1 ) Ini Dia Dampak Jika Anggaran Riset dari APBN Minim

Minggu, 18 Mei 2014, 19:08 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK — Ini peringatan bagi pemerintah. Anggaran Riset (Research and Development/ R & D) dalam struktur Anggaran Pemasukan dan Belanja Negara (APBN) dinilai masih sangat minim. Pakar fisika Universitas Indonesia (UI), Dr Muhammad Hikam, menyatakan pemimpin Indonesia mendatang harus berani meningkatkan anggaran riset dalam struktur APBN. “Porsi anggaran “Research and Development” (R & D) dalam APBN masih sangat minim, bahkan kurang dari satu persen. Akibatnya, dalam jangka pendek, ide-ide inovatif bangsa Indonesia dalam mengembangkan sains-teknologi sangat kurang,” tutur mantan Kepala Program Vokasi UI itu saat dihubungi Republika, Ahad (18/5). Sedangkan dampak jangka panjang, ujarnya, Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas Indonesia dalam bidang sains teknologi akan berkurang. Akibatnya, daya saing putra – putri terbaik bangsa di tatanan dunia menjadi tertinggal dan sangat rendah dibandingkan negara-negara lain.

…dst

2 )  Suntik Kimia Pelaku Kejahatan Seksual Tak Langgar HAM

Senin,  19 Mei 2014  ?  03:04 WIB
JAKARTA – Pemberatan hukuman dengan pengebirian suntikan kimia bagi pelaku dewasa kekerasan seksual pada anak dinilai tak melanggar Hak Asasi Manusia (HAM). Hal ini dinilai pantas, karena efek dari kekerasan seksual yang dialami anak-anak akan dirasakan seumur hidup. Ketua Komisi Nasional (Komnas) Perlindungan Anak Arist Merdeka Sirait mengatakan, pengebirian suntikan kimia merupakan pemberatan hukum. Hal ini dirasakan, karena Undang-Undang (UU) No 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak yang memberikan hukuman maksimal 15 tahun tidak berjakan efektif. Menurut Arist, mengamati proses hukum yang terjadi pada pelaku dewasa seksual pada anak tidaklah maksimal. Hal ini tidak sebanding dengan korban yang terlaporkan trauma berkepanjangan akibat kekerasan seksual, bahkan banyak pelaku yang mendapatkan hukuman ringan bahkan di bebaskan. “Ini tidak melanggar HAM. Karena suntik kebiri ini melalui suntik kimia, bukan suntik mematikan,” tandansnya saat dihubungi KORAN SINDO, Minggu 18 Mei 2014.

…dst

3 ) Profil Kampus Favorit SNMPTN 2014

Senin, 19 Mei 2014 13:11 wib
JAKARTA – Sekira satu minggu lagi, hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014 akan diumumkan. Saat ini, panitia seleksi masih memperhitungkan berbagai aspek penentu kelulusan siswa peserta SNMPTN 2014. Data SNMPTN 2014, seperti dilansir Universitas Negeri Semarang (Unnes), Senin (19/5/2014) menyebut, ada enam perguruan tinggi negeri (PTN) yang menjadi pilihan favorit siswa SMA/sederajat se-Tanah Air.  Kampus Okezone merangkum profil singkat keenam kampus negeri tersebut:

… dst

4 ) Hari Ini Tryout SBMPTN SINDONEWS.com Digelar

Senin,  19 Mei 2014  ?  08:46 WIB
JAKARTA – Setelah melewati Sekolah Menengah Atas (SMA), ada beberapa pilihan yang bisa dilakukan siswa. Bisa meneruskan melalui perguruan tinggi maupun menempuh profesi khusus lainnya, seperti masuk kepolisian atau tentara. Bagi yang menempuh perguruan tinggi, biasanya harus melewati uji coba (tryout) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN). Untuk itu, hari ini Senin (13/5/2014), Sindonews menggelar tryout secara online dan offline. Uji coba ini digelar di Istora Senayan, Jakarta. Sedangkan pendaftara, sudah dilakukan sejak 28 April 2014 dan telah ditutup pada 14 Mei lalu. Setidaknya  3.000 siswa lulusan SMA dari daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) yang telah melakukan pendaftaran, akan menguji kemampuannya hari ini. Sebelumnya, tryout Sindonews ini didukung sponsor, dengan menyiapkan hadiah bagi pesertaoffline yang mendapatkan nilai terbaik dalam pengerjaan soal tryout SBMPTN. Untuk Juara I akan mendapatkan Tabungan Taplus Muda sebesar Rp3 juta, Juara II sebesar Rp2 juta, dan Juara III sebesar Rp1,5 juta.

…dst

5 ) Mendikbud Pastikan Nilai UN SMA Bisa Dipakai untuk Seleksi PTN

Senin, 19/05/2014 15:01 WIB
Jakarta – Tahun ini nilai Ujian Nasional (UN) dapat digunakan untuk masuk ke tingkat Perguruan Tinggi. Mendikbud M Nuh memastikan hal itu dan menyatakan bahwa seluruh nilai UN akan didistribusikan ke PTN. “Iya, seperti yang sudah saya sampaikan tempo hari itu. Nilai UN itu bisa juga buat seleksi masuk PTN. Nilai-nilai itu juga sudah didistribusikan ke PTN-PTN,” ujar Nuh di Kantor Kemendikbud, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (19/5/2014). Nilai UN SMA/Sederajat ini sama halnya ketika nilai UN SD digunakan untuk masuk ke SMP, dan nilai UN SMP untuk ke SMA. Sehingga calon peserta didik tak perlu lagi mengikuti ujian seleksi masuk PTN. “Nanti tinggal proses selanjutnya saja setelah itu. Yang penting kalau nilai UN-nya baik ya kemungkinan diterimanya lebih besar,” kata mantan rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya ini. Sebelumnya Nuh pun menyatakan bahwa program nilai UN yang dipakai untuk seleksi masuk pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi ini telah dicanangkan sejak tahun 2011. Tujuannya adalah untuk melakukan integrasi vertikal jenjang pendidikan dari SD hingga Perguruan Tinggi.

…dst

6 )  Kampus Tetapkan Porsi Nilai Unas dalam Kelulusan SNM PTN
Rentang Pembobotan 10-90 Persen

Minggu, 18 Mei 2014 , 05:50:00
JAKARTA Hasil penskoran (scoring) ujian nasional (unas) SMA sederajat telah diserahkan panitia ke MRPTN (majelis rektor perguruan tinggi negeri). Saat ini seluruh PTN mulai menetapkan porsi pembobotan nilai unas dalam penentuan kelulusan SNM PTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Umumnya para rektor PTN masih belum menetapkan porsi pembobotan itu. Sebab pengumuman kelulusan SNM PTN 2014 masih dilaksanakan pada 27 Mei nanti. Selain itu, hasil penskoran unas SMA baru diserahkan Jumat sore lalu (16/5). Sedangkan kemarin dan hari ini adalah hari libur kerja. Hingga kemarin kampus yang sudah menetapkan porsi pembobotan nilai unas dalam kelulusan SNM PTN adalah Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Rektor UNY Rochmat Wahab mengatakan, pihaknya langsung menggelar rapat pimpinan internal UNY setelah mendapatkan nilai hasil penskoran unas. “Tadi siang, meskipun Sabtu kami rapat menetapkan pembobotan nilai unas dalam kelulusan SNM PTN,” kata pria yang juga menjadi bendahara umum MRPTN itu. Rochmat mengatakan hasil rapat pimpinan UNY memutuskan bahwa bobot nilai unas ditetapkan 30 persen. Sisanya dari rapor dan prestasi akademik dan non akademik siswa lainnya.

…dst

7 ) Robot Pemadam Unisi Cepat Deteksi Api

Minggu, 18/05/2014 – 20:35
YOGYAKARTA,(PR).-Robot Admiral Unisi yang dirancang sebagai robot pemadam api beroda memiliki kemampuan mendeteksi api dan memadamkan kobaran api dalam waktu 12 detik. Pencapaian kinerja robot tersebut masuk kategori spektakuler. Robot ini dilengkapi juga dengan generai baru yang dikategorikan robot pemadam api berkaki,tetapi kecepatan generasi ini belum selevel robot admiral. Robot Admiral Unisi dan robot berkaki dirancang oleh Deky Dilfiana Dewantara (mahasiswa Teknik Informatika), Baihaki Erwanda (Teknik Elektro), dan Setyo Ardi Pratama (Teknik Mesin), dibantu oleh dosen pembimbing Izzati Muhimmah, PhD (Teknik Informatika) Universitas Islam Indonesia. Sedangkan robot pemadam api berkaki dimotori oleh Tim Akhtar Unisi yang mengikuti kompetisi kategori Robot Pemadam Api Berkaki. Tim ini beranggotakan mahasiswa, Irsyad Safrony (Teknik Mesin), Chabib Nurrochman (Teknik Informatika), dan Fajar Nofriyudi (Teknik Elektro) dengan dosen pembimbing Mohammad Faizun ST, M.Eng (Teknik Mesin).

…dst

8 ) Unswagati Cirebon Jalin Kerja Sama dengan Universitas Ternama di Eropa

Senin, 19/05/2014 – 09:54
CIREBON, (PRLM).-Menjelang status menjadi PTN, Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati) Cirebon, menjalin kerja sama dengan dua Universitas ternama di Eropa. Kedua Universitas itu yakni Faculty of Health, Medicine and Life Sciences, Maastricht University, Belanda dan Université de Poitiers, Perancis. Menurut Rektor Unswagati Djohan R Wiradinata, kerja sama tersebut, merupakan bagian dari visinya mewujudkan Unswagati sebagai perguruan tinggi (negeri) yang bereputasi nasional, memiliki jejaring global, dan memberikan kontribusi yang bermakna bagi peningkatan daya saing bangsa yang berakhlakulkarimah. “Perjanjian kerja sama dengan dua universitas tersebut bahkan sudah ditandatangani, bertempat di dua universitas itu,” katanya didampingi Dekan Fakultas Kedokteran Unswagati Affandi. Menurutnya, Univesitas Poitiers adalah universitas yang sangat bersejarah. Universitas Poitiers (Université de Poitiers) yang didirikan pada tahun 1431 merupakan universitas tertua nomor dua di Prancis.

…dst

9 ) Kutai Kerja Sama dengan University of Cambridge

MINGGU, 18 MEI 2014 | 14:52 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara menjalin kerja sama dengan University of Cambridge, Inggris, untuk mencetak sumber daya manusia.  Caranya, dengan mengirimkan lima siswa lulusan SMA ke Cambridge dan memberikan pelatihan kepada para guru di Kutai Kartanegara dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Menurut Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari saat ditemui di Jalan Radio I, Jakarta Selatan, pada 18 Mei 2014, kerja sama dengan University of Cambridge tersebut dimulai pada tahun ajaran baru 2014 hingga lima tahun ke depan. “Kami akan mengirimkan lima siswa lulusan SMA tahun ini ke Cambridge dengan total anggaran Rp 5 miliar per tahun,” kata Rita. Rita mengatakan universitas yang dipilih harus memiliki nama baik, baik di negara sendiri maupun dunia. Survei terakhir pada 2012, Cambridge masih berada di peringkat pertama–di atas Harvard.

…dst

10 ) Tingkat Kelulusan UN 2014 Capai 99,52%!

Senin, 19 Mei 2014 11:47 wib
JAKARTA – Tingkat kelulusan ujian nasional (UN) 2014 tingkat SMA/MA mencapai 99,52 persen. Angka ini turun 0,01 persen jika dibandingkan tingkat kelulusan SMA/MA tahun lalu yakni 99,53 persen.  Sedangkan tingkat kelulusan UN 2014 jenjang SMK mencapai 99,90 persen. Dibandingkan tahun lalu, angka ini turun 0,04 persen dari 99,94 persen. Hal tersebut disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh dalam penjelasannya tentang hasil UN/SMA 2014 sederajat hari ini.  “Dari 1.632.757 siswa SMA/MA peserta UN, hanya 7.811 atau 0,48 persen yang tidak lulus. Sedangkan siswa SMK yang tidak lulus UN adalah 1.159 orang dari total 1.171.907 peserta UN 2014,” kata Nuh di Gedung Kemendikbud, Senin (19/5/2014).

…dst

11 ) Indonesian Career Expo: Menjemput Mahasiswa Indonesia di Australia

Senin, 19/05/2014 18:53 wib ABC Australia – detikNews
Jakarta – Taktik ‘jemput bola’ ke Australia dilancarkan oleh sejumlah perusahaan besar yang bermarkas di Indonesia demi mendapatkan sumber daya berkualitas dalam bentuk warga Indonesia yang menimba ilmu di luar negeri. Sebagai wadah dan penggeraknya adalah acara ICare, yang merupakan singkatan dari Indonesian Career Expo. Acara ini diadakan di University of Melbourne, tanggal 16 dan 17 Mei lalu. Dalam acara tersebut, diadakan sejumlah seminar oleh perusahaan dan lembaga peserta, termasuk diantaranya Bank Mandiri, Bank Indonesia, Chevron dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dalam seminar OJK, misalnya, dijelaskan tentang keberadaan OJK sendiri sebagai lembaga pengawas keuangan, proses perekrutan, tenaga apa yang dibutuhkan, serta kesempatan pengembangan karir apa saja yang diberikan oleh lembaga bagi karyawannya. Selain itu, perusahaan-perusahaan dan lembaga peserta ICare pun membuka ‘kios’ di lokasi acara.Di kios-kios tersebut, para pencari kerja atau peminat bisa mencari informasi tentang perusahaan yang bersangkutan, termasuk informasi tentang manfaat yang bisa mereka dapatkan bila bekerja di perusahaan tersebut.

…dst