1 )  Mulai Tahun Ini, 62 PTN Jadikan Hasil UN Bagian Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru

Sabtu, 17 Mei 2014 – 09:17  wib oleh Desk Informasi Setkab
Sebanyak 62 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di seluruh tanah air yang tergabung dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sepakat menjadikan hasil Ujian Nasional (UN) SMA/MA dan SMK/MAK Tahun Pelajaran 2013/2014 sebagai bagian utuh dalam penerimaan mahasiswa baru, Kesepakatan ini ditandai dengan penyerahan hasil  UN Tahun Pelajaran 2013/2014 kepada Panitia SNMPTN di kantor  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdibud), Jakarta, Jumat (16/5). Penandatanganan berita acara serahterima hasil UN dilakukan oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Ka.Balitbang) Kemdikbud, Furqon, kepada Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Rochmat Wahab, mewakili panitia SNMPTN, disaksikan oleh Mendikbud Mohammad Nuh, Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Bidang Pendidikan Musliar Kasim, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud Joko Santoso, dan Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (Ka.BSNP) Edy Tri Baskoro. Mendikbud Mohammad Nuh menyampaikan, upaya menjadikan hasil UN sebagai satu kesatuan dalam seleksi mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN sudah dimulai beberapa bulan yang lalu.  “Penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPTN,berdasarkan atas prestasi baik melalui rapor, ekstrakurikuler, maupun UN,” katanya.

…dst

2 ) Integrasi Penuh UN – SNMPTN, Mobilisasi Siswa dan Biaya Penyelenggaraan Seleksi Masuk Dapat Ditekan

Fri, 05/16/2014 – 15:53
Jakarta, Kemdikbud – Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri (MRPTN), Jumat (16/05/2014), di Jakarta menerima hasil ujian nasional (UN) tahun pelajaran 2013/2014 untuk tingkat SMA/MA dan SMK/MAK. Hasil UN itu diserahkan oleh Kepala Badan Pengembangan dan Penelitian (Balitbang) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Furqon. Penyerahan yang dilakukan lebih awal dua hari dari tenggat waktu yang ditetapkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) itu disaksikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh beserta seluruh jajaran Kemdikbud. Pengurus MRPTN, Rochmat Wahab yang hadir untuk menerima hasil UN itu menuturkan, sejak awal SNMPTN menjunjung tinggi kepercayaan dan kebersamaan. Hingga saat ini sudah ada 62 PTN yang bergabung dalam SNMPTN dan sepakat menggunakan hasil UN sebagai salah satu instrumen dalam seleksi penerima mahasiswa baru.

…dst

3 ) Majelis Rektor masukkan hasil UN sebagai syarat SNMPTN

Jum’at,  16 Mei 2014  ?  21:21 WIB
Sindonews.com – Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri (MRPTN) sepakat menjadikan nilai kelulusan ujian nasional (UN) sebagai salah satu pertimbangan penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2014. Memasukkan nilai UN sebagai salah satu pertimbangan penerimaan mahasiswa jalur SNMPTN dinilai sebagai salah satu upaya untuk mengurangi manipulasi data nilai rapor. “Tahun ini kami juga memasukkan nilai kelulusan UN sebagai salah satu penentu hasil akhir apakah calon mahasiswa tersebut diterima di PTN atau tidak,” ujar Bendahara Umum MRPTN Rochmat Wahab dalam sambutannya pada acara Serah Terima Hasil Ujian Nasional SMA/MA dan SMK tahun ajaran 2013/2014 kepada Panitia SNMPTN dan SBMPTN di Graha Utama, Kompleks Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Jum’at (16/5/2014). Rochmat menyebutkan, nilai rapor dan hasil UN masih ada kemungkinan dimanipulasi. Oleh karena itu PTN telah menyiapkan mekanisme penilaian yang berlapis. Di antaranya penilaian terkait integritas sekolah.

…dst

4 ) Nilai UN Diperhitungkan di SNMPTN, Hadiah untuk Mendikbud

Jumat, 16 Mei 2014 | 19:24 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Nilai ujian nasional SMA/MA/SMK/MAK akan menjadi salah satu variabel dalam SNMPTN 2014. Selain nilai UN, variabel lainnya adalah nilai rapor dan prestasi akademik atau nonakademik. “Alhamdulillah, Majelis Rektor sepakat tidak hanya menilai rapor. Kita sudah mulai terima UN sebagai proses penerimaan (mahasiswa baru) di PT. Ini sebagai hadiah untuk kepengurusan terakhir Pak Menteri,” kata Bendahara Umum Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) Rohmat Wahab sesaat sebelum serah terima hasil UN SMA 2014 dengan Kemendikbud di Graha Utama kantor Kemendikbud, Jakarta Pusat, Jumat (16/5/2014). Rohmat menambahkan, persentase nilai UN dalam penilaian SNMPTN, bergantung kebijakan PTN masing-masing. “Antara 10-90 persen. Itu range yang diberikan pemerintah,” ucapnya.

…dst

5 ) Soal SNMPTN, Mendikbud setuju dengan Majelis Rektor

Jum’at,  16 Mei 2014  ?  23:21 WIB
Sindonews.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh yakin dengan langkah yang diambil Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri (MRPTN) terkait penggunaan hasil ujian nasional (UN) sebagai satu kesatuan di dalam penerimaan calon mahasiswa baru melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Penggunaan hasil UN dalam SNMPTN ini bersama-sama dengan nilai rapor SMA (semester 3,4, dan 5), serta prestasi-prestasi yang dicapai siswa dalam eksta kulikuler. “Jadi jangan ditarik-tarik lagi persoalan ada perguruan tinggi yang tidak mau pakai hasil UN. Itu tidak ada. Semua sudah sepakat menggunakannya,” ujar M Nuh seusai acara Serah Terima Hasil Ujian Nasional SMA/MA dan SMK tahun ajaran 2013/2014 kepada panitia SNMPTN dan SBMPTN, di Graha Utama, Komplek Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Jumat (16/5/2014). Nuh menyebutkan, jalur SNMPTN adalah proses penerimaan calon mahasiswa baru berdasrkan dari prestasi-prestasi siswa. Baik yang diraih dari dalam kelas (rapor), UN maupun kegiatan di luar kelas. Proses tersebut dimaksudkan sebagai dasar untuk menghasilkan mahasiswa yang nanti berprestasi di perguruan tinggi.

…dst

6 ) Soal Kelulusan SNMPTN Mendikbud Tak Ikut Campur Tangan

Sabtu, 17 Mei 2014, 00:00 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA–Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhammad Nuh mengatakan tidak bisa ikut campur tangan dalam kelulusan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). “Kewenangan untuk menerima mahasiswa baru ada di tangan rektor dan pimpinan perguruan tinggi. Kemdikbud tidak bisa campur tangan dalam urusan itu,” ujar Mendikbud di Jakarta, Jumat. Begitu juga dengan besaran persentase nilai Ujian Nasional (UN) dalam kelulusan SNMPTN, Kemdikbud menyerahkan sepenuhnya kepada Perguruan Tinggi Negeri (PTN). “Bisa 70 persen atau pun kecil dari itu,” tambah dia. Mulai tahun ini, nilai UN dimasukkan sebagai salah satu pertimbangan dalam kelulusan SNMPTN. Dalam SNMPTN 2014 terdapat tiga proses seleksi yakni, indeks siswa, indeks sekolah dan indeks wilayah.

…dst

7 ) Demi Kuliah di PTN, Upik Rela Nganggur Satu Tahun

Jum’at, 16 Mei 2014 21:10 wib
JAKARTA – Sejumlah mahasiswa mungkin merasa tidak bersyukur atas kesempatan kuliah yang mereka miliki. Sehingga tidak mengherankan jika mereka menjalani perkuliahan dengan tidak serius yang terlihat dari perolehan nilai Indeks Prestasi Akademis (IPK) maupun waktu kuliah yang sangat panjang. Padahal, tidak semua anak berkesempatan untuk mengikuti perkuliahan sekalipun secara akademis mereka sangat berprestasi. Titik Ulfatun, misalnya. Beruntung, berkat beasiswa Bidik Misi, Upik -begitu panggilan akrabnya- bisa menikmati kuliah di jurusan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).  Menginjak semester empat, prestasi akademik Upik tidak pernah kendur. Terakhir, dia mengantongi IPK 3,93 dan mengikuti silaturahmi mahasiswa Bidik Misi nasional di Jakarta, beberapa waktu lalu. Ayah Upik, Ahmad Zaenudin adalah seorang buruh tani. Sementara sang bunda, Marsiyah, bekerja sebagai seorang ibu rumah tangga. Menurut Marsiyah, prestasi akademik Upik memang sudah terlihat sejak duduk di bangku sekolah dasar.

…dst

8  ) Waktu Bayar SBMPTN 2014 Cuma 3 hari!

Kamis, 15 Mei 2014 19:09 wib
JAKARTA – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2014 secara online sudah dibuka. Mungkin sebagian calon mahasiswa merasa posisi mereka sudah aman selama sudah mendaftar. Sementara pembayaran biaya pendaftaran bisa dilakukan belakangan. Padahal, ada batas waktu pembayaran yang harus dilakukan calon mahasiswa ketika sudah mendaftar secara online melalui laman www.sbmptn.or.id. Jika melewati batas waktu tersebut, data yang telah diisi dalam pendaftaran tersebut akan terhapus. Demikian disampaikan oleh Sekretaris I SBMPTN 2014 Universitas Lampung (Unila), Muhamad Komarudin. Dia mengingatkan, setelah mendaftar peserta diberi waktu tiga hari untuk melakukan pembayaran ke bank. Jika melewati batas waktu tersebut, status mereka akan terhapus dalam sistem.

…dst

9 ) Susah Online, Daftar SBMPTN di Kantor Pos Aja

Sabtu, 17 Mei 2014 12:10 wib
JAKARTA – Pendaftaran online Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2014 sudah dibuka sejak 12 Mei lalu. Namun, bagaimana dengan calon mahasiswa yang kesulitan akses internet di daerahnya? Jangan khawatir. Dalam sosialisasi SBMPTN di Institut Teknologi Bandung (ITB), Sekretaris Eksklusif 1 SBMPTN Asep Gana Suganda mengungkap, pendaftaran SBMPTN 2014 secara online bisa dilakukan di PT Telkom maupun PT. Pos terdekat di sekitar tempat tinggal calon mahasiswa. “Untuk proses pendaftaran masih sama dilakukan secara online di laman website SBMPTN resmi yang telah dibuka sejak 12 Mei 2014 pukul 08.00 WIB dan berakhir pada Jumat, 6 Juni 2014 pukul 22.00 WIB. Pendaftaran online ini dapat juga dilakukan di Plasa Telkom dan PT. Pos seluruh Indonesia,” ujar Asep, seperti dinukil dari laman ITB, Sabtu (17/5/2014).

…dst

10 ) Mendikbud dan OECD Bahas Hasil Kunjungan Tim OECD di Indonesia

Fri, 05/16/2014 – 14:17
Jakarta, Kemdikbud — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengadakan pertemuan dengan Tim Organization for Economic Co-operation and Development (OECD). Pertemuan tersebut dilakukan untuk menindaklanjuti misi OECD Review of Education in Indonesia yang telah melakukan tinjauan lapangan ke berbagai institusi terkait sektor pendidikan di Indonesia, khususnya di Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Selatan. Pertemuan dibuka dengan paparan singkat dari Tim OECD mengenai hasil tinjauan lapangan di setiap jenjang pendidikan, yaitu pendidikan dasar, pendidikan menengah, pendidikan kejuruan dan pendidikan tinggi. Salah satu yang menarik dari paparan jenjang pendidikan tinggi adalah mengenai apresiasi Tim OECD dalam melihat kebijakan pendirian Akademi Komunitas (AK). Tim OECD memberikan rekomendasi untuk terus melanjutkan program pendirian Akademi Komunitas dengan pengelolaan yang baik, serta dukungan kelembagaan yang kuat, sehingga kualitas AK sejalan dengan prioritas yang telah ditentukan.

…dst

11 ) Pasar Bebas ASEAN, Sarjana Wajib Mahir Bahasa Inggris

Kamis, 15 Mei 2014 21:08 wib
JAKARTA – ASEAN Economic Community (AEC) atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sudah di depan mata. Untuk menang dalam persaingan pada MEA, hardskill saja tidak cukup. Lulusan perguruan tinggi juga harus memiliki softskill yang mendukung. Pendapat tersebut diungkapkan Ketua UKM Debat Bahasa Inggris Universitas Negeri Surabaya (Unesa) 2014-2015, Riko Ariwijaya. Dia menilai, salah satu softskill yang harus dimiliki adalah kemampuan berbahasa dan berkomunikasi dalam bahasa asing. “Selain bidang ilmu yang kita tekuni saat ini, kita tidak boleh lupa untuk mengedapankan kemampuan berkomunikasi dan berbahasa asing. Salah satunya adalah bahasa Inggris,” ujar Riko, seperti dilansir  situs Unesa, Kamis (15/5/2014).

…dst

12 ) Anisa Terpilih Sebagai “Google Student Ambassador 2014”

Jumat, 16/05/2014 – 15:09
BANDUNG, (PRLM).-Satu lagi mahasiswa Bandung yang berhasil mengukir prestasi nasional menuju internasional, Anisa Maulina, mahasiswa Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik Universitas Pasundan. Anisa Maulina terpilih menjadi “Google Student Ambassador (GSA) 2014”. Anisa terpilih setelah lolos seleksi dari 1000 mahasiswa yang berasal dari 200 perguruan tinggi se Asia Tenggara dan hanya 150 mahasiswa saja yang terpilih sebagai GSA 2014 se Asia Tenggara. Selanjutnya Anisa Maulina akan mengikuti pertemuan dan training GSA Asia Tenggara pada 29 Mei s.d 2 Juni 2014 di Cebu, Filipina. Pengumuman resmi keberhasilan Anisa itu dikirim via email pada 14 Mei dan ditandatangani Aileen Apolo-de Jesus, Regional Education Outreach Program Google Asia Pasifik ditujukan kepada Dekan Fakultas Teknik Unpas Dr. Ir. Yudi Garnida, M.S. Mengomentari keberhasilannya, Anisa Maulina mengaku senang telah terpilih menjadi GSA 2014 karena ke depan ia akan mengetahui lebih banyak lagi apa saja content-content dan teknologi yang dimiliki Google. “Seneng banget, semoga nanti juga bisa berhasil baik di Filipina. Mohon doanya saja,” ujarnya. Dekan Fakultas Teknik, Dr. Ir. Yudi Garnida, M.S, menyampaikan rasa bangganya atas prestasi yang telah diraih Anisa.

…dst

13 ) Didukung, Pendidikan Kedinasan Diambil Alih Kemendikbud

Senin, 12 Mei 2014, 10:34 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Anggota Komisi X DPR RI Nasrullah mengatakan dirinya setuju dengan rencana pengambilalihan pengelolaan pendidikan (tinggi) kedinasan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Karena, selama ini, Komisi X dan Kemendikbud tidak bisa mengawasi beberapa pendidikan kedinasan yang ada.  “Setuju karena semua pendidikan kedinasan dibiaya oleh anggaran fungsi pendidikan,” ujar Nasrullah kepada Republika, Senin (12/5).  Ia menuturkan, sementara setiap kegiatan pendidikan kedinasan. Pihak Kemendikbud tidak bisa mengawasi pendidikan kedinasan seperti STIP, IPDN dan STAN. Serta, ikut campur termasuk Komisi X. “Pengawasan dilakukan kementerian terkait padahal pendidikan tinggi yang bertanggung jawab adalah Kemendikbud,” tegasnya.

…dst

14 ) Jangan Anggap Daerah Pelosok Bebani APK Nasional

Senin, 12 Mei 2014, 12:00 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SORONG — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, rata-rata nasional Angka Partisipasi Kasar (APK) nasional sudah bagus. Namun masih ada daerah tertentu yang APK-nya di bawah 95 persen termasuk  Papua Barat. Banyangkan saja, ujar Nuh, APK yang digarap itu anak-anak yang sekolahnya di pelosok, harus jalan kaki beberapa kilometer jauhnya. Makanya wajar kalau APK-nya masih rendah. “Namun jangan menganggap daerah pelosok menjadi beban APK. Tidak boleh itu, sebab yang diutamakan adalah keadilan pendidikan bagi seluruh anak Indonesia,”kata Nuh. Persoalan, terang Nuh, bukan di APK tapi tetap memberikan hak pendidikan meskipun di daerah  terpencil. “Satu sekolah hanya terdiri dari 40 anak, maka satu kelas hanya enam hingga 10 orang, namun mereka tetap berhak mendapatkan pendidikan,”terangnya.

…dst

15 ) UGM Kembangkan Peraga Gigi Interaktif

Sabtu, 17 Mei 2014, 05:00 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA–Tim mahasiswa Universitas Gadjah Mada mengembangkan alat peraga gigi interaktif yang dilengkapi sistem elektronis berbasis mikrokontroler, sehingga setiap bagian gigi yang disentuh mampu menghasilkan suara secara otomatis. “Pengembangan alat peraga gigi berukuran besar yang dinamai tootells atau gigi berbicara itu bertujuan membantu kalangan tunanetra mengenal lebih jauh mengenai pentingnya kesehatan gigi dan mulut,” kata koordinator tim Apriliani Astuti di Yogyakarta, Jumat. Menurut dia, setiap bagian gigi tiruan yang terbuat dari bahan limbah serbuk kayu itu disentuh, maka sekitar selama satu menit akan terdengar penjelasan mengenai bagian-bagian atau penyakit pada gigi seperti email, dentin, pulpa, dan gigi berongga. “Kelebihan alat peraga gigi yang kami buat ini selain besar juga dilengkapi sensor sentuh, salah satu bagian ditekan akan muncul bunyi,” katanya.

…dst

16 )  Unair Pastikan Surabaya Bebas Mers

Fri, 05/16/2014
Metrotvnews.com, Surabaya: Lembaga riset penyakit tropis atau institute of tropical disease Universitas Airlangga Surabaya, memastikan bahwa Jawa Timur, terbebas dari virus mers yang kini sedang mewabah di timur engah hal tersebut didasarkan penelitian terhadap ribuan sampel warga indonesia yang mengidap flu setelah pulang dari timur tengah sejak tahun 2013 lalu.

***

17 ) Poster Karya Ilmiah UGM Jadi Juara di Turki

Jum’at, 16 Mei 2014 19:08 wib
JAKARTA – Lagi, kawula muda Indonesia mempersembahkan prestasi di tingkat internasional. Kali ini prestasi tersebut datang dari empat mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dalam ajang 16th International Veterinary Medicine Student Scientific Research Congress di Istanbul Universitesi, Turki. Keempat mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan UGM itu ialah Novra Arya Sandi, Istianah Maryam Jamilah, Muhammad Nuriy Nuha Naufal, dan Riana. Bersama 100 peserta dari beberapa negara di Eropa dan Asia, mereka berkesempatan membawakan karya ilmiah sekaligus berkompetisi. Mereka pun mengikuti tiga kategori kompetisi, yaitu oral presentation competition, poster presentation competition, dan project competition. Dari ketiga kompetisi tersebut, karya ilmiah “Study of Potential of Strawberry Extract as Alternative Antibacterial Against Staphylococcus aureus Multiresistant Antibiotics from Immunological and Histopathological Aspect” mereka berhasil meraih juara pertama dalam poster presentation.

…dst

18 ) Training Kepemimpinan Gratis di Amrik, Nih!

Sabtu, 17 Mei 2014 07:04 wib
JAKARTA – Pemerintah Amerika Serikat (AS) melalui iLEAP International Fellowship memberi Anda kesempatan untuk mengikuti pelatihan kepemimpinan intensif di Seattle, AS. Program ini akan berlangsung selama delapan minggu pada 20 Oktober-12 Desember 2014.  Fellowship ini akan menanggung semua biaya perjalanan Anda ke dan dari Seattle, visa/imigrasi dan biaya transportasi lainnya. Anda juga akan mendapatkan tunjangan biaya hidup dan tunjangan lainnya yang berkaitan dengan pelaksanaan program.  iLEAP International Fellowship merupakan investasi jangka panjang berbasiskan kepemimpinan masyarakat di Asia, Afrika dan Amerika Latin. Setiap tahun, iLEAP memilih hingga 15 pemimpin tingkat komunitas masyarakat.

…dst

19 ) Ingin Kuliah Gratis di Jepang? Ini Caranya

Kamis, 15 Mei 2014, 10:52 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR — Pemerintah Jepang melalui kedutaan besarnya di Indonesia menawarkan beasiswa kepada lulusan sekolah lanjutan tingkat atas di Indonesia, khususnya Bali. Mereka diberikan kesempatan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi di Negeri Sakura pada tahun depan. “Beasiswa yang ditawarkan untuk berbagai jenis pendidikan. Selain S-1, juga College of Technology (D-3) atau Professional Training College (D-2) di Jepang mulai tahun akademik 2015 (April 2015),” kata staf Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang di Denpasar Sokhibi, Kamis (15/5). Ia mengatakan, pelamar hanya bisa mendaftar untuk satu program dari S-1, D-3, atau D-2. Pendaftaran tahap pertama dibuka mulai 5 Maret-21 Mei 2014 bagi pelamar lulusan 2013 dan tahun sebelumnya. Pendaftaran tahap kedua, 26 Mei-11 Juni 2014, bagi lulusan 2014. Syaratnya, antara lain lahir antara 2 April 1993 dan 1 April 1998.

…dst

20 ) Seleksi Beasiswa Dahlan Iskan Tuntas Digelar di 23 Kota

Jumat, 16 Mei 2014 , 11:15:00
JAKARTA – Seleksi penerima Program Beasiswa Dahlan Iskan tuntas digelar Jumat (16/5). Dua dari 23 kota di Indonesia yang terakhir melakukan seleksi adalah Jakarta dan Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Di Jakarta, program beasiswa kerja sama antara Dahlan Iskan Foundation, Jawa Pos National Network (JPNN) dan Surya University ini mendapat sambutan. Ada 31 peserta yang berhak ikut tes dari sekian banyak yang disaring dari seleksi administrasi. “Di Lombok juga sementara dilakukan seleksi yang sama,” kata salah seorang panitia seleksi Beasiswa Dahlan Iskan, Retnowati Dasijo di Gedung Graha Pena, Jakarta, Jumat (16/5). Seleksi yang digelar di 23 kota ini akan menjaring 300 mahasiswa. Mereka yang lulus akan menempuh pendidikan strata satu di Surya University. Jumlah beasiswa yang disiapkan senilai Rp 45 miliar. “Pengumuman rencananya akan dilakukan akhir bulan ini. Baik di website JPNN.com maupun di masing-masing daerah di koran Jawa Pos Group,” kata Eno, sapaan akrab Retnowati Dasijo.

…dst

21 ) Kemenag Siapkan Beasiswa Studi ke Timur Tengah

Jumat, 16 Mei 2014 , 22:00:00
MALANG – Kesempatan beasiswa studi ke Timur Tengah bisa dinikmati oleh mahasiswa baru yang akan mendaftar ke UIN Maliki tahun ini. Sebab Kementerian Agama RI (Kemenag) memberikan kesempatan kembali bagi calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan studi S1 di Timur Tengah yaitu di Universitas Mesir, Sudan, dan Maroko. Dalam rilis Humas UIN Maliki disebutkan pelaksanaan seleksi program khusus wilayah jawa timur akan bertempat di UIN Maliki. Pendaftaran dibuka secara online sejak tanggal 6-19 Mei mendatang. “Beasiswa ini memberikan kesempatan bagi siapa saja yang berminat untuk mendaftar,” ungkap Ketua pelaksana ujian seleksi mahasiswa baru program beasiswa Timur Tengah Uril Baharuddin seperti yang dilansir Malang Post (Grup JPNN.com). Pendaftar beasiswa ini, lanjutnya harus lulus serangkaian seleksi. Diawali seleksi administrasi yang rencananya akan dilaksanakan tanggal 12-20 Mei dan selanjutnya bagi yang lolos diharuskan mengikuti ujian seleksi masuk. Ujian kali ini, kata dia, mencakup ujian tulis dan interview.

…dst

22 ) Hakim yang Juga Dosen Kampus Ternama di Yogya Terjerat Kasus Asusila

Jumat, 16/05/2014 15:05 WIB
Jakarta – Hakim ad hoc tindak pidana korupsi (Tipikor) Yogyakarta berinisial J dilaporkan ke Badan Pengawas Mahkamah Agung (Bawas MA). J sebelumnya juga dilaporkan ke Komisi Yudisial (KY) terkait dugaan kasus asusila dan gratifikasi yang diterimanya. Berdasarkan informasi yang dihimpun detikcom, Jumat (16/4/2014), J dilaporkan ke MA pada 25 Februari 2014 lalu dengan nomor laporan 0178/BP/A/11/2014. J telah menjadi hakim ad hoc selama 3 tahun terakhir di Pengadilan Tipikor Yogyakarta. Selain sebagai hakim ad hoc, J juga menjadi dosen di sebuah kampus ternama di Yogyakarta. Kampus tempat J mengajar merupakan salah satu kampus favorit di kota gudeg itu. Sebelum dilaporkan ke Bawas, J telah dilaporkan ke KY pada September 2013 silam. Hal ini dibenarkan oleh komisioner KY, Imam Anshori Saleh.  “Sekarang saya selain sedang menangani kasus perselingkuhannya juga gratifikasi. Hakim yang bersangkutan sudah diperiksa pekan lalu dan tinggal diajukan ke sidang pleno,” kata Imam.

…dst