1 ) Seleksi Nasional Masuk PTN 2014
Cegah Penipuan, Sarankan Siswa Rahasiakan Nomor Peserta
http://www.jpnn.com/read/2014/02/03/214570/Cegah-Penipuan,-Sarankan-Siswa-Rahasiakan-Nomor-Peserta

Senin, 03 Februari 2014 , 10:31:00
JAKARTA – Pendaftaran seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) 2014 dibuka mulai 17 Februari hingga 31 Maret mendatang. Panitia memperkirakan jumlah peserta mencapai 900 ribu orang, sedangkan kuota atau kursi yang diperebutkan sekitar 150 ribu. Kepala Humas Panitia Pusat SNM PTN 2014 Bambang Hermanto mengingatkan maraknya penipuan pada masa pendaftaran SNM PTN. Modusnya, ada oknum yang mengaku bisa meloloskan siswa masuk ke perguruan tinggi negeri tertentu dengan syarat membayar sejumlah uang. Mereka berupaya menghubungi siswa sebanyak-banyaknya.  Untuk meyakinkan, penipu tidak minta uang di awal pendaftaran. Mereka minta uang ketika siswa tersebut dinyatakan diterima.Karena itu, siswa diminta merahasiakan nomor peserta seleksi. “Pihak PTN benar-benar independen dalam menilai dan meluluskan pelamar SNM PTN. Tidak ada kongkalikong,” tegas Bambang.

…dst

2 ) Waspadai Iming-iming Meloloskan Masuk PTN
http://www.jpnn.com/read/2014/02/03/214527/Waspadai-Iming-iming-Meloloskan-Masuk-PTN

Senin, 03 Februari 2014 , 06:09:00
JAKARTA – Sebentar lagi pendaftaran seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) 2014 dibuka. Seluruh siswa yang sekolahnya sudah mengisi data di pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS) SNM PTN 2014, bisa melakukan pendaftaran secara online. Panitia mewanti-wanti aksi penipuan  yang rutin terjadi setiap gelaran tahunan ini. Pendaftaran SNM PTN 2014 akan dibuka mulai 17 Februari hingga 31 Maret mendatang. Panitia memperkirakan jumlah peserta yang melamar SNM PTN 2014 mencapai 900 ribu orang. Sedangkan kuota atau daya tampungnya hanya sekitar 150 ribu kursi. Kepala Humas Panitia Pusat SNM PTN 2014 Bambang Hermanto menuturkan, modus penipuan memanfaatkan masa pendaftaran SNM PTN hampir sama setiap tahunnya.”Yakni ada oknum yang mengaku bisa meloloskan siswa masuk ke perguruan tinggi negeri tertentu. Tentunya dengan iming-iming imbalan uang yang besar,” katanya kemarin.

…dst

3 ) Unsri Minta Masyarakat Jauhi Joki Kelulusan
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/14/02/03/n0et6h-unsri-minta-masyarakat-jauhi-joki-kelulusan

Senin, 03 Februari 2014, 14:37 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG — Panitia pelaksana penerimaan mahasiswa baru Universitas Sriwijaya (Unsri) mengimbau masyarakat untuk menghindari oknum yang menjanjikan kelulusan dengan meminta sejumlah uang.”Masyarakat jangan percaya dengan oknum yang menjanjikan kelulusan pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) karena sistem yang dibangun tidak memungkinkan pihak perguruan tinggi untuk masuk,” kata Pembantu Rektor I Unsri Anis Saggaf di Palembang, Senin (3/2).Ia menerangkan, sistem berbasis komputerisasi itu dikendalilah tim independen yang tidak melibatkan perguruan tinggi.”Jadi sistem murni hanya mengelola data. Jika data yang masuk nilainya tinggi maka secara langsung masuk pemeringkatan tapi jika rendah tentunya akan terdegradasi,” ujarnya.Panitia SNMPTN telah membuka pendaftaran secara resmi jalur nontulis atau lazim disebut SNMPTN sejak 6 Januari hingga 6 Maret 2014 dengan mengakses http://pdss.snmptn.ac.id.

…dst

4 ) PTS Bisa Ajukan Permintaan Dosen
Kemdikbud Punya Stok 600 Orang
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2014/02/03/251288/PTS-Bisa-Ajukan-Permintaan-Dosen

03 Februari 2014
JAKARTA – Perguruan tinggi swasta (PTS) yang kekurangan dosen bisa mengajukan permintaan dosen ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Saat ini Kemdikbud memiliki stok dosen lulusan S-2 sebanyak 600 orang dan siap mengajar di perguruan tinggi negeri (PTN) ataupun PTS.Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ditjen Dikti Kemdikbud Supriadi Rustad mengatakan, stok dosen yang dimiliki merupakan dosen-dosen yang baru merampungkan pendidikan S-2 melalui program Beasiswa Unggulan. Bahkan jumlah tersebut akan bertambah lagi karena sekitar 2.300 dosen akan lulus S-2 melalui program yang sama. ”Silakan ajukan permintaan dosen ke kita. Tapi rawat, gaji, dan angkat mereka. Tidak perlu disekolahkan karena sudah kami sekolahkan,” ungkap, baru-baru ini, di Jakarta. Supriadi menjelaskan, dosen-dosen dari program Beasiswa Unggulan tersebut merampungkan pendidikan S-2 di 15 perguruan tinggi terbaik di negeri ini. Mereka disekolahkan sejak tahun 2011.

…dst

5 ) Dana Riset Naik, UI Targetkan 450 Publikasi Internasional
http://kampus.okezone.com/read/2014/02/03/373/935399/dana-riset-naik-ui-targetkan-450-publikasi-internasional

Senin, 03 Februari 2014 17:30 wib
DEPOK – Rektor Universitas Indonesia (UI) Muhammad Anis berulang kali menargetkan selama kepemimpinannya UI bakal berlari kencang mengejar persaingan di kancah internasional. Karena itu, dari anggaran UI setiap tahun sebesar Rp1 triliun, 15 persen difokuskan untuk anggaran penelitian.Dengan 2.000 dosen tetap UI dan 60 persen di antaranya adalah bergelar doktor, Anis yakin UI mampu meningkatkan prestasi. Anggaran 15 persen tersebut, lanjutnya, akan digelontorkan di seluruh bidang penelitian di seluruh fakultas.Anis memastikan untuk mencapai anggaran penelitian sebesar 20 persen, prosesnya akan dilakukan secara perlahan. Seluruhnya menjadi tanggung jawab dan wewenang Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) UI. “Kalau ini sukses, ya kami naikkan lagi, perlu waktu. DRPM kan ada 10 bidang unggulan untuk penelitian. Jadi, jangan sampai yang maju hanya teknik atau kedokteran karena selama ini bidang itu paling banyak penelitiannya; karena mereka mampu, bukan pilih kasih,” ungkap Anis, di sela-sela Upacara Dies Natalis UI ke-64 di Balai Sidang UI, Depok, Senin (3/2/2014).

…dst

6 ) Tahun Ini, Unila Terima Dana Riset Rp10 M
http://kampus.okezone.com/read/2014/02/03/373/935588/tahun-ini-unila-terima-dana-riset-rp10-m

Senin, 03 Februari 2014 21:06 wib
JAKARTA –  Dana riset Universitas Lampung (Unila) tahun ini bisa menembus angka Rp10 miliar. Anggaran tersebut bersumber dari hibah penelitian terpusat maupun terdesentralisasi.Demikian disampaikan oleh Ketua Lembaga Penelitian Universitas Lampung (Lemlit Unila), Admi Syarif. Menurut Admi, perkiraan tersebut berdasarkan jumlah proposal penelitian dosen Unila yang disetujui Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DP2M) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud tahun ini.Tahun ini, usulan penelitian dosen Unila yang disetujui Dikti mencapai 31 proposal penelitian. Untuk setiap judulnya diperkirakan memperoleh dana maksimal Rp200 juta. Sehingga, jika ditotal jumlahnya mencapai Rp6,2 miliar. “Dana desentraliasi penelitian kami tahun ini memang turun menjadi Rp2,5 miliar. Ini disebabkan dana Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) Unila tahun ini hanya Rp14,5 miliar. Namun, penelitian terpusat kami di DP2M Dikti mampu menembus 31 judul penelitian dengan kisaran anggaran Rp6,2 miliar,” kata Admi, seperti dilansir Unila, Senin (3/2/2014).

…dst

7 ) Kemenristek Tengok Potensi Inovasi UNY
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/14/02/03/n0et6h-unsri-minta-masyarakat-jauhi-joki-kelulusan

Senin, 03 Februari 2014 18:11 wib
JAKARTA – Hasil penelitian dan produk karya mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mendapat perhatian dari pemerintah. Kepedulian tersebut ditunjukkan oleh Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) ke UNY.Dalam kunjungannya, Kabid Pemetaan di Asdep Iptek Masyarakat Kemenristek Syachrial Annas meninjau langsung teknologi tepat guna karya mahasiswa dan dosen di Fakultas Teknik (FT) UNY. Agenda itu, kata Syachrial, adalah langkah awal untuk menyalurkan beragam inovasi tersebut ke pelosok-pelosok daerah demi memenuhi kebutuhan masyarakat luas.Pada agenda ini, FT UNY mempresentasikan beberapa karya Teknologi Tepat Guna dari jurusan Sipil dan Perencanaan, Mesin, Automotif, Elektro, Elektronika, Boga, Busana, serta Rias dan Kecantikan.Setelah menyimak sesi presentasi, utusan Kemenristek ini langsung meninjau karya-karya dari tiap jurusan di laboratorium dan bengkel. Syachrial tampak puas dengan karya-karya teknologi yang dihasilkan FT UNY.

…dst

8 ) Unisma Kekurangan Peneliti
http://www.jpnn.com/read/2014/02/03/214568/Unisma-Kekurangan-Peneliti

Senin, 03 Februari 2014 , 10:26:00
MALANG – Semakin banyaknya dosen Universitas Islam Malang (Unisma) yang sukses berkompetisi di nasional membuat pagu anggaran penelitian desentralisasi tidak terserap. Dari dana sebesar Rp 2 miliar masih tersisa Rp 36 juta.Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Dr Ir Masyhuri Machfudz MP kepada Malang Post (Grup JPNN) menuturkan Unisma saat ini kekurangan peneliti untuk bisa menyerap alokasi dana yang diterima dari Ditlibtabmas Dikti.”Peneliti Unisma banyak yang sukses mendapat dana kompetisi nasional, sehingga jatah yang diberikan Dikti melalui dana desentralisasi tidak bisa terserap semuanya tahun ini,” ungkap Masyhuri.Seperti diketahui, mulai tahun anggaran 2012 Unisma melaksanakan kebijakan desentralisasi pengelolaan Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, yaitu pelimpahan sebagian tugas dan wewenang dalam pengelolaan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara bertahap kepada perguruan tinggi.

…dst

9 ) Rp 200 Juta untuk Wirausaha Muda UGM
http://kampus.okezone.com/read/2014/02/03/373/935547/rp200-juta-untuk-wirausaha-muda-ugm

Senin, 03 Februari 2014 19:32 wib
JAKARTA -Wirausaha muda semakin mendapat dukungan dari pemerintah. Seperti yang dilakukan Kementerian Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI terhadap para wirausaha muda Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Kemenkop siap memberikan bantuan dana Rp200 juta kepada mahasiswa UGM dalam bentuk kompetisi wirausaha muda. Demikian disampaikan oleh Deputi Bidang pengembangan Sumber Daya Manusia, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI, Prakoso Budi Susetyo saat membuka seminar “Meningkatkan Pertumbuhan Pengusaha Muda Indonesia” di UGM.Prakoso mengungkap, pemberian bantuan tersebut ditujukan untuk menstimulasi tumbuhnya wirausaha muda di Indonesia, salah satunya dari perguruan tinggi termasuk UGM. Pasalnya, hingga saat ini kewirausahaan Indonesia masih lemah. Setidaknya baru 1,65 persen angkatan kerja yang menjadi wirausahawan di Indonesia.

…dst

10 ) Banyak Kisruh, UI Poles Diri
http://kampus.okezone.com/read/2014/02/03/373/935425/banyak-kisruh-ui-poles-diri

Senin, 03 Februari 2014 16:01 wib
DEPOK – Menjelang pemilihan Rektor definitif, Universitas Indonesia (UI) sudah membentuk Senat Akademik (SA) dan akan memilih anggota Majelis Wali Amanat (MWA). Karena itu, tata kelola dan sistem birokrasi di UI juga terus ditingkatkan.Selain pemilihan rektor dan meningkatkan penelitian, Rektor UI Muhammad Anis mengatakan program priotitas UI tahun ini adalah membangun suatu sistem pendidikan yang baik.”Kami tingkatkan dari tahun ke tahun. Dulu istilahnya good sekarang jadi great. Baik penelitian, pengabdian masyarakat, dan pelayanan kami sebagai administratur,” ujar Anis, di sela-sela Upacara Dies Natalis UI ke-64, di Balai Sidang UI, Senin (3/2/2014). Selama dua tahun terakhir UI dilanda kekisruhan di jajaran elite, namun Anis meyakini kini chemistry sudah terbangun. Terutama setelah dekan dan wakil dekan terpilih di 13 fakultas serta Ketua dan Wakil Ketua Program Pascasarjana juga Vokasi.

…dst

11 ) Pesan Mantan Rektor untuk UI
http://kampus.okezone.com/read/2014/02/03/373/935381/pesan-mantan-rektor-untuk-ui

Senin, 03 Februari 2014 15:13 wib
DEPOK – Universitas Indonesia (UI) berjanji bakal meningkatkan anggaran penelitian menjadi 15 persen tahun ini, dari sebelumnya hanya delapan persen. Kebijakan tersebut tentu didukung oleh sivitas akademisi tak terkecuali mantan Rektor UI era 1994-1998, Tadjudin. Tadjudin terlihat menghadiri Dies Natalis UI ke-64 di Balai Sidang, UI, hari ini. Dia meminta agar UI dan lulusannya menjadi yang terdepan dalam segala bidang.”Pada HUT kali ini saya berharap UI memperbaharui birokrasi dan banyak lulusan UI yang duduk sebagai penentu kebijakan di pemerintahan,” ujar Tadjudin kepada wartawan, Senin (3/2/2014).Tadjudin menilai, status UI yang sekarang menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) membuat UI lebih memiliki kebebasan. Salah satunya dalam hal mencari anggaran pendidikan.”Dulu kan zaman saya masih PTN saja; hanya jawatan dari Kemendikbud, hanya gelontoran APBN. Sekarang ventura lebih banyak,” jelasnya.

…dst

12 ) Kinerja BLU Undip Peringkat 2 se-Indonesia
http://kampus.okezone.com/read/2014/02/01/373/934781/kinerja-blu-undip-peringkat-2-se-indonesia

Minggu, 02 Februari 2014 15:08 wib
JAKARTA – Universitas Diponegoro (Undip) Semarang dinobatkan Satuan Kerja yang memiliki kinerja Badan Layanan Umum terbaik kedua di Indonesia untuk kategori perguruan tinggi. Keputusan tersebut dikeluarkan oleh Direktur Pembinaan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (BLU), Kementerian Keuangan (Kemenkeu).“Keberhasilan ini akan menjadi modal berharga dalam mempersiapkan diri menjadi PTN Badan Hukum (PTN-BH). Prestasi ini merupakan pengakuan atas kinerja manajemen khususnya dalam bidang keuangan dan diharapkan melalui prestasi ini akan mendorong bagian yang  untuk terus meningkatkan kinerja lebih baik,” ujar Rektor Undip Sudharto P Hadi, seperti dinukil dari laman Undip, Minggu (2/2/2014).Berdasarkan keputusan tersebut, Undip berada pada peringkat dua dari 22 PTN yang merupakan PK-BLU bidang pendidikan. Penilaian layanan tersebut meliputi aspek keuangan yang berkaitan dengan kepatuhan pengelolaan keuangan.

…dst

13 ) Marching Band ITB Juara Setelah Latihan 10 Bulan
http://kampus.okezone.com/read/2014/02/03/373/935541/marching-band-itb-juara-setelah-latihan-10-bulan

Senin, 03 Februari 2014 18:29 wib
JAKARTA – Awal tahun ini, Marching Band Waditra Ganesha (MBWG) kembali mengharumkan nama Institut Teknologi Bandung (ITB) di tingkat nasional. Mereka berhasil meraih Juara V untuk divisi I, Juara II Field Brass Music, dan Juara III untuk kategori Visual Effect pada Grand Prix Marching Band (GPMB) Nasional 2013.Pada GPMB kali ini, MBWG ITB menampilkan empat buah lagu. “Untuk mampu mempersembahkan penampilan apik pada hari kompetisi, latihan-latihan bersama sudah rutin diadakan sejak 10 bulan sebelumnnya,” tutur Pimpinan Proyek MBWG ITB Tandika Nisa, seperti dikutip dari situs ITB, Senin (3/2/2014).Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota angkatan 2010 itu menjelaskan, MBWG memiliki empat fraksi, yakni color guard, pit, battery, dan brass. Dengan jumlah pemain yang hampir mencapai 100 mahasiswa dari berbagai jurusan dan angkatan, Tandika mengaku, perkara menentukan jadwal latihan bukan hal yang mudah.

…dst

14 ) Dana Bansos Kemendikbud Rp 30 Triliun
Siap Bantu Korban Bencana
http://www.jpnn.com/read/2014/02/02/214381/Dana-Bansos-Kemendikbud-Rp-30-Triliun

Minggu, 02 Februari 2014 , 07:32:00
JAKARTA – Dana bantuan sosial (bansos) di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sangat besar. Dananya mencapai lebih dari Rp 30 triluin, atau hampir separuh dari anggaran total Kemendikbud. Dana ini di antaranya siap dipakai untuk menangani dampak bencana di sejumlah daerah.Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendikbud Haryono Umar menuturkan, dana bansos di Kemendikbud jumlahnya memang sangat banyak. “Tetapi alokasi peruntukannya juga beragam. Diantaranya untuk penanganan pasca bencana,” papar Haryono di Jakarta, Sabtu (1/2). Haryono mencontohkan dana bansos Kemendikbud diantaranya sudah disalurkan kepada korban bencana banjir di Jakarta dan sekitarnya. Selain itu dana bansos Kemendikbud juga sudah disalurkan ke korban letusan gunung Sinabung, kabupaten Karo, Sumatera Utara.Khusus di Jakarta, Haryono sempat meninjau langsung titik-titik genangan banjir. “Banyak sekali masyarakat yang membutuhkan bantuan di Jakarta,” kata dia. Diantara yang terkait dengan pendidikan adalah bantuan pengadaan alat tulis kepada para siswa, serta renovasi sekolah-sekolah yang rusak akibat banjir.”Kemendikbud perlu merealisasikan dana bansos untuk sekolah dan siswa,” jelas mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu. Diantara kebutuhan yang sangat mendesak saat ini adalah, pengadaan seragam sekolah, buku-buku, dan peralatan tulis lainnya.

…dst

15 ) Beasiswa Rp11 miliar untuk pelajar korban Sinabung
http://www.antaranews.com/berita/417195/beasiswa-rp11-miliar-untuk-pelajar-korban-sinabung

Senin, 3 Februari 2014 19:14 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Anak-anak yang menjadi korban erupsi Gunung Sinabung, Karo, Sumatera Utara, akan mendapatkan beasiswa pendidikan bernilai total Rp 11 miliar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. “Kemendikbud akan berikan bea siswa untuk per siswanya yakni beasiswa satu juta untuk tingkat SD, kemudian SMP sebesar Rp1.5 juta. SMA Rp2 juta, dan tingkat perguruan tinggi Rp2,1 juta untuk persemester,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho saat jumpa pers bersama pihak Kemendikbud dan KPAI di Jakarta, Senin. Kepala Bidang Pencitraan Publik Pusat Informasi dan Humas Kemendikbud Setiono menambahkan dana Rp11 miliar tersebut diambil dari anggaran abadi pendidikan, sehingga tidak menganggu anggaran untuk program pendidikan lainnya.”Berbagai bantuan juga akan disalurkan untuk pengungsi Sinabung seperti bantuan alat tulis, makanan dan sarana pendidikan anak usia dini,” ujarnya.

…dst

16 ) Pakar UGM: Bencana Alam Tak Berkaitan dengan Mitos
http://m.koran-sindo.com/node/364129

Senin 03 Februari 2014
YOGYAKARTA – Banyaknya kejadian bencana alam sering kali dikaitkan dengan mitos oleh sebagian masyarakat. Mispersepsi tersebut justru tidak memberikan dampak positif dalam penanggulangan bencana. Sehingga penting ada upaya untuk melakukan demistifikasi pada masyarakat. “Ilmu pengetahuan dan kearifan lokal bisa dimanfaatkan untuk mengedukasi masyarakat. Meski memang tidak semua kejadian bencana bisa diungkap semua penyebabnya. Contoh mitos seperti kejadian gempa bumi, baik yang terjadi di Bantul tahun 2006 lalu maupun di Kebumen belum lama ini, justru dikaitkan dengan kemunculan awan cirrus (awan tegak lurus),” ujar Pakar Kebencanaan UGM Prof Ir Dwikoritas Karnawati kemarin.Menurut Dwikorita, kemunculan awan cirrus sebenarnya bisa ada di mana-nama namun tidak berpengaruh ada dan tidaknya kejadian gempa. Awan seperti itu juga pernah muncul dan tak ada kejadian gempa. Dijelaskannya, hingga saat ini belum ada teknologi yangbisamemprediksi kapan tepatnya kejadian gempa bumi akan berlangsung. “Untuk bencana banjir dan meletusnya gunung berapi masih bisa diprediksi dengan tanda-tanda aktivitas gejala alam yang ditimbulkan. Tapi untuk gempa, tidak bisa diprediksi,” imbuhnya.

…dst

17 ) Arkeolog: Gunung Padang struktur prasejarah terbesar Asia
http://www.antaranews.com/berita/416453/arkeolog-gunung-padang-struktur-prasejarah-terbesar-asia

Selasa, 28 Januari 2014 23:40 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Arkeolog asal Universitas Indonesia yang juga Ketua Tim Arkeolog dari Tim Terpadu Riset Mandiri (TTRM) Gunung Padang Ali Akbar mengatakan situs di Gunung Padang diperkirakan sebagai struktur prasejarah terbesar di Asia.”Kalau berdasarkan studi literatur yang saya lakukan dan konfirm dengan beberapa arkeolog luar negeri, sudah dapat dipastikan ini (situs Gunung Padang) adalah bangunan prasejarah terbesar di Asia Tenggara. Dan bisa jadi terbesar di Asia,” kata Ali Akbar usai meluncurkan buku Situs Gunung Padang Misteri dan Arkeologi di Jakarta, Selasa.Bahkan, ia mengatakan situs Gunung Padang berpotensi menjadi struktur prasejarah terbesar di dunia. “Bisa jadi ini terbesar di Asia, sekarang tinggal konfirmasi apakah ini terbesar di dunia”.Berdasarkan uji karbon dating yang dilakukan Laboratorium Batan pada material paleosoil di kedalaman empat meter dari situs Gunung Padang, ia mengatakan menunjukkan usia 5500 tahun Sebelum Masehi (SM). Sedangkan hasil dari Laboratorium Beta Miami, Florida, Amerika Serikat (AS), material dari kedalaman empat hingga 10 meter berusia 7600–7800 SM.

…dst