Moratorium PT, Bulan Oktober 2015 Dibuka

31 Agustus 2015
Semarang-kopertis6.or.id – Usulan pembukaan progdi baru, pendirian maupun perubahan bentuk perguruan tinggi (PT) pada 1 Oktober sampai dengan 31 Desember 2015 kembali di buka. Sedangkan hasil usulan pada 1 Januari sampai dengan 31 Maret 2015, baru akan diketahui pada September 2015.

Menurut Kemenristek Dikti, Prof. H. Muhammad Nasir, proses penanganan yang dilakukan pihaknya saat ini dianggap lama dan lambat. “Penerbitan Surat Keputusan (SK) diperkirakan selesai pada Agustus ini, baru terealisasi pada September 2015.” katanya.

Prof. Nasir berdalih, banyaknya PT yang melakukan usulan serta terbatasnya personil yang menangani, menjadi faktor penyebab hal tersebut tertunda. “Ini yang harus dibenahi, dan kami telah melakukan training kepada 50 sampai dengan 80 orang untuk membantu proses percepatan menyelesaian. ” tegas Prof. Nasir.

Pernyataan ini disampaikan ketika menghadiri dan membuka Seminar Internasional yang diselenggarakan Universitas Wahid Hasyim Semarang, pada jum’at sore, 28 Agustus 2015, di Hotel Semesta Semarang.

Dijelaskan oleh Menristek-Dikti bahwasannya ke depan mekanismenya akan berubah. “Untuk pendaftaran kita buka pada Oktober hingga Desember 2015. Pada Januari hingga Maret 2016 kita lakukan evaluasi, dan pada April 2016 visitasi, Juni hingga Juli 2016 dapat keluar surat keputusan (SK).” jelasnya.

Ia menambahkan, ini bukan wacana akan tetapi sudah menjadi ketetapan. Dengan ketentuan yang ada tersebut, harapan kami pada saat nanti PT menerima mahasiswa baru mereka tidak ketinggalan.

Seminar mengambil tema “The Golden Triangle (Indonesia-India-China) Inter Relations in Religion, Science, Culture, and Economic.” Dengan narasumber antara lain, Mr. Gurjit Singh (Duta Besar India untuk Indonesia), Prof. Kacung Marijan, Ph.D, Direktor General of Culture of the Indonesia Ministry of Education dan Culture.

Sumber : http://www.kopertis6.or.id