1 ) Kemdikbud Raih Peringkat Pertama Arsiparis Teladan Tingkat Nasional yang Diselenggarakan ANRI

Mon, 08/18/2014 – 10:17
Jakarta – “Saya sempat harap-harap cemas menanti pengumuan juara, karena peserta lainnya bagus-bagus,” demikian komentar Nana Fitria Agustina dari Universitas Gajah Mada yang mewakili Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) pada pemilihan Arsiparis Teladan tingkat Nasional yang diselenggaran Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), saat dihubungi melalui komunikasi telepon (Minggu, 17/08/2014). Saat itu, sebagai peserta perwakilan Kemdikbud, Fitria (UGM) dan Tin Handayani (UNJ), beserta 47 peserta lainnya perwakilan lembaga pusat dan daerah/provinsi (20 peserta tingkat ahli dan 27 peserta tingkat terampil) bersama-sama menantikan pengumuman pemenang.

…dst

2 ) Anggaran Kemendikbud Susut, Program Strategis Terancam

Senin, 18 Agustus 2014 , 06:04:00
JAKARTA – Besaran RAPBN 2015 cukup kontradiksi di sektor pendidikan. Ketika anggaran gelondongan belanja naik menjadi Rp 2.019 triliun, anggaran pendidikan yang dikelola Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) justru susut. Program strategis sektor pendidikan terancam terganggu. Dalam pidato nota keuangan yang dibacakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Jumat lalu (15/8), terungkap bahwa alokasi anggaran Kemendikbud di RAPBN 2015 sebesar Rp 67,2 triliun. Nominal ini berkurang lumayan besar dibanding APBN 2014 sebesar Rp 80,6 triliun.

…dst

3 ) LPDP Dukung Riset dan Pengembangan Situs Gunung Padang

Mon, 08/18/2014 – 12:13
Jakarta, Kemdikbud — Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) mendukung riset dan pengembangan situs Gunung Padang. Dukungan tersebut diberikan dengan memberikan bantuan pendanaan yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman kerja sama antara LPDP dengan Direktorat Jenderal Kebudayaan, disaksikan oleh   Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh.Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan usai upacara bendera memperingati HUT ke-69 Kemerdekaan Republik Indonesia, di kantor Kemdikbud, Minggu (17/08/2014). “Kami berterima kasih kepada LPDP yang sudah memberikan dukungan pendanaan riset dan pengembangan Situs Gunung Padang,” ungkap Mendikbud pada konferensi pers setelah menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman.

…dst

4 ) Rp 3 Miliar untuk Ekskavasi Gunung Padang 

Senin, 18 Agustus 2014 | 05:09 WIB
TEMPO.CO – Jakarta – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan pemerintah akan mengalokasikan Rp 3 miliar untuk ekskavasi Situs Megalitikum Gunung Padang. “Untuk membuka lapisan pembersihan,” ujarnya pada Ahad, 17 Agustus 2014, di gedung Kemendikbud, Sudirman, Jakarta Pusat. Sejak 2012, Situs Gunung Padang yang terletak di perbatasan Dusun Gunung Padang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, ini telah menjadi lahan riset ahli geologi dan arkeologi. Di kawasan seluas 3 hektare itu, diduga terdapat kompleks punden berundak terbesar di Asia Tenggara.

…dst

5 ) ITS Luncurkan Mobil “Sapu Angin Speed II”

17 Agst 2014 21:37
Surabaya (Antara Jatim) – ITS kembali meluncurkan satu mobil karya mahasiswa bernama “Sapu Angin Speed (SAS) II” pada 17-8-2014 atau tepat HUT ke-69 Proklamasi Kemerdekaan RI. “SAS II dipersiapkan untuk mengikuti kompetisi ‘Student Formula Japan’ (SFJ) 2014 pada 2-7 September,” kata manajer tim, Akhmad Ittang Anwarsyah, di lapangan Perpustakaan ITS Surabaya, Minggu. SFJ merupakan satu kompetisi yang digelar oleh “Society of Automotive Engineers” (SAE). ITS menjadi satu dari tiga wakil Indonesia yang mengikuti kompetisi ini. “SAS II ini merupakan hasil penyempurnaan dari SAS I, generasi pertama yang sukses meraih ‘Best Rookie Award’ (penghargaan pendatang baru terbaik) pada kompetisi serupa,” katanya.

…dst

6 ) Maba Termuda UGM Masih 14 Tahun!

Selasa, 19 Agustus 2014 08:09 wib
JAKARTA – Normalnya, rata-rata usia mahasiswa baru adalah 17-18 tahun bukan 14 tahun. Tapi itu tidak berlaku bagi Arya Bagus Kevin. Di usianya yang masih terbilang belia, Arya menempuh pendidikan di bangku perguruan tinggi. Dengan demikian, Arya pun ditetapkan sebagai mahasiswa baru termuda di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Ketika teman-teman sebayanya merasakan bangku SMP, Arya justru harus mengikuti perkuliahan di jurusan Teknik Sipil. “Ya senang sih, akhirnya diterima kuliah di UGM jalur ujian tulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN). Usia saya tepatnya 14 tahun, enam bulan, sembilan hari,” kata Arya, seperti dikutip dari laman UGM, Selasa (19/8/2014).

…dst

7 ) Unikom Boyong Trofi & Rp26,5 Juta di Komurindo

Senin, 18 Agustus 2014 10:59 wib
JAKARTA – Universitas Komputer Indonesia (Unikom), Bandung, membuktikan kedigdayaanya dalam Kompetisi Muatan Roket dan Roket Indonesia (Komurindo) dan Kompetisi Muatan Balon Atmosfer (Kombat) 2014. Mereka memboyong enam penghargaan, gelar juara umum dan hadiah uang Rp26,5 juta.Keenam penghargaan itu diraih Unikom pada kategori Muatan Roket, Roket EDF dan Muatan Balon Atmosfir. Secara rinci, inilah penghargaan yang diterima Unikom dalam Komurindo dan Kombat 2014:
1. Juara Ketiga kategori Muatan Roket;
2. Desain Terbaik untuk Kategori Muatan Roket;
3. Juara Pertama kategori Roket EDF;
4. Juara Kedua kategori Roket EDF;
5. Desain Terbaik kategori Roket EDF; dan
6. Juara Ketiga kategori Muatan Balon Atmosfir untuk Kombat.

…dst

8 )  Wow…IPB Hasilkan 40 Persen Inovasi Paling Prospektif di Indonesia

Jumat, 15 Agustus 2014, 22:14 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Diam-diam hasil penelitian yang dilakukan peneliti Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk skala nasional dinilai paling inovatif. Menurut Wakil Rektor Bidang Riset dan Kerja sama IPB, Prof Dr Ir Anas Miftah Fauzi, M Eng hal tersebut terungkap dari hasil kajian yang dilakukan Kementerian Riset dan Teknologi dan Bussiness Inovation Center  IPB sejak 2008. “Dengan demikian, selama tujuh tahun berturut-turut IPB telah berkontribusi menghasilkan hampir empat puluh persen inovasi paling prospektif di Indonesia,” ujarnya pada pembukaan South East Asia – Germany Alumni Network (SEAG) International Workshop di Bogor baru-baru ini.

…dst

9 )  PTS di Yogyakarta Tolak Kebijakan Lima Tahun Kuliah

Sabtu, 16 Agustus 2014, 09:00 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di wilayah Yogyakarta yang tergabung dalam Assosiasi PTS Indonesia (APTISI) menolak kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud) tentang kuliah program Sarjana (S1) maksimal hanya lima tahun atau 10 semester. Ketua APTISI Yogyakarta, Kasiyarno mengatakan, kebijakan tersebut sangat merugikan PTS termasuk di Yogyakarta. Pasalnya input mahasiswa ke PTS sangat berbeda dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN). “Kalau itu (aturan pembatasan kuliah, red) adalah untuk anak-anak yang di PTN tentu mudah karena mereka sudah disaring begitu tepat dan bibitnya unggul ya bagus. Tapi bagi PTS yang saringannya sisa dari negeri dan PTS besar lain maka akan memberatkan,” katanya, Jumat (15/8).

…dst

10 ) Undip Siap Jadi Tuan Rumah Pimnas ke-27

Selasa, 19 Agustus 2014 18:45 wib
JAKARTA – Penyelenggaraan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) di Indonesia dimulai dari keinginan para mahasiswa untuk memiliki suatu kegiatan, wadah atau agenda yang dapat menyalurkan segala kreativitasnya dalam bentuk unjuk kerja dan unjuk karya bagi seluruh mahasiswa di Indonesia. Sebenarnya pada saat itu telah banyak kreativitas dan aktivitas para mahasiswa, namun belum diagendakan secara nasional. Kegiatan mereka masih berkisar seputar kampus dan paling banyak hanya melibatkan kampus-kampus yang ada di sekitarnya.

…dst

11 )  Kemdikbud patenkan karya mahasiswa pemenang PIMNAS

Selasa, 19 Agustus 2014 20:15 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan membukukan, memuat dalam e-journal dan mematenkan hasil karya pemenang ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) bagi yang bersedia. “PINMAS sudah menjadi ajang tahunan dan pada PINMAS ke-27 pada 25-29 Agustus di Universitas Diponegoro Semarang sebanyak 440 tim Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) dari 7.307 proposal PKM, yang dibiayai Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi,” kata Direktur Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Ditjen Dikti Kemdikbud Agus Subekti di Jakarta, Selasa.

…dst

12 )  Peserta Pimnas, dari Mahasiswa yang Dibiayai Dikti Hingga Mandiri

Selasa, 19 Agustus 2014, 18:28 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Direktur Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Dirjen Dikti Agus Subekti mengatakan, Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) memiliki kedudukan yang penting bagi peningkatan kreativitas dan kemampuan mahasiswa di bidang penalaran. Peserta Pimnas terdiri dari mahasiswa maupun kelompok mahasiswa yang telah diseleksi untuk didanai oleh Dikti maupun yang menggunakan dana mandiri dari kampusnya. Pimnas ini, kata Agus, merupakan forum untuk menilai tingkat kompetensi dan kemampuan kompetisi di antara kelompok mahasiswa yang telah terpilih melalui seleksi nasional.

…dst

13 ) Mahasiswa Doktor Se-Asia Pasifik Kupas Isu Lingkungan & Kesehatan

Selasa, 19 Agustus 2014 16:43 wib
DEPOK – Association of Pasific Rim Universities (APRU) mengumpulkan mahasiswa gelar jenjang doktor dalam ajang 13th APRU Doctoral Student Conference. Acara yang rutin digelar tiap tahun ini menjadikan Universitas Indonesia (UI) sebagai tuan rumah. Sekretaris Panitia Penyelenggara, Alfrida mengatakan, APRU merupakan asosiasi dari kumpulan universitas riset terbaik di dunia. Mereka berusaha satu sama lain untuk membuat kegiatan akademik memajukan universitas riset anggota, dan meningkatkan kualitas riset mahasiswa khusus jenjang doktor. “Anggotanya ada 169 universitas se-Asia Pasifik. Selain itu, mereka melakukan pembahasan tentang riset dan dikupas oleh para peserta mahasiswa doktor yang hadir, dengan berbagai narasumber yang bergelar profesor,” kata Alfrida di Perpustakaan UI, Selasa (19/8/2014).

…dst

14 )  Pemkot Kediri Bahas Ulang Pendirian Kampus UB

18 Agst 2014 16:26:29
Kediri (Antara Jatim) – Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, akan membahas ulang soal rencana pendirian kampus Universitas Brawijaya di Kediri, dengan bertemu antara pimpinan dari Kampus serta dari Wali Kota Kediri. “Kami agendakan pekan ini terkait rencana pendirian Kampus UB. Kami harapkan, rencana pembangunan bisa dilanjutkan,” kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Kota Kediri Jawadi di Kediri, Senin. DPRD Kota Kediri telah memberikan persetujuan untuk pembangunan kampus tersebut dengan luas lahan sampai 23 hektare di Kelurahan Mritjan, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri. Namun, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar membuat kebijakan, dengan mengurangi luas lahan itu hanya menjadi 15 hektare.

…dst

15 ) Museum Radya Pustaka Tujuan Utama Peneliti Asing

Jum’at, 08 Agustus 2014 17:03 wib
SOLO – Proses digitalisasi manuskrip atau naskah  kuno di Musium Radya Pustaka memerlukan kesebaran, ketelitian tingkat tinggi. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk untuk menyelamatkan manuskrip kuno berusia ratusan tahun dan sudah lapuk ini agar tidak rusak. Sehingga, masyarakat akan dengan mudah untuk melihat dan membaca naskah kuno tanpa harus memegang  naskah yang sangat berharga tersebut. Menurut  Kurnia Heniwati, petugas dari Musium Radya Pustaka, proses digitalisasi naskah kuno tersebut harus hati-hati. Sebab jika tidak sabar dan teliti akan semakin merusak naskah kuno tersebut.

…dst

16 ) Dahlan Iskan Foundation Bebaskan Biaya Hidup Calon Penerima Beasiswa

19 Agustus 2014
Dahlan Iskan Foundation memberikan beasiswa bagi 60 calon mahasiswa di Universitas Surya. Selain membebaskan mahasiswa dari uang kuliah di universitas tersebut, Dahlan Iskan Foundation juga menjamin biaya hidup puluhan pemenang beasiswa dari Sabang sampai Merauke itu. “Ada dua beasiswa, satu dari Universitas Surya dan satu lagi dari Dahlan Iskan Foundation. Biaya kuliah sepenuhnya akan ditanggung oleh Yayasan Dahlan Iskan, akomodasi akan dijamin tapi bukan berupa materi, tapi berupa asrama tempat tinggal,” ucap Ketua Yayasan Dahlan Iskan Scholarship, Rida K Liamsi di Universitas Surya, Serpong, Tangerang, Selasa (19/8). Namun, berhubung asrama tersebut belum selesai pengerjaannya, maka pihak Yayasan Dahlan Iskan kata Rida, akan menanggung biaya tempat tinggal para calon penerima beasiswa sampai asrama tersebut selesai dibangun.

…dst