sebagai tim Indonesia pertama yang menjadi menjadi juara dalam kompetisi debat antar universitas di dunia. Tidaklah mengherankan jika orang nomer satu di Indonesia Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan apresiasi ucapan selamat kepada kedua putra Indonesia tersebut dalam akun twitter pribadinya.”Jadi saya sama partner saya, Vicario ikut WUDC dengan pendanaan dari Dikti (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.red). Ada 4 tim yang dapat pendanaan ini, dan kami adalah finalis dari lomba National Universities Debating Championships yang di selenggarakan oleh Dikti. Setiap universitas mengirim satu tim, sebelum ikut NUDC, ada seleksi internal dulu di ITB,” papar Fauzan di Kota Bandung, Selasa (7/1/2014).

…dst

4 ) Undip Sediakan Call Center SNMPTN 2014
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/14/01/07/mz034s-undip-sediakan-call-center-snmptn-2014

Selasa, 07 Januari 2014, 05:20 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG–Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menyediakan layanan “helpdesk” semacam “call centre” untuk membantu penyediaan informasi seputar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014. “Call centre ini memberikan pelayanan informasi secara gratis tentang SNMPTN. Undip menjadi penyelenggara helpdesk sesuai penunjukan Dikti,” kata Rektor Undip Prof Sudharto P. Hadi di Semarang, Senin. Setelah meresmikan “helpdesk” SNMPTN Undip, ia menjelaskan sesuai penunjukan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi bahwa layanan informasi seputar SNMPTN tersebut beroperasi sejak 6 Januari hingga 6 Maret 2014. Menurut dia, masyarakat yang membutuhkan informasi seputar SNMPTN, termasuk tata cara bisa memanfaatkan layanan “helpdesk” yang disediakan akan dilayani oleh petugas operator yang berjumlah 20 orang. “Sementara ini, baru ada 16 petugas operator yang diatur dengan sistem shift atau bergantian. Sekarang saja sudah banyak yang menelepon. Nanti, akan dimaksimalkan sampai 20 operator,” katanya.

…dst

5 ) Unair Pertimbangkan Nilai UN Jadi Syarat Masuk
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/14/01/07/mz1c2y-unair-pertimbangkan-nilai-un-jadi-syarat-masuk

Selasa, 07 Januari 2014, 21:25 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA — Universitas Airlangga (Unair) Surabaya akan mempertimbangkan nilai ujian nasional sebagai salah satu syarat masuk perguruan tinggi negeri bersama hasil ujian sekolah dan ujian tulis Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN).”Kalau dulu, Unair memang sempat meragukan hasil Ujian Nasional (UN), tapi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sekarang dengan koordinator UGM akan dilibatkan dalam penyusunan soal UN bersama Balitbang Kemendikbud dan BNSP,” karta Wakil Rektor I Unair Prof Dr H Achmad Syahrani MS Apt di Surabaya, Selasa (7/1). Ia menjelaskan kesepakatan untuk mempertimbangkan nilai UN itu tidak menentukan komposisi penerimaan PTN terhadap nilai UN itu. “Komposisi penerimaan nilai UN itu diserahkan kepada masing-masing PTN, apakah komposisi itu berimbang antara UN, ujian sekolah (US), dan hasil ujian tulis SNMPTN, atau bagaimana. Yang jelas, Unair sendiri belum memutuskan komposisi nilai UN yang akan diambil,” katanya.

…dst

6 ) Kesulitan Isi PDSS, Hubungi Nomor Ini!
http://kampus.okezone.com/read/2014/01/07/373/922994/kesulitan-isi-pdss-hubungi-nomor-ini

Selasa, 07 Januari 2014 17:09 wib
JAKARTA – Anda mengalami kesulitan mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) untuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)? Jangan khawatir karena panitia pusat telah menyediakan help desk untuk mencarikan solusi atas setiap permasalahan dalam SNMPTN.
Caranya gampang. Cukup menghubungi nomor telepon 08041450450 dan akan segera tersambung dengan petugas help desk yang akan mendengarkan dan mencatat keluhan Anda.Jika pertanyaan atau keluhan yang Anda ajukan belum mendapat respons, jangan kecewa. Sebab, petugas pasti berjanji akan segera menghubungi balik, baik lewat telepon maupun terutama melalui e-mail. Karena itu, jangan lupa menyebutkan e-mail ketika menyampaikan aduan.

…dst

7 ) Tidak Perlu Bingung Isi PDSS SNMPTN
http://www.jpnn.com/read/2014/01/07/209390/Tidak-Perlu-Bingung-Isi-PDSS-SNMPTN

Selasa, 07 Januari 2014 , 05:14:00
JAKARTA – Mulai kemarin (6/1) panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNM PTN) 2014 mulai menerima pengisian data PDSS (pangkalan data sekolah dan siswa). Ketua Umum SNM PTN 2014 Ganjar kurnia mengatakan, sekolah tidak perlu bingung dalam pengisian data itu karema mekanisnya sama dengan tahun lalu.Ganjar menjelaskan sekolah yang sudah mendaftar di PDSS SNM PTN 2013 lalu, tidak perlu melakukan registrasi atau pendaftaran kembali. Sekolah-sekolah yang sudah mendaftar PDSS tahun lalu, saat ini tinggal mengentri data rapor siswa kelas XII yang akan mendaftar SNM PTN 2014.Pria yang juga rektor Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung itu mengatakan, sekolah tidak perlu bingung dalam mengisi PDSS SNM PTN 2014 ini. “Sebab sama seperti tahun lalu cara pengisiannya. Tidak ada yang berubah,” paparnya. Pernyataan itu menjawab sejumlah sekolah di berbagai daerah yang mengeluhkan minimnya sosialisasi pendaftaran SNM PTN 2014.

…dst

8 ) Lulusan Sekolah tanpa NPSN tak Bisa Daftar SNMPTN
http://www.pikiran-rakyat.com/node/265022

Senin, 06/01/2014 – 17:22
SOLO, (PRLM).- Siswa lulusan SMA atau SMK yang tidak memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) akan menghadapi kesulitan jika mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014, karena tidak akan bisa diproses dalam pengunggahan Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). SNMPTN adalah jalur undangan lewat sekolah untuk seleksi mahasiswa baru yang dilaksanakan secara dini dengan alokasi penerimaan mahasiswa baru 50% dari total mahasiswa baru. “Tahun 2013 lalu masih ada toleransi bagi sekolah tanpa NPSN maupun murid yang belum memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Tetapi sesuai ketentuan tahun ini Panitia SNMPTN tidak akan memberi toleransi lagi. Sekolah yang belum punya NPSN harus segera mengurus,” kata Ketua Panitia SNMPTN 2014 Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Prof. Sutarno Phd kepada wartawan, Senin (6/1/14).

…dst

0 ) Soal Tahun Politik 2014, Mendikbud: Beri Kebebasan Kampus, Silakan Dimanfaatkan untuk Pendidikan Politik
http://www.kemdikbud.go.id/kemdikbud/berita/1996

01/06/2014
Jakarta — Momentum tahun politik 2014, yang tidak terjadi tiap tahun, dapat dimanfaatkan pimpinan perguruan tinggi untuk melakukan pendidikan politik. ”Kampus pun bisa menyampaikan pandangannya terhadap persoalan yang dihadapi bangsa Indonesia kepada para calon Presiden,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh, Senin (6/1) di kantornya, Jakarta.Karena itu, Kemdikbud tidak pernah mengeluarkan surat edaran yang melarang kegiatan yang bersifat pendidikan politik di kampus. “Kami memberikan kebebasan akademik kepada semua kampus. Kampus memiliki otonomi untuk memilih dan mengagendakan kegiatan-kegiatan akademiknya,” tutur Mendikbud. Pernyataan tersebut meluruskan terhadap apa yang berkembang di beberapa media massa, terkait kegiatan Debat Publik Capres Rakyat di salah satu perguruan tinggi di Surabaya, yang tempatnya dipindah dan diisukan karena adanya larangan dari Kemdikbud.

…dst

10 ) UNDIP Gaet NTUST Taipei Perkuat Riset dan Pendidikan
http://news.detik.com/read/2014/01/06/190038/2459759/10/undip-gaet-ntust-taipei-perkuat-riset-dan-pendidikan?n991103605

Senin, 06/01/2014 19:00 WIB
Taipei – Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang menggaet National Taiwan University of Science and Technology (NTUST) Taipei untuk kerjasama memperkuat riset dan pendidikan.Hal itu disampaikan Ketua Program Studi Magister Teknik Kimia Undip (PTKMU) Semarang Dr. Mohammad Djaeni kepada detikcom seusai perundingan di Taipei, Senin (6/1/2014). Mewakili UNDIP, Dr. Djaeni bersama Wakil Dekan Bidang Kerjasama Dr. Berkah Fajar berada di Taipei (4-7 Januari 2014) dalam rangka pengesahan Nota Kesepahaman (MoU) dan Nota Perjanjian (MoA) oleh NTUST, pengenalan program studi, kunjungan laboratorium, dan diskusi pengembangan kerjasama sains lebih luas.”Langkah ini sebagai upaya meningkatkan daya saing lulusan, staf akademik, kualitas riset dan publikasi, serta perluasan akses dan reputasi internasional,” ujar Djaeni.Menurut Djaeni, kerjasama antara Program Studi Magister Teknik Kimia Fakultas Teknik UNDIP dengan Jurusan Teknik Kimia NTUST itu konkritnya antara lain akan diwujudkan dalam bentuk beasiswa penuh joint degree.

…dst

11 ) Disertasi Doktor Jangan Hanya Seperti Skripsi
http://www.pikiran-rakyat.com/node/264875

Minggu, 05/01/2014 – 14:47
SOLO, (PRLM).-Menjamurnya perguruan tinggi yang membuka program doktor (S-3) namun kualitas keilmuannya diragukan, menjadi motivasi di kalangan pengelola Program Doktor Ilmu Ekonomi (PDIE) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) untuk memperketat proses studi. PDIE UNS menerapkan proses ketat sejak seleksi penerimaan calon mahasiswa sampai promosi doktor dengan standar internasional.”Para calon mahasiswa yang lolos tes potensi akademik (TPA) melalui proses ketat, masih harus mengikuti pembekalan khusus selama tiga bulan. Dalam kurun waktu itu mereka wajib membuat karya ilmiah dan harus termuat dalam jurnal internasional terakreditasi. Setelah itu baru masuk dalam proses perkuliahan,” ujar Pengelola PDIE-FEB UNS, Prof. Dr. Tulus Haryono kepada wartawan, Sabtu (4/1/14).Ketatnya proses studi S-3 di PDIE UNS tersebut, menurut Prof. Tulus Haryono, seringkali menjadi bahan pergunjingan di kalangan perguruan tinggi lain karena dianggap bisa menghambat calon mahasiswa maupun yang sudah menempuh studi. Di sisi lain, guru besar ilmu ekonomi itu juga sering mendengar cemoohan, yang menyatakan banyak disertasi doktor tidak lebih baik dari skripsi.

…dst

12 ) Kiat UGM ciptakan masyarakat sehat
http://nasional.sindonews.com/read/2014/01/06/15/823778/kiat-ugm-ciptakan-masyarakat-sehat

Senin,  6 Januari 2014  ?  00:24 WIB
Sindonews.com – Menyadari akan pentingnya kesehatan jasmani, masyarakat serta civitas akademikanya, Universitas Gajah Mada (UGM) meluncurkan program UGM Sehat. Kegiatan yang rencananya akan dilaksanakan rutin tiap hari Minggu pagi ini terbuka untuk umum berupa senam massal.”UGM Sehat merupakan salah satu program yang didedikasikan oleh UGM untuk membangun generasi sehat. Menjadi kewajiban UGM untuk tidak hanya menghasilkan lulusan yang cerdas, tapi juga harus sehat,” ujar Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UGM Prof dr Iwan Dwiprahasto, di UGM, Yogyakarta, Minggu 5 Januari 2014.Iwan mengatakan, agar masyarakat bersemangat mengikuti berbagai kegiatan yang menyehatkan seperti senam massal UGM Sehat. Kegiatan yang juga dilaksanakan di sepanjang Jalan Olahraga UGM ini merupakan komitmen UGM untuk memberikan area berolahraga yang luas bagi warga Yogyakarta.”Semua orang dapat bergabung dalam kegiatan ini. Mari kita sehat bersama,” ajak Guru Besar Fakultas Kedokteran UGM ini.

…dst

13 ) Fasilitas Ruang Terbuka UGM Paling Luas
http://www.pikiran-rakyat.com/node/264746

Jumat, 03/01/2014 – 16:41
YOGYAKARTA, (PRLM).- Pengembangan gedung-gedung kampus harus memperhitungkan lahan sebagai ruang terbuka hijau (RTH). Universitas Gadjah Mada (UGM) telah menyediakan 50 persen RTH dan ditargetkan meningkat menjadi 70 persen dalam waktu secepatnya. Anggota Komisi Perencanaan UGM Dr Harry Supriyono, S.H., M.Si., menyatakan penambahan penyediaan 20 persen RTH bisa dicapai dalam kurun waktu 10 tahun ke depan. RTH yang tersedia sesuai ketentuan Pasal 29 UU Nomor 26 Tahun 2007 yang diwajibkan RTH sebesar 20 persen di area publik yang dikelola oleh pemerintah daerah dan 10 persen di area terbuka yang dikelola perorangan maupun institusi, termasuk lembaga pendidikan. UGM telah memenuhi ketentuan itu, tetapi tetap akan menembah lebih luas ruang hijau. Dalam Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL) UGM 2012, kawasan terbuka hijau terdiri dari tiga kelompok yaitu ruang terbuka untuk wahana interaksi mahasiswa, masyarakat, dan rekreasi sederhana yang direalisasikan dalam bentuk lapangan olah raga, warung pujasera, dan lapangan parkir. Kemudian ruang terbuka untuk mempertahankan kualitas air iklim mikro, penelitian, dan mengurangi banjir dalam bentuk aliran sungai, retensi, daerah tangkapan air, dan kolam ikan. Dan, ruang hijau untuk iklim mikro dan penelitian berupa arboretum.

…dst

14 ) Tenaga kesehatan wajib kuasai hukum profesi
http://nasional.sindonews.com/read/2014/01/06/15/823780/tenaga-kesehatan-wajib-kuasai-hukum-profesi

Senin,  6 Januari 2014  ?  00:35 WIB
Sindonews.com – Banyaknya kasus hukum yang menimpa para tenaga kesehatan seperti dokter, apoteker dan perawat menegaskan pentingnya melek hukum, minimal yang berhubungan dengan profesi mereka. Sayangnya, kebanyakan dari tenaga kesehatan masih awam mengenai hukum pada profesi mereka. “Setidaknya, peran tenaga kesehatan dalam melakukan advokasi kesehatan masyarakat dipastikan mampu berjalan secara optimal,” kata Dosen Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Azis Ikhsanudin, di Yogyakarta, Minggu 5 Januari 2014. “Dan tidak terjadi medication error jika mereka paham tentang hukum. Karena tenaga kesehatan juga bukan profesi istimewa yang kebal hukum. Sama dengan masyarakat umum lainnya, kesalahan kami bisa diperkarakan,” imbuhnya.Ditemui saat penyelenggaraan Konferensi Internasional Restorasi Hukum Kesehatan, menurut Azis, pembekalan mengenai hukum selama para calon tenaga kesehatan tersebut menjalani pendidikan tinggi memang kurang. Diungkapkannya, pembelajaran mengenai hukum hanya baru sebatas mengetahui, belum sampai tahap memahami. Hal inilah yang membentuk paradigma para tenaga kesehatan untuk tidak perlu terlalu memahami hukum yang berlaku pada profesinya.

…dst

15 ) Waduh….Biaya Berobat Warga Indonesia di Luar Negeri Rp 5,4 Triliun
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/14/01/07/mz0xme-waduhbiaya-berobat-warga-indonesia-di-luar-negeri-rp-54-triliun

Selasa, 07 Januari 2014, 16:13 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -– Diam-diam, nilai devisa yang keluar negeri untuk biaya berobat setiap tahunnya cukup besar yakni mencapai 600 juta dolar AS atau  Rp 5,4 triliun. Jumlah uang yang ‘lari’ ke luar negeri itu berasal dari 300 ribuan orang setiap tahunnya. Menurut Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia (FK UII), Isnatin Miladiyah, mereka memilih berobat ke luar negeri karena mendapatkan pelayanan kesehatan dan kenyamanan dalam berobat. Karena itu, para dokter baru dituntut untuk bisa memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna dan kenyamanan. Sehingga warga negara Indonesia tersebut masih mempercayakan pengobatannya kepada dokter-dokter di dalam negeri.Selain itu, kata Isnatin, mulai 1 Januari 20014 telah diterapkan Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN). Penerapan ini akan berimplikasi terhadap sistem pelayanan kesehatan secara nasional. Proses pelayanan berjenjang mau tidak mau akan diterapkan. Karena itu, para dokter baru dituntut untuk mempelajari berbagai aturan yang terkait dengan pelayanan kesehatan.

…dst

16 ) Unisba Tambah Kuota Mahasiwa di Fakultas Kedokteran
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/14/01/06/myzi8c-unisba-tambah-kuota-mahasiwa-di-fakultas-kedokteran

Senin, 06 Januari 2014, 21:43 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Terhitung mulai tahun ini, Universitas Islam Bandung (Unisba) akan menambah kuota mahasiswa sebanyak 200 orang untuk Fakultas Kedokteran. Menurut Rektor Unisba Thaufiq Bosoirie, penambahan ini, dimungkinkan karena akreditasi yang dicapai oleh Unisba dan hasil ujian dokternya sangat tingi.”Unisba kan, capaian uji kopetensi kedokterannya 10 besar se-Indonesia. Padahal, usia Kedokteran Unisba belum terlalu lama  tapi mengalahkan yang lain,” katanya, Senin (6/1). Sementara menurut Wakil Rektor II, Efik Yusdiansyah, dari sisi SDM sebenarnya jumlahnya sudah memadai. Terutama, dari sisi rasio. Karena, beradasarkan aturan Dikti satu administrasi berbanding 65 sampai 90 orang tenaga admnistrasi. Tapi, tetap harus ada yang baru karena ada yang pensiun dan harus disiapkan sebaik mungkin. Selain itu, kualitas SDM pun harus terus ditingkatkan terutama dari sisi golongan karena akan berpengaruh ke akreditasi. Kalau pegawai administrasinya banyaknya lulusan SMA, maka golongannya hanya dua dan nilai akreditasi akan berpengaruh.

…dst

I7)  Cara ITS Pertahankan Gelar Juara Pimnas
http://kampus.okezone.com/read/2014/01/06/373/922480/ini-cara-its-pertahankan-gelar-juara-pimnas

Selasa, 07 Januari 2014 08:02 wib
JAKARTA – Pekan Ilmiah Nasional XXVI di Universitas Mataram (Unram) Lombok merupakan puncak kejayaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yang berhasil membawa pulang juara umum. Bertekad kembali menyandang predikat tersebut, ITS pun melakukan berbagai persiapan.Seperti yang dilakukan Kementerian Riset dan Teknologi (Ristek) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) ITS yang menggelar pelatihan bertajuk pemantapan Program Kreativitas Mahasiswa Gagasan Tertulis (PKM GT), akhir pekan lalu. Menteri Ristek BEM ITS Adhika Ilham Dharta Pratomo menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan memberikan pemantapan bagi mahasiswa ITS menjelang pengumpulan PKM GT pada pertengahan Maret mendatang.

…dst

18 ) Peneliti Temukan Gen Penyebab Kidal
http://www.jpnn.com/read/2014/01/07/209555/Peneliti-Temukan-Gen-Penyebab-Kidal

Selasa, 07 Januari 2014 , 18:01:00
SELAMA bertahun-tahun para ilmuwan percaya bahwa kidal atau tidak ditentukan faktor genetik. Yang jadi pertanyaan, gen jenis apakah  yang berada di balik penyebab kidal itu? Sebuah studi berhasil menemukan jaringan gen yang bertanggung jawab untuk menentukan tangan mana yang cenderung digunakan seseorang (handedness). Temuan ini diperoleh sekelompok peneliti dari University of Oxford, University of St. Andrews, Bristol University dan Max Plank Institute, Nijmegen, Belanda.Bahkan, peneliti juga menemukan bahwa jaringan gen itu ikut menentukan perbedaan otak kiri dan otak kanan manusia, yang pada akhirnya mempengaruhi kecenderungan seseorang untuk memilih tangan mana yang paling sering ia gunakan, ketika embrionya sedang berkembang. “Gen-gen ini terlibat dalam sebuah proses biologis ketika sebuah embrio berubah dari segumpal sel menjadi sebuah organisme yang tumbuh dengan dua sisi kanan dan kiri yang berbeda, seperti otak maupun kecenderungan tangan yang digunakan,” kata peneliti dari Oxford, William Brandler seperti dilansir laman Fox News.

…dst

19 ) Diterima di 3 Instansi, Doddy Memilih Kementerian PANRB
http://www.menpan.go.id/berita-terkini/2154-diterima-di-3-instansi-doddy-memilih-kementerian-panrb

Dibuat pada 06 Januari 2014
JAKARTA – Doddy Heriadi, Sarjana Ilmu Pemerintahan Universitas Padjajaran (Unpad) yang diterima sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tiga instansi pemerintah, menjatuhkan pilihannya di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Menurutnya, Kementerian PANRB yang bertugas mengeluarkan kebijakan-kebijakan, merupakan salah satu daya tariknya. “Lingkup kerja Kementerian PANRB saya rasa sangat dekat dengan kelimuan yang saya pelajari di bangku kuliah. Ini merupakan tantangan bagi saya yang masih fresh graduate,” ungkap Doddy Heriadi, yang melamar di formasi jabatan Analis Assessmen Kelembagaan di sela-sela melakukan pemberkasan di Kementerian PANRB, Senin (06/01). Pria asal Bandung ini mengaku telah lolos di Lembaga Administrasi Negara (LAN), Sekretariat Kabinet, dan Kementerian PANRB. Setelah resmi menjadi CPNS nanti, dia berjanji akan totalitas di Kementerian PANRB, sesuai formasinya untuk berhubungan dengan lembaga-lembaga baik di pusat dan daerah.  (bby/HUMAS MENPANRB)