1 )  Masuk 10 Ekonomi Besar Dunia, Prof. Firmanzah: Masih Ada Ruang Lebih Besar Lagi

Senin, 05 Mei 2014 – 11:27 WIB
Keberhasilan Indonesia yang ditempatkan oleh Bank Dunia (World Bank) sebagai 10 ekonomi besar dunia berdasarkan Purchasing Power Parity (PPP) sebagimana disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Jakarta, Sabtu (3/5) lalu, menunjukkan bahwa Indonesia kini sejajar dengan negara-negara yang selama ini tergolong sebagai negara maju. “Indonesia ditempatkan oleh Bank Dunia sebagai negara ke-10 dengan Product Domestic Bruto (PDB) terbesar dari 177 negara berdasarkan Purchasing Power Parity (PPP). Hanya ada 3 (tiga) negara Asia yang masuk dalam kategori 10 besar itu, yaitu Tiongkok, India, dan Indonesia,” kata Prof. Firmanzah Ph.D, Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi dan Pembangunan melalui surat elektroniknya dari Washington DC, Amerika Serikat, Senin (5/5) pagi WIB.

…dst

2 ) Jika Tak Dikorupsi, Berapa APBN yang Bisa Dipakai untuk Perangi Kemiskinan?

Sabtu, 03/05/2014 08:54 WIB
Jakarta – Tiap tahun, peringatan hari pendidikan nasional berlalu begitu saja. Padahal membangun suatu bangsa jelas bisa dilakukan lewat pendidikan. Bagi Wakil Kepala PPATK Agus Santoso peringatan Hari Pendidikan Nasional harus dimaknai sebagai pembangunan nilai-nilai integritas siswa didik dan para pendidik. “Bagi saya, pendidikan itu jangan diartikan sebagai mengejar nilai dan prestasi akademik semata, tetapi sangat penting pula bahwa pendidikan dimaknai sebagai upaya membangun nilai-nilai integritas dan budaya luhur anak bangsa,” terang Agus yang memperoleh penghargaan prestasi akademik semasa menempuh jenjang pendidikan S1 dan S2 di Fakultas Hukum Unpad dan Leiden itu, saat berbincang, Sabtu (3/5/2014). … Dari data KPK, lanjut Agus, dalam kurun waktu 2004-2011, kerugian negara akibat korupsi mencapai Rp 39,3 Triliun. Dana sebesar itu seharusnya bisa digunakan untuk memberikan pendidikan gratis bagi 68 juta anak Sekolah Dasar selama satu tahun penuh, atau bisa untuk memberi bantuan modal kepada 3,9 juta Sarjana baru untuk berwirausaha. “Yang sangat memprihatinkan di peringatan Hari Pendidikan ini, tercatat bahwa dari strata pendidikan para koruptor itu, ada 332 orang bergelar Doktor, 147 orang berpendidikan Master Degree, dan 119 orang berpendidikan Sarjana, bahkan ada 10 Guru Besar tercatat sebagai pelaku Korupsi,” ungkapnya.

…dst

3 ) Uang PNBP PTN Rp 12 Triliun Rawan Dibobol

Minggu, 04 Mei 2014 , 04:12:00
JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berupaya memegari seluruh kampus negeri (PTN) supaya tidak menjadi lumbung korupsi. Kasus mantan rektor Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwakarta Edy Yowono yang divonis korupsi tidak boleh terulang lagi. Selama ini penghasilan kampus memang rawan ditilap internal kampus. Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendikbud Haryono Umar mengatakan, pihaknya baru saja memanggil seluruh rektor PTN dan jajaran Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) dari seluruh Indonesia. “Kami sepakat untuk membangun wilayah bebas korupsi di jajarakan kampus. Bersih korupsinya tidak hanya di kantor Kemendikbud Senayan,” katanya kemarin. Haryono mengatakan penggalian komitmen bebas korupsi di lingkungan PTN ini dipantau langsung oleh perwakilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Indonesia Corruption Watch (ICW), dan lembaga lainnya. “Respon dari seluruh rektor positif. Semuanya kompak tidak boleh ada lingkungan kampus harus masuk wilayah bebas korupsi,” tandasnya.

…dst

4 ) Dirjen Dikti Buka Training of Trainers Pendidikan Anti-Korupsi 2014

Oleh Dinna Handini – 05 May 2014
Jakarta, 5 Mei 2014-“Jika gurunya ‘bener’, muridnya juga ‘bener’,” ujar Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan kebudayaan (Dirjen Dikti, Kemdikbud) Joko Santoso membuka Training of Trainers Pendidikan Anti-Korupsi (ToT PAK) Regional I Tahun 2014 yang berlangsung mulai hari ini tanggal 5 hingga 7 Mei 2014 di Park Hotel, Cawang, Jakarta. Joko berharap dapat ToT PAK tak hanya berhenti pada pelatihan semata, melainkan mampu menyebarkan ke civitas akademika lainnya, termasuk pendidik dan tenaga kependidikan.  ToT PAK juga diharapkan menumbuhkan kepahaman dan kesadaraan mahasiswa akan bahaya laten korupsi. Tujuan akhir kegiatan ini adalah menciptakan generasi emas Indonesia yang anti-korupsi. Hadir pula dalam acara ini antara lain Inspektur Jenderal (Irjen) Kemdikbud Haryono Umar. “Kalau kita kehilangan integritas, kita akan kehilangan semuanya,” kata Haryono. Ia yakin bangsa Indonesia masih memiliki peluang untuk jadi bangsa yang maju jika masih mengedepankan integritas.

…dst

5 ) Mahasiswa Ditantang Lomba Rancang Bangunan

Selasa, 06 Mei 2014, 06:46 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Nippon Paint Indonesia mengajak seluruh mahasiswa arsitektur maupun desainer interior dari berbagai universitas di Indonesia untuk mengikuti lomba rancang bangunan. CEO Nippon Paint Indonesia Jon Tan mengatakan, lomba merancang bangunan dan desain interior mengusung tema “Re Think, Re Create Future Living 2030” dibuka pada 30 April.  “Lomba  ini merupakan lomba internasional, juga diikuti  oleh sembilan negara seperti Indonesia, Cina, Jepang, Malaysia, Pakistan, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Hong Kong,” kata dia saat menjelaskan Nippon Paint Young Designer Award (NPYDA) 2014, Senin (5/5). Anak-anak, ujar Jon, diminta merancang bangunan dengan luas minimal 5.000 meter persegi. Sedangkan untuk merancang interior minimal 300 meter persegi. “Nanti para pemenang lomba bisa magang di berbagai perusahaan di Indonesia. Antara lain perusahaan  ternama seperti Aecom Indonesia, Andramatin, Atelier Cosmas Gozali, Djuhara+Djuhara, Ethospace, dan Ong&Ong,” kata Jon.

…dst

6 ) Aplikasi Mitigasi Bencana UGM Bisa Diakses Google Glass

Senin, 05 Mei 2014, 22:53 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA–Tim mahasiswa Program Studi Ilmu Komputer Universitas Gadjah Mada mengembangkan metode untuk memudahkan mendapatkan informasi terkait mitigasi bencana melalui aplikasi “Quick Disaster”. “Aplikasi itu berbasis visual dan suara yang bisa menampilkan langkah tahapan antisipasi bencana, seperti erupsi gunung berapi, tanah longsor, topan tornado, gempa bumi, hujan abu vulkanik, banjir, kebakaran, dan tsunami,” kata ketua tim Daniel Oscar Baskoro di Yogyakarta, Senin. Menurut dia, aplikasi itu hanya bisa diakses melalui perangkat kacamata “google glass”. “Google glass” merupakan kacamata pintar hasil dari riset Perusahaan Google yang mampu memproses dan menampilkan informasi layaknya “smartphone”.”Namun, aplikasi yang sedang kami kembangkan itu pada perangkat ‘google glass’ bisa menampilkan informasi secara visual mengenai tahapan solusi untuk mengantisipasi dampak bencana,” katanya.

…dst

7 ) Daftar Bidikmisi via SBMPTN 2014, Bisa Kok!

Selasa, 06 Mei 2014 11:02 wib
JAKARTA – Seperti halnya Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), siswa SMA/sederajat dan alumni juga bisa mendaftar program beasiswa Bidikmisi melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Simak baik-baik tata caranya, ya. Sebelum mendaftar, sebaiknya kamu mempelajari prosedur pendaftaran program Bidikmisi seperti yang tercantum di laman Bidikmisi. Kemudian, daftarkan dirimu di laman yang sama. Jika dinyatakan memenuhi persyaratan Bidikmisi sesuai ketentuan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Ditjen Dikti Kemendikbud), maka kamu akan memperoleh Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan Personal Indentification Number (PIN). Kamu bisa menggunakan KAP dan PIN ini untuk mendaftar SBMPTN melalui laman SBMPTN 2014, gratis!

…dst

8 ) Kapan Ujian SBMPTN 2014?

Selasa, 06 Mei 2014 08:04 wib
JAKARTA – Setelah mengikuti ujian nasional (UN) SMA/sederajat pada Maret lalu, bukan berarti siswa kelas XII bisa berleha-leha. Mereka yang berencana mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tetap berjibaku mempersiapkan diri menghadapi ujian tulis. Laman SBMPTN 2014, Selasa (6/5/2014), melansir, ada tiga kelompok ujian pada SBMPTN 2014 yaitu Sains dan Teknologi (Saintek), Sosial Humaniora (Soshum) dan Kelompok Ujian Campuran.  Pada selasa, 17 Juni 2014, peserta SBMPTN akan mengikuti dua hingga tiga sesi ujian. Sesi pertama adalah Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) bagi peserta dari semua kelompok ujian.

…dst

9 ) SBMPTN 2014, Siswa Bisa Pilih 3 Jurusan

Selasa, 06 Mei 2014 10:10 wib
JAKARTA – Pekan depan, tepatnya 12 Mei 2014, pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2014 akan dibuka. Sudah punya pilihan jurusan atau program studi (prodi)? Pada SBMPTN 2014, prodi di PTN dibagi menjadi dua kelompok; Sains Teknologi (Saintek) dan Sosial Humaniora (Soshum). Nah, dengan menggunakan dua kelompok prodi ini, kamu bisa memilih satu dari tiga kelompok ujian; Saintek, Soshum dan kelompok ujian campuran.  Menurut laman SBMPTN 2014, Selasa (6/5/2015), peserta kelompok ujian Saintek dapat memilih maksimal tiga prodi dari kelompok prodi Saintek. Begitu juga dengan peserta kelompok ujian Soshum, mereka bisa memilih sebanyak-banyaknya tiga prodi dari kelompok prodi Soshum. Peserta kelompok ujian campuran juga dapat memilih hingga tiga prodi; tetapi mereka bisa mencampur pilihan prodi pada kelompok Saintek dan Soshum.

…dst

10 ) Pendaftaran SBMPTN 12 Mei-6 Juni
Undip Sediakan 2.400 Kursi, Unnes 2.199 Kursi

06 Mei 2014
SEMARANG – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dibuka pada 12 Mei – 6 Juni. Calon mahasiswa diminta cermat dalam memilih program studi saat mengisi formulir. Hal itu dikemukakan Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi MES PhD, baru-baru ini. Tahun ini Undip menyediakan kuota 30% atau 2.400 kursi untuk mahasiswa baru. ‘’Sebaiknya siswa mengukur kemampuan dalam memilih prodi. SBMPTN berbeda dengan SNMPTN, karena lebih fokus mengukur kemampuan penalaran atau kemampuan berpikir tingkat tinggi,’’ tutur Sudharto. Undip memiliki sejumlah prodi favorit, karena tiap tahun selalu diminati banyak pendaftar.

…dst

11 ) Jepang Tawarkan Beasiswa kepada Lulusan SLTA Indonesia

03 Mei 2014 05:15:52
Jakarta (Antara) – Kedutaan Besar Jepang di Jakarta menawarkan beasiswa pemerintah (Monbukagakusho) kepada lulusan SLTA dan sederajat Indonesia, untuk melanjutkan pendidikan jenjang universitas (S1), kuliah bidang teknologi (D3) dan pelatihan profesional (D2) di Negeri Matahari Terbit itu. Keterangan pers Kedutaan Besar (Kedubes) Jepang yang diterima di Jakarta, Sabtu, menyebutkan pendaftaran dibuka mulai 5 hingga 21 Mei 2014 untuk tahap I. Tahap I tersebut khusus untuk pelajar yang lulus pada 2013 dan tahun sebelumnya. Kemudian pendaftaran tahap II dibuka pada 26 Mei hingga 11 Juni 2014, khusus untuk pelajar yang lulus pada 2014 saja. “Pelamar hanya dapat mendaftar satu program saja dari S1, D3 atau D2,” sebut keterangan pers itu. Salah satu syarat penting untuk pelamar beasiswa adalah nilai minimal rata-rata Ujian Nasional untuk S1 sebesar 8,4, untuk D3 sebesar 8,0 dan untuk D2 sebesar 8,0. Dari segi usia, beasiswa ini diperuntukkan untuk pelamar yang lahir antara 2 April 1993 hingga 1 April 1998.

…dst

12 ) Dita, Calon Guru IPA yang Raih IPK Sempurna

Sabtu, 03 Mei 2014 09:11 wib
JAKARTA – Mendapatkan kesempatan kuliah secara gratis di perguruan tinggi negeri (PTN) ternama tidak datang ke sembarang orang. Maka, ketika kesempatan itu tiba, Dita Ardwiyanti bertekad untuk memanfaatkannya dengan baik.Dita adalah penerima beasiswa Bidikmisi di program S-1 Pendidikan IPA Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Tidak main-main, dalam perkuliahan yang dilakoninya, Dita pun meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sempurna, 4,00.Ketika disambangi oleh pihak UNY ke rumahnya di Gedongsari Wijirejo Pandak Bantul, Dita pun menguraikan kisahnya hingga tiba di UNY. Dia mengaku, kuliah merupakan cita-citanya sejak SMP dulu di Pontianak Kalimantan Barat. “Saat itu saya berpikir bahwa jika ingin melanjutkan kuliah maka saya harus pindah ke Yogyakarta. Saya pun melanjutkan pendidikan di SMAN 2 Bantul dan duduk di kelas unggulan,” tutur Dita, seperti dinukil dari laman UNY, Sabtu (3/5/2014).

…dst

13 ) Jalapatih ITS Siap Berlayar di Kompetisi Internasional

Minggu, 04 Mei 2014 11:11 wib JAKARTA – Tidak puas dengan berbagai mobil listrik yang mereka luncurkan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali melakukan inovasi. Kali ini giliran sebuah kapal bertenaga surya yang resmi diluncurkan. Kapal yang diberi nama Jalapatih itu memang tengah dipersiapkan guna mengikuti lomba Dong Energy Challenge 2014 di Belanda. Hebatnya, ITS adalah satu-satunya tim asal ASEAN yang turut berpartisipasi dalam ajang tersebut.   Ketua Marine Solar Boat Team Candra Prasetyo Endro mengungkap, kapal itu merupakan impian yang sudah mulai dirilis sejak 2011. Namun, proses pengerjaannya baru bisa dilakukan pada 2012. Candra mengaku, Jalipatih memang sengaja disiapkan untuk berpartisipasi dalam ajang Dong Energy Challenge. “Kami memang targetkan pada 2014 bisa ikut kompetisi ini,” tutur Candra, seperti dinukil dari ITS Online, Minggu (4/5/2014).

…dst

14 ) Pendaftaran Ujian Masuk UI 2014 Sudah Dibuka

Senin, 05 Mei 2014, 17:03 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK– Kabar gembira bagi mereka yang ingin berkuliah di Universitas Indonesia (UI). Seleksi Masuk (SIMAK) UI tahun 2014 telah dibuka mulai Senin (5/5) hari ini.  Pendaftaran SIMAK UI dapat dilakukan secara online melalui laman http://penerimaan.ui.ac.id  hingga 6 Juni 2014 mendatang. Ujian tertulis Vokasi (D3), S1 Reguler dan S1 Paralel akan dilaksanakan serentak pada 22 Juni 2014 di 17 kota yang tersebar di seluruh Indonesia. Sedangkan ujian S1 Kelas Internasional dilaksanakan pada 15 Juni 2014. Untuk pengumuman, dapat diakses secara online di http://penerimaan.ui.ac.idpada 23 Juli 2014. Kepala Kantor Komunikasi UI, Dra Farida Haryoko MPsi menjelaskan, Materi yang diujikan pada SIMAK UI 2014 untuk kelompok IPA adalah kemampuan dasar (Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris) dan kemampuan IPA (Matematika IPA, Fisika, Kimia, Biologi, dan IPA Terpadu).

…dst

15 ) Asyik, Dua Ijazah di Satu Kampus

Senin, 05 Mei 2014 20:14 wib
JAKARTA – Bagaimana ya, jika kita menempuh pendidikan tinggi, eh ternyata kampus tersebut menyediakan dua ijazah sekaligus. Wah, memang bisa? Bisa dong. Semua ada di pameran pendidikan kali yang menghadirkan perguruan tinggi China yang memberikan gelar universitas Amerika Serikat, Inggris atau Australia dengan perkuliahan menggunakan bahasa Inggris. Seluruh perkuliahannya dilaksanakan di China selama satu hingga dua tahun terakhir di Amerika Serikat, Australia atau Kanada baik yang single degree (satu ijazah) atau dua degree (dua ijazah) seperti dari Universitas Tiongkok dan Universitas Inggris. “Dengan demikian, para siswa akan menghemat biaya pendidikannya hingga 60 persen, dibandingkan kuliah langsung di negara-negara Barat itu dari tahun pertama,” jelas Direktur Beijing Language and Culture Institute (BLCI), Ir. Samuel Wiyono, MBA, saat ditemui di kantornya di bilangan Mangga Dua Square, Senin (5/5/2014).

…dst

16 ) Profil Kampus Unggulan Dunia di Bawah 50 Tahun

Senin, 05 Mei 2014 11:16 wib
JAKARTA – Sejak 2010, majalah Times Higher Education (THE) membuat pemeringkatan kampus-kampus muda unggulan berusia di bawah 50 tahun. Sejak kali pertama pula, kampus Asia melejit hingga ke posisi teratas.  Pada tahun pertama daftar THE 100 Under 50 dirilis, Pohang University of Science and Technology di Pohang, Korea Selatan menahbiskan diri sebagai kampus muda terbaik di dunia. Hebatnya lagi, perguruan tinggi yang berdiri pada 1986 tersebut menempati posisi puncak daftar THE 100 Under 50 selama tiga tahun berturut-turut.  Dikenal sebagai Postech, kelahiran sekolah ini tidak diperkirakan sebelumnya. Park Tai-joon, mendiang mantan kepala perusahaan baja di kota yang sama, POSCO, menanamkan dana abadi USD1,2 miliar sebagai modal pendirian Postech. Tai-joon mencontoh California Institute of Technology di Pasadena, California dengan menekankan studi pada bidang sains dan teknik.

…dst

17 )  Mendikbud Jelaskan Nasib Guru TIK
Selasa, 06 Mei 2014 , 06:17:00

JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh terus menyosialisasikan nasib guru-guru TIK (teknologi informasi dan komunikasi). Posisi guru TIK dalam Kurikulum 2013 memicu polemik, seiring dengan dihapusnya mata pelajaran TIK.  Menteri asal Surabaya itu mengaku baru saja bertemu dengan organisasi guru-guru TIK. Dalam pertemuan itu, disebutkan bahwa nasib guru TIK yang sekarang sedang mengajar menjadi terancam dengan penghapusan itu. Selain itu saat ini juga sudah banyak mahasiswa yang mengambil kuliah pendidikan calon guru TIK. Nuh meminta para guru TIK tetap tenang dan tidak merespon penghapusan mata pelajaran itu dengan berlebihan. “Tidak benar akan ada PHK guru-guru TIK karena mata pelajarannya dihapus. Cari guru saja susah, kok malah mau mem-PHK,” katanya saat sidak penyelenggaraan ujian nasional (unas) SMP di Kepulauan Seribu kemarin.Dia menegaskan bahwa sampai saat ini mata pelajaran TIK tetap dihapus dari daftar mata pelajaran yang diujikan. Tetapi Nuh mengatakan bahwa kurikulum 2013 yang dikeluarkan Kemendikbud itu bersifat standar minimal. Artinya masing-masing sekolah bisa mengembangkan dengan membuka muatan lokal TIK.

…dst

18 ) Puluhan Ribu CPNS Terancam Dicoret  

SENIN, 05 MEI 2014 | 08:41 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Meski pengumuman kelulusan tes CPNS sudah dilakukan sejak Februari lalu, tapi akhir April tahun ini belum ada kepala daerah tingkat provinsi ataupun kabupaten/kota yang telah menyetorkan berkas honorer K2 yang telah dinyatakan lulus itu ke Badan Kepegawaian Negara. “Biasanya, paling lama dua pekan setelah pengumuman berkas sudah disetor, tapi kini sudah dua bulan belum ada yang setor,” ujar Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Eko Sutrisno dalam wawancara khusus dengan majalah Tempoakhir April lalu. Honorer kategori 2 atau K2 adalah honorer yang berkerja di instansi negara tapi tidak digaji dari APBN/APBD. Lambannya penyetoran data itu terkait dengan maraknya pemalsuan dokumen yang dilakukan para honorer untuk bisa menjadi peserta dan lulus seleksi CPNS. “Karena banyaknya dugaan pemalsuan, kami minta supaya para kepala daerah membuat surat jaminan keabsahan data para honorer yang telah lulus tes,” ujarnya. Dalam surat itu, para kepala daerah diminta menjamin kebenaran data sekaligus bersedia dituntut secara pidana jika nanti ditemukan adanya pemalsuan data yang mereka setor. “Saya tidak ingin tanggung sendiri masalah ini. Karena itu, mereka saya minta beri surat jaminan. Tanpa itu, nomor induk pegawai (NIP) tidak akan kami berikan.”

…dst

19 ) Ditemukan Sekitar 130 Ribu Pegawai Honorer Fiktif

SENIN, 05 MEI 2014 | 08:12 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar menyatakan manipulasi data honorer kategori 2 atau K2 mencapai seratusan kasus. Honorer katagoeri K2 adalah pegawai di instansi negara tidak dibiayai APBN atau APBD. Mereka dibayar oleh instansi tempat bekarja yang dananya bersumber dari lain-lain. “Perkiraan saya sekitar 20 persen,” ujarnya. Tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun lalu diikuti 649 ribu honorer. Artinya, dengan perkiraan paling konservatif itu ada sekitar 130 ribu pegawai orang yang melakukan pemalsuan data (baca selengkapnya di majalah Tempo).Pemerintah mengumumkan hasil tes CPNS pada Februari lalu, dan sekitar 165.251 orang dinyatakan lulus. Namun, karena maraknya pemalsuan data tersebut, pemerintah pusat tidak bersedia langsung mengangkat mereka sebagai pegawai negeri. “Kami minta untuk dilakukan verifikasi ulang bagi para honorer yang lulus tes, dan yang terbukti melakukan pemalsuan akan dicoret,” ujar Azwar.

…dst

20 ) PNS Tolak Pasal Pengunduran Diri ke MK

Selasa, 06 Mei 2014 , 06:06:00
JAKARTA – Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) mengajukan uji materi (judicial review) ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait Pasal 119 dan 123 ayat 3 Undang-Undang (UU) Nomor 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Kedua pasal tersebut dinilai diskriminatif dan mengkebiri hak PNS untuk ikut mencalonkan diri sebagai presiden, kepala daerah, dan anggota legislatif. Alasannya, PNS wajib untuk mengundurkan diri saat mencalonkan dirinya untuk menempati jabatan-jabatan negara tersebut. Juru bicara pemohon Rahman Hadi mengatakan bahwa ketentuan di kedua pasal tersebut sangat bertentangan dengan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 Pasal 27 ayat 1 yang mengatur tentang kesamaan kedudukan warga negara dalam hukum dan pemerintahan. Selain itu, pasal tersebut juga bertentangan dengan konstitusi Pasal 28D Ayat 3 yang menyatakan semua warga negara berhak memperoleh kesempatan yang sama dalam pemerintahan.

…dst

21 ) Tahun Ini, Pemerintah Rekrut 60 Ribu PNS dan 40 Ribu PPPK

Senin, 05 Mei 2014 – 19:08 WIB
Wakil Menteri (Wamen) Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Eko Prasojo menginformasikan, bahwa untuk tahun anggaran 2014 ini, pemerintah merencanakan akan merekrut sebanyak 60 ribu Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan 40 ribu Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). “Rekrutmen calon PPPK akan diumumkan bersamaan dengan pembukaan  pendaftaran calon PNS,” kata Eko Prasojo di Jakarta, Senin (5/5). Wamen PAN-RB menegaskan, berbeda dengan PNS, untuk perekrutan PPPK tidak ada batas. “Sejauh memiliki kompetensi, dan organisasi membutuhkan, ada kesempatan untuk mendaftar sebagai PPPK,” jelasnya. Menurut Wamen PAN-RB, dibukanya keran bagi masuknya SDM aparatur dari PPPK selain pegawai  PNS, merupakan terobosan kebijakan pemerintah dalam penataan birokrasi. “PPPK dapat membuat fleksibilitas dan mengubah DNA atau gen dalam birokrasi. Selain itu, PPPK juga mampu memacu adrenalin dalam birokrasi dan menumbuhkan citra baru bahwa orang yang ingin mengabdi pada negara tidak harus berstatus sebagai PNS,” paparnya.

…dst