PENGHARGAAN KEPADA DOSEN, PENELITI DAN MASYARAKAT YANG MENGHASILKAN KEKAYAAN INTELEKTUAL LUAR BIASA TAHUN 2014

December 08, 2014

Penghargaan kepada dosen, peneliti, dan masyarakat yang menghasilkan penemuan luar biasa merupakan kegiatan rintisan yang mulai dicetuskan oleh Kementerian Pendidikan Nasional pada tahun 2009.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan penghargaan/award kepada penghasil kekayaan intelektual, berkenaan dengan hal tersebut Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi sejak tahun 2009 melaksanakan Pemberian Penghargaan kepada Penghasil Kekayaan Intelektual Luar Biasa yang pelaksanaannya didukung dan bekerjasama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Pariwisata, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Pertanian, dimana tujuan pemberian penghargaan adalah sebagai apresiasi atas invensi dan kreasi dosen, peneliti, dan masyarakat yang terus berkarya sehingga menghasilkan karya-karya yang luar biasa, dengan segala keterbatasan yang ada, disamping menghasilkan karya yang luar biasa juga telah memberikan kontribusi bagi kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Nasional serta mempunyai dampak ekonomi yang besar dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Untuk memberikan penghargaan atas karya-karya yang luar biasa sehingga memperoleh finalis maupun pemenang dalam kegiatan ini dilakukan penilaian yang dilaksanakan oleh Tim Penilai independen yang melibatkan unsur pemerintah, asosiasi, pengusaha, dan akademisi yang ditetapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Penilaian berpedoman pada kriteria yang sesuai dengan kategori anugerah masing-masing.

Kegiatan yang terselenggara atas kerjasama dan dukungan dari ke 6 Kementerian tersebut diharapkan mampu meningkatkan motivasi dosen, peneliti, dan masyarakat untuk terus berkarya dan memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara yang pada tujuan akhirnya meningkatkan daya saing bangsa.

1. Tujuan dan Sasaran
Tujuan pemberian penghargaan penghasil kekayaan intelektual adalah terciptanya budaya masyarakat untuk menghasilkan dan menghargai karya intelektual, budaya kreatif dan inovatif, dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa.
Sasarannya adalah tumbuhnya karya kreatif dan inovatif dari para dosen, peneliti, dan masyarakat pada bidang industri, produk/teknologi, ilmu pengetahuan, dan industri kreatif berbasis seni dan budaya, media dan desain.

2. Ruang Lingkup Program dan Kegiatan
Program pemberian penghargaan merupakan sebuah ajang yang tepat untuk menunjukkan berbagai prestasi dosen, peneliti, dan masyarakat yang telah menghasilkan kekayaan intelektual yang berdaya guna dan berhasil guna yang mampu menggerakkan industri, perekonomian dan dapat menyelesaikan masalah dalam masyarakat yang terkait dengan lingkungan atau memperkuat bidang ilmu pengetahuan yang akan meningkatkan citra dan daya saing bangsa.

Adapun kegiatan yang dilakukan dalam pemberian pengharagaan ini meliputi:
(1) Penyusunan Pedoman
(2) Sosialisasi dan Koordinasi
(3) Penerimaan Proposal
(4) Penilaian karya kekayaan intelektual
(5) Penetapan Nominasi
(6) Penetapan Pemenang
(7) Pemberian penghargaan pada malam penganugerahan.

3. Pembagian Kategori dan Target Pemberian Penghargaan
Bidang Penghargaan Penghasil Kekayaan Intelektual Luar Biasa Tahun 2014 terdiri atas 4 kategori yaitu: (a) Kategori paten; (b) Kategori Perlindungan Varietas Tanaman (PVT); (c) Kategori Hak Cipta di bidang Ilmu Pengetahuan; (d) Kategori Desain industri, hak cipta karya seni rupa, karya seni pertunjukan dan permainan interaktif.

Target pemberian penghargaan penghasil kekayaan intelektual luar biasa tahun 2014 adalah 15 pemenang yang mencakup 4 Kategori. Masing-masing pemenang akan diberikan penghargaan berupa Piagam dan uang tunai sebesar Rp.250.000.000,- (Dua ratus lima puluh juta rupiah) termasuk pajak.

4. Pendaftaran dilakukan dengan cara:
Pengusul harus memilih salah satu kategori dan mengisi biodata dan data awal secara daring di laman: www.anugerahkekayaanintelektual.com, dan menyampaikan proposal dalam bentuk hard copy dan soft copy kepada panitia,

– untuk kategori paten, hak cipta bidang ilmu pengetahuan dan desain industry, hak cipta karya seni rupa, karya seni pertunjukan dan permainan interaktif ke alamat Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jl. Pintu Satu Senayan Jakarta Pusat, surel: anugerahki@dikti.go.id
– untuk kategori PVT dikirim ke Pusat Perlindungan Varietas tanaman dan Perizinan Pertanian Sekretariat Jenderal, Gedung B lantai V Kementerian Pertanian, Jl. Harsono RM No. 3, Jakarta 12550.

5. Dari jumlah proposal yang kami terima sebanyak 145 proposal dengan perincian sebagai berikut:
– Kategori Paten 46 proposal.
– Kategori Ilmu Pengetahuan 39 proposal.
– Kategori PVT 19 proposal.
– Kategoti Desain Industri, Hak Cipta Karya Seni Rupa, Karya Seni Pertunjukan dan Permainan Interaktif 41 proposal.

Setelah dilakukan penilaian oleh tim penilai dan dinyatakan lolos sebagai calon pemenang sebanyak 15 orang, yaitu:
– Kategori Paten 5 pemenang.
– Kategori Hak Cipta Bidang Ilmu Pengetahuan 2 pemenang.
– Kategori PVT 5 pemenang.
– Kategoti Desain Industri, Hak Cipta Karya Seni Rupa, Karya Seni Pertunjukan dan Permainan Interaktif 3 pemenang.

Dikarenakan setelah melewati masa sanggah tidak ada pihak yang berkeberatan atas nama-nama calon pemenang, maka 15 calon pemenang tersebut kami tetapkan sebagai pemenang dan berhak menerima Anugerah Kekayaan Intelektual Luar Biasa yang akan dianugerahkan pada tanggal 15 Desember 2014, di Gedung D. Lantai 2, Jl. Jenderal Sudirman, Pintu I Senayan, Jakarta Pusat, pada pukul 18.00 WIB.

PENGUMUMAN PENETAPAN PEMENANG
ANUGERAH KEKAYAAN INTELEKTUAL LUAR BIASA TAHUN 2014

Dalam rangka pemberian penghargaan kepada Dosen/Peneliti dan Masyarakat yang menghasilkan Kekayaan Intelektual Luar Biasa 2014, telah dilakukan Penilaian terhadap Calon Pemenang ANUGERAH KEKAYAAN INTELEKTUAL LUAR BIASA TAHUN 2014 dengan keputusan Pemenang sebagai berikut:

1. Kategori Paten
No Nama Peserta Karya / Invensi
1 Anang Lastriyanto : Mesin Penggoreng Vakum Tipe Horisontal Yang Menggunakan Pompa Vakum Sistem Jet Air
2 Sri Widowati : Teknologi Penurunan Indeks Glikemik Beras Untuk Diet Bagi Penderita Diabetes Melitus
3 Ika Dewi Ana : Metode Sintesis Graft Tulang Gama-CHA Dalam Sistem Gelatin Tertaut Silang
4 Dewa Ngurah Suparta : Komposisi Minuman Brem Dari Ubi Jalar Ungu Yang Mengandung Antosianin
5 M. Nurhalim Shahib : Komposisi Ekstrak Kering Phyllantus Niruri Linn, Curcuma Xanthoriza Roxb, dan Carica Papaya Linn Untuk Anti Demam Berdarah

2. Kategori Hak Cipta Bidang Ilmu Pengetahuan (Publikasi)
No Nama Peserta
1 Ferry Iskandar
2 Abdul Rohman

3. Kategori Perlindungan Varietas Tanaman
No Nama Peserta Pemulia
1 Muhammad Azrai : Pemulia Tanaman Serealia
2 Sudarmadi Purnomo : Ketersediaan varietas unggul tanaman buah tropika dalam menjamin kecukupan serat, gizi dan vitamineral masyarakat Indonesia
3 Sobir : Klaster Tanaman buah
4 Hajrial Aswidinnoor : Tanaman Padi (Padi Sawah dan Padi Gogo)
5 Astanto Kasno : Pemulia Tanaman Kacang-kacangan

4. Kategori Desain Industri, Hak Cipta Karya Seni Rupa, Seni Pertunjukan dan Permainan Kreatif
No Nama Peserta Karya
1 Andar Bagus Sriwarno : Pengembangan set alat musik berbahan bambu
2 Tisna Sanjaya : Imah Budaya (IBU) Cigondewah
3 Rahayu Supanggah : I La Galigo dll.

Pemberian Anugerah Kekayaan Intelektual Luar Biasa akan dilaksanakan pada hari Senin tanggal 15 Desember 2014 di Auditorium Gedung D Ditjen Dikti Lantai 2, Jl. Pintu Satu Senayan Jakarta

Jakarta, Desember 2014
Tim Nasional Anugerah Kekayaan Intelektual Luar Biasa