Program Sarjana Kependidikan Guru dalam Jabatan (PSKGJ)

560 Program PSKGJ Dihapus dari PDDikti …

Demi peningkatan kualifikasi akademik bagi guru PNS dan guru tetap Yayasan yang belum S1 sesuai ketentuan UU no.14 tahun 2005 tentang Guru dan dosen. Maka Permendikbud no. 58 tahun 2008 dan Kepmendikbud No.015/P/2009 disahkan dan diundangkan untuk pelaksanaan program PSKGJ ini. Sampai hari ini program PSKGJ masih dibuka di beberapa PTN dan PTS yang ditetapkan dalam Kepmendikbud no.015/P/2009.

Kepmendikbud no. 184/U/2001 tentang Pedoman Pengawasan-Pengendalian dan Pembinaan Program Diploma, Sarjana dan Pascasarjana di Perguruan Tinggi (pdf) dan SK Dirjen Dikti no.34/DIKTI/Kep/2002 tentang Perubahan dan Peraturan tambahan SK Dirjen Dikti no. 08/DIKTI/Kep/2001 mewajibkan semua prodi melaporkan proses belajar mengajar dengan menggunakan sistem pelaporan Epsbed yang saat ini sudah berkembang jadi aplikasi PDDikti Feeder, termasuk PSKGJ ini melalui Edaran Dirjen Dikti no.1200/D/T/2010 sudah menghimbau untuk melaksanakan kewajiban ini bahkan sampai diberi keringanan khusus tidak perlu penuhi rasio dosen tetap terhadap mahasiswa dan dibenarkan pakai sistem kelas jauh.

Tapi ternyata para penyelenggara PSKGJ ini tidak melaksanakan kewajibannya, pembukaan kelas baru jalan terus, laporan tak pernah ada, sampai suatu hari semua Prodi PSKGJ dinyatakan hapus di PDdikti.

Ini bukti 560 Prodi PSKGJ semua sudah terhapus di PDDikti
http://forlap.dikti.go.id/prodi/search/560
(atau dari http://forlap.dikti.go.id/prodi bisa masukkan nama PSKGJ ke kotak kata kunci, isi kode pengaman lalu klik cari prodi akan tampilkan 560 program PSKGJ yang sudah dinyatakan dihapus)

Ini dasar hukum pembentukan:
UU no. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pasal 9
Permendikbud no. 58 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Program Sarjana (S1) Kependidikan bagi guru dalam jabatan
Kempendikbud no. 015/P/2009 tentang Penetapan Perguruan Tinggi Penyelenggara Program Sarjana (S1) Kependidikan bagi Guru dalam Jabatan

Ini himbauan Edaran Dirjen Dikti no. 1200/D/T/2010 tentang Program PSKGJ wajib lapor epsbed

Belakangan para alumni PSKGJ banyak yang datangi Tanya Dikti dan Lapor Nasir guna menanya dan melapor karena merasa dirugikan Program Dikti, hanya karena status kemahasiswaan mereka tidak terdapat di PDDikti mengakibatkan keabsahan ijazah mereka ditolak bahkan tak bisa dipakai untuk mendaftar ke PPG guna memenuhi persyaratan sertifikasi guru.

Sama juga berbagai PPG prajabatan dan PJJ yang diselenggarakan beberapa PT yang diamanahkan Produk Hukum tapi tak pernah melapor forlap, sejauh ini para alumni yang cemas dan galau masih cukup menahan diri dengan hanya menanya dan melapor.

Sejauh ini sudah ada Edaran MenRistekDikti No. 17/M/I/2015  tanggal 22 Januari 2015 tentang Legalitas Sertifikat Pendidik Lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG), Lampiran 1, Lampiran 2
tapi sebagian user termasuk PADAMU NEGERI masih tetap meminta Nama Kemahasiswaan harus terdata di PDDIKTI.

Semoga ada solusi untuk kendala yang mereka hadapi.