1 ) Panitia SNMPTN Rahasiakan Nama Sekolah yang Di-blacklist

Jumat, 21 Februari 2014 , 05:40:00
JAKARTA – Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)2014 merahasiakan tujuh hingga 10 nama sekolah yang masuk daftar hitam (blacklist) di sejumlah universitas negeri. Ketua Panitia SNMPTN 2014 Ganjar Kurnia berdalih, pihaknya tidak mau membuka aib sekolah yang  dihapus dari daftar sekolah peserta SNMPTN tahun ini. “Kami sudah berkomitmen untuk tidak menyebut nama-nama sekolah karena itu aib,” ujar Ganjar, yang juga Rektor Universitas Padjajaran Bandung itu, saat dihubungi JPNN kemarin (20/2). Pria bergelar profesor itu menjelaskan, ketika sekolah masuk daftar blacklist, maka sistem yang dirancang Panitia SNMPTN akan menolak data yang dimasukkan sekolah itu. Nah, saat sistem komputerisasi itu menolak data, di layar akan muncul tulisan, yang meminta agar sekolah itu mengklarifikasi dulu persoalan ke pihak universitas, tempat sekolah itu mengirim data palsu siswa pada SNMPTN 2013. “Yang pertama mengentri data itu sekolah. Selanjutnya masing-masing siswa. Nah, ketika siswanya itu juga tak bisa memasukkan data ke sistem, maka otomatis pihak siswa akan bertanya ke pihak sekolah,” kata Ganjar.

…dst

2 ) Ini Dia 9 Kriteria Penilaian SNMPTN 2014

Kamis, 20 Februari 2014 15:31 wib
JAKARTA – Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah dibuka dan berlangsung hingga 31 Maret 2014. SNMPTN 2014 merupakan modifikasi sistem seleksi mahasiswa baru jalur undangan dua tahun silam. Lantas, bagaimana formula modifikasi itu? Berikut ini sembilan kriteria penilaian yang biasa digunakan PTN untuk menyeleksi calon maba melalui jalur SNMPTN, seperti dinukil dari laman Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Kamis (20/2/2014).

…dst

2 ) Ribuan Siswa SMA Terancam Tak Ikut SNMPTN

Kamis, 20 Februari 2014 | 08:25 WIB
JEMBER, KOMPAS.com — Ribuan siswa sekolah menengah atas (SMA) sederajat di empat kabupaten terancam tidak bisa mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2014. Sebab, mereka belum memasukkan data siswa ke Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Siswa tersebut berasal dari Jember, Banyuwangi, Situbondo, dan Bondowoso. “Padahal, pendaftaran SNMPTN secara online telah resmi dibuka sejak Senin (17/2/2014). Namun, sayangnya, sebanyak 69 SMA sederajat yang berada di wilayah kerja Universitas Jember belum menyelesaikan input Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS),” kata Kepala Humas dan Protokol Universitas Jember, Jawa Timur, Agung Purwanto, Rabu (19/2/2014) kemarin.

…dst

3 ) Sepi Peminat, Jurusan Pertanian Terancam Bubar

Kamis, 20 Februari 2014 , 07:02:00
JAKARTA – Para calon siswa maupun mahasiswa makin kurang meminati jurusan pertanian, baik di sekolah menengah maupun perguruan tinggi. Hal ini membuat jurusan pertanian terancam gulung tikar. Rendahnya minat tersebut ditengarai sebagai salah satu penyebab Indonesia tak kunjung memiliki kedaulatan pangan. Salah seorang guru perwakilan dari PGRI Banjarnegara, Hadi Supeno, membeberkan permasalahan tersebut dalam acara konvensi pendidikan yang digelar PGRI di Jakarta, kemarin (19/2). “Galau pasti. Kami guru terutama yang berada di daerah merasa sedih, bagaimana mungkin Indonesia sebagai negara agraris, tidak memiliki generasi petani masa depan,” kata Hadi. Menurut dia, ancaman gulung tikarnya jurusan pertanian ini saat ini belum ada solusi. Pemerintah belum memiliki langkah konkrit atas minimnya minat generasi muda. Padahal seharusnya, lanjut dia, sebagai negara agraris Indonesia harus memiliki sumber daya yang tangguh di bidang pertanian. Oleh karena itu, ia meminta agar persoalan ini juga mendapat perhatian dari seluruh pemerhati pendidikan. Setidaknya, ia berharap agar dapat dipikirkan bersama dan dicari solusinya dalam acara konvensi tersebut.

…dst

4 ) 10 Ribu Mahasiswa Bidik Misi Ber-IPK 3,9
Kemendikbud Optimalkan Kuota 60 Ribu Kursi

Jumat, 21 Februari 2014 , 06:08:00
JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengalokasikan kuota beasiswa pendidikan mahasiswa miskin (Bidik Misi) 2014 sebanyak 60 ribu kursi. Untuk membiayai kuliah dan pemberian uang hidup para mahasiswa bidik misi, pemerintah menganggarkan Rp 3,9 triliun. Mendikbud Mohammad Nuh berharap kuota tersebut terpenuhi. Kuota bidik misi 2014 disebar ke seluruh perguruan tinggi negeri (PTN) dan sejumlah kampus swasta. “Pembagiannya secara proporsional,” ujarnya. Acuan standar pembagian kuota bidik misi dihitung berdasarkan 20 persen dari total kuota mahasiswa baru di kampus. Ketentuan itu merupakan amanah dari undang-undang pendidikan tinggi (UU Dikti). Kampus wajib menyediakan 20 persen dari kuota mahasiswa baru untuk masyarakat miskin. “Kuota 20 persen itu hanya acuan awal pembangian jatah bidik misi,” kata Nuh. Nah, dalam praktenya ada sejumlah kampus yang kurang bagus dalam menyerap alokasi kuota bidik misi. Dengan berbagai alasan, kampus itu mengaku kesulitan untuk mencari calon mahasiswa miskin dan berprestasi.

…dst

5 ) UNHAS Siapkan Penerimaan Mahasiswa Bidik Misi Tahun 2014

Jumat, 21/02/2014 – 09:13
Sulawesi Selatan, Kemdikbud —Menjelang penerimaan mahasiswa baru, Universitas Hasanuddin (Unhas) melakukan berbagai persiapan, terutama dalam penetapan kuota mahasiswa Bidikmisi. Tahun 2013 lalu, Unhas mendapatkan kuota mahasiswa bidikmisi sebanyak 1200 orang. Tahun ini, Unhas menargetkan Bidikmisi lebih besar, yaitu sekitar 1500 mahasiswa “Itu ada hitung-hitungannya sesuai dengan persentase antara jumlah mahasiwa yang masuk dengan yang akan dapat Bidikmisi,” ungkap Rektor Universitas Hasannudin, Idrus A. Paturusi  saat ditemui ketika Presiden melakukan kunjungan kerjanya ke SDN 140 Kabere, Kab. Enrekang, Sulawesi Selatan, Kamis (20/02/2014).

…dst

6 ) UI gelar bursa kerja & beasiswa ke-17

Kamis,  20 Februari 2014  ?  11:21 WIB
Sindonews.com – Universitas Indonesia (UI) menggelar UI Career & Scholarship Expo 2014. Bursa kerja dan beasiswa ini merupakan yang ke-17 kalinya digelar di UI.  Bursa kerja ini digelar di Balairung UI pada 20-22 Februari 2014. Sebanyak 70 perusahaan ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Seperti PT Pertamina Persero, PT Nestle Indonesia, PT Astra Internasional Tbk, PT Blue Bird dan lainnya. Kepala Kantor Komunikasi UI Farida Haryoko mengatakan, lebih dari 10 ribu pengunjung memenuhi acara. Terdiri dari alumni UI dan masyarakat umum. “Rangkaian kegiatan diantanya eksibisi, presentasi perusahaan dan lembaga pendonor beasiswa,” kata Farida, Kamis (20/2/2014). UI Career& Scholarship Expo merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Career Development Center (CDC) UI. Sebagai pusat pengembangan karis dan kualitas sumber daya manusia. Saat ini UI adalah pelopor dari revitalisasi tracer study di Indonesia yang sempat mengalami kevakuman selama kurang lebih satu dekade.

…dst

7 ) Butuh 1.000 Tenaga Kerja, Pertamina Jemput Bola SDM

Kamis, 20 Februari 2014 12:12 wib
DEPOK – PT Pertamina dan perusahaan batu bara, Kideco, menjadi beberapa perusahaan yang berpartisipasi dalam UI Career & Scholarship Expo ke-17 kalinya yang berlangsung pada 20-22 Februari 2014 di Balairung UI, Kampus, Depok. VP Operation SDM Pertamina Setyo Wardono mengatakan, melalui ajang tersebut pihaknya berharap tak hanya merekrut tenaga kerja yang terbaik, namun kegiatan ini penting sebagai jembatan bagi industri, dengan elemen masyarakat, dan perguruan tinggi. Pertamina, lanjutnya, adalah sebuah perusahaan yang membutuhkan tenaga profesional. “Setiap tahun Pertamina butuh tenaga kerja baru 1.000 orang dengan beragam tingkat pendidikan dan jurusan. Selain melakukan rekrutmen internal, kami juga menjemput bola lewat kegiatan seperti ini. Agar mendapatkan tenaga handal, dan sesuai kebutuhan perusahaan,” ungkapnya di Balairung UI, Kamis (20/2/2014).

…dst

8 ) Kemenkes dorong pengembangan obat herbal

Jum’at,  21 Februari 2014  ?  00:43 WIB
Sindonews.com – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mendorong pengembangan obat herbal. Lewat program saintifikasi, jamu diyakini bisa disandingkan dengan pengobatan medik. Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Teknologi Kesehatan dan Globalisasi Agus Purwadianto mengatakan, program saintifikasi jamu bukan ditujukan untuk menggeser peran obat konvensional yang digunakan dunia kedokteran. “Ini hanya penyeimbang dalam upaya melengkapi pelayanan kesehatan,” kata Agus dalam ‘Seminar Sehari Terapi Herbal Medik’ yang diselenggarakan  Direktorat Kesehatan Angkatan Darat dengan PT Sido Muncul di Jakarta, Kamis (20/2/2014). Menurut dia, masyarakat Indonesia sudah lama mempercayai jamu untuk mengatasi masalah kesehatan. Karena itu, upaya pemanfaatan jamu tidak bisa dilarang. Sebaliknya, jamu seharusnya bisa dikaji secara ilmiah untuk disandingkan dengan pengobatan medik yang menggunakan obat farmasi.

…dst

9 ) Cari Dana Bisnis dari Kompetisi, Yuk!

Jum’at, 21 Februari 2014 03:06 wib
JAKARTA – Punya ide bisnis yang belum teralisasi karena terkendala dana? Kompetisi bisa menjadi jawaban atas persoalan yang tengah Anda hadapi. Seperti kompetisi besutan PT. Nissan Motor Indonesia, Datsun Rising Challenge. Ajang tersebut berupaya memberikan wadah bagi para entrepreneur muda Indonesia untuk mewujudkan impian bisnis mereka. Tertarik? Tuangkan ide bisnis Anda dalam sebuah proposal dengan modal usaha kurang dari Rp150 juta. Brand and Sales Manager Datsun Indonesia Yudha R Anggoro menyebut, dalam kompetisi tersebut, mereka mendaulat Wempy Dyocta Koto menjadi salah satu juri dan mentor. Beragam prestasi yang diraih Wempy, lanjutnya, menjadi alasan CEO Wardour and Oxford itu diminta untuk memilih para pemenang.

…dst

10 ) Beasiswa Magang di AS untuk Guru

Kamis, 20 Februari 2014 06:02 wib
JAKARTA – International Leaders in Education Program (ILEP) adalah program dari Biro Pendidikan dan Kebudayaan di Amerika Serikat. Program satu semester ini akan diisi berbagai kegiatan akademik di kampus-kampus Amerika, termasuk kuliah dan pelatihan intensif dalam metodologi pengajaran, perencanaan pendidikan, strategi pengajaran dan kepemimpinan guru. Program ini juga akan melibatkan pelatihan komputer sebagai alat bantu pengajaran.  ILEP yang dibuka Januari hingga Mei 2014 ini juga akan memberikan beasiswa magang di sekolah menengah Amerika Serikat. Penerima beasiswa akan berpartisipasi aktif dalam kegiatan belajar mengajar yang melibatkan siswa dan guru di sekolah tersebut.

…dst

11 ) Rektor UGM Bakal Investigasi Kasus Plagiat Anggito

Jum’at, 21 Februari 2014 11:25 wib
JAKARTA – Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Prof. Dr. Pratikno akan menginvestigasi kasus plagiat yang dilakukan oleh Anggito Abimanyu sebagai dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UGM. Anggito pun telah menyerahkan segala berkas terkait kasus plagiatnya terhadap Dosen Manajemen Risiko dan Asuransi Universitas Indonesia (UI) Hotbonar Sinaga secara sukarela. “Pak Anggito tanpa diminta oleh pihak UGM, telah meyerahkan berkas itu dalam bentuk softcopy maupun hardcopy kepada Rektor UGM. Mereka akan menginvestigasinya,” tutur asisten Anggito, yang juga Dosen UGM Dr. Poppy Ismalina saat dihubungi Okezone, Jumat (21/2/2014). Poppy menambahkan, pihaknya pun memahami proses mekanisme keputusan yang akan ditetapkan oleh UGM, khususnya dari sang rektor. Sehingga, Anggito, seperti dituturkan Poppy, tinggal menunggu jawaban dari Rektor UGM.

…dst

12 ) Anggito Serahkan Berkas Plagiatnya ke Rektor UGM

Jum’at, 21 Februari 2014 10:24 wib
JAKARTA – Dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta Anggito Abimanyu pukul 08.00 WIB pagi ini diketahui menyerahkan berkas-berkas terkait kasus plagiatnya terhadap Dosen Manajemen Risiko dan Asuransi Universitas Indonesia (UI) Hotbonar Sinaga. Anggito memberikan berkas-berkas tersebut kepada Rektor UGM Prof. Dr. Pratikno. Penyerahan berkas tersebut tanpa diminta oleh pihak UGM. Hal ini menunjukkan Anggito mempunyai inisiatif sendiri untuk menyerahkannya.Berkas-berkas tersebut merupakan referensi-referensi tulisan dan catatan rekam jejaknya dalam menangani isu mengenai Asuransi Bencana selama masa jabatannya sebagai Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Direktur Penelitian dan Pelatihan Fakultas Ekonomika dan Bisnis (P2EB FEB) UGM.

…dst

13 ) Kasus plagiasi, Anggito diminta mundur dari Dirjen Haji

Kamis,  20 Februari 2014  ?  16:22 WIB
Sindonews.com – Beberapa hari ini publik dikagetkan dengan kasus penjiplakan atau plagiasi yang dilakukan Direktur Jenderal (Dirjen) urusan Haji Indonesia Kementerian Agama (Kemenag), Anggito Abimanyu. Bagaimana tidak, seorang akademisi sekaligus pakar kebijakan fiskal itu harus bertanggung jawab secara akademis di depan publik, lantaran menulis artikel yang diketahui buah dari sumber dan tulisan orang lain. Komnas Haji Indonesia (KHI) meminta secara tegas, agar mantan Kepala Badan Analisis Fiskal Kementerian Keuangan (Kemenkeu) itu mundur dari jabatannya sebagai Dirjen Haji. “Selain menghormati proses investigasi dan sidang kode etik UGM (Universitas Gajah Mada), kami dari Komnas Haji Indonesia mendesak Anggito Abimanyu untuk mengundurkan diri sebagai Dirjen Haji dan Umroh,” kata Ketua KHI Mustolih Siradj, saat jumpa pers, di Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (20/2/2014).

…dst

14 ) Pendapat Ketua DPR terkait Anggito Abimanyu

Rabu,  19 Februari 2014  ?  04:02 WIB
Sindonews.com – Ketua DPR RI Marzuki Alie menegaskan, kasus plagiasi yang dilakukan Anggito Abimanyu sangat mencoreng wibawa dunia akademisi. Padahal akademisi semestinya mengedepankan kejujuran dan kebenaran. Ditemui usai Konvensi Pendidikan PGRI di Bentara Budaya Jakarta, Marzuki berpendapat, ada peraturan akademisi yang dilanggar oleh Anggito. Dia menambahkan, kadang dalam menulis sang penulis sering lupa menerangkan kembali dari mana kutipan yang dia buat. Padahal jika keteledoran ini terjadi, sangat berdampak buruk dalam dunia akademisi. Terkait sanksi, dia juga menunggu ketegasan dari Universitas Gajah Mada (UGM), akan hal itu. Dia menekankan, biasanya diperlukan waktu tiga bulan untuk menyelidiki plagiasi yang dilakukan akademisi di suatu kampus. Begitu pula pencopotan status Anggito sebagai pejabat di Kementerian Agama (Kemenag), Marzuki berujar, harus menunggu pula hasil penyelidikan dari UGM. “Akademisi harus mengedepankan kejujuran, keadilan dan kebenaran. Kita tunggu saja perkembangannya,” terangnya.

…dst

15 ) Kualitas guru menurun pascaperubahan status IKIP

Rabu, 19 Februari 2014 19:21 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Kualitas guru di Tanah Air menurun pascaperubahan status Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) menjadi universitas yang seharusnya dipertahankan untuk menyiapkan calon guru dalam kompetensi pedagogik yang jelas dan pas.”Termasuk juga peniadaan Sekolah Guru Atas (SGA) dan Sekolah Pendidikan Guru (SPG) yang pernah ada pada masa kolonial hingga tahun 60-an,” kata pengamat politik dan kebudayaan Yudi Latif saat menjadi panelis dalam acara “Konvensi Pendidikan” yang diselenggarakan Persatuan Guru RI di Bentara Budaya Jakarta, Rabu.Ketika IKIP menjadi universitas maka lembaga tersebut kemudian cenderung mengikuti tren pendidikan tinggi pada umumnya dan tidak fokus lagi pada tugas membekali dan menyiapkan mahasiswa dengan kompetensi-kompetensi yang dibutuhkan sebagai seorang guru.

…dst

16 )  Pelunasan Utang Tunjangan Profesi Guru Kemenag Distop

Jumat, 21 Februari 2014 , 03:51:00
JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag) berencana mengansur tunggakan utang pembayaran tunjangan profesi guru sebesar Rp 3 triliun lebih mulai tahun ini. Tetapi sayangnya Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyetop rencana Kemenag itu. Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kemenag Nur Syam menuturkan, skenarionya tahun ini Kemenag mengeluarkan Rp 630 miliar untuk mencicil tunggakan hutang pembayaran tunjangan profesi guru tadi. “Tetapi dari Kemenkeu tidak boleh dulu,” katanya kemarin. Mantan rektor IAIN Sunan Ampel (sekarang UIN Sunan Ampel) Surabaya itu menjelaskan, Kemenkeu belum membolehkan pembayaran angsuran hutan itu hingga hasil audit dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) keluar. Dia sampai kemarin belum mendapat kepastian kapan audit dari BPKP itu rampung. Proses audit oleh BPKP itu sendiri bukan perkara yang mudah. Dari anggaran yang dibutuhkan saja, yakni Rp 33 miliar, menunjukkan bahwa jangkauan auditnya cukup luas.

…dst

17 ) Soal proyek di Unair, Anas ngaku tidak tahu

Jum’at,  21 Februari 2014  ?  15:31 WIB
Sindonews.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menduga Anas Urbaningirum terlibat dalam tiga kasus dugaan korupsi. Hal itu terungkap dari pernyataan Adnan Buyung Nasution yang mendampingi Anas pada pemeriksaan pagi tadi. Adapun menurut Adnan yang merupakan kuasa hukum Anas, kliennya dituduh terlibat dalam pembangunan Gedung Sport Center Hambalang, penerimaan gratifikasi Toyota Harrier dan pengadaan alat-alat laboratorium Universitas Airlangga (Unair). Terkait kasus laboratorium Unair, Anas menegaskan tidak mengetahui soal itu.  “Mengenai Universitas Airlangga. Tapi mas Anas bilang gak ngerti, gak tahu,” kata Kuasa hukum Anas, Carrel Ticuallu di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (21/2/2014).

…dst

18 ) BEM ITS Ngonthel #SaveRisma ke Balai Kota

Jum’at, 21 Februari 2014 | 14:27 WIB
TEMPO.CO, Surabaya – Dukungan untuk Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini terus mengalir dari berbagai elemen. Setelah kemarin pengunjuk rasa dari follower Twitter #SaveRisma, hari ini mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, yang dimotori oleh Badan Eksekutif Mahasiswa ITS menggelar aksi serupa.  Mereka melakukan aksi unik dengan naik sepeda kayuh dari kampus ITS ke gedung Balai Kota Surabaya. Sudarsono, koordinator lapangan unjuk rasa, mengatakan aksi ini untuk mendukung Wali Kota Surabaya. “Kami long march sepeda onthel dari kampus ITS, Sukolilo, Surabaya, menuju Balai Kota Surabaya,” katanya kepada Tempo di sela-sela persiapan menuju Balai Kota, Jumat, 21 Februari 2014. Menurut Sudarsono, aksi ini merupakan wujud dukungan moril kepada Risma. Mahasiswa juga akan menyampaikan tuntutan kepada Risma ihwal isu pengunduran dirinya. “Kami akan tuntut beliau untuk tidak mundur dari kursi jabatannya,” katanya.

…dst

19 ) Satu Syarat Saja Tidak Terpenuhi, Tenaga Honorer K2 Batal Jadi CPNS

Kamis, 20 Februari 2014 – 18:33 WIB
Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Eko Sutrisno mengakui banyaknya reaksi dari masyarakat terkait pengumuman hasil tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari jalur tenaga honorer kategori dua (K2). Reaksi tersebut umumnya mempertanyakan banyaknya peserta tenaga honorer K2 yang diluluskan meski yang bersangkutan tidak memenuhi syarat masa kerja minimal.“Apabila salah satu syarat saja tidak dipenuhi, maka BKN tidak akan menetapkan Nomor Identitas Pegawai (NIP)-nya, sehingga yang bersangkutan tidak dapat diangkat sebagai CPNS,” kata Eko di Jakarta, Rabu (19/2). Ia menegaskan, BKN akan terus mengawal proses honorer hingga pemberkasannya. Jika dikemudian hari diketemukan seorang honorer tidak memenuhi persyaratan administratif yang ditentukan, maka yang bersangkutan tidak dapat diangkat atau dibatalkan menjadi CPNS.

…dst

20 ) Rekrut 100 Ribu Pegawai, Seleksi CPNS Digelar Juli 2014

Jumat, 21 Februari 2014 , 14:26:00
JAKARTA –Pengumuman CPNS dari jalur honorer Kategori 2 (K2) tahun anggaran 2013 belum juga rampung. Namun Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN dan RB) sudah menyiapkan seleksi CPNS tahun 2014. “Kita targetkan, seleksi CPNS 2014 dimulai Juli tahun ini,” kata Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (SesmenPANRB) Tasdik Kinanto di kantornya, Jumat (21/2). Kali ini tak hanya PNS yang akan direkrut, tapi juga Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K). “Tahun ini MenPAN-RB mengusulkan 100 ribu pegawai direkrut. 60 ribu untuk PNS dan 40 ribu P3K,” tambah Tasdik. Mengingat waktu seleksi masih panjang, Tasdik meminta belajar wawasan kebangsaan, pengetahuan umum dan psikotes. Bagi honorer K2 yang ingin masuk P3K juga harus mempersiapkan diri agar siap ketika disodori pertanyaan. “Kalau boleh dapat menguasai komputer lah biar bisa menjawab pertanyaan dengan sistem komputerisasi,” sergahnya.

…dst

21 ) Indonesia kawasan suaka pari manta terbesar di dunia

Jumat, 21/02/2014 16:16 WIB
BBCIndonesia.com – detikNews- Perairan di Indonesia resmi menjadi kawasan konservasi pari manta terbesar di dunia dalam upaya melindungi ikan tersebut dari ancaman kepunahan sekaligus mendongkrak pemasukan dari wisata bahari. Penetapan perairan Indonesia seluas 5,8 juta kilometer persegi untuk menjadi kawasan suaka pari manta dimungkinkan setelah dikeluarkan peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan pada 28 Januari lalu yang melarang penangkapan dan ekspor pari manta. “Indonesia sekarang adalah penyedia wisata pari manta terbesar kedua di dunia. Penerimaan tahunan dari industri ini mencapai US$15 juta per tahun,” ungkap Agus Dermawan, pejabat di Kementerian Kelautan dan Perikanan, hari Jumat (21/02). Kajian LIPI dan sejumlah organisasi internasional menyebutkan dalam keadaan hidup satu ekor pari manta bisa menyumbang penerimaan hingga US$1 juta untuk menarik wisatawan.

…dst