1 ) UNM Usut Pembuat Ijazah Palsu
http://www.jpnn.com/read/2014/01/12/210391/UNM-Usut-Pembuat-Ijazah-Palsu

Minggu, 12 Januari 2014 , 03:29:00
MAKASSAR— Pihak kampus Universitas Negeri Makassar (UNM) mengaku tidak akan tinggal diam dengan pemalsuan sejumlah ijazah yang mengatasnaman terbitan UNM. Pihak kampus menyiapkan administrasi laporan untuk melaporkan tindakan ini ke kepolisian daerah (Polda) Sulsel. Wakil Rektor I UNM, Prof Sopyan Salam mengatakan, rencananya, UNM akan melaporkan pemalsuan itu ke kepolisian, Senin, 13 Januari. Dia berharap, setelah laporan ini masuk ke kepolsian, polisi sudah bisa mengusut orang-orang pemalsu ijazah tersebut. “Surat laporan kita sudah disiapkan. Senin, kita laporkan, supaya ini diusut pembuatnya. Kita kan tidak bisa mengusutnya,” jelas Sopyan. Dia mengatakan, pihaknya juga akan menyerahkan barang bukti ijazah palsu itu. Institusi UNM, kata dia, sangat dirugikan. Apalagi, nama yang dicatut adalah UNM. “Kita ini dicatut. Kita sebagai institusi perlu bertindak tegas terkait ini,” jelas dia. Pakar sosiologi hukum Unhas, Prof Irwansyah mengatakan, pihak UNM memang harus segera mengambil tindakan cepat untuk segera mengusut siapa pembuat ijazah palsu itu. Jangan sampai, kata dia, ada keterlibatan orang dalam yang memang sengaja menjual ijazah palsu dengan mengatasnamakan UNM.”Ini perlu cepat diusut. Jangan sampai ini merusak citra UNM,” jelas dia.

…dst

2 ) Kasus pemalsuan transkrip nilai butuh kajian hukum
http://nasional.sindonews.com/read/2014/01/10/15/825285/kasus-pemalsuan-transkrip-nilai-butuh-kajian-hukum

Jum’at,  10 Januari 2014  ?  08:30 WIB
Sindonews.com – Ditemukannya kasus pemalsuan isi transkrip nilai di beberapa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dinilai membutuhkan adanya kajian hukum. Selain karena telah memasuki ranah hukum pidana, akar permasalahan kasus tersebut wajib pula diketahui. Demikian yang disampaikan oleh Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Pusat Prof Dr Edy Suandi Hamid. “Perlu adanya kajian hukum yang lebih dalam terkait kasus ini,” ucap Edy kepada wartawan di Yogyakarta, Kamis 9 Januari 2014. “Dan saya menyarankan pada PTS yang merasa terlanjur menerima mahasiswa dengan transkrip nilai palsu, untuk langsung memberhentikannya. Jika sudah terlanjur lulus, gugurkan saja ijazahnya,” tegasnya. Seperti yang pernah diberitakan, Kopertis Wilayah V Yogyakarta menemukan tiga kasus pemalsuan isi transkrip nilai mahasiswa pindahan di Perguruan Tinggi Swasta (PTS) DIY. Pemalsuan isi transkrip nilai tak hanya pada mahasiswa pindahan dari luar daerah DIY, mahasiswa pindahan antar kampus di wilayah DIY juga ditemukan. Kasus yang terjadi ialah pemalsuan nilai dan mark up jumlah SKS yang ditempuh mahasiswa.

…dst

3 ) Mendikbud: UU Pemilu Larang Kampanye di Kampus
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/124855/mendikbud-uu-pemilu-larang-kampanye-di-kampus

12 Jan 2014 13:50:07
Surabaya (Antara Jatim) – Mendikbud Mohammad Nuh menegaskan bahwa UU Pemilu melarang kampanye di dalam kampus, karena itu pendidikan politik dan politik praktis di dalam kampus hendaknya dibedakan. “Tahun 2014 sebagai tahun politik dapat dijadikan momentum oleh pimpinan perguruan tinggi untuk melakukan pendidikan politik, misalnya menyampaikan pandangan terhadap persoalan yang dihadapi bangsa Indonesia kepada para capres,” katanya di Surabaya, Minggu. Di sela-sela kunjungan ke Rumah Sakit Islam (RSI) Jemursari, Surabaya, pejabat negara yang juga Ketua Yayasan RSI Surabaya (Yarsis) itu menjelaskan kalangan kampus boleh saja mengundang capres-cawapres untuk menyampaikan ide dan gagasannya dalam koridor akademik, bukan politik praktis. “Kalau diskusi boleh-boleh saja, tapi kalau menyampaikan visi dan misi berarti kampanye dan hal itu dilarang UU Pemilu. Pasal 86 UU Nomor 8 Tahun 2012 tentang Pemilihan Umum pada ayat (1) huruf (h) mengatur larangan kampanye menggunakan fasilitas pemerintah, tempat ibadah, dan tempat pendidikan. Selain itu, aturan untuk itu juga ada dalam Peraturan KPU,” katanya. Dalam Penjelasan UU disebutkan bahwa fasilitas pemerintah, tempat ibadah, dan tempat pendidikan dapat digunakan jika peserta pemilu hadir tanpa atribut kampanye Pemilu atas undangan dari pihak penanggung jawab fasilitas pemerintah, tempat ibadah, dan tempat pendidikan. “Yang dimaksud ‘tempat pendidikan’ adalah gedung dan halaman sekolah atu perguruan tinggi,” katanya.

…dst

4 ) Mahasiswa Pamekasan Kecam Kebijakan Rektor Unija
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/124812/mahasiswa-pamekasan-kecam-kebijakan-rektor-unija

11 Jan 2014 14:39:21
Pamekasan (Antara Jatim) – Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Kabupaten Pamekasan, Sabtu menggelar aksi solidaritas di area monumen Arek Lancor, mengecam kebijakan Rektor Universitas Wiraraja Sumenep yang memecat 17 mahasiswanya. Aksi mahasiswa perwakilan perguruan tinggi se-Kabupaten Pamekasan ini digelar dengan membentangkan poster dan spanduk yang berisi kritik atas kebijakan Rektor Unija Sumenep Alwiyah. Mahasiswa Pamekasan menilai, kebijakan Rektor Unija Sumenep sangat arogan, karena aksi yang dilakukan mahasiswa Unija dalam rangka memprotes kebijakan kampus yang dinilai merugikan. “Kami segenap mahasiswa Pamekasan meminta agar kebijakan Rektor Unija Alwiyah dicabut, karena jelas tidak mencerminkan demokrasi dan terkesan arogan,” kata juru bicara aksi itu, Mohammad Elman. Ia mengancam, mahasiswa Pamekasan dan perwakilan mahasiswa dari dua kabupaten lain, yakni Kabupaten Sampang dan Bangkalan, akan berunjuk rasa secara besar-besar ke kampus Unija Sumenep, apabila kebijakan memecat 17 mahasiswa itu tidak dicabut. Elman menilai, kebijakan memecat 17 orang mahasiswa hanya karena berunjuk rasa menyampaikan aspirasi mereka, merupakan bentuk kebijakan otoriter, bahkan terkesan seperti gaya kepemimpinan Orde Baru.

…dst

5 ) Kritik Rektor, 17 Mahasiwa Unija Sumenep Diskors
http://www.tempo.co/read/news/2014/01/10/079543860/Kritik-Rektor-17-Mahasiwa-Unija-Sumenep-Diskors

Jum’at, 10 Januari 2014 | 20:07 WIB
TEMPO.CO, Sumenep – Rektorat Universitas Wiraraja (Unija) Sumenep, Jawa Timur, menskors 17 mahasiswanya setelah berunjuk rasa menentang kebijakan pemberlakuan sistem paket untuk pembayaran biaya kuliah. “Ini tidak adil, rektor otoriter dan arogan,” kata Ahmad Zainullah, salah satu mahasiswa yang terkena sanksi, Jumat, 10 Januari 2014.Dalam surat yang diteken Rektor Unija Alwiyah, kata Zainul, disebutkan bahwa sanksi itu dijatuhkan karena para mahasiswa melanggar tata tertib kehidupan kampus. Unjuk rasa disebut menyebabkan terganggunya kegiatan akademik pada 2-5 Januari 2014. Hukuman tersebut berlaku mulai 9 Januari 2014-9 Januari 2015 untuk enam mahasiswa, dan 9 Januari-9 Juli 2014 untuk  sebelas mahasiswa. “Status kemahasiswaan kami dicabut, kami tidak boleh masuk kampus,” ujarnya.Zainul menambahkan, dia bersama teman-temannya yang diskors telah melaporkan hukuman tersebut ke Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis), Dewan Pendidikan Kabupaten Sumenep, dan Komisi Pendidikan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumenep. “Kami meminta tetap gunakan sistem SKS, sistem paket memberatkan mahasiswa ekonomi lemah,” katanya.

…dst

6 ) Pembuatan Kapal Tenaga Surya ITS Terhalang Dana
http://kampus.okezone.com/read/2014/01/09/373/924271/pembuatan-kapal-tenaga-surya-its-terhalang-dana

Jum’at, 10 Januari 2014 08:13 wib
JAKARTA – Kreativitas mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya seakan tidak pernah habis. Kali ini, mereka mampu menghasilkan kapal bertenaga surya yang akan berlaga di kancah internasional. Sayang, sebagai satu-satunya perwakilan dari Indonesia, sembilan mahasiswa Jurusan Teknik Sistem Perkapalan (Siskal) ITS itu terhalang masalah dana dalam pembuatan kapala bertenaga surya itu. Selain harga komponen kapal tenaga surya yang sangat mahal, pendaftaran untuk perlombaan Dong Energy Challenge 2014 di Belanda juga menelan biaya yang tidak sedikit. Demikian disampaikan Ketua Tim, Candra Prasetyo Endro. Dia mengungkap, dana masih menjadi kendala dari Marine Solar Boat Team. Sebab, sejauh ini mereka mendapat pasokan dana dari beberapa dosen di jurusan Siskal. Selain itu mereka juga memperoleh bantuan dari pihak jurusan serta beberapa sponsor.

…dst

7 ) Beasiswa Riset Doktoral di Jerman
http://kampus.okezone.com/read/2014/01/10/368/924417/beasiswa-riset-doktoral-di-jerman

Jum’at, 10 Januari 2014 11:34 wib
JAKARTA – Beberapa institusi penelitian di Jerman membuka satu lowongan untuk Junior Scientist (kandidat Doktor) dalam bidang migrasi. Beasiswa akan diberikan selama tiga tahun dan mulai aktif per 1 Maret 2014. Program ini merupakan hasil kerja sama antara Sustainability Research Center of Bremen University (artec), Institute for Advanced Study in the Humanities (KWI) di Essen, Leibniz Centre for Marine Tropical Ecology (ZMT) di Bremen, dan Free University of Berlin. Proyek konsorsium tersebut didanai oleh Volkswagenstiftung. Para kandidat doktor akan fokus pada sistem migrasi yang dinamis di daerah pesisir dalam konteks perubahan kondisi lingkungan yang begitu cepat. Mereka akan memfokuskan penelitian di Ghana dan Indonesia. Proyek ini akan melakukan analisis lintasan migrasi sebagai bagian dari perubahan mobilitas rezim dan pola migrasi internasional.

…dst

8 ) Undip Sebarkan Misi Sosial & Budaya di 20 Negara
http://kampus.okezone.com/read/2014/01/10/373/924660/undip-sebarkan-misi-sosial-budaya-di-20-negara

Jum’at, 10 Januari 2014 18:04 wib
JAKARTA – Sebanyak 72 mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang siap melaksanakan misi sosial dan kebudayaan. Selama enam hingga delapan minggu, para mahasiswa yang tergabung dalam UKM AISEC itu akan melaksanakan misi ini di 20 negara di kawasan Asia dan Eropa. Saat melepas para mahasiswa tersebut, Rektor Undip Sudharto P Hadi mengungkapkan, pelepasan mahasiswa ke-20 negara ini merupakan suatu kebanggaan bagi Undip dalam dalam mengibarkan panji-panji Diponegoro di kancah internasional. Dia menilai, mendapatkan kesempatan berbagi ilmu di luar negeri merupakan pengalaman berharga.”Kami berharap para mahasiswa dapat mengaktualisasikan diri di negara lain. Jika mendapatkan nilai-nilai kehidupan yang baik yang dapat diterapkan di negara kita maka ketika pulang nanti ilmu tersebut dapat dibagi kepada teman-teman lainnya, karena pengalaman yang didapatkan nantinya dari negeri orang merupakan softskill yang tidak didapatkan di bangku kuliah,” ujar Sudharto, seperti disitat dari laman Undip, Jumat (10/1/2014).

…dst

9 ) Mahasiswa Universitas Brawijaya Ciptakan Permainan Penderita Autis
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/124788/mahasiswa-universitas-brawijaya-ciptakan-permainan-penderita-autis

11 Jan 2014 07:20:08
Malang (Antara Jatim) – Tiga mahasiswa Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur, menciptakan permainan bagi para penderita “attention deficit hyperactive disorder” atau autis.Salah seorang mahasiswa tersebut Ika Kusumaning Putri di Malang, Sabtu mengemukakan permainan yang diberi nama “Application Game Therapy Attention Deficit Hyperactive Disorder” (AGTA) itu sebagai alternatif terapi bagi penderita autis. “Untuk terapi obat biayanya sangat mahal, yakni yang berbentuk tablet seharga Rp65 ribu/butir, terapi biomedis dan terapi cognitif yang biayanya mencapai Rp90 ribu untuk satu kali pertemuan,” katanya. Selain Ika Kusumaning Putri, dua mahasiswa Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) lainnya yang terlibat dalam penelitian tersebut adalah Hanas Subakti dan Dwi Hardyanto yang didampingi oleh dosen pembimbing Eriq Muhammad Adams Joemaro.Lebih lanjut Ika mengatakan AGTA dirancang khusus bagi anak penderita autis. Autis merupakan gangguan perkembangan dalam peningkatan aktivitas motorik yang kebanyakan diderita oleh anak-anak.

…dst

10 ) Halaman Kedua’ Anas Akan Menarik untuk Penegakan Hukum
http://news.detik.com/read/2014/01/12/013735/2465017/10/halaman-kedua-anas-akan-menarik-untuk-penegakan-hukum?n991103605

Minggu, 12/01/2014 01:37 WIB

Penyidik KPK pun menemukan adanya dugaan dua kasus lain yang melibatkan Anas. Keberadaan proyek ini berada di Bandung dan Jawa Timur. Di Bandung berkaitan dengan pembuatan vaksin. Sedangkan Jawa Timur ada sebuah kampus yang terendus mengerjakan sebuah laboratorium terindikasi korupsi.

…dst

11 ) Mahasiswi Dilarang Pakai Rok
http://www.jpnn.com/read/2014/01/10/210063/Mahasiswi-Dilarang-Pakai-Rok

Jum’at, 10 Januari 2014 , 08:29:00
BANDA ACEH — Mahasiswi Akbid Muhammadiyah Banda Aceh mengaku kecewa dengan peraturan yang diterapkan di kampus tersebut. Pasalnya, mahasiswi yang menggunakan rok panjang tidak diizinkan mengikuti proses perkulihan di bidang ilmu kebidanan.”Saya sempat dikeluarkan di ruang saat ujian berlangsung hanya karena menggunakan rok panjang,” ujar salah seorang mantan mahasiswi Akbid Muhammadiyah yang tidak mau dituliskan namanya, Kamis (9/1).Karena tak tahan, dia memilih keluar dan mencari kampus Akbid lain yang membolehkan mahasiswinya memakai rok panjang. “Saya heran, masak di negeri bersyariat mahasiswinya tidak dibolehkan memakai rok panjang. Mahasiswi Akbid Muhammadiyah malah dibolehkan dengan memakai celana,” ungkapnya.Terkait hal ini, Wakil Direktur Yayasan Akbid Muhammadiyah Almanar yang dikonfirmasi, Kamis (9/1), membenarkan seorang mahasiswi Akbid Muhammadiyah dikeluarkan dan sudah pindah kuliah.

…dst

12 ) ITS Terima 1.696 Maba Lewat SNMPTN 2014
http://kampus.okezone.com/read/2014/01/11/373/925045/its-terima-1-696-maba-lewat-snmptn-2014

Minggu, 12 Januari 2014 09:06 wib
JAKARTA – Tahun ini, penerimaan mahasiswa baru di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menggunakan tiga jalur. Masing-masing adalah Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Program Kemitraan Mandiri (PKM).Demikian disampaikan Ketua Pusat Informasi dan Komunikasi ITS Bekti Cahyo Hidayanto saat menerima kunjungan SMAN 1 Sidoarjo, belum lama ini. Bekti menambahkan, jumlah mahasiswa yang diterima dari proses SNMPTN adalah 50 persen dari jumlah total penerimaan.Proses SNMPTN sendiri dilakukan dari seleksi nilai rapor. ”ITS hanya menerima pendaftar SNMPTN dari jurusan eksakta alias IPA, selain itu tidak bisa,” ujar Bekti, seperti dinukil dari ITS Online, Minggu(12/1/2014).

…dst

13 ) Rektor UNS: Jangan Sepelekan Pengisian NISN SNMPTN
http://kampus.okezone.com/read/2014/01/10/560/924393/rektor-uns-jangan-sepelekan-pengisian-nisn-snmptn

Jum’at, 10 Januari 2014 10:21 wib
SOLO – Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof Dr. Ravik Karsidi menyatakan bahwa kewajiban sekolah mengurus Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), terutama bagi siswanya yang belum memiliki NISN. Ravik yang juga menjabat Bendahara Panitia Pusat SNMPTN 2014 menjelaskan jika NISN menjadi salah satu syarat untuk bisa mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). “NISN kan salah satu syarat untuk bisa mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Sedang PDSS adalah salah satu syarat untuk bisa ikut Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014,” jelas Ravik, saat diminta komentarnya soal masih banyaknya siswa SLTA yang belum mempunyai NISN, di Rumah Dinas Rektor UNS, Solo, Jawa Tengah, Jumat (10/1/2014).

…dst

14 ) Jangan Percaya Oknum yang Janjikan Masuk Unpad!
http://kampus.okezone.com/read/2014/01/10/373/924790/jangan-percaya-oknum-yang-janjikan-masuk-unpad

Jum’at, 10 Januari 2014 19:03 wib
JAKARTA – Menembus seleksi nasional untuk menjadi salah satu mahasiswa di perguruan tinggi favorit bukanlah hal mudah. Peluang untuk berhasil menembus seleksi lubang jarum tersebut sangat kecil karena harus bersaing dengan pelajar dari seluruh Nusantara. Kondisi tersebut ternyata menjadi kesempatan bagi oknum tidak bertanggung jawab untuk menawarkan “jalan pintas” dalam menjadi mahasiswa sebuah PTN. Dengan tarif yang cukup tinggi, oknum tersebut memberikan jaminan sang pelajar mendapat kursi di PTN idaman. Untuk itu, Wakil Rektor I Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan Universitas Padjadjaran (Unpad), Bandung, Engkus Kuswarno meminta para siswa maupun orangtua murid waspada terhadap oknum yang mengaku dapat membantu calon mahasiswa masuk ke Unpad. Terlebih, oknum tersebut merupakan dosen atau tenaga kependidikan Unpad yang mengaku memiliki kuota kursi bagi mahasiswa baru.

…dst

15 ) Unsoed Sosialisasikan SNMPTN Lewat RRI
http://kampus.okezone.com/read/2014/01/11/373/924958/unsoed-sosialisasikan-snmptn-lewat-rri

Sabtu, 11 Januari 2014 13:04 wib
JAKARTA – Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto kembali melakukan sosialisasi terkait mekanisme Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014 yang mungkin terlewat oleh pihak sekolah, peserta, maupun orangtua. Kali ini, sosialisasi mereka lakukan dengan menggunakan radio anak muda, Pro 2 RRI.Kepala Biro AAK Krisnhoe Maya Woelandari didapuk langsung sebagai pembicara didampingi Kabag Humas Unsoed Endang Istanti. Acara yang dimulai pukul 10.00 WIB itu memberikan penjelasan cukup detil dan informatif tentang SNMPTN 2014.Maya mengungkap, saat ini hal yang paling penting dilakukan adalah pengisian Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS) di laman www.pdss.snmptn.ac.id.”Saya mengimbau kepada seluruh SLTA baik SMA/MA/SMK dan yang sederajat untuk mengisi PDSS agar siswanya dapat mengikuti SNMPTN 2014,” kata Maya, seperti dikutip dari laman Unsoed, Sabtu (11/1/2014).

…dst

16 ) Pemilihan Rektor Unsoed Diundur
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/14/01/10/mz6lmp1-pemilihan-rektor-unsoed-diundur

Jumat, 10 Januari 2014, 17:40 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO — Pemilihan rektor Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto yang semula dijadwalkan Selasa (14/1), mengalami perubahan beberapa kali. Humas Unsoed Endang Istanti menyatakan, mengingat tanggal 14 Januari hari libur peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Awalnya panitia pemilihan memajukan jadwal pemilihan tersebut pada Senin (13/1).”Namun jadwal tersebut kemudian juga mengalami perubahan, karena Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang rencananya akan hadir pada acara pemilihan tersebut, tidak bisa hadir karena kesibukannya,” jelas Endang. Karena itu, pemilihan rektor kemudian diundur pada Senin (20/1) pekan berikutnya. Endang menyebutkan, berdasarkan informasi yang dia peroleh dari panitia pemilihan, acara pemilihan rektor Unsoed kali ini memang akan dihadiri langsung oleh Mendikbud Muhammad Nuh. Tidak diwakilkan pada pejabat Dirjen Dikti. “Rencananya memang beliau akan hadir sendiri,” jelasnya.

…dst

17 ) Kenapa Pendidikan Tinggi RI Belum Ideal?
http://kampus.okezone.com/read/2014/01/11/373/925128/kenapa-pendidikan-tinggi-ri-belum-ideal

Sabtu, 11 Januari 2014 19:05 wib
JAKARTA – Kurikulum pendidikan dokter yang ada sebetulnya diharapkan dapat mencetak para dokter yang akan bekerja sebagai dokter layanan primer. Baik buruknya pelayanan kesehatan di suatu negara, akan mencerminkan pula baik buruknya pendidikan dokter di negara yang bersangkutan.Prof. Dr. dr. R. Sjamsuhidajat, SpB(K)BD dari Departemen Pendidikan Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) menjelaskan, pendidikan kedokteran di seluruh negara di dunia sedang mengalami pancaroba sejak awal abad ini. Pendidikan tinggi di Indonesia memang tidak merupakan konsep asli Indonesia atau dunia timur, melainkan berasal dari Eropa.”Universitas dalam pengertian yang asli sudah ada sejak abad ke-16 di daratan Eropa dan Inggris,” ujar Sjamsuhidajat dalam Seminar Forum Bahasan Mencari Solusi II Quo Vadis Dokter Indonesia, di Auditorium Prodia Tower, Jakarta Pusat, Sabtu (11/1/2014).

…dst

18 ) UAD Helat Pelatihan Menulis
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/14/01/11/mz8kqi-uad-helat-pelatihan-menulis

Sabtu, 11 Januari 2014, 19:15 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan pelatihan menulis artikel ilmiah populer untuk dosen. Pelatihan ini dilatarbelakangi dorongan agar mampu menulis artikel ilmiah populer. Keterbiasaan mereka menulis serius di berbagai jurnal ilmiah tingkat nasional dan internasional sering kali membuat gaya penulisan mereka rumit dan sulit dicerna awam.Padahal, menurut Wakil Rektor I UAD Dr Muchlas, dibutuhkan penyebaran ilmu pengetahuan sesuai dengan keilmuan masing-masing. Tentu saja dengan bahasa yang lebih ringan dan dapat dipahami segala lapisan masyarakat. Acara yang berlangsung di Kampus III pada pertengahan Desember 2013 tersebut diharapkan mampu memotivasi lebih banyak dosen untuk menulis di media. Sejumlah dosen banyak menulis di media, tetapi banyak juga yang belum secara produktif rutin menulis. Salah satu yang cukup produktif menulis adalah dosen Fakultas Hukum UAD Norma Sari SH, MHum. Pada pelatihan tersebut Norma menyampaikan pengalamannya menulis di media.

…dst

19 ) Mahasiswa Despro ITS Pamerkan Helm Buatan Sendiri
http://kampus.okezone.com/read/2014/01/10/373/924661/mahasiswa-despro-its-pamerkan-helm-buatan-sendiri

Jum’at, 10 Januari 2014 19:00 wib
JAKARTA – Ada pemandangan berbeda di Jurusan Desain Produk (Despro) Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya belum lama ini. Sejumlah helm dengan corak unik superhero dan Indian tampak berjejer rapi sehingga mengundang rasa penasaran dari civitas academica lain dan masyarakat umum. Ternyata, hari itu tengah digelar pameran helm bertajuk Helman. Pameran tersebut merupakan salah satu bagian dari tugas akhir semester mahasiswa. Dalam kesempatan itu, para mahasiswa menampilkan helm yang merupakan karya orisinil mereka. Mulai dari pembentukan helm hingga proses penghiasannya. Tidak hanya pameran, sang pembuat pun tidak ragu untuk memeragakan helm karya mereka lengkap dengan kostum masing-masing. Rupanya, pameran itu berpengaruh terhadap nilai tugas mereka. Apalagi, penilaian tidak hanya dilakukan oleh dosen, namun juga dipengaruhi oleh voting yang diberikan pengunjung pameran. Voting diberikan melalui sticker fold yang diberikan oleh panitia saat pengunjung memasuki arena pameran. Stiker tersebut nantinya akan ditempel di papan stiker helm yang dianggap layak diapresiasi oleh pengunjung.

…dst

20 ) Menag dan IDB Bahas Pendidikan
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/14/01/10/mz6ix7-menag-dan-idb-bahas-pendidikan

Jumat, 10 Januari 2014, 16:41 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali dan jajaran manajemen Bank Pembangunan Islam atau Islamic Development Bank (IDB) segera membahas dana bantuan pendidikan perguruan tinggi agama Islam negeri (PTAIN).Suryadharma tak menyebutkan kapan waktu pembahasan tersebut. Namun, dalam pekan ini ia akan bertolak ke Jeddah, Arab Saudi, untuk memimpin delegasi Indonesia guna membahas masalah itu.“Yang jelas, peningkatan status PTAIN, seperti sekolah tinggi agama Islam negeri (STAIN) menjadi institut agama Islam negeri (IAIN) dan IAIN menjadi universitas Islam negeri (UIN) di berbagai daerah sudah dilakukan. Dan, hal itu menuntut peningkatan infrastruktur di perguruan tersebut,” katanya seperti dikutip Antara, Selasa (7/1) petang.

…dst

21 ) Lembaga Ilmu Pengetahuan Australia Ciptakan Naga 3D
http://news.detik.com/read/2014/01/11/190330/2464981/1513/lembaga-ilmu-pengetahuan-australia-ciptakan-naga-3d?n991103605

Sabtu, 11/01/2014 19:03 WIB ABC Australia – detikNews
Jakarta – Impian seorang anak perempuan berumur tujuh tahun Sophie akhirnya terwujud setelah badan ilmu pengetahuan Australia, CSIRO, menciptakan bentuk tiga dimensi naga biru dari titanium.Sophie gadis asal Brisbane, Australia, itu sebelumnya berkirim surat kepada CSIRO agar minta dibuatkan naga.Dia memberanikan diri menulis surat setelah mendengar penjelasan dari ayahnya soal kerja para ilmuwan di CSIRO. “Apakah mungkin anda bisa membuatkan saya seekor naga?” tulis Sophie. “Saya akan menamainya Toothless jika perempuan dan Stuart jika naga itu laki-laki,” tambahnya lagi.CSIRO lalu membalas surat Sophie melalui email dan berjanji akan berusaha.Tapi surat itu beredar dan muncul di situs berita internasional serta memicu ketertarikan, termasuk dari lembaga keuangan yang ingin mendanai pembuatan naga itu. Bahkan studio animasi DreamWorks di Hollywood juga ikut andil.Hanya saja naga ciptaan CSIRO ini tidak bisa mengeluarkan api.“Pekerjaan kami belum pernah mengambil resiko membuat naga dari mitos, bernafas api,” kata CSIRO.”Dan untuk itu, kami mohon maaf Australia,” lanjut lembaga itu. CSIRO menciptakan naga buat Sophie di sebuah Laboratorium 22 di Melbourne.

…dst