1 ) Wapres Akan Luncurkan Aplikasi PDITT dan Dapodik 15 Oktober 2014

Mon, 10/13/2014 – 12:08
Jakarta, Kemdikbud — Wakil Presiden Republik Indonesia Boediono dijadwalkan akan meluncurkan aplikasi Pembelajaran Daring Indonesia Terbuka dan Terpadu (PDITT) dan data pokok pendidikan (Dapodik) pada 15 Oktober mendatang. Memeriahkan peluncuran tersebut, Kemdikbud juga menyiapkan pameran pendidikan mulai dari pendidikan anak usia dini hingga pendidikan tinggi. Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Djoko Santoso dalam sambutannya di laman http://pditt.belajar.kemdikbud.go.id mengatakan, salah satu amanat Undang-undang Dasar 1945 adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Undang-undang ini, kata dia, menginginkan agar pemerintah bisa mewujudkan manusia Indonesia yang cerdas dan kompetitif.

…dst

2 ) Seorang Profesor Tertipu Puluhan Juta, Pelaku Mengaku dari Dikti

Senin, 13/10/2014 17:42 WIB
Semarang – Penipuan dengan modus menelepon korbannya kini tidak hanya menyasar masyarakat biasa, bahkan kini targetnya dari kalangan akademisi. Di Semarang seorang profesor menjadi korban penipu yang mengaku dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud RI. Laporan penipuan tersebut tercatat di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polrestabes Semarang dengan nomor LP/B/1638/X/2014/Jateng/Restabes. Korban yang melapor yaitu Prof EN, SH. MA. Phd (61) warga Semarang Barat. Dalam laporannya, Prof EN mengatakan penipuan berawal ketika ia menerima SMS dari seseorang yang mengaku sebagai Prof Hertanto, Pembantu Rektor I Undip Semarang sekitar pukul 12.30 hari Minggu (12/10/2014) kemarin. Dalam pesan singkat itu, korban diminta menghubungi Prof Purwanto dari Ditjen Dikti dengan nomor yang tertera untuk membicarakan soal rakernas peningkatan kinerja tenaga kependidikan dari Ditjen Dikti.

…dst

3 ) Ini Wasiat M Nuh untuk Jokowi

Thursday, 09 October 2014, 06:52 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,  SURABAYA  —  Para menteri kabinet pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan remi melepas jabatan pada 20 Oktober mendatang. Menyambut masa purnabakti, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhammad Nuh meninggalkan wasiat untuk presiden terpilih Joko Widodo. Menurut Nuh, hal terpenting di bidang pendidikan yang harus menjadi perhatian Jokowi adalah pemerataan akses bagi seluruh rakyat Indonesia. “Harus terus diupayakan bagaimana caranya anak-anak di seluruh Indonesia bisa sekolah. Kalau sekolah enggak usah mahal, kalau bisa gratis atau diberikan beasiswa,” ujar Nuh di Surabaya, Rabu (8/10). Nuh melanjutkan, jenjang yang selama ini aksesnya masih rendah adalah pendidikan tinggi. Nuh mengulas, hingga tahun 2004, angka partisipasi kasar (APK) pendidikan tinggi hanya 14 persen. Artinya, menurut dia, dari 100 warga negara usia kuliah, yakni 19-23 tahun, hanya 14 orang yang bisa kuliah.

…dst

4 ) Mahasiswa FKUI Juara Poster Session di Jerman

09 Oktober 2014 , 05:50:00
SALEMBA – Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) kembali mengharumkan nama bangsa di tingkat internasional. Tiga mahasiswa mereka, yakni Beladenta Amalia, Arini Purwono, dan Setyo Budi Premiaji Widodo, menjuarai Poster Session di European Students Conference (ESC), Berlin, Jerman, pada 17–20 September lalu. Koordinator Humas dan IRO FKUI dr Kartiwa Hadi Nuryanto mengatakan, ESC merupakan ajang konferensi biomedik terbesar di dunia. Ajang itu ada sejak 1989 dan berhasil menarik minat para peneliti muda berbakat, mahasiswa kedokteran, mahasiswa pascasarjana kedokteran, dan semua orang yang tertarik pada riset biomedik untuk hadir. ”Lebih dari lima ratus peserta ikut acara ini untuk melihat tren terbaru di bidang biomedik,” katanya. Dalam ESC ke-25 yang mengusung tema Rethinking Medical Research-how do we achieve innovation? itu, perjuangan mahasiswa FKUI untuk menjadi jawara tidak mudah. Ada beberapa seleksi yang harus dilewati. Salah satunya, seleksi awal pendaftaran abstrak pada Mei 2014. Dari ribuan yang masuk, terpilih 500 abstrak yang berasal dari 40 negara.

…dst

5 ) Raih Peringkat Enam Dunia, Tim Foresty Tel-U Harumkan Indonesia di Barcelona

05 October 2014
BARCELONA, TEL-U – Kabar menggembirakan bagi Telkom University (Tel-U) datang dari Spanyol. Tim Foresty yang berasal dari Fakultas Informatika Telkom University, berhasil meraih juara enam dunia pada ajang Global Cyberlimpics 2014 yang diselenggarakan hari Minggu – Selasa (28-30/9). Tim Foresty ini terdiri dari satu orang kapten tim dan lima orang anggota. Mereka adalah Gandeva Bayu Satrya, S.T,M.T., sebagai kapten tim, serta Laode Ian Harisman, Ritchie Fergindo, Rizqi Lutfia Chandra, Faizal Eko Nugroho, dan A. Ahmad Nasrullah sebagai anggota tim. Keenamnya berasal dari Fakultas Informatika Telkom University. Menurut Ketua Tim Foresty, Gandeva Bayu Satrya, S.T,M.T., Tim Foresty berhasil masuk babak Final Global Cyberlimpics 2014 setelah menjadi juara dua di tingkat regional Asia. “Tim Foresty berhasil menjadi runner-up pada babak penyisihan Global Cyberlympics 2014 regional asia dan berhak untuk mewakili Asia dan Indonesia di babak final Global Cyberlympics 2014 di Barcelona,” katanya akhir pekan lalu.

…dst

6 ) Daftar Beasiswa StuNed Terakhir 15 Maret

Jum’at, 10 Oktober 2014 – 18:08 wib
JAKARTA – Lulusan S-1 yang ingin melanjutkan studi dan ingin merasakan sekolah di luar negeri, khususnya di Belanda, bisa segera mendaftar beasiswa StuNed. Pada periode tahun ini, pendaftaran dibuka hingga 15 Maret 2015. Seleksi beasiswa di Negeri Kincir Angin ini sangat ditentukan oleh keunggulan para pelamar, baik dari sisi capaian akademis, prospek karier, organisasi dan prestasi lainnya. Pertimbangan lainnya adalah relevansi dengan area prioritas kerjasama bilateral antara Indonesia dan Belanda. Koordinator tim beasiswa StuNed Indy Hardono mengatakan, untuk mendaftar beasiswa StuNed, pelamar harus mempersiapkan aplikasinya seperti memiliki surat penerimaan dari universitas di Belanda.

…dst

7 ) Tawarkan Beasiswa, Hadirkan Perwakilan Universitas dari Belanda

Sabtu, 11 Oktober 2014 , 02:44:00
JAKARTA – Dutch Placement Days dan Pameran Pendidikan Tinggi Eropa (EHEF) akan digelar di empat kota besar di Indonesia. Kegiatan yang dilakukan ini sebagai bentuk dari sosialisasi universitas dan pemberian beasiswa ke benua Biru. Keempat daerah yang dimaksud adalah Bandung, Jakarta, Surabaya dan Makassar. Rencananya, kegiatan ini akan digelar awal November 2014 mendatang. Salah satu negara Eropa yang memastikan untuk hadir pada kesempatan ini adalah Belanda. Rombongan perwakilan dari universitas-universitas negeri Kincir Angin itu mengikuti kegiatan sosialisasi untuk memberikan informasi lebih lanjut tentang beasiswa. “Melalui kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan para calon pelamar beasiswa StuNed bisa mendapatkan informasi lebih lanjut dari perwakilan Universitas-universitas Belanda,” kata Koordinator Tim Beasiswa StuNed, Indy Hardono di Jakarta, Jumat (10/10). Indy menjelaskan Dutch Placement Days 2014 untuk Bandung digelar 4 November 2014 pada pukul 14.00-19.00. Sementara Jakarta dilaksanakan 6 November 2014, pukul 16.00 – 19.00.

…dst

8 ) Dr. Djaeni: Ini Kiat Sukses Universitas Jalin Kerjasama Luar Negeri

Minggu, 12/10/2014 14:35 WIB
Jakarta- Sukses kerjasama universitas dalam dengan luar negeri ditentukan oleh potensi sumber daya manusia, fasilitas yang dimiliki kedua pihak, potensi mahasiswa yang ada, serta publikasi yang telah dilakukan. Hal itu disampaikan Dr. Mohamad Djaeni, ST, M.Eng (Universitas Diponegoro, Semarang) pada bimbingan teknis untuk perguruan tinggi negeri dan swasta, yang diselenggarakan Ditjen Dikti melalui Direktur Kelembagaan dan Kerjasama di Jakarta (7-8 Oktober 2014). Dr. Djaeni dinilai telah berpengalaman dan sukses melakukan kerjasama luar negeri dalam 2 tahun terakhir. Program studi magister Teknik Kimia Undip yang dipimpinnya berhasil menjalin kerjasama dengan universitas Belanda, Taiwan dan Korea.

…dst

9 ) Universitas Brawijaya Kembali Raih Akreditasi A

08 Okt 2014 18:02:17
Malang (Antara Jatim) – Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur, kembali meraih akreditasi A setelah mengajukan banding ke Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) karena akreditasi A yang digenggam kampus itu selama lima tahun turun menjadi B. “Pada awal penilaian 2008, Universitas Brawijaya (UB) memang hanya meraih akreditasi B, namun pada 2009 meraih akreditasi A dan setelah dilakukan penilaian oleh asesor pada November 2013 dan hasilnya keluar pada awal 2014, ternyata justru turun menjadi B. Sehingga, kami mengajukan banding,” tegas Ketua Pusat Jaminan Mutu Universitas Brawijaya (UB) Malang Prof Ahmad Wicaksono di Malang, Rabu.

…dst

10 ) ITB Jadi Tuan Rumah Seminar Internasional

Sabtu,  11 Oktober 2014  ?  05:03 WIB
BANDUNG-Institut Teknologi Bandung ITB berhasil menyisihkan 15 negara lain, dalam pengajuan menjadi tuan rumah konferensi energi tingkat internasional bertajuk Internationnal Student Energy Summit (ISES) 2015 mendatang di Bali. Wakil Rektor ITB, Bidang Akademik dan Kemahasiswaan,  Kadarsah Suryadi, mengungkapkan event rutin berskala internasional ini diinisiasi oleh mahasiswa Student Energy dari Kanada.  Dalam pemilihan tempat penyelenggaraanya, ISES memilih berdasarkan 15 proposal mengenai energi yang dikumpulkan dari 15 negara. “Mereka bersaing membuat proposal dengan 15 negara untuk memperebutkan tuan rumah seminar ini. Negara-negara tersebut diantaranya Amerika Serikat, Kanada, Rumania, Saudi Arabia, Belanda, Pakistan, India, Brazil, Turki, Taiwan, Philipina, Denmark, Kenya, Trinidad dan Tobago,,” paparnya saat konferensi pers di Gedung Rektorat ITB (10/10/2014).

…dst

11 ) Universitas Ini Pertama Pakai E-Voting Pilih Presiden Mahasiswa

JUM’AT, 10 OKTOBER 2014 | 13:09 WIB
TEMPO.CO, Palembang – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sriwijaya sukses memilih presidennya dengan menggunakan sistem . Sebanyak 1.200 mata pilih menjadi rebutan dua kandidat dalam pemilihan yang berlangsung di dua tempat pemungutan suara. Pembantu Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fisip Unsri Andries Lionardo mengatakan penerapan merupakan yang pertama kali diterapkan oleh mahasiswa di Indonesia. “Belum ada kampus lain yang menerapkan sistem e-voting. Unsri pionirnya,” kata Andries Lionardo, Kamis, 9 Oktober 2014. Menurut dia, dalam sistem e-voting ini, akurasi data pemilih dan data hasil pemungutan suara dapat dipertanggungjawabkan secara cepat oleh panitia dan tim pemantau saat itu juga. Selain itu, penerapan dapat menekan kesalahan sekecil mungkin.

…dst

12 )  10 Beasiswa Favorit Banyak Diburu

Jum’at, 10 Oktober 2014 – 06:09 wib
JAKARTA – Setiap tahun, ratusan ribu pelajar Indonesia pergi ke luar negeri untuk menempuh pendidikan tinggi. Sebagian di antara mereka, mendapat kesempatan kuliah melalui beasiswa. Kesempatan meraih beasiswa sendiri sebenarnya sangat terbuka lebar, mengingat banyaknya pemerintah dan lembaga donor pemberi bantuan studi ini. Meski demikian, ada beberapa program beasiswa yang menjadi favorit.  Okezone, Jumat (10/10/2014) merangkum 10 beasiswa favorit yang banyak dipilih para pelajar internasional.

…dst