1 )  Ingat, Kamis Batas Akhir Pendaftaran SNMPTN

Selasa, 04 Maret 2014 – 09:13 wib oleh DESK INFORMASI
Para siswa  SMA/SMK/MA/MAK,  negeri maupun swasta, termasuk sekolah RI di luar negeri yang mempunyai Nomor Induk Siswa Nasional (NPSN), masih memiliki waktu hingga Kamis (6/3) untuk mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2014.Untuk itu, para siswa harus sudah mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) oleh sekolah dan verifikasi oleh siswa, dan melakukan pendaftaran. Berikut ini ketentuan pendaftaran: * Siswa Pelamar, menggunakan NISN dan password yang diberikan oleh Kepala Sekolah pada waktu verifikasi data di PDSS, login ke laman SNMPTN http://www.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.* Siswa Pelamar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pas foto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada). Siswa pelamar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN yang akan dipilih.

…dst

2 ) 8 Kampus Swasta di Yogya Segera Dinyatakan Ilegal 

Selasa, 04 Maret 2014 | 16:32 WIB
TEMPO.CO, Yogyakarta – Koordinator Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah V Daerah Istimewa Yogyakarta Bambang Supriyadi mengatakan pembahasan mengenai kriteria perguruan tinggi swasta (PTS) yang layak diumumkan sebagai kampus legal tanpa masalah atau tidak masih belum tuntas. Dia mengatakan baru ada tiga kriteria pasti yang akan diberlakukan, yakni PTS dianggap ilegal atau bermasalah apabila lama tidak aktif, menggelar kelas jauh tanpa izin, dan memiliki konflik kepemilikan. “Sampai sekarang, jadwal pengumumannya pada 17 Maret 2014 belum berubah,” kata Bambang kepada Tempo.  Bambang menjelaskan, sejumlah kriteria masih menjadi bahan perdebatan. Dalam pertemuan terakhir seluruh koordinator kopertis se-Indonesia, pada 24 Februari lalu, muncul usul agar pengumuman itu dibarengi dengan publikasi kampus negeri yang bermasalah. “Dikti (Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi) setuju, jadi kami sepakat akan mengumumkan apabila PTN (perguruan tinggi negeri) bermasalah juga dipublikasikan,” kata Bambang.

…dst

3 ) Masyarakat Banyuwangi Sambut Positif Pendirian Kampus Unair

04 Mar 2014 20:12:03
Banyuwangi (Antara Jatim) – Kalangan masyarakat Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, menyambut positif rencana pendirian kampus Universitas Airlangga Surabaya di daerahnya dan berharap bisa memberi dampak bagus bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia. “Dampak positif yang kami harapkan mulai dari peningkatan kualitas masyarakat hingga bisa menggerakkan ekonomi masyarakat,” kata Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Banyuwangi KH Masykur Ali, Selasa, menanggapi rencana pendirian kampus perguruan tinggi negeri tersebut. Unair berencana membuka perkuliahan di Kabupaten Banyuwangi pada tahun ini sebagai langkah awal dari pendirian kampus perguruan tinggi negeri ternama itu di daerah berjuluk “The Sunrise of Java” itu. Kepastian pendirian kampus Unair tersebut merupakan hasil pertemuan Pemkab Banyuwangi dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, Dirjen Dikti Djoko Santoso, dan Rektor Unair Fasich, beberapa waktu lalu. KH Masykur Ali mengemukakan pendidikan adalah syarat mutlak untuk memajukan bangsa dan di dalam agama juga sudah dinyatakan secara jelas bahwa menuntut ilmu adalah kewajiban yang harus dijalankan umat.

…dst

4 ) Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2014 Digelar 5-7 Maret 2014

Selasa, 04/03/2014 – 09:31
Jakarta, Kemdikbud — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan selenggarakan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK), pada 5-7 Maret 2014, di Jakarta. RNPK 2014 yang bertemakan “Evaluasi Kinerja Kemdikbud Tahun 2010-2014 dan Penuntasan Implementasi Kurikulum 2013,” akan diikuti  sekitar 1000 peserta. Unsur peserta terdiri dari para pejabat dilingkungan Kemdikbud, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, Kabupaten/Kota, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi, Kabupaten/Kota, Rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Kopertis, serta pemangku kepentingan pendidikan dan kebudayaan lainnya. “Pentingnya tema Rembuknas berkaitan dengan keberlangsungan dan keberlanjutan pembangunan pendidikan, agar keberlanjutan pembangunan pendidikan  lebih efisien dan efektif dalam jangka panjang,” ungkap Sekretaris Jenderal Kemdikbud, Ainun Na’im, pada acara jumpa pers, di kantor Kemdikbud, Senin (03/03/2014).

…dst

5 ) Wapres Dijadwalkan Buka Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2014

Selasa, 04/03/2014 – 09:34
Jakarta, Kemdikbud — Wakil Presiden Republik Indonesia, Boediono, dijadwalkan hadir pada Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2014. Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal Kemdikbud, Ainun Na’im pada konferensi pers RNPK 2014 di Jakarta, Senin (3/3/2014).”Wapres akan hadir dan memberikan arahan,” katanya. Na’im mengatakan, Wapres akan hadir di hari kedua Kamis, (6/03/2014). Sehari sebelumnya, Rabu (5/03) pada pukul 16.00 WIB Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, akan memberikan arahan. Selanjutnya, ungkap Na’im, pada hari pertama akan ada pembahasan-pembahasan, misalnya koordinasi dalam memperbaharui Data Pokok Pendidikan (Dapodik), penyediaan buku berkaitan dengan pelaksanaan kurikulum 2013, pelatihan guru, persiapan Ujian Nasional, pembangunan dibidang kebudayaan, serta tata kelola pendidikan dan kebudayaan, termasuk penuntasan pengelolaan sekolah-sekolah Indonesia di luar negeri.

…dst

6 )  Indonesia-Inggris Pererat Kerja Sama Pendidikan

Senin, 03/03/2014 – 17:05
Jakarta, Kemdikbud —Pemerintah Indonesia dan Inggris kembali mempererat hubungan kerja sama bidang pendidikan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, bersama Menteri Pendidikan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Inggris, David Willets, hari ini, Senin (3/03/2014) membuka The 2nd Indonesia-UK Joint Working Group Meeting on Education, di Jakarta.Dalam pertemuan Joint Working Group (JWG) kali ini, sebanyak empat pernyataan kerja sama ditandatangani. Mendikbud dan David Willets, menandatangani pernyataan kerja sama di bidang ilmu pengetahuan, inovasi, dan teknologi. Sedangkan tiga pernyataan lainnya merupakan kerja sama antara Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dengan Warwick University on Scientific & Research Cooperation, Universitas Indonesia dengan Southampton University on Academic Cooperation, dan UK Embassy dengan Warwick University on the Chevening a Programme.

…dst

7 ) Universitas Leiden Perkuat Hubungan dengan Indonesia

Senin, 3 Maret 2014 | 19:21 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Delegasi Universitas Leiden yang dipimpin oleh Rektor Carel Stolker mengunjungi Indonesia. Kunjungan tersebut untuk mengembangkan hubungan lama dan untuk mencari peluang kolaborasi baru dengan universitas, lembaga penelitian, dan organisasi pemerintah. Pada kunjungan kali ini, Leiden menandatangani perjanjian baru dengan Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gadjah Mada (UGM). Leiden dan UI akan memfasilitasi pertukaran pelajar di bidang humaniora. Fakultas Kedokteran dari kedua universitas juga sepakat memperpanjang kerjasama dan pertukaran pelajar mereka di bidang parasitologi dan bersama-sama bekerja pada pembentukan Center of Excellence pada kanker serviks.  Adapun UGM dan Leiden menandatangani MoU untuk memperpanjang peluang bagi pertukaran mahasiswa dan bekerja sama dalam program double degree PhD di bidang sejarah. Kedua pihak sepakat, pembentukan program gelar ganda lebih lanjut akan segera dieksplorasi.

…dst

8 ) Reformasi Birokrasi, Irjen Kemdikbud Imbau Tiap Unit Kerja Evaluasi Kinerja Pegawainya

Selasa, 04/03/2014 – 13:46
Jakarta, Kemdikbud— Dalam Reformasi Birokrasi Internal (RBI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemdikbud bertugas melakukan evaluasi mandiri reformasi birokrasi. Penugasan tersebut diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). Meskipun begitu, pengawasan dan evaluasi kinerja pegawai Kemdikbud juga harus dilakukan oleh masing-masing unit kerja di lingkungan Kemdikbud. Inspektur Jenderal (Irjen) Kemdikbud Haryono Umar mengatakan, Itjen Kemdikbud akan terus melakukan pengawasan dan evaluasi dalam pelaksanaan reformasi birokrasi internal, serta melakukan upaya pencegahan. Namun Itjen juga akan mendorong masing-masing unit kerja di lingkungan Kemdikbud untuk ikut mengawasi kinerja pegawainya.

…dst

9 ) Kata Mendikbud tentang Unsulbar & Dosen PTS

Selasa, 04 Maret 2014 20:32 wib
JAKARTA – Dalam rapat kerja (raker) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan Komisi X DPR RI, ada dua hal terkait pendidikan tinggi yang mengemuka. Kedua hal itu ialah kisruh Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) serta persoalan status dosen perguruan tinggi swasta (PTS) yang menjadi perguruan tinggi negeri (PTN). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menyatakan, telah menyelesaikan kisruh Unsulbar. Dia menunjuk Wakil Menteri Bidang Pendidikan (Wamendik) Musliar Kasim sebagai pejabat rektor sementara (Pjs) sebagai jalan keluar atas persoalan dualisme rektor yang melanda Unsulbar. “Surat Keputusan (SK) perpanjangan rektor sudah dicabut. Kami tugaskan Wamendik Musliar Kasim yang pernah menjadi rektor sebagai Plt di sana. Hari ini, sudah berangkat ke Manado dan sekarang sudah mengoordinasikan segala sesuatunya dengan baik,” ujar M Nuh di DPR, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (4/3/2014).

…dst

10 )  ITB Fokus ke Riset

Selasa, 4 Maret 2014,  Kompas Cetak
Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun ini mendapatkan status Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH). ”Sebagai perguruan tinggi yang bersifat otonom, ITB akan memperkokoh posisi sebagai perguruan tinggi riset,” kata Rektor ITB Akhmaloka, Senin (3/3), saat memberikan sambutan dalam acara Dies Natalis Ke-55 ITB, di Bandung. Menurut Akhmaloka, dengan status PTN BH, ITB kini tak lagi sebagai satuan kerja dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Ketika sebagai satuan kerja, ITB terikat dengan aturan internal kementerian, sedangkan saat ini ITB bersifat otonom dan dapat mengelola sendiri keuangannya. ”Saat ini, uang dari masyarakat dapat dikelola sendiri oleh ITB,” katanya. Meski otonom, ITB bertekad tak akan melakukan komersialisasi pendidikan. (SEM)

***

11 ) ITB jadi perguruan tinggi khusus riset

Senin, 3 Maret 2014 19:53 WIB
Bandung (ANTARA News) – Institut Teknologi Bandung (ITB) diusianya yang ke-55 tahun akan mencanangkan sebagai perguruan tinggi riset, saat ini ITB sendiri telah ditetapkan sebagai perguruan tinggi negeri badan hukum (PTN BH). “ITB yang telah ditetapkan sebagai PTN Badan Hukum memiliki banyak tantangan ke depan. Dengan status hukum tersebut, maka ITB telah menetapkan jati dirinya sebagai perguruan tinggi riset,” kata Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Akhmaloka dalam sambutannya di Peringatan Dies Natalis Ke-55 ITB, di Aula Barat ITB Jalan Ganeca Kota Bandung, Senin. Ia menuturkan, untuk karakteristik dan ketentuan-ketentuan normatif tentang ITB sebagai perguruan tinggi riset telah dirumuskan oleh senat akademik ITB. Menurut dia, pada hakikatnya perguruan tinggi riset berbeda dengan perguruan tinggi pengajaran dalam hal fungsi dan struktur organisasinya karena fungsi utama dari perguruan tinggi pengajaran ialah pelestarian atau konservasi ipteks dan penyebarluasan ipteks melalui pengajaran.

…dst

12 )  Ristek-Kalbe Science Awards 2014

Selasa, 4 Maret 2014, Kompas Cetak
Kementerian Riset dan Teknologi dan PT Kalbe Farma Tbk kembali memberikan apresiasi kepada peneliti yang berprestasi di bidang life sciences dan teknologi terkait kesehatan, seperti bioteknologi, kimia medisinal, dan bahan alam, atau teknologi farmasi. Ristek-Kalbe Science Awards (RKSA) diberikan setiap dua tahun sejak tahun 2008. RKSA 2014 dibagi dalam dua kategori, yaitu Best Research Awards dan Young Scientist Award, yang diberikan untuk satu pemenang terbaik, yakni peneliti muda Indonesia berusia maksimal 40 tahun. Hadiah penelitian terbaik I, II, dan III pada Best Research Awards total Rp 220 juta. Adapun Young Scientist Award sebesar Rp 70 juta. Batas pengumpulan berkas paling lambat 26 juni 2014. Keterangan lebih lanjut di www.kalbescienceawards.com dan www.ristek.go.id. (*/YUN)

***

13 ) UGM-Osaka Kembangkan Sistem Komunikasi Bencana

Selasa, 04 Maret 2014, 20:22 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA —  Institute of International Studies Universitas Gadjah Mada Yogyakarta bersama Universitas Osaka Jepang dan PT Gamatechno, Selasa, meluncurkan aplikasi sistem komunikasi tanggap bencana praktis yang dapat memanfaatkan telepon pintar sebagai sarana input data. Peneliti dari Osaka University, Stefano Sukamoto Selasa mengatakan dengan peluncuran aplikasi itu, diharapkan bantuan dapat lebih cepat sampai di lokasi terdampak bencana. “Dengan aplikasi yang pertama kali di dunia ini, kami harapkan bantuan bisa menyeluruh dalam waktu satu hingga dua hari,”kata dia yang merupakan inisiator sistem itu seperti dilansir Antara, Selasa (4/3). Meski demikian, ia mengakui aplikasi itu masih membutuhkan kritik serta pengembangan lebih lanjut. Dengan aplikasi itu diharapkan kerja sama Indonesia-Jepang dalam kebencanaan dapat terjalin kembali. “Ini belum sempurna. Ini langkah pertama kami,” kata Sukamoto.

…dst

14 ) Dekan Faked Unsrat Manado Mundur dari Jabatan

Senin, 03 Maret 2014, 22:41 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, MANADO — Dekan Fakultas Kedokteran (Faked) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado Prof dr Ralph Kairupan Sp.KJ yang dilantik pada 25 Februari 2014, mundur diri dari jabatannya. Rektor Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Prof DR Donald Rumokoy S.H, M.H di Manado Senin mengatakan, telah melakukan pembicaraan dengan perwakilan dari Fakutas Kedokteran (Faked). “Dari pembicaraan tersebut terdapat beberapa kesimpulan yang disepakati,” kata Rumokoy di hadapan aksi unjuk rasa yang digelar dosen, mahasiswa di depan Gedung Rektorat Unsrat. Kesimpulan tersebut pertama, Unsrat harus lebih memperhatikan fasilitas di Faked. Kedua, khusus di Faked diusahakan agar supaya, dokter-dokter yang mengikuti ujian kompetensi lebih meningkat prosentasi kelulusannya.”Ketiga, dekan Faked yang terpilih pada 25 Februari 2014, menyatakan dengan tulus ikhlas demi Faked Unsrat, dia mengundurkan diri,” kata Rumokoy.Pernyataan Rumokoy tersebut, membuat aksi unjuk rasa meminta supaya Rektor Unsrat juga mengundurkan diri. Setelah memberikan penjelasan itu, Rektor Donald Rumokoy langsung masuk kedalam kantor rektorat.

…dst

15 ) Hadri Kusuma Rektor UII Periode 2014-2018

Selasa, 04 Maret 2014, 21:18 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Prof Hadri Kusuma terpilih sebagai Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) periode 2014-2018. Hadri terpilih dalam pemilihan tahap terakhir yang dilakukan Pengurus Badan Wakaf UII. Terpilihnya Hadri Kusuma telah dikukuhan dengan surat keputusan panitia pemilihan rektor dan wakil rektor UII nomor 06/KPTS/II/2014 yang ditandatangani Ketua Pemilihan Abdul Jamil, tertanggal 28 Februari 2014. “Surat keputusan sudah diserahkan kepada calon rektor terpilih Selasa (4/3). Beliau akan menjabat rektor mulai 1 April 2014,” kata Hujair Sanaki, Wakil Ketua Panitia Pemilihan Rektor kepada wartawan di Yogyakarta, Selasa (4/3). Selanjutnya, panitia akan memilih calon wakil rektor. Saat ini ada 51 nama yang memenuhi syarat menjadi wakil rektor 1. Calon wakil rektor 2 ada 89 orang, sedang calon wakil rektor 3 ada 90 orang.

…dst

16 ) Mahasiswa Program Adik Turut Hadir dalam “Silaturahim Nasional Bidikmisi 2014” 

Minggu, 02/03/2014 – 22:05
Jakarta, Kemdikbud – Kegiatan “Silaturahim Nasional Bidikmisi 2014” yang berlangsung di Jakarta pada 26-27 Februari 2014 tidak hanya mengundang perwakilan mahasiswa penerima Bidikmisi, tetapi juga mahasiswa penerima program Afirmasi Pendidikan Tinggi (Adik). Mereka berasal dari Papua, Papua Barat, dan daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal) lainnya yang menempuh perkuliahan di sejumlah perguruan tinggi negeri di luar wilayahnya. Jusuf Habel Frasawi dan Steven C. N. Numberi adalah dua dari ratusan mahasiswa yang menerima program Adik dan kini menjalani pendidikan kesarjanaan di Universitas Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara. Keduanya merupakan lulusan sekolah menengah di Sorong, Papua Barat. Mereka mengaku bersyukur terpilih sebagai mahasiswa yang mendapatkan program tersebut.

…dst

17 ) PAN: Indonesia Telat Terapkan Kuliah Online

Senin, 03 Maret 2014, 20:00 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PAN Nasrullah mengatakan, sebenarnya kuliah secara online itu sudah menjamur atau sudah umum. Kalau universitas di Indonesia baru melaksanakan sekarang sebenarnya sudah terlambat. “Namun mulai kuliah online tidak apa-apa. Lebih baik terlambat dari pada tidak pernah,” kata Nasrullah di Jakarta, Senin, (3/3). Kuliah online, ujar Nasrullah, biasanya dilakukan sebatas materi kuliahnya, diberikan secara online. Lalu mahasiswa hanya mengambil materi yang diberikan dosennya dengan mendownloadnya. Kalau mahasiswa boleh mengikuti kuliah online antar universitas, kata Nasrullah, misalnya mahasiswa UNS boleh mengambil mata kuliah akuntansi di UGM, ini harus ada kriteria, aturan, dan parameter yang jelas. Bisa saja, terang Nasrullah, dosen akuntansi UNS dan UGM sama-sama lulusan universitas terkemuka dari Prancis. Lalu mengapa mahasiswa UNS harus mengambil mata kuliah akuntansi di UGM, jika dosennya juga sama-sama berkualitas.

…dst

18 ) StudentsxCEOs Ajang Mahasiswa Cetak Calon Pemimpin

Selasa, 04 Maret 2014 20:17 wib
DEPOK – Pada 2020-2035, Indonesia akan memiliki kelebihan penduduk berusia produktif. Anak muda Indonesia pun diminta siap untuk menyambut “bonus demografi” tersebut. Untuk bersiap menyambut era bonus demografi, Komunitas StudentsxCEOs menyelenggarakan kegiatan The 3rd StudentsxCEOs Summit di Pusat Studi Jepang, Kampus UI, Depok. Acara ini mengusung tema “Energizing Youth Readiness to be Business Leader in 2030”.  StudentsxCEOs merupakan organisasi mahasiswa yang bertujuan untuk mempersiapkan para pemimpin Indonesia di masa depan. Hal ini didukung dengan acara-acara yang diselenggarakan oleh StudentsxCEOs, seperti Meet the CEO, StudentsxCEOs Summit, SxC Training, dan sebagainya.  “The 3rd StudentsxCEOs ini merupakan kegiatan tahunan dari StudentsxCEOs yang diselenggarakan sejak 2011. Kali ini diusung berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya dari segi agenda-agenda acara yang lebih spesifik dan tentunya lebih mendalam. Acara utama dari The 3rd StudentsxCEOs Summit kali ini adalah CEO Talks,” ujar Corporate Communication StudentsxCEOs Anggi Pricillia, Selasa (4/3/2014).

…dst

19 ) Mahasiswa UGM kembangkan alat sensor banjir bandara

Selasa, 4 Maret 2014 00:03 WIB
Yogyakarta (ANTARA News) – Mahasiswa Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Andy Aulia Prahardika meneliti dan mengembangkan alat sensor banjir atau genangan air pada landasan pacu bandar udara untuk mendukung sistem keselamatan penerbangan. “Penelitian alat sensor banjir di landasan pacu pesawat terbang itu dilakukan selama tiga tahun di Bandar Udara (Bandara) Internasional Ahmad Yani Semarang,” kata Andy Aulia di Yogyakarta, Senin. Menurut dia, penelitiannya menghasilkan beberapa rekomendasi sistem peringatan dini tentang keadaan landasan pacu bandara secara “real time” dan otomatis yang akan mendukung sistem keselamatan penerbangan maupun keselamatan otoritas bandara. “Sensor banjir itu akan bekerja ketika ada genangan air pada permukaan landasan pacu, bahkan sensor ini akan secara otomatis mengirimkan peringatan dini bahwa permukaan landasan pacu telah tergenang air pada ketinggian tertentu,” katanya.

…dst

20 ) Untung Rugi Pakai Bioethanol Jadi Sumber Energi

Senin, 03 Maret 2014 18:22 wib
JAKARTA -Sumber energi alternatif terbarukan mutlak dibutuhkan. Sebab, selama ini masyarakat dunia masih bergantung pada sumber energi tak terbarukan yang sulit didapatkan dan berjumlah terbatas.
Membahas topik tersebut, Himpunan Mahasiswa Biologi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) atau biasa disebut Himabits kembali menggelar Seminar Nasional (Semnas) Bioteknologi. Kali ini, kegiatan tersebut mengusung tema Pengaplikasian Bioteknologi untuk Pengembangan Energi. “Apakah kita butuh energi alternatif? Tentu saja ya. Alasannya, bahan bakar dari fosil organisme adalah bahan bakar terbatas. Selain itu, kita ingin memiliki lingkungan yang lebih baik lagi,” ungkap Pakar Bioteknologi ITS Endry Nugroho, seperti dikutip dari ITS Online, Senin (3/3/2014).

…dst

21 ) Mapala UI Taklukkan Keganasan Sungai Lariang

Selasa, 4 Maret 2014 | 18:36 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Indonesia (Mapala UI) berhasil menuntaskan ekspedisi Arung Jeram Sungai Lariang dan Telusur Taman Nasional Lore Lindu (TNLL), Sulawesi Tengah. Dihadang jeram-jeram ganas, 16 anggota ekspedisi itu mengarungi 53 kilometer sungai itu hanya dalam waktu 4 hari, sehari lebih cepat dari rencana semula. Pengarungan jeram-jeram Sungai Lariang baru dimulai pada 27 Februari di tengah debit air yang tinggi. Di hari pertama ini tim langsung disambut jeram-jeram besar, dan bahkan sempat melakukan satu kali lining (mengulur perahu dengan tali tanpa didayung oleh awak). Tiba di KM 23, tim memutuskan berhenti untuk membangun kemah. Sementara itu, tim telusur TN Lore Lindu sudah tiba di Desa Gimpu.

…dst

22 ) Dosen FIB UGM Didorong Tingkatkan Penelitian

Senin, 03 Maret 2014, 21:59 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada Yogyakarta mendorong para dosennya untuk meningkatkan penelitian dan publikasi akademik, karena sampai saat ini jumlah dan mutu publikasi akademik dan penelitian masih terbatas. “Dana riset untuk staf pengajar sekarang sudah tersedia dalam jumlah yang mencukupi, tetapi riset dan publikasi yang dilakukan masih minim. Untuk itu harus segera ditingkatkan,” kata Dekan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UGM Pujo Semedi Hargo Yuwono di Yogyakarta, Senin (3/3). Menurut dia, minimnya penelitian dan publikasi dosen dipengaruhi oleh kualitas rencana riset yang belum maksimal. Untuk mengatasi persoalan itu nanti akan dilakukan pelatihan penelitian bagi para dosen oleh dosen senior.  “Kemampuan meneliti dan menulis di kalangan staf pengajar masih harus ditingkatkan melalui pelatihan penelitian,” katanya.

…dst

23 ) Kemendikbud sebut UN akan dilakukan secara online

Selasa,  4 Maret 2014  ?  00:30 WIB
Sindonews.com – Tahun depan Ujian Nasional (UN) akan dilaksanakan secara online. Tidak ada lagi naskah kertas, karena siswa akan mengerjakan soal di depan komputer. Hal tersebut dikatakan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) bidang Pendidikan Musliar Kasim. Menurutnya, UN akan diterapkan dengan computer based test. Musliar mengungkapkan, pemerintah akan menunjuk satu sekolah sebagai pusat tempat ujian. Tidak hanya di provinsi, namun ada yang di kecamatan. “UN akan online dan offline. Soalnya akan dibuat lebih canggih tanpa perlu ada kertas-kertas yang dicetak,” katanya di Gedung Kemendikbud, Jakarta, Senin 3 Maret 2014. Mantan Rektor Universitas Andalas ini menjelaskan, saat ini Kemendikbud sedang membuat system trial and error. Kemendikbud akan mencoba beberapa tes untuk mengetahui kemungkinan kegagalan. Mengenai infrastruktur komputer, dia menjelaskan, tidak akan ada masalah karena setiap sekolah negeri sudah mempunyai komputer sendiri. Kemungkinan di satu provinsi akan ditunjuk 10-30 sekolah sebagai pusat tempat ujian. Dia menyebutkan, belum dapat dipastikan apakah hasil UN dapat diketahui setelah selesai ujian. Namun tanggal tes akan dibuat berbeda per masing-masing sekolah.

…dst

24 ) Komisi X DPR RI Keluhkan Penyaluran BSM ke Mendikbud

Selasa, 04 Maret 2014 19:28 wib
JAKARTA – Bantuan Siswa Miskin (BSM) merupakan program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam rangka meringankan beban para pelajar yang berasal dari kalangan ekonomi rendah. Sayang, dana bantuan yang disalurkan melalui pemerintah daerah itu tidak diterima secara utuh oleh para pelajar yang bersangkutan. Keluhan itu mengemuka dalam Rapat Kerja (Raker) antara Kemendikbud dengan Komisi X DPR RI. Sejumlah anggota Komisi X DPR mengungkap, banyak aksi pemotongan BSM sehingga jumlah yang diterima oleh para pelajar bekurang hingga 50 persen. Anggota Fraksi PDI-P Itet Tridjajati Sumarjianto, menyampaikan, saat kunjungan kerja ke Tulang Bawang, Lampung, dia mendapati BSM tingkat SMA dipotong hingga 50 persen. “Di Tulang Bawang, sebuah daerah terpencil di Lampung,  BSM hanya dapat Rp500 ribu padahal jatahnya Rp1 juta,” ujar Itet di DPR, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (4/3/2014).

…dst

25 )  Soal Isu Gunung Ciremai Dijual Rp 60 Triliun, Andi Arief: Tidak Benar, dan Tidak Masuk Akal

Senin, 03 Maret 2014 – 19:22 wib oleh Desk Informasi SETKAB
su mengenai penjualan Gunung Ciremai, yang wilayahnya meliputi Kabupaten Cirebon, Kabupatan Kuningan, dan Kabupatan Majalengka, Jawa Barat, kepada Chevron seharga Rp 60 triliun marak dibicarakan di media sosial akhir-akhir ini. Namun Staf Khusus Presiden Bidang Bencana dan Bantuan Sosial, Andi Arief, membantah kabar tersebut, dan menyebut kabar itu sebagai hoax semata. “Tidak ada kebijakan atau dalam rencana sekalipun untuk menjual Gunung Ciremai kepada Chevron dengan harga Rp 60 triliun,” kata Andi Arief di Jakarta, Senin (3/3) sore. Ia menegaskan, tidak ada dan tidak benar, serta tidak masuk akal isu penjualan Gunung Ciremai itu. “Di sidang kabinet maupun statemen langsung dari Presiden, para menteri dan yang berwenang tidak ada rencana itu,” tegas Andi. Ia meminta agar berita hoax itu segera dihentikan, dan sumber pertama berita yang meresahkan ini agar meralat segera semua praduga yang meresahkan soal isu penjualan Gunung Ciremai itu.

…dst

26 )  Cegah Mutasi, Menteri PAN-RB Sarankan Pemda Ikat CPNS Baru Selama 10 Tahun

Selasa, 04 Maret 2014 – 14:24 wib oleh Desk Informasi SETKAB
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Abubakar mengakui adanya kecenderungan banyak pegawai dari luar daerah yang dalam waktu beberapa tahun lalu minta pindah/mutasi ke daerah lain dengan berbagai alasan. Untuk itu, Azwar menyarankan Pemerintah Daerah (Pemda) mengikat Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan ikatan perjanjian kerja yang cukup lama.“Kalau itu yang dikhawatirkan terjadi (permintaan pindah, red), solusinya bisa dilakukan dengan membuat perjanjian, misalnya selama 10 tahun tidak boleh pindah,” kata Azwar di Pekanbaru, Riau, Senin (3/3). Bahkan, Menteri PAN-RB juga menyarankan, bila perlu kesepakatan untuk tidak pindah itu dilakukan di hadapan notaris.Azwar tidak setuju dengan tindakan sejumlah Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) di daerah yang menahan pengumuman hasil tes CPNS, dengan dalih banyak putra daerah yang tidak lulus. Sementara CPNS dari luar daerah memiliki kecenderungan untuk pindah ke daerah lain.

…dst

27 ) Pemda Bisa Ikat CPNS Baru 10 Tahun

Dibuat pada 04 Maret 2014 di website Kemenpan & RB
PEKANNBARU – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan reformasi Birokrasi (PANRB) Azwar Abubakar menegaskan pelaksanaan penerimaan CPNS dari jalur umum tahun 2013 sudah dilaksanakan secara fair dan transparan. Dari 510 kementerian/lembaga (K/L) dan pemda, hanya 2 daerah yang belum mengumumkan. “Artinya, sebagian besar sudah mengakui baik,” ujarnya dalam jumpa pers usai membuka Workshop Peningkatan Akuntabilitas Kinerja dan Kualitas Pelayanan Publik di Pekanbaru, Senin (03/03). Lebih lanjut Menteri menegaskan, sesuai dengan Undang-Undang Kepegawaian, sudah jelas bahwa yang berwenang mengangkat dan memberhentikan pegawai adalah pejabat pembina kepegawaian (PPK). PPK adalah Menteri, Kepala LPNK, Gubernur, Bupati dan Walikota. “Para pejabat itulah yang berhak mengangkat dan memberhentikan pegawainya,” ujar Azwar. Dijelaskan juga, waktu penerimaan CPNS 2013, mulai dari yang pengumuman formasi, sampai yang menyelenggarakan Test juga PPK. Kementerian PANRB, BKN, BPKP bersama dengan konsorsium perguruan tinggi negeri, Lemsaneg, Polri, ICW, Ombudsman yang tergabung dalam Panselnas membantu sifatnya membantu PPK. Tujuannya untuk meningkatkan keperayaan masyarakat dan mencari putera puteri terbaik bangsa masuk birokrasi.

…dst