Screenshot_771

Ralat Terkait Jurnal TELKOMNIKA di Laman PAK

Sesuai dengan surat undangan Direktur Karier dan Kompetensi Dosen no 1552/E4.3/2015 tanggal 16 September 2015 maka pada tanggal 18 September 2015 telah dilakukan pertemuan dengan Pengelola Jurnal Telkomnika (Sdr Tole Sutikno, ST, MT). Dalam Kesempatan tersebut Tim PAK sudah menjelaskan permasalahan seperti yang diunggah pada laman tentang jurnal Telkomnika di laman pak.dikti.go.id tertanggal 4 Juni 2015 yang mengingatkan untuk mengelola jurnal Telkomnika lebih baik lagi. Pada tanggal 29 Juli 2015 diunggah bawa artikel artikel yang diterbitkan oleh Jurnal Telkomnika ISSN 1993-6930 tidak dapat diakui sebagai karya ilmiah di jurnal internasional bereputasi.

Dalam pertemuan tersebut Pengelola jurnal telah mengakui kekhilafan dalam memperbaiki artikel di volume 12 no 3 September 2014 dan telah menyatakan akan mengikuti ketentuan Code of Conduct and Best Practice for Journal Editors dan Code of Conduct for Journal publisher. Di bawah ini adalah surat pernyataan dari Ketua Penyunting Jurnal Telkomnika Tole Sutikno ST,MT. ditujukan kepada Direktur Karier dan Kompetensi SDM).

Dengan demikian permasalahan yang telah terjadi telah diselesaikan dengan baik dan Jurnal Telkomnika diakui kembali sebagai Jurnal internasional bereputasi yang terindeks di Scimagojr dan mempunyai SJR. Namun demikian sama seperti jurnal internasional bereputasi lainnya yang terindeks di scimagojr, setiap artikel yang terbit, untuk dapat diakui sebagai karya ilmiah yang diterbitkan di jurnal internasional bereputasi harus memenuhi tata cara penulisan yang baik (memenuhi kaidah ilmiah dan etika keilmuan) .Sebagai contoh lihat di laman https://www.elsevier.com/__data/assets/pdf_file/0003/91038/Get-Published-Quick-Guide.pdf dan banyak lainnya seperti di petunjuk penulisan karya ilmiah di jurnal dari IEEE, Wiley ,Springer link dll.