1 ) PT Berlomba Alokasikan Dana Publikasi Jurnal Internasional

Kamis, 06/03/2014 – 18:37
SOLO, (PRLM).-Perguruan tinggi (PT) negeri dan swasta kini berlomba-lomba menggelontorkan dana mencapai puluhan juta rupiah, untuk merangsang para dosen menulis jurnal penelitian yang terindeks internasional, seperti Scopus dan Thomson. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengalokasikan dana Rp 30 juta bagi dosen yang jurnal ilmiahnya terpublikasikan secara internasional dan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menyediakan Rp 25 juta. Kepala Public Relation UMS, Anam Sutopo mengungkapkan, UMS sedang menyiapkan surat keputusan rektor yang mengatur tentang ketentuan pemberian insentif bagi jurnal yang terindeks Scopus dengan alokasi dana total Rp 30 juta. Keputusan tersebut berdasarkan hasil rapat kerja pimpinan UMS di Tawangmangu, Karanganyar, beberapa waktu lalu. “Rektor sedang menyiapkan SK tentang ketentuan itu. Tujuannya untuk memacu budaya menulis dan Rektor UMS akan mengapresiasi dengan insentif tiap bulan maksimal Rp 2,5 juta selama setahun. Itu untuk satu jurnal internasional,” ujar Anam, kepada wartawan, Kamis (6/3/14). Dia menjelaskan, nilai insentif jurnal internasional bervariasi antara Rp 2 juta hingga Rp 2,5 juta. Besarnya nilai insentif disesuaikan dengan peringkat pengindeks jurnal internasional. Dia menyebut contoh jurnal ilmiah yang terindeks Scopus, misalnya, akan mendapat insentif maksimal Rp 2,5 juta per bulan.

…dst

2 ) Riset dengan 15 PTN Indonesia, Inggris Kucurkan Rp171 M

Sabtu, 08 Maret 2014 12:04 wib
JAKARTA – Perhatian pemerintah Inggris terhadap bidang riset dan teknologi sangat besar. Bahkan, mereka tidak segan-segan mengucurkan dana sebesar USD15 juta atau senilai Rp171 miliar (Rp11.382 per USD) untuk pengembangan riset dan teknologi di kalangan peneliti perguruan tinggi di Indonesia. Pengembangan riset ini melibatkan 15 perguruan tinggi di Tanah Air dan tiga perguruan tinggi asal United Kingdom (UK) itu. Hal tersebut mengemuka dalam kunjungan Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia Mark Canning ke Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, belum lama ini. Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Alumni UGM Dwikorita Karnawati menjelaskan, hasil pertemuan dengan Dubes Inggris tersebut membahas dua isu penting, yakni kerjasama bidang pendidikan dan riset. Kerjasama pendidikan meliputi pembentukan joint double degree antara UGM dengan Birmingham dan Leed University.

…dst

3 ) Asyik, Pengusaha Pemula di Bandung Akan Dipinjami Kantor

Sabtu, 08/03/2014 16:16 WIB
Bandung – Kerjasama dengan Universitas Padjadjaran (Unpad), Wali Kota Bandung Ridwan Kamil akan memberikan batuan pada para pengusaha muda yang merintis usahanya. Mereka akan dipinjami kantor sementara hingga 6 bulan secara cuma-cuma. Hal itu diungkapkan Emil, begitu Ridwan Kamil akrab disapa saat ditemui usai Dialog Kebangsaan ‘Gelombang Baru Nasionalisme: Dari Daerah Membangun Indonesia’ di Aula Barat ITB, Sabtu (8/3/2014). Ia mengatakan, saat ini Pemkot Bandung tengah menyusun MoU dengan Unpad untuk pengelolaan sejumlah aset Unpad yang tak terpakai. “Jadi kan Unpad sekarang pindah ke Jatinangor, banyak gedung mereka yang kosong. Jadi akan kita berdayakan,” ujar Emil. Sejumlah aset milik Unpad tersebut antara lain berada di Jalan Banda, Jalan Cisangkuy dan Jalan Ir Djuanda. Emil berencana akan memanfaatkan ruang-ruang tersebut menjadi pusat kesenian Sunda dan ekonomi kreatif. “Jadi nanti kalau ada yang mahasiswa yang punya baru punya bisnis enggak usah sewa kantor. Kita akan berikan (pinjam) gratis,” katanya.

…dst

4 ) Meski Ditentang, Unair Tetap Buka di Banyuwangi

Jum’at, 07 Maret 2014 | 16:05 WIB
TEMPO.CO, Surabaya-Wakil Rektor I Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Achmad Syahrani, angkat bicara soal polemik pendirian kampus tersebut di Banyuwangi. Menurut dia, pihaknya tidak punya keinginan untuk membuka kelas di Banyuwangi, tetapi pendirian kampus tersebut karena diminta oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. “Jadi kami akan jalan sesuai apa yng telah direncacakan sejak awal,” ujarnya, Kamis malam, 6 Maret 2014. (baca:Pendirian Kampus Unair di Banyuwangi Ditolak) Menurut Syahrani, penolakan pendirian kampus di Banyuwangi oleh beberapa pihak adalah hal biasa dalam alam demokrasi. Namun, pihaknya akan tetap melaksanakan penunjukkan Kementerian. “Unair hanya pelaksana.” Bila ada pihak yang menolak pendirian Unair di Banyuwangi, sebaiknya disampaikan langsung kepada kementerian agar dapat segera ditindaklanjuti. (baca:Unair Buka Jurusan Kedokteran Hewan di Banyuwangi) Unair ditunjuk Kementerian Pendidikan untuk melaksanakan program pendidikan di luar domisili dengan mendirikan kampus di Banyuwangi. Namun, pendirian kampus itu ditentang oleh Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) setempat.

…dst

5 ) Unair Jadi Tuan Rumah Pameran Pendidikan Se-ASEAN

07 Mar 2014 09:05:54
Surabaya (Antara Jatim) – Universitas Airlangga (Unair) Surabaya menjadi tuan rumah Pameran Pendidikan se-ASEAN dan Asia Timur yang diikuti 11 perguruan tinggi yang tergabung dalam “ASEAN University Networking” (AUN) di Kampus C Unair Surabaya pada 6-7 Maret. “Penyelenggaraan pameran pendidikan perguruan tinggi yang tergabung dalam AUN ini merupakan pengalaman pertama bagi Unair, namun akan merupakan langkah penguatan Unair menuju ‘World Class University’,” kata Wakil Rektor III Unair Prof dr Sutjipto MS,. PhD di sela-sela pameran di kampus setempat, Jumat. Pameran pendidikan yang berlangsung di selasar lantai 4 Kantor Manajemen kampus C Unair Surabaya itu dihadiri Direktur Eksekutif AUN Prof Dr Nantana Gajaseni PhD dan Sekretaris Jenderal AUN Junaedi dari UI. Ke-11 perguruan tinggi yang mengikuti pameran adalah Unair, Chulalongkorn University (Thailand), Universiti Brunei Darussalam (Brunei Darussalam), dan Vietnam National University (Vietnam).

…dst

6 ) 401 sekolah di Jatim tak ikut SNMPTN

Jumat, 7 Maret 2014 05:48 WIB
Surabaya (ANTARA News) – Sebanyak 401 dari total 2.495 sekolah di Jawa Timur yang terdaftar di pangkalan data sekolah siswa (PDSS) dipastikan tidak akan bisa mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014. “Batas waktu sekolah untuk mengisi PDSS sebagai syarat mengikuti SNMPTN pada Kamis (6/3) pukul 24.00 WIB, namun hingga pukul 20.15 WIB tercatat 401 sekolah yang tidak mengisi PDSS,” kata Humas SNMPTN dari ITS Dr Ir Ismaini Zain kepada Antara di Surabaya, Kamis malam. Namun, kata Ismaini Zain yang juga Kepala Badan Akademik ITS itu, 2.094 sekolah yang sudah mengisi PDSS itu pun hanya 1.162 sekolah yang sudah mendaftar SNMPTN, sehingga tercatat 932 sekolah yang belum mendaftarkan siswanya untuk mengikuti SNMPTN 2014. “Tapi, pendaftaran SNMPTN 2014 masih akan berakhir pada 31 Maret, sehingga kesempatan masih ada. Yang sudah habis batas waktunya adalah pengisian PDSS, sedangkan pendaftaran SNMPTN 2014 masih ada hingga akhir Maret,” katanya.

…dst

7 ) Mendikbud: Jangan Gunakan Aset Pendidikan untuk Kepentingan Politik!

Jumat, 7 Maret 2014 | 18:18 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Masa kampanye pemilihan umum mulai bergulir tak kurang dari dua pekan ke depan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohamad Nuh mengimbau semua instansi pendidikan untuk selalu menjaga netralitas agar tak terjebak ke dalam politik praktis. Imbauan tersebut disampaikan Nuh pada sambutan penutupan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2014 di Hotel Sahid, Jakarta, Jumat (7/3/2014). Dalam acara itu hadir pejabat Kemendikbud dan kepala-kepala dinas pendidikan dari berbagai kabupaten/kota di Indonesia. “Tolong, dijaga betul netralitas, karena bisa jadi pada saat seperti itu ada yang melakukan politik kotor,” kata Nuh. Selain itu, Mendikbud menegaskan, tidak dibenarkan menggunakan aset ataupun fasilitas pendidikan sebagai sarana kampanye partai politik.

…dst

8 ) Dokter Magang Solusi Atasi Minimnya Dokter Spesialis

Sabtu, 08 Maret 2014 11:03 wib
JAKARTA – Hingga saat ini Indonesia masih kekurangan dokter umum dan dokter spesialis untuk melayani seluruh masyarakat Indonesia. Untuk itu, keberadaan residen atau dokter magang diharapkan menjadi solusi atas persoalan tersebut. Dalam seminar “Penggunaan Residen sebagai Tenaga Medik untuk Menyeimbangkan Tenaga Kesehetan di Daerah Sulit” di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Kepala Pustanserdik BPPSDM Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI Kirana Puspitasari menyatakan, data Rumah Sakit Online Kemekes mencatat, saat ini baru terdapat 21.830 dokter umum dan 37.100 dokter spesialis yang tersebar di 2.278 rumah sakit, baik rumah sakit pemerintah maupun swasta.Menurut WHO rasio pelayanan ideal satu dokter melayani kurang dari 3.000 pasien. “Kita masih sangat kekurangan dokter, terutama dokter spesialis untuk melayani masyarakat Indonesia yang lebih dari 237 juta jiwa,” kata Kirana, seperti dinukil dari situs UGM, Sabtu (8/3/2014).

…dst

9 ) Beasiswa Fulbright untuk Putra Papua

Sabtu, 08 Maret 2014 07:05 wib
JAKARTA – American Indonesian Exchange (Aminef) memberikan beasiswa khusus bagi putra-putri Papua. Melalui Fulbright Freeport Master Grants, putra-putri Papua dapat menjalani studi S-2 di berbagai bidang. Program ini terbuka untuk bidang Teknik, Ilmu Lingkungan, Kebijakan Publik, Kesehatan Publik, Bisnis dan bidang lainnya. Fulbright grants for Master’s are available to Papuan residents in the following fields: Engineering, Environmental Science, Public Policy, Public Health, Business and related fields. Untuk melamar beasiswa ini, siswa harus memiliki KTP Papua dan gelar sarjana dengan nilai IPK minimal 3,0 (skala 4). Pelamar juga harus memiliki pemahaman yang baik tentang budaya Indonesia dan internasional serta berkomitmen untuk kembali dan membangun Papua setelah masa studi usai.

…dst

10 )  Peluang Beasiswa Bagi Lulusan Madasah Aliyah Melanjutkan Kuliah di Luar Negeri

Sabtu, 08 Maret 2014 – 08:33 WIB
Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Madrasah Ditjen Pendidikan Islam memberikan peluang beasiswa bagi lulusan Madrasah Aliyah tahun 2013 dan 2014 untuk melanjutkan kuliah di perguruan tinggi di luar negeri melalui program Indonesian Leadership Awards (ILA) 2014. “ILA 2014 adalah program pemberian beasiswa bagi peserta didik Madrasah Aliyah untuk melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang Sarjana (S1) di perguruan tinggi di luar negeri,” kata Direktur Pendidikan Madrasah Nur Kholis Setiawan, di Jakarta, Jumat (7/3). Menurut Nur Kholis, ILA merupakan program beasiswa regular yang diperuntukkan bagi anak-anak bangsa terbaik, lulusan Madrasah Aliyah (MA)/sederajat untuk melanjutkan pendidikannya di universitas terbaik dunia. Dalam pelaksanaan ILA ini, Direktorat Pendidikan Madrasah bekerjasama dengan Lembaga Nan-Unggul Indonesia (LNI) /Institute For Indonesia’s Future Excellent (IIFE).

…dst

11 ) ESDM Gandeng ITS Kelola Potensi Enegeri Laut Nasional

Jumat, 07 Maret 2014, 18:13 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA — Kementrian ESDM menggandeng Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS) untuk mengelola potensi energi laut nasional. Kerja sama ini ditandai penandatanganan MoU antara Badan Penelitian dan Pengembangan Energi dan Sumber Daya Mineral (Balitbang ESDM) dengan ITS di Grha Sepuluh Nopember ITS, Jumat (7/3). Kerja sama ini menurut Wamen ESDM, Susilo Siswoutomo, mengingat potensi energi terbarukan  nasional yang sanbat besar. Salah satu perguruan tinggi yang ikut andil dalam hal ini adalah ITS. “Hal ini karena ITS memiliki predikat sebagai kampus maritim,”  ujar Susilo mengutip siaranpers yang disampaikan Humas ITS kepada ROL. Bagi Susilo, ITS harus mampu membuat teknologi baru dalam pengembangan sumber energi laut di Indonesia. Setelah bekerja sama dengan ITS, katanya, ESDM menjanjikan segala fasilitas dalam penelitian dan riset energi akan dibantu sepenuhnya oleh pemerintah. “Mulai dari masalah dana hingga kelengkapan riset seperti laboratorium kini sudah dapat diakses oleh para periset dari ITS,” tuturnya ketika ditemui seusai acara.

…dst

12 ) UMM Rayakan Milad Emas

Jumat, 07 Maret 2014, 16:25 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, MALANG — Tahun 2014 ini Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Malang, Jawa Timur (Jatim) genap berusia (milad) ke-50 tahun atau emas.  Di kampus yang tak biasa menggelar peringatan dies natalis ini, tahun ini akan menjadikan momentum milad emas ini untuk kembali melakukan refleksi. Selain itu,sepanjang tahun, UMM juga menggelar aneka kegiatan dari yang bernafas rekreatif, religius hingga akademik ilmiah.  Skala kegiatan pun bervariasi, mulai dari internal, lokal, nasional, hingga internasional. Ketua Badan Pembina UMM Malik Fadjar saat memberi bekal pada civitas akademika berpesan agar memiliki komitmen bersama dalam membangun kampus ini.  Malik mengingatkan agar pimpinan UMM terhindar dari metafor dalam Alquran surat An-Nahl ayat 92 tentang seorang perempuan yang menguraikan benangnya yang sudah dipintal dengan kuat, namun pada akhirnya tercerai berai kembali.

…dst

13 ) Unej Siap Hadapi “Asean Economic Community”

08 Mar 2014 12:45:42
Jember (Antara Jatim) – Universitas Jember (Unej) menyatakan kesiapannya dalam menghadapi “ASEAN Economic Community” (AEC) dengan mempersiapkan mahasiswa universitas setempat sebagai sumber daya manusia yang tangguh. “Lembaga perguruan tinggi memiliki posisi dan peran penting menjelang implementasi kesepakatan integrasi AEC, sehingga diperlukan sistem pendidikan yang mampu melahirkan SDM yang mampu bersaing,” kata Dekan Fakultas Ekonomi Unej Dr M. Fathorazzi di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu. Menurut dia, AEC yang akan diterapakan 2015 mendatang pada dasarnya merupakan sebuah kesepakatan bersama para negara anggota ASEAN untuk menjadi satu, sehingga tidak hanya memikirkan masalah pribadi namun juga masalah negara lain di ASEAN.

…dst