Para Dekan Pertanian se Indonesia Sampaikan Deklarasi Ketahanan Pangan Nasional


Kamis, 06 Maret 2014 – 08:38 wib oleh DESK INFORMASI SETKAB

Para dekan Fakultas Pertanian seluruh Indonesia meluncurkan Deklarasi Lombok 2014  dalam rangka  membangun kedaulatan pangan Indonesia.  Deklarasi ini disampaikan bertepatan dengan  Seminar Nasional Pengelolaan Lahan Terdegradasi untuk Mendukung Keamanan dan Ketahanan Pangan di Universitas Mataram, di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Rabu (5/3).

Deklarasi ini dihadiri oleh 40 dekan fakultas pertanian se Indonesia yang tergabung dalam Forum Komunilkasi Perguruan Tinggi Pertanian  se Indonesia (FKPPI).

Sekjen forum komunikasi perguruan tinggi pertanian indonesia (FKPPI) Prof Wan Abas Zakaria dari Universitas Lampung saat membacakan Deklarasi Lombok 2014 mengatakan, deklarasi ini perlu ditegaskan mengingat tahun 2014 momentum  penting bagi kebangkitan pertanian Indonesia.

“Kami telah menyonsong satu abad pertanian Indonesia dalam satu strategi pembangunan pertanian Republik Indonesia 2013 – 2045,” tegas Wan Abas.

Ketahanan pangan menjadi salah satu program prioritas pembangunan nasional 2010- 2014. Selama pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono  upaya pemerintah untuk mewujudkan Indonesia mandiri telah dilakukan  melalui pembangunan pangan nasional.  Upaya ini untuk mencapai ketahanan pangan ini mendapat dukungan  dari berbagai pihak.

Deklarasi Lombok 2014

Bahwa sesungguhnya Indonesia merupakan negara agraris dan maritim yang memiliki keunggulan komparatif dan kompetitif atas sumber daya tropikal melimpah karunia Allah SWT wajib disyukuri dikelola dan dimanfaatkan untuk sebesar-besanya kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia dan umat manusia.

Tahapan pembanguan dalam mengisi kemerdekaan Indonesia  kini berada pada  tahap yang sangat penting lagi menentukan kelangsungan hiidup bangsa dan tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.  Oleh karena itu dibutuhkan suatu  tekad  dan kesatuan lagi sungguh sungguh untuk mewujudkan Indonesia  yang bermartabat, berdaulat, mandiri, maju, adil, dan makmur ditengah-tengah dinamika pembangunan global yang makin kompleks dan maju.

Atas berkat rahmat Allah SWT Tuhan yg maha kuasa, dan didorong oleh keinginan luhur supaya berperi kehidupan kebangsaan yang berdaulat, bermartabat, mandiri, maju, adil, dan makmur maka dengan ini  kami FKPPI mengajak segenap rakyat indonesia, pemerintah, dan seluuruh stake holder pembangunan pertanian, untuk memusatkan tenaga  pikiran, dan daya upaya untuk mewujudkan sistem petanian home industri kerkelanjutan, yang menghasilkan beragam  makanan sehat  produk bernilai tambah tinggi sumber daya kekayaan pertanian dan kelautan tropikal untuk kesejahteraan rakyat. (AK/ES)