slims8-akasia-resSLiMS versi terbaru, yaitu versi 8 (Akasia) telah dirilis. Pengguna SLiMS bisa langsung mengunduh-nya melalui tautan/link download yang telah disediakan pada menu Download atau pada bagian “RELEASE”.

Berbagai perubahan radikal muncul pada rilis Akasia kali ini. Selain dari sisi tampilan OPAC dan admin, beberapa penambahan fitur juga mengiringi rilis Akasia. Kebutuhan interaksi antara pemustaka dan pustakawan diwadahi dalam fitur web chat. Kebutuhan interoperabilitas MARC dibungkus dengan fitur eksport to MARC.

Pustakawan dapat menikmati panduan SLiMS tidak lagi harus membuka dokumen terpisah, namun dengan bermasis Markdown (.md), manual SLiMS dapat dibaca langsung pada aplikasi. Hal ini memudahkan pustakawan untuk melihat “contekan” ketika menemukan kesulitan dalam mengoperasikan SLiMS. Fitur yang sangat mendukung para peneliti terkait pengutipan, berbentuk tampilan format style daftar pustaka yang dapat dicopi oleh pemustaka dengan mudah di SLiMS.

Isu teranyar dunia perpustakaan, RDA (Resources Descriotion and Access) pun muncul pada rilis Akasia ini. Penasaran? silakan unduh dan nikmati berbagai perubahan SLiMS Akasia. Semuanya dapat diperoleh secara GRATIS dengan berbagai kemerdekaan, sebagaimana kebebasan dalam GPL v.3.

SLiMS (Senayan Library Management System) is a free and open source Library Management System. It is build on free and open source technology like PHP and MySQL. SLiMS provides many features such as bibliography database, circulation, membership management and many more that will help “automating”  library tasks. SLiMS is licensed under GPL v3.

Sumber : http://slims.web.id/web/