1 ) Dituduh Jiplak Karya Orang Lain, Anggito Mundur dari UGM
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/14/02/17/n14x1w-dituduh-jiplak-karya-orang-lain-anggito-mundur-dari-ugm

Senin, 17 Februari 2014, 16:58 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA–Dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Unversitas Gadjah Mada Anggito Abimanyu mengundurkan diri dari institusi tempatnya mengajar menyusul tuduhan plagiarisme yang dilakukannya terhadap tulisan Hotbonar Sinaga. “Demi mempetahankan kredibilitas Universitas Gadjah Mada (UGM), dengan nilai-nilai kejujuran, integritas, dan tanggung jawab akademik saya telah menyampaikan mundur sebagai dosen,” kata Anggito dalam jumpa pers di Kampus UGM Yogyakarta, Senin. Ia mengatakan, pengunduran dirinya trsebut terkait dengan artikel opini yang ia tulis di surat kabar harian Kompas berjudul “Gagasan Asuransi Bencana” pada 10 Februari 2014. Ia mengakui, dalam penulisannya telah terjadi kesalahan pengutipan referensi yang ada dalam dokumen di komputer miliknya. “Telah terjadi pengutipan referensi dalam sebuah folder di komputer pribadi saya yang belakangan diketahui merupakan kertas kerja yang ditulis oleh saudara Hotbonar Sinaga dan Munawar Kasan,” kata dia. Dalam jumpa pers yang juga dihadiri mahasiswa, rektor serta beberapa dosen itu, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama itu menyatakan menyesal dan memohon maaf terhadap seluruh civitas akademika UGM. “Saya mengaku khilaf dan memohon maaf sebesar-besarnya khususnya kepada saudara Hotbonar Sinaga dan Munawar Kasan,” katanya. Sementara itu, Rektor UGM Praktikno mengatakan akan menindaklanjuti pengakuan Anggito dengan meminta masukan dari Senat Akademik serta akan melalui sidang komite etik. “Tidak ada keputusan final. Kami butuh waktu untuk ini,”katanya. Menurut Praktikno, pengakuan serta permohonan pengunduran diri Anggito merupakan beban berat bagi UGM mengingat Anggito merupakan salah satu aset penting yang dimiliki Universitas terkemuka di Yogyakarta tersebut.

…dst

2 ) UGM Meneliti Dugaan Plagiarisme Anggito Abimanyu
http://www.tempo.co/read/news/2014/02/17/079555025/UGM-Meneliti-Dugaan-Plagiarisme-Anggito-Abimanyu

Senin, 17 Februari 2014 | 15:56 WIB
Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, segera meneliti dugaan plagiarisme dosen Fakultas Ekonomika dan dan Bisnis kampus itu, Anggito Abimanyu, untuk membuktikannya. Rektor UGM Pratikno mengatakan pihaknya akan meneliti dugaan plagiarisme itu. Pratikno akan mengajukan surat pengunduran diri Anggito kepada Senat Akademik UGM. Senat kemudian menganalisis kesalahan pengutipan referensi yang Anggito sampaikan. Hasil analisis Senat Akademik UGM kemudian disampaikan kepada Komisi Etik UGM. “Ini nanti akan ditelaah oleh Komisi Etik,” kata Pratikno. UGM juga akan mendengarkan Anggito menyampaikan klarifikasi soal tuduhan itu. “Keputusan berdasarkan telaah, bukan rektor yang menghakimi,” kata Pratikno dalam jumpa pers di University Club UGM, Senin, 17 Februari 2014.

…dst

3 ) 62 Sekolah Masuk Daftar Hitam SNMPTN Tahun Lalu Bisa Mendaftar Kembali
http://www.kemdikbud.go.id/kemdikbud/berita/2141

Senin, 17/02/2014 – 09:08
Sebanyak 62 dari 72 sekolah yang masuk daftar hitam Seleksi Nasional Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun lalu, bisa kembali mengikutsertakan siswanya untuk mendaftar SNMPTN. 62 sekolah tersebut telah melakukan klarifikasi ke perguruan tinggi yang bersangkutan dan dibuka kembali Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) nya.Ketua SNMPTN Ganjar Kurnia, mengatakan, panitia SNMPTN telah melayangkan surat kepada 72 sekolah yang masuk daftar hitam SNMPTN tahun lalu untuk melakukan klarifikasi. Namun, hingga masa pendaftaran SNMPTN dibuka kembali tahun ini, masih ada 10 sekolah yang belum melakukan klarifikasi.

…dst

4 ) 10% Calon Mahasiswa Tidak Registrasi
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2014/02/17/252665/10-Calon-Mahasiswa-Tidak-Registrasi

17 Februari 2014
JAKARTA- Sekitar 10% calon mahasiswa yang diterima melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), tidak melakukan daftar ulang atau registrasi.Hal itu secara tidak langsung menyebabkan berkurangnya kuota kursi melalui jalur tanpa tes tulis tersebut. ”Kalau untuk SNMPTN, rata-rata secara nasional yang tidak melakukan registrasi sekitar 10%,” kata Humas Panitia SNMPTN 2014, Bambang Hermanto di sela-sela seminar PTN yang diselenggarakan oleh BTA SMA 8, di Jakarta, kemarin. ”Untuk PTN besar biasanya jumlah mahasiswa yang tidak register kurang dari satu persen. Sebaliknya, untuk PTN atau prodi tertentu bisa mencapai 40%,” ungkapnya. Karena itu, dia berharap kepada peserta untuk benar-benar memilih prodi dan PTN yang diminati, sehingga kuota kursi yang ada bisa diisi secara maksimal oleh para mahasiswa. Jumlah kursi yang tidak teregister itu nantinya akan masuk menjadi tambahan bagi proses selanjutnya, yakni Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN).

…dst

5 ) Integrasi Nilai Unas untuk SNMPTN Dipasrahkan ke Rektor
http://www.jpnn.com/read/2014/02/17/216949/Integrasi-Nilai-Unas-untuk-SNM-PTN-Dipasrahkan-ke-Rektor-#

Senin, 17 Februari 2014 , 07:15:00
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tidak bisa mengintervensi otonomi kampus untuk menetapkan calon mahasiswa yang diterima.Ketua Umum Panitia Pusat SNM PTN 2014 Ganjar Kurnia menuturkan bahwa negara sudah mengatur bahwa kewenangan menetapkan kelulusan pelamar PTN ada di rektor. “Bukan di jajaran pemerintah,” katanya. Pria yang juga rektor Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung itu mengatakan bahwa jajaran Kemendikbud sudah memberi lampu hijau bahwa integrasi nilai unas menjadi wewenang rektor. “Pada prinsipnya kita para rektor PTN sudah bersepakat menggunakan nilai unas sebagai salah satu pertimbangan kelulusan SNM PTN,” ujarnya. Pertimbangan utama dalam kelulusan unas tetap melalui rekam jejak akademis siswa yang tercantum dalam rapor.

…dst

6 ) 204 Universitas Swasta Bermasalah
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/14/02/17/n13bsv-204-universitas-swasta-bermasalah

Minggu, 16 Februari 2014, 20:22 WIB
REPUBLIKA.CO.ID – Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APB-PTSI) mencatat dari 3.124 lembaga perguruan tinggi swasta di Tanah Air, sebanyak 204 di antaranya bermasalah, termasuk menyangkut akreditasi akademik.Termasuk beberapa perguruan tinggi swasta (PTS) yang ada di Provinsi Bali,” kata Ketua Umum APB-PTSI Thomas Suyatno di Denpasar, Ahad (16/2). Namun, terkait dengan imbauan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi yang menyatakan PTS tak memenuhi standar akreditasi akan ditutup, Thomas tak setuju.  Pihaknya sudah melakukan koordinasi dan pihak Ditjen Dikti sudah memberikan kelonggaran sehingga menggantinya dengan keputusan baru yang akan diumumkan dalam waktu dekat.

…dst

7 ) Indonesia Seleksi 5.000 Buku untuk Dibawa ke Frankfurt Book Fair
http://news.detik.com/read/2014/02/17/200629/2500266/10/indonesia-seleksi-5000-buku-untuk-dibawa-ke-frankfurt-book-fair?n991102605

Senin, 17/02/2014 20:06 WIB
Indonesia diundang sebagai tamu kehormatan dalam Frankfurt Book Fair di Jerman tahun depan. Penghargaan ini juga membuat repot, karena harus membawa 5.000 buku. Ketua Kompartemen Diklat-Litbang-Informasi Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) Bambang Trim menyatakan, membawa buku hasil karya dari Indonesia merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi tim untuk menghadiri pameran buku terbesar di dunia itu. Tidak sembarang buku, melainkan 2.000 buku yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Jerman dan 3.000 buku yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Inggris. “Kita masih menyiapkan bukunya. Untuk penerjemahan buku, nanti ada bantuan dari pemerintah,” kata Bambang kepada wartawan di Medan, Sumatera Utara (Sumut), Senin (17/2/2014).

…dst

8 ) Membludak, Fakultas Farmasi UMS Tolak 650 Calon Mahasiswa
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/14/02/16/n13d37-membludak-fakultas-farmasi-ums-tolak-650-calon-mahasiswa

Minggu, 16 Februari 2014, 20:49 WIB
REPUBLIKA.CO.ID – Prestasi Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta (FF-UMS) semaki diminati para calon mahasiswa. Setelah meraih status akreditasi A dari BAN (Badan Akreditasi Nasional) Dikti, animo lulusan SLTA yang ingin melanjutkan kuliah ke fakultas tersebut terus membludak. Saat ini, FF-UMS menarik animo masyarakat untuk mendaftar kuliah pada salah satu program studi unggulan universitas milik persyarikatan Muhammadiyah ini. Saking banyaknya peminat, panitia seleksi sampai menolak calon mahasiswa tercatat 650 orang. Animo masyarakat yang besar tersebut, menurut Dekan FF UMS, Azis Saifuddin PhD, Apt, cukup beralasan. ”Ini karena, FF-UMS yang berdiri 15 tahun lalu, memiliki alumni hampir dua ribu orang. Dan, mereka menduduki berbagai bidang pekerjaan kefarmasian,” tutur Aziz, Ahad (16/2).

…dst

9 ) Dosen Tak Dapat Tunjangan Kinerja
http://www.jpnn.com/read/2014/02/16/216869/Dosen-Tak-Jadi-Dapat-Tunjangan-Kinerja-

Minggu, 16 Februari 2014 , 17:27:00
SURABAYA – Dosen-dosen di lingkungan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang tahun lalu diusulkan menerima tunjangan kinerja atau remunerasi bisa jadi kecewa. Penyebabnya adalah tunjangan kinerja itu tidak jadi diberikan. Kebijakan itu mentah setelah pemerintah mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 88 Tahun 2013 tentang Tunjangan Kinerja Pegawai. Dalam aturan itu, dosen di lingkungan Kemendikbud tidak mendapat tunjangan kinerja tersebut. Sayang, ada unsur diskriminasi pada aturan tersebut. Sebab, hanya dosen di lingkungan Kemendikbud yang tidak mendapat tunjangan kinerja. Sementara itu, dosen di luar Kemendikbud malah mendapatkannya. Ketua Umum Forum Komunikasi Dosen Kopertis (FKDK) VII Jatim Murpin Joshua Sembiring mengaku ada yang janggal dalam peraturan tersebut. Menurut dia, aturan tersebut dirasa berat sebelah. Akibatnya, forum yang beranggota 1.500 dosen dari Kopertis VII itu merasa iri. “Iya, sampai sekarang banyak anggota kami yang tidak terima dengan hal tersebut,” ungkapnya membenarkan.

…dst

10 ) UGM Bertahan Jadi Situs Tereksis se-Indonesia
http://kampus.okezone.com/read/2014/02/14/373/941227/ugm-bertahan-jadi-situs-tereksis-se-indonesia

Minggu, 16 Februari 2014 12:07 wib
Jakarta – Situs Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta kembali dinobatkan sebagai situs terpopuler nomor wahid se-Indonesia. Ranking tersebut diberikan berdasarkan pemeringkatan Webometrics versi Januari 2014. Peringkat kedua dan ketiga juga tidak mengalami perubahan. Baik Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Indonesia tetap setia menghuni ranking dua dan tiga. Kemudian, Universitas Airlangga (UA) Surabaya sukses meroket ke posisi empat dari ranking 10 pada pemeringkatan sebelumnya. Kesuksesan tersebut juga diikuti oleh Universitas Padjadjaran (Unpad) yang berhasil naik empat peringkat dan kini menghuni ranking lima. Di peringkat enam, terdapat kampus asal Malang, yakni Universitas Brawijaya (UB) yang bergeser satu peringkat dari posisi sebelumnya. Sementara di peringkat tujuh dihuni kampus asuhan Sudharto P Hadi, yakni Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

…dst

11 ) Mobil Irit USU Raih 2 Juara di SEM 2014
http://kampus.okezone.com/read/2014/02/14/373/941190/mobil-irit-usu-raih-2-juara-di-sem-2014

Minggu, 16 Februari 2014 09:23 wib<
JAKARTA – Kemampuan generasi muda Tanah Air dalam mengawinkan bidang otomotif dan pemanfaatan energi terbarukan mendapat pengakuan dari dunia internasional. Selain Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, dan Universitas Indonesia (UI), Universitas Sumatera Utara (USU) menambah panjang daftar tersebut.Kemampuan itu dibuktikan Tim Horas Teknik Mesin USU dengan meraih gelar juara dalam ajang Sheell Eco Marathon (SEM) Asia 2014 di Manila, Filipina. Tim Horas USU menyabet juara pertama dan kedua dalam lomba mobil rakitan teririt yang diikuti oleh 15 negara dari Asia dan Timur Tengah itu.Ketua Tim Horas Himsar Ambaritha mengaku puas dengan capaian tersebut. Dia menyebut, ada dua tim yang diturunkan USU dalam lomba mobil rakitan mahasiswa ini. Keduanya berlaga di kelas Urban Concept.

…dst

12 ) Mahasiswa UBH Jawara Pidato Internasional di Jepang
http://kampus.okezone.com/read/2014/02/17/373/941980/mahasiswa-ubh-jawara-pidato-internasional-di-jepang

Senin, 17 Februari 2014 12:01 wib
PADANG – Mahasiswa jurusan Sastra Jepang Universitas Bung Hatta menorehkan prestasi di kancah internasional dalam kegiatan perlombaan pidato berbahasa Jepang. Kali ini, Anita Anggraini berhasil mendapatkan juara I lomba pidato internasional ke-7 yang dilaksanakan pada 8 Februari 2014 lalu di Kota Amagasaki Hyogo, Jepang. Mahasiswa angkatan 2009 ini membawakan pidato yang berjudul Magokoro Komete Egano No Sabisu atau Pelayanan Dengan Senyuman yang Tulus. Ia mengalahkan peserta pesaingnya dari Cina yang mendapatkan juara kedua disusul Taiwan di posisi ketiga. Peserta lomba pidato ini berasal Jepang, Indonesia, China, Taiwan, Vietnam, Korea Selatan, dan Amerika.

…dst

13 ) Juara I Lomba Debat Kalahkan UI, Mahasiswa UMI ke London
http://makassar.tribunnews.com/2014/02/15/juara-i-lomba-debat-kalahkan-ui-mahasiswa-umi-ke-london

Sabtu, 15 Februari 2014 18:16 WITA

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM – Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muslim Indonesia berhasil menjuarai debat bertajuk “Aspirasi untuk Negeri” yang diselenggarakan Bank BNI 46 dan disiarkan langsung TVONE, Sabtu (15/2/2014) sore. UMI mengalahkan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Tema debat tentang kebebasan beragama mengantarkan UMI juara. Tim debat dari UMI terdiri Andri Mamonto, Rezki Ramadhani, dan Andi Mangeppe Manggabarani. Atas prestasi ini, mereka mendapatkan uang tunai Rp 30 juta dan beasiswa magang di BNI London, Inggirs, Pengumuman UMI sebagai juara debat disampaikan CEO BNI 46, Gatot M Suwondo dan disaksikan Menteri Koperasi dan UKM, Syarif Hasan.

…dst

14 ) Mahasiswa UI Jadi Wakil RI di Peradilan Semu Washington
http://kampus.okezone.com/read/2014/02/14/373/941183/mahasiswa-ui-jadi-wakil-ri-di-peradilan-semu-washington-dc

Sabtu, 15 Februari 2014 09:26 wib
Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) kembali menuai prestasi. Kali ini, giliran tim peradilan semu Fakultas Hukum (FH) UI yang berhasil keluar sebagai jawara dalam “National Rounds of Phillip C. Jessup International Law Moot Court Competition 2014.” Pada kompetisi yang digelar di Universitas Pelita Harapan (UPH) itu, tim FH UI menyabet gelar sebagai juara pertama serta First and Second Best Oralist. Tim yang tergabung dalam International Law Moot Society (ILMS) itu terdiri atas Miftahul Khairi, Theodore Amarendra, Carissa Tehputri, dan Greita Anggraeni. Bersama-sama mereka berhasil meraih peringkat pertama piala Mochtar Kusuma Atmadja Award serta First Best Oralist yang dimenangkan oleh Miftahul Khairi. Tidak hanya itu, Theodore Amarendra pun dinyatakan sebagai Second Best Oralist. Demikian, seperti disitat dari laman UI Sabtu (15/2/2014).

…dst

15 ) Unair buka kampus di Banyuwangi
http://www.antaranews.com/berita/419223/unair-buka-kampus-di-banyuwangi

Sabtu, 15 Februari 2014 21:25 WIB
Banyuwangi (ANTARA News) – Universitas Airlangga Surabaya berencana membuka perkuliahan di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, pada tahun ini sebagai langkah awal dari pendirian kampus perguruan tinggi negeri ternama itu di daerah berjuluk “Sunrise of Java“. Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas ketika dihubungi di Banyuwangi, Sabtu, mengemukakan kepastian pendirian kampus Unair tersebut merupakan hasil pertemuan pihaknya dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, Dirjen Dikti Djoko Santoso, dan Rektor Unair Fasich belum lama ini. Untuk tempat perkuliahan, lanjut Anas, pihaknya menyiapkan gedung SMA Negeri 1 Giri sebagai fasilitas awal, selama menunggu proses pembangunan kampus Unair yang permanen.

…dst

16 ) Kelola Dana Rp 1,06 T, UNHAS akan terima 125 CPNS
http://www.jpnn.com/read/2014/02/15/216611/Kelola-Dana-Rp-1,06-T,-Unhas-Akan-Terima-125-CPNS-

Sabtu, 15 Februari 2014 , 00:21:00
Tahun ini, Universitas Hasanuddin (Unhas), Sulawesi Selatan akan mengelola dana Rp 1,06 triliun. Rinciannya, Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) sebesar Rp 818 miliar, dana hibah Rp 8,2 miliar, dana pembangunan sarana dan prasarana Rp 95 miliar, dan Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) Rp 71,8 miliar. Ini disampaikan Wakil Rektor II Bidang Keuangan dan Administrasi Umum Unhas, Dr Andi Wardihan Sinrang. Dia mengatakan, ada beberapa peningkatan anggaran tahun ini. Salah satunya dana BOPTN dari sebelumnya hanya Rp64 miliar tahun lalu menjadi Rp71,8 miliar tahun ini. Selain itu masih ada tambahan Rp8,2 miliar untuk dana pengabdian dan penelitian mahasiswa. Dengan demikian, total anggatan untuk BOPTN sebenarnya mencapai Rp80 miliar. Wardihan berharap realisasi belanja akan bisa dimaksimalkan hingga akhir tahun. Bahkan dia meminta setiap fakultas membuat pertemuan ilmiah setiap tahun. “Saldo kita tahun lalu itu sampai akhir masih ada Rp 98 miliar,” kata Wardihan seperti yang dilansir FAJAR (JPNN Group), Jumat (14/2). Selain itu, dia juga menjelaskan tentang rencana pengangkatan 125 CPNS di Unhas menjadi PNS. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan kinerja universitas terkait dengan administrasi kepegawaian. Apalagi, menurutnya dengan visi Unhas 2030 harus ditata segera. “Badan Pemeriksa Keuangan (BKP) juga akan segera turun melakukan audit pada Maret ini. Unhas sudah menerapkan BLU sejak 2009,” tambahnya.

…dst

17 ) Ketua DPR minta Mendikbud adil pada PTS
http://www.antaranews.com/berita/419087/ketua-dpr-minta-mendikbud-adil-pada-pts

Jumat, 14 Februari 2014 21:19 WIB
Surabaya (ANTARA News) – Ketua DPR RI Marzuki Alie meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bersikap adil terhadap perguruan tinggi swasta, karena jumlah PTS lebih banyak dibanding perguruan tinggi negeri, yakni 3.218 PTS dan 93 PTN.”Faktanya, perhatian pemerintah terhadap PTS tidak sebanding kepada PTN, padahal peran PTS itu mencapai 70-an persen dan tanpa peran segitu, maka APK (angka partisipasi kasar) dalam pendidikan akan rendah,” katanya di Universitas Narotama Surabaya, Jumat.Di hadapan ratusan mahasiswa Unnar dan sejumlah rektor yang tergabung dalam APTISI Jawa Timur, ia menjelaskan rendahnya perhatian pemerintah terhadap PTS itu bisa saja disebabkan keberadaan Mendikbud yang berasal dari PTN dan bukan PTS.

…dst

18 ) Tertutup Abu Gunung Kelud, Unesa Tidak Libur
http://kampus.okezone.com/read/2014/02/14/373/940723/tertutup-abu-gunung-kelud-unesa-tidak-libur

Jum’at, 14 Februari 2014 09:48 wib
Kota Surabaya diguyur hujan abu vulkanik akibat letusan Gunung Kelud, Kamis, 13 Februari malam. Semua sudut Surabaya terselimuti abu vulkanik, tidak terkecuali kampus Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Dilansir laman Unesa, Jumat (14/2/2014), debu menutupi sepeda motor mahasiswa yang diparkir. Tanaman penghijau kampus juga memutih, berselimutkan debu vulkanik.Meski demikian, kegiatan perkuliahan di kampus pencetak calon guru ini tidak diliburkan. Pagi ini banyak mahasiswa Unesa datang ke kampus. Mereka mengenakan jaket dan masker untuk menghalau abu vulkanik. Perkuliahan di Unesa tetap berjalan. Meski demikian, banyak juga mahasiswa yang absen.

…dst

19 ) 303 WNI Sabet Beasiswa Australia Awards Fellowships
http://kampus.okezone.com/read/2014/02/13/373/940582/303-wni-sabet-beasiswa-australia-awards-fellowships

Jum’at, 14 Februari 2014 10:05 wib
Tahun ini, sebanyak 303 Warga Negara Indonesia (WNI) menerima Australia Awards Fellowships. Penerima beasiswa tersebut diumumkan langsung oleh Duta Besar (Dubes) Australia untuk Indonesia Greg Moriarty. Moriarty pun gembira mengumumkannya bahwa para penerima beasiswa yang terpilih tersebut akan menerima pelatihan jangka pendek dan peluang pengembangan profesi di Australia. Saya gembira menyaksikan warga Indonesia sebagai kelompok terbesar yang menerima beasiswa global ini. Beasiswa ini memperlihatkan komitmen jangka panjang Pemerintah Australia pada tetangga-tetangga kami sebagai tanggapan atas berbagai macam isu pembangunan,” ujar Moriarty dalam siaran pers yang diterima, Jumat (14/2/2014). Tahun kuda ini, Australia Awards Fellowships juga akan menawarkan kesempatan bagi 1.172 pemimpin yang telah mapan maupun sedang muncul, serta para profesional karier menengah dari 59 negara berkembang untuk melakukan penelitian, kajian dan peluang pengembangan profesional jangka pendek di Australia dengan organisasi-organisasi Australia.

…dst

20 ) Pendidikan Doktor untuk Rakyat
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2014/02/14/252492/Pendidikan-Doktor-untuk-Rakyat

SEMARANG – Unissula membuat terobosan sistem perkuliahan S-3 dengan memberi kesempatan seluas-luasnya bagi lapisan masyarakat untuk menempuh studi doktoral. Hal tersebut dikemukakan Ketua Program Doktor Ilmu Hukum (PDIH) Fakultas Hukum Unissula Prof Dr Gunarto SH SE Akt  MHum kepada Suara Merdeka, Kamis (13/2). Menurutnya, memberikan kemudahan menempuh program doktor juga mengemban amanah undang-undang. ”Semua golongan masyarakat berhak mendapat pendidikan layak dan setinggi-tingginya. Unissula berupaya mewujudkan hal tersebut untuk masyarakat yang memang membutuhkan,” tuturnya ditemui di ruang kerjanya. Meski membuka kesempatan luas menempuh S-3, bukan berarti pengelola mengabaikan kualitas. Kualitas justru terus ditingkatkan untuk menjawab kebutuhan masyarakat dan pembentukan lulusan yang profesional.

…dst

21 ) Unair Ajak Masyarakat Kenali Indikasi “Spektrum Autisme”
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/126957/unair-ajak-masyarakat-kenali-indikasi-spektrum-autisme

13 Peb 2014 11:49:20
Surabaya (Antara Jatim) – Fakultas Psikologi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya mengajak masyarakat ntuk mengenali “Spektrum Autisme” atau “Autism Spectrum Disorder” (ASD) yang dilansir WHO pada tahun 2013 terdapat 112.000 anak usia 5-19 tahun yang terindikasi ASD. “Di Indonesia belum ada data pasti, tapi orang tua selama ini baru membawa anaknya ke dokter atau ahli lainnya saat si anak terlambat berbicara tanpa tahu apakah anak tersebut terindikasi ASD atau tidak,” kata Dekan Fakultas Psikologi Unair Dr Seger Handoyo di Surabaya, Kamis.Oleh karena itu, pihaknya merayakan Peringatan 31 Tahun Pendidikan Psikologi Unair dengan mengadakan seminar bertajuk “Memahami Profil dan Karakteristik Anak dengan Spektrum Autisme” sebagai komitmen Fakultas Psikologi Unair dalam meningkatkan kesehatan masyarakat.

…dst

22 ) Relawan Terbatas, PMI Bekasi Senang Kedatangan Mahasiswa UGM
http://kampus.okezone.com/read/2014/02/13/373/940395/relawan-terbatas-pmi-bekasi-senang-kedatangan-mahasiswa-ugm

Kamis, 13 Februari 2014 18:12 wib
Tim Relawan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebencanaan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta tiba di Kabupaten Bekasi. Kehadiran rombongan tersebut mendapat sambutan positif dari Sekretaris Markas PMI Kabupaten Bekasi Teguh Wahyudi yang merasa kekurangan tenaga bantuan. Teguh mengungkap, PMI Kabupaten Bekasi hanya memiliki 10-20 relawan. Meski telah mendapat bantuan dari Unit Kerja Suka Rela (KSR) yang berasal dari para pelajar SMA/SMK/MA atau sederajat, Unit Tenaga Suka Rela dan PMI Tangerang Selatan, serta PT Sneidjer untuk ketersediaan dan pendistribusian bantuan, mereka masih membutuhkan banyak relawan. “Relawan kami terbatas. Meski dekat Jakarta, keberadaan universitas masih jarang sehingga tenaga relawan dari mahasiswa masih dibutuhkan,” ujar Teguh, seperti dikutip dari laman UGM, Kamis (13/2/2014).

…dst

23 ) Mahasiswa Bidikmisi Juga Bisa Kuliah ke Luar Negeri
http://kampus.okezone.com/read/2014/02/13/373/940549/mahasiswa-bidikmisi-juga-bisa-kuliah-ke-luar-negeri

Kamis, 13 Februari 2014 19:52 wib
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan pada 27 Februari 2014 pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan mengadakan Forum Silaturahmi Nasional Bidikmisi.”Forum Silaturahmi Nasional Bidikmisi ini dibentuk untuk saling berbagi di antara sesama penerima bidikmisi, baik selama kuliah maupun sudah lulus,” ujarnya di Kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Kamis (13/2/2014). M. Nuh melanjutkan, sebanyak 16 mahasiswa bidikmisi sudah ada yang diwisuda dari Fakultas Kedokteran (FK) dengan IPK 2,79 hingga 3,59. “Ketika saya di Bengkulu ke Universitas Jambi, ada mahasiswa bidikmisi yang lulus tiga tahun dua bulan dengan IPK 3,77,” ucapnya.Kemudian, bagi anak-anak lulusan Fakultas Kedokteran, bidikmisi akan memberikan pendidikan profesi, sehingga diharapkan mereka bisa jadi dokter. Sementara bagi nonprofesi, jika IPK sangat bagus, maka akan diberikan beasiswa S2, baik dalam negeri maupun luar negeri.

…dst

24 ) Pendaftaran Bidikmisi 2014 Dimulai Mei
http://kampus.okezone.com/read/2014/02/13/373/940390/pendaftaran-bidikmisi-2014-dimulai-mei

Kamis, 13 Februari 2014 16:11 wib
JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, program Bidikmisi yang digagas dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan dimulai pendaftarannya bertepatan pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014 pada Mei. “Bidikmisi bertepatan pada SNMPTN 2014 Mei 2014. Jadi, pasti nanti akan ada distribusi setiap perguruan, kalau sekarang belum,” ujar M Nuh, di Kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Kamis (13/2/2014). M Nuh melanjutkan, yang menjadi pertimbangan Bidikmisi berbeda-beda. Tergantung dari daya tampung perguruan tinggi itu sendiri. “Ada faktor proposionalitas terhadap 20 persen, untuk yang kurang mampu dan daerah terpencil bagian dari itu. Kalau penerimaan daya tampung 5.000, maka beda dengan yang daya tampung 2.000,” ucapnya. Pada pelaksanaan Bidikmisi tahun lalu, proses seleksi juga dilihat dari track record universitas pada tahun sebelumnya. Dia mencontohkan, Bidikmisi untuk ITB. Jika terserap tidak serta-merta dihabiskan. Tetapi akan ditarik ke pusat. “Jadi nanti ditambahkan ke tempat yang kurang. Bidikmisi 60 ribu yang baru ini harus terserap semuanya,” ungkapnya.

…dst

25 ) UMS Bangun Kawasan Edupark Berisi 100 Tanaman Langka
http://www.pikiran-rakyat.com/node/269958

Kamis, 13/02/2014 – 16:43
SOLO, (PRLM).-Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) membangun sebuah kawasan terbuka hijau yang diberi nama edupark untuk masyarakat umum, diresmikan Rektor UMS Prof. Dr. Bambang Setiyaji bersama Bupati Kutai Barat Ismail Thomas, Kamis (14/2/14).Kawasan terbuka hijau seluas 6,5 hektar dan dibangun dengan biaya Rp 300 miliar lebih itu, berada di lokasi strategis jalan Adi Sucipto, Solo. Menurut Kepala Humas UMS, Anam Sutopo, edupark UMS yang dibangun tahun 2009 baru selesai pada 2011. “Sebenarnya sudah selesai beberapa tahun lalu, namun pemanfaatan menunggu kelengkapan tanaman dan tanaman tumbuh hijau, sehingga baru dibuka sekarang,” kata Anam kepada wartawan. Edupark UMS tersebut, sambung Anam, akan dimanfaatkan untuk konservasi lingkungan dan tempat penyegaran publik. Sebagai tempat penyegaran publik, edupark dilengkapi dengan beragam fasilitas, seperti taman bermain, lapangan sepak bola, trotoar untuk bersepeda, dan bangku-bangku taman, serta toilet.

…dst

26 ) 31 Mahasiswa S-2 Dunia Siap Belajar di UGM
http://kampus.okezone.com/read/2014/02/12/373/939941/31-mahasiswa-s-2-dunia-siap-belajar-di-ugm

Kamis, 13 Februari 2014 08:01 wib
Sebanyak 31 mahasiswa program pascasarjana dari berbagai negara di belahan dunia akan berkumpul di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta guna mengikuti International Summer School. Dalam program tersebut, mereka akan mengenal sejarah dan peninggalan budaya di ASEAN. Bertajuk Return to the Past: Memory Making and Heritage in Southeast Asia, kegiatan tersebut rencananya akan dihelat pada 24 Februari hingga 7 Maret 2014. Program yang terselenggara berkat kerja sama dengan Universität Humboldt, Jerman dan Universiti Sains Malaysia itu diikuti oleh para mahasiswa dari disiplin ilmu humaniora dan ilmu politik. Koordinator Program Summer School Indonesia Widaratih Kamiso mengatakan, nantinya pada minggu pertama peserta akan mengikuti perkuliahan di kelas untuk mengenal sejumlah teori utama mengenai memori dan warisan budaya.

…dst

27 ) Dubes Perancis Kecewa, Sangat Sedikit Pelajar Indonesia di Perancis
http://edukasi.kompas.com/read/2014/02/13/2006203/Dubes.Perancis.Kecewa.Sangat.Sedikit.Pelajar.Indonesia.di.Perancis

Kamis, 13 Februari 2014 | 20:06 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -Kekuatan negara tidak semata-mata bertumpu pada kemampuan melobi atau kedekatan wakil rakyat dengan media. Negara mampu menjadi kuat bila rakyatnya sejahtera, dan kesejahteraan bisa dimulai dari pendidikan. Karena itulah, Pemerintah Perancis melalui Maison de la Science (Rumah Ilmu Pengetahuan) menawarkan salah satu jalan keluar untuk mengembangkan potensi sumber daya manusia Indonesia, yaitu melalui jalan pendidikan. Demikian diungkapkan Duta Besar Prancis untuk Indonesia Corinne Breuze pada acara peresmian Maison de la Science di Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (11/2/2014). Breuze menyatakan bahwa Peranis akan mendukung sebanyak mungkin pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Menurut Konselor Kerjasama dan Kebudayaan, Direktur Institut Perancis di Indonesia, Bertrand de Hartingh, pada dasarnya potensi SDM Indonesia luar biasa. Kaum cendekiawan, para akademisi, dan tenaga-tenaga di tingkat kepala maupun managerial perusahaan, badan, serta organisasi memiliki kualitas di atas rata-rata. Sayangnya, secara umum, Indonesia punya dua kelemahan. Pertama, penelitian di Indonesia kurang mendapat dukungan dan perhatian. Kedua, Indonesia secara umum juga belum menaruh perhatian pada middle management. Padahal, hal ini penting dalam segala bidang.

…dst

28 ) Sarjana Pendidikan Harus Ikut PPG
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2014/02/13/252318/Sarjana-Pendidikan-Harus-Ikut-PPG

13 Februari 2014
JAKARTA – Semua sarjana pendidikan diwajibkan untuk mengikuti pendidikan profesi guru (PPG). Kebijakan tersebut diberlakukan untuk melahirkan guru-guru yang profesional. ”Sama halnya dengan sarjana farmasi, tidak identik dengan apoteker. Karena itu, seorang lulus­an bergelar SPd (sarjana pendidikan) baru bisa disebut sebagai guru setelah mereka mengikuti PPG,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh. Program PPG merupakan amanat Permendikbud Nomor 87 Tahun 2013 tentang Program Pendidikan Profesi Guru Praja­batan. Menurut ketentuan itu, PPG merupakan program pendidikan untuk mempersiapkan lulusan S-1 Kependidikan atau S-1/D-4 nonkependidikan yang memiliki minat untuk menjadi seorang guru. Setelah mengikuti PPG, lanjut Nuh, yang bersangkutan berhak mendapatkan sertifikat pendidik profesional dan otomatis menda­pat gelar GR yang diletakkan di belakang namanya. Sebab, guru merupakan profesi, sama seperti dokter.

…dst

29 ) Unnes Gandeng KPK
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2014/02/13/252317/Unnes-Gandeng-KPK

13 Februari 2014
SEMARANG – Universitas Negeri Semarang (Unnes) bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mewujudkan universitas berintegritas. Dua lembaga ini juga akan bekerja sama mengembangkan pendidikan antikorupsi di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Jawa Tengah. Dalam pertemuan yang digelar Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum dengan Ketua KPK Abraham Samad di Jakarta, Selasa (11/2), kerja sama itu dibahas. Kedua lembaga sepakat melanjutkan kerja sama yang terjalin sejak 2006 saat KPK masih dipimpin Taufiqurohaan Ruki.Fathur menjelaskan, sejak saat itu berbagai kegiatan telah dilaksanakan untuk bahu-membahu memerangi korupsi. Saat pimpinan KPK dipimpin Antasari Azhar kemudian digantikan Busyro Muqodas, kerja sama tersebut terus dilaksanakan.

…dst

30 ) Indonesia pecahkan rekor Asia mobil teririt
http://nasional.sindonews.com/read/2014/02/12/15/835176/indonesia-pecahkan-rekor-asia-mobil-teririt

Rabu,  12 Februari 2014  ?  19:58 WIB
Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) yang tergabung dalam tim Sadewa Otto, berhasil memecahkan rekor Asia dengan pencapaian satu liter bensin untuk 301 kilometer per liter (km/l), pada kategori urban concept melalui mobil bernama Kalabia Evo-4. Keberhasilan tersebut mengantarkan tim Sadewa Otto menjadi juara satu pada ajang Shell Eco Marathon (SEM) Asia 2014, di Luneta Park Manila, Filipina, 6 sampai 9 Februari 2014. Kalabia Evo-4 berhasil meningkatkan performanya dua kali lipat dibandingkan tahun lalu, yang baru mencapai jarak tempuh 152,3 km/l. Selain unggul pada kategori urban concept UI juga meraih peringkat empat besar pada kategori prototype dengan bahan bakar bensin di ajang yang sama melalui tim Nakoela dengan nama mobil Keris RV berjarak tempuh 342,48 km/l.

…dst

31 ) 30 Senator Unhas Gugat Hasil Pemilihan Rektor
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/14/02/13/n0vva9-30-senator-unhas-gugat-hasil-pemilihan-rektor

Rabu, 12 Februari 2014, 19:42 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR — Sebanyak 30 senator Universitas Hasanuddin menggugat hasil pemilihan Rektor ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Makassar, di mana Prof Dr Dwia Ariestina MA meraih suara terbanyak. Penasehat Hukum Penggugat Dede Arwinsyah mengatakan, 30 senator menganggap ada penggelembungan suara saat pemilihan Rektor Unhas yang dimenangkan oleh Prof Dr Dwia Aries Tina MA beberapa waktu lalu. “Isi gugatan yang diajukan ke PTUN Makassar yakni gugatan pembatalan hasil berita acara suara pada pemilihan Rektor Unhas dan penetapan hasil penghitungan suara yang dinilai ada kekeliruan dan penggelembungan,” katanya.

…dst

32 ) Fajrul Falaakh, Pakar dengan Segudang Ilmu
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2014/02/12/3/215371/Fajrul-Falaakh-Pakar-dengan-Segudang-Ilmu

Rabu, 12 February 2014 | 15:28 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Pakar Hukum Tata Negara dari Universita Gadjah Mada (UGM) Fadjroel Falaakh meninggal dunia di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta, sekira pukul 13.00 WIB. Almarhum meninggal dunia diusia 55 tahun, dikabarkan karena sakit ginjal yang dideritanya. Dia lahir di Gresik, Jawa Timur, 2 April 1959. Fajrul Falaakh dikenal sebagai pakar hukum tata negara yang juga Guru Besar dan dosen Universitas Gadjah Mada (UGM). Dia Menyelesaikan Sarjana Muda Hukum tahun 1981 dan Sarjana Hukum Kenegaraan tahun 1983 di UGM. Dia juga memperoleh banyak gelar pendidikan bergengsi dari manca negara antara lain London School of Oriental and African Studies, London School of Economics and Political Science, dan meraih British Chevening Scholar serta Fulbright Scholar on US Constitution, dan Eisenhower Fellow.

…dst

33 ) Kelulusan Tetap Sah
Unswagati Tarik Kembali Ijazah Alumninya
http://www.pikiran-rakyat.com/node/269762

Rabu, 12/02/2014 – 15:38
CIREBON, (PRLM).- Pihak Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati) akhirnya menarik kembali ijazah 1.090 lulusannya yang diwisuda pertengahan Januari 2014 lalu. Penarikan ijazah yang ditandatangani oleh Rektor Unswagati Djakaria Machmud dilakukan, menyusul pencabutan SK No 51/YPSGJ/VIII/2013 tanggal 26 Agustus 2013 tentang perpanjangan masa jabatan Rektor Unswagati. Sebagai konsekuensi dari pencabutan SK No 51, produk hukum yang ditandatangangi oleh Rektor Djakaria Machmud batal demi hukum. Namun Ketua Yayasan Pendidikan Swadaya Gunung Jati Cirebon Asep Djajuli menjamin, ijazah itu tetap sah sebagai tanda kelulusan mahasiswa yang bersangkutan. “Yang meluluskan mahasiswa kan fakultas masing-masing bukan Rektor. Tanda tangan Rektor kan hanya legalisasi saja, sehingga ijazah mereka tetap sah, hanya harus ditarik untuk diganti tanda tangannya dengan Rektor yang akan terpilih nanti,” ujar Asep didampingi Kepala Biro Humas Unswagati Harmono seusai rapat senat yang dihadiri oleh 42 orang anggota senat, Rabu (12/2/2014).

…dst

34 ) Rektor Unswagati Mundur
http://www.pikiran-rakyat.com/node/269458

Senin, 10/02/2014 – 16:12
CIREBON, (PRLM).- Rektor Universitas Swadaya Gunungjati Cirebon Djakaria Machmud, akhirnya mengundurkan diri. Menurut informasi, pengunduran diri Djakaria disampaikan secara terbuka saat memimpin apel pagi di Unswagati Senin (10/2/2014). Dalam pesannya di hadapan peserta apel, minta maaf kepada semua pihak di Unswagati. Djakaria berharap penggantinya kelak lebih dari dirinya. Pengunduran diri Djakaria di tengah perkara gugatan PTUN yang diajukan sejumlah mahasiswa kepada pihak yayasan, atas SK yayasan yang memilih kembali Djakaria, cukup mengagetkan. Namun sejauh ini, pihak Yayasan Pendidikan Swadaya Gunung Jati Cirebon, belum memberikan tanggapan atas pengunduran diri. Sejumlah dosen yang dihubungi mengakui perkembangan pesat yang dialami Unswagati sejak kepemimpinan Djakaria. “Sampai tahun 2005 saja, jumlah mahasiswa baru hanya 700-an. Sekarang jumlah mahasiswa baru sudah lebih dari 3.000 orang,” ujar seorang dosen yang enggan disebut namanya.

…dst

35 ) Pelamar Tunggal Bukan Jaminan Lulus CPNS
http://kampus.okezone.com/read/2014/02/12/373/939478/pelamar-tunggal-bukan-jaminan-lulus-cpns

Rabu, 12 Februari 2014 08:55 wib
JAKARTA – Menjadi satu-satu pelamar pada formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) bukan berarti Anda langsung lolos. Anda tetap harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS. Kepala Biro Kepegawaian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Totok Suprayitno, menegaskan, anggapan masyarakat umum bahwa pelamar tunggal di suatu formasi CPNS akan otomatis diterima adalah salah besar. Pelamar tunggal itu tetap harus menjalani semua tahapan seleksi, tidak ada pengecualian. “Bisa jadi dia lolos pada seleksi Tes Kemampuan Dasar (TKD). Namun, pada seleksi berikutnya, yaitu Tes Kemampuan Bidang (TKB) kebetulan dia tidak lolos. Maka formasi itu akan dibiarkan kosong,” kata Totok seperti dikutip dari laman Kemendikbud, Rabu (12/22014).

…dst

36 ) Calon Guru Wajib Ikuti Pendidikan Profesi
http://kampus.okezone.com/read/2014/02/12/373/939480/calon-guru-wajib-ikuti-pendidikan-profesi

Rabu, 12 Februari 2014 10:32 wib
JAKARTA – Gelar Sarjana Pendidikan (SPd.) bukanlah tiket emas seseorang untuk menjadi guru. Lulusan Fakultas Keguruan pun wajib mengikuti pendidikan profesi guru (PPG) sebelum ditahbiskan sebagai tenaga pengajar. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh menjelaskan, SPd. adalah gelar akademik, bukan gelar profesi. Hal ini sama dengan gelar Sarjana Kedokteran (S.Ked.) yang belum menunjukkan kualifikasi seseorang sebagai dokter. “Begitu juga halnya dengan sarjana farmasi, tidak identik dengan apoteker. Karena itu, seorang lulusan bergelar S.Pd baru dapat disebut sebagai guru setelah mereka mengikuti PPG,” papar Nuh, seperti disitat dari laman Kemendikbud, Rabu (12/2/2014).

…dst

37 ) ITB & Unmul Jawara Kompetisi Pertambangan di Asia Tenggara
http://kampus.okezone.com/read/2014/02/11/373/939149/itb-unmul-jawara-kompetisi-pertambangan-di-asia-tenggara

Selasa, 11 Februari 2014 15:50 wib
JAKARTA -Dua universitas, yakni Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Mulawarman (Unmul) meraih medali emas dalam Kompetisi Pertambangan Bergengsi Tingkat Asia Tenggara, di ajang Indonesian Students Mining Competition (ISMC) IX dan South East Asian Students Mining Competition (SEASMC) I. Perolehan medali emas, terdiri dari tim Red Alligator dari HMT ITB lima medali emas, satu medali perak, dan dua medali perunggu. Universitas Mulawarman memperoleh empat medali emas, dua medali perak, dan dua medali perunggu. Sedangkan tim dari Universitas Sriwijaya (Unsri) menduduki juara ketiga. Demikian seperti dikutip dari laman ITB Selasa (11/2/2014).Acara yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan (HMT) ITB tersebut dihelat selama enam hari penuh mulai dari 4-9 Februari 2014 lalu. Acara ini juga berhasil dilaksanakan dengan sukses dan mengundang banyak perhatian, baik dari peserta maupun masyarakat.

…dst

38 ) Daftar Beasiswa Australia Awards 2015!
http://kampus.okezone.com/read/2014/02/10/368/938460/ayo-daftar-beasiswa-australia-awards-2015

Selasa, 11 Februari 2014 08:02 wib
JAKARTA – Pemerintah Australia memberikan kesempatan beasiswa bagi para pelajar internasional yang ingin menempuh studi S-1 dan pascasarjana. Pendaftaran Australia Awards, dulu bernama Australian Development Scholarships, bagi pelajar Indonesia dibuka hingga 18 Juli 2014. Beasiswa penuh ini berada di bawah pengelolaan AusAID dan ditujukan untuk pengembangan karier jangka panjang para mahasiswa. Beasiswa akan diberikan kepada mahasiswa dari negara berkembang, termasuk Indonesia. Penerima beasiswa Australia Awards akan mendapatkan biaya studi penuh, biaya perjalanan udara dari dan ke Australia dengan pesawat kelas ekonomi, biaya kedatangan sebesar 5.000 dolar Australia (Rp54,3 juta) untuk akomodasi, buku teks dan bahan pembelajaran serta bantuan biaya hidup 30 ribu dolar Australia (Rp325,9 juta) per tahun.

…dst

39 ) Anak Petani Juga Bisa Jadi Sarjana Kedokteran
http://kampus.okezone.com/read/2014/02/10/373/938667/anak-petani-juga-bisa-jadi-sarjana-kedokteran

Selasa, 11 Februari 2014 07:33 wib
JAKARTA – Ada kemauan, pasti ada jalan. Prinsip ini yang terus dipegang Suwanda Wahyudin. Meski anak seorang petani, Suwanda berhasil membuktikan diri dengan menyandang gelar Sarjana Kedokteran dari Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung melalui beasiswa Bidikmisi. Sejak kecil, Suwanda sudah terbiasa hidup sederhana dan membantu sang ayah bekerja sebagai buruh tani. Di balik itu, dia memiliki memiliki cita-cita mulia, yakni menjadi seorang dokter karena ingin membantu orang lain sebagai bentuk ibadah. Cita-cita itu mendapat dukungan dari orangtuanya. Ketika SMA, Suwanda meminta izin pada orangtuanya untuk berhenti bekerja karena harus belajar lebih giat lagi. “Mangga, sok aja. Belajar yang benar, sok sama Bapak diusahain bekerja mah,” tutur Suwanda mencontohkan apa yang disampaikan orangtuanya dulu, seperti laman Unpad, Selasa (11/2/2014).

…dst

40 ) UNS Raih Dana Penelitian Rp66,9 M
http://kampus.okezone.com/read/2014/02/11/373/939083/uns-raih-dana-penelitian-rp66-9-m

Selasa, 11 Februari 2014 14:12 wib
SOLO – Sepanjang 2013, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta meraih dana penelitian sebesar Rp66,9 miliar. Dana tersebut diraih melalui kompetisi Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNS. Ketua LPPM UNS, Prof Dr. Ir. Darsono, M.Si. menjelaskan, dana tersebut di antaranya berasal dari DIPA DP2M Dikti sebesar Rp10,8 miliar, insentif SINAS Kementerian Riset dan Teknologi sebesar Rp3,5 miliar, Balitbang Pertanian RI sebesar Rp154 juta, DIPA BOPTN UNS sebesar Rp24,4 miliar dan DIPA PNBP/BLU UNS sebesar Rp1,5 miliar. Ada juga dana dari kerjasama lain dengan Lembaga Pemerintah maupun non pemerintah, yakni Rp22,2 miliar.

…dst

41 ) Beda Sirkuit, Sapu Angin ITS Tetap Juara
http://kampus.okezone.com/read/2014/02/11/373/939000/beda-sirkuit-sapu-angin-its-tetap-juara

Selasa, 11 Februari 2014 14:03 wib
JAKARTA – Mobil listrik Sapu Angin buatan mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menjuarai lomba mobil irit mahasiswa se-Asia, Shell Eco Marathon (SEM) Asia 2014. Meski lomba kali ini digelar di sirkuit yang berbeda, Sapu Angin membuktikan kedigdayaan mereka dibandingkan mobil tim kampus lain se-Asia. Biasanya, SEM dihelat di Sirkuit Sepang, Malaysia, dan baru tahun ini diselenggarakan di Filipina. Meski demikian, berbagai kendala dan tantangan tidak menyurutkan nyali tim Sapu Angin ITS untuk mempertahankan prestasi yang telah mereka raih selama tiga tahun berturut-turut. Kemenangan kali ini pun menjadi kali keempat ITS menjuarai SEM Asia.

…dst

42 ) Mahasiswa RI Juara di Lomba Mobil Irit Dunia
http://kampus.okezone.com/read/2014/02/10/373/938411/mahasiswa-ri-juara-di-lomba-mobil-irit-dunia

Senin, 10 Februari 2014 11:13 wib
Tim mahasiswa Indonesia dan Thailand menyapu penghargaan di kompetisi mobil irit untuk mahasiswa, Shell Eco Marathon Asia di Quirino Grand Stand, 7-9 Februari 2014. Tim Indonesia meraih empat gelar dan tim Thailand menyabet tiga gelar juara. Indonesia dan Thailand bersaing dengan 13 negara lain dari Asia dan Timur Tengah. Total, 105 tim mahasiswa unjuk gigi dalam kategori Urban Concept : medium dan Prototipe. Mereka bertarung dengan menggunakan tujuh sumber energi berbeda. Setiap tim harus menempuh jarak paling jauh hanya dengan satu liter atau 1kWh bahan bakar. Tim mahasiswa Indonesia meraih empat penghargaan Urban Concept. Mereka adalah  Universitas Sumatera Utara (USU) untuk bahan bakar etanol, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) pada Urban Concept FAME, dan Politeknik Negeri Pontianak untuk bahan bakar diesel. Demikian dikutip dari Phil Star, Senin (10/2/2014).

…dst

43 ) Untan Kirim 25 Dosen ke Prancis
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/14/02/10/n0rx6r-untan-kirim-25-dosen-ke-prancis

Senin, 10 Februari 2014, 16:32 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK — Sebanyak 25 dosen di lingkungan Universitas Tanjungpura Pontianak dalam waktu dekat akan menempuh pendidikan lanjutan di Perancis.”Mereka akan berlatih secara intensif sebelum diberangkatkan ke Perancis,” kata Rektor Untan Prof Dr Thamrin Usman DEA di Pontianak, Senin.Menurut dia, latar belakang dosen beragam mulai dari ekonomi, pendidikan, kesehatan hingga teknik. Untan sebelumnya sudah melakukan kerja sama dengan pihak Perancis melalui Institute Nationale de Polytekniqe de Tolouse. “Kerja sama akan diperluas, dengan universitas yang ada di Perancis,” katanya.

…dst

44 ) UAD Jajaki Kerjasama Universitas di Belanda dan Jerman
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/14/02/11/n0su8c-uad-jajaki-kerjasama-universitas-di-belanda-dan-jerman

Selasa, 11 Februari 2014, 04:26 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta menjajaki kerja sama dengan dua universitas di Belanda dan satu universitas di Jerman untuk meningkatkan kemajuan akademik dan penelitian. “Penjajakan kerja sama di bidang akademik dan penelitian itu kami lakukan dengan mengunjungi ketiga universitas tersebut,” kata Rektor Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Kasiyarno di Yogyakarta, Senin. Menurut dia, ketiga universitas di negara Eropa itu adalah University of Groningen dan Leiden University Medical Centre, Belanda, serta University of Oldenburg, Jerman. Kunjungan kedua negara di Eropa itu, kata dia, dalam rangka persiapan kerja sama penelitian, pertukaran tenaga pengajar, pengiriman staf untuk studi S-3, dan penjajakan kerja sama konkret bidang akademik lainnya terutama yang ditawarkan dalam skema Ditjen Dikti.

…dst

45 ) SNMPTN Hanya untuk Lulusan 2014
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2014/02/10/251968/SNMPTN-Hanya-untuk-Lulusan-2014

10 Februari 2014
SEMARANG – Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014 hanya untuk siswa atau calon mahasiswa yang masih duduk di tingkat terakhir SMA/SMK/MA/MAK Tahun Akademik 2013/2014 dan mengikuti Ujian Nasional (UN) 2014. Selain itu, kesempatan tersebut juga diberikan kepada siswa yang sudah melaksanakan UN pada tahun 2013, khususnya untuk SMK empat tahun. Hal itu disampaikan Ketua Tim Sosialisasi SNMPTN Unnes Sucipto Hadi Purnomo, baru-baru ini. Dia mengatakan, seleksi ini hanya untuk calon lulusan SMA/sederajat tahun 2014. Sementara siswa lulusan tahun sebelumnya (2013 dan 2012) bisa mengikuti jalur lain, yakni Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan seleksi mandiri. ”Informasi ini perlu ditegaskan, mengingat sempat beredar informasi di kalangan siswa dan guru bahwa lulusan 2013 bisa mengikuti SNMPTN. Tentu saja informasi itu tidak benar,” ungkapnya.

…dst