Tiga Temuan Aneh Tim Kemenristek DIkti di Kampus UKDM

Tiga Temuan Aneh Tim Kemenristek DIkti di Kampus UKDM
Tim Evaluasi Kinerja Akademik Kemenristek Dikti berfoto bersama usai memberi keterangan pers terkait inspeksi ke kampus UKDM, Makassar, Selasa (14/6/2016). Duduk di bagian depan dari kiri, Prof Supriadi Rustad, Prof A Niartinigsih, Prof Engkus Kuswanto. Berdiri di belakang anggota tim evaluasi Budi Santoso, Sugiyanto, Sekpel Kopertis IX Dr Hawignyo, Prof Dr Ir Kristiantoro dari ITS Surabaya.

Rabu, 15 Juni 2016 00:29

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR – Tim Evaluasi Kinerja Akademik Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) menyebut tiga hal temuan setelah kunjungan di kampus Universitas Karya Dharma Makassar (UKDM), di Jl WR Supratman No 2, Makassar, Selasa (14/6/2016).

Temuan tersebut diungkapkan Ketua Tim Evaluasi Kinerja Akademik Kemenristek Dikti Prof Dr Supriadi Rustad MSi dalam jumpa pers dengan wartawan di RM Ayam Goreng Sulawesi, Jl Pattimura, selepas buka puasa, Selasa (14/6/2016).

“Temuan pertama, UKDM tidak memiliki data tentang dosen, staf pegawai, mahasiswa dan kegiatan-kegiatan universitas dalam bentuk dokumen,” kata Prof Supriadi Rustad yang pernah menjadi Direktur Diktendik Ditjen Dikti dan Pelaksana Koordinator Kopertis Wilayah IX ini.

Temuan kedua, proses perkuliahan di UKDM tidak standar dan jauh dari kata layak karena rasio dosen dan mahasiswa tidak jelas, serta mahasiswa UKDM tidak memiliki nomor stambuk. “Coba bayangkan seorang mahasiswa tidak memiliki stambuk,” ujarnya.

Dan temuan ketiga dan dinilai sangat memalukan dunia akademik, kata salah satu anggota tim, Prof Dr Engkus Kuswanto, adalah skripsi mahasiswa yang diperiksa secara acak adalah hasil plagiat.

“Ada beberapa skripsi yang kami periksa secara acak, hasilnya mengejutkan semuanya plagiat. Skripsinya sama persis dan itu diakui oleh pimpinan universitas,” kata Guru Besar Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran ini. (*)
Penulis: Arifuddin Usman
Editor: Suryana Anas

Baca juga :

Dikti : Izin UKDM Akan Dicabut