1 ) PTS Kesulitan Lacak Dosen Rangkap Guru
http://www.jpnn.com/read/2014/01/27/213207/PTS-Kesulitan-Lacak-Dosen-Rangkap-Guru

Senin, 27 Januari 2014 , 07:50:00
JAKARTA – Kalangan perguruan tinggi swasta (PTS) masih keberatan dengan pemberian sanksi pemblokiran pangkalan data perguruan tinggi (PDPT) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Sanksi pemblokiran itu diberikan karena ada dosen yang ketahuan merangkap jabatan sebagai guru. Kemendikbud terpaksa bertindak tegas, karena posisi dosen yang rangkap jabatan itu merugikan keuangan negara. Sejumlah dosen yang merangkap jabatan, diketahui mendapatkan tunjangan profesi dobel. Yakni tunjangan profesi sebagai guru dan tunjangan profesi sebagai dosen. Untungnya Kemendikbud bisa mengetahui perilaku dosen yang rangkap jabatan sebagai guru itu. Mereka tahu setelah melakukan pengecekan silang antara NUPTK (nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan) untuk guru dengan nomor induk dosen di Ditjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud. Setiap ditemukan adanya dosen yang rangkap jabatan sebagai guru, PDPT kampus bersangkutan langsung diblokir oleh Kemendikbud. Ketua Umum Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Edy Suwandi Hamid mengatakan, sanksi dari Kemendikbud itu memberatkan kampus. “Dalam kasus ini, dosennya yang salah. Tidak perlu sampai memblokir PDPT,” kata Edy saat dihubungi kemarin.

…dst

2 ) Beasiswa Dikti Didominasi Dosen PTS
http://www.jpnn.com/read/2014/01/28/213379/Beasiswa-Dikti-Didominasi-Dosen-PTS

Selasa, 28 Januari 2014 , 02:12:00
JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjamin tidak ada diskriminasi bagi dosen dari perguruan tinggi swasta (PTS) yang ingin mengikuti program beasiswa unggulan. Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud Supriadi Rustad menjelaskan, dosen yang mengajar di PTS namun belum memiliki kualifikasi lulusan S2 bisa mengajukan beasiswa ke Kemendikbud.  ’’Dosen itu dasarnya adalah NIDN, Nomor Induk Dosen Nasional. Perguruan tinggi negeri atau swasta karcisnya sama. Tidak ada pembedaan sama sekali,’’ akunya di Jakarta, Senin (27/1). Jadi, kalau ada yang mengatakan ada pembedaan peluang beasiswa antara negeri dan swasta, karena lebih banyak yang memanfaatkan beasiswa di perguruan tinggi negeri,  dia tegaskan itu tidak benar. ’’Banyak dosen swasta yang dapat beasiswa S2, bahkan S3,’’ urainya lagi. Supriadi mengatakan, justru beasiswa Dikti di dalam negeri lebih didominasi PTS. Pada 2012 lalu, Ditjen Dikti Kemendikbud memberikan beasiswa kepada 1.662 dosen PTS dan hanya 279 dosen PTN untuk jenjang S2. Sedangkan untuk jenjang S3, PTS juga mendominasi, yaitu sebanyak 778 dosen dibandingkan dengan PTN yang hanya 706 dosen. ’’Begitu juga dengan program beasiswa keluar negeri. Lebih banyak dosen PTS daripada PTN. Jadi semua sama, hanya tinggal siapa yang mau mengikuti kualifikasinya saja,’’ pungkasnya. (sic)

***

3 ) Peneliti Unpad Kembangkan Domba Padjadjaran Berorintasi Pasar
http://www.dikti.go.id/?p=12959&lang=id

Oleh Dinna Handini – 27 January 2014
Domba telah menjadi alternatif pemenuhan kebutuhan daging bagi masyarakat Indonesia sejak dahulu. “Kita sudah memiliki pangsa pasar untuk jantan adalah qurban dan aqiqah,” ujar Peneliti Universitas Padjadjaran (Unpad), Sri Bandiati Komar Prayoga. Sri prihatin melihat peternak lokal acapkali menjual domba betina muda produktif. Para peternak lebih suka menyimpan domba jantan untuk dijual menjelang Idul Adha karena harganya lebih mahal. Menurut Sri, lama kelamaan sumber daya genetik domba Padjadjaran akan punah. Bukan sekedar untuk qurban dan aqiqah, kian hari permintaan konsumsi daging domba meningkat. Pasar ekspor domba pun sangat menjanjikan. Inilah alasan mengapa Sri mengembangkan Domba Padjadjaran Berorintasi Pasar.

…dst

4 ) Unsoed Panen Perdana Padi di Lahan Kering
http://www.tempo.co/read/news/2014/01/28/058549080/Unsoed-Panen-Perdana-Padi-di-Lahan-Kering

Selasa, 28 Januari 2014 | 14:28 WIB
TEMPO.CO, Purwokerto — Civitas akademika Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, memanen Padi Gogo Aromatik untuk lahan kering. Padi tersebut rencananya akan dibagikan kepada masyarakat yang selama ini kesulitan mendapatkan air untuk lahan pertanian.”Panen perdana ini untuk kebutuhan benih yang akan dibagikan kepada petani,” kata Rektor Unsoed, Mas Yedi Sumaryadi, di sawah milik Unsoed Karangwangkal, Purwokerto, Jawa Tengah, Selasa (28/10). Ia mentargetkan, tahun ini padi tersebut bisa ditanam di lahan seluas 200 hektare. Padi yang sudah menjadi varietas tersebut siap didistribusikan kepada petani. Padi gogo aromatik temuan Totok Agung Dwi Haryanto, Guru Besar dari Universitas Jenderal Soedirman itu diklaim mampu menghasilkan padi sebanyak 5-7 ton per hektare. “Padi tersebut diberi nama Padi Gogo Aromatik Inpago Unsoed 1,” kata Totok.

…dst

5 ) Kit Diagnostik Elisa Avian Influenza Karya Peneliti Universitas Airlangga
http://www.dikti.go.id/?p=12978&lang=id

Oleh Firman Hidayat – 27 January 2014
Virus Flu Burung  atau dikenal juga sebagai virus Avian Influenza (AI) telah menjadi salah satu tantangan dunia kesehatan dalam satu dekade terakhir. Walaupun angka korban meninggal dunia akibat AI relatif rendah dibandingkan dengan penyakit menular lainnya seperti tuberkulosis dan malaria, namun AI  merupakan penyakit menular yang berbahaya karena ada kemungkinan terjadinya mutasi dan memulai pandemi influenza. Pandemi tidak hanya memiliki dampak terhadap kesehatan manusia, tetapi juga pada aspek ekonomi dan sosial. Ratusan atau bahkan ribuan peternak unggas, baik ayam, burung maupun itik gulung tikar akibat pandemi flu burung yang pernah melanda Indonesia.

…dst

6 ) Ikatan Alumni Undip akan Revitalisasi Museum Diponegoro
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2014/01/28/3/211247/Ikatan-Alumni-Undip-akan-Revitalisasi-Museum-Diponegoro

Selasa, 28 Januari 2014 | 11:06 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Ikatan Alumni Universitas Diponegoro (Ika Undip) akan merevitalisasi Museum Diponegoro, sebagai wujud kepedulian terhadap pelestarian budaya bangsa. “Kampus Undip menggunakan nama Diponegoro, maka kami harus menunjukkan rasa kepedulian dan kontribusi terhadap sejarah atau peninggalan Pangeran Diponegoro dengan melakukan perbaikan dan pelestarian melalui revitalisasi,” kata Ketua Umum DPP Ika Undip, Maryono, saat acara Pengukuhan DPP Ika UNDIP periode 2013-2017, di Jakarta, Senin (27/1) malam. Acara pengukuhan dihadiri Rektor Undip Sudharto P Hadi dan ratusan alumni yang telah menjadi tokoh dan pejabat antara lain Ketua Fraksi PDIP Tjahyo Kumolo, Ahmad Muqowan dari Fraksi PPP (Sekjen Ika Undip), mantan Menteri Kehakiman Muladi, serta sejumlah pejabat kementerian dan BUMN lainnya.

…dst

7 ) IA ITB Minta Presiden Pimpin Penuntasan Banjir
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2014/01/26/3/210853/IA-ITB-Minta-Pesiden-Pimpin-Penuntasan-Banjir

Minggu, 26 Januari 2014 | 17:54 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono diminta untuk turun tangan menuntaskan permasalahan banjir di Ibu Kota yang selalu berulang setiap tahun. Pasalnya, penanganan banjir di Jakarta harus melibatkan sejumlah daerah sekitar. “Kami dari Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung meminta Presiden untuk mencari solusi agar banjir tidak lagi terjadi dalam beberapa tahun mendatang. Ini karena secara teknis penuntasan masalah banjir di Jakarta melibatkan setidaknya 3 provinsi dan 8 kota/kabupaten. Presiden bisa mempimpin perang apalagi memimpin persoalan banjir,” tegas Ketua IA ITB Jakarta Hendry Harmen. Untuk menghilangkan banjir, Hendry meminta pemerintah memerhatikan sungai sebagai sumber banjir. Kalau debit air berlebihan melewati kapasitas sungai, tak dapat dielakkan banjir muncul. “Sungai merupakan kewajiban pemerintah pusat, bukan daerah. Jadi, perlu diusahakan agar kapasitas sungai ditingkatkan dan bantaran sungai diperbaiki,” ujarmya.

…dst

8 ) Lestarikan Warisan Seni dengan Drama Tari
http://www.jpnn.com/read/2014/01/27/213350/Lestarikan-Warisan-Seni-dengan-Drama-Tari

Senin, 27 Januari 2014 , 21:34:00
JAKARTA – Universitas Trisakti (Usakti) menggelar pertunjukan Seni Drama Tari (Sendratari) yang mengangkat budaya asli Indonesia. Pertunjukan ini untuk mengembangkan seni dan budaya serta menjaga kelestarian seni dan budaya sebagai warisan nenek moyang.“Seni drama tari ini didasari oleh cerita  sejarah, yang berkaitan dengan misi utama Universitas Trisakti, yaitu Pendidikan, melalui pementasan ini kita dapat melihat sinkronisasi antara pendidikan dan kebudayaan,” kata Wakil Rektor II Universitas Trisakti Itjang D. Gunawan dalam keterangan pernya, Senin 27/1).Itjang menjelaskan Sendratari yang digelar di Gedung Pawayangan Theater Kautaman Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Minggu (26/1) malam terinspirasi dari tokoh nasional itu berhasil dikemas menjadi sebuah pertunjukan kolosal yang atraktif dan menarik. Tidak seperti sedang menceritakan sebuah sejarah semata, tetapi mempertontonkan keindahan tari berikut seni berbicara yang mudah dipahami dengan memanifestasikan kejadian dan tempat maupun nama-nama terkait, yang sedikit dibedakan dengan aslinya.

…dst

9 ) Beasiswa Hungaria untuk Mahasiswa & Dosen
http://kampus.okezone.com/read/2014/01/28/368/932717/beasiswa-hungaria-untuk-mahasiswa-dosen

Selasa, 28 Januari 2014 13:05 wib
JAKARTA – Dewan Beasiswa Hungaria (HSB) memberikan beasiswa kepada para mahasiswa dan dosen internasional. Beasiswa akan diberikan untuk mendukung studi atau penelitian di institusi pendidikan tinggi di Hungaria. Sokongan dana studi ini berlaku pada perkuliahan tahun ajaran 2014/2015 dan berbagai program kuliah musim panas tahun ini. Selama program beasiswa berlangsung, scholars harus tinggal di Hungaria. Penerima beasiswa harus menyelesaikan studi mereka pada maksimal 30 Juni 2015. Beasiswa akan diberikan bagi mahasiswa atau dosen yang ingin mendalami berbagai bidang studi seni atau sains. Perkuliahan dapat dijalani di kampus-kampus atau institusi penelitian di Hungaria.

…dst

10 ) Disdik Depok Beri 100 Beasiswa untuk Maba
http://kampus.okezone.com/read/2014/01/28/560/932713/disdik-depok-beri-100-beasiswa-untuk-maba

Selasa, 28 Januari 2014 12:03 wib
DEPOK – Dinas Pendidikan Kota Depok menargetkan akan memberikan beasiswa bagi 100 pelajar SMA yang lulus ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dengan nilai terbaik. Pada 2013, ada 16 lulusan SMA/SMK yang diberikan beasiswa ke dua PTN yakni Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Padjadjaran (Unpad). “Setiap orang bisa menjadi pintar, karena ada kesempatan, di Depok banyak siswa miskin yang sudah diberikan kesempatan,” jelas Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok Hery Pansila, Selasa (28/1/2014). Hery mencontohkan, sosok tokoh BJ Habibie banyak melahirkan anak intelektual yang juga memperoleh beasiswa. Dia meyakini banyak calon bibit unggul bangsa lahir dari siswa miskin yang cerdas namun tidak memperoleh kesempatan.

…dst

11 ) ITB Serius Garap Mobil Listrik
http://kampus.okezone.com/read/2014/01/27/373/932142/itb-serius-garap-mobil-listrik

Senin, 27 Januari 2014 12:07 wib
JAKARTA – Institut Teknologi Bandung (ITB) tidak setengah-setengah dalam menggarap dan mengembangkan teknologi mobil listrik nasional. Tidak hanya membuat mobil listrik, kampus teknik tertua di Tanah Air ini juga mengembangkan sumber penyedia energi listrik pada mobil tersebut. ITB mewujudkan proyek ini melalui program penelitian Pengembangan Purwarupa Sistem Penggerak & Motor Listrik Nasional dan penelitian Pengembangan Purwarupa Sistem Penyedua Energi Listrik pada Mobil Listrik Nasional. Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) menjadi penyokong dana ITB dalam program tersebut.”ITB merencanakan untuk mengembangkan mobil listrik dengan empat varian yakni kendaraan angkut barang, double cabin, mobil berpenumpang enam orang, dan kendaraan jip,” kata Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi ITB Wawan Gunawan, seperti dilansir laman ITB, Senin (27/1/2014).

…dst

12 ) Unand Alokasikan Rp16 M untuk Riset
http://kampus.okezone.com/read/2014/01/27/373/932267/unand-alokasikan-rp16-m-untuk-riset

Senin, 27 Januari 2014 16:01 wib
JAKARTA – Salah satu ruh perguruan tinggi adalah penelitian. Tidak heran, setiap kampus pun memiliki pos pendanaan sendiri untuk memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi ini. Contohnya Universitas Andalas (Unand). Tahun ini Unand mengalokasikan dana hingga Rp16 miliar untuk penelitian. Menurut Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Unand, Prof. Dr. Herwandi M.Hum. anggaran tersebut disalurkan pada beberapa jalur penelitian, di antaranya sistem kompetensi penelitian melalui proposal.”Kami menargetkan 100 judul proposal dari seluruh fakultas yang ada di Unand,” kata Herwandi, seperti disitat dari laman Unand, Senin (27/1/2014). Dana penelitian Unand juga akan disalurkan melalui skema penelitian unggulan. Skema ini terbagi atas alokasi Rp750 juta untuk 15 judul penelitian dan Rp250 juta untuk lima judul penelitian bertema Sumatera Barat.

…dst

13 ) Dwia AT Pulubuhu Pimpin Unhas 2014-2018
http://kampus.okezone.com/read/2014/01/27/373/932375/dwia-at-pulubuhu-pimpin-unhas-2014-2018

Senin, 27 Januari 2014 17:03 wib
MAKASSAR – Pemilihan rektor Universitas Hasanuddin baru saja selesai digelar di Baruga AP Pettarani Makassar. Wakil Rektor IV Bidang Pengembangan dan Kerjasama Profesor Dwia Aries Tina Bulubuhu unggul atas dua calon lainnya Doktor Andi Wardihan Sinrang dan Profesor Irawan Yusuf. Dwia Aries Tina memperoleh 241 suara dari 442 suara yang masuk, Senin (27/1/2014). Lawannya, Wakil Rektor I Bidang Akademik Wardihan Sinrang memperoleh 128 suara dan Dekan Fakultas Kedokteran Irawan Yusuf 71 suara. Dua suara dinyatakan batal. Pemilihan rektor ini diikuti 287 orang anggota senat Unhas. Mereka memberikan suaranya dari 291 pemilik suara sah. Sisanya, 155 suara adalah milik menteri pendidikan yang diwakili Direktur Jenderal Pembelajaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Illa Sailah.

…dst

14 ) Dwia Aries Tina, Perempuan Pertama Jadi Rektor Unhas
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/14/01/27/n026c8-dwia-aries-tina-perempuan-pertama-jadi-rektor-unhas

Senin, 27 Januari 2014, 18:52 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, kini memiliki rektor baru. Dan untuk pertamakalinya rektir baru ini adalah seorang perempuan, Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu.‘’Ini adalah amanah buat saya dan saya akan menjalankan amanah yang diberikan sesuai dengan aturan yang ada, program yang sudah ada akan tetap dijalankan” ujar Dwia, usai penghitungan suara di Makassar, Senin (27/1). Dwia menjadi perempuan pertama yang akan memimpin kampus terbesar di Indonesia Timur itu. Sebelumnya, di era kepemimpinan rektor sebelumnya, Prof dr Idrus Paturusi, Dwia menduduki posisi sebagai Wakil Rektor IV. Sosiolog Unhas ini, adalah istri Natsir Kalla, adik kandung mantan wakil presiden  Jusuf Kalla.Humas Unhas, Iqbal Sultan saat dihubungi mengatakan, perolehan suara yang diraih oleh Dwia mengungguli rival-rivalnya. Adik ipar JK tersebut memperoleh 241 suara, disusul Prof Dr Wardihan Sinrang 128 suara dan Prof Dr Irawan Yusuf 71 suara. ‘’Ini dari total 442 suara ditambah dua suara yang batal,’’ ujar Iqbal.

…dst

15 ) Bagaimana Nasib Kampus ‘Keras’ Ditangani Perempuan
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/14/01/27/n026x1-bagaimana-nasib-kampus-keras-ditangani-perempuan

Senin, 27 Januari 2014, 19:05 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Terpilihnya Dwia Aries Tina Pulubuhu sebagai Rektor Universitas Hasanuddin, Makassar, memunculkan sejumlah reaksi. Salah satunya, karena rektor Unhas kali ini adalah seorang perempuan. Mahasiswa di Makassar, termasuk Unhas, selama ini terkenal sebagai mahasiswa yang mudah ‘panas’ saat menggelar aksi demonstrasi terkait isu-isu tertentu. Begitu pula, Unhas  memiliki catatan  panjang sebagai kampus yang mahasiswanya sering tawuran antarfakultas. Sanggupkah Dwia menangani persoalan tawuran mahasiswa nantinya? Rektor Unhas sebelumnya, Prof Dr dr Idrus Paturusi, yakini Dwia mampu menangani masalah itu. Sebagai seorang sosiolog, Idrus menilai rektor  perempuan akan memiliki cara dan pendekatan yang mungkin berbeda dengan pemimpin sebelumnya. ‘’Dia seorang ibu, seorang sosiolog pula, pasti punya nilai plus,’’ ujar Idrus saat dihubungi Senin (27/1). Idrus mengatakan, mengakui banyak yang mempertanyakan kemampuan Dwia, memimpin  kampus Unhas yang terkenal ‘keras’ di wilayah timur. Namun Idrus meyakini, Dwia memiliki kemampuan melakukan pendekatan terhadap mahasiswa. Bahkan kata dia, bisa jadi, akan lebih baik penanganannya. ‘’Beliau sudah tahu tantangan itu,’’ ujar Idrus.

…dst

16 ) Mahasiswa ITS Urunan Bayar UKT
http://kampus.okezone.com/read/2014/01/27/373/932179/mahasiswa-its-urunan-bayar-ukt

Senin, 27 Januari 2014 13:10 wib
JAKARTA – Sistem uang kuliah tunggal (UKT) sebenarnya dirancang untuk meringankan beban biaya kuliah yang ditanggung mahasiswa. Sayangnya, masih banyak mahasiswa kesulitan membayar UKT karena nilainya yang di atas kemampuan ekonomi keluarga mereka. Menyadari kesulitan yang dialami teman-temannya, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menggelar aksi penggalangan dana untuk membantu mahasiswa yang kesulitan membayar UKT. Menurut koordinator aksi, Zaid Al Rasyid, penggalangan dana akan berlangsung selama 15 hari. Aksi perdana ini dimulai pada 16 Januari dan melibatkan seluruh Organisasi Mahasiswa (Ormawa) di ITS.”Penggalangan yang dilakukan memang dimaksudkan untuk memanggil kepedulian mahasiswa agar dapat menyisihkan sebagian rejekinya bagi mereka yang memerlukan,” kata Zaid, seperti dinukil dari laman ITS Online, Senin (27/1/2014).

…dst

17 ) Undip Raih Peringkat Kedua BLU Terbaik
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2014/01/27/250563/Undip-Raih-Peringkat-Kedua-BLU-Terbaik

27 Januari 2014
SEMARANG – Undip menorehkan prestasi tingkat nasional dengan meraih posisi kedua sebagai satuan kerja yang memiliki kinerja badan layanan umum (BLU) terbaik. Menurut siaran berita UPTHumas Undip, penilaian itu berdasarkan keputusan Direktur Pembinaan Pengelolaan Keuangan BLU, Nomor KEP 201/PB.5/2013 Kementerian Keuangan tentang penetapan hasil penilaian satuan kerja BLU bidang layanan pendidikan tahun 2012, tanggal 31 Desember 2013. Undip menempati peringkat kedua dari 22 PTN yang merupakan BLU bidang pendidikan.Penilaian sekaligus mencakup aspek keuangan yang berkaitan dengan kepatuhan pengelolaan keuangan di antaranya meliputi aspek penyusunan rencana bisnis dan anggaran (RBA), penyusunan dan penyampaian laporan keuangan, tarif layanan, sistem akuntansi, dan pengelolaan barang inventaris.

…dst

18 ) UGM Rintis Pemberantasan Demam Berdarah dengan Wolbachia
http://www.pikiran-rakyat.com/node/267505

Minggu, 26/01/2014 – 11:56
YOGYAKARTA, (PRLM).- Para peneliti di program Eliminate Dengue Project (EDP) di fakultas kedokteran Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, sedang merintis metode pemberantasan demam berdarah dengue dengan menyasar langsung kepada siklus hidup nyamuk pembawa virusnya. Para peneliti memasukkan bakteri wolbachia ke dalam tubuh nyamuk Aedes aegypti, yang membuatnya kehilangan kemampuan untuk menularkan virus demam berdarah. Nyamuk yang sudah mengandung bakteri ini kemudian dikembangbiakkan di laboratorium. Peneliti utama dalam proyek ini, Riris Andono Ahmad mengatakan, setelah melalui serangkaian pembiakan, nyamuk yang telah mengandung bakteri ini dilepaskan ke sejumlah lokasi. Pelepasan akan dilakukan berulang setiap seminggu sekali dalam 16-24 pekan ke depan. Proses ini sangat aman, menurutnya, karena bakteri yang digunakan sebenarnya sudah ada di lingkungan sekitar, terutama di sejumlah serangga.“Kami juga sudah melakukan survei di wilayah penelitian kami…survei serangga, dan menemukan bahwa lebih dari 50 persen serangga yang kami tangkap itu mengandung wolbachia. Jadi ini bukan sebuah organisme yang asing, itu ada di alam dan sifatnya alami,” ujarnya.

…dst

19 ) Undip Kirim Delegasi ke LIMUN
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2014/01/28/250786/Undip-Kirim-Delegasi-ke-LIMUN

28 Januari 2014
SEMARANG- Undip mengirim 10 delegasi mahasiswa ke London, Inggris untuk mengikuti simulasi sidang PBB. Dalam siaran pers yang diterima Suara Merdeka, ini bukan kali pertama Undip mengirimkan delegasi ke London International Model United Nations ( LIMUN).”Pengiriman delegasi sudah kali keempat. Setiap tahun kami mengirim delegasi,” kata Kepala UPT Humas Undip Agus Naryoso.LIMUN merupakan simulasi sidang bangsa-bangsa yang diadakan badan amal bekerja sama dengan Imperial College London University. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari itu akan diikuti lebih dari 1.500 mahasiswa dari seluruh dunia.

…dst

20 ) Program Twinning, Mahasiswa Bisa Raih 2 Gelar Sekaligus
http://kampus.okezone.com/read/2014/01/27/373/932118/program-twinning-mahasiswa-bisa-raih-2-gelar-sekaligus

Senin, 27 Januari 2014 11:34 wib
SUKOHARJO – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) bakal menambah dua program baru untuk program twinning atau program ganda kuliah dalam penerimaan mahasiswa baru UMS 2014/2015.”Program twinning tambahan itu adalah Psikologi PAUD dan Hukum Pendidikan Kewarganegaraan. Sebelumnya, sudah ada tiga program twinning yakni Psikologi Tarbiyah, Hukum Syariah dan Ekonomi Pembangunan Syariah,” ungkap Ketua PMB UMS 2014-2015 Ir. M. Mujiburohman, M.T.,Ph.D kepada Okezone, di Kampus UMS, Surakarta, Jawa Tengah, Senin (27/1/2014).Mujiburohman, M.T.,Ph.D, mengatakan, adanya program twinning bakal mempercepat proses meraih gelar sarjana dengan dua gelar sarjana seusai lulus kuliah.

…dst

21 ) Asyik, BKN Sudah Tetapkan 5.433 NIP CPNS
http://kampus.okezone.com/read/2014/01/27/373/932402/asyik-bkn-sudah-tetapkan-5-433-nip-cpns

Senin, 27 Januari 2014 18:30 wib
JAKARTA – Sebanyak 5.433 calon pegawai negeri sipil (CPNS) telah mendapatkan nomor induk pegawai (NIP) dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Para CPNS ini merupakan hasil seleksi tahun anggaran 2013. Ke-5.433 CPNS tersebut berasal dari sembilan instansi pemerintah pusat, tiga Pemerintah Provinsi, dan 30 pemerintah kabupaten/kota. Demikian seperti dilansir laman Setkab, Senin (27/1/2014).Adapun jumlah formasi yang tersedia dari 42 instansi pemerintah, sebenarnya ada 11.329, namun yang diusulkan untuk mendapatkan NIP baru 6.805 formasi. Dari jumlah ini, 5.433 formasi telah ditetapkan NIP-nya, 1.382 formasi masih dalam proses, dan 4.443 formasi belum diusulkan atau masuk kategori sisa formasi. Menurut BKN, pemerintah kabupaten/kota yang telah mengajukan usul penetapan NIP untuk formasi CPNS hasil seleksi tahun anggaran 2013 adalah Pemkab Semarang; Pemkab Pati; Pemkab Kudus; Pemkot Semarang; Pemkot Pekalongan; Pemkot Magelang; Pemkab Bogor; Pemkot Bogor; Pemkab Serang; Pemkot Serang; Pemkot Tangerang Selatan.

…dst